in

Rekomendasi 25 Nama Anak Gadis Korea dan Artinya

Nama-nama Korea sangat kaya akan sejarah budaya. Mereka biasanya terdiri dari dua bagian: nama yang diberikan (nama depan) dan nama keluarga (nama keluarga). Nama keluarga Korea terdiri dari satu suku kata, sedangkan nama depan biasanya terdiri dari dua suku kata, tetapi kadang juga satu.

Secara historis, banyak nama Korea yang diberikan terdiri dari suku kata nama generasi dan suku kata yang berbeda secara individual. Praktek ini sedang menurun dengan nama depan Korea modern.

Nama yang diberikan terdiri dari hanja, yang merupakan karakter China. Hanja tidak lagi digunakan di Korea Utara, tetapi terus digunakan di Korea Selatan. Beberapa nama modern terdiri dari kata dan suku kata Korea, bukan hanja.

Budaya, musik, seni, dan makanan Korea sangat unik, begitu pula dengan nama-nama Korea. Jika Grameds berpikir untuk memberi bayi perempuan Grameds dengan sebuah nama Korea, penting untuk terlebih dahulu memahami sejarah yang kaya dan makna di balik setiap namanya.

Mari kita mengenal tentang nama Korea, dan beberapa rekomendasi nama bayi perempuan Korea!

Pengertian Nama Korea

Penggunaan nama Korea cukup berbeda dengan nama di Indonesia. Pasalnya, nama ini terbagi menjadi marga yang diikuti dengan nama kecil. Adapun, bentuk nama ini dipakai oleh orang Korea Utara maupun Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, nama disebut sebagai ireum. Kata ireum sendiri merujuk pada nama keluarga atau seong, dan nama kecil atau myeong secara bersamaan.

Sejarah penggunaan nama marga yang begitu lama dan jauh menimbulkan kepunahan pada berbagai nama marga. Saat ini, hanya ada sekitar 250 nama marga Korea, dan 3 marga yang paling besar ialah Kim, Lee, dan Park. Pasalnya, nama-nama dengan marga tersebut mencakup hampir setengah populasi.

Memahami Penamaan di Korea

pixabay

 

Baru mengenal nama Korea? Maka latar belakang ini mungkin berguna saat kita menavigasi sistem penamaan ini.

Nama Korea secara tradisional ditulis dengan nama belakang terlebih dahulu, diikuti dengan nama generasi dan nama depan. Di Korea modern, masih merupakan praktik umum bagi saudara kandung untuk berbagi nama generasi.

Beberapa orang menulis nama mereka dengan dua elemen ditulis dengan tanda penghubung; yang lain memadukan keduanya. Jadi, Grameds mungkin melihat nama yang ditulis sebagai Eun-ju atau Eunju.

Seringkali, ada beberapa kemungkinan ejaan bahasa Inggris untuk setiap nama. Jadi, Eun-Ju juga bisa dieja Eun-joo, Un-joo, atau Un-ju, ditambah kombinasi non-tanda hubung lainnya.

Melansir Momlovesbest, terdapat identifikasi ejaan paling umum dari setiap nama, merujuk pada Institute For Korean Language.

Arti nama sangatlah kompleks. Sebagian besar nama Korea dapat ditulis dengan karakter tradisional yang disebut hanja. Mereka juga dapat ditulis dalam hangul, yang merupakan alfabet Korea, meskipun ada tren yang berkembang untuk nama hangul murni Korea.

Mungkin, ada beberapa hanja dengan suara yang sama, tetapi maknanya berbeda. Untuk Eun-ju, ada 30 hanja yang bertuliskan eun dan 76 yang bertuliskan ju. Ini berarti ada 2.280 pasang hanja yang berbeda, dan oleh karena itu ada 2.280 kemungkinan arti untuk Eun-ju.

Hasil dari semua ini adalah:

  • Grameds mungkin menemukan bahwa elemen nama yang sama memiliki definisi yang berbeda di tempat yang berbeda dalam daftar ini.
  • Meskipun penulis telah berusaha sebaik mungkin untuk memberi Grameds arti yang akurat, nama anak perempuan Korea yang definisikan mungkin memiliki arti lain yang tidak termasuk dalam daftar.

Tentang Klan

Di Korea, terdapat sistem wadah kekerabatan yang bernama tongjok atau kelompok asal marga. Secara umum, tongjok dikenal dengan istilah bon-gwan (??) atau asal mula klan. Marga dan nenek moyang yang sama diwarisi ke anggota dengan tongjok yang sama.

Tongjok utamanya berupa Jeonju Lee (Yi) yang berasal dari Jeonju, Provinsi Jeolla Utara, yang merupakan klan pendiri Dinasti Joseon. Sementara itu, ada pula Kimhae Kim, asalnya dari Kimhae, Provinsi Gyeongsang Selatan. Klan Kimhae kim punya nenek moyang yang bisa ditelusuri sebagai salah satu raja Silla (668-935) atau pendiri Kerajaan Gaya.

Mengapa Nama Korea

pixabay

 

Mengapa menggunakan nama Korea?

Grameds mungkin bertanya-tanya, mengapa kita harus memilih di antara nama-nama anak perempuan Korea untuk bayi kecil masa depan kita. Grameds, nama anak perempuan Korea, seperti anak laki-laki, tidak hanya memiliki arti yang kuat, tetapi juga dapat mencerminkan kepribadian atau karakteristik anak.

Nama anak perempuan Korea, dan nama Korea pada umumnya, sering kali terdiri dari dua mortem Sino-Korea. Seperti banyak nama anak Korea dalam daftar ini, mereka dapat hadir dengan nuansa halus dalam artinya. Ini memberi kita banyak pilihan dalam sifat kepribadian tertentu yang kita inginkan untuk dimiliki oleh bayi perempuan.

 

Nama Korea untuk Anak Perempuan

Pixabay

Untuk membantu memilih nama yang menurut Grameds terbaik untuk anak, berikut adalah 25 nama anak perempuan Korea yang cocok untuk dipilih. Kami juga telah mencantumkan masing-masing artinya karena penting bagi Grameds untuk mengetahui nilai dari nama yang berikan untuk anak.

 

Ae-cha (??)

Nama Ae-cha punya arti putri yang penyayang. Namun, terdapat variasi makna dalam nama ini. Hangul-nya dibaca sebagai aecha, yang juga berarti “mobil favorit”. Jadi, ini mungkin bukan pilihan nama yang tepat, kecuali jika Grameds memang juga sangat menyukai mobil.

A-ri (??)

Nama A-ri berasal dari bagian pertama dari kata sifat arittapda atau ????. Artinya, cantik atau indah. Kata nama ini juga bisa ditulis dengan hanja bertuliskan A, seperti ? yang berarti kedua, selanjutnya, dan ? yang berarti ri atau manfaat.

Ba-ram (??)

Salah satu nama anak Korea yang netral dan bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan adalah Ba-ram, yang artinya angin.

Ba-ram merupakan salah satu kata asli Korea yang bisa dan telah diadopsi sebagai nama. Kata ini pun merupakan nama Georgia kuno yang artinya kemenangan atas perlawanan.

Bit-na atau Bin-na (??)

Nama Bin-na punya arti “bersinar”. Seorang direktur Institut Seni Casco adalah kurator Korea Choi Bin-na. Ia bekerja untuk sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Utrecht, kota terbesar keempat di Belanda, yakni Commons.

Bo-ra (??)

Bo-ra dalam bahasa Korea artinya Ungu.

Bo-ra juga merupakan nama anak perempuan Albania yang berarti salju, nama anak perempuan Slovenia yang berarti pohon pinus, serta nama anak laki-laki Turki yang berarti badai atau badai.

Bo-ram (??)

Boram artinya “berharga”

Seorang pemain sepak bola Uruguay, Giovanna Boram Yun Echevarria bermain untuk Defensor Sporting dan tim nasional Uruguay. Ibunya adalah orang Uruguay, dan ayahnya berasal dari Korea Selatan.

Chae-won (??)

Kata chae bisa diartikan sebagai memetik, mewarnai, atau mengumpulkan. Sementara itu, won artinya seringkali berupa sumber, asal, atau awal.

Nama untuk diberikan ke bayi perempuan ini menempati posisi ketujuh terpopuler di Korea Selatan pada 2013. Kemungkinan, terdapat beberapa macam arti yang dimaksudkan untuk nama anak ini karena ada 18 hanja yang bisa dibaca sebagai chae dan 45 hanja bisa dibaca sebagai won.

Chae-yeong (??)

Arti dari Chae-yeong bisa berupa warna yang dipadukan dengan kehormatan, kemuliaan, atau batu giok. Nama Chae-yeong juga bisa dieja sebagai Chae-young, seperti nama anak gadis Korea lainnya yang populer yang menggunakan elemen baca.

Da-eun (??)

Nama Da-eun menggabungkan kata Da yang artinya lebih dari atau banyak, dengan Eun yang berarti kebaikan, amal, belas kasihan, atau perak.

Terdapat gunung setinggi 2,434 kaki, 742 meter di Korea Selatan yang bernama Daeun-San. Gunung ini terletak di sebuah provinsi di tenggara Korea Selatan, yakni Gyeongsangnam-so. Sebelumnya, Daeun-San dikenal sebagai Bulgwang-San.

Dal-rae (??)

Arti dari nama Dal-rae ialah menenangkan atau menidurkan. Nama ini berasal dari kata kerja dalraeda. Merupakan transkripsi alternatif Dallae, Dal-rae juga merupakan nama kucai liar di Korea. Tanaman asli ini mempunyai profil rasa yang serupa dengan bawang bombay ringan. Penampilannya juga serupa dengan daun bawang umbi kecil.

Buah tersebut bisa dimakan mentah ataupun dimasak, dan seluruh bagiannya bisa digunakan.

Dam-bi (??)

Dam-bi punya arti musang. Menurut beberapa sumber di internet, Dam-bi menggabungkan hanja yang dibaca dam, dengan hangul, yang dibaca bi yang artinya hujan. Meski begitu, nama Korea diberikan dalam hanja atau hangul, dengan nama dua suku kata, tak akan memiliki masing-masing arti.

Ketika Dam-bi ditulis sebagai ?? dalam hangul, ? dibaca sebagai dam yang artinya dinding, tetapi jika ditulis bersamaan, artinya adalah musang.

Dan-bi (??)

Arti dari Dan-bi adalah hujan manis, hujan tepat waktu, atau hujan tanda selamat datang. Seorang pemain basket profesional, Kim Dan-bi, sudah bermain untuk Incheon Shinhan Bank S-birds sejak musim 2007-2008.

Dia juga merupakan anggota tim nasional yang sangat semangat untuk bisa memenangkan emas di Asian Games 2014 yang diadakan di Incheon, kota kelahirannya.

Da-som (??)

Da-som merupakan kata Korea kuno yang artinya cinta.

Kata ini merupakan versi yang lebih tua, jauh, dari kata sarang sebagai kata Korea modern. Sebagai nama, penggunaan da-som termasuk seperti pemelintiran pada akhir abad ke-20, tetapi menjadi tren pada awal abad ke-21 dengan memakai kata-kata asli Korea sebagai nama, daripada hanja asal China.

Du-ri (??)

Duri mempunyai arti “dua”. Mungkin, akan menyenangkan jika menamai sepasang anak kembar dengan nama Ha-na dan Du-ri, sebab kedua kata tersebut masing-masing berarti “satu” dan “dua”, dengan sentuhan unik menjadi ide penamaan anak kembar.

Eun (?)

Kata eun bisa diartikan sebagai belas kasihan, kebaikan, amal, atau uang dan perak. Ini merupakan nama lain yang netral digunakan untuk laki-laki dan perempuan di Korea, dan juga bisa digunakan sebagai nama keluarga ataupun nama depan.

Terkadang, eun bisa menjadi suku kata pertama atau kedua dari nama yang punya dua suku kata, jika ini dijadikan nama depan.

Eun-jeong (??)

Eun-jeong artinya belas kasihan atau kebaikan, yang dipadukan dengan anggun atau cantik. Nama ini umum di Korea Selatan selama tahun 1970-an, sehingga memperoleh tingkat keenam dari sepuluh nama anak perempuan terlantar selama tahun 1980-an di Korea.

Eun-ji (??)

Kata eunji menggabungkan belas kasihan, kebaikan, dan amal, dengan kecerdasan atau kebijaksanaan.

Lim Eun-ji, seorang pelompat galah asal Korea Selatan mulai berkompetisi pada 2007. Ia telah memecahkan rekor junior nasional pada 2008. Lim bahkan memecahkan rekor nasional indoor dan outdoor begitu pindah ke kelas dewasa.

Eun-ju (??)

Eun-ju artinya perak, berkembang, atau rahmat, yang dikombinasikan dengan pilar, mutiara, atau negara. Warga Amerika keturunan Korea dan berada di Chicago pada 2006, Eliza Yang, lahir dengan nama Yang Eun-ju dan dipilih sebagai VJ untuk meluncurkan MTV Korea.

Eun-jung (??)

Nama ini merupakan transkripsi alternatif dari nama Eun-jeong. Eun-jung menjadi nama terpopuler ketiga untuk anak perempuan Korea pada tahun 1970-an, tepatnya ketika seluruh kombinasi ejaan dan hanja dari nama ini digabungkan.

Eun-kyung (??)

Arti dari Eun-kyung adalah kehormatan dan anugerah. Nama Eun-kyung juga dapat dieja sebagai Un-gyong, Eun-gyoung, Un-kyong, sampai Eun-kyong. dengan 30 hanja bertuliskan eun dan 74 hanja bertuliskan kyung, terdapat 2.220 pasangan dengan makna berbeda untuk nama ini.

Eun-sook (??)

Nama Eun-sook menggabungkan arti belas kasihan, kebaikan, atau amal, dengan murni, kebaikan, dan berbudi luhur. seorang penulis skenario asal Korea Selatan, Kim Eun-sook, telah menulis berbagai serial TV populer yang berujung sukses, seperti Secret Garden yang telah populer secara internasional.

Eun-young (??)

Arti dari eun-young adalah belas kasihan, kebaikan, amal, serta kelopak, bunga, dan berani. Seorang musisi jazz Woonsan bernama Kim Eun-young, merupakan orang Korea pertama yang bermain di Blue Note Jazz Club yang bersejarah di New York City.

Ga-ram (??)

Meski garam adalah garam di Indonesia, Ga-ram memiliki arti sungai dalam bahasa Korea. Nama ini merupakan contoh tren yang berkembang menggunakan kata-kata asli Korea untuk menamai seorang anak, daripada moniker yang dipandang sebagai nama secara tradisional. Nama yang seperti itu disebut sebagai goyueo ireum.

Geum-seong (??)

Geumsong artinya Venus, yang diterjemahkan menjadi J?nx?ng dalam bahasa China. Jin Xing, “Oprah of China”, lahir dari orang tua Korea yang tinggal di China. Ia diberi nama China karena lokasi mereka.

Geu-roo atau Geu-ru (??)

Arti dari Geu-roo adalah pohon. Nancy Jewel McDonie, penyanyi Korea-Amerika, muncul di reality show survival Korea, Finding Momoland. Program yang bertujuan demi mencari anggota girlgroup baru, Momoland, ini menjadikan McDonie anggota grup, dan penggemarnya pun senang ketika ia menyebut bahwa dirinya disebut sebagai nama Korea, Geu-roo.

Grameds, daftar 25 nama anak perempuan Korea bisa dijadikan sebagai referensi jika ingin memberikan nama Korea untuk gadis kecil Grameds yang cantik.

Kesimpulan

 

Grameds, itulah pengenalan terkait penggunaan nama Korea dan rekomendasi nama Korea dengan berbagai arti baik untuk bayi perempuan. Tentunya, nama untuk bayi memang harus dipilih dengan sangat teliti dan memandang jauh ke depan, mengingat nama merupakan tanda pengenal pertama dan utama bagi seorang anak sepanjang hidupnya.

Jika Grameds tertarik dengan berbagai hal yang berbau ke-Korea-an, bisa pula belajar dengan membaca buku yang dijual di toko buku Gramedia, khususnya melalui layanan online Gramedia.com yang merupakan toko buku online terbesar di Indonesia.

Kamu bisa menemukan buku terkait kebudayaan, fiksi, sejarah, dan berbagai hal favorit lain seperti boyband atau girlband kesayangan, yang pastinya akan meningkatkan keinginan belajar!

 

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Buku & Artikel Terkait

Buku Terkait Artikel Terkait


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy