in

Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Jawa Beserta Maknanya

Buah hati adalah salah satu anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia. Adapun tugas utama dari orang tua ketika bayi lahir adalah memberikan nama anak laki-laki jawa yang baik. Selain untuk memberikan doa yang baik, tujuan memberikan nama yang baik ini adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginakn di kemudian hari.

Setiap orang tua pasti ingin memberikan nama yang terbaik untuk buah hatinya karena nama akan terus melekat selamanya pada diri anak. Namun ternyata memilih nama untuk bayi tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan beberapa orang mengatakan jika “memilih nama bayi lebih sulit dibandingkan mempersiapkan hal-hal lainnya”.

Kiat-kiat memilih Nama Anak Laki-Laki Jawa Yang Tepat Untuk Si Kecil

Dalam masyarakat  terdapat pepatah yang berbunyi “Nama adalah doa”. Nama adalah identitas diri yang digunakan seumur hidup dan menjadi sangat penting bagi setiap pemiliknya. Sehingga banyak orang tua yang menyiapkan nama anak laki-laki jawa jauh sebelum hari kelahiran tiba.

Sebelum memilih nama bayi yang nantinya akan diberikan kepada si kecil, sebagai orang tua terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Salah satu diantaranya yakni jenis kelamin bayi yang tentunya akan mempengaruhi namanya kelak. Nama bayi perempuan pastinya akan berbeda dengan nama bayi laki-laki. Selain jenis kelamin, berikut beberapa tips lainnya dalam memilih nama bayi:

Parenting Tanpa Galau

Parenting Tanpa Galau

The Danish Way Of Parenting

The Danish Way Of Parenting

Happy Healthy Parenting

Happy Healthy Parenting

Reading Parenting

Reading Parenting

1. Tandai beberapa pilihan nama yang telah dipersiapkan

Anda dapat menemukan banyak daftar nama-nama bayi di buku maupun internet. Sebelum anda menentukan nama mana yang akan diberikan untuk si kecil, tandailah beberapa nama yang menurut anda cocok atau menarik. Setelah anda mendapatkan beberapa pilihan nama, mintalah pendapat keluarga atau kerabat dekat untuk membantu memberikan saran nama bayi yang paling tepat diberikan diantara pilihan yang sudah anda tandai.

2. Perhatikan arti nama

Dalam memberikan nama untuk si kecil tentu anda tidak boleh memilihnya secara sembarangan. Setiap nama pasti memiliki makna tertentu. Perhatikan arti nama bayi yang anda siapkan, pastikan nama tersebut tidak memiliki arti yang kurang baik atau bahkan berpotensi membuat anak malu nantinya. Dengan mengetahui arti yang terkandung dalam sebuah makna, maka hal ini akan membatu anda dalam memilih nama dengan arti yang baik untuk buah hati.

3. Pertimbangkan keunikan nama

Memilih nama yang unik untuk anak memang menyenangkan karena kemungkinan besar sulit untuk orang menyamainya. Namun hal ini bagi sebagian orang tua justru menjadi sebuah problem, sebab orang-orang bisa saja kesulitan dalam mengucapkan nama tersebut. Bahkan ada juga yang menganggap nama tersebut aneh karena terlalu unik. Memang tidak ada larangan untuk memberikan nama-nama yang unik bagi anak. Tapi pastikan jika nama yang anda berikan tersebut nantinya tidak membuatnya kesulitan dalam mengucapkan namanya sendiri.

4. Perhatikan nama panggilan

Tips memilih nama bayi selanjutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan nama panggilannya kelak. Misalanya saja jika anda memberikan si kecil nama Katerin, bisa saja nanti setelah besar teman-temannya memanggil dengan sebutan Ka-te saja. Sebaiknya hindari menggunakan nama yang ketika disingkat akan memiliki makna lain. Dikhawatirkan nantinya ketika sudah sekolah ia akan dibully oleh teman-temannya hanya karena nama.

5. Perhatikan inisial nama

Hal yang tak kalah penting dalam memberikan nama bagi anak adalah jangan memberikan nama yang ketika dibuat inisial menjadi kata yang memalukan. Contohnya seperti nama Lina Nurul yang jika disingkat menjadi kata LINU. Mungkin saja teman-temannya setelah besar nanti akan mempermalukannya dengan inisial tersebut.

6. Pilih nama yang mudah dieja

Memilih nama bayi yang mudah dieja adalah pilihan yang lebih baik. Sebab banyak sekali kesalahan yang terjadi pada dokumen-dokumen penting seperti akte kelahiran akibat ejaan nama yang keliru. Selain berakibat fatal, anda mungkin juga akan bosan jika harus mengoreksi kesalahan orang yang salah dalam mengeja nama anak.

banner-promo-gramedia

7. Selalu bicarakan dengan pasangan

Dalam menentukan nama anak jangan pernah mengambil keputusan yang sepihak. Sebab bisa saja pasangan anda tidak menyukainya dan malah memicu terjadinya pertengkaran. Selalu bicarakan secara baik-baik berdua, lalu pilih nama bayi sesuai dengan kesepakatan bersama. Keputusan dalam menentukan nama bayi baik itu laki-laki maupun perempuan sepenuhnya adalah hak anda bersama dengan pasangan.

Parenting Life - Before After 01

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Adaptive Parenting

Adaptive Parenting

Tips Mencari Inspirasi Nama Terbaik Untuk Si Kecil

Untuk mendapatkan nama yang baik dan tepat bagi si kecil, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini mengingat ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti arti nama anak laki-laki jawa, ejaan, nama panggilannya kelak dan lainnya. Namun, meski beberapa orang tua memperhatikan hal-hal tersebut dengan detail, ada juga beberapa orang yang justru sangat cepat dalam menemukan nama. Ada yang sudah terpikirkan sejak menjalani program kehamilan, ada juga yang menemukannya secara tidak sengaja dalam keadaan atau momen tertentu. Contohnya seperti di bawah ini:

1. Nama tokoh atau figure

Cara pertama yang sering digunakan dalam menentukan nama bagi anak adalah dengan mengambil nama-nama tokoh. Nama-nama tokoh yang diambil juga bervariasi, mulai dari tokoh pahlawan nasional, tokoh-tokoh dalam islam dan masih banyak lagi. Pada umumnya orang tuan yang mengambil nama tokoh untuk dijadikan nama bagi anak memiliki harapan. Jika kelak nantinya setelah dewasa diharapkan sang anak bisa berguna seperti tokoh yang dipilih.

2. Nama marga

Memberikan nama untuk anak sesuai dengan nama marga darimana marga ia berasal sering diterapkan oleh masyarakat luar jawa, contohnya sumatera. Biasanya nama marga tersebut diletakkan pada bagian belakang rangkaian nama. Contohnya seperti simanjutak, sidabutar, nasution, panjaitan dan masih banyak lagi.

3. Film favorit

Dalam sebuah film yang ditonton di bioskop ataupun di TV bisa menjadi referensi dalam menemukan sebuah nama. Dalam sebuah film terdapat banyak tokoh-tokoh dengan karakter tertentu yang bisa anda pilih untuk nama si kecil. Misalnya saja anda memberikan nama Neo karena terispirasi dari di film The Matrix.

4. Nama keluarga

Nama keluarga juga dapat dijadikan pilihan dalam menentukan nama yang tepat untuk buah hati. Jika nama keluarga yang anda ambil terasa sulit untuk dijadikan nama depan. Cobalah untuk menempatakan nama tersebut di bagian belakang rangkaian nama atau menyesuaikannya dengan nama panggilan.

5. Nama yang serasi dengan saudara

Anda juga dapat memilih nama yang serasi dengan saudara atau kakak kandung si kecil. Misalnya anda anda memberikan tema bunga pada anak-anak. Anak pertama bisa diberi nama Melati dan anak kedua diberi nama Mawar. Atau juga bisa dengan menyamakan rangkaian nama bagian belakang anak, seperti menggunakan kata sejati untuk semua nama belakang anak.

6. Diberikan oleh anak-anak lainnya

Selain orang tua, para kakak-kakak juga memiliki andil lho dalam memberikan nama untuk si kecil. Terkadang para kakak-kakaklah yang paling bersemangat dalam menyambut kelahiran si kecil dan mempersiapkan nama untuknya. Jadi ketika anda merasa bingung cobalah untuk bertanya kepada anak-anak yang lain apa rekomendasi nama yang tepat untuk sang adik.

7. Memilih nama dengan diundi

Mungkin dari keluarga anda baik anak pertama, kedua, saudara atau kakek nenek ingin memberikan nama kepada si kecil yang baru lahir. Daripada anda bingung menentukan saran mana yang nantinya akan digunakan, maka anda bisa menggunakan teknik undian. Tulis nama-nama yang ditentukan oleh kandidat yang memberikan saran pada secarik kertas lalu gulung. Kemudian masukkan kedalam toples lalu acak dan ambillah satu. Anda juga dapat melakukan teknik ini untuk merangkai nama si kecil.

8. Berdasarkan momen tertentu

Jika beberapa rekomendasi nama-nama bayi sudah terasa sangat biasa, maka cobalah menentukan nama dengan melihat beberapa kenangan yang pernah terjadi dalam hidup. Tentunya kenangan tersebut adalah kenangan yang indah, bukan kenangan-kenangan yang menyakitkan. Misalnya seperti jalan favorit, tempat liburan yang paling berkesan hingga nama-nama makanan atau buah-buahan.

 

Baca Juga Daftar Nama Anak Laki-Laki Bahasa Sansekerta yang Terbaik

 

Rekomendasi Nama Anak Laki-Laki Jawa

Dalam memberikan nama untuk anak memang tidak ada batasan atau aturan yang mengikat. Yang pasti setiap orang tua akan memilih nama terbaik untuk anak-anak mereka, tak terkecuali pada masyarakat Jawa. Bagi masyarakat Jawa memberikan nama bagi bayi adalah hal yang sangat berarti. Nama tidak hanya sebagai identitas bagi bayi melainkan juga sebagai pusaka, doa, serta pengharapan.

Maka tidak heran jika biasanya nama anak laki-laki jawa disiapkan dengan perhitungan yang berpedoman pada primbon. Kemudian akan diberikan pada adat sepasaran, yakni 5 hari setelah bayi lahir. Berikut beberapa rangkaian nama bayi laki-laki yang memiliki makna mendalam pada masyarakat Jawa.

13 Rangkaian nama bayi dalam bahasa jawa beserta artinya

Baskara

Kata baskara berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti penerang. Dengan memberikan nama menggunakan kata basakara, diharapkan nantinya si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang bersinar hingga dewasa. Beberapa rangkaian nama yang menggunakan kata baskara seperti:

banner-promo-gramedia
  • Bagus Baskara artinya laki-laki penerang yang kebaikannya selalu terpancar.
  • Baskara Rahagi hammani artinya laki-laki yang bersinar dan memberi semangat hidup.

Cakra

Dalam Bahasa Jawa kata Cakra memiliki arti yang indah, yaitu senjata sejenis panah. Menggunakan kata Cakra untuk nama si kecil tentu akan membuatnya terlihat gagah bukan? Diantara rangkain namanya adalah:

  • Cakra Ardiona Bratajaya artinya senjata keteguhan jiwa dan tingkah laku terpuji.
  • Cakra Birawa artinya senjata sejenis panah yang memiliki kekuatan sangat dasyat.

Laksmada

Ingin memiliki anak yang selalu cepat tanggap, maka mennggunakan nama Laksmada ini bisa menjadi pilihan. Laksmada memiliki arti bergerak cepat. Contoh rangkaian namanya adalah:

  • Adirajada Laksmada Argani artinya laki-laki yang tangguh, bergerak cepat dan berani menghadapi bahaya.
  • Darma Laksamada Cendikia artinya laki-laki yang penuh pengabdian, bergerak cepat dan pandai.

Jatmiko

Dalam Bahasa Jawa Jatmiko memiliki arti sopan santun. Jika anda ingin memiliki anak yang sopan satun, cobalah sematkan kata Jatmiko dalam rangkaian namanya. Berikut contoh rangkaian dengan nama Jatmiko:

  • Karisma Jatmiko Baharu artinya pemimpin dengan sopan santu yang membawa perubahan dan perbaikan baru.
  • Jatmiko Samudra Wibowo artinya laki-laki sopan santun yang memiliki kekuatan sebesar laut.

Pamungkas

Nama pamungkas sering diberikan pada bayi yang merupakan anak terakhir. Sebab Pamungkas sendiri memang memiliki arti yang terakhir. Contoh rangkaian namanya adalah:

  • Giandra Pamungkas Athafariz artinya laki-laki terakhir yang pintar dan memiliki anugerah karisma.
  • Gadhing Pamungkas Estiawan artinya anak laki-laki terakhir yang kuat dan memiliki cita-cita.

Hardinata

Selain memukau, nama hardinata juga memiliki makna yang indah. Dalam Bahasa Jawa Hardinata memiliki arti setinggi gunung. Contoh referensi rangkain namanya adalah:

  • Aditya Eka Hardinata artinya laki-laki pertama yang setinggi gunung dengan semangat laksana matahari.
  • Hardinata Karisma Bahuwirya artinya pemimpin yang menarik dengan kuasa setinggi gunung.

Elang

Elang memang dikenal memiliki perangai yang gagah. Sehingga jika ingin memiliki anak yang gagah berani, sematkanlah kata elang pada rangkaian nama anak. Referensi rangkaian nama anak dengan kata elang contohnya adalah:

  • Satria Elang Nirwasita artinya laki-laki prajurit yang sangat gagah berani dan bijaksana.
  • Elang Ganendra Ardani artinya pasukan dewa yang gagah dan suci.

 

Baca Juga 99 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Modern dan Tips Memilihnya

 

Mahawira

Mahawira juga menjadi salah satu nama dari Bahasa Jawa yang memiliki makna indah. Pahlawan besar adalah arti nama dari kata Mahawira. Contoh rangkaian nama dengan kata Mahawira adalah:

  • Satya Mahawira Hareshananda artinya pahlawan besar yang berbakti dan setia dalam memuja tuhan.
  • Danendra Mahawira Jtmika artinya pahlawan yang besar, berbudi luhur serta kaya raya.

Abimanyu

Rekomendasi nama anak dari Bahasa Jawa selanjutnya adalah Abimanyu. Abimanyu memiliki arti laki-laki yang tidak takut pada kesulitan apapun. Contoh rangkaian nama anak menggunakan kata abimanyu adalah:

  • Satria Abimanyu Cendikia artinya laki-laki prajurit yang tidak takut kesulitan dan sangat pintar.
  • Abimanyu Herdinata Karisma artinya laki-laki pemimpin setinggi gunung yang tidak takut pada kesulitan

Damar

Damar memiliki arti yang sangat indah, yaitu penerang. Dengan memberikan nama Damar diharapkan anak tersebut kelak bisa menjadi penerang bagi orang disekitarnya. Contoh rangkaian nama anak dengan kata ini adalah:

  • Damar Rasyid Ihsan artinya laki-laki yang selalu memberi petunjuk kebaikan layakanya penerang jalan kehidupan.
  • Hakim Damar Rahmani artinya laki-laki yang menjadi penegak keadilan dan bercahaya serta tersayang.

Aryasatya

Dalam Bahasa Jawa Aryasatya memiliki arti mulia. Dengan memberikan nama ini, diharapkan nantinya si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang mulia. Contoh rangkaian nama anak dengan kata Aryasatya adalah:

  • Arysatya Pradana Putra artinya laki-laki pertama yang memiliki kebajikan dan sangat mulia.
  • Aryasatya Adyatama Madani artinya laki-laki yag dianugerahi hidup dengan penuh kemajuan dan kemuliaan.

Anung

Anung memiliki arti anak yang memiliki derajat tinggi melebihi orang tua. Anung menjadi salah satu nama yang popular dalam Bahasa Jawa. Contoh ranngkaian nama anak dengan kata ini adalah:

  • Anung Hirmawan artinya laki-laki yang memiliki derajat tinggi dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.
  • Jayasri Anung Gauzan artinya laki-laki yang memiliki derajat tinggi, selalu waspada dan berwawasan bagus.

Basukiharja



Basukiharja memiliki arti selamat dan sejahtera. Selain dapat disematkan di awal, tengah maupun akhir rangkaian nama anak, kata Basukiharja juga terdengar sangat berwibawa lho. Contoh rangkaian nama anak dengan kata ini adalah:

  • Dakara Basukiharja Aurelio artinya laki-laki yang selamat sejahtera dengan hidup bahagia.

Buku & Artikel Terkait

Buku Terkait Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy