in

11 Biografi Pemain Harry Potter, Film Fantasi Populer Hingga Saat Ini

wikipedia

Pemain Harry Potter – Harry Potter adalah salah satu film fantasi yang tentunya cukup populer. Harry Potter sendiri merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel karya J.K. Rowling dengan judul yang sama dan terbit pada tahun 1997.

Harry Potter sendiri memiliki beberapa seri yang tentunya setiap seri dari film ini selalu menunjukkan aksi heroik, penuh akan imajinasi bahkan mungkin bisa dibilang sangat luar biasa.

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone merupakan seri pertama. Di Indonesia sendiri, film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone sudah pernah ditayangkan pada saluran TV lokal. Tentunya kalian juga tidak asing dengan seri film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.

Film Harry Potter tak hanya menarik secara alur cerita yang dibawakan saja. Namun, dari segi pemain juga menjadi salah satu dukungan terbesar atas keberhasilan yang didapatkan oleh film Harry Potter.

Tak hanya novel Harry Potter saja yang berhasil masuk ke dalam kategori best seller. Namun, dari segi film juga begitu populer dan bisa dibilang sukses secara komersial.

Biografi Pemain Harry Potter

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika film Harry Potter tak hanya menarik dari sisi cerita yang ditampilkannya saja. Namun, dukungan dari setiap pemain film tersebut juga turut andil cukup besar untuk setiap kesuksesan yang ada.

Grameds, jika kalian penasaran siapa saja pemain dari film Harry Potter yang begitu populer. Tenang saja, tak perlu bingung sebab dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa pemain inti dari film Harry Potter yang begitu populer bahkan hingga saat ini.

1. Harry Potter (Daniel Radcliffe)

Pemain Harry Potter
biografiku.com

Daniel Radcliffe menjadi pemeran utama dalam film Harry Potter dengan nama yang sama. Daniel Radcliffe sendiri lahir pada tanggal 23 Juli 1989 di daerah London Barat, Inggris. Ia merupakan anak dari pasangan Alan George Radcliffe (ayahnya) dan Marcia Jeannine (ibunya).

Sudah sejak kecil Daniel Radcliffe ingin tampil di panggung pertunjukkan, tetapi kedua orang tuanya mengatakan kepadanya jika dunia pertunjukkan bukanlah tempat Daniel. Meski begitu, akhirnya Daniel Radcliffe diperbolehkan untuk mengikuti audisi oleh orang tuanya.

Hingga pada akhirnya, Daniel Radcliffe berhasil lolos dan mendapatkan penampilan pertamanya di layar lebar sekitar tahun 1999. Ketika itu ia berperan sebagai David Copperfield. Baru sekitar tahun 2001 ia menjalankan sebagai pemain film pertamanya yaitu sebagai Mark Pendel dalam film Tailor of Panama.

Di tahun yang sama Daniel Radcliffe berhasil mendapatkan peran dalam film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone dan terus berlanjut hingga ke seri terakhir film Harry Potter.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Harry James Potter atau biasa dikenal dengan nama Harry Potter adalah karakter utama dalam novel maupun film Harry Potter. Harry Potter sendiri adalah seorang penyihir unik, hal ini tak lain karena darah campuran yang dimilikinya serta menjadi orang yang selamat dari serangan Voldemort. Adanya hal tersebut, Harry Potter kerap mendapatkan julukan sebagai The Boy Who Lived.

Orang tua Harry yaitu James dan Lily Potter terbunuh atas insiden serangan Voldemort hingga menyisakan Harry seorang diri. Saat ini Harry masih dalam umur belia dan setelah kejadian tersebut Harry dititipkan kepada keluarganya dari kalangan Muggle atau manusia biasa.

Selama tinggal bersama dengan keluarganya, Harry Potter selalu ditindas oleh mereka, baik itu bibi, paman hingga saudaranya sekalipun selalu memberikan perlakuan yang sama.

Setelah umur 11 tahun tepatnya, Harry Potter akhirnya mengetahui jika dirinya merupakan seorang penyihir. Singkat cerita Harry berhasil sekolah di Sekolah Sihir Hogwarts. Melalui hasil seleksi, Harry Potter masuk ke dalam asrama Gryffindor dan berhasil bertemu dengan sahabat terbaiknya yaitu Ron Weasley dan Hermione Granger.

2. Ron Weasley (Rupert Grint)

Pemain Harry Potter
id.wikipedia.org

Rupert Grint adalah seorang aktor asal Inggris yang juga menjadi salah satu pemain utama dalam serial Harry Potter. Ron Weasley sendiri mengisi karakter sebagai Ron Weasley.

Rupert Grint sendiri lahir pada tanggal 24 Agustus 1988 dan ia merupakan anak tertua dari 4 bersaudara. Awalnya, ia hanya bermain peran sebagai aktor yang ada di dalam drama sekolah atau hanya di kelompok teater lokal sekitar saja.

Namun, pada tahun 2001, Rupert Grint berhasil membuat dirinya menjadi salah satu aktor terkenal saat itu. Ia mulai dikenal setelah memerankan Ron Weasley yang merupakan sahabat Harry Potter. Saat itu, Rupert Grint masih berusia 11 tahun dan sudah bisa menjadi seorang aktor karena memasukkan video tentang dirinya dan Harry Potter.

Ron Weasley memiliki nama panjang Ron Bilius Weasley. Tak hanya menjadi sahabat Harry Potter saja, tetapi Ron Weasley ternyata lahir dari keluarga Weasley yang terkenal memiliki banyak anak sekaligus identik dengan rambut merah.

Dalam film Harry Potter, Ron Weasley digambarkan sebagai seorang penyihir berdarah murni yang memiliki sifat setia kawan serta kerap menghibur temannya karena kelakuannya yang terbilang cukup nyeleneh.

Tak bisa dipungkiri, jika Ron Weasley merupakan salah satu orang yang selalu ada untuk temannya. Meski begitu, Ron Weasley juga kerap merasa insecure terhadap dirinya sendiri dan memiliki fobia terhadap laba-laba.

Selain itu, kedua kakak dari Ron Weasley yaitu Fred dan George juga masih bersekolah di Hogwarts dan ternyata kerap membuat onar.

3. Hermione Granger (Emma Watson)

Pemain Harry Potter
kompas.tv

Emma Watson atau Emma Charlotte Duerre Watson adalah salah satu pemain utama dalam film Harry Potter. Emma Watson lahir di Paris Perancis pada tanggal 15 April 1990. Ya, tak hanya seorang aktris saja, tetapi ia juga seorang model di Inggris.

Menariknya, Emma Watson lebih banyak dikenal sebagai tokoh yang diperankannya pada film Harry Potter, yaitu Hermione Granger. Sejak usia enam tahun, Emma Watson sudah mulai mengasah kemampuan aktingnya dengan mengisi program drama di sekolahnya.

Baru setelah usianya 11 tahun, Emma Watson sudah mampu mendapatkan perannya sebagai Hermione Granger dalam serial Harry Potter and the Sorcerer’s Stone serta pada seri-seri selanjutnya.

Hermione Granger sendiri adalah sahabat dari Harry dan Ron yang berasal dari kalangan Muggle atau manusia biasa karena memang pada dasarnya orang tuanya adalah manusia biasa. Hermione Granger sendiri juga kerap di bully oleh Draco dengan sebutan Mudblood atau darah lumpur.

Menariknya, meski Hermione Granger terlahir dari manusia biasa, tetapi ia merupakan salah satu sosok penyihir yang begitu cerdas. Dikarenakan kecerdasan dari Hermione Granger itulah yang dapat membantu dalam setiap petualangan yang dilakukan Harry untuk mencari tahu siapa dirinya yang sebenarnya.

4. Draco Malfoy (Tom Felton)

Pemain Harry Potter
androphedia.com

Selanjutnya, ada Tom Felton yang juga menjadi salah satu pemain dalam film Harry Potter yang memerankan karakter Draco Malfoy. Tom Felton lahir pada tanggal 22 September 1987 di Epsom, Surrey Inggris.

Tom Felton sendiri memiliki nama panjang Tom Andrew Felton dan ia sudah mulai meniti karir sebagai aktor sejak usia 8 tahun. Berkat kemahirannya dalam memerankan peran, Tom Felton disarankan oleh teman keluarganya untuk bertemu dengan agen.

Ia berhasil terpilih dari 400 peserta audisi saat itu hingga diberikan kampanye komersial internasional yang akhirnya bisa memberikannya pekerjaan di luar negeri.

Pada tahun 1999, Tom Felton sudah memainkan peran di film Anna and the King bersama dengan Jodie Foster. Setelah itu, Tom Felton memulai debutnya di film Harry Potter yang dirilis pada tahun 2001. Dalam film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Tom Felton berperan sebagai Draco Malfoy.

Draco Malfoy atau Draco Lucius Malfoy merupakan seorang penyihir berdarah murni yang juga bersekolah di Hogwarts. Ia lahir dari orang tua yang merupakan anggota dari Death Eaters. Hal tersebut juga berlaku bagi Draco Malfoy yang memasuki Death Eaters pada usia remaja.

Draco Malfoy digambarkan sebagai sosok yang licik, manja serta penindas orang lain. Ia juga mendapatkan perintah dari Voldemort untuk membunuh Dumbledore. Meski begitu, sebenarnya Draco Malfoy adalah seseorang yang baik. Hal ini ditunjukkan ketika Draco Malfoy berhasil membantu Harry untuk melawan Voldemort dalam film terakhir.

5. Professor Snape (Alan Rickman)

Pemain Harry Potter
tabloidbintang.com

Berikutnya, ada Alan Rickman yang juga merupakan salah satu pemain penting dalam film Harry Potter. Alan Rickman lahir pada tanggal 21 Februari 1946 di Hammersmith, London, Inggris. Ia lahir dari pasangan Margaret Doreen Rose dan Bernard Rickman.

Pada usia 8 tahun, ayah dari Alan Rickman meninggal dunia dan dari situlah Alan Rickman sekolah dengan mengandalkan beasiswa. Awalnya, ia hanya belajar seni desain grafis di Chelsea College of Art and Design dan di tempat tersebut pula ia berhasil bertemu dengan Rima Horton.

Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikannya ke Royal College of Art. Pada usia 26 tahun ia sudah mulai memasuki dunia perfilman selama kurang lebih 40 tahun lamanya. Salah satu film yang pernah Alan Rickman mainkan adalah di seri Harry Potter yang pertama kali dirilis pada tahun 2001.

Dalam film tersebut, Alan Rickman berperan sebagai severus snapes. Lalu, pada tanggal 14 Januari 2016, ia meninggal dunia karena penyakit kanker pankreas. Tepat di usia 69 tahun, Alan Rickman memutuskan untuk berhenti dari karir serta kehidupannya sebagai aktor film.

Profesor Snape adalah seorang guru ramuan serta guru pertahanan terhadap ilmu hitam yang ada di sekolah sihir Hogwarts. Sejak awal dalam film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Profesor Snape digambarkan sebagai sosok yang begitu sinis dan membenci Harry Potter.

Meski begitu, Profesor Snape tak hanya sebagai anggota Death Eaters saja, tetapi dirinya juga menjadi seorang anggota di Order of the Phoenix. Dalam film terakhir Harry Potter, kalian akan diperlihatkan kenapa selama ini memiliki kebencian terhadap Harry Potter. Pada dasarnya, Profesor Snape memiliki rasa sayang dan peduli terhadap Harry Potter.

6. Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane)

Pemain Harry Potter
bacaterus.com

Rubeus Hagrid adalah salah satu karakter yang ada di dalam film Harry Potter. Rubeus Hagrid diperankan oleh Robbie Coltrane. Dalam film Harry Potter, Rubeus Hagrid digambarkan sebagai sosok setengah raksasa yang memiliki hati lembut.

Dalam film Harry Potter, Rubeus Hagrid adalah sosok penyihir pertama yang diperlihatkan untuk menjemput Harry dari keluarga Dursley untuk bisa bersekolah di Hogwarts. Selain itu, Rubeus Hagrid juga kerap membantu Harry dan teman-temannya dalam menjalankan setiap misi yang ada.

7. Professor Albus Dumbledore (Richard Harris dan Michael Gambon)

Pemain Harry Potter
bacaterus.com

Berikutnya, ada Profesor Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore atau yang lebih banyak dikenal dengan nama Profesor Dumbledore. Profesor Dumbledore sendiri dalam film Harry Potter merupakan seorang kepala sekolah Hogwarts.

Profesor Dumbledore digambarkan sebagai sosok penyihir yang hebat dan bijaksana. Bahkan, Profesor Dumbledore juga digambarkan sebagai sosok yang tahu akan semua hal. Selain itu, dirinya merupakan pendiri dari Orde or The Phoenix. Kalian akan lebih paham sedikit latar belakang dari Profesor Dumbledore melalui kisah yang diceritakan oleh saudaranya yaitu Aberforth Dumbledore.

Ada hal yang menarik dari Profesor Dumbledore yaitu karakter tersebut diperankan oleh dua aktor yang berbeda dari seri film Harry Potter. Pada dua film pertama seri Harry Potter, karakter Professor Dumbledore diperankan oleh Richard Harris.

Akan tetapi, pada bulan Oktober 2002, Richard Harris meninggal dunia karena penyakit Limfoma Hodgkin. Dari situlah film Harry Potter yang ketiga hingga selanjutnya, karakter Professor Dumbledore diisi oleh Michael Gambon.

8. Lord Voldemort (Ralph Fiennes)

Pemain Harry Potter
kompas.com

Tom Marvolo Riddle atau Lord Voldemort bisa dibilang sebagai karakter yang tak boleh dilewatkan begitu saja dalam film Harry Potter. Sebenarnya, nama Voldemort sudah digunakan sejak seri pertama film Harry Potter.

Voldemort sendiri digambarkan sebagai sosok penyihir gelap yang jahat dan juga kejam. Bahkan, karena kejahatannya, masyarakat begitu takut menyebutkan nama Voldemort dan menggantikannya dengan sebutan You Know Who.

Voldemort sendiri adalah seorang penyihir yang haus akan kekuasaan serta keabadian. Bahkan, Voldemort juga tak segan untuk membunuh siapa saja yang menghalangi dan akan melawannya. Perlu diketahui juga, jika Voldemort selalu menunggu waktu yang tepat untuk bisa berhadapan dengan Harry Potter. Hal ini tak lain karena hannya Harry Potter yang bisa mengalahkan Voldemort.

9. Sirius Black (Gary Oldman)

Pemain Harry Potter
harrypotterfansclub.com

Awalnya, nama Sirius Black digambarkan sebagai sosok pembunuh yang kejam dan berhasil kabur dari penjara Azkaban. Akan tetapi, siapa sangka jika Sirius Black merupakan sosok yang baik serta salah satu sahabat dari James Potter. James Potter adalah ayah dari Harry Potter.

Sirius Black merupakan ayah baptis dari Harry Potter dan menjadi salah satu anggota di dalam Order of the Phoenix.

Sirius Black memiliki nama Padfoot, yang mana dirinya bisa berubah menjadi anjing hitam besar. Hal ini tak lain, karena Sirius Black adalah seorang Animagi. Akan tetapi, dalam film Harry Potter, Sirius Black tewas sebelum perang dunia sihir karena dilucuti oleh Bellatrix.

10. Bellatrix Lestrange (Helena Bonham)

Pemain Harry Potter
kapanlagi.com

Dalam film Harry Potter, Bellatrix Lestrange merupakan sosok penyihir jahat sekaligus kaki tangan dari Voldemort. Bellatrix Lestrange sendiri sangat setia kepada Voldemort dan bersedia untuk menyakiti Harry Potter dan orang yang ada di dekatnya.

11. Lucius Malfoy (Jason Isaacs)

Pemain Harry Potter
wow.tribunnews.com

Lucius Malfoy adalah salah satu kaki tangan Voldemort serta seorang penyihir jahat. Keberadaan dari Lucius Malfoy tak lain adalah untuk membuat Voldemort lebih dekat dengan Harry Potter serta dapat menghancurkannya dengan lebih mudah.

Nah, itulah beberapa pemain Harry Potter yang begitu populer hingga saat ini. Bagi kalian yang kerap menyaksikan film Harry Potter di setiap serinya tentu tidak asing dengan beberapa pemain di atas. Selain 11 pemain tersebut, masih ada pemain lain yang tentunya bisa mendongkrak keberhasilan setiap seri film Harry Potter.

Kalau kamu ingin membaca buku tentang Harry Potter yang lainnya, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.