in

Mengenal Kemampuan Nami dan Fakta-Fakta Menariknya

Sumber: Greenscene

Kemampuan Nami – Dalam serial One Piece, tidak banyak karakter yang seikonik dan semenarik Nami. Nami adalah seorang bajak laut dan navigator dari Bajak Laut Topi Jerami. Dia adalah anggota ketiga dari Kelompok Topi Jerami dan yang kedua bergabung.

Di arc Baratie, Nami mengkhianati grup untuk sementara waktu, tetapi akhirnya bergabung kembali menjelang akhir arc Arlong setelah masa lalu dan tujuannya yang sebenarnya terungkap. Nami memiliki borunan sebesar 16.000.000 Berry.

Ada beberapa hal yang membuat Nami begitu menarik, begitu ikonik, dan juga begitu populer. Selain kecantikan, tubuh yang seksi dan jika diperhatikan, Nami selalu mengenakan pakaian yang sedikit terbuka.

Walaupun ini adalah salah satu daya tarik Nami, namun sering dikritik oleh penggemar karena dianggap terlalu berpakaian terbuka dan hanya mengutamakan fan service.

Namun, banyak penggemar mungkin tidak menyadari bahwa mungkin ada alasan mengapa Nami sering berpakaian terbuka. Ini terkait dengan kekuatan rahasia Nami. Sebagai seorang navigator, Nami selalu menggunakan sudut pandang dan posisinya untuk menghindari bahaya yang mengancam kelompoknya. Penasaran dengan kemampuan Nami? Mari simak penjelasan ini berikut:

Kemampuan Nami

Nami adalah navigator dan kartografer serta klimatolog yang profesional dan handal. Dia memiliki kemampuan untuk mengetahui cuaca dan perubahannya (terutama di Grand Line). Nami juga dapat memprediksi cuaca dan badai tak terduga yang sering muncul di Grand Line dengan insting dan suhu tubuhnya.

Dia juga seorang pencuri yang sangat baik dan pencopet yang handal. Seperti mencuri semua dompet penduduk desa dan mencuri kunci tanpa sepengetahuan mereka. Dada Nami cukup besar. Ukuran bra-nya adalah 36-D. Nami selalu memakai bikini dan jarang memakai bra.

Nami juga bukan petarung yang hebat di kelompok Topi Jerami. Karena itu, posisi dan peran Nami sedikit berbeda dari kebanyakan kru lainnya. Meskipun Luffy, Zoro, dan Sanji adalah tiga anggota terkuat Bajak Laut Topi Jerami, Nami sering menyelamatkan nyawa anggota lain dari berbagai bahaya dengan kemampuannya memprediksi cuaca.

Bagaimana Nami bisa memprediksi cuaca tentu menjadi salah satu pertanyaan besar para penggemar. Selain melihat posisi awan juga angin, diteorikan bahwa pakaian Nami dapat memberikan informasi tentang cuaca sehingga Nami pada akhirnya dapat memprediksi cuaca yang akan datang atau muncul.

Kulit Nami dikatakan mampu mendeteksi kondisi dan perubahan cuaca, dan karena itu, Nami sering memakai pakaian terbuka. Bahkan, poster buronan Nami menunjukkan dia dalam balutan bikini. Meskipun ada sedikit alasan untuk menganggap ini sebagai layanan penggemar, ada alasan yang lebih dalam hal tersebut.

Sejak kelom bajak laut Topi Jerami memasuki Grand Line, kemampuan Nami untuk memprediksi cuaca menjadi sangat penting untuk kelangsungan hidup kru Topi Jerami. Dan dari apa yang diperlihatkan dalam cerita, Nami berganti pakaian berkali-kali. Dalam saga Water 7, Nami berganti pakaian selama badai Aqua Laguna.

Meskipun Paulie memarahi Nami karena mengganti pakaiannya, terutama ketika ada begitu banyak pria di sekitarnya, Nami tidak mengerti mengapa itu menjadi masalah. Mengapa Nami mengganti pakaiannya? Dengan mengganti pakaiannya, bisa dikatakan bahwa Nami telah mengeluarkan kekuatan penuhnya, mampu menyelamatkan nyawa semua orang.

Jika teori ini benar, maka pakaian Nami pasca-time-skip, di mana dia hanya mengenakan atasan bikini dan jeans, adalah pakaian Nami yang paling tangguh karena dia bisa merasakan cuaca dengan hampir seluruh kulitnya. Di sisi lain, jika ini benar, maka ini adalah salah satu kemampuan paling unik di seri One Piece.

Seperti yang kita semua tahu, Oda-sensei selalu pandai menyembunyikan petunjuk atau sesuatu yang penting, seperti kemampuan Nami untuk merasakan cuaca dengan kulitnya. Menganggap pakaian yang dikenakan Nami hanyalah fan service, berarti misi Oda Sensei berhasil.

Dan itu mungkin juga menjadi alasan mengapa kemampuan Nami untuk membaca dan memprediksi cuaca meningkat setelah time-skip, ketika pakaiannya menjadi semakin terbuka.

Senjata Andalan Nami

Sumber: Tribun Trends

Wooden Staff

Sebenarnya, tongkat ini adalah tongkat kayu biasa, benar-benar tidak efektif dalam pertempuran, tapi nami akan khawatir jika bergerak tanpa penjagaan. Dengan senjata ini, Nami biasanya menyerang kepala atau bahu musuh (dan terkadang sering memukul Luffy).

Tongkat ini terdiri dari 3 bagian yang dapat dilepas. Nami bahkan pernah mengalahkan anggota agen perbatasan Baroque Works, Miss. Valentine menggunakan tongkat ini (meski dibantu oleh Vivi dengan Kujakki Slasher miliknya).

Terakhir kali Nami menggunakan tongkat adalah sebelum perjalanannya ke Arabasta, ketika dia meminta Usopp untuk membuat senjata barunya lebih kuat dari sebelumnya

Clima Tact

Nami bukanlah petarung yang baik di grup ini, meskipun dia memiliki tongkat sebagai senjata. Dalam cerita Arabasta, Usopp membuatkan Nami sebuah tongkat baru yang meniru bentuk sebelumnya (yang dapat dibongkar menjadi tiga) bernama Clima Tact, ketiga bagian tersebut dapat menciptakan bola panas, bola dingin, dan bola petir).

Padahal, senjata ini merupakan senjata lelucon yang hanya digunakan saat perayaan. Tapi Nami bisa mengubahnya menjadi senjata mematikan dengan pengetahuannya tentang klimatologi, yang bisa mengalahkan Miss Double Finger, terkuat ketiga BW dengan Tornado Tempo.

Perfect Clima Tact

Di akhir Skypiea, Usopp memodifikasi Clima-Tact dengan dial yang diperolehnya dan diperkenalkan dengan kisah Water Seven, bernama Perfect Clima-Tact. Thunderbolt Tempo pada senjata baru ini sangat kuat untuk menghabisi ratusan angkatan laut di Enies Lobby.Nami memiliki nilai 16 juta berry setelah peristiwa di enies lobby.

Jurus yang sering digunakan adalah Thunderbolt Tempo, yaitu membuat awan hitam dari gabungan cool charge dan heat charge (lain dengan cool ball dan heat ball di clima tact biasa, skalanya lebih besar), kemudian melemparkan thunder charge ke awan panas itu dan menghasilkan petir dahsyat.

Senjata ini sangat cocok bagi nami, bahkan saat mengalahkan califa nami membuat hujan di dalam ruangan dengan menggunakan cloudy tempo dan membekukannya dengan cool ball dan menghasilkan rain tempo yang tidak mungkin dapat dilakukan orang lain selain nami, serta Nami pernah menyetrum Absalom saat dia ingin menculik Nami dengan Thunder Charger-Nya di cerita Thriller Bark dan juga Menyetrum beberapa Anggota Flying Fish Riders di Cerita Merman Island.

Sorcery Clima Tact

Versi final atau versi paling sempurna dari perkembangan Clima Tact, tidak cukup puas dengan Perfect Clima Tact gubahan Usopp yang telah dilengkapi Dial di ketiga bagian Tact, Nami mengupgrade fitur Perfect Clima Tact di pulau langit Weatheria, perubahan bentuk pada Clima Tact ini tidak terlalu signifikan, Nami hanya melepas Bulatan Dial pada Tact.

Sorcery Clima Tact memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan versi Clima Tact sebelumnya yang memanfaatkan gelembung udara panas, udara dingin serta gelembung listrik dalam skala kecil yang disatukan dalam beberapa waktu yang diperkuat oleh Dial.

Untuk menghasilkan sebuah fenomena cuaca seperti Petir (Thunderbolt Tempo), Fatamorgana (Mirage Tempo), Angin Siklon (Cyclone Tempo), dan Hujan (Rain Tempo), versi ini lebih mengedepankan penggunaan Weather Ball atau Bola Cuaca yang merupakan teknik penelitian mutakhir dari pulau langit Weatheria.

Weather Ball memungkinkan untuk menyimpan sebuah awan kecil di dalam sebuah gelembung, kemudian gelembung itu pecah dan membuat awan kecil di dalamnya berkembang menjadi besar dan menciptakan Fenomena Cuaca yang instan.

Pada versi ini, Nami memiliki beberapa skill fenomena cuaca baru seperti Gust Wind.

Sebelum menerima Clima Tact di Arabasta, gaya bertarung Nami lebih menyedihkan. Dia tidak pernah berkelahi dan ketika melawan musuh, dia mengancam Zoro, merayu Sanji, atau memerintah Luffy.

Kepribadian Nami

Nami mungkin yang paling pintar (sebenarnya paling licik) dari kelompok itu, dan satu-satunya saingannya adalah Nico Robin, yang suka diam. Seperti Nico Robin, Nami suka membaca buku, terutama buku tentang lautan.

Sebagai seorang navigator, Nami-lah yang secara rutin menyelamatkan kapal dari ganasnya perairan Grand Line. Nami (dan juga Usopp) mengira dia adalah yang terlemah di grup dan selalu meminta untuk dilindungi atau menghindari pertempuran.

Meskipun demikian, Nami masih bergabung dalam perjalanan setelah tiba di pulau (yaitu kota pelabuhan), karena dia khawatir tentang apa yang sedang dilakukan Luffy dan teman-temannya. Nami adalah member yang sering marah-marah dan memukuli sahabatnya hingga pingsan karena kelakuan teman-temannya yang aneh.

Nami benar-benar percaya dan menghormati Luffy sebagai seorang pemimpin, tetapi dia sering marah dan memukulnya karena Luffy memiliki pemikiran yang sempit dan kurangnya kewaspadaan. Nami melakukan hal yang sama kepada kru yang lain, seperti marah-marah karena Zoro sering tidur.

Nami langsung terangsang setelah mendengar kata kaya dan uang dan siap melakukan apapun seperti menipu sahabatnya. Ia juga sering memanfaatkan semangat Sanji untuk dirinya dan Usopp untuk mengupgrade senjatanya.

Zoro juga sering dipukuli oleh Nami ketika dia berutang padanya. Kepada Chopper, Nami sering  kali menyuruhnya karena keluguannya dan saat dia tidur, Nami sering menggunakan Chopper sebagai bantal. Nami juga sangat menghormati Robin, meskipun dulu dia curiga karena dia anggota BW.

Sebelum kematian Arlong, Nami sangat membenci bajak laut. Dua hal yang disukai Nami adalah uang dan mikan ( jeruk mandarin). Dia juga memiliki obsesi dengan fashion dan dia adalah satu-satunya orang yang paling sering berganti pakaian dalam sebuah cerita. Tato bahu Nami sekarang menjadi kincir angin dan jeruk. Melambangkan kedua “orang tuanya”, yaitu Belle-Mere dan Genzo.

Mimpi Nami adalah menggambar peta dunia dan dia percaya bahwa berlayar dengan Luffy akan membantunya mencapai mimpinya.

Fakta Menarik Nami

Sumber: Tribun Wiki

Selain membahas kemampuan Nami, Gramedia juga tertarik untuk membahas fakta-fakta unik tentang Nami. Memang ada apa saja fakta unik Nami yang menarik dibahas? Lanjut baca, ya Sobat Grameds!

1. Usia Nami Tergolong Muda dari di Topi Jerami

Hingga kini, setelah time skip, Nami berusia 20 tahun dan merupakan anggota termuda dari kelompok Topi Jerami.

Sebagai perbandingan, Chopper yang paling muda berusia 17 tahun, kemudian Usopp dan Luffy juga lebih muda dari Nami yaitu berumur 19 tahun. Yang lainnya lebih tua dari Nami, seperti Zoro dan Sanji sama-sama berusia 21 tahun, dan empat lainnya (termasuk Jinbei) adalah anggota tertua Topi Jerami. Ah ya, Nami lahir pada tanggal 3 Juli, apakah ada yang sama?

2. Kalau Sudah Urusan Uang, Sisi Penakut Nami Hilang

Bersama Usopp dan Chopper, Nami dikenal sebagai trio Topi Jerami yang lemah. Ketakutan di sini berasal dari berbagai faktor, takut berkelahi, takut tempat berbahaya, takut orang berbahaya dan takut hantu.

Namun, jika menyangkut uang, harta atau sejenisnya, Nami akan berani, seperti merampok dari orang yang kuat. Topi Jerami juga sering terlibat dalam sesuatu yang berbahaya berkali-kali karena Nami menginginkan sesuatu dari tempat itu (dan Luffy pasti terlibat juga ), seperti ketika mereka pergi ke Pulau Karakuri untuk mendapatkan mahkota emas (meskipun Nami juga takut) dan saat Topi Jerami ikut bersaing antar Bajak Laut demi hadiahnya (catatan: ini ada di film One Piece Dead End Adventure dan Karakuri Castle).

3. Desain Awal Nami Lebih Terlihat Seperti Petarung

Mungkin tidak banyak yang mengetahui fakta tentang Nami ini, karena ternyata desain asli Nami terlihat garang!

Oda mempresentasikan desainnya di atas, ternyata Nami direncanakan untuk melengkapi senjata kapak! Tidak hanya itu, ia juga digambarkan memiliki kaki kanan dan tangan kiri yang terbuat dari mesin! Dia adalah robot!

Ini tentu saja ajaib, karena dalam versi cerita saat ini, Nami bukanlah seorang gladiator fisik. Dia masih bisa mengalahkan banyak prajurit, tapi dia mengandalkan perlengkapannya untuk melakukannya.

4. Di Versi Anime, Nami jadi Nakama Pertama Luffy yang Muncul

Bukankah nakama pertama Luffy adalah Zoro? Memang tapi yang pertama kali muncul di anime adalah Nami. Nami muncul lebih awal di anime, tepatnya di volume 1, sedangkan di manga, dia hanya muncul di chapter 8.

Uniknya? Di manga, Nami juga muncul bersama Luffy dan Shanks di sampul manga One Piece Bab 1, membuat Nami menjadi Nakama Luffy yang memulai debutnya.

5. Menurut Oda, di Dunia Nyata, Nami Berasal dari Swedia

Saat Eiichiro Oda menjawab pertanyaan apakah karakter Topi Jerami berasal dari negara-negara di dunia nyata, negara asal Nami ternyata unik. Menurut Eiichiro Oda, Nami adalah orang Swedia jika dia berasal dari dunia nyata! Sekarang, siapa orang Swedia di sini?

6. Orang Terpintar Ketiga di Alur East Blue

Di kelompok Topi Jerami, Nami disebut-sebut sebagai salah satu anggota terpintar selain Nico Robin, sudah jelas, tidak perlu ditanyakan lagi. Dari semua karakter yang muncul di alur East Blue menurut Oda, Nami adalah yang paling cerdas ketiga. Orang pintar pertama di bagian ini adalah Benn Beckman, dan yang kedua adalah Kuro.

7. Nami Pernah Mendahului Luffy Menawari Seorang Calon Anak Buah untuk Bergabung

Yang pertama kali mengundang rekan setim baru sebelum Luffy adalah Nami, dan tentunya ini adalah salah satu fakta menarik dari Nami. Siapa nama yang diundang? Ia adalah Chopper saat Nami dirawat oleh dokter unik ini. Meskipun mereka belum bergabung dengannya, baru setelah Luffy meminta Chopper untuk bergabung, Topi Jerami menemukan seorang dokter.

8. Sempat jadi Topi Jerami Pertama yang Mengkhianati Luffy

Dari semua rekan satu tim Luffy, hanya 4 yang tersisa dan kemudian bergabung kembali sebagai Topi Jerami, mereka adalah Nami, Usopp, Robin dan Sanji. Dari keempat nama di atas, Nami lah yang pertama keluar dari kru dan kemudian bergabung.

Saat itu, Nami melarikan diri dari Topi Jerami untuk kembali bersama Arlong ke desanya, ketika Luffy datang untuk menangkap Nami dan mengalahkan Arlong.

9. Nami adalah Anggota Pertama yang Memakai Topi Jeraminya Luffy

Masih dari arc yang sama yaitu pada arc Arlong. Nami adalah anggota pertama yang memakai topi jerami khas Luffy. Robin juga, bedanya dia mengambil Topi Jeraminya Luffy, dan saat itu dia belum resmi bergabung dengan Topi Jerami. Bedanya dengan Nami adalah Luffy memberikan topi tersebut dan meminta Nami untuk menyimpannya saat ia sedang bertarung.

10. Tubuh Nami Sensitif Terhadap Perubahan Cuaca

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Nami adalah navigator terampil yang bahkan bisa merasakan perubahan cuaca hanya dengan tubuhnya! Maksudnya di sini apa yang dia rasakan, maka itulah yang dia prediksi tentang cuaca, awan, angin, badai, pasang surut! Orang pertama yang memperhatikan ini adalah Vivi. Di Grand Line yang gila, kemampuan ini pasti berguna.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai kemampuan yang dimiliki Nami dalam serial One Piece. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi One Piece lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.