in

11 Seri Naruto The Movie Yang Wajib Banget Kalian Tonton, Dijamin Bikin Nostalgia

Naruto The Movie – Bicara tentang anime mungkin yang paling membekas dan terkenang salah satunya adalah Naruto. Ya, Naruto menjadi serial anime yang sampai saat ini tingkat kepopulerannya juga tidak bisa dipungkiri lagi.

Bahkan, bagi mereka yang lahir di era 90-an juga bakalan tidak asing dengan anime Naruto. Sebab, beberapa kali anime Naruto tayang di saluran TV lokal menemani keseharian para pecintanya.

Naruto tak hanya memiliki versi manga dan serial anime saja. Namun dalam film layar lebar, Naruto juga memiliki beberapa jenis. Bahkan, beberapa film Naruto juga pernah tayang di saluran TV lokal. Bagi kalian yang kerap menyaksikan Naruto tentunya tidak asing dengan Naruto the movie. Ada beberapa seri Naruto the movie yang bisa kalian saksikan.

Namun, akan lebih nyaman ketika kalian menyaksikan seri Naruto the movie secara urut. Nah dalam artikel ini akan menjelaskan urutan anime Naruto the movie secara lebih lengkap lagi.

Naruto The Movie

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Naruto adalah salah satu serial anime legenda yang begitu banyak diminati. Mulai dari alur cerita, grafik hingga time song saja sudah begitu membekas bagi mereka yang sangat menyukai serial anime ini.

Naruto bukan hanya hadir dalam bentuk manga ataupun serial anime saja. Namun Naruto juga memiliki versi the movie. Wah, rasanya jika ingat kembali, ada banyak momen menarik yang bisa bikin kita nostalgia setiap menyaksikan Naruto the movie.

Dimana setiap tema yang diangkat dari satu seri Naruto the movie dengan seri lainnya akan berbeda-beda. Hal ini juga yang menjadikan para penggemar Naruto akan selalu menantikan kehadiran dan tak pernah bosan untuk menyaksikannya kembali.

Di bawah ini ada urutan Naruto the movie yang bisa kalian jadikan teman di kala senggang atau ketika ingin menonton bersama orang tercinta.

1. Ninja Clash in The Land of Snow

Sumber: IMDb

Ninja Clash in The Land of Snow adalah film Naruto yang bisa dibilang seri paling pertama. Film Ninja Clash in The Land of Snow sendiri rilis di Jepang pada tanggal 21 Agustus 2004. Latar belakang yang diambil dalam film ini adalah setelah episode 101 pada serial animenya.

Film Ninja Clash in The Land of Snow menceritakan tentang anggota Tim 7 yaitu Uzumaki Naruto, Sasuke Uchiha dan Sakura Haruno yang mendapatkan tugas dari guru Kakashi Hatake. Tugas tersebut adalah untuk melindungi artis terkenal bernama Yukie dari ancaman yang ada. Salah satu hal yang mengejutkan dalam film Ninja Clash in The Land of Snow adalah ternyata Yukie merupakan Putri Koyuki Kazahana dari Negeri Salju.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Legend of The Stone Of Gelel

Sumber: IMDb

Legend of The Stone Of Gelel menjadi film kedua dari serial anime Naruto yang dirilis pada tanggal 6 Agustus 2006 lalu di Jepang. Latar belakang yang digunakan pada film Legend of The Stone Of Gelel sendiri adalah lanjutan dari episode 169 serial animenya.

Film Legend of The Stone Of Gelel menceritakan tentang Naruto, Sakura dan Shikamaru yang memiliki tugas untuk melindungi Batu Gelel. Batu Gelel sendiri adalah mineral kuat yang bisa memberikan kemampuan regenerative kepada pemiliknya dan juga bisa menunda adanya penuaan.

Selain itu dalam misi tersebut Naruto juga mendapatkan bantuan ninja dari desa Sunagakure seperti Gaara dan Kankuro ketika akan melawan Haido yang begitu jahat.

3. Guardians of The Crescent Moon Kingdom

Film ketiga dari seri Naruto the movie adalah Guardians of The Crescent Moon Kingdom. Dimana film Guardians of The Crescent Moon Kingdom ini pertama kali dirilis di Jepang pada tanggal 5 Agustus 2006 lalu. Sedangkan latar belakang yang diambil adalah setelah episode 196 dalam serial animenya.

Dalam film Guardians of The Crescent Moon Kingdom ini Tim 7 dan Rock Lee yang menjadi anggota tambahan diberikan tugas untuk melindungi Michiru. Michiru sendiri merupakan pangeran dari Negeri Bulan dan putra dari Hikaru Tsuki.

Nyawa dari Michiru terancam atas serangan dari tentara bayaran yang disewa oleh menter Shabadaba. Tentunya Tim 7 bersama dengan Rock Lee akan melakukan aksi serangan balik demi melindungi Michiru.

 

4. Naruto Shippuden The Movie

Sumber: IMDb

Naruto Shippuden The Movie adalah film pertama dalam seri arc Naruto Shippuden. Film ini pertama kali dirilis di negara Jepang pada tanggal 4 Agustus 2007 lalu. Sedangkan plot yang digunakan pada film Naruto Shippuden The Movie sendiri mengikuti episode 32 dalam serial anime Naruto Shippuden.

Film Naruto Shippuden The Movie menceritakan tentang Naruto yang menghadapi akan prediksi kematiannya yang berada di tangan monster.

Naruto juga harus memberikan perlindungan kepada pendeta Shion dari serangan roh iblis Mory yang terbayang-bayang akan kematiannya. Untuk bisa menyelesaikan misi yang ada tersebut, Naruto dan tim berusaha untuk melawan iblis jahat sekaligus menyelamatkan dunia.

5. Naruto Shippuden the Movie: Bonds

Naruto Shippuden the Movie: Bonds menjadi film kedua dari seri arc Naruto Shippuden. Film ini pertama kali dirilis di negara Jepang pada tanggal 2008 lalu. Sedangkan latar yang digunakan adalah pada episode 71.

Film Naruto Shippuden the Movie: Bonds menceritakan tentang ninja dari Negeri Langit yang ingin melangsungkan penyerangan terhadap Desa Daun Tersembunyi sebagai bentuk balas dendam dari serangan yang telah dilangsungkan selama Perang Dunia Ninja Besar ke-2.

Tiba-tiba muncul sosok anak laki-laki bernama Amaru dari desa yang telah dihancurkan untuk memberikan peringatan kepada mereka. Naruto, Sakura dan Hinata memiliki misi untuk melindungi Amaru terhadap penyerangan yang ada sekaligus mencari tahu alasan dari aksi penyerangan yang ada di desa tersebut.

Salah satu hal yang menarik dari film Naruto Shippuden the Movie: Bonds adalah keberadaan Sasuke yang membantu Naruto untuk mengalahkan musuh setelah sekian lama Sasuke pergi dari desa Konoha.

 

6. Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire

Sumber: IMDb

Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire adalah seri Naruto the movie yang berikutnya dan pertama kali dirilis pada tanggal 1 Agustus 2009 lalu. Film ini mengambil alur yang ada hubungannya dengan episode 121 pada serial animenya.

Secara garis besar, film Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire menceritakan tentang potensi pecahnya Perang Dunia Shinobi ke-4 karena ninja dengan kemampuan kekkei genkai mulai hilang dari desa Kumogakure, Iwagakure, Kirigakure dan juga Sunagakure.

Misi yang diterima oleh Tim 7 saat itu adalah mengikuti jejak dari para pemilik kemampuan kekkei genkai yang hilang. Pada saat itu Tim 7 langsung memulai perjalanan menuju ke Gunung Shumisen yang terletak diantara desa Iwagakure dan Kusagakure.

7. Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower

Sumber: IMDb

Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower pertama kali dirilis adalah di negara Jepang pada tanggal 31 Juli 2010 lalu. Sedangkan alur cerita dari film Naruto the movie ini masih ada hubungannya dengan episode 143.

Film Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower menceritakan tentang Tim 7 yang mendapatkan misi untuk bisa menangkap seorang ninja yang hilang bernama Mukade.

Pada film Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower, Naruto dan Yamato dikirimkan ke waktu 20 tahun yang lalu dan bertemu dengan ratu Loran, Sara. Naruto setuju untuk melindungi Sara setelah Anrokuzan memberikan pernyataan tentang adanya warga yang diculik guna menciptakan pemanggilan Pasukan Ninja Boneka.

8. Naruto Shippuden the Movie: Blood Prison

Naruto Shippuden the Movie: Blood Prison merupakan seri Naruto the movie yang dirilis di negara Jepang pertama kali pada tanggal 27 Juli 2011 lalu. Film Naruto Shippuden the Movie: Blood Prison menceritakan tentang penangkapan Naruto yang mendapatkan dugaan bahwa dirinya menyerang Raikage Keempat.

Dalam film ini Naruto di penjara di Kastil Hozuki yang juga menjadi pusat fasilitas penahanan criminal. Penjara tersebut juga banyak dikenal dengan sebutan sebagai Penjara Darah. Pada saat di area tersebut, cakra rubah ekor sembilan milik Naruto disegel oleh Mui. Hal ini menjadikan Naruto hanya mendapatkan jumlah cakra terbatas bahkan kekuatannya mudah untuk dilumpuhkan.

9. Road to Ninja: Naruto the Movie

Road to Ninja: Naruto the Movie juga masuk ke dalam list seri Naruto the movie yang bisa kalian tonton saat ini. Film Road to Ninja: Naruto the Movie sendiri pertama kali dirilis pada tanggal 25 Juli 2012 lalu di negara Jepang.

Alur cerita yang ada di dalam film Road to Ninja: Naruto the Movie masih berhubungan dengan episode 215 di serial animenya. Film tersebut menceritakan Naruto dan Sakura masuk ke dalam wilayah realitas alternatif yang dilakukan oleh Tobi dengan bantuan Tsukuyomi Terbatas.

Dalam film ini juga akan ditunjukkan tentang apa yang akan terjadi ketika orang tua Naruto masih hidup, Sasuke tidak berkhianat dari desa Konoha dan Sakura menjadi anak yatim piatu.

 

10. The Last: Naruto the Movie

Sumber: IMDb

The Last: Naruto the Movie bisa dibilang sebagai film Naruto the movie paling berkesan bagi para penggemar. Film ini pertama kali dirilis di negara Jepang pada tanggal 6 Desember 2014 lalu. Dimana film ini mengambil latar belakang setelah episode 492 atau lebih tepatnya setelah dua tahun Perang Dunia Ninja Keempat berlangsung.

Film The Last: Naruto the Movie menceritakan tentang bulan yang ada di dunia Shinobi yang akan bertabrakan dengan bumi. Insiden bertabrakannya bulan dan bumi tersebut disebabkan oleh Toneri Otsutsuki yang juga masih keturunan dari saudara kembar Hagoromo Otsutsuki atau Rikudo Sennin, Hamura Otsutsuki.

Toneri juga melangsungkan aksi penculikan adik dari Hinata yaitu Hanabi. Namun maksud dari tindakannya tersebut adalah untuk menculik Hinata.

11. Boruto: Naruto the Movie

Terakhir, ada film Boruto: Naruto the Movie yang dirilis pertama kali pada tanggal 7 Agustus 2015 lalu. Film Boruto: Naruto the Movie ditulis oleh Masashi Kishimoto yang juga pencipta seri Naruto yang pada saat itu dibantu oleh Ukyo Kodachi yang saat ini penulis manga Boruto.

Alur cerita yang diangkat dalam film Boruto: Naruto the Movie adalah sekuel dari serial Boruto: Naruto Next Generation yang lebih berfokus kepada Boruto yang merupakan anak dari Naruto dan Hinata.

Dalam film ini juga menceritakan tentang Boruto yang memiliki tekad untuk lebih kuat dari sang ayah namun pada akhirnya berakhir dengan perkelahian antara Naruto dan Sasuke melawan Kinshiki Otsutsuki yang pada awal cerita sudah memberikan penyerangan terhadap Sasuke.

Karakter Penting Dalam Anime Naruto

Dalam serial anime Naruto tentunya ada tokoh penting yang mungkin bagi para penggemar sudah tidak begitu asing lagi. Ya, serial anime ini tentunya akan berfokus pada tokoh utamanya yaitu Naruto.

Meski begitu masih ada tokoh penting lain yang ternyata sangat menarik jika kita ulas lebih dalam lagi. Nah di bawah ini ada beberapa tokoh penting dalam cerita Naruto selain tokoh utamanya yaitu Naruto itu sendiri.

1. Sasuke

Sasuke menjadi salah satu tokoh pendukung yang cukup penting dalam serial Naruto. Sasuke sendiri diceritakan sebagai sosok yang begitu ambisius dan memiliki dendam untuk membunuh kakaknya sendiri yaitu Uchiha Itachi.

Meski begitu Sasuke juga tokoh yang begitu jenius dan selalu berada di satu langkah didepan Naruto dalam hal apapun. Namun dalam perjalannya, Sasuke bertemu dengan Orochimaru yang masuk ke dalam daftar tiga legenda sannin di eranya. Orochimaru memberikan segel kutukan kepada Sasuke yang pada awalnya memang ingin memiliki tubuh miliknya.

Ketika Sasuke bersama dengan Orochimaru dirinya makin kuat.

2. Jiraiya

Jiraiya adalah salah satu karakter yang begitu penting dalam serial Naruto. Walaupun sebagian besar Jiraiya digambarkan sebagai sosok cabul. Namun siapa sangka jika Jiraiya juga masuk ke dalam daftar tiga legenda sannin selain Orochimaru dan Tsunade.

Jiraiya menjadi guru dari Naruto dalam menguasi cakra serigala ekor sembilan serta menjadikannya lebih kuat. Tak heran jika Jiraiya juga begitu penting dalam hidup Naruto.

Di masa lalu sebelum Jiraiya memutuskan untuk berkelana hingga akhirnya menjadi guru Naruto. Dirinya telah melatih tiga orang murid babtisnya yang tentunya mereka semua menjadi sinobi yang begitu kuat.

Namun siapa sangka di masa depan Jiraiya mati ditangan para murid baptisnya tersebut. Kematian Jiraiya menjadi begitu memilukan bagi para penggemar Naruto. Bahkan salah satu momen sedih dalam serial ini adalah kematian Jiraiya.

3. Akatsuki

Meskipun Akatsuki adalah kelompok, namun keberadaannya dalam serial Naruto sangatlah penting dan menarik untuk dibahas. Akatsuki sendiri adalah kelompok criminal dalam serial anime Naruto.

Akatsuki sendiri pertama kali diberikan nama oleh Yahiko ketika matahari terbit. Keberadaan dari Akatsuki sebagai pencetus gerakan perubahan dalam desa Amegakure. Namun ketika Yahiko tewas, Nagato melanjutkan organisasi tersebut namun dengan anggota yang berbeda yaitu 10 orang kriminal kelas S dari setiap desa yang ada di serial Naruto.

Masuk ke dalam rank kelas S menjadikan setiap anggota Akatsuki selalu memiliki kekuatan yang tak bisa diremehkan. Bahkan, semua anggota dari Akatsuki memiliki kekkei genkai yang begitu unik dan menakutkan. Selain itu, setiap anggota Akatsuki memiliki misi untuk mengumpulkan para Bijuu sejenis monster legendaris yang memiliki chakra cukup besar.

4. Itachi Uchiha

Dalam serial Naruto, Itachi Uchiha menjadi salah satu karakter yang bisa dibilang cukup popular keberadaannya. Itachi Uchiha digambarkan sebagai sosok yang begitu terampil dan berbakat. Keberadaan dari Itachi Uchiha secara langsung mampu menggerakkan plit seri secara keseluruhan.

Itachi Uchiha juga menjadi saudara dari Sasuke Uchiha. Selain itu Sasuke memiliki dendam keinginan untuk membunuh Itachi Uchiha. Dimana hal tersebut bermula ketika dirinya menyaksikan pembantaian Klan Uchiha yang dilakukan oleh Itachi Uchiha pada satu malam.

Padahal tindakan dari Itachi Uchiha tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Itachi Uchiha ingin melindungi desanya dan selalu menentang terhadap keinginan klannya untuk memulai kudeta terhadap para pemimpin Konoha. Itachi Uchiha adalah sosok pahlawan dalam bayang, kebaikan yang tak perlu diperlihatkan dalam setiap gerakannya.

Nah itulah ulasan menarik dari serial anime Naruto yang cukup banyak kita bahas di atas. Mulai dari urutan seri Naruto the movie hingga beberapa tokoh penting dalam serial anime Naruto. Jadi, Naruto the movie mana yang sudah kamu tonton?

Jika ingin mencari komik Naruto, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

  • Https://thegorbalsla.com/film-naruto/
  • Https://www.hitekno.com/geek/2022/11/04/083102/naruto-13-kematian-tokoh-yang-paling-penting-ada-yang-hidup-lagi
  • Https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Akatsuki_(Naruto)
  • Https://kincir.com/game/mobile-game/film-naruto-urutan-tahun-rilis-uxzfzottycgy


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.