in ,

10 Rekomendasi Film Sniper Terbaik yang Wajib Ditonton

Film Sniper – Grameds pasti sudah tidak asing dong dengan film sniper? Film yang menggambarkan aksi penembak militer alias sniper dalam tugas pengintaian ini pasti akan selalu ramai ditonton oleh kaum adam maupun kaum hawa. Yap, meskipun keseluruhan adegan dari film sniper adalah aksi tembak-menembak, tetapi tetap saja populer bagi mereka pecinta film dengan genre aksi dan militer. Apakah Grameds juga termasuk dalam mereka yang menggandrungi film sniper ini?

Keberadaan film sniper juga cocok kok ditonton ketika weekend atau akhir pekan. Walaupun film sniper ini jarang diputar di bioskop, tetapi dapat ditonton melalui platform streaming film secara gratis. Jadi Grameds dapat menontonnya lewat laptop atau televisi yang dihubungkan dengan HDMI selama akhir pekan di rumah. Lalu, apa saja ya rekomendasi film sniper yang asyik sekaligus menegangkan?

https://www.pexels.com/id-id/

Apa Sih Sniper Itu?

Bagi Grameds yang tidak tahu apa itu sniper sebenarnya atau hanya sekadar tahu bahwa sniper itu adalah penembak, tidak apa-apa kok. Sebab dalam ulasan berikut ini terdapat juga tulisan mengenai apa itu sniper. Pada dasarnya, sniper dan penembak jitu itu berbeda lho… 

Sniper adalah sebutan lain untuk penembak runduk yang pastinya adalah bagian dari prajurit infanteri dan dilatih secara khusus untuk membunuh musuhnya secara tersembunyi. Bagaimana cara membunuhnya? Tentu saja dengan menggunakan senapan dari jarak jauh. Istilah “sniper” ini pertama kali muncul pada tahun 1770-an untuk prajurit-prajurit Kolonial Inggris yang berada di india, berasal dari kata “snipe” yang ternyata adalah ‘sejenis burung yang sangat sulit didekati dan ditembaki’. Nah, mereka yang kerap memburu burung tersebut diberi julukan “sniper”.

Dalam bidang militer, posisi sniper dianggap menjadi sesuatu yang paling hebat sebab mereka harus memiliki kemampuan menembak sekaligus taktik yang cermat dalam menembak musuh. Selain itu, taktik yang digunakan juga berbeda untuk setiap negara. Secara umum, tujuan seorang sniper adalah mengurangi kemampuan tempur musuh dengan perkara membunuh sasaran yang bernilai tinggi, misalnya perwira dari anggota musuh.

Di kebanyakan negara seperti Amerika Serikat dan Inggris, tim sniper akan diisi oleh dua orang. Satu orang bertugas sebagai penembak, sementara satunya lagi akan bertugas sebagai spotter alias penunjuk sasaran. Namun dalam praktiknya, keduanya dapat bergantian untuk menembak.

Posisi sniper juga ada di bidang kepolisian, yang mana biasanya memiliki peran utama dalam proses penanganan kasus penyanderaan. Sniper di kepolisian juga dilatih untuk menembak tersangka tetapi sebagai pilihan terakhir saja, yakni jika nyawa dari seorang sandera memang benar-benar terancam langsung. Sniper polisi ini kebanyakan beroperasi dengan jarak di bawah 100 meter dan tak jarang kurang dari 50 meter.

Perbedaan Sniper dengan Penembak Jitu

Jika sniper adalah sebutan lain untuk penembak runduk, maka penembak jitu juga memiliki istilah lain yakni marksman, sharpshooter, atau designated marksman. Perbedaannya terletak pada beberapa kemampuan. Kemampuan pertama adalah kemampuan kamuflase mereka. Seorang sniper akan dilatih untuk mahir dalam berkamuflase atau menyamar sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Sementara seorang penembak jitu tidak dilatih demikian.

Kemampuan kedua adalah posisinya dari regu. Jika seorang sniper nantinya akan terpisah dari regu infanteri sehingga akan berperan sebagai pengintai sekaligus memberikan informasi lapangan. Bahkan tak jarang juga sniper mampu memberikan efek psikologis bagi musuh. Sementara seorang penembak jitu nantinya akan berperan untuk memperpanjang jarak jangkauan pada tingkat regu.

Perbedaan ketiga terletak pada senjata yang digunakan. Para sniper kebanyakan menggunakan senapan runduk alias bolt-action khusus. Sedangkan penembak jitu akan menggunakan senapan semi-otomatis yang mana telah dimodifikasi dengan ditambahkan teleskop. Perbedaan keempat adalah pada pelatihannya. Seorang sniper pasti akan dilatih secara khusus untuk menguasai bagaimana teknik bersembunyi, berkamuflase, mengintai, mengamati, hingga kemampuan infiltrasi garis depan. Sedangkan seorang penembak jitu tidak berikan latihan demikian. Biasanya, seorang sniper akan ditempatkan di tingkat batalyon dan kompi, sementara penembak jitu di tingkat regu.

Seorang sniper pasti akan memanfaatkan senjatanya secara baik dengan kemampuan yang telah dilatihnya. Kebanyakan para sniper akan menggunakan senapan K89k Mouser buatan Jerman, Springfield 1903 dan M1 Garand buatan Amerika Serikat, Mosin-Nagant buatan Rusia, Arisaka buatan Jepang, dan Lee Enfield No.4 buatan Inggris. Senapan-senapan tersebut tentu saja akan dimodifikasi sesuai kebutuhan, misalnya ditambahkan dengan laras khusus, alat bidik teleskop, bipod, bantalan pipi, penyembunyi kilatan, peredam suara, dan lain-lain.

Satu lagi kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang sniper selain kemampuan menembak, yakni kemampuan berkamuflase. Tujuan mengapa sniper menggunakan kemampuan kamuflase adalah supaya gerak-gerik mereka tidak terdeteksi oleh musuh. Dalam berkamuflase, seorang sniper juga harus cermat dalam memilih tempat persembunyian. Terlebih lagi dari adanya bidikan teleskopik itu memiliki lensa yang apabila dalam kondisi terbuka pasti memantulkan cahaya matahari. Jika musuh melihat kilatan dari pantulan cahaya matahari tersebut, maka tentu saja seorang sniper akan ketahuan. Solusinya adalah dengan mencari tempat persembunyian yang minim cahaya matahari secara langsung, atau juga bisa dilakukan dengan menutupi lensa dengan sesuatu yang tidak memantulkan cahaya, misalnya dengan kain tipis.

Berhubung zaman sudah modern, maka seorang sniper juga akan berinovasi dengan menggunakan penglihatan suhu (thermal vision) dan night vision supaya dapat meningkatkan intensitas cahaya. Selain itu, bahan pakaian dan alat juga didesain secara khusus supaya tidak terdeteksi oleh thermal vision milik musuh.

10 Rekomendasi Film Sniper

1. Lone Survivor

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Biographical, Action
  • Produksi: Emmet/ Furla Films
  • Sutradara: Peter Berg
  • Pemain: Mark Wahlberg, Taylor Kitsch. Ben Foster

Menceritakan tentang seorang sniper bernama Marcus Luttrell dan teman-temannya yang merupakan bagian dari prajurit Navy Seal AS untuk memburu Shah. Shah adalah pimpinan Taliban yang menjadi dalang atas meninggalnya 20 angkatan laut AS. Marcus bersama teman-temannya siap bertempur untuk menghabisi Shah dan para anak buahnya begitu sampai di Taliban, Afghanistan.

Sayangnya, misi tersebut diketahui oleh salah satu penggembala kambing. Padahal Marcus dan teman-temannya sudah berbaik hati melepas penggembala kambing tersebut, tetapi justru dilaporkan kepada Shah. Akhirnya, Shah dan anak buahnya memburu balik Marcus CS. Lalu, apakah Marcus CS berhasil menyelesaikan misi tersebut?

2. Savior

  • Tahun rilis: 1998
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Initial Entertainment Group
  • Sutradara: Predrag Antonijevic
  • Pemain: Dennis Quaid, Nastassja Kinski, Stellan Skarsgard

Kala itu, Joshua tengah mengadakan acara makan siang bersama anak dan istrinya di restoran, tetapi tiba-tiba restoran tersebut meledak akibat adanya bom. Diketahui, bom tersebut dipasang oleh kelompok muslim radikal dan menyebabkan Joshua kehilangan anak dan istrinya sekaligus. Hal tersebut tentu saja membuat Joshua tersulut api amarah dan berkehendak untuk balas dendam.

Bertahun-tahun kemudian, Joshua mengubah namanya menjadi Guy dan ikut perang Bosnia. Joshua tetap mencari kelompok muslim radikal tersebut, yang ternyata tidak hanya meresahkan semua orang tetapi juga dengan penduduk lokal. Di tengah-tengah misi balas dendam itu, Joshua alias Guy bertemu dengan Vera, seorang wanita yang menjadi korban pemerkosaan oleh tentara radikal muslim tersebut. Nah, bersama teman-temannya dan Vera, Guy semakin bertekad menyelesaikan misi balas dendam tersebut.

3. Shooter

  • Tahun rilis: 2007
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Bonaventura Pictures
  • Sutradara: Antione Fuqua
  • Pemain: Mark Wahlberg, Michael Pena, Danny Glover

Grameds pasti sudah tidak asing dong dengan aktor Mark Wahlberg ini yang kerap bermain film bergenre aksi ini. Yap, kali ini Mark Wahlberg akan berperan sebagai Bob Lee Swagger, seorang sniper yang sudah pensiun dan tinggal di pengasingan. Masa pensiun tersebut harus terusik karena tiba-tiba dirinya kedatangan oleh seorang anggota FBI. Anggota FBI tersebut meminta Swagger untuk kembali lagi menjalankan misi yang hebat.

Menurut perkataan anggota FBI tersebut, misinya kali ini akan berkaitan dengan adanya sebuah sindikat yang berencana untuk membunuh presiden dan Swagger diminta untuk membongkar singkat tersebut. Namun ternyata, itu semua adalah jebakan. Uskup Agung Ethiopia mati tertembak dan tiba-tiba Swagger disalahkan dengan dianggap sebagai otak pembunuhan. Tentu saja Swagger tidak terima dengan tuduhan tersebut dan berusaha menghindari penangkapan sekaligus mencari pembunuh sebenarnya. Lalu, bagaimana nasib Swagger selanjutnya?

4. Jack Reacher

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: Skydance Productions
  • Sutradara: Christopher McQuarrie
  • Pemain: Tom Cruise, Rosamund Pike, Richard Jenkins

Kali ini, aktor Tom Cruise akan memerankan sebagai Jack Reacher, seorang mantan militer yang hidup secara misterius. Bahkan keberadaannya tidak bisa dilacak, padahal kala itu dirinya muncul setelah terdapat kasus pembunuhan yang menewaskan lima orang. Nah ketika dilakukan penyelidikan, di TKP pembunuhan tersebut ditemukanlah sidik jari dari seorang mantan sniper bernama James Barr.

James Barr langsung diinterogasi dan dirinya hanya mengatakan bahwa harus bertemu dengan Jack Reacher. Setelah itu, James Barr mengalami pemukulan oleh sesama tahanan penjara hingga menyebabkannya koma. Tak selang berapa lama, Jack Reacher muncul. Lalu apakah Jack memiliki hubungan dengan kasus pembunuhan tersebut?

5. Sniper 1

  • Tahun rilis: 1993
  • Genre: Action
  • Produksi: Tristar Pictures
  • Sutradara: Luis Llosa
  • Pemain: Tom Beranger, Billy Zane, J.T. Walsh

Menceritakan seorang sniper bernama Thomas Beckett yang harus menjalankan misi bersama pengintainya, Papich, di Panama. Misi mereka adalah membunuh seorang pemimpin pemberontak. Namun belum juga misi itu tuntas, Papich terbunuh oleh sniper musuh. Hal itu menyebabkan Thomas harus bekerja sama dengan Miller, seorang sniper dari SWAT.

Ternyata, Miller sama sekali tidak punya pengalaman untuk bertempur layaknya Thomas. Lalu, apakah misi mereka untuk membunuh pimpinan pemberontakan beserta anak buahnya akan berhasil?

6. Sniper: Ultimate Kill

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Action
  • Produksi: Destination Films
  • Sutradara: Claudio Fah
  • Pemain: Chad Michael Collins, Billy Zane, Tom Berenger

Menceritakan seorang sniper ternama bernama Brandon yang diminta oleh pihak berwenang untuk pergi ke Kolombia guna membunuh The Devil dan menangkap Jesus Morales. Jesus Morales ini adalah seorang bandar narkoba terbesar di Kolombia. Tidak ada satu orang pun yang mampu melawan Jesus sebab dirinya juga memiliki anggota sniper yang siap melindunginya bernama The Devil. Aksi The Devil dalam melindungi Jesus sangat cepat dan mematikan, sehingga menjadikan Jesus semakin berkuasa untuk mengedarkan narkoba di segala penjuru dunia.

Untuk menuntaskan misi tersebut, Brandon dibantu oleh seorang anggota DEA (Drug Enforcement Administration) bernama Kate yang kemudian bersama memburu Jesus dan The Devil.

7. Sniper: Legacy

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Destination Films
  • Sutradara: Don Michael Paul
  • Pemain: Tom Berenger, Chad Michael Collins, Dominic Mafham

Kali ini, Brandon kembali lagi untuk menyelesaikan misi menangkap para komplotan yang telah membunuh rekan-rekannya di Kongo. Selama menyelesaikan misi, Brandon telah berhasil membunuh dalang dari komplotan tersebut dan berpikir bahwa masalah ini semua telah selesai, tetapi Brandon justru kecolongan. Ayahnya yang bernama Thomas dan sekaligus seorang sniper handal justru meninggal dunia akibat dibunuh oleh kelompok misterius.

Melihat hal tersebut, tentu saja Brandon marah dan tidak terima atas kematian Ayahnya yang terbunuh. Dalam suasana perang, Brandon tetap berjuang untuk menangkap pelaku pembunuhan ayahnya. Namun selama di tengah-tengah perjalanan, Brandon menemukan banyak sekali hal yang seharusnya tidak diketahuinya, membuat dirinya terperosok dalam masalah yang besar guna menemukan pembunuh tersebut.

8. Sniper: Ghost Shooter

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Action
  • Produksi: Destination Films
  • Sutradara: Don Michael Paul
  • Pemain: Chad Michael Collins, Billy Zane, Nick Gomez

Masih dalam film dengan judul yang sama, kali ini Brandon akan berjuang untuk menemukan pemberontak dan mata-mata dari perusahaan Transjordan. Transjordan ini adalah perusahaan yang bergerak di industri gas. Namun banyak sekali pemberontak lokal yang kerap mencuri hingga menyerang pipa-pipa gas tersebut sehingga menjadikan perusahaan Transjordan mempekerjakan tim sniper, yakni Brandon CS. Brandon CS ditugaskan untuk melindungi pipa-pipa gas tersebut dari para pemberontak lokal. Namun entah bagaimana, para pemberontak tersebut selalu tahu akan rencana Brandon sehingga berhasil lolos.

Brandon merasa curiga bahwa mungkin saja ada mata-mata ganda yang terdapat di perusahaan tersebut sehingga menyebarkannya kepada para pemberontak. Lalu apakah Brandon dapat mengetahui siapa mata-mata tersebut dan menjaga pipa gas Transjordan supaya tetap aman?

9. Sniper: Assassin’s End

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Destination Films
  • Sutradara: Kaare Andrews
  • Pemain: Chad Michael Collins, Tom Berenger, Sayaka Akimoto

Film tentang sniper memang tidak akan jauh-jauh dari Brandon (diperankan oleh Chad Michael Collins) dalam memperjuangkan misinya. Dalam film terbarunya ini, menceritakan tentang Brandon yang dijebak dan dituduh sebagai pembunuh salah satu delegasi asing yang kala itu tengah datang untuk aksi kerjasama perdagangan dengan Amerika Serikat. Padahal Brandon sama sekali tidak mengetahui akan hal tersebut dan menjadi bulan-bulanan semua pihak delegasi tersebut.

Dalam upaya membersihkan namanya, Brandon justru menemukan bukti-bukti mencengangkan yang berkaitan dengan permainan kotor di pemerintahan. Hal itu menjadikan Brandon tidak mempercayai orang-orang di sekitarnya. Malangnya, yang berkeinginan menghabisi nyawa Brandon tidak hanya pihak CIA saja, tetapi juga mafia asal Rusia dan kelompok Yakuza. Lalu, bagaimana nasib Brandon selanjutnya?

10. Sniper 2

  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Action
  • Produksi: TriStar Pictures
  • Sutradara: Craig R. Baxley
  • Pemain: Tom Berenger, Bokeem Woodbine, Dan Butler

Sebenarnya, film ini adalah sekuel dari film Sniper yang rilis pada tahun 1993 lalu. Menceritakan mengenai Thomas Beckett yang telah pensiun dari dunia militer. Namun tiba-tiba, Thomas terlibat dalam sebuah misi rahasia yang bertujuan untuk menghabisi seorang Jenderal jahat asal Serbia. Sebelumnya, Jenderal tersebut memang telah menjadi dalang dalam pembantaian etnis. Nah dalam misinya, Thomas dipasangkan dengan Jake Cole, seorang terpidana mati yang akan mendapatkan pengampunan jika berhasil menyelesaikan misinya.

11. Sniper 3

  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Action
  • Produksi: Destination Films
  • Sutradara: P.J. Pesce
  • Pemain: Tom Berenger, Byron Mann, Denis Arndt

Masih dalam sekuel film yang sama, kali ini Thomas Beckett akan beraksi lagi dengan misi yang berbeda. Kali ini, Thomas direkrut oleh pihak CIA untuk misi di Ho Chi Minh, sebuah kota di Vietnam. Misinya adalah menumpas bandar narkoba di sana yang memang terkenal kejam. Dalam prosesnya, Thomas menyadari bahwa bandar narkoba tersebut adalah rekan lamanya pada masa perang dulu. Padahal selama ini, Thomas telah mengira bahwa rekannya tersebut sudah tewas. Lalu, bagaimana aksi Thomas dalam menyelesaikan misi?

Nah, itulah ulasan mengenai rekomendasi film sniper yang cocok untuk ditonton di kala akhir pekan. Apakah Grameds sudah menonton salah satu film sniper tersebut?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum