Pkn

4 Tujuan Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945

tujuan negara Indonesia
Written by Wida Kurniasih

Apa tujuan negara Indonesia? Indonesia adalah negara dengan pulau dan jumlah penduduk yang banyak. Negara Indonesia ini tidak serta merta dibuat dan diperjuangan.

Ada tujuan-tujuan yang harus dicapai di dalam negara Indonesia. Tujuan tersebut juga merupakan landasan bagi negara Indonesia dalam menjalankan pemerintahan. Semua peraturan yang berlaku juga diterapkan untuk tujuan negara Indonesia.

Apa saja tujuan negara Indonesia? Artikel ini akan membahas tujuan negara Indonesia secara mendetail.

Pengertian Tujuan Negara

pengertian tujuan negara

an elementary school pupils raised the Indonesian flag

Secara umum, tujuan negara adalah menyelenggarakan sebuah kesejahteraan. Selain itu, tujuan negara juga mencapai kebahagiaan rakyat-rakyatnya. Tujuan negara adalah pedoman ketika Menyusun dan mengendalikan alat-alat perlengkapan sebuah negara. Serta mengatur bagaimana kehidupan rakyat-rakyat di dalam negara tersebut.

Ketika mengetahui tujuan negara tersebut, maka dapat diketahui sifat organisasi negara tersebut. Selain itu, dapat juga diketahui legitimasi kekuasaan negara tersebut. Oleh karena itu, tujuan negara adalah hal yang sangat penting untuk diketahui rakyatnya.

Tujuan dari setiap negara dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti tempat negara tersebut, sejarah pembentukan negaranya, serta pengaruh dari penguasa negara yang bersangkutan dengan negara tersebut. Sama seperti negara lain, Indonesia juga memiliki tujuan negara.

Tujuan negara Indonesia dibentuk atas beberapa hal. Apa saja tujuan negara Indonesia? Simak penjelasan mengenai tujuan negara Indonesia di bawah ini!

Kuhd : Kitab Undang-Undang Hukum Dagang

Kuhd : Kitab Undang-Undang Hukum Dagang

Beli Buku di GramediaTujuan Negara Indonesia

tujuan negara indonesia

cropped hand of person holding Indonesia Flag in the city scape

Tujuan negara Indonesia tertuang secara jelas di dalam Undang-undang Dasar 1945, tepatnya pada alenia ke 4. Berdasarkan Undang-undang 1945, tujuan negara Indonesia berbunyi:

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada empat tujuan negara Indonesia. Tujuan tersebut meliputi perlindungan, kesejahteraan, kecerdasan dan perdamaian. Tujuan-tujuan tersebut yang akan menjadi pedoman ketika Menyusun serta mengendalikan alat-alat perlengkapan negara. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA: Apa itu Sistem Pemerintahan? Berikut Penjelasannya

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

Tujuan negara Indonesia yang pertama adalah perlindungan. Tujuan ini terdapat di dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea keempat. Tujuan tersebut berbunyi “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”.

Berdasarkan tujuan tersebut, berarti seluruh komponen di Indonesia harus dilindungi. Mulai dari rakyatnya, kekayaan alam Indonesia, kebudayaan, sampai nilai-nilai negara Indonesia harus dipertahankan. Hal-hal tersebut masuk ke dalam tujuan negara Indonesia berupa perlindungan.

Parameter atau sebuah ukuran subjek hukum seorang warga negara telah dilindungi. Jika hal-hal sebagai warga negara tersebut sudah dipenuhi. Pemenuhan tersebut didasarkan oleh hukum negara Indonesia.

Hak dari warga negara Indonesia sendiri juga sudah dicantumkan di dalam Undang-undang Dasar 1945. Hak tersebut menyangkut beberapa hal. Seperti hak asasi manusia, hak terhadap perlindungan hukum yang sama, hak memperoleh pendidikan, hak memiliki sesuatu dan lain sebagainya.

Kewajiban dalam melindungi seluruh negara Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia tidak hanya menjadi tugas pemerintah atau negara Indonesia saja. Akan tetapi, peran dari warga negara juga sangat dibutuhkan untuk melindungi negara Indonesia.

Wujud dari peran tersebut atau membela negara Indonesia bisa dilakukan melalui beragam cara. Dapat disesuaikan dengan kemampuan para warga negaranya tersebut. contohnya seperti menanamkan dan memiliki sikap rasa cinta tanah air dan bela negara.

Sikap tersebut dapat dijadikan peran seorang warga negara dalam melindungi negara Indonesia. Ketika kita menanamkan sikap bela negara, maka kita akan bertindak sesuai dengan hal itu. Ketika negara Indonesia mengalami sebuah masalah, maka kita harus membelanya. Melalui hal-hal seperti itu, maka tujuan negara Indonesia dalam melindungi segenap bangsa dapat tercapai dengan baik.

2. Memajukan kesejahteraan umum

Tujuan negara Indonesia yang kedua adalah berkaitan dengan kesejahteraan. Tujuan negara Indonesia ini tercantum di dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia keempat. Tujuan tersebut berbunyi “untuk memajukan kesejahteraan umum”.

Parameter dari kesejahteraan di negara Indonesia terdapat tiga unsur. Serta merupakan sebuah syarat yang subjektif dan paling minimal. Ketika ketiga unsur tersebut dapat dipenuhi, maka warga negara Indonesia dapat terbilang sejahtera.

Ketiga unsur tersebut adalah pakaian atau sandang, makanan atau pangan, dan tempat tinggal atau papan. Sebuah kesejahteraan umum juga tidak hanya mencakup hal mengenai kesejahteraan ekonomi dan materi saja.

Namun, kesejahteraan lahir dan batin juga harus diperhatikan. Kesejahteraan secara lahir dan batin juga hal yang penting. Hal itu harus dimiliki setiap warga negara Indonesia.

Kesejahteraan secara lahir dan batin antara lain seperti terciptanya perasaan aman dan nyaman pada setiap warga negara. Selain itu, sikap seperti saling menghormati, gotong royong, menghargai hak antar warga negara, warga negara yang makmur, adil dan setara, menjalankan kewajiban masing-masing warga negara dan lain sebagainya.

Kesejahteraan secara ekonomi dan materi juga harus terus ditingkatkan. Contoh hal yang bisa dilakukan adalah terus bersaing dalam hal perekonomian secara nasional dan internasional. Terlebih negara Indonesia saat ini sudah memasuki MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean.

Hal itu membuat negara Indonesia harus terus bersaing dalam hal ekonomi. Ekonomi yang baik tentu membuat warga negaranya mencapai kesejahteraan. Maka dari itu, tujuan negara Indonesia dalam hal kesejahteraan akan terwujud.

Demokrasi Alternatif Meraih Keadilan Dan Kesejahteraan Melalui Perdamaian Dan Tax Amnesty

Demokrasi Alternatif Meraih Keadilan Dan Kesejahteraan Melalui Perdamaian Dan Tax Amnesty

Beli Buku di GramediaBuku ini ditulis berdasarkan penelitian jangka panjang. Penelitian dilakukan dengan metode studi kepustakaan, pengamatan, dan pendekatan sistem. Pendekatan sistem dilakukan dengan menelusuri keterkaitan antara satu hal dengan hal yang lain. Pendekatan system juga dilakukan dengan mencari akar permasalahan dan mengembangkan solusi permasalahan sehingga jadilah demokrasi alternative yang merupakan tesis dari semuanya.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

Tujuan negara Indonesia yang ketiga adalah berkaitan dengan pencerdasan. Tujuan negara Indonesia ini tercantum di dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia keempat. Tujuan tersebut berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Tujuan negara Indonesia dalam hal pencerdasan ini adalah untuk memastikan seluruh warga negara Indonesia dalam hal pendidikan. Negara Indonesia harus memastikan, bahwa seluruh warga negaranya memiliki kesempatan dalam mengenyam pendidikan yang layak. Tidak hanya layak, pendidikan yang diberikan kepada warga negara juga harus berkualitas.

Semenjak negara Indonesia resmi merdeka, pemerintah sudah mengupayakan negara Indonesia terbebas dari kebodohan. Seperti memberantas buta huruf pada warga negara Indonesia. Untuk mencapai bebas buta huruf tersebut, negara Indonesia selalu meningkatkan kualitas pendidikannya.

Akan tetapi, tujuan negara dalam hal pencerdasan ini tidak hanya dilakukan oleh negara. Mencerdaskan bangsa Indonesia adalah tugas dari negara, pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia. Seluruh komponen tersebut harus berusaha meraih jenjang pendidikan yang terbaik.

Pasalnya, dengan adanya warga negara yang cerdas, maka pembangunan serta kemajuan negara akan semakin mudah dicapai. Hal yang terpenting adalah tujuan negara Indonesia mengenai pencerdasan akan terlaksana dengan baik. Seorang warga negara untuk mencapai tujuan pencerdasan, bisa melakukannya dengan mengejar pendidikan.

Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya adalah salah satu cara mencapai tujuan negara Indonesia dalam hal pencerdasan bangsa. Menjadi warga negara yang cerdas tentu saja dapat memajukan negara Indonesia. Selain itu, dapat mensejahterakan taraf hidup seluruh warga negara Indonesia.

Akan tetapi, kecerdasan adalah hal yang sangat luas. Sebuah kecerdasan tidak mesti harus didapatkan dari sekolah yang tinggi saja. Semua hal yang baik bisa dijadikan ilmu untuk mencapai kecerdasan tersebut.

4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tujuan negara Indonesia yang ketiga adalah berkaitan dengan pencerdasan. Tujuan negara Indonesia ini tercantum di dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia keempat. Tujuan tersebut berbunyi “dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Berdasarkan tujuan negara Indonesia ini, terdapat sebuah kata yang penting. Kata tersebut adalah perdamaian. Tidak hanya negara Indonesia saja yang menginginkan sebuah perdamaian.

Perdamaian adalah cita-cita semua negara di dunia ini. Terdapat dua macam kata “damai” di dalam ilmu politik. Kata “damai” memiliki  arti perdamaian di dalam sebuah negara dan perdamaian di luar negara.

Perdamaian di negara Indonesia dapat diwujudkan oleh seluruh warga negara. Caranya adalah dengan menjaga perdamaian antar sesama warga negara. Seperti antar umat beragama atau antar suku bangsa.

Dalam mencapai perdamaian tersebut, dibutuhkan sikap saling menghargai satu sama lain. Terlebih negara Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kebudayaan. Hal itu tentu akan menimbulkan banyaknya perbedaan di sekitar warga negara.

Melalui sika saling menghormati perbedaan yang ada, maka perdamaian dapat diciptakan. Cara lain yang bisa dilakukan oleh setiap warga negara dalam menjaga perdamaian adalah dengan menaati peraturan yang sudah dibuat. Setiap peraturan yang dibuat oleh pemerintah tentu dibuat untuk rakyatnya. Selain itu, setiap peraturan yang dibuat tentu berlandaskan tujuan negara Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar 1945, alenia keempat.

Selain menjaga perdamaian di dalam negara Indonesia, perdamaian antar negara juga harus dilakukan dan dipertahankan. Negara Indonesia harus menjaga hubungan baik dengan negara luar. Hal itu demi terciptanya sebuah perdamaian.

Dasar politik luar negeri Indonesia adalah politik bebas aktif. Hal itu akan membantu mencapai perdamaian dunia. Perdamaian yang tercipta pada masing-masing negara akan melahirkan politik luar negeri yang bebas dan aktif.

Berdasarkan tujuan negara Indonesia ini pula, dapat terlaksananya kerja sama dengan negara lain. Kerja sama tersebut juga dilandasi dengan nilai-nilai perdamaian serta keadilan sosial.

Perdamaian dan Keadilan

Perdamaian dan Keadilan

Beli Buku di GramediaBuku ini disusun karena para penulis menganggap bahwa tema perdamaian dan keadilan selalu aktual dan selalu layak serta penting untuk dibahas. Selalu ada saja peristiwa yang diakibatkan kondisi ketidakadilan dan ketidak damaian di dunia ini. Karena itu, para penulis membuat refleksi-refleksi kebudayaan dan teologis terhadap berbagai realitas kontekstual yang terjadi di masyarakat.

Tujuan negara Indonesia ini diharapkan bisa diterapkan ketika pelaksanaan pemerintah Indonesia. Pemerintah bisa membuat sebuah kebijakan-kebijakan untuk kepentingan warga negara Indonesia. Hal itu akan membuat warga negara dapat merasakan kesejahteraan di negara Indonesia ini. Selain itu, tujuan negara Indonesia dapat benar-benar tercipta atau terwujud.

Itulah penjelasan mengenai keempat tujuan negara Indonesia yang tercantum di dalam Undang-undang Dasar 1945 alenia keempat. Temukan hal lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan merekomendasikan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Buku Ekonomi
Buku Soekarno
Buku Sosiologi
Buku Geografi
Buku Ideologi Pancasila
Buku Sejarah Indonesia

Pengertian Sejarah
Daftar Pahlawan Revolusi
Daftar Pahlawan Nasional Indonesia
Organisasi Pergerakan Nasional
Sejarah Proklamasi Kemerdekaan RI
Sejarah Teks Proklamasi
Sejarah Pertempuran Surabaya
Sejarah Sumpah Pemuda
Tujuan PPKI dibentuk
Hasil Sidang PPKI Pertama

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien