in ,

Kata Bijak Islami dari Al-Qur’an yang Bisa Dijadikan Motivasi Hidup

pixabay.com

Kata Bijak Islami dari Al-Qur’an – Al-Qur’an adalah pedoman hidup umat Islam, di dalamnya terdapat berbagai pesan serta tuntunan yang dapat dijadikan sebagai pembimbing dalam menjalani kehidupan. Setiap ayat yang ada di dalam Al-Qur’an mengandung pembelajaran bagi umat Islam, dan berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Bagi umat muslim yang sedang bingung dalam menyelesaikan suatu permasalahan, sedang dirundung kesedihan, dalam kebimbangan, atau yang lainnya, bacalah Al-Qur’an dan kamu akan mendapatkan jawaban serta petunjuk. Allah SWT menjanjikan surga bagi hamba-Nya yang senantiasa dengan ikhlas menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dan menyebarkan pesan baik-Nya.

Bagi Anda yang beragama Islam, saat sedang putus asa, ingatlah membaca Al-Quran. Terdapat banyak kata-kata bijak Islami dari ayat Al Quran yang bisa menjadi renungan.

Anda bisa menerapkan beberapa kata bijak Islami dari Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari agar lebih mudah menjalani urusan. Beberapa kata-kata bijak Islami dari ayat Al Quran juga bisa membuatmu bangkit dari keterpurukan.

Gunakan kata bijak Islami dari Al Qur’an dalam hidup keseharian. Tidak lupa berbagi dengan keluarga, teman, dan kerabat mengenai kata-kata bijak Islami dari ayat Al-Quran yang bisa memotivasinya agar lebih semangat.

Membaca kata-kata bijak Islami dapat membantu menentramkan hati sekaligus mengingat Allah Swt. Agama Islam mengajarkan banyak hal kepada pengikutnya. Para tokoh Islam melalui pemikiran dan karya mereka juga mengajarkan umat Islam tentang berbagai aspek kehidupan.

Menjalani kehidupan di dunia tidak selalu lancar. Berbagai rintangan akan selalu datang. Tetapi, penting bagi seorang muslim untuk selalu mengingat Allah Swt. Yakin bahwa cobaan yang dialami akan berlalu, seperti firman Allah SWT. dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.”

Meski demikian, tidak perlu menceramahi menggunakan kata-kata bijak Islami dari ayat Al-Quran. Cukup berbagi di media sosial yang bisa membangkitkan semangat banyak orang dengan kata-kata bijak Islami dari ayat Al-Quran. Dalam Al-Qur’an juga dibahas tentang perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan makhluk yang memiliki kemuliaan.

Hal ini telah dijelaskan dalam ayat Al-Quran yang menyebut perempuan sebagai makhluk yang setara dengan laki-laki. Jika banyak orang berpendapat bahwa perempuan hanyalah makhluk kelas dua, maka ayat Al-Quran justru membantah pendapat tersebut dalam suatu konteks tertentu.

Semangat moral ayat Al-Quran menyatakan dengan tegas bahwa tidak ada superioritas dan inferioritas sesama manusia. Baik laki-laki maupun perempuan, keduanya adalah makhluk Allah yang sangat dimuliakan berdasarkan akhlak dan kemampuan yang dimiliki.

Maka dari itu, tidak boleh ada pihak yang merasa lebih superior daripada yang lainnya. Selain itu, jangan sampai ada kekerasan terhadap perempuan yang banyak dianggap sebagai makhluk lemah. Ayat Al-Quran membuktikan bahwa keharusan untuk memuliakan perempuan.

Jika Anda sedang berusaha memahami diri Anda sendiri sebagai perempuan atau sedang merasa insecure, sebaiknya mulai menanamkan pada diri sendiri bahwa perempuan juga makhluk yang pantas dimuliakan seperti halnya laki-laki.

Dalam Al-Qur’an pun juga banyak dijelaskan tentang warisan buat perempuan dan laki-laki. Ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang hak perempuan mendapatkan warisan adalah alquran surat An Nisa ayat 7.

Artinya: “Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan.”

Pada zaman jahiliyah, hak mendapat warisan hanya diperuntukkan bagi laki-laki saja. Menurut Imam Qurtubi, maksud dari ayat alquran ini adalah untuk menghilangkan apa yang menjadi kebiasaan orang jahiliyah terhadap wanita terkait harta warisan. Dalam ayat Al-Quran yang lain, surat An Nisa ayat 11 juga dijelaskan perempuan mendapat warisan separuh dari harta warisan bagian laki-laki.

Jika kamu masih merasa insecure, maka bisa memotivasi diri dengan kata-kata bijak Islami dari Al-Quran. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Kata Bijak Islami dari Al-Qur'an

Kata-Kata Bijak Islami dari Al-Qur’an

  1. “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al Baqarah [2:153]).
  2. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (Q.S. Al Baqarah [2:286]).
  3. “Barangsiapa mengerjakan kebaikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. An Nahl [16:97]).
  4. “Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. Al A’raf [7:96]).
  5. “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S. Ibrahim [14:7]).
  6. “Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” (Q.S An-Nazi’at: 40-41).
  7. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” (Q.S Al-Ankabut: 45).
  8. “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” (Q.S Al-Baqarah: 45).
  9. “Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.”(Q.S An-Nur: 27).
  10. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman ayat 14).
  11. “Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” (Q.S An-Nisa’: 112).
  12. “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (Q.S Ali Imran: 159).
  13. “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Q.S Huud: 114).
  14. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah: 5-6).
  15. “Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” (Q.S An-Nur: 27).
  16. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” (Q.S Al-Hujurat: 13).
  17. “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.”(Q.S Al-Humazah: 1-3).
  18. “Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (Q.S Al-Mulk: 3).
  19. “Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (Q.S Al-Mulk: 3).
  20. “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS Asy-Syuura: 43).

Kata-Kata Bijak Islami dari Hadits

  1. “Ada dua orang yang selalu kelaparan dan tidak pernah merasa kenyang. Mereka adalah penuntut ilmu dan pemburu harta. Namun, usaha pemburu harta tidak lain untuk merusakkan dan menjual dirinya. Sebaliknya, penuntut ilmu berupaya mendapatkan hal-hal yang dapat memberi petunjuk dan memperbaiki dirinya.” (Nabi Muhammad SAW dalam Hadis Riwayat Tirmidzi).
  2. Nabi Saw bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarga. Dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluarga (istri)ku.” (HR. Tirmidzi).
  3. “Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan.” (HR. Ibnu Majah).
  4. “Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih.” (HR. Bukhari).
  5. “Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya.” (Ibnu Qayyim).
  6. “Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu.” (Ali bin Abi Thalib).
  7. “Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.” (HR. Ibnu Asakir).
  8. “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad).

Kata Bijak Islami dari Al-Qur'an

Kata-Kata Bijak Islami dari Para Sastrawan

Kata Bijak Islami dari Al-Qur'an
pixabay.com
  1. “Kamu seorang Muslimah. Kecewa seumur hidup bukanlah cara hidup Islam kerana Allah melarang hamba-hambaNya hidup berputus asa.” – Ramlee Awang Murshid.
  2. “Sebab hidup ini adalah ibadah kepada Allah, maka tugas kehambaan kita adalah mengemudi hati menujuNya.” – Salim Akhukum Fillah.
  3. “Penderitaan yang sesungguhnya adalah ketika kamu kehilangan kepercayaan diri dan harapan. Ketika Allah tak ada dalam tujuan hidupmu” – Helvy Tiana Rosa.
  4. “Di setiap udara yang kau temukan, Di sana akan kau jumpai Allah yang senantiasa mendengar doamu.” – Asma Nadia.
  5. “Ilmu terbaik adalah yang diamalkan. Waktu terbaik, yang dioptimalkan. Cinta terbaik, yang dihalalkan. Harta terbaik, yang disedekahkan. Manusia terbaik, yang bermanfaat bagi manusia lain.” – Ahmad Rifa’i Rif’an.
  6. “Lepaskanlah. Maka besok lusa, jika dia cinta sejatimu, dia pasti akan kembali dengan cara mengagumkan. Ada saja takdir hebat yang tercipta untuk kita. Jika dia tidak kembali, maka sederhana jadinya, itu bukan cinta sejatimu. Hei, kisah-kisah cinta di dalam buku itu, di dongeng-dongeng cinta, atau hikayat orang tua, itu semua ada penulisnya. Tetapi kisah cinta kau, siapa penulisnya? Allah. Penulisnya adalah pemilik cerita paling sempurna di muka bumi. Tidakkah sedikit saja kau mau meyakini bahwa kisah kau pastilah yang terbaik yang dituliskan.” – Tere Liye.
  7. “Ya Rabb, Engkaulah alasan semua kehidupan ini. Engkaulah penjelasan atas semua kehidupan ini. Perasaan itu datang dariMu. Semua perasaan itu juga akan kembali kepadaMu. Kami hanya menerima titipan. Dan semua itu ada sungguh karenaMu… Katakanlah wahai semua pencinta di dunia. Katakanlah ikrar cinta itu hanya karenaNya. Katakanlah semua kehidupan itu hanya karena Allah. Katakanlah semua getar-rasa itu hanya karena Allah. Dan semoga Allah yang Maha Mencinta, yang Menciptakan dunia dengan kasih-sayang mengajarkan kita tentang cinta sejati. Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk merasakan hakikatNya. Semoga Allah sungguh memberikan kesempatan kepada kita untuk memandang wajahNya. Wajah yang akan membuat semua cinta dunia layu bagai kecambah yang tidak pernah tumbuh. Layu bagai api yang tak pernah panas membakar. Layu bagai sebongkah es yang tidak membeku.” – Tere Liye.
  8. “Bagi orang-orang yang beriman, dimanapun ia bisa rukuk dan sujud kepada Allah, maka ia menemukan bumi cinta. Dan sesungguhnya dunia ini adalah bumi cinta bagi para pecinta Allah Ta’ala. Bumi cinta yang akan mengantarkan kepada bumi cinta yang lebih abadi dan lebih mulia yaitu surganya Allah.” – Habiburrahman El Shirazy.
  9. “Kekhawatiran tak menjadikan bahayanya membesar. Hanya dirimu yang mengerdil. Tenanglah, semata karena Allah bersamamu. Maka tugasmu hanya berikhtiar. Dan di sana pahala surga menantimu.” – Salim A. Fillah.
  10. “Allah, bersama-Mu tak ada jalan buntu.” – Asma Nadia.
  11. “Jangan berharap dunia yang berubah, tapi diri kitalah yang harus berubah. Ingat anak-anakku, Allah berfirman, Dia tidak akan mengubah nasib sebuah kaum, sampai kaum itu sendirilah yang melakukan perubahan. Kalau kalian mau sesuatu dan ingin menjadi sesuatu, jangan hanya bermimpi dan berdoa, tapi berbuatlah, berubahlah, lakukan saat ini. Sekarang juga!” – Ahmad Fuadi.
  12. “Allah tidak pernah salah membuat kejadian-kejadian di dunia. Kita mungkin sering merasa tidak pantas sakit. Kita tidak seharusnya terjerembab. Kita lalu bertanya. Kenapa mesti kita? Padahal ada hikmah yang ingin disampaikan Allah. Ada makna. Hanya saja, akal manusia terbatas sekali untuk menangkap arti kejadian itu. Hanya jiwa yang bijak dan ikhlas saja yang mampu mengerti kata-kata Allah.” – Muthmainnah.
  13. “Saya tak tahu, berapa waktu yang tersisa untuk saya. Satu jam, satu hari, satu tahun, sepuluh, lima puluh tahun lagi? Bisakah waktu yang semakin sedikit itu saya manfaatkan untuk memberi arti keberadaan saya sebagai hamba Allah di muka bumi ini? Bisakah cinta, kebajikan, maaf dan syukur selalu tumbuh dari dalam diri, saat saya menghirup udara dari Yang Maha?” – Helvy Tiana Rosa.
  14. “Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.” – Hamka.
  15. “Tuhan, di dunia dan akhirat aku ingin mengabdi pada api Islam abadi. Pimpin aku! Berkati perjuanganku! Tuhan, aku ingin maju menerjang rintangan engkar di dadaku biar menggema Allahu Akbar! Allahu Akbar!” – Hamka.
  16. “Karena Allah menjanjikan barangsiapa yang menutup aib saudaranya, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Itu janji yang hebat sekali. Kalaupun ada saudara kita yang tetap membahasnya, mengingatnya, kita tidak perlu berkecil hati. Abaikan saja. Dia melakukan itu karena ilmunya dangkal. Doakan saja semoga besok lusa dia paham.” – Tere Liye.
  17. “Lahir dan mati adalah takdir Allah. Kita tidak mampu mengetahuinya. Pun tiada kekuatan bisa menebaknya. Kita tidak bisa memilih orangtua, tanggal, tempat…Tidak bisa. Itu hak mutlak Allah. Kita tidak bisa menunda, atau memajukannya walau sedetik.” – Tere Liye.
  18. “Siapa yang menuntut ilmu dengan niat yang ikhlas, dia mendapat kehormatan sebagai mujahid, pejuang Allah. Bahkan kalau mati dalam proses mencari ilmu, dia akan diganjar dengan gelar syahid, dan berhak mendapat derajat premium di akhirat nanti. Tidak main-main, Rasulullah sendiri yang mengatakan agar kita menuntut ilmu dari orok sampai menjelang jatah umur kita expired. Uthlub ilma minal mahdi ila lahdi. Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat.” – Ahmad Fuadi.

Kata Bijak Islami dari Al-Qur'an

Demikian pembahasan tentang kata bijak Islami dari Al-Qur’an, semoga semua pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk Grameds.

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Kata-Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan, Kesabaran, dan Masalah
  2. Quotes Islami Singkat Sebagai Motivasi, Pengingat, Inspirasi, dan Doa
  3. 20+ Kata Mutiara Pagi Hari Islami, Cocok Dijadikan Motivasi
  4. Kata Mutiara Islami Tentang Cinta dan Jodoh 
  5. List Buku Kumpulan Quotes, Kata Bijak, Kata Mutiara Best Seller


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda