Pkn

Kenali Tujuan Negara Indonesia Menurut UUD 1945

tujuan negara
Written by Wida Kurniasih

Tujuan Negara – Indonesia dimiliki ketika proklamasi dan kemerdekaan terjadi, dimana hal tersebut berhubungan dengan sekelompok masyarakat atau organisasi yang dinaunginya. Penerapan tujuan dapat menjadi pedoman untuk segala kegiatan yang dilakukan oleh negara, baik itu menyusun atau mengendalikan alat perlengkapan negara layaknya pemerintah. Seperti apakah itu? Berikut adalah penjelasannya.

Definisi Tujuan Negara

Sebelum mengetahui tujuan negara Indonesia secara nasional, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu apa sebetulnya yang dimaksud dengan tujuan negara. Para ahli pun mengeluarkan pendapatnya sendiri mengenai hal yang satu ini, sehingga kamu dapat melihatnya melalui list berikut.

1. Plato

Plato memiliki pendapat bahwa tujuan negara dibuat untuk memajukan kesusilaan manusia, baik itu secara kelompok atau personal. Makhluk individu tersebut berbaur, sehingga dapat bergabung untuk bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa.

2. Roger. H. Sultau

Menurut Roger, setiap warga negara dan rakyat di kawasan tempat tinggalnya dapat berkembang, serta mengungkapkan daya cipta terhadap pemikiran yang sebebas-bebasnya.

3. Benedictus Spinoza

Berbeda dengan pendapat Benedictus yang menyatakan bahwa tujuan suatu negara adalah untuk menyelenggarakan ketentraman, perdamaian, dan pastinya untuk menghilangkan ketakutan. Negara ada untuk menaungi rakyatnya dan menciptakan suasana yang stabil untuk menjamin kenyamanan hidup mereka.

4. Aristoteles

Aristoteles berpendapat bahwa kesempurnaan suatu negara diutamakan dari adanya aspek keadilan. Untuk mewujudkan hal ini, suatu negara memiliki hukum dan aturan yang berfungsi sebagai penjamin bagi masyarakat. Jadi, setiap anggota di masyarakat dapat memperoleh Hak Asasi Manusia yang berbangsa dan bernegara.

5. John Locke

Menurut John, tujuan negara adalah untuk memelihara dan menjamin terpenuhinya hak-hak asasi manusia yang tertuang dalam perjanjian masyarakat. Pada kondisi ini, negara harus menyediakan ruang bagi masyarakat supaya bisa memenuhi setiap hak dan hasil, yakni dengan cara menghargai kesetaraan.

Ilmu Negara,Unsur-Unsur Negara; Tujuan, Fungsi Dan Asal Mula

Ilmu Negara,Unsur-Unsur Negara; Tujuan, Fungsi Dan Asal Mula

Beli Buku di Gramedia

Tujuan Negara Berdasarkan Konsep Welfare State

Tujuan negara berdasarkan konsep Welfare stateTujuan negara Indonesia, seperti yang tercantum pada alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dapat diwujudkan oleh pemerintah negara. Mengapa? Pemerintah negara yang dibentuk dapat menimbulkan hak dan kewajiban khusus bagi negaranya.

Hal tersebut dikelola menurut uang yang ada pada pengelolaan negara. Keuangan negara nyatanya dapat menjadi tonggak utama dalam mewujudkan tujuan bernegara, sehingga pengelolanya harus dapat memaksimalkan setiap sektor dengan baik guna mencapai kesejahteraan bersama.

Nah, jika dilihat lebih lanjut, tujuan negara Indonesia dapat digolongkan sesuai konsep welfare state atau negara kesejahteraan. Apa itu welfare state? Negara kesejahteraan yang memberikan peranan lebih kepada pemerintah dalam mengelola negara.

Dalam buku Globalization and the Welfare State karya Bo Soderten, negara dengan konsep seperti itu biasanya akan memaksimalkan keamanan dan kesejahteraan sosial bagi kelompok-kelompok yang luas. Negara dapat mengambil peranan langsung dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagaimana upaya negara dalam mewujudkan konsep tersebut? Penguasaan pada seluruh kekuatan ekonomi dalam lingkup nasional, baik dari sektor regulasi atau yang memiliki negara terhadap unit-unit tertentu. Jangan salah, unit-unit yang dimaksud akan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya sesuai tujuan pemerintah, itulah yang dimaksud sebagai kemakmuran rakyat.

Karena itulah, terciptalah BUMN atau Badan Usaha Milik Negara yang kita kenal seperti sekarang ini. Kegiatan usaha yang mereka lakukan, bahkan mencakup semua sektor layaknya perikanan, perkebunan, pertanian, manufaktur, pos dan telekomunikasi, serta konstruksi.

Dekonstruksi Dan Reformulasi Hukum Bumn Di Indonesia Upaya M

Dekonstruksi Dan Reformulasi Hukum Bumn Di Indonesia Upaya M

Beli Buku di GramediaMeskipun cukup banyak yang menerapkan konsep ini, ada ciri khusus yang membuatnya berbeda, yaitu asuransi sosial yang juga diterapkan pada negara Inggris dan Amerika. Asuransi sosial ada karena pendanaan wajib yang diberikan untuk keluarga atau peserta tertentu ketika membutuhkan. Lima skemanya adalah sebagai berikut.

  1. Program yang didanai oleh pemerintah, majikan, maupun pegawai dengan manfaat untuk mengganti kerugian atau mengatasi terputusnya pendapatan karena berbagai alasan layaknya pensiun, sakit, janda, bahkan pekerjaan.
  2. Ada yang disebut sebagai categorical or universal benefits atau pendanaan dari pajak umum dengan manfaat untuk rumah tangga dengan anak-anaknya atau orang-orang yang memiliki cacat tubuh.
  3. Tax based benefit atau program yang diperuntukkan bagi mereka dengan penghasilan di bawah ambang penghasilan, tanpa terkena pajak.
  4. Program yang dibayarkan oleh majikan dan dikelola oleh pemerintah, sebutannya adalah occupational benefits. Manfaatnya diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin melahirkan, sakit, atau pensiun.
  5. Program yang didanai oleh pajak umum atau disebut sebagai social assistance, means-tested benefits untuk orang-orang berpenghasilan rendah dengan melihat kondisi dari rumah tangganya. Orang-orang yang tidak memiliki cukup penghasilan, bahkan tidak ada penghasilan sama sekali.

Adapun sistem jaminan sosial yang mencakup seluruh warga Indonesia sebetulnya belum ada, sehingga hanya ada empat sistem yang didasarkan oleh sumbangan wajib dan hanya mencakup pekerja di sektor formal, serta keluarga mereka. Pemerintah dapat menyelenggarakan jaminan sosial berbasis asuransi untuk memenuhi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia.

Tujuan Indonesia Menurut UUD RI 1945

Tujuan Negara Dalam PancasilaBerdasarkan rumusan singkat pancasila dan undang-undang dasar Republik Indonesia, tujuan negara adalah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sebagaimana tertulis pada alinea keempat yang berbunyi, “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi, keadilan sosial.”

Dengan pedoman tersebut, negara Indonesia dapat berkembang dan tidak jauh dari peradaban. Mengerti akan tujuan dan arah berkembangnya negara kita sendiri berarti penting supaya niat untuk mensejahterakan maupun memajukannya tidak hanya dilakukan oleh pihak-pihak tertentu saja, tetapi seluruh penduduk dan masyarakat.

Contoh sederhananya adalah hak dan kewajiban negara yang diselenggarakan. Hak-hak yang harus didapatkan oleh seluruh warga Indonesia maupun setiap orangnya berupa Hak Asasi Manusia atau HAM dalam artian, mereka memiliki hak untuk hidup, memperoleh kesetaraan perlindungan hukum, dan pendidikan.

BACA JUGA: 4 Tujuan Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945

Siapa yang akan mengambil perannya? Tentu, masyarakat Indonesia sendiri di mana mereka harus melindungi dan mendukung bangsanya. Namun, tidak hanya perlindungan saja karena upaya untuk mencerdaskan dan menyediakan tempat sekolah layaknya universitas atau bangunan apapun sebagai wadah belajar.

Sebetulnya, perdamaian mudah tercapai atau terealisasikan dengan satu orang sebagai pemimpinnya. Pemerintah yang membuat aturan dan menuntun masyarakat untuk melaksanakan sejumlah program dengan tujuan baik.

Tujuan Negara Dalam Pancasila

Jika mengikuti pancasila sebagai pokok atau pedoman utama untuk mewujudnyatakan tujuan negara, berarti kamu harus melihat beberapa poin berikut.

  1. Penyelenggaraan yang dilakukan oleh pemerintah harus menjamin semua penduduk Indonesia boleh memeluk dan beribadah sesuai keyakinannya masing-masing.
  2. Warga negara tidak dipaksa untuk mengikuti atau menganut agama tertentu, tetapi mereka wajib memeluk agama sesuai hukum yang berlaku di Indonesia
  3. Penyelewengan yang dilakukan oleh pemerintah dapat mendukung toleransi antar umat beragama. Satu sama lain dapat terlibat konflik atau kena omel.
  4. Penyelenggaraan pemerintah juga diperuntukkan bagi seluruh warga dan penduduk yang sangat senang.
  5. Pahami setiap manusia dari daya cipta, rasa, maupun karsa dengan manusia lainnya.
  6. Menjunjung tinggi bahwa kemerdekaan merupakan hak seluruh bangsa dan penjajahan wajib untuk dihapuskan dari atas dunia, termasuk Indonesia.
  7. Penyelenggaraan pemerintah dapat membentuk atau menciptakan kedamaian dalam peradaban yang kuat, serta melenyapkan adanya penonjolan diri atau golongan tertentu berdasarkan ras, warna kulit, keturunan, sampai rasisnya.
  8. Memahami apa itu persatuan Indonesia adalah tahapan awal untuk menumbuhkan nilai maupun rasa senasib sepenanggungan diantara masyarakat.
  9. Hakikat yang kita kenal dalam sila keempat adalah demokrasi sebagai bentuk negara yang memiliki pedoman dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  10. Pemimpin untuk penyelenggara pemerintah yang menangani bidangnya dari level rendah ke level tinggi haruslah seseorang dengan perencanaan matang dan didasarkan oleh akal sehat, bukan lagi pemimpin yang tidak ingin mendengarkan sampai menolak pendapat dari penduduknya.
  11. Pemimpin dapat menyelenggarakan musyawarah untuk membuat keputusan dan mencapai mufakat. Dalam tingkat yang paling tinggi, kegiatan ini dibuat atau dilakukan oleh para petinggi, wakil rakyat yang duduk di lembaga negara layaknya para DPR.
  12. Bicara soal sumber daya, kekayaan maupun aset negara tersebut merupakan milik negara yang dapat dimanfaatkan atau dipergunakan sebaik-baiknya guna mencapai kepentingan bersama. Pelaksanaannya diatur menurut keputusan pemerintah dari potensi maupun kemampuan setiap daerah.
  13. Penyelenggara pemerintah wajib untuk melindungi setiap bangsa Indonesia yang nantinya akan berpengaruh pada pembangunan negara sesuai bidangnya masing-masing. Dengan begitu, cita-cita masyarakat yang makmur dan adil dapat terwujud, di mana cita-cita tersebut juga bukan hanya berwujud fisik atau materi saja, melainkan ada pada aspek spiritual.
  14. Penyelenggara pemerintah menggunakan prinsip yang cinta dan peduli akan pembangunan. Dengan terwujudnya aspek tersebut, tidak akan terjadi yang namanya penyelewengan dalam pelaksanaan kerja.
Model & Desain Negara Kesejahteraan

Model & Desain Negara Kesejahteraan

Beli Buku di GramediaKewajiban negara Indonesia terhadap rakyatnya dapat dilihat melalui pasal 31 yang menyatakan bahwa setiap anggota atau penduduk berhak untuk memperoleh pendidikan. Pemerintah dapat membiayai pendidikan dasar yang wajib untuk diikuti oleh seluruh warga negara.

Pemerintah dapat mengusahakan dan menyelenggarakan sebuah sistem pendidikan nasional yang berguna untuk meningkatkan ketaqwaan maupun keimanan, serta akhlak benar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat undang-undang.

Negara dapat menjadikan pendidikan sebagai prioritas anggaran yang sekurang-kurangnya 20% dari belanja negara maupun perolehan anggaran guna mendukung penyelenggaraan.

Ilmu dan teknologi dimajukan dengan nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk peradaban maupun kesejahteraan hidup mereka. Itulah mengapa tujuan negara tersebut masih bisa dijalankan dan menjadi perwujudan oleh pemerintah.

BACA JUGA: Contoh Sila Ke-3 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Penjabaran Tujuan Negara Indonesia

Penjabaran tujuan negara terbagi menjadi empat bagian, yakni tujuan perlindungan, kesejahteraan, pencerdasan, dan juga perdamaian. Tujuan perlindungan sesuai dengan apa yang tercantum di undang-undang dasar, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia.

Penjabaran ini juga sesuai dengan arah tujuan bangsa Indonesia secara nasional dan internasional. Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan karya Sukadi, disebutkan bahwa tujuan negara yang asli memang untuk menjaga perdamaian sampai keadilan.

Tujuan peradaban yang terakhir sebetulnya adalah tujuan mulia, di mana peradaban dan kemajuan negara menjadi prioritasnya. Lain halnya dengan tujuan kesejahteraan yang dimaksudkan untuk memenuhi kesejahteraan umum.

Parameter kesejahteraan di Indonesia dapat dipenuhi dengan tiga unsur, seperti sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan sebagai tempat tinggal. Apabila ketiganya dapat dipenuhi, masyarakat pun dapat dikatakan sejahtera.

Menghormati Dasar Negara untuk Mewujudkan Tujuan Negara Secara Nasional

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan pandangan hidup kepribadian bangsa sendiri, yang nilai-nilainya diperuntukkan bagi perwujudan aspirasi maupun cita-cita. Perpecahan bangsa Indonesia akan lebih mudah terhindari dengan adanya landasan tersebut.

Perasaan adil dan tidak adil pun dapat diminimalkan, sehingga seluruh masyarakat Indonesia akan menganggap dirinya sama dan setara dengan orang lain. Pancasila memang memuat beberapa nilai yang dapat dijadikan dasar untuk mewujudkan tujuan negara.

Pertama adalah nilai-nilai ketuhanan religiusitas yang digunakan sebagai pedoman untuk fundamental etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Kedua, nilai-nilai kemanusiaan yang lebih bersifat universal.

Selanjutnya, ada nilai etis kemanusiaan yang sudah mengakar kuat pada pergaulan dan juga lingkungan. Pada dasarnya, Indonesia punya visi dan misi yang kuat, sehingga tidak hanya peduli pada kemajemukan masyarakat saja.

Keempat dapat kamu anggap sebagai nilai kemanusiaan, beserta nilai ketuhanan untuk menggapai cita-cita. Siapa yang tidak ingin impiannya terwujud? Pemerintah pun menginginkannya supaya tujuan negara berhasil membuktikan bahwa Indonesia bisa menjadi negara yang makmur dan sejahtera.

Dalam visi keadilan sosial melalui landasan Pancasila, yang dikehendaki adalah keseimbangan. Sesuatu yang seimbang dan tidak berat sebelah menjadi hal terbaik menuntun kehidupan menuju yang lebih baik.

Kedudukannya pun sangat disegani karena memiliki beberapa hal, seperti meliputi suasana kebatinan, hingga dapat mewujudkan cita-cita hukum. Adanya semangat tersebut sangatlah penting untuk mewujudkan pembangunan dan perkembangan fasilitas di Indonesia.

Rumusan pancasila tentunya harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara, bukan hanya satu-orang saja. Kamu sebagai bagian dari warga negara turut mengenal, memahami, dan menjaganya supaya tetap dapat menaungi negara.

Jadi, tujuan negara secara umum dapat kamu jabarkan menjadi beberapa poin, yakni melaksanakan ketertiban (1), kemakmuran dan kesejahteraan (2), keadilan (3), serta pertahanan (4).

Guna mewujudkan tujuan negara, Indonesia tidak berperan sendiri sebab masyarakat berhak menyatakan pendapat dan mempraktekan apa yang dia bisa. Hendaknya, hal tersebut bisa menjadi motivasi untuk menjalani karir.

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien