in

Kemampuan Sanji dan Fakta Menarik Si Koki Mesum dalam Anime One Piece

Sumber: Tribun Wiki

Kemampuan Sanji – Vinsmoke Sanji, atau yang sering kita kenal bernama Sanji “Si Kaki Hitam” merupakan karakter fiksi dalam serial One Piece yang tulis oleh Eiichiro Oda. Sanji Berasal dari North Blue, Sanji tumbuh sebagai bagian dari keluarga Vinsmoke di bawah ayahnya yaitu Vinsmoke Judge, dari raja Kerajaan Germa, dan ibunya yang bernama  Vinsmoke Sora.

Hidup di bawah ayahnya yang memandang Sanji hanya sebagai seorang percobaan ilmiahnya, dia melarikan diri ke Baratie, di mana dia belajar memasak di bawah bimbingan Zeff “Si Kaki Merah” dan mempelajari gaya bertarungnya yang menggunakan kaki dalam pertempuran. Sanji adalah anggota keempat yang bergabung dengan kru Monkey D. Luffy sebagai koki setelah pertarungannya melawan Don Krieg.

Sanji adalah salah satu dari tiga pejuang teratas di kru bersama dengan Luffy dan Zoro. Dia saat ini memiliki bounty tertinggi keempat di kru setelah Luffy, Zoro, dan Jinbei. Bersama dengan Jinbei, Sanji adalah salah satu dari dua anggota kru yang bertarung hanya dengan kekuatan dan keterampilan semata tanpa senjata atau Buah Iblis dalam pertempuran, sebelum menerima raid suit miliknya.

Bersama Luffy dan Zoro, Sanji dianggap sebagai salah satu anggota Trio Monster Topi Jerami karena kekuatannya yang luar biasa. Sementara Luffy biasanya bertarung dengan musuh terkuat, Sanji dan Zoro seringkali berakhir melawan musuh yang dianggap sebagai musuh utama kedua atau ketiga.

Terkadang, dia menghadapi lawan yang lebih lemah dari Zoro. Salah satu contohnya adalah Sanji melawan Jabra CP9, yang sedikit kalah kuat dari Kaku, yang kalah melawan Zoro. Momen penting Arc Enies Lobby menampilkan Doriki, sebuah contoh dalam seri di mana kekuatan lawan diukur dalam sebuah angka.

Sanji merupakan karakter yang diremehkan atau kurang mendapat sorotan dibandingkan rekan setim Topi Jerami lainnya, seperti Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro. Memang dari segi kekuatan dan kemampuan, Sanji berada di bawah keduanya dan tidak terlalu jauh di belakang Zoro.

Meski begitu, kemampuan Sanji benar-benar tidak kalah hebat di One Piece. Selain kekuatannya, Sanji juga merupakan karakter yang kurang populer sebagai Wakil Kapten karena “dibayangi” oleh popularitas Zoro.

Padahal, Sanji sebenarnya memiliki berbagai hal yang pantas untuk menjadi wakil kapten kru Topi Jerami. Terlepas dari hal tersebut sepertinya Sanji sudah puas menjalani perannya sebagai koki dan menjadi ‘nomor 3’ di kru tersebut, selama dia memiliki teman-temannya.

Berbicara tentang kekuatan Sanji, tidak terlepas dari masa lalunya. Sampai sekarang, kita tidak pernah tahu asal usulnya. Informasi yang kita ketahui tentang Sanji adalah dia ditemukan oleh Zeff sang koki yang merawat dan membesarkannya seperti anak angkatnya.

Baru di bagian Whole Cake Island kita mengetahui tentang masa lalu dan keluarga Sanji, yang ternyata cukup emosional.

Dalam bagian ini, kita mengetahui bahwa Sanji dan saudara-saudaranya yang lain dimodifikasi secara genetik oleh ayah mereka, Vinsmoke Judge. Tujuannya adalah mengubah anak-anaknya menjadi prajurit super yang tangguh, kuat, dan sama sekali tanpa emosi. Sejak kecil, mereka telah dilatih dengan keras dan disiplin meskipun hal itu tampaknya tidak mempengaruhi Sanji.

Kemampuan Sanji

Sanji mempunyai kemampuan memasak yang hebat. Motto hidupnya adalah tidak boleh membiarkan orang lain kelaparan. Karena keahliannya terhadap memasak ia tidak pernah menggunakan tangannya dalam bertarung. Sanji hanya menggunakan kakinya saat bertarung, oleh karena itu ia dijuluki Sanji “Si Kaki Hitam” (Black Leg). Sanji memiliki jurus tendangan yang hebat.

Sanji dikenal sebagai anggota Topi Jerami terkuat ketiga setelah Luffy dan Zoro. Dia bisa melakukan tendangan api, memperkuat kakinya, dan masih banyak lagi. Pelatihan yang dia lalui selama bertahun-tahun adalah alasan mengapa dia bisa menjadi begitu kuat. Namun, mungkin ada alasan lain mengapa dia bisa menjadi sosok yang begitu kuat.

Kekuatan sejati Sanji berasal dari sains. Dengan kata lain, berbagai manipulasi genetik yang dilakukan Judge pada anak-anaknya, termasuk pada Sanji, pada dasarnya percobaan genetiknya berhasil. Namun, khusus Sanji saja ada pengecualian. Ramuan yang diminum Sora sepertinya mampu menghentikan perkembangan rekayasa genetika sampai Sanji bisa mengenakan Raid Suit.

Teknologi Germa telah mengaktifkan kekuatan terbesar yang ada dalam tubuh Sanji, kekuatan yang berasal dari rekayasa genetika. Dan itu kita lihat nanti dalam pertarungan melawan Queen. Kita akan lihat bagaimana tubuhnya tidak bisa terkena pedang Queen atau bisa beregenerasi dengan baik. Tentu saja yang paling epic adalah bagaimana Sanji bisa “menghilang” dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Oda juga mengkonfirmasi hal ini di SBS Volume 103 kemarin. Di kolom SBS, seorang penggemar bertanya tentang tikus Chuji yang mirip dengan tikus yang ada di masa lalunya Sanji. Oda kemudian menjawab bahwa kedua tikus itu berbeda dan tidak memiliki hubungan sama sekali. Menariknya, Oda Sensei membahas tentang kekuatan Sanji.

Kemampuan Raid Suit Sanji

Raid Suit Sanji menjadi salah satu topik terpanas di Chapter 931. Meskipun Sanji awalnya tidak ingin menggunakan teknologi Germa, Sanji membuktikan sifat prajuritnya dengan ingin menggunakan Raid Suit untuk bisa menolong orang.

Perlu dicatat bahwa pada akhirnya sifat baik Sanji, yang dianggap oleh Judge sebagai kelemahan, yang akhirnya memotivasi Sanji untuk menggunakan teknologi Germa. Dia kemudian dapat menggunakan Raid Suit Sanji saat melawan Page One dan Queen. Apa kekuatan dasar dari Raid Suit Sanji?

Ini adalah kekuatan dasar dari Raid Suit Sanji. Kekuatan dasar ini bisa menjadi lebih gila jika Sanji benar-benar menggabungkan dengan Busoshoku Haki, sesuatu yang tampaknya tidak dikuasai oleh anggota keluarga Vinsmoke lainnya.

Selain itu, kita juga menduga bahwa yang terungkap sebenarnya hanyalah kekuatan intinya. Sanji, dan mungkin Usopp atau Franky, seharusnya mempelajari pakaian ini lebih dekat untuk mengungkap kekuatan aslinya.

1. Kemampuan Menghilang

Seperti yang dijelaskan Law (dengan pemahamannya tentang komik petualangan Sora Pejuang Lautan), salah satu anggota Germa adalah Stealth Black. Seorang pria bisa menghilang sesuka hati. Itu adalah salah satu kekuatan dasar dari Raid Suit Sanji.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah kemampuan tak terlihat ini dapat membuat Sanji tidak terdeteksi oleh Kenbunshoku Haki. Yang jelas sangat sulit untuk melihat Sanji dengan mata telanjang.

Kekuatan ini bisa berbahaya bagi perempuan yang tidak memiliki Kenbunshoku Haki. Apalagi Sanji memang berniat menggunakan baju ini untuk mengintip perempuan yang sedang mandi. Tentunya selama Sanji menggunakannya kemampuan ini untuk melawan musuh, efeknya menghilangnya sangat berguna. Lihat saja Page One dan Queen, ia kesulitan memprediksi serangan Sanji.

2. Jubah Pelindung

Sanji juga menyadari bahwa jubahnya tidak hanya untuk bersenang-senang, tapi juga bisa digunakan sebagai tameng! Jaketnya bisa menciptakan semacam penghalang, membantu menjaga dari serang Page One dan Queen. Ini pasti akan berguna jika misalnya Sanji harus melindungi seseorang dari serangan musuh.

3. Sepatu Raid Suit khusus, yang Membuat Sanji Jadi Lebih Cepat

Lalu ada juga sepatu ajaib. Tanpa sepatu, Sanji bisa menggunakan teknik yang sama seperti Soru dan Geppo. Yaps betul, Sanji memang tidak membutuhkan sepatu khusus Raid Suit itu untuk bergerak secepat kilat. Dia mendengang Oven sekali dan kembali tanpa disadari. Dia juga bisa bergerak di udara.

Nah, dengan sepatu tersebut, Sanji bisa berakselerasi bahkan melayang. Dengan cara ini, Sanji kemungkinan besar akan menjadi anggota Topi Jerami yang tercepat dan gesit.

4. Peningkatan Kekuatan Fisik

Jika diperhatikan dengan seksama, di versi manga, Page One menerima serangan Sanji di Chapter 930 tanpa masalah yang serius. Dia benar-benar terkejut dan jatuh, tetapi dia segera bangkit dan melaporkan bahwa dia telah menemukan sasarannya.

Dengan Raid Suit,tendangan pertama yang diterima Page One dari Raid Suit Sanji benar-benar melukainya. Tepat di duel, Page One dipukul mundur oleh Sanji. Jadi ya, kekuatan fisiknya Sanji juga meningkat. Mempertimbangkan bahwa bahkan tanpa Raid Suit, Sanji mungkin adalah yang terkuat ketiga dari Topi Jerami, peningkatan kekuatan ini membuatnya semakin berbahaya. Meski begitu, sepertinya Sanji juga tidak melapisi tendangannya dengan Busoshoku Haki. Jadi Raid Suit Sanji bisa lebih kuat lagi.

5. Armor yang Membantu Meningkatkan Ketangguhan Sanji

Meski tanpa armor, Sanji sulit dikalahkan. Pada dasarnya, semua setelan Raid Suit Sanji itu anti peluru. Karena itu,  Bajak Laut Big Mom pun harus menggunakan peluru khusus untuk menembus Raid Suitnya.

Selain kemampuan dasar tersebut, Grameds juga bisa melihat efek ketika Sanji dilempar oleh Page One. Meskipun Sanji menembus ke beberapa gedung, dia bisa kembali tanpa masalah luka yang serius. Tidak hanya kekuatan serangan Sanji, tetapi juga daya tahan tubuh Sanji meningkat!

Kemampuan Masak Sanji

Belajar secara otodidak sejak usia muda dan dilatih secara pribadi oleh Zeff, Sanji adalah seorang koki yang luar biasa dari kaliber tertinggi, memiliki pengetahuan yang luas dan kemampuan untuk menyiapkan hampir semua makanan lezat dengan cita rasa tinggi.

Dia memasak dengan kecepatan dan ketangkasan yang luar biasa, terutama dengan pisau. Seleranya juga tidak kalah. Biasanya, ia dapat menyimpulkan aspek kualitatif (yaitu bahan, cara memasak, dan persiapan) terkait hidangan yang disiapkan dalam waktu yang sangat singkat.

Dia memiliki indera penciuman yang sangat tajam, karena dia tahu persis semua bahan yang digunakan Streusen untuk kue pernikahan dan bahkan menemukan resep rahasia Streusen dengan sempurna hanya dengan penciuman, suatu prestasi yang mengejutkan Chiffon dan 31 koki Whole Cake Island.

Di waktu Timeskip dua tahun, Sanji terbukti telah mendapatkan 99 resep masakan Royal Kamabakka Assault Cuisine sebagai hadiah karena berhasil mengalahkan Master Okama Kenpo di Momoiro.

Selain menyiapkan makanan, Sanji juga pandai menulis resep, karena salah satu resep yang tertinggal di kapal Thousand Sunny memungkinkan Nami memasak hidangan seafood yang sempurna.

Menurut Chiffon, keterampilan memasak Sanji melampaui Streusen, koki terbaik di Totto Land. Dia dapat sepenuhnya membuat ulang kue pernikahan besar dalam waktu kurang dari dua belas jam, sementara Streusen membutuhkan beberapa hari untuk membuat kue pertama.

Kue itu sangat lezat sehingga Big Mom, seorang Yonkou yang telah menghabiskan hidupnya memakan semua jenis manisan dari seluruh dunia, jatuh ke dalam ekstase yang tidak pernah dia rasakan sejak pesta ulang tahunnya yang keenam kalinya. Selama di Negara Wano, Sanji bekerja sebagai koki soba, dan masakannya sangat populer di kalangan semua orang.

Haki

Selama timeskip, dia mengembangkan Haoshoku Haki, yang memungkinkan dia merasakan niat dan kehadiran orang lain, seperti saat dia bisa menghindari peluru jelly bean dari Katakuri. Dia juga mampu memanfaatkan Busoshoku Haki, yang memungkinkan dia untuk mengeraskan bagian tubuhnya dan mampu menyerang pengguna buah iblis Logia.

Fakta Menarik Tentang Sanji

Selain membahas kemampuannya, membahas fakta Sanji sepertinya akan menarik. Gramedia akan membahas berbagai fakta dari Sanji, mulai dari yang berkaitan dengan dirinya di anime dan manganya, maupun yang Oda bikin secara spesial dan tidak resmi hadir di anime dan manganya.

1. Tanggal Lahir dan Umur Sanji

Kita mulai dengan informasi paling mendasar tentang Sanji, yaitu tanggal lahir dan usianya saat ini. Sanji lahir pada tanggal 2 Maret, menjadikan Sanji sebagai tanda zodiak Pisces.

Usianya, sebelum lompat waktu, dia berusia 19 tahun dan setelah dua tahun dia berusia 21 tahun, sama dengan saingannya Zoro, tetapi Sanji beberapa bulan lebih tua.

Sanji lahir dari Vinsmoke Judge dan Vinsmoke Sora. Dia sempat menjadi koki di kapal biasa, setelah itu menjadi koki Baratie setelah dia dan Zeff selamat, dan sekarang menjadi koki di Bajak Laut Topi Jerami.

2. Awalnya Dia Dinamai Naruto oleh Oda

Awalnya Oda tidak ingin memberi nama “Sanji”, tapi nama lain, apa itu? Awalnya, Sanji ingin diberi nama “Naruto”, berdasarkan alisnya yang melengkung. Namun karena sudah ada karakter Shonen Jump lain dengan nama yang sama dan bahkan menjadi karakter utama, Oda menggantikannya dengan Sanji.

3. Terinspirasi oleh Steve Buscemi

Oda sering menciptakan karakternya berdasarkan karakter dunia nyata yang populer, lalu bagaimana dengan Sanji? Banyak fans yang salah mengira bahwa Oda menciptakan Sanji berdasarkan Leonardo DiCaprio, padahal tidak demikian. Menurut Oda, Sanji bukanlah DiCaprio melainkan aktor Steve Buscemi, terutama di film Reservoir Dogs.

4. Kambing Hitam Keluarga Vinsmoke

Sanji lahir di keluarga Vinsmoke. Namun karena campur tangan ibunya, Sanji adalah satu-satunya yang tidak terlahir dengan tubuh manusia super. Sebaliknya, Sanji memiliki empati. Berbeda dengan Ichiji di Yonji.

Ini menyiksa Sanji sebagai seorang anak, sampai akhirnya dia bisa melarikan diri. Nyatanya, Vinsmoke Judge hanya membiarkan Sanji kabur. Bahkan setelah dibantu di Whole Cake Island oleh Sanji, Vinsmoke Judge masih menganggap empati Sanji sebagai kelemahan. Di sisi lain, Sanji juga tidak menyukai Rumah Vinsmoke. Dia bahkan tidak ingin menerima Raid Suit. Namun, dia tidak masalah menggunakan teknologi Vinsmoke untuk membantu teman-temannya.

5. Masa Lalunya Sangat Sulit

Sebagian besar karakter di One Piece biasanya memiliki tragedi besar di masa lalunya. Seperti Zoro dengan kematian Kuina, Usopp dengan kematian ibunya, Nami dengan kematian ibu tirinya.

Keajaibannya adalah Sanji ini memiliki dua tragedi besar: Ketika diintimidasi, dia begitu diabaikan sehingga ayahnya sendiri mengizinkannya untuk melarikan diri. Kemudian, ketika dia menjadi koki, dia terlibat dalam insiden yang mengakibatkan Zeff memberikan semua makanannya kepada Sanji sementara Zeff memakan kakinya sendiri.

6.  Sejauh ini, Ada Saja Alasan Dia Tidak Puas dengan Poster Buruannya

Sampai sekarang, Sanji selalu mengeluh tentang poster buruannya. Dari foto yang ada di posternya, sebenarnya foto itu lebih mirip ke Duval daripada wajahnya sendiri, hingga yang terbaru namanya di poster ditulis Vinsmoke Sanji. Padahal Sanji sangat membenci nama Vinsmoke. Pada poster terbaru Sanji, ia  juga marah karena harga buruannya lebih kecil daripada harga buruannya Zoro.

7. Sanji Tidak Mau Menyakiti Wanita

Sumber: Spiel Times

akta bahwa Sanji pernah mengatakan bahwa dia tidak akan pernah memukul wanita, baik dengan menendang atau memukulnya, dan dia memegang teguh fakta itu. Tidak hanya di anime atau manga, di dalam game pun pemain bisa menggunakan Sanji untuk mengalahkan lawan, Sanji tetap tidak akan mengalahkan karakter wanita!

Misalnya pada game Pirate Warriors, jika kamu memilih karakter Sanji dan ada musuh wanita di area tersebut, akan muncul peringatan bahwa Sanji tidak bisa mengalahkan wanita, maka kamu bisa memilih melanjutkan atau mengubah karakter tersebut.

Jika seorang wanita adalah musuh, bagaimana Anda mengalahkannya? Kamu bisa menghindari musuh wanita, tapi jika tidak bisa (misalnya kapten atau boss) kamu bisa meminta bantuan karakter lain.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai kemampuan yang dimiliki Vinsmoke Sanji di serial One Piece. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi One Piece lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi