in

Mengenal Kemampuan Zoro dari Haki hingga Teknik Pedangnya

Sumber: Behance

Kemampuan Zoro – Dalam serial anime One Piece, Roronoa Zoro adalah kru pertama dan juga orang terkuat kedua dalam bajak laut Topi Jerami. Setidaknya, hingga Jinbei gabung dan membuat ranking kekuatan Topi Jerami jadi lebih menarik.

Popularitasnya sebagai pendekar pedang dengan kemampuan hebat, ditambah dengan sikap kaptennya yang kekanak-kanakan, terkadang membuat banyak orang berpikir bahwa dia adalah kapten sesungguhnya atau setidaknya wakil kapten bajak laut Topi Jerami.

Dia adalah salah satu dari 3 petarung terkuat di kelompoknya dengan impian menjadi pendekar pedang terhebat di dunia. Zoro dinobatkan sebagai salah satu dari “Sebelas Supernova”, yaitu sebelas bajak laut rookie dengan bounty lebih dari 100.000.000 juta berry yang telah mencapai Red Line, dimana nilainya adalah 120.000.000 juta berry.

Impian Zoro adalah menjadi pendekar pedang terkuat di dunia, yang juga menjadi impian Kuina, teman masa kecilnya yang sudah meninggal. Selain itu, ia juga bercita-cita untuk bisa mengalahkan Mihawk, salah satu anggota shichibukai dan juga pendekar pedang paling ditakuti di serial ini.

Masa Lalu Roronoa Zoro

Zoro kecil adalah murid dari ayah Kuina yang bernama Koushiro, yang memiliki perguruan kendo. Zoro menggunakan dua pedang sebagai seorang anak, dan karena pelatihan seperti itu dia mampu mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, putri sang guru.

Zoro dikalahkan oleh Kuina sebanyak 2000 kali, hingga menit terakhir Zoro menantang Kuina dengan pedang sungguhan. Lalu Zoro kalah lagi dan menangis. Belakangan, Kuina memberi tahu Zoro bahwa wanita pada akhirnya akan menjadi lemah, dan suatu saat dia akan dikalahkan oleh Zoro.

Kemudian, Zoro sekali lagi memberitahu Kuina bahwa dia tidak boleh mengatakan hal seperti itu dan berjanji untuk terus bertarung sampai keduanya menjadi pendekar pedang terkuat.

Keesokan paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan mengira Kuina ingin membatalkan kesepakatannya. Pada akhirnya, Zoro menangisi pedang Kuina dan berjanji untuk mengikuti mimpinya. Pedang Kuina adalah yang dipegang di mulutnya Zoro yaitu bernama Wadou Ichimonji, yang terdiri dari 21 pedang paling tajam di dunia. Cerita ini muncul di cerita Morgan di manga dan terpotong di cerita Kuro di anime.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Tumbuh dewasa, Zoro mulai meninggalkan rumahnya dan mencari seseorang yang akan menjadi pendekar pedang terhebat di dunia, Juraquille Mihawk, anggota Shichibukai dan seorang pemuda dengan pedang api dan es bernama “Kyu”.

Kyu adalah seorang pemuda yang memimpin salah satu organisasi Jepang, Harajuku (dalam cerita ini, Harajuku adalah organisasi style pedang) Pemuda ini mempunyai dua pedang yang luar biasa, pedang itulah yang memotong pohon setan api (suna-suna) dan pohon setang Es (hie-hie).

Hingga kedua pedangnya menjadi Api dan Es. Kekuatan kedua pedang ini memang aneh bisa menyatu dengan tubuh penggunanya namun tidak dalam waktu yang bersamaan, dengan kata lain jika pengguna mengeluarkan pedang api, maka penggunanya juga akan menjadi api.

Namun di manga One Piece, Kyu tidak pernah terlihat karena Kyu bukanlah seorang yang ada di pemerintahan dunia maupun bajak laut.

Zoro mengarungi lautan dan untuk bertahan hidup, dia mendapatkan uang dengan berburu bajak laut yang masuk dalam daftar paling dicari pemerintah. Sekitar waktu ini, Zoro bertemu dengan dua pemburu hadiah kecil bernama Johnny dan Yosaku. Mereka sempat berkolaborasi dengan Zoro.

Nama Zoro juga dikenal di Baroque Works dan mereka mengirim seorang agen (Mr.7) untuk mengajak Zoro bergabung. Zoro setuju untuk bergabung selama dia ditunjuk sebagai kepala Baroque Works, tetapi Mr. 7 menolak, menyebabkan pertempuran antara keduanya yang kemudian dimenangkan Zoro.

Zoro kemudian ditangkap oleh angkatan laut karena membunuh salah satu serigala milik Helmeppo (Soro), anak dari kapten Angkatan Laut Morgan. Nama Roronoa Zoro sang pemburu perompak sangat terkenal di East Blue, bajak laut besar mengenalnya seperti Buggy, Arlong dan Krieg.

Kemampuan Roronoa Zoro

Sumber: Suara Merdeka Banyumas

Zoro adalah pendekar pedang terampil yang bisa menguasai satu, dua atau tiga pedang. Karena tidak ada “tangan ketiga”, Zoro menggunakan mulutnya untuk membawa pedang ketiganya. Membuatnya menciptakan ilmu pedangnya sendiri, santoryuu (tiga ilmu pedang).

Zoro memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa, sepertinya dalam cerita ia dapat membelah gerbong kereta menjadi dua, mengangkat batu besar dan meletakkannya di tangannya, atau bahkan mengangkat mayat Dalton.

Zoro juga memiliki kekuatan fisik yang sangat tidak biasa, melalui setiap pertarungan Zoro kehilangan terlalu banyak dari dan masih bisa bertarung untuk waktu yang lama. Ini mungkin karena kutukan pedang Zoro, yaitu Sandai Kitetsu.

Pedang

Sumber: Tribun Wiki

Dalam petualangan hidupnya, Zoro telah memperoleh banyak pedang. Tiga pedang yang dia pegang saat ini adalah:

  • Wadou Ichimonji (sebelumnya dimiliki oleh Kuina)
  • Sandai Kitetsu (sebelumnya dimiliki oleh Ippon-Matsu)
  • Enma (sebelumnya dimiliki oleh Kozuki Oden)

Dalam beberapa situasi, Zoro diharuskan untuk menggunakan pedang apapun yang ada (pinjaman atau improvisasi dari pedang yang sudah ada), sehingga karena suatu hal pedang yang digunakan sering hilang, hancur, terlepas dari pemiliknya, atau rusak karena suatu hal. Inilah pedang-pedang yang pernah digunakan Zoro sebelumnya:

  • 2 katana (keduanya dihancurkan oleh Dracule Mihawk di Baratie)
  • Pedang Yosaku dan Johnny (dikembalikan setelah mengalahkan Kuroobi di Arlong Park)
  • Hana Arashi (improvisasi dari pedang Yubashiri digabungkan dengan hubungan Sogeking dengan Zoro, tidak lagi digunakan saat Sogeking berpisah dari Zoro)
  • Yubashiri (sebelumnya dimiliki oleh Ippon-Matsu, berkarat oleh Shuu di Enies Lobby, sekarang beristirahat dengan tenang di Thriller Bark)
  • 2 Pedang Angkatan Laut (yang pertama berkarat oleh Shuu, yang kedua jatuh setelah akhir pertempuran di Enies Lobby)
  • Shusui (Pedang yang dimiliki oleh Ryuuma telah dikembalikan ke makamnya Ryuma. Karena pedang Shusui merupakan warisan berguna bagi negara Wano)

Jurus

Ilmu Pedang Santoryuu 

Ilmu Pedang ini adalah ilmu berpedang menggunakan tiga pedang, dan merupakan ciri khas dari Zoro.

Tora Gari (Pemburu Harimau) Zoro memegang pedangnya sejajar dengan mulutnya dan mengayunkannya ke bawah. Pertama kali digunakan melawan kucing bersaudara, yaitu Buchi dan Sham.

Oni Giri (Pemburu Iblis) Zoro menyilangkan kedua pedangnya di depan dadanya dan maju dengan pedang yang di mulutnya yang akan menghasilkan kerusakan berat. Oni Giri jika dibaca bersama menjadi onigiri, yaitu bola nasi Jepang. Pertama kali digunakan melawan Cabaji.

Nigori Zake (Tikaman Kekuatan 2 Lengan) Zoro mengepalkan otot lengannya dan dengan kekuatan luar biasa melepaskan dorongan kuat. Digunakan melawan Kaku CP9.

Enbima Yonezu Onigiri (Tebasan Iblis Cantik) Mirip dengan oni giri, tetapi ketika Zoro menggunakan jurus ini, pedangnya berputar dan menciptakan iblis di sekitarnya. Efek dari menekuk pedang adalah memberikan lebih banyak kerusakan pada musuh dan jangkauan serangan yang lebih luas.

Tourou Nagashi (Darah Serigala) Sebuah serangan balik. Zoro memutar tubuhnya untuk menghindari serangan, kemudian dua pedang memblokir melangkah maju.menerjang setelah Zoro maju kedepan. Jurus ini merupakan salah satu jurus spesial Zoro di video game. Pertama kali digunakan melawan Hachi.

Tatsu Maki (Putaran Angin Naga) Zoro mengayunkan pedangnya, menciptakan angin seperti naga. Pertama kali digunakan melawan Hachi. Lukanya tidak dalam kecuali korban bergerak.

Kokujo Ootatsu Maki (Putaran Angin Naga Betina Hitam Besar) Sama seperti Tatsu Maki, tetapi lebih besar dari hitam dan hanya berhenti saat musuh berada di ujung neraka. Pertama kali digunakan melawan tim Hody Jones.

Yaki Oni Giri (Api Pembasmi Iblis) Sama seperti Oni Giri, namun kali ini pedang Zoro terbakar setelah beberapa detik, pertama kali digunakan saat di Arc Little Garden.

Ushi Bari (Serudukan Banteng) Zoro mengarahkan pedang di tangannya ke lawannya dan membentuknya seperti banteng, lalu menusukkan pedangnya ke musuh beberapa kali, mengakhiri serangan pedang di mulut. Pertama kali digunakan melawan Dazz Bones atau Mr.1.

Gazami Dori (Capit Kepiting) Semua pedang Zoro sejajar dan mengarah ke musuh seolah memenggalnya. Digunakan melawan Mr.1.

108 Pound Hou (Meriam 108 Pound) Sama dengan 36 pound hou kali ini menggunakan 3 pedang. Digunakan melawan Ohm sang Pendeta.

Karasuma Gari (Pemburu Gagak) Zoro dengan cepat melompat dan menyortir target. Digunakan saat diserang oleh puluhan meriam. Meskipun itu adalah gerakan “pemecah besi”, itu bukanlah Iai. Digunakan melawan keluarga Franky.

Gyuuki Yuzume (Cakar Maut Sapi Iblis) Zoro mengarahkan pedangnya ke musuh dan melemparkan dirinya dengan keras, digunakan untuk melawan Kapten T-Bone. Serangan ini menggambarkan Sapi Iblis.

Santoryuu Ougi : Sanzen Sekai (Seluk Beluk Rahasia Tiga Pedang : 3000 Dunia) Zoro mengambil pedang dan menggabungkan keduanya dan memutarnya dengan cepat. Zoro lalu menerjang musuh di posisi ini. Banyak orang mengatakan jurus ini merupakan jurus terkuat Zoro, dinilai dari kata “Ougi”. Langkah ini digunakan dua kali, pertama melawan Mihawk dan kedua melawan Oz.

Yasha Garasu (Cakar Gagak Iblis) Serangan cepat Zoro pada target digunakan saat melawan oz serangan ini menggambarkan cakar burung gagak iblis.

Dai Butsu Giri (Menebas Buddha Yang Agung) Zoro memotong bangunan (menara) menjadi beberapa bagian. Digunakan melawan Oz.

Dai Tetsu Giri (Tebasan besi/logam besar) Sama seperti Dai Butsu Giri, tetapi untuk memotong logam menjadi beberapa bagian. Digunakan untuk memisahkan meriam yang digunakan oleh Doran di Pulau Spa.

Ultra Gari. Zoro menggunakan Busoshoku dan Haoshoku Haki miliknya untuk memblokir dan menangkis serangan naga di pulau panas Punk Hazard. Haoshoku miliknya mampu mengalahkan naga sampai naga itu tidak sadarkan diri bahkan zoro mengalahkannya dalam waktu yang sangat singkat.

Ilmu Pedang Nitouryu

Ilmu pedang ini adalah ilmu pedang menggunakan dua pedang.

72 Pound Hou (Meriam 72 Pound) Zoro “menyerang” udara dengan 2 pedangnya untuk memutar udara dan menyerang musuh.

Taka Nami (Gelombang Elang) di udara, Zoro menciptakan serangan angin dengan kedua pedangnya. Pertama kali digunakan melawan Hachi.

Sai Kuru (Cycle/Serbuan Badak) Zoro mengangkat kedua pedangnya ke atas dan berputar. Hampir identik dengan Tatsu Maki. Digunakan melawan keluarga Franky.

Nitouryuu Iai: Rashoumon (Ilmu Menghunus Dua Pedang: Gerbang Kehidupan Abadi)
Zoro menghunus pedangnya (ilmu Iai) dan menebas benda besar di depannya. Digunakan saat memisahkan Puffing Tom.

Ni Giri (2 Tebasan) Zoro menempatkan 2 pedangnya di sebelah kanan. Pertama kali digunakan melawan Kaku di Enies Lobby. Berikut adalah beberapa bidikan untuk Ni Giri:

  • Tourou (Memanjat Menara) Zoro menyerang 2 pedangnya ke atas.
  • Outourou (Balasan Memanjat Menara) Sama seperti Tourou, tapi berlawanan.
  • Hirameki (Petir) Zoro menebaskan kedua pedangnya ke kanan dan menciptakan seberkas cahaya.
  • Samon (Gambar Pasir) Zoro menebaskan pedangnya menyilang ke tanah.

Ilmu Pedang Ittouryuu

Ilmu pedang ini adalah ilmu pedang yang menggunakan satu pedang saja.

Ittouryuu Iai: Shishi Sonson (Ilmu Menghunus Satu Pedang: Nyanyian Singa) Salah satu pedang Zoro terbalik dan Zoro dengan cepat menghunus pedangnya dan menyerangnya lalu melemparkannya kembali. Digunakan saat mengalahkan Dazz Bones.

36 Pound Cannon (Meriam 36 Pound) Zoro “menyerang” udara dengan pedang untuk memutar udara dan menyerang musuh.

Hiryuu Kaen (Lidah Api Naga) Zoro menyerang dari udara dan mengeluarkan api dan menyerang musuh. Digunakan saat mengalahkan Ryuuma di rooftop.

Daishinkan: Zoro melepaskan Haoshoku Haki untuk menakut-nakuti Monet dan melumpuhkan Monet, lalu memotong Monet menjadi dua tanpa menggunakan Busoshoku.

Ilmu Kyuutouryuu

Ilmu berpedang  Zoro yang menggunakan iblis dalam dirinya dan membuat sebuah bayangan hingga menjadi 9 pedang.

Kiki Kyutoryu Asura (Jiwa Setan, Gerakan 9 Pedang : Dewa Asura) Ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengubah pemandangan dari santoryuu menjadi kyuutouryuu.

Ichibugin (Satu Kabut Perak) pertama kali digunakan oleh Zoro selama fase kyutoryu, Zoro menggunakan kesembilan pedangnya, melompat ke arah lawannya dan menebas mereka dengan kesembilan pedangnya secara bersamaan.

Makyuusen (9 Tebasan Setan) Zoro menyerang lawannya dengan sembilan pedangnya sambil berputar sehingga membentuk lingkaran.

Ilmu Combo Zoro Bersama Teman-temannya

Maki Whip Shoot (Tendangan Cambuk Putaran Angin) Zoro menghabisi Tatsu Maki, Luffy dengan gomu gomu no whip dan sanji dengan serangan bahu yang secara bersamaan menyerang dan menjatuhkan benda/monster raksasa. Digunakan untuk membunuh Kadal Shandora.

Armee De L`Air: Power Shoot (Angkatan Udara: Powershot) Zoro melompat ke kaki Sanji, dan Sanji menendang sangat keras sehingga Zoro menghantam musuh dengan sangat keras. Digunakan saat mengakhiri Groggy Ring.

Santouryuu Gomu Gomu no Diable Mouton Jet 600 Pound Cannon (Gerakan 3 Pedang Gomu Gomu Iblis Domba Jet Meriam 600 Pound) Luffy mengeluarkan Gomu gomu no-nya dan Zoro secara bersamaan mengeluarkan 300 pound cannon miliknya untuk mengenai objek sebesar gelombang Aqua Laguna.

Santouryuu Gomu Gomu no Diable Mouton Jet 600 Pound Cannon (Gerakan 3 Pedang Gomu Gomu Iblis Domba Jet Meriam 600 Pound) Luffy meluncurkan Gomu Gomu no Jet Cannon, Zoro meluncurkan jet 600 pound cannon dan Sanji secara bersamaan melepaskan Diable Mountain untuk memukul Pacifista di Kepulauan Shabondy.

Haki

Haki adalah kekuatan yang ada pada manusia namun sedikit orang yang mengetahuinya Haki adalah kekuatan ambisi yang dimiliki oleh semua makhluk hidup, hanya sedikit orang yang dapat menguasai (mengendalikannya). Ada 3 kekuatan Haki.

Kenbunshoku Haki: Haki bisa menebak pikiran musuh dan mengetahui keberadaan musuh, yang pernah menggunakannya adalah God Enel, Luffy, Sanji, Silver Rayleigh dan Shanks. Zoro menggunakan kekuatan ini sambil menghindari teknik Yabusame milik Hody.

Busoshoku Haki: Haki bisa menyerang pengguna Buah Iblis, bisa juga digunakan untuk perisai tak terlihat. Orang-orang yang terlihat menggunakan kekuatan ini adalah Smoker, Whitebeard, Luffy, Sanji, Trafalgar Law, Silver Rayleigh, Tashigi, Doflamingo dan lainnya. Zoro sering menggunakan kekuatan ini bersamaan dengan skill pedangnya, sehingga menghasilkan efek serangan yang luar biasa.

Haoshoku Haki: Haki tingkat tinggi dikatakan hanya dimiliki oleh satu dari sejuta orang. Sejauh ini yang terlihat menggunakan kekuatan ini adalah Shanks Rambut Merah, Silvers Rayleigh, Monkey D. Luffy, Portgas D. Ace, dan Boa Hancock. Selain itu, Roronoa Zoro juga memiliki kekuatan tersebut dengan teknik Santoryuu saat melawan naga di pulau panas Punk Hazard dan teknik Ittoryu saat menebas Monet.

Meski sudah bisa mengendalikan Monet dan menakut-nakuti Monet, Zoro masih belum bisa menguasai Haki ini sepenuhnya. Hal ini belum bisa dipastikan sepenuhnya karena belum ada konfirmasi langsung dari penulis.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai kemampuan yang dimiliki Roronoa Zoro di serial One Piece. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi One Piece lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.