in , ,

10 Film Horor Indonesia Terbaik dan Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan

Film Horor Indonesia Terbaik – Siapa yang suka menonton film bergenre horor baik dari Indonesia maupun Internasional? Nah, film horor memang nyatanya selalu menjadi andalan utama ketika tengah berkumpul bersama teman-teman. Apalagi jika film  tersebut memberikan suasana yang mencekam di tengah-tengah keheningan, pasti akan menjadi lebih seru dan makin penasaran akan alurnya. Setiap negara di dunia ini, pastilah memiliki karya film horor dengan keunikannya masing-masing. Misalnya di Thailand, film horor mereka khas akan unsur hal-hal yang menyeramkan tetapi dibalut juga dengan komedi. Sementara di negara Barat, film horor mereka biasanya berkaitan dengan kegiatan eksorsisme alias ritual pengusiran setan.

Meskipun demikian, film-film horor karya anak bangsa juga tidak kalah hebat dan menyeramkan lho! Bahkan banyak di antara kita yang justru menganggap film horor Indonesia lebih menyeramkan karena alur cerita dan karakternya seolah dekat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak sekali film-film horor Indonesia yang dianggap legendaris dan bahkan sampai dibuat remake-nya. Lalu, apa saja ya film horor Indonesia terbaik sepanjang masa? Bagaimana pula manfaat dari menonton film horor bagi kesehatan? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Keramat

Tahun Rilis: 2009

Genre: Horror, Mystery, Supernatural

Produksi: Starvision Plus

Sutradara: Monty Tiwa

Pemeran: Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyudha, Miea Kusuma

Film yang rilis pada tahun 2009 ini disebut-sebut sebagai film horor Indonesia terbaik sepanjang masa. Bahkan banyak pula yang menyebut bahwa film ini menjadi “pencetus” akan adanya film horor berkonsep found footage, yang mana dalam proses perekaman filmnya hanya menggunakan handycam atau hand-held camera. Beberapa lagi mengatakan bahwa film Keramat ini adalah kisah nyata yang berkaitan dengan gempa Yogyakarta pada kala itu.

Singkatnya, film ini menceritakan sebuah tim produksi film yang hendak melakukan shooting di sebuah desa terpencil di daerah Bantul. Sayangnya, dalam tim produksi tersebut justru muncul konflik, seperti jadwal yang molor hingga ketidaksepahaman naskah. Konflik makin besar ketika salah satu tim produksi tersebut mengalami kesurupan. Akhirnya mereka menemui seorang paranormal dan malah terjebak di hutan yang angker serta penuh misteri. Bahkan tak jarang, suara gamelan terdengar selama mereka masih di perjalanan.

2. Pengabdi Setan (1980 dan 2017)

Sekadar informasi saja bahwa film berjudul Pengabdi Setan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980, yang kemudian di-remake oleh Joko Anwar pada tahun 2017 dengan judul yang sama. Untuk remake pada tahun 2017 ini, tentu saja pemerannya berbeda. Kali ini, Joko Anwar menggandeng Tara Basro sebagai pemeran utamanya. Film ini dinyatakan sebagai film horor Indonesia terbaik yang bahkan terus-menerus dibicarakan oleh banyak orang karena alur ceritanya yang bagus dan akting para pemainnya yang tidak kaleng-kaleng.

Alur ceritanya juga hampir sama satu sama lain, yakni mengenai sebuah keluarga yang kaya raya tetapi jauh dari agama. Setelah sosok Ibu meninggal dunia, muncul keanehan yang menimpa keluarga tersebut. Akhirnya terungkaplah bahwa ternyata Ibu mereka adalah pengikut dari sebuah sekte pemujaan setan. Keluarga ini ‘diganggu’ karena hendak meminta perjanjian yang telah dilakukan sebelumnya, sementara anak-anaknya tidak mengetahui akan perjanjian yang dimaksud.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Pengabdi Setan 2: Komuni

Tahun Rilis: 2022

Genre: Drama, Horror, Mystery, Thriller

Produksi: Brown Entertainment, Come and See Pictures, Rapi Films, Sky Media

Sutradara: Joko Anwar

Pemeran: Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Jourdy Pranata, Muzakki Ramdhan, Ayu Laksmi

Film lanjutan dari judul yang sama ini tayang pada tahun 2022 tepatnya bulan Agustus kemarin. Seluruh sosial media terutama Twitter membicarakan film horor yang satu ini sebab memang benar-benar menyeramkan, tidak kalah dengan season sebelumnya. Berlatarkan tempat di sebuah rusmah susun yang gelap dan misterius, menjadikan film ini dianggap sebagai film horor Indonesia terbaik.

Alur ceritanya melanjutkan dari season sebelumnya yakni Rini yang trauma dengan kejadian pada keluarganya, lantas pindah ke rumah susun, dengan harapan dirinya tidak akan mendapatkan gangguan seperti dahulu. Sayangnya, harapan tersebut makin pupus ketika terjadi hal-hal ganjil di rumah susun tersebut. Hal yang membuat bulu kuduk merinding adalah adanya puluhan mayat yang meninggal dengan posisi tubuh tidak wajar, seolah tengah menyembah sesuatu di hadapan mereka. Melalui trailer-nya saja, dilihatkan banyaknya sosok hantu pocong di rumah susun tersebut. Lalu, bagaimana ya kisah Rini dan warga rumah susun tersebut? Apakah benar ritual setan sebelumnya masih dilanjutkan di tempat tersebut?

4. Pintu Terlarang

Tahun Rilis: 2009

Genre: Horror, Mystery, Thriller

Produksi: Lifelike Pictures

Sutradara: Joko Anwar

Pemeran: Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, Henidar Amroe

Pada tahun 2009 lalu, Joko Anwar hadir kembali dengan film berjudul Pintu Terlarang yang terus-menerus menyajikan misteri dan teka-teki akan film ini. Bahkan hingga sekarang, film ini masih dijadikan sebagai rekomendasi film horor terbaik karena memang sangat bagus. Singkatnya, film ini menceritakan tentang Gambir (Fachri Albar), sosok pematung yang sukses. Karya patung yang paling terkenal adalah yang bertemakan wanita hamil. Dirinya mengaku mendapatkan inspirasi ketika istrinya, Talyda (Marsha Timothy), tengah mengalami keguguran. Entah mengapa, sosok patung yang dibuat oleh Gambir seolah benar-benar nyata dan hidup. Namun tiba-tiba, banyak kejadian aneh yang menghantui kehidupannya.

Akhirnya, terungkaplah sebuah fakta mengejutkan bahwa di dalam patung buatannya itu terdapat janin bayi yang dirinya dapatkan dari klinik aborsi. Tidak berhenti sampai situ saja, Gambir lantas menemukan pintu aneh yang tidak bisa dibuka tetapi dirinya dapat melihat dari lubang pintu. Dari balik lubang pintu itu, ada seorang anak kecil yang selalu menangis dan meminta pertolongan. Lalu, apa rahasia dari pintu tersebut? Siapa pula anak kecil di balik pintu terlarang tersebut?

5. Perempuan Tanah Jahanam

Tahun Rilis: 2019

Genre: Horror

Produksi: Rapi Films

Sutradara: Joko Anwar

Pemeran: Tara Basro, Marissa Anita, Asmara Abigail, Christine Hakim, Ario Bayu

Lagi-lagi, Joko Anwar menggandeng Tara Basro untuk film yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam ini. Tak mengapa sebab akting dari Tara Basro memang terlihat natural dan sangat luwes, sehingga penonton menikmati akan dialog yang disampaikannya. Film horor ini secara singkat menceritakan kisah Maya dan Dini yang harus bertahan hidup di kota besar sebagai kasir gerbang tol. Kala itu, Maya sangat membutuhkan tambahan modal untuk usahanya, lantas teringat bahwa ternyata dirinya memiliki warisan rumah dari orang tuanya.

Akhirnya, kedua sahabat tersebut pergi ke rumah orang tua Maya yang berada di hutan terpencil. Ketika sampai, mereka bingung karena banyak sekali makam anak-anak. Suatu malam, Maya mendengar ada jeritan wanita yang hendak melahirkan dan mencari sumber suara tersebut. Kagetlah dirinya karena menyaksikan bagaimana proses persalinan tersebut dan kemudian berpikir bahwa desa ini sangat berbahaya bagi dirinya dan Dini. Lalu, apakah Maya dan Dini mampu keluar dari desa misterius tersebut? Memangnya apa yang disembunyikan dari warga desa tersebut?

6. Modus Anomali

Tahun Rilis: 2012

Genre: Horror, Thriller

Produksi: Lifelike Pictures

Sutradara: Joko Anwar

Pemeran: Rio Dewanto, Hannah Al Rasyid, Marsha Timothy, Sadha Triyudha, Izzati Amara, Aridh Tritama, Surya Saputra

Film horor satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang tengah berlibur di sebuah villa terpencil di hutan. Dalam film ini tidak diberikan nama tokoh, hanya sekadar wanita dan pria saja. Liburan keluarga tersebut tiba-tiba berantakan ketika mereka semua terbunuh. Saat itu pula, muncul sosok bernama Evan yang mengaku dirinya telah hilang ingatan dan menemukan bukti pembunuhan yang mengerikan. Mulai dari rekaman terbunuhnya seorang wanita, hingga adanya senjata pembunuhan tersebut.

Lalu, siapa sebenarnya sosok yang bernama Evan itu? Siapa pembunuh sebenarnya pada keluarga tersebut?

7. Ivanna

Tahun Rilis: 2022

Genre: Horror, Thriller

Produksi: MD Pictures, Pichouse Films

Sutradara: Kimo Stamboel

Pemeran: Caitlin Halderman, Jovarel Callum, Junior Roberts, Sonia Alyssa

Film horor yang merupakan sekuel dari Danur Universe ini dirilis pada tahun 2022 ini, tepatnya pada bulan Juni lalu. Yap,kisah dari film Ivanna ini memang mengadaptasi pada novel karya Risa Saraswati yang berjudul Ivanna van Dijk. Singkatnya, film ini menceritakan tentang seorang noni Belanda bernama Ivanna yang masih memiliki dendam kepada pribumi atas kematiannya. Sosok Ivanna nanti akan ditampilkan sebagai hantu Noni Belanda tanpa kepala dan meneror orang-orang di sebuah panti jompo di Bandung.

Pada bagian awal film ini, menggunakan latar waktu tahun 1943 yakni ketika Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Ivanna sebenarnya adalah gadis Belanda yang baik hati dan justru kerap berbaur dengan para pribumi sejak kecil. Namun, ketika Jepang datang “merebut” Indonesia kembali, keluarganya justru tertimpa tragedi menyedihkan. Mulai dari adiknya yang tewas mengenaskan hingga kedua orang tuanya yang bunuh diri. Ivanna lantas dipaksa menjadi wanita penghibur Jepang dan dikhianati oleh orang-orang terdekatnya, hingga dirinya meregang nyawa dengan kepala terpenggal di hadapan para pribumi. Lalu, apakah Ivanna mampu membalaskan dendamnya selama berpuluh-puluh tahun?

8. Mirror

Tahun Rilis: 2005

Genre: Horror, Thriller

Produksi: Sinemart Pictures

Sutradara: Hanny R. Saputra

Pemeran: Nirina Zubir, Jonathan Mulia, Ichi Nuraini, Vida Sylvia

Film era 2000-an ini ternyata masih dikenang oleh banyak orang sebab alur ceritanya yang sangat membekas di pikiran. Menceritakan seorang siswi SMA yang memiliki sifat jahil sekaligus periang bernama Kikan. Namun karena kejahilannya tersebut, Kikan justru terjatuh dan kepalanya membentur ke lantai hingga pingsan. Setelah tersadar, dirinya tiba-tiba mendapatkan kemampuan indera keenam yang istimewa, yakni mampu melihat kematian orang-orang di sekitarnya melalui cermin. Orang-orang yang hendak meninggal itu, pasti bayangannya tidak akan terlihat di cermin. Mulai dari satpam sekolahnya, tetangga, hingga orang-orang terdekatnya. Hal itu semakin menyeramkan ketika Kikan tidak bisa melihat bayangannya sendiri cermin. Lalu, bagaimana nasib Kikan selanjutnya? Apakah dirinya benar-benar akan menemui ajal?

9. Rumah Dara

Tahun Rilis: 2009

Genre: Horror, Thriller

Produksi: Gorylah Pictures

Sutradara: Kimo Stamboel, Timo Tjahjanto

Pemeran: Shareefa Daanish, Julie Estelle, Ario Bayu, Sigi Wimala, Imelda Therinne, Arifin Putra, Ruli Lubis

Dalam film yang satu ini, memperlihatkan bahwa horor itu tidak selalu berkaitan dengan hantu atau hal-hal supernatural lainnya, tetapi justru manusia itu sendiri yang tidak kalah menyeramkan. Secara singkat, film Rumah Dara ini menceritakan adanya sebuah rombongan anak remaja yang hendak pergi menuju ke Jakarta. Ketika di perjalanan, mereka menghentikan mobilnya karena melihat ada wanita muda yang mengaku telah dirampok. Akhirnya, rombongan tersebut mengantarkan wanita muda tadi ke rumahnya dan mereka diminta mampir sebentar. Setelah perkenalan, diketahui bahwa wanita muda yang mengaku kerampokan tadi adalah Maya, sementara ibunya adalah Dara.

Berhubung malam semakin dekat, rombongan tersebut akhirnya ikut makan malam di rumah tersebut. Setelah menyantap makanan tersebut, mereka menyadari bahwa makanannya bukan dari bahan-bahan pada umumnya, melainkan dari ‘daging manusia’. Hal itu semakin mencekam ketika menyadari juga bahwa Dara dan anak-anaknya adalah sosok pembunuh yang gemar memutilasi manusia.

Lalu, mampukah rombongan tersebut keluar dari rumah tersebut? Jika kamu suka akan film dengan adegan gore yang berdarah-darah, film yang satu ini mungkin cocok untukmu. Film Rumah Dara ini juga berhasil meraih penghargaan di festival film nasional maupun Internasional lho…

10. KKN Desa Penari

Tahun Rilis: 2022

Genre: Horror

Produksi: MD Pictures

Sutradara: Awi Suryadi

Pemeran: Tissa Biani Azzahra, Adinda Thomas, Achmad Megantara, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, Fajar Nugraha

Film ini sangat booming di kalangan muda-mudi, bahkan sebelum tayang. Yap, film KKN Desa Penari ini bersumberkan dari thread horor di Twitter yang ditulis oleh akun @SimpleMan, yang kala itu memang sangat viral. Secara singkat, film ini menceritakan pengalaman dari enam mahasiswa yang hendak melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah terpencil. Enam mahasiswa tersebut adalah Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu yang memiliki sifat berbeda-beda.

Kegiatan KKN yang mereka jalani dengan berlandaskan pada program kerja masing-masing, justru menimbulkan petaka. Hal itu disebabkan ketika beberapa di antara mereka malah melanggar aturan dan melakukan hal-hal tercela. Salah satunya adalah ketika Ayu dan Bima melakukan hubungan seksual di tempat keramat, yakni tempat milik Badarawuhi. Tentu saja itu menjadikan mereka terkena hukuman dari alam lain hingga harus kehilangan nyawa. Lalu, bagaimana kisah anggota KKN yang lain? Siapa itu Badarawuhi?

4 Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan

Film horor selalu dianggap film yang menyeramkan dan mengagetkan penontonnya. Hal itu memang benar adanya, sehingga banyak orang yang menolak mentah-mentah untuk menonton film genre ini karena tidak suka dikagetkan. Terdapat pula anjuran terutama bagi penderita lemah jantung, bahwa mereka tidak diperbolehkan menonton film horor karena dapat mempengaruhi kesehatan jantungnya.

Meskipun demikian, ternyata banyak lho manfaat menonton film bergenre horor ini bagi kesehatan. Dilansir dari halodoc, terdapat 4 manfaat yang diperoleh dari menonton film horor. Apa saja ya?

1. Mampu Mengurangi Stress

Menurut Mark Griffith, seorang profesor perilaku kecanduan di Nottingham Trent University, mengungkapkan bahwa dengan menonton film horor ternyata mampu mengurangi stress. Tidak hanya itu saja, film horor juga dapat menjadi opsi untuk melepaskan emosi, baik yang disebabkan oleh frustrasi maupun tekanan batin.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal ini menurut pendapat seorang ahli imunologi di University College London, Natalie Riddell, yang mengungkapkan bahwa hormon adrenalin di tubuh kita akan muncul terutama ketika tengah menonton film horor tersebut. Keberadaan hormon adrenalin tersebut ternyata sangat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, sehingga menjadikan tubuh kita semakin kuat.

  1. Membantu Membakar Kalori

Membakar kalori ternyata tidak harus dilakukan dengan berolahraga lho, tetapi juga dapat dilakukan dengan menonton film horor. Menurut suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, dengan menonton horor selama 90 menit mampu membakar sekitar 113 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan berjalan kaki selama 30 menit.

4. Baik Untuk Kesehatan Otak

Dengan menonton horor, tubuh kita akan melepaskan beberapa senyawa kimia, mulai dari dopamin, serotonin, dan glutamat. Selain itu, adrenalin yang dilepaskan ketika kita tengah menonton film horor ternyata memberikan efek anestesi yang mirip dengan obat. Maka dari itu, menonton film horor juga baik untuk mengurangi kecemasan.

 

Nah, itulah ulasan mengenai film horor Indonesia terbaik dan manfaat menontonnya terutama bagi tubuh. Apakah Grameds sudah menonton beberapa film horor Indonesia tersebut?

Baca Juga!