in

Cara Memberikan Nama Anak Sesuai Syariat Islam

Untuk sebagian orang tua, memberikan nama anak laki-laki maupun perempuan sesuai syariat islam membutuhkan perencanaan matang. Bagi mereka, nama merupakan doa yang akan mempengaruhi kepribadian dan akhlak anak di kemudian hari.

Selain itu, Islam mempunyai aturan sendiri yang perlu diperhatikan orang tua demi kemaslahatan anak maupun orang tua.

e perpus

Pokoknya, jangan sampai nama yang kita berikan untuk buah hati ternyata dilarang oleh syariat agama. Karena ada beberapa yang tidak boleh dilakukan dalam pemberian nama seperti nama dengan makna negatif, nama diambil dari tokoh zhalim, nama berhubungan dengan syahwat, nama mengarah pada perilaku buruk. Selengkapnya ada dalam artikel berikut ini :

Cara Memberikan Nama Anak Sesuai Syariat Islam

Memberikan nama anak dalam Islam telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad Saw. Hal ini diperbuat firman Allah Swt pada surah Maryam ayat 7 yang menekankan pentingnya proses pemberian nama pada anak. Pasangan suami-istri yang memeluk agama Islam pun disarankan memilih nama yang bukan hanya bagus, tetapi juga mengandung doa yang baik untuk anak.

Lantas, bagaimana cara memberikan nama anak sesuai syariat islam? Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan seperti yang disitat dari situs AZIslam.com.

1. Pemberian nama merupakan hak ayah

Berdasarkan hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan Ibnu Najjar, anak mempunyai tiga hak atas ayah mereka. Antara lain diberikan nama, pendidikan yang baik, dan dibantu memulihkan pasangan yang sesuai. Maka dari itu, suami atau calon ayah perlu memikirkan baik-baik nama yang akan diberikan kepada sang buah hati.

Walau pemberian nama menjadi hak para ayah, bukan berarti ibu tak bisa ambil andil dalam prosesnya. Sebagai sosok yang menjalani kehamilan selama kurang lebih sembilan bulan, mereka dapat membantu ayah memilah nama anak laki-laki islami yang baik.

2. Menyematkan nasab nama untuk anak

Di akhirat kelak, Allah Swt akan memanggil nama-nama tiap muslim yang diikuti nama ayah dengan menambahkan bin (anak laki-laki) dan binti (anak perempuan). Oleh karena itu, nasab atau garis keturunan dalam Islam sang buah hati berasal dari sang ayah. Kalau ayah mengikuti syariah serta bahasa Arab, sang anak akan tak akan menemukan bahaya yang merugikan.

Faktor ini pula yang membuat pemilihan nama dalam agama Islam tak boleh dipandang sebelah mata. Jadi, sematkan nasab pada nama anak laki-laki islami supaya anak dan ayah tak berhadapan dengan risiko di Hari Akhir.

3. Waktu yang tepat untuk memberikan nama

Abu Musa dalam hadis yang diriwayatkan HR. Bukhari pernah mengungkapkan bila para sahabat Rasulullah Saw langsung memberikan nama begitu anak mereka lahir. Aturan ini sifatnya memang sunah, tetapi akan lebih baik kalau diikuti untuk mendapatkan ridha dan pahala. Pasutri pun dapat mempersiapkan daftar nama yang pantas sebelum masa persalinan tiba.

Akan tetapi, masih ada dua waktu alternatif yang dapat dipilih apabila nama untuk anak belum siap setelah persalinan terjadi. Berdasarkan anjuran, ayah dapat memberikan nama anak pada hari ketiga sampai hari ketujuh setelah kelahirannya.

4. Memilah nama-nama baik untuk anak

Seperti yang disebutkan, nama anak laki-laki islami yang baik sangat disarankan untuk sang buah hati. Lalu, seperti apa kriteria nama baik dalam Islam? Nama baik dapat berupa nama yang diambil dari Asmaul Husna (nama Allah) maupun nama para nabi. Tujuannya adalah menjadi pengingat sekaligus membantu si Kecil semakin dengan Sang Pencipta.

Pemilahan nama baik sesuai syariat Islam dikuatkan pula dengan firman Allah Swt yang tertuang dalam surah Al-A’raf ayat 180. Sebagai muslim yang baik dan taat, pasutri sebaiknya mendalami dan mengikuti saran tersebut agar sang buah hati selamat di dunia maupun akhirat.

Baca juga : 300+ Nama Anak Perempuan A – Z Yang Bagus dan Tidak Pasaran

5. Berikan kemudahan kepada anak

Saking sibuk mencari nama anak laki-laki islami, beberapa orang tua sampai lupa memperhatikan kemudahan penggunaan dan cara anak mengingat namanya sendiri. Ingat, nama yang disematkan pada si Kecil akan digunakan untuk banyak kebutuhan, bahkan sejak mereka lahir. Jadi jangan sampai nama yang diberikan merepotkan mereka di masa depan.

Rata-rata nama islami di Indonesia terdiri atas dua hingga tiga kata. Ada beberapa orang tua yang menyertakan empat kata karena mempunyai makna yang mendalam. Akan tetapi, sekali lagi, jangan abaikan fungsi nama dalam jangka waktu panjang untuk anak.

Parenting Tanpa Galau

Parenting Tanpa Galau

The Danish Way Of Parenting

The Danish Way Of Parenting

Happy Healthy Parenting

Happy Healthy Parenting

Reading Parenting

Reading Parenting

Kriteria nama yang sebaiknya tak digunakan

cara memberikan nama anak sesuai syariat islam

Dalam Islam, kalau ada hal yang diwajibkan, maka ada pula yang harus dihindari. Cara memberikan nama sesuai syariat islam ini berlaku juga saat memilih nama anak laki-laki islami yang akan disematkan pada sang buat hati. Ada sejumlah kriteria nama yang dibenci Allah Swt dan mengandung makna buruk yang kurang bagus untuk kehidupan anak.

1. Nama dengan makna negatif

Orang-orang yang belum memahami bahasa Arab dan tak mengulik arti dari kata yang mereka temukan berisiko menggunakan nama dengan makna negatif. Beberapa nama yang sebaiknya dihindari untuk anak mencakup harb, hayyah, kalb, dan jahsy.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Apabila diartikan, harb merupakan perang, hayyah dapat berarti ular, kalb memiliki arti anjing, sedangkan jahsy berarti kasar. Oleh karena itu para orangtua perlu memeriksa kamus terlebih dulu sebelum menentukan nama anak laki-laki islam yang akan dipakai.

2. Nama dicatut dari tokoh yang zhalim

Tokoh-tokoh besar sering kali dijadikan acuan orang tua untuk menamai sang buah hati. Namun, seperti poin sebelumnya, tanpa melakukan riset, orang tua berisiko menggunakan nama tokoh-tokoh yang dikenal zhalim pada masanya.

Dalam Islam, ada banyak tokoh berwatak buruk yang dianggap akan membawa nasib kurang baik untuk anak. Qaarun, Fir’aun, dan Haamaan adalah tiga nama yang sepatutnya dihindari. Pasalnya, dari segi agama maupun sejarah, ketiganya memiliki track record jelek sebagai tokoh ternama.

3. Nama berhubungan dengan syahwat

Risiko ini memang lebih sering terjadi pada penamaan anak perempuan, tetapi tak ada salahnya diwaspadai saat mencari nama anak laki-laki islami. Sekilas, nama-nama yang berkaitan dengan syahwat terdengar indah. Sayangnya, nama tersebut kurang dianjurkan dalam Islam.

Sebagai contoh, ada ahlaam yang merujuk pada impian dan ariij yang berparti wangi. Sementara nama-nama anak perempuan ada yang lebih menjejak seperti ghaadah yang dapat diertikan sebagai gadis lembut dan syaadiah yang bermakna seorang biduanita.

4. Nama mengarah pada perilaku buruk

Nama-nama yang masuk ke dalam kategori ini tak kalah berbahaya dari poin sebelumnya. Misalnya saja asyar yang berarti jahat, balidah yang berarti bodoh/pandir, hingga haqidah yang berarti dengki. Walau sekilas bagus, nama anak laki-laki islami tersebut jelas bermakna jelek.

Kemudian, ada pula nama-nama yang berhubungan dengan profesi kurang baik. Sebagai contoh ghasibah yang berati perampas, sakirah yang berarti pemabuk, dan syariqah yang berarti pemabuk. Dari artinya saja, nama-nama ini tak layak diberikan kepada anak.

Baca juga : Daftar Nama Anak Laki-Laki Bahasa Sansekerta yang Terbaik

5. Nama yang mempunyai makna berhala

Seperti yang diketahui, Islam melarang umatnya menyembah berhala. Namun, tidak sedikit orang yang belum tahu kalau berhala acap kali diberikan nama. Salah satunya adalah Isaaf yang kadang diubah menjadi Israf yang dapat diartikan sebagai melampaui batas atau berlebihan.

Dalam pengertian lain, Isaaf atau Israaf bisa juga dimaknai sebagai seseorang yang berlebihan dalam memakai sesuatu. Untuk nama anak laki-laki islami, nama berhala seperti ini jelas kurang direkomendasikan.

6. Nama dengan makna gelar untuk nabi

Pasutri memang boleh mencatut nama nabi dan rasul untuk sang buah hati. Namun, mereka tak boleh menggunakan gelar khusus yang diberikan kepada sosok-sosok tersebut. Sebagai contoh Khalilullah, gelar untuk Nabi Ibrahim as yang berarti kekasih Allah.

Contoh gelar khusus lainnya yang tidak boleh diberikan pada si Kecil adalah Ruhullah yang bermakna roh Tuhan. Gelar satu ini hanya di peruntukkan kepada Nabi Isa as yang terlahir murni dari kuasa Sang Pencipta, Allah Swt.

Rekomendasi nama anak laki-laki islami

nama anak laki-laki islami

Masih membutuhkan nama anak laki-laki islami yang pantas? Bagi Anda yang tak mau ambil risiko besar, berikut 20 nama islami yang dapat dipilih untuk si Kecil yang berjenis kelamin laki-laki.

  1. Atha. Disitat dari Al-Qur’an, Atha dapat diartikan sebagai kebaikan atau pemberian. Nama tersebut selain bisa digunakan sebagai nama awal dapat digunakan juga sebagai panggilan atau rangkaian nama tengah si Kecil;
  2. Aulian. Merupakan variasi dari Aulia, Aulian mempunyai arti yang bagus dari Al-Qur’an. Antara lain malaikat, teman, pemimpin, hingga sifat seperti semangat. Seperti nama pada poin sebelumnya, Aulian bagus untuk nama awal maupun tengah;
  3. Bashir. Nama anak laki-laki islami yang satu ini cukup umum dijumpai di Indonesia dan sering muncul sebagai nama pemuka agama. Dalam bahasa Arab, Bashir dapat diartikan sebagai pembawa berita baik;
  4. Chairil. Dari Chairil Anwar sampai Chairil Tanjung, nama ini memang terbilang populer di Indonesia. Namun, belum banyak yang tahu kalau Chairil berasal dari bahasa Arab yang bila diterjemahkan memiliki makna baik;
  5. Dzuhairi. Berikutnya ada Dzuhairi yang mempunyai arti yang bervariasi. Antara lain cerdas, baik, dan beruntung. Nama ini dapat digunakan sebagai nama awal atau nama akhir untuk sang buah hati;
  6. Eshan. Jika ingin menggunakan nama yang berkaitan dengan Tuhan tanpa mencatut gelar nabi atau rasul, ada Eshan yang dapat dipakai sebagai nama anak laki-laki islami. Dalam bahasa Arab, nama ini berarti kasih Tuhan;
  7. Faahim. Bisa dikatakan Faahim belum sepopuler Fahmi atau Adam, tetapi nama tersebut mempunyai makna yang bagus. Faahim dalam bahasa Arab bisa diartikan sebagai cerdas, perseptif, serta mampu memahami;
  8. Fawaz. Ingin mempunyai anak yang cerdas dari berbagai aspek? Memberikan nama Fawaz atau Fawwaz dapat diperhitungkan. Pasalnya, nama dari bahasa Arab ini mempunyai arti berjaya, sukses, serta menyukai ilmu pengetahuan;
  9. Ghibran. Nama ini belakangan jadi populer karena dimiliki oleh salah satu putra presiden Republik Indonesia. Sebagai salah satu pilihan nama anak laki-laki Islami, Ghibran berarti pandai, membetulkan, yang memulihkan, atau mampu menyatukan secara harmonis;
  10. Haidar. Membentuk kepribadian anak yang tak pantang menyerah bisa dilakukan dengan menyematkan nama yang sesuai. Dalam hal ini, Haidar adalah pilihan yang bagus, karena nama ini memiliki arti pemberani;
  11. Irsyad. Pilihan nama dari bahasa Arab ini terbilang fleksibel karena bisa dipakai sebagai nama depan, tengah, maupun akhir. Arti Irsyad pun akan memberikan makna yang bagus, yakni petunjuk;
  12. Izzan. Selain masih jarang dijumpai, Izzan ternyata memiliki arti yang cocok disematkan untuk anak yang diharapkan akan jadi sosok kreatif. Dalam bahasa Arab, nama ini berarti seseorang yang berpengetahuan dan bijaksana;
  13. Jabir. Nama anak laki-laki islami selanjutnya yang tak kalah unik adalah Jabir, karena saat diterjemahkan akan berarti menggantikan yang hilang. Nama ini dapat ditempatkan sebagai nama awal maupun akhir;
  14. Katib. Seperti Izzan, Katib dapat menjadi doa para orang tua yang mendiamkan anak yang mampu berkreatif. Dalam bahasa Arab, Katib merujuk pada sejumlah arti seperti intelektual, penulis, serta sarjana;
  15. Khayri. Orang tua mana yang tak mau melihat putra kesayangannya tumbuh jadi pribadi murah hati? Memberikan nama seperti Khayari yang dalam bahasa Arab berarti murah hati dapat menjadi doa yang diharapkan memberkahi jalan hidup mereka;
  16. Labib. Pilihan nama anak laki-laki islami selanjutnya yang dapat dipakai adalah Labib. Jika diartikan, Labib yang berasal dari bahasa Arab mempunyai makna seseorang yang memiliki pikiran sehat dan bijaksana;
  17. Qiyas. Qiyas merupakan nama islami yang mempunyai arti tegas. Selain mudah diucapkan, nama tersebut bisa ditempatkan sebagai nama tengah maupun rangkaian tengah. Tak hanya itu, membuat panggilan dari Qiyas pun cukup mudah;
  18. Sulthan. Sulthan atau Sultan termasuk nama favorit yang disematkan orang tua kepada putranya. Nama yang kerap dijadikan gelar di kerajaan tersebut mempunyai arti kekuasaan atau bukti yang kuat;
  19. Wafi. Nama anak laki-laki islami ini terbilang praktis diucapkan maupun ditulis. Wafi dalam bahasa Arab diartikan sebagai yakin atau sempurna. Namun, nama ini tak sefleksibel yang lain karena hanya cocok dipakai sebagai nama awal;
  20. Zubair. Terakhir ada Zubair yang berasal dari akar Z-B-R dan cukup sering ditempatkan dalam Al-Qur’an. Apabila diterjemahkan Zubair mempunyai beberapa arti seperti bijaksana, tegas, kuat, dan cerdas.

Baca juga : 99 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Modern dan Tips Memilihnya

Sumber Referensi Kumpulan Nama Anak Islami

Daftar nama islami di atas hanya segelintir contoh yang dapat dipertimbangkan untuk penamaan anak laki-laki. Jika Anda belum mendapatkan nama yang sesuai kriteria, masih ada beberapa sumber yang bisa diandalkan untuk menemukan nama anak laki-laki islami. Beberapa di antaranya adalah:

1. Buku parenting

Parenting Life - Before After 01

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Adaptive Parenting

Adaptive Parenting

Sampai sekarang, banyak orang tua yang mengandalkan buku parenting sebagai panduan mengasuh. Sejumlah penulis buku yang membahas pola asuh anak pun kerap membahas topik seputar persiapan pasutri menjelang persalinan, salah satunya pencarian nama sang buah hati.

Supaya hasilnya tidak mengecewakan, cari buku-buku parenting yang mengikuti syariat Islam. Beberapa penulis kadang menyertakan daftar nama anak yang lebih banyak beserta rangkaiannya.

2. Website nama anak

Apa Anda bukan tipe pembaca buku? Sumber lainnya yang bisa dijadikan tempat mengumpulkan nama anak laki-laki islami adalah website yang secara khusus menyediakan katalog nama anak. Tak sulit menemukannya, karena jumlah situs ini sangat melimpah di dunia maya.

Untuk menyaring hasil pencarian, masukkan keyword yang spesifik seperti nama bayi laki-laki islami atau nama anak islami. Kemudian, catat atau tandai nama-nama yang dianggap sesuai kriteria.

3. Kerabat keluarga atau teman

Jika Anda punya kerabat keluarga atau teman yang memahami penamaan sesuai syariat Islam, tanyakan rekomendasi nama yang pantas untuk si Kecil. Kalau sudah memegang daftar, diskusikan juga apakah pilihan Anda sudah tepat.

Opsi ini pun dapat diambil apabila keluarga Anda atau pasangan mempunyai nama keluarga yang harus disertakan pada nama anak.

Semoga artikel seputar cara memberikan nama sesuai syariat islam ini membantu dalam menemukan nama dengan makna yang baik!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad