in

49 Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa dan Artinya

49 Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa – Memberikan nama untuk anak memang tidak boleh sembarangan, karena nama anak tidak hanya harus cantik juga memiliki makna yang baik. Hal ini disebabkan karena nama adalah doa.

Nama juga menjadi panggilan sepanjang hidup, walaupun di suatu nama juga bisa diganti namun tetap saja kan bahwa nama pertama juga sangat penting untuk diperhatikan.

e perpus

Kita dapat memberikan nama kepada anak perempua kita dengan berbagai bahasa mulai dari bahasa indonesia, bahasa jawa, bahasa arab, bahasa inggris bahkan sampai ke bahasa sansekerta.

Untuk Anda yang ingin memberikan nama anak perempuan Jawa, maka berikut ini adalah 50 rekomendasi nama anak perempuan dalam bahasa Jawa beserta artinya 

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Jawa

1. Abysa 

Nama pertama yang akan kami rekomendasikan untuk nama anak perempuan Anda adalah nama Abysa. Nama ini merupakan mana yang cukup unik. Selain kesan yang unik, arti dari nama ini juga sangat menarik yaitu “Cerdas”. Nah dengan memberikan nama ini Anda artinya sedang mendoakan anak Anda agar menjadi sosok yang cerdas suatu saat nanti.

2. Adine 

Nama lain yang tidak kalah menarik adalah nama Adine. Nama ini memang memiliki kesan yang cukup unik karena seperti nama luar ketika dilafalkan, akan tetapi perlu Anda tahu ternyata kata Adine ini juga memiliki makna yang membuatnya menjadi nama yang sangat cocok untuk anak Anda, nama ini artinya adalah “Lembut”

3. Adiratna

Nah, nama lain untuk anak perempuan yang akan kami rekomendasikan adalah nama Adiratna, nama ini merupakan salah satu nama yang memiliki kesan dan arti yang elegan. Jika memiliki nama ini rasanya seperti memiliki nama tokoh dalam pewayangan bukan? Untuk artinya, nama Adiratna ini memiliki arti “Perhiasan Indah”

4. Adiwidya 

Nama lain yang memiliki awalan adi adalah nama Adiwidya, nama ini memiliki kesan yang tegas dan lugas. Meski begitu nama ini sangat cocok diberikan pada anak Anda. Jika Anda ingin mendoakan anak perempuan Anda menjadi wanita yang cerdas dan pintar nama ini akan cocok untuknya. Hal ini disebabkan karena nama Adiwidya ini memiliki arti “Pengetahuan Luas”

5. Ajeng 

Memberikan nama cantik pada anak merupakan salah satu doa agar anak perempuan Anda menjadi anak yang cantik baik parasnya maupun budinya. Jika Anda ingin anak perempuan Anda nantinya menjadi wanita yang cantik, maka anda bisa memberikan nama Ajeng karena untuk nama Ajeng ini memiliki arti “Cantik”.

6. Ambar 

Nama Ambar juga merupakan salah satu nama yang sangat banyak digunakan. Tentu saja bukan karena tidak ada alasan. Selain memiliki kesan yang cantik, manis dan lembut, nama Ambar juga memiliki arti yang menarik yaitu “Wangi”

7. Andini 

Nama lain dalam bahasa Jawa yang bisa ditemukan adalah Andini. Nama Andini merupakan nama yang memiliki arti “Taat”, sesungguhnya kata Andini ini merupakan kata serapan dari bahasa Jawa kuno yang memiliki arti budak

8. Anggraini 

Nama dalam bahasa Jawa lain untuk anak perempuan yang cocok untuk diberikan pada anak Anda adalah Anggraini. Nama Anggraini merupakan nama yang unik. Dalam bahasa Jawa nama ini memiliki arti “Selasa”. Akan tetapi jika di lihat dari bahasa sanskrit, nama Anggraini merupakan salah satu nama yang termasuk dalam kisah Mahabarata. Nama ini adalah nama dari salah satu putri dan istri dari tokoh Ekalaya

9. Anindita

Saat lagi nama yang akan kami rekomendasikan untuk diberikan pada anak Anda, nama ini adalah Anindita. Nama ini merupakan nama yang cukup menarik. Untuk kesannya sendiri nama ini memiliki kesan yang modern tapi dan tegas. Sedangkan untuk artinya, nama Anindita ini memiliki arti “Luar Biasa”

10. Apsarini

Nama dalam bahasa Jawa lain yang sangat cocok untuk diberikan pada anak perempuan adalah nama Apsarini. Nama ini merupakan nama yang memiliki kesan Jawa kental. Hal inilah yang membuat nama ini menjadi salah satu nama yang kami rekomendasikan. Selain memiliki kesan yang kental dengan budaya Jawa, nama ini juga memiliki arti yang sangat menarik yaitu “Seperti Bidadari”

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

11. Arawinda

Bagi Anda yang ingin memberikan nama Jawa pada anak Anda tapi yang unik dan tidak banyak digunakan, maka nama Arawinda bisa menjadi pilihan Anda. Nama Arawinda tidak hanya unik dan tidak banyak digunakan tapi juga memiliki arti yang cantik. Jika Anda ingin memberikan nama cantik untuk anak Anda, maka nama Arawinda yang memiliki arti “Bunga Teratai” ini sangat cocok untuk diberikan pada anak Anda.

12. Ardiningrum

Nama Ardi memang memiliki kesan yang cukup maskulin, akan tetapi dengan adanya kata Ningrum, maka nama ini bisa menjadi salah satu nama yang cocok untuk diberikan pada anak perempuan Anda. Selain memiliki kesan yang feminim, nama Ardiningrum juga cocok untuk diberikan pada anak perempuan mengingat artinya “Hati yang Lurus” yang membuat nama ini menjadi salah satu nama yang sangat menarik.

13. Ardiyanti

Nah jika Anda ingin anak perempuan Anda menjadi anak perempuan yang kuat, maka salah satu nama yang akan kami rekomendasikan adalah Ardiyanti. Hal ini disebabkan karena nama Ardiyanti ini memiliki arti “Wanita Kuat”.

14. Ariani

Nama lain yang sangat kental dengan bahasa Jawa dan memiliki kesan yang cantik dan anggun adalah Ariani. Nama Ariani ini tidak hanya memiliki kesan yang anggun tapi ia juga memiliki arti yang bermakna yaitu “Selalu Muda”

15. Aristawati

Nama Aristawati merupakan salah satu nama dalam bahasa Jawa yang tidak kalah menarik untuk digunakan. Nama Aristawati ini memiliki kesan yang tegas dan unik. Jarang sekali orang yang menggunakan nama ini. Meski jarang digunakan nama ini merupakan nama yang memiliki arti yang sangat menarik. Arti nama dari Aristawati ini adalah “Pintar dan Lembut”.

16. Arjanti

Salah satu doa terbaik yang bisa diberikan pada anak adalah agar anak nantinya menjadi individu yang berbahagia. Bagi Anda yang ingin memberikan doa ini, maka Anda bisa memberikan nama Arjanti pada anak Anda. Hal ini disebabkan karena nama Arjanti ini memiliki arti “Bahagia”

17. Asmaranti

Nama lain yang cocok untuk diberikan pada anak perempuan Anda adalah nama Asmaranti. Mengapa? Hal ini disebabkan karena nama ini merupakan salah satu nama yang bisa digunakan untuk mendoakan anak Anda agar nanti ia menjadi wanita yang bermartabat. Hal ini disebabkan karena nama Asmaranti ini memiliki arti “Tidak Suka Mengobral Cinta”

18. Ayu 

Nama Ayu pastinya sudah jelas bukan bahwa nama ini memiliki arti “Cantik”. Nama Ayu merupakan nama yang bisa ditemukan dalam bahasa Jawa dan juga bahasa Bali.

19. Bethari

Nama pertama adalah bethari. Nama bethari ini memiliki arti “Dewi” atau dalam bahasa Inggris goddess

20. Daruna

Nama Daruna merupakan salah satu nama yang unik. Nama ini memiliki arti “Kebutuhan”.

Parenting Tanpa Galau

Parenting Tanpa Galau

The Danish Way Of Parenting

The Danish Way Of Parenting

Happy Healthy Parenting

Happy Healthy Parenting

Reading Parenting

Reading Parenting

21. Dian

Nama Dian merupakan salah satu nama yang cukup populer. Nama ini bisa digunakan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Nama ini banyak digunakan karena memiliki arti yang sangat menarik yaitu “Lilin”.

22. Elok

Nama lain yang bisa diberikan untuk mendoakan agar anak menjadi wanita yang cantik adalah nama Elok. Nama ini dalam bahasa Jawa memiliki arti “Cantik” atau “Baik”

23. Eri

Nama Eri memiliki kesan mirip dengan nama Jepang. Akan tetapi perlu Anda tahu bahwa nama ini sesungguhnya adalah nama dari bahasa Jawa yang memiliki arti “Tajam”.

24. Galih 

Selanjutnya, nama dalam bahasa Jawa yang juga bisa diberikan pada anak perempuan Anda adalah nama Galih. Sesungguhnya nama ini merupakan nama unisex, artinya bisa diberikan pada anak perempuan maupun anak laki-laki. Nama Galih ini adalah nama yang bisa ditemukan dalam bahasa sunda maupun bahasa Jawa. Untuk artinya, nama Galih sendiri memiliki arti “Hati”, “Pusat” dan juga “Sari-sari”.

25. Galuh 

Nama Galuh adalah nama anak perempuan Jawa yang bisa ditemukan dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan juga bahasa Sunda. Di dalam bahasa Jawa kuno mama Galuh memiliki arti “Batu Permata” atau “Permata”. Dahulu dalam salah satu kisah Jawa, Galuh merupakan salah satu tokoh dari anak raja yang belum menikah.

Baca juga : 301+ Nama Anak Perempuan A – Z Yang Bagus dan Tidak Pasaran

26. Handayani 

Selanjutnya adalah nama Handayani. Nama ini merupakan nama yang asli ditemukan dalam bahasa Jawa. Untuk artinya, mama Handayani ini memiliki arti “Mendorong” dalam konteks positif.

27. Hayu 

Jika Anda merasa nama Ayu merupakan nama yang terlalu mudah ditemukan dan banyak yang menggunakannya, Anda juga bisa memberikan nama Hayu pada anak Anda. Nama Hayu adalah nama yang memiliki arti “Cantik” sama seperti Ayu.

28. Iswara

Nama Iswara adalah salah satu nama yang sangat menarik dan cocok diberikan pada anak Anda. Jika dilihat dari kesanya, Iswara ini memiliki kesan yang halus dan feminim. Selain memiliki kesan yang sangat feminim, nama Iswara ini juga sangat cocok untuk diberikan pada anak perempuan karena artinya yaitu “Perilaku yang Baik”.

29. Jani

Jani adalah nama yang sangat menarik untuk diberikan pada anak wanita. Selain memiliki kesan menarik dan unik, nama Jani ini juga memiliki arti yang berkesan. Arti kata Jani dalam bahasa Indonesia adalah “Obat’

30. Kani

Nama Kani juga tidak kalah unik, akan tetapi perlu Anda tahu bahwa nama Kani ini merupakan nama yang memiliki arti “Terbaik”

31. Kanti

Nama Kanti juga sangat unik. Nama ini dalam bahasa Jawa bisa diartikan dalam 2 kata yaitu “Menggandeng” dan ada juga yang mengartikannya menjadi “Teman”

32. Kenes

Nama Kenes memiliki arti “Hidup”

33. Kusuma

Nama kusuma adalah nama yang cukup populer. Nama ini banyak digunakan oleh orang-orang dari era 90-an. Nama ini banyak dipilih karena kesan elegan yang dimilikinya. Bukan hanya kesannya yang elegan, tapi nama Kusuma ini juga memiliki arti yang sangat anggun yaitu “Bunga”

34. Larasati 

Nama lain yang akan kami rekomendasikan untuk diberikan pada anak Anda adalah nama larasati. Nama ini merupakan nama yang memiliki arti dalam, kuat dan juga teguh. Selain memiliki arti demikian, ternyata nama larasati ini juga merupakan salah satu nama mitologi dalam cerita Mahabarata yaitu Dewi Larasati atau disebut juga dengan Dewi Rarasati. Dewi ini merupakan salah satu tokoh yang menjadi istri dari salah satu pandawa yaitu Arjuna.

35. Lestari

Untuk nama lestari sendiri memang terkesan tua akan tetapi ia memiliki arti selamanya atau eternal

36. Lintang 

Nama lintang merupakan salah satu nama yang memiliki kesan yang indah dan juga memiliki arti yang indah. Nama Lintang merupakan nama yang memiliki arti bintang dan merupakan nama yang berasal dari bahasa Jawa.

37. Ningsih

Nama Ningsih adalah nama yang memiliki arti sangat mengesankan. Arti nama Ningsih ini adalah “Cinta” atau “Perhatian”.

38. Pramusita 

Salah satu nama yang tidak kalah menarik untuk diberikan pada anak Anda dalam nama Pramudya. Nama Pramusita ini juga merupakan nama yang bisa Anda temukan artinya dalam bahasa Jawa. Untuk artinya, nama Pramudya ini adalah “Berpikiran Terbuka”.

39. Prinia

Nama Prinia ini unik dan menarik. Untuk artinya, nama Prinia ini diambil dari nama salah satu jenis Burung Kecil.

40. Purnama

Nah, nama purnama juga tidak kalah populer. Seperti yang Anda tahu, nama purnama artinya adalah bulan penuh.

41. Ratu

Ratu adalah salah satu nama populer, nama ini di dalam bahasa Indonesia artinya adalah istri dari raja. Akan tetapi jika di dalam bahasa Jawa, ratu memiliki arti raja (bisa perempuan dan bisa lak-laki). Contohnya gatotkaca yang merupakan ratu pringgondani dalam kisah Jawa.

42. Respati

Brihaspatibudak Allah

43. Tyas

Nama lain yang bisa Anda berikan pada anak perempuan Anda adalah nama Tyas. Nama Tyas adalah salah satu nama yang memiliki arti yang sangat mengesankan. Arti dari nama ini adalah “Hati”. Anda bisa melanjutkannya dengan kata sifat lain yang memiliki arti kebaikan seperti Ayu Tyas yang memiliki mana hati yang cantik atau nama penyambung lainnya.

Baca juga : Nama Anak Perempuan Kristen dan Arti Indahnya

44. Utari

Selanjutnya, nama cantik dalam bahasa Jawa yang bisa Anda berikan pada anak Anda adalah Utari. Utari ini memiliki arti sabar. Nah, sifat sabar ini bisa menjadi doa untuk anak Anda sebagai bekalnya di saat ia dewasa nanti.

45. Widyastuti

Nama Widyastuti artinya adalah “Kesetiaan”, “Pengabdian” dan “Memuji”

46. Wulandari

Nama Wulandari memiliki arti “Bulan”

47. Wangi

Wangi memang bisa ditemukan dalam bahasa Indonesia, akan tetapi kata ini juga bisa ditemukan dalam bahasa Jawa. Untuk artinya, wangi sendiri memiliki arti harum.

48. Wulan

Wulan adalah nama perempuan yang sering ditemui. Hal ini disebabkan karena nama wulan ini memiliki arti bulan sehingga sangat menarik untuk digunakan.

Parenting Life - Before After 01

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Parenting 4.0 Mendiidk Anak Di Era Digital

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak

Adaptive Parenting

Adaptive Parenting

49. Yuwana 

Nama lain yang cocok untuk diberikan untuk anak perempuan Anda adalah nama Yuwana. Mana ini memiliki kesan yang elegan dan juga memiliki arti yang baik. Untuk artinya, nama dalam bahasa Jawa ini memiliki arti “Ucapan Selamat”.

Nah demikian beberapa rekomendasi nama anak perempuan Jawa yang bisa kami berikan semoga nama-nama ini bisa Anda gunakan sebagai inspirasi pemberian nama anak perempuan yang tidak hanya indah tapi juga memiliki doa yang baik untuknya kelak.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad