in

9 Jenis Channa, Harga, dan Cara Merawatnya yang Tepat!

pixabay.com/zoosnow

Jenis Channa dan Cara Merawatnya – Snakehead atau ikan Channa belakangan ini menjadi ramai diperbincangkan oleh kalangan pecinta hewan. Channa sendiri adalah genus ikan predator yang memiliki habitat asli di air tawar.

Sebagian spesies dari ikan ini dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi yang Grameds kenal dengan ikan gabus. Lalu, sebagian lainnya dijadikan sebagai ikan hias peliharaan karena memiliki corak tubuh yang unik serta berwarna-warni.

Melansir dari Meet the Pet, ikan satu ini tak membutuhkan perawatan yang ‘ribet’. Akan tetapi, dengan memelihara Channa berarti Grameds wajib menyiapkan akuarium hanya untuk satu ekor ikan saja sebab ikan ini dapat memangsa penghuni lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil.

Jenis channa sangat beragam pun disertai dengan ciri khasnya masing-masing. Hanya saja, harga untuk keindahan corak ikan ini sepadan dengan kocek yang harus dirogoh.

Jenis-Jenis Chana

Bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk tiap ekornya, Berikut sembilan jenis ikan hias Channa yang memiliki corak menawan dan bisa ditemukan di pasaran!

1. Channa Micropeltes

Channa micropeltes dapat dikatakan sebagai salah satu jenis ikan channa yang populer hingga sekarang. Jenis channa micropeltes ini mempunyai ukuran yang cukup besar, karena bisa mencapai hingga 1,5 meter.

Karakteristik ikan channa micropeltes ialah warna tubuhnya yang serupa dengan loreng harimau dan disertai ujung sirip berwarna agak kemerahan. Ikan ini dibanderol dengan harga bervariasi, mulai dari ratusan hingga puluhan jutaan rupiah menyesuaikan dengan kualitasnya.

2. Channa Marulioides

Di Indonesia, channa maruliodes dapat ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Ikan channa marulioides sendiri merupakan ikan yang memiliki penjualan yang sangat tinggi karena jenis channa ini memiliki ciri khas berupa motif garis dan motif menyerupai bunga pada tubuhnya yang berbeda beda pada tiap ikan serta memiliki berbagai warna yang berbeda dan berasal dari jenis sungai di habitat aslinya.

Jenis channa yang satu ini mempunyai ciri berupa motif totol bulat pada tubuhnya. Totol tersebut memiliki warna oranye sehingga menarik minat bagi para pecinta ikan. Ikan ini juga kerap dikonteskan untuk keindahan motif dan warnanya.

Harga dari ikan ini sangat beragam, yaitu antara puluhan ribu, bahkan hingga mencapai jutaan rupiah, menyesuaikan pada kualitasnya. Ukuran dari channa marulioides bisa mencapai hingga 65 cm. Oleh sebab itu, dibutuhkan akuarium atau tempat yang luas untuk memliharanya.

3. Channa Barca

Ikan jenis channa barca adalah salah satu jenis ikan channa yang paling populer di kalangan para pecinta ikan hias karena memiliki warna yang unik. Ikan ini berwarna abu-abu terang dan memiliki motif totol dengan warna hitam. Karakteristik menarik yang dimiliki oleh jenis channa barca berada pada sirip punggungnya yang berbentuk melebar ke arah atas.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ukuran ikan ini juga dapat mencapai hingga 90cm. Bentukserta warnanya yang indah membuat channa yang satu ini dijual dengan harga fantastis mencapai hingga puluhan juta rupiah.

4. Channa Argus

Bentuk fisik dari jenis channa argus hampir mirip seperti ikan gabus biasa. Meski begitu, jenis ini memiliki corak warna yang membuatnya tampak unik dan garang. Dengan tubuh berwarna cokelat pucat hingga cokelat keemasan diserta bercak gelap pada bagian samping dan bercak yang mirip dengan pelana pada bagian belakang.

Channa argus dikategorikan sebagai ikan dengan tipe ‘Top Feeder’, ia akan lebih kerap berenang di bagian atas perairan, baik itu di kolam maupun di akuarium. Ikan ini kerap disebut dengan northern snakehead dan dijual dengan kisaran harga Rp1-2 jutaan.

5. Channa Bleheri

Channa bleheri atau yang sering disebut juga sebagai rainbow snakehead adalah ikan channa yang memiliki warna tubuh mirip dengan corak pelangi. Warna dari jenis channa bleheri saat sudah dewasa memiliki warna dasar yakni kecokelatan yang pada bagian sisi dan siripnya berwarna biru serta ditutupi dengan bintik-bintik berwarna merah jingga cerah. Selain itu, ikan ini memiliki ekor yang berwarna-warni nan menawan.

Channa bleheri termasuk ke golongan ikan channa kerdil. Channa ini bisa tumbuh dengan maksimal sekitar 17 cm, terhitung lebih kecil dari ikan channa umumnya yang bisa mencapai 1.5m. Habitat asli dari ikan ini berada di India, tepatnya di perairan sungai Brahmaputera.

Ikan channa ini meskipun kecil, juga memiliki warna yang menarik dan cukup aktif berenang. Harganya tak terlalu mahal, bisa didapat dengan hanya sekitar ratusan ribu rupiah saja.

6. Channa Stewartii

Channa Stewartii dapat menjadi alternatif pilihan bagi para pecinta ikan hias yang belum dapat memiliki Channa Barca karena, harganya yang dapat dikatakan cukup mahal. Jenis channa stewartii menjadi primadona, karena memiliki corak dan warna yang hampir sama dengan channa barca.

Kendati demikian, kalau diperhatikan dengan seksama, maka akan tampak perbedaan yang cukup mencolok. Channa barca memiliki siri vektoral atau sirip dada yang berwarna kuning kehijauan, sedangkan channa stewartii, sirip dadanya berwarna hijau kebiruan. Warna sirip ini akan sangat terlihat dengan jelas ketika terkena cahaya maupun berada di tempat yang gelap.

Pada channa stewartii, ada sedikit bintik berwarna hitam yang menyebar pada seluruh bagian tubuhnya. Sedangkan pada channa barca, bintik berwarna hitam yang menyebar pada tumbuhnya benar-benar sangat banyak, bahkan hingga sampai ke kepala.

Untuk harganya sendiri, jenis channa stewartii dibanderol dengan kisaran harga mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja untuk satu ekornya.

7. Channa Gachua

Melansir dari situs Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, channa gachua merupakan jenis ikan yang kerap dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Walau begitu, karena memiliki keunikan yang menarik, spesies yang disebut ikan gabus gunung ini juga banyak yang dipelihara sebagai ikan hias.

Keunikan dari ikan ini, terletak pada corak, sirip yang memiliki gradasi warna putih, kuning, dan biru. Sebagai ikan konsumsi, gabus gunung biasa dibanderol dengan harga Rp50ribu per kilogram, tetapi di pasar ikan hias, ikan ini telah disortir dan harganya bisa melonjak menjadi Rp25ribu per ekornya.

8. Channa Pleurophthalma

Tampilan dari Ocellated Snakehead alias channa pleurophthalma dapat dikatakan sebagai tampilan ikan paling menarik di antara jenis channa lain yang berasal dari Asia Tenggara. Memiliki bentuk tubuh yang lebih pipih apabila dibandingkan jenis ikan gabus lain yang berbentuk silindris.

Channa pleurophthalma memiliki corak yang khas, yakni berwarna cerah serra berbentuk cincin-cincin berjajar. Harganya ikan ini masih berada di kisaran ratusan ribu rupiah.

9. Channa Aurantimaculata

Channa aurantimaculata atau yang disebut juga sebagai Golden Cobra Snakehead memiliki warna campuran, yakni kuning, biru dan hitam. Memiliki sikap yang cukup agresif, untuk memelihara ikan ini wajib ditaruh di dalam akuarium tersendiri. Ikan ini jelas tak dapat digabungkan dengan ikan hias lainnya mengingat selain merupakan jenis ikan predator, ukurannya dapat mencapai hingga 40 centimeter.

Golden Cobra Snakehead berasal dari India, tepatnya di Asam utara. Untuk mendapatkan keindahan ‘si kobra emas, Grameds harus menyiapkan dana mulai dari ratusan ribu rupiah tergantung pada ukuran ikan itu sendiri.

Selain jenis-jenis ikan yang telah diuraikan, sebenarnya masih ada berbagai jenis channa lainnya yang juga menarik untuk dipelihara.

Tips Merawat Ikan Channa

Cara untuk merawat ikan channa sebenarnya tidak terlalu sulit, hal terpenting ialah Grameds harus telaten ketika merawatnya. Terutama jika Grameds masih pemula dalam dunia ikan hias.

1. Jaga Kondisi Ikan Agar Tidak Stres

Perlu Grameds pahami bahwa ikan channa yang stres akan menjadi sakit dan bahkan bisa terkena gangguan mental. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Grameds supaya ikan channa agar ikan tidak stres:

  1. Saat ikan channa masih dibungkus plastik atau baru turun sebaiknya hindari memasukkannya ke dalam tempat baru.
  2. Tunggu selama sekitar 15 menit supaya ikan channa dapat lebih mudah beradaptasi dengan suhu air dan lingkungan sekitar.
  3. Tempat yang dipakai sebaiknya beruuran lebih besar sekitar dua hingga tiga kali dari ukuran ikan channa.
  4. Gunakan air yang telah di endapkan sehingga aman dari kontaminasi.
  5. Ikan channa lebih senang dengan kondisi air yang tenang. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk tidak menggunakan pompa air.
  6. Tambahan aksesoris pada tempat ikan, misalnya seperti pasir malang atau kayu kering sebaiknya diberikan dengan takaran secukupnya

2. Gunakan Pakan Terbaik

Untuk pakan, ikan channa dapat diberikan hewan hidup seperti cacing, jangkrik, maupun ikan kecil. Sedangkan, jika ingin lebih praktis Grameds dapat memberinya maggot kering.

Apabila Grameds hendak memberi pakan hidup, maka pakan tersebut harus dibersihkan terlebih dulu sebelum diberikan ke ikan channa.

3. Kuras Air Secara Teratur

Penting untuk dengan rutin mengganti air yang ada di dalam wadah ikan. Meski demikian, sebaiknya hindari menguras air hingga habis. Ganti air dengan takaran 1/3 nya saja dari tinggi air. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya ikan tidak kaget dengan suhu dan Ph air yang baru.

4. Menggunakan Heater Jika Perlu

Apabila keadaan ikan Channa tengah menurun, misalnya seperti ikan tersebut tampak kurang aktif maupun siripnya tidak tegak, Grameds dapat menggunakan heater (pengatur suhu) di wadahnya.

Selain itu, heater juga diperlukan ketika terjadi perubahan cuaca, misalnya dari yang biasanya dingin tiba-tiba menjadi panas. Hal tersebut dikarenakan, perubahan cuaca dapat membuat ikan menjadi stres.. Meski begitu, heater tidak diperlukan kalau ikan baik-baik saja atau tidak mengalami gejala stres.

Itulah beberapa informasi mengenai ikan channa yang tengah populer dan banyak dibicarakan di Indonesia. Apakah Grameds tertarik untuk memeliharanya?

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar ikan channa atau budidaya ikan lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini. 

Buku Rekomendasi Terkait

1. Channa Si Gabus Hias

Hobi memelihara predator semakin ramai dengan munculnya tren memelihara ikan gabus (Channa sp.). Ikan yang sebelumnya telah dikenal sebagai ikan konsumsi (Channa striata) ini, ternyata mempunya bergam jenis dan berbeda antara ukuran tubuh, ukuran sirip, corak, warna, serta karakteristiknya. Keunikan itu lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan hias maupun ikan predator untuk memeliharanya.

Memiliki bekal pengalaman sebagai pemelihara ikan hias sejak kecil dan aneka gabus hias mulai dari era 2010-an, penulis gendak berbagi pengetahuan dan pengalamannya melalui buku ini. Keinginan ini juga didasarkan pada banyaknya penghobi ikan predator maupun ikan hias yang belum secara penuh memahami tahaoan-tahapan perawatan ikan gabus hias, sehingga banyak yang stres, sakit, pertumbuhannya tidak ideal, bahkan kematian.

Buku Channa Si Gabus Hias mengajak Grameds untuk mengenal lebih dalam mengenai ikan hias yang sedang menjadi buah bibir ini. Buku ini berisi tentang berbagai informasi perihal jenis-jenis Channa yang belum familiar bagi kebanyakan orang.

Ada juga berbagai fakta pendukung yang bisa membantu dalam perawatan Channa. Banyak pembahasan yang tersedia di dalam buku ini mulai dari kisaran harga dan cara perawatannya.

2. Keajaiban Ikan Gabus

jenis channa

Penulis buku ini ingin menyakinkan kepada masyarakat mengenai beragam keajaiban dari ikan gabus, terutama dari segi kesehatan atau medis. Setelah melalui berbagai tahap penelitian yang panjang, buku ini hadir untuk menjelaskan berbagai manfaat ikan ini. Diantaranya untuk membantu penyembuhan secara akseleratif dari berbagai penyakit kronis seperti gagal jantung, ginjal kronis, HIV/AIDS, stroke, kanker, dan tuberkulosis.

Walau buku ini memberikan paparan mengenai sudut pandang medis, tetapi diracik dengan gaya penulisan yang populer, sehingga masyarakat umum dapat dengan mudah memahami hingga tuntas berbagai keajaiban yang dimiliki ikan gabus. Buku ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai salah satu referensi untuk kalangan pendidik, tenaga kesehatan, dan mahasiswa.

Penulis juga memberikan informasi mengenai aneka kuliner dan food supplement yang terbuat dari ikan gabus sebagai makanan kesehatan, baik berupa konsentrat albumin/protein, dispersi (filtrat albumin), abon, nugget, bubur, sosis, bakso, kwetiau, otak-otak hingga kerupuk. Dijelaskan juga mengenai berbagai olahan ikan gabus yang nikmat dan mudah dipraktekkan, seperti ikan gabus bumbu kuning, olahan santan, tumis, gulai, balado, panggang, dan berbagai masakan lainnya.

3. Panduan Lengkap Bisnis dan Budi Daya Ikan Gabus

Jenis Channa

Gabus merupakan ikan air tawar yang telah sejak lama dikenal sebagai ikan konsumsi yang bermanfaat. Selain dijadikan sebagai ikan konsumsi, ikan gabus juga ada yang dikenal sebagai ikan hias. Di samping itu, ikan gabus juga bisa diolah untuk dijadikan sebagai makanan kesehatan dan obat. Oleh sebab itu, ikan gabus yang pada mulanya dikenal sebagai ikan yang menjijikkan karena penampilannya yang menyerupai ular dan hidup di rawa-rawa dan saluran air ini upgrade menjadi ikan ekonomis.

Di Sumatera Selatan, selain menjadi ikan konsumsi langsung yang penting, ikan gabus juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pempek. Ikan gabus memiliki ciri khusus, yakni bisa dengan mudah dicampur dengan tepung sagu dan tak berminyak. Ikan gabus mengandung albumin dan protein yang tinggi, yakni 21% albumin dan 70% protein.

Ikan gabus juga memiliki kandungan asam amino yang lengkap, serta selenium, mikronutrien zink, dan iron. Kandungan lain yang ada di dalam ikan gabus ialah alil sulfida, alisin, dan furostanol glikosida. Seluruh kandungan tersebut membuat ikan gabus sangat pas untuk dikonsumsi oleh pasien penderita luka bakar, orang yang dalam masa penyembuhan, pasien pasca operasi, maupun anak-anak yang mengalami malnutrisi, dan orang tua yang fungsi organnya mulai menurun. Maka dari itu, ikan gabus menjadi ikan ekonomis yang sangat bermanfaat.

Rujukan:

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.