in

Kemampuan Zoro dan 15 Fakta Karakternya Dalam Serial One Piece

https://animecorner.me/

Kemampuan Zoro – Dengan cita-cita yang sangat tinggi, yakni menjadi ahli pedang terkuat di dunia, Roronoa Zoro dikisahkan sebagai salah satu karakter yang kuat dan juga menarik dalam serial anime One Piece.

kemampuan zoro
https://selular.id/

Tangan kanan dari Monkey D. Luffy ini menunjukkan kemampuan berpedangnya yang sangat luar biasa dalam setiap pertarungan yang ia lakukan sehingga keahlian Zoro tak perlu diragukan lagi. Pada saat ini, Zoro merupakan salah satu ahli pedang terbaik di dalam seri ini.

Seiring dengan berjalannya waktu dan petualangan bersama kru bajak laut topi Jerami, kemampuan dan keahlian Zoro terus meningkat, terutama setelah Zoro berlatih bersama dengan Mihawk. Bukti peningkatan kekuatan yang ia alami, dibuktikan Zoro dengan kemampuanya untuk bertarung melawan musuh yang memiliki level yang lebih tinggi darinya seperti Big Mom dan Kaido.

Kemampuan Zoro : Si Ahli Pedang Berambut Hijau

kemampuan zoro
https://commons.wikimedia.org/

Selain dari segi kekuatan fisiknya yang luar biasa, dari segi teknik pun keahlian Zoro juga tak kalah hebat. Zoro telah dikenal sebagai petarung yang memakai teknik tiga pedang alias Santoryu. Meski begitu, puncak dari kekuatan Zoro ialah saat dia berhasil menggunakan tiga kali lipat kekuatannya. Hal tersebut membuatnya mampu untuk menggunakan teknik sembilan pedang atau Kryutoryu.

Kyutoryu merupakan sebuah teknik berpedang tingkat tinggi di mana Zoro memakai sembilan pedang sekaligus untuk menyerang musuhnya pada waktu yang bersamaan. Teknik ini juga adalah manifestasi dari jiwa dari Zoro, di mana dengan konsentrasi tinggi dan tekad yang sangat kuat, Zoro dapat menciptakan sebuah ilusi.

Ilusi tersebut akan membuat musuh seakan melihat bahwa Zoro mempunyai dua kepala, dua tangan, dan enam pedang. Sehingga, jika ditotal Zoro mempunyai sembilan pedang yang digunakan bersamaan. Sosok dari Zoro dalam mode ini mirip dengan dewa dalam kepercayaan agama Hindu, yakni Asura. Sosok Asura digambarkan sebagai Dewa yang memiliki tiga kepala dan enam tangan.

Sebenarnya, Zoro telah memiliki kemampuan ini jauh sebelum time-skipnya selama dua tahun. Hal ini diketahui ketika teknik Kyutoryu pertama kali digunakan pada arc Enies Lobby. Pada saat itu, Zoro tengah bertarung melawan Kaku, salah satu anggota CP-9. Setelah semua serangan yang dilancarkannya gagal membuat Kaku menyerah, akhirnya Zoro mulai mengumpulkan seluruh kekuatan terakhirnya untuk memakai teknik Kyutoryu.

Teknik tersebut sempat membuat Kaku terkejut dan tak bisa berkata-kata. Karena kekuatan teknik ini, Kaku pun akhirnya berhasil dikalahkan. Setelah pertarungan tersebut, Zoro lantas kembali memakai teknik Kyutorunya dalam pertarungannya melawan PX-4 di Sabaody. Zoro juga pernah menggunakan teknik ini di dalam film Strong World.

Terakhir, Zoro juga kembali memakai teknik Kyutoryu ketika berhadapan dengan Kaido. Dalam pertarungan tersebut, Zoro bahkan memperlihatkan teknik Asura yang baru, yakni Hell Hakkei. Teknik baru tersebut bahkan berhasil membuat Kaido terluka parah. Hal yang membuat Hell Hakkei menjadi semakin hebat ialah dalam teknik kyutoryu melawan Kaido, Zoro juga melapisi serangannya dengan Conqueror Haki sama halnya seperti Luffy.

Karena Kyutoryu adalah sebuah teknik yang kuat dan memerlukan banyak energi, rasanya memang wajar bila Zoro sangat jarang menggunakan teknik ini. Pasalnya, selain benar-benar menguras tenaga, teknik ini juga membutuhkan konsentrasi tinggi. Karena itulah menggunakan teknik Kyutoryu hanya akan digunakan saat Zoro benar-benar berada dalam keadaan terdesak.

Jurus yang digunakan dalam teknik sembilan pedang ini sebenarnya hanya teknik Asura, tetapi Zoro kemudian mengembangkannya lagi menjadi beberrapa variasi, seperti teknik Asura: Ichibugin dan Asura: Makyusen yang merupakan dua teknik Asura milik Zoro sebelum time-skip.

Setelah time-skip, Zoro mengembangkan lagi teknik miliknya menjadi Asura Bakkei: Moja no Tawamure. Pada dasarnya, semua teknik asura sama-sama memakai sembilan pedang dan perlu  mengerahkan seluruh tenaganya. Hanya saja berdasarkan informasi yang ada, perbedaannya hanya terletak pada arah serangannya.

Tak perlu diragukan lagi, keahlian Zoro dalam menggunakan pedang memang sudah sangat hebat!

Fakta Menarik Roronoa Zoro

kemampuan zoro
https://animehunch.com/

Dalam serial One Piece, Roronoa Zoro adalah seorang kru bajak laut Topi Jerami pertama dan juga sebagai orang terkuat kedua. Setidaknya, hingga Jinbe bergabung dan membuat ranking kekuatan dari kru Topi Jerami menjadi semakin menarik.

Lantas, apa saja fakta menarik yang dimiliki oleh Si Ahli Pedang ini? Mari, simak daftarnya berikut ini!

1. Nama Zoro Diambil Dari Nama Bajak Laut Sungguhan

Fakta dari Zoro yang pertama ini mungkin akan mengejutkan. Zoro adalah satu-satunya kru bajak laut topi jerami yang mempunyai nama dari bajak laut sungguhan pada zaman dulu. Nama Roronoa diambil dari seorang bajak laut yang bernama François L’ollonais.

François L’ollonais adalah bajak laut yang berlayar di area Karibia dan terkenal paling kejam pada masanya. Nama L’ollonais dalam bahasa Jepang dibaca Roronoa.

2. Makanan Favorit Zoro

Makanan yang menjadi favorit Zoro adalah nasi. Selain itu, ia juga gemar memakan daging monster, atau apapun yang terasa nikmat jika dimakan sembari minum sake. Hal ini juga tercermin dari salah satu jurus andalan Zoro, yaitu onigiri. Onigiri memang bisa diartikan sebagai “Penebas Iblis”, tetapi itu juga merupakan nama dari makanan berbahan dasar nasi dari Jepang.

Selain makanan, minuman yang menjadi favorit Zoro adalah sake. Sejak kekalahannya dalam pertarungan melawan Mihawk, rutinitas Zoro bahkan hanya tidur panjang, latihan, makan dan minum sake.

3. Awalnya Direncanakan Jadi Anak Buah Buggy

kemampuan zoro
https://one-piece-fanon.fandom.com/

Tahukah Grameds bila mulanya, pria tampain ini dirancang Oda untuk menjadi anak buah Buggy? Dalam wawancara dengan Oda yang dapat ditemukan di komik volume ketiga,  Zoro pada mulanya merupakan salah satu pengawal dari kru bajak laut Buggy.

Kru bajak laut Buggy pada awalnya adalah kru bajak laut yang memiliki sistem kekeluargaan yang juga membuat Zoro menjadi kakak tertua di antara para pengawal. Pada akhirnya, baik di manga maupun anime, Zoro sama sekali tidak memiliki keterikatan dengan Buggy.

Akan tetapi, menarik juga bagaimana struktur kelompok Topi Jerami bila Oda bersikukuh menggunakan alternatif rencananya ini. Apakah Nami akan dijadikan sebagai tangan kanan Luffy mengantikan Zoro?

4. Pedang Favoritnya Adalah Wado Ichimonji Dan Shusui

Apabila Grameds merupakan penggemar One Piece, pasti Grameds telah mengenal pedang dengan gagang putih warisan dari Kuina yang selalu dibawa oleh Zoro.

Sejak pertama kali One Piece ditulis, pedang Zoro yang berhasil bertahan hingga saat ini ialah pedang Wado Ichimonji yang juga merupakan salah satu dari 21 Saijo O Wazamono.  Pedang ini bahkan memiliki kemampuan untuk bertahan ketika beradu dengan pedang Yoru milik Mihawk.

Dua pedang pertama Zoro hancur dalam perkelahian tersebut, tetapi tidak demikian dengan Wado Ichimonji.

Zoro juga selalu menggunakan pedang ini ketika bertarung. Bahkan, bila Zoro memakai jurus yang hanya menggunakan satu pedang, maka Wado Ichimonji lah yang akan dipilihnya untuk mengeksekusi musuh. Wado Ichimonji juga adalah pedang yang selalu ia gigit ketika menggunakan teknik Santoryu.

Setelah time skip, pedang favorit Zoro berubah menjadi Shusui. Ia jadi kerap memakai pedang tersebut untuk jurus satu pedang. Meski begitu, kemudian Zoro terpaksa merelakan pedang Shusui untuk berpindah tangan ke Wano.

5. Memiliki Luka Di Wajah Dan Dada

Luffy dan Zoro mempunyai bekas luka di wajah dan area perut mereka. Untuk Luffy, luka pada wajahnya merupakan bekas goresan yang ia buat ketika masih kecil, sedangkan luka di dadanya adalah bekas dari serangan Akainu di Marineford.

Sementara itu, Zoro memiliki bekas luka yang panjang dan berasal dari tebasan Yoru. Lalum saat muncul kembali dari timeskip, Zoro memiliki bekas luka pada bagian mata. Mata yang memiliki bekas luka tersebut tidak terbuka lagi hingga sekarang.

6. Seperti Tidak Mau Memanggil Nama Sanji

Tentu Grameds kerap melihat Zoro dan Sanji selalu bertengkar hanya karena masalah sepele. Mereka berdua juga sering saling melontarkan hinaan antara satu sama lain. Zoro selalu menghina Sanji dengan sebutan “koki mesum” sedangkan Sanji kerap menghina Zoro dan menyebutnya sebagai “Marimo” yang berarti kepala lumut.

Akan tetapi, tahukah Grameds bahwa selama 20 tahun lebih komik One Piece dirilis, tak pernah sekalipun Zoro menyebut nama Sanji? Ya, itulah yang terjadi selama ini.

7. Pernah Membunuh Naga, Seperti Ryuma

Selain Ryuma, Zoro juga merupakan tokoh dalam manga One Piece yang diketahui berhasil membunuh naga. Jika Grameds bingung kapan Zoro membunuh naga, Grameds bisa membaca maupun menonton ulang arc Punk Hazard.

Pada saat Luffy, Zoro, Usopp dan Robin memasuki pulau terlarang, mereka bertemu dengan hewan legenda yang berwujud seekor naga. Setelah mereka menyusun rencana untuk membunuh naga ini, Zoro memperoleh tebasan terakhir yang menjadikannya sebagai orang yang berhasil membunuh naga tersebut.

Naga tersebut sebenarnya adalah naga buatan Vegapunk, jadi mungkin kekuatannya tak sedahsyat yang dikalahkan oleh Ryuma dulu. Kendati demikian, hal tersebut tetap saja menjadi prestasi tersendiri.

8. Sudah Diincar Luffy Sejak Sebelum Mereka Bertemu

Luffy memiliki kebiasaan untuk selalu mengundang calon anggota krunya setelah bertemu dengan mereka. Akan tetapi, sewaktu Luffy masih sendiri bersama dengan Coby, Luffy telah berkeinginan untuk mengundang Zoro hanya karena mendengar kisah tentang Zoro yang hebat.

Keinginan Luffy untuk mengundang Zoro menjadi anggota krunya semakin meningkat setelah mendengar bahwa Zoro merupakan orang yang baik. Hal itu telah berlangsung cukup lama bahkan sebelum Luffy bertemu dengan Zoro.

Keputusan Luffy tersebut terbukti tepat, karena Zoro adalah anak buahnya yang paling loyal. Zoro bahkan bersedia untuk menerima seluruh luka yang Luffy miliki di Thriller Bark supaya Kuma tak menangkap kaptennya. Zoro juga tidak pamrih sedikit pun atas pengorbanannya, karena ia hanya diam dan tidak menceritakan pengorbanannya ke siapa pun.

9. Menjadi Karakter Topi Jerami Terfavorit Kedua, Hanya Kalah Dari Luffy

Dalam poling karakter terfavorit untuk serial One Piece, di antara kru Topi Jerami, Zoro selalu berada di urutan kedua setelah Luffy.

Dalam enam polling, Zoro juga lima kali menjadi karakter kedua terfavorit di seluruh serial One Piece. Dia hanya pernah dilampaui sekali, pada polling kelima oleh Trafalgar Law.

10. Pertarungan Dengan Kuina Membuatnya Menapaki Jalan Ini

kemampuan zoro
https://shipping.fandom.com/

Pada awal masuk ke dojo, Zoro tampak berhasil mengalahkan beberapa murid di sana dengan memakai banyak pedang sekaligus. Ia percaya bahwa semakin banyak pedang yang digunakan, maka semakin kuat pula dalam bertarung.

Meski demikian, semua itu berubah saa ia dikalahkan oleh Kuina yang hanya memakai satu pedang. Setelah ia dikalahkan oleh Kuina dan diberi tahu bahwa banyak pedang tak membuat orang menjadi semakin kuat, Zoro mulai berlatih dengan memakai dua pedang saja. Ia juga berusaha untuk mengalahkan Kuina menggunakan dua pedang tersebut.

Setelah Kuina meninggal dunia, Zoro meminta gurunya untuk memberikan pedang peninggalan Kuina. Sejak itulah Zoro mulai melatih gaya Santoryu miliknya hingga sekarang.

11. Zoro Berasal Dari Desa Shimotsuki dan Pernah Mendengar “Sunacchi!” Dari Shimotsuki Kozaburo

Apakah Grameds melihat simbol di dada Koushirou, guru Zoro? Pedang bersilang tersebut merupakan simbol klan Shimotsuki di Wano. Nama desa Zoro adalah Shimotsuki. Di desa tersebut, Sang legenda Shimotsuki Kozaburo pernah tinggal.

Jika Grameds belum tahu, Kozaburo merupakan orang yang menciptakan Wado Ichimonji.  Zoro sendiri menurut SBS volume 96 pernah mendengar seruan “Sunnachi!” dari Shimotsuki Kozaburo. Seruan tersebut, lalu diturunkan ke Momonosuke.

12. Pedangnya Sering Berganti

Zoro telah beberapa kali mengganti pedangnya. Dua pedang tanpa namanya hancur setelah pertarungannya melawan Mihawk. Kemudian, di Loguetown Zoro mendapatkan Yubashiri dan Sandai Kitetsu. Yubashiri kemuadian hancur pada akhir Enies Lobby. Sebagai gantinya, Zoro mendapat Shusui.

Shusui tersebut ternyata diminta kembali oleh penduduk Wano. Sebagai gantinya, Kozuki Hiyori memberikan pedang Enma kepada Zoro. Meskipun bergonta-ganti pedang, keahlian Zoro tak pernah menurun.

13. Di Alur Wano, Bounty-Nya Tertinggal Dari Sanji dan Jinbe

Zoro biasanya memiliki bounty pada urutak ke dua di kru Topi Jerami. Meski begitu, karena ia tak ikut di alur Whole Cake Island, bountynya disalip oleh Sanji. Saat Jinbe gabung, Jinbe pun berhasil menyalip Sanji dan Zoro dari segi bounty. Bounty Zoro sendiri pada alur Wano berada di angka 320 juta Belly.

14. Ahli Kenbunshoku dan Busoshoku

Untuk Busoshoku, Zoro sudah sangat ahli sehingga ia bisa melampaui pertahanan Haki. Sepertinya, tak banyak orang yang bisa melampaui kekuatan tekad Zoro. Kenbunshoku Haki Zoro kurang mendapat sorotan, tetapi ia memilikinya. Zoro bisa merasakan keberadaan musuh sekaligus mengantisipasi tembakan anak panah mendadak.

15. Mengerahkan Haoshoku Haki Saat Melawan Kaido

Ketika melawan Kaido di Onigashima, Zoro berhasil melukis tebasan yang menurut Kaido akan membekas. Kaido kemudian bertanya apakah Zoro memakai Haoshoku Haki. Belum diketahui secara pasti Haoshoku Haki Zoro baru bangkit pada saat itu. Zoro sendiri tak menyadari bahwa dia memiliki Haoshoku Haki.

Itulah keahlian Zoro dan fakta menarik si ahli pedang dalam serial One Piece. Bagaimana menurutmu?

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien