in

101 Nama Pasaran di Indonesia

Sumber: Pinterest.com

Sangat penting mengetahui nama diri sendiri dan artinya. Pasalnya, nama seseorang sekarang menjadi sebuah identitas diri yang sangat mewakilkan kepribadian dan sosok kamu di mata orang lain. 

Nama tidak hanya digunakan oleh produk untuk membedakan salah satu brand yang satu dengan brand lainnya. Namun, nama juga digunakan oleh manusia untuk membedakan antara individu satu dan individu lainya. Namun, tak jarang ada nama dari manusia yang sama loh.

Oleh karena itu, artikel di bawah ini akan melihat beberapa nama yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah penjelasannya.

Nama yang Sering Digunakan dan Artinya

Annisa

Salah satu orang yang memiliki nama paling banyak adalah wanita cantik yang satu ini. Yap! Salah satu anggota dari girl group Indonesia, Cherrybelle, Annisa.

Coba deh kamu ingat-ingat lagi, sejak kamu kecil hingga tumbuh dewasa seperti sekarang ini, ada berapa banyak wanita yang pernah kamu temui dan bernama Annisa? Nama Annisa satu ini sudah seperti sebuah hak paten yang tidak bisa diganggu gugat dan biasanya identik dengan jenis kelamain perempuan. 

Pasalnya, nama Annisa dalam bahasa Arab memang memiliki arti “gadis” atau bisa diartikan juga sebagai “wanita yang suci”. Nama yang merupakan harapan dari orang tua ini, biasanya akan dipanggil dengan sebutan Nisa. 

Oh ya, nama Annisa ini adalah doa dari orang tua yang berharap agar anaknya senantiasa merasa beruntung ketika dilahirkan sebagai seorang wanita. Doa yang sangat mulia bukan?

Muhammad

Mungkin ini bisa dibilang sebagai nama yang menjadi satu pasang antara pria dan wanita. Jika wanita biasa diberikan nama Annisa, maka pria akan diberikan nama Muhammad. Di Indonesia sendiri tak jarang dijumpai orang yang memiliki nama ini. 

Nama Muhammad sendiri diambil dari salah satu tokoh besar dan tokoh yang dihormati di dunia. Secara mudah menjelaskannya, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Pasti sudah tidak asing dengan tokoh besar bernama Muhammad, bukan?

Yap! Ini lah asal nama Muhammad digunakan dan dipercayai sebagai nama yang indah. Namun, semakin ke sini, nama Muhammad menjadi semakin banyak dan menjadi nama yang masuk dalam kategori pasaran di Indonesia.

Bukan hanya di Indonesia, nama Muhammad juga menjadi salah satu nama paling banyak digunakan oleh orang tua untuk memberikan nama anaknya di dunia loh. Meskipun terkadang tidak dijadikan nama panggilan, namun tetap saja diharapkan kamu sebagai anak dengan nama Muhammad akan tumbuh sebagai seseorang yang berakhlak mulia seperti Nabi Muhammad SAW. 

Jalani saja kehidupan kamu dengan bertanggung jawab ya, semoga kamu tidak merasa terbebani dengan nama Muhammad yang diberikan oleh orang tua kamu.

Putra

Salah nama yang paling mudah untuk diputuskan oleh orang tua. Pasalnya, ketika mengetahui jenis kelamin kamu, orang tua kamu pasti sudah memikirkan kata putra sebagai identitas (jenis kelamin) kamu. Satu alasan kenapa kamu bernama Putra juga bisa jadi karena orang tua kamu tidak ingin mengambil nama yang sulit dan merepotkan. Saat tahu kamu cowok, langsung saja mereka memilih nama Putra.

Lagi pula dengan memberikan nama Putra, ini adalah pilihan yang memang tepat dan sesuai dengan faktanya. Mengapa begitu? Karena dalam bahasa Indonesia, kata Putra memiliki berarti sebagai “anak lelaki”. Jadi, wajar sekali jika kamu menemukan orang, khususnya pria yang memiliki nama Putra.

Desi

Salah satu nama yang juga banyak sekali ditemukan di Indonesia. Yap! Desi. Sudah berapa banyak kamu mengenal orang yang bernama Desi? Atau, berapa banyak orang yang pernah kamu temui dan memiliki nama Desi?

Nama Desi ini memang terdengar agak jadul atau lawas, tetapi nama Desi ini memiliki arti yang akan membuat kamu berdecak. Yap! Nama Desi dalam bahasa Indonesia sendiri berarti jalan penghidupan yang tentram dan bahagia.

Ketika kamu mendengar hal tersebut, apakah kamu merasa terharu dengan harapan orang tua kamu? Tentunya setiap orang tua menginginkan hal yang baik terjadi pada anaknya, bukan?

Apalagi wanita yang bernama Desi ini terkadang dipandang sebagai orang yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, menarik, dan menyukai perubahan. Apakah kamu sekarang bisa bersyukur dengan nama Desi yang kamu miliki?

Dewi

Cantik secara alami bagi seorang wanita tentu saja penting dan pastinya ini adalah hal yang diharapkan oleh banyaknya orang tua yang memiliki anak perempuan. Salah satu nama pasaran yang terkenal di Indonesia adalah Dewi. Nama Dewi orang tua pilihkan karena mereka berharap kamu memiliki paras cantik yang alami seperti dewi-dewi.

Oleh sebab itu, banyak sekali orang tua yang memberikan nama anak perempuannya dengan Dewi sebagai wujud harapan mereka. Orangtua mana sih yang tidak ingin anak perempuannya memiliki paras yang cantik alami? 

Karena pemberian nama adalah sebuah ungkapan doa dari orang tua, tidak ada salahnya bagi mereka untuk memilih nama Dewi sebagai nama kamu. Kecantikan alami yang menghiasi wajah dan hati kamu adalah harapan dari mereka. Orang tua pastinya akan bangga dan senang dengan kecantikan yang kamu miliki. Namun, jangan hanya cantik secara fisik ya, tapi cantiklah juga dalam berperilaku. Jadi, harap dijaga dengan baik ya fisik dan sikap kamu!

Dimas

Buat kamu yang memiliki nama Dimas, memiliki harapan orang tua agar kamu bisa tumbuh dengan penuh kasih sayang. Bukan cuma dari keluarga saja, tapi juga orang yang ada di sekitar kamu nanti ketika kamu sudah dewasa. 

Dalam bahasa Jawa sendiri, nama Dimas memiliki arti yang sangat dalam, yaitu yang terkasih. Nama Dimas diberikan oleh orang tua kamu dengan harapan yang tulus kalau kamu bisa tumbuh dengan penuh kasih sayang dari lingkungan sekitar dan keluarga kamu. 

Pasalnya, orang tua pasti melihat bahwa sikap orang yang ada di sekitar kamu akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seseorang, khususnya anaknya sendiri. Oleh karena itu, Dimas dengan arti kasih sayang dianggap sebagai pembawa pengaruh positif pada pertumbuhan kamu. 

Putri

Kira-kira, nama apa lagi yang sangat umum dan pasaran hingga terkadang kamu sampai ketuker antara satu orang dengan orang lainnya, khususnya pada nomor telepon pada ponsel kamu? Apakah kamu pernah salah chat orang karena memiliki nama yang sama pada kontak kamu?

Yap! Hal ini juga yang kadang terjadi pada orang-orang yang memiliki nama “pasaran” atau banyak digunakan oleh orang-orang. Senasib dengan nama Putra, orang tua juga memilih nama Putri karena ada kalanya mereka tidak mau pusing memikirkan nama anak perempuannya.

Jika Putra adalah anak laki-laki, maka Putri adalah anak perempuannya. Nama Putri sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti, yaitu sebagai “anak perempuan”.

Ungkapan Putri juga sering digunakan dalam tradisi kerajaan, khususnya di Indonesia.  Saat seorang bangsawan memiliki jenis kelamin perempuan atau wanita, mereka akan dipanggil juga sebagai putri. Ini adalah sebutan bagi mereka yang memiliki keturunan bangsawan. 

Secara tidak langsung, memiliki nama Putri membuat kamu merasa dihormati dan terhormat loh. Sekarang, apakah kamu merasa baik-baik saja dengan nama Putri yang kamu punya? 

Reza

Selain Putra dan Putri, nama Reza juga memiliki arti yang begitu keren loh. Nama ini memiliki arti sebagai seorang pria yang tampan layaknya seorang pangeran. 

Nama Reza sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sangat agung, yaitu seorang “pangeran”. Maka dari itu, orang tua yang memberikan nama Reza kepada kamu, mereka memiliki harapan kalau wajah kamu akan bisa setampan seorang pangeran. 

Meskipun tidak ada darah ataupun keturunan dari bangsawan, tidak ada salahnya jika kamu memakai nama Reza, bukan?

Dani

Sebagai orang tua, anak yang memiliki sikap dan perilaku yang baik tentunya sangat diimpikan. Jadi, bagi kamu semua yang membaca artikel ini, dan memiliki nama Dani, semoga kalian tidak mengecewakan orang tua kalian ya. 

Pasalnya, bahasa Sunda dari nama Dani memiliki arti sebagai seorang yang baik. Jika dilihat dalam bahasa Jawa, nama Dani memiliki arti sebagai seorang anak yang baik hati. Tentunya semua orang tua yang memberikan nama Dani kepada anaknya karena menginginkan kamu tumbuh menjadi seorang pribadi yang memiliki hati yang baik.

Oleh sebab itu, janganlah kamu mengecewakan mereka ya! Jadikan arti nama kamu ini sebagai sesuatu goals bagi diri kamu untuk mewujudkan keinginan orang tua dan dengan ketulusan hati menjadi seorang yang baik.

Ayu

Sebagai orang awam, saat mendengar kata ayu, pasti kamu akan mengingatnya sebagai tingkah laku lemah lembut yang sering disebutkan oleh orang Jawa, bukan? Yap! Namun, banyak sekali orang tua yang memilih untuk memberikan nama Ayu sebagai harapan agar anak perempuannya tumbuh menjadi seorang gadis cantik dan manis.

Jadi, pilihan lain untuk orang tua pada waktu itu yang ingin anak perempuannya tumbuh menjadi seorang gadis yang cantik dan manis adalah dengan memberikan nama Ayu. Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata Ayu memiliki arti sebagai seorang gadis cantik dan manis. Oleh karena itu, sangat tidak heran di Indonesia banyak sekali wanita yang bernama Ayu. 

Tika

Ada kalanya, kamu tidak secantik para putri dongeng, tetapi kamu sangat menarik dan banyak menarik perhatian. Wajar seperti itu jika nama kamu adalah Tika. Pasalnya, nama Tika memang memiliki arti sebagai sebuah lukisan yang menarik loh.

Mungkin kamu adalah orang yang sering dikelilingi oleh orang-orang. Bukan hanya karena fisik yang yang kamu miliki menarik, tapi hal ini juga bisa karena kepribadian kamu yang membuat orang merasa nyaman dan senang berada di dekat kamu. 

Hal tersebut tanpa disadari membuat kamu dianggap menarik bagi orang yang ada sekitar kamu loh. Oleh karena itu, bukan sebuah hal yang mengherankan kalau kamu bernama Tika, karena di dalam bahasa Jawa, Tika berarti lukisan. 

Di antara kamu yang membaca artikel ini, siapa yang tidak suka dan senang saat melihat lukisan? Lukisan itu unik. Setiap karya dari seorang seniman akan memiliki daya tarik sendiri dan arti yang berbeda. Oleh karena itu, harapannya dengan nama Tika, kamu dapat membuat arti yang berbeda bagi setiap orang yang ada disekitar kamu.

Andika

Nama Andika yang berarti berpangkat tinggi. Nama Andika sendiri dalam bahasa Jawa diterjemahkan sebagai orang yang memiliki pangkat tinggi. Namun, dalam bahasa Indonesia nama ini berarti sebagai sebuah kehormatan. 

Harapan orang tua memberikan nama Andika agar keturunannya memiliki jenjang karir yang bagus dan indah. Ini adalah salah satu alasan mengapa nama Andika dipilih sebagai namamu. Meskipun terkadang arti nama kamu tidak sesuai dengan kenyataan.

Tetapi, tetaplah semangat untuk meraih yang terbaik ya. Kalau bukan diri sendiri yang mengubah takdir dan jalan hidup kamu, ya siapa lagi, bukan?

Di bawah ini adalah beberapa nama pasaran lainnya yang bisa kamu lihat daftarnya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak daftar nama pasaran di Indonesia di bawah ini, yuk!

100+ Nama-Nama Pasaran di Indonesia

  1. Dwi
  2. Muhammad
  3. Nur
  4. Dewi
  5. Tri
  6. Dian
  7. Sri
  8. Putri
  9. Eka
  10. Sari
  11. Ayu
  12. Wahyu
  13. Indah
  14. Siti
  15. Ika
  16. Agus
  17. Fitri
  18. Ratna
  19. Andi
  20. Agung
  21. Ahmad
  22. Kurniawan
  23. Ilham
  24. Budi
  25. Adi
  26. Eko
  27. Nurul
  28. Putra
  29. Ni
  30. Arif
  31. Puspita
  32. Ari
  33. Indra
  34. Dyah
  35. Rizki
  36. Maria
  37. Ratih
  38. Pratiwi
  39. Kartika
  40. Wulandari
  41. Fajar
  42. Bayu
  43. Lestari
  44. Anita
  45. Muhamad
  46. Kusuma
  47. Rahmawati
  48. Fitria
  49. Retno
  50. Kurnia
  51. Novita
  52. Aditya
  53. Ria
  54. Nugroho
  55. Putu
  56. Handayani
  57. Rahayu
  58. Yunita
  59. Rina
  60. Ade
  61. Widya
  62. Intan
  63. Diah
  64. Agustina
  65. Made
  66. Abdul
  67. Setiawan
  68. Rizky
  69. Rini
  70. Wahyuni
  71. Yulia
  72. Maya
  73. Puji
  74. Utami
  75. Amalia
  76. Dina
  77. Devi
  78. Citra
  79. Arief
  80. Munaroh
  81. Bagus
  82. Hidayat
  83. Hendra
  84. Eva
  85. Endah
  86. Raden
  87. Novi
  88. Irma
  89. Astuti
  90. Achmad
  91. Aulia
  92. Surya
  93. Amelia
  94. Prima
  95. Angga
  96. Hadi
  97. Diana
  98. Anggraini
  99. Wulan
  100. Saputra
  101. Yuni

Di atas ini, itulah nama-nama yang paling pasaran dan paling banyak digunakan oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Apakah kamu memiliki teman yang memiliki nama seperti daftar di atas? Atau apakah nama kamu juga termasuk dalam daftar nama pasaran di atas? 

Untung Rugi Punya Nama Pasaran

Siapa sangka kalau dengan nama pasaran yang kamu miliki ini, bisa menjadi sebuah keuntungan yang besar loh. Nama pasaran yang kamu miliki dan beberapa nama lain seperti yang ada daftar memiliki kelebihan pada sifat umumnya loh. 

Yap! Nama kamu jadi mudah diingat oleh orang-orang dan cenderung memiliki pelafalan yang sangat mudah diucapkan. Jadi, beruntunglah kamu.

Namun, di luar dari itu. Nama yang pasaran juga bisa membuat kamu sering salah dalam merespon panggilan. Ada kalanya kamu akan dihadapkan dengan situasi dimana kamu harus bersamaan dengan orang yang memiliki nama yang sama dengan kamu. 

Sehingga memungkinkan kamu salah dalam merespon panggilan tersebut dan kadang akan membuat kamu merasa sedikit malu. 

Misalnya kamu memiliki nama Ayu. Jika ada seseorang juga memiliki panggilan nama Ayu, dan kebetulan kalian berada di tempat yang ramai. Ketika seseorang memanggil dan meneriakan nama Ayu dengan lantang, maka secara tanpa sadar pasti kamu akan menoleh kepada suara yang memanggil kamu. 

Ini akan sangat memalukan ketika kamu juga menjawab panggilan tersebut, padahal bukan kamu yang dipanggil.

Demikianlah artikel dari pembahasan nama pasaran yang sering ditemukan dan digunakan di Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya, Grameds! Oh ya, jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan nama yang diberikan kepada kamu. 

Pasalnya, nama yang sekarang kamu gunakan adalah salah satu harapan orang tua kamu dan doa mereka untuk kehidupan kamu kedepannya loh.

Jangan lupa untuk mendapatkan informasi dan buku menarik yang menyediakan berbagai pengetahuan yang tersedia di Gramedia ya. Selamat membaca!

Buku & Artikel Terkait

Buku Terkait Artikel Terkait


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega