Politik Ekonomi

Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia dan Perkembangannya

Written by Wida Kurniasih

Tujuan Pembangunan Nasional – Setiap negara pastinya memiliki tujuan pembangunan nasional yang merupakan upaya untuk memakmurkan kehidupan berbangsa maupun bernegara. Kamu yang hafal pembukaan UUD 1945, pastinya tahu bahwa tujuan pembangunan nasional tersemat pada alinea keempat.

Namun, tidak hanya itu saja sebab pembangunan nasional juga memiliki banyak hal yang akan kamu ketahui melalui ulasan berikut.

Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia

Tujuan dari pembangunan nasional Indonesia adalah mengapa paradigma yang terbangun atas pengamalan manusia, serta pembangunan manusia seutuhnya dapat memajukan masyarakat. Jadi, pembangunan tersebut tentunya tidak akan dilakukan atau berlangsung dengan baik jika tidak didasari oleh tujuan yang pasti.

Pembangunan ekonomi bukan semata-mata hanya proses ekonomi, melainkan suatu penjelmaan dari proses perubahan budaya, politik, sosial yang juga meliputi bangsa dalam kesatuannya. Pembangunan nasional menjadi cerminan dari kehendak terus-menerus dari masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, serta kemakmuran secara adil.

Pelaksanaan pemilu pada era demokrasi saja sudah menunjukkan adanya kemajuan atau perkembangan. Beberapa pembangunan lain sudah ditempuh guna mendapatkan kepercayaan dari seluruh masyarakat atau orang-orang yang memiliki banyak harapan.

Pendapat Para Ahli Mengenai Pembangunan Nasional

Sebelum mengenal dua tahapan yang berkaitan erat dengan pembangunan nasional, kamu bisa mengetahui pendapat para ahli mengenai definisi yang akan disampaikan. Berikut diantaranya.

1. Deddy T. Tikson 2005

Menurutnya, pembangunan nasional merupakan reformasi ekonomi, sosial, dan juga budaya yang dilaksanakan secara sengaja karena pihak tertentu sudah memiliki rencana. Tujuan tersebut juga didasari oleh kebijakan maupun peraturan yang berlaku.

2. Alexander 1994

Pembangunan yang juga dikenal sebagai development merupakan proses perubahan yang tidak hanya mencakup sistem sosial saja, tetapi juga dari segi politik, infrastruktur, maupun pendidikan dan teknologi.

3. Nugraha dan Rochmin Dahuri 2004

Pembangunan nasional dapat didefinisikan sebagai upaya yang lebih terkoordinatif untuk menciptakan suatu alternatif supaya warga negara dapat memenuhi impian mereka. Aspirasi pun dapat tercapai sesuai harapan, apalagi yang paling manusiawi.

4. Ginanjar Kartasas Armita 2004

Pembangunan nasional adalah perubahan menuju yang lebih baik melalui upaya terencana dan konsisten. Berkembang untuk mencapai tujuan terbaik dalam memperoleh kesejahteraan, seperti yang diharapkan.

5. Portes 1976

Portes menyampaikan pendapatnya mengenai pembangunan nasional yang dianggap sebagai transformasi untuk bidang sosial budaya, ekonomi, serta pendidikan. Proses perubahan yang sudah direncanakan ini diharapkan dapat mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Perkembangan Pembangunan Nasional Indonesia

Setelah mengetahui beberapa pendapat para ahli mengenai pembangunan nasional, saatnya kamu mengenal perkembangan atau sejarahnya. Pembangunan nasional dimulai dari tahap perencanaan sampai model.

1. Perencanaan

Perencanaan sebetulnya sudah ada sejak tahun 1990-an, tetapi lebih berorientasi terhadap pelaksanaannya. Perencanaan bukan lagi soal berbagai teknik perumusan maupun beberapa aspek yang harus diperhatikan. Fungsi dari perencanaan pun terbagi lagi menjadi tiga jenis, yakni perspective, jangka menengah, dan juga tahunan.

2. Perspektif

Latar belakang pada perencanaan yang terjadi dalam jangka waktu pendek atau panjang. Dengan begitu, serangkaian masalah dapat diselesaikan tepat waktu dan diperhitungkan sesuai perencanaannya.

Jangka menengah akan terbilang terjadi saat investasi besar-besaran dilakukan pada waktu tertentu. Biasanya, investasi akan dilakukan pada minggu pertama saat rencana pembangunan sudah dibuat.

3. Tahunan

Bertujuan untuk menetapkan cara pelaksanaannya atau keinginan yang ingin diwujudkan oleh pemerintah terkait proyek pembangunan nasional. Jadi, jenis satu ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki wewenang.

4. Model

Negara-negara berkembang tidak termasuk dalam sosialis karena kebijakan industrialisasi dapat mereka anut karena program tertentu. Kelompok yang pertama pastinya berasal dari negara untuk melaksanakan strategi yang berorientasi pada impor.

Ada pula model pembangunan lainnya yang disebut sebagai Model Pembangunan PJP II untuk mencapai banyak kemajuan di Indonesia. Misalnya saja, menurunnya persentase wanita buta aksara dari 50% menjadi 21%.

Perlu untuk selalu diingat bahwa kemajuan ekonomi rakyat akan selalu ada jika rakyat sudah merasakan perbaikan dan perkembangannya di dunia nyata. Jadi, kamu yang merasa sudah mendapatkan peranan penting dari pembangunan nasional, perlu untuk selalu merasa bersyukur.

Modal Pembangunan Nasional

Jika dilihat dari segi modalnya, pembangunan nasional menjadi serangkaian usaha berkelanjutan dari suatu pembangunan. Unsurnya adalah seluruh kehidupan bangsa, negara, dan juga masyarakat yang akan berperan banyak dalam mewujudkan pembangunan yang sesungguhnya.

Pelaksanaannya pun juga melibatkan beberapa aspek, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tidak hanya aspek ekonomi saja sebab aspek lainnya juga sangat bergantung pada peranan penting satu dengan yang lainnya.

Aspek-aspek tersebut sudah mendapatkan kepercayaan, sehingga prosesnya akan lebih terarah, terpadu, dan dijamin berkelanjutan.

Kamu yang ingin mewujudkan tujuan dari pembangunan nasional memerlukan modal khusus. Hal-hal yang dimaksud sebagai modal khusus adalah kemerdekaan, jiwa, semangat persatuan, kekayaan alam, hingga budaya bangsa.

Jadi, kamu bisa kembali mengingat atau membawa pembukaan UUD 1946 mengenai tujuan pembangunan nasional untuk melindungi segenap bangsa Indonesia, seluruh tumpah darah, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kebijakan dan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dalam Pembangunan Nasional

Kebijakan dan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dalam Pembangunan Nasional

Beli Buku di GramediaTujuan Pembangunan Nasional Indonesia

Ada banyak sekali tujuan yang akan kamu peroleh jika telah ikut ambil bagian dalam tujuan pembangunan nasional. Tidak perlu menunggu lama-lama lagi, langsung saja simak beberapa tujuannya dalam poin-poin berikut ini.

1. Pemerataan dan Percepatan Bangunan dari Berbagai Sektor

Sumber daya alam di Indonesia atau nusantara memang sangat banyak, apalagi pekerjanya juga banyak. Namun, sumber daya alam yang banyak, belum tentu dapat menjamin kebahagiaan atau kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Hal ini akan menjadikan pembangunan nasional lebih menggalakkan percepatan atau pemerataan pembangunan. Mengapa harus digalakkan? Sumber daya alam harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan adil dalam meningkatkan berbagai aspek maupun bidang.

Hebatnya lagi, pemerataan bangunan tidak hanya ada di Pulau Jawa saja, tetapi sudah menjangkau Indonesia Bagian Timur. Setiap orang diperkirakan akan memiliki potensinya masing-masing dalam menarik minat konsumen.

2. Membangun Kesejahteraan Masyarakat

Membangun kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan yang tidak kalah penting dan sangatlah berguna pada siapa saja. Kesejahteraan masyarakat di Indonesia dapat diperhatikan menurut beberapa aspek, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, transformasi, ekonomi, dan masih banyak lagi.

3. Mencerdaskan Bangsa

Pilihan yang satu ini tentunya akan sangat berguna bagi masyarakat, apalagi sudah tercantum pada pembukaan UUD 1945 dan harus diwujudkan. Pemerintah berpendapat bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, masyarakat Indonesia harus berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan nasional.

Dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional, perkembangannya pun akan membawa perubahan yang positif dan dapat membantu masyarakat untuk hidup lebih makmur. Kamu pun harus ikut berpartisipasi untuk membuat pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

4. Mewujudkan Sistem Pemerintahan yang Berkualitas

Tujuan yang satu ini harus didukung oleh tubuh-tubuh yang kuat dalam jiwa pemerintahan supaya pembangunan dapat menjadi lebih sehat. Dalam menjalankan tugas atau tujuan negara pun, pemerintah jadi dapat melaksanakannya dengan baik.

Perwujudan sistem pemerintahan yang baik pada pembangunan Indonesia dapat terbilang wajib karena harus diawali oleh tingkat terkecil di masyarakat. Karena itulah, sangat diperlukan penguatan pada bagian kabupaten, kota, atau kecamatan guna menjalani fungsi tertentu.

Demi melaksanakan tujuan pembangunan tersebut, pemerintah menjalankan suatu kebijakan atau memberlakukan otonomi daerah. Otonomi pada pemerintahan pusat dapat dianggap sebagai alat untuk memaksimalkan peran pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Sasaran Pembangunan di Indonesia

Ada beberapa sasaran pembangunan di Indonesia yang dapat diwujudkan dengan baik jika perencanaannya pun sudah tersusun oleh pemerintah. Berikut adalah beberapa yang bisa kamu ketahui.

  • Pemulihan ekonomi sangatlah penting untuk mempengaruhi kualitas dari pembangunan Indonesia. Mengapa? Kualitas tersebut dapat memperkuat landasan pembangunan supaya bisa berkelanjutan dan berkeadilan sesuai dengan sistem ekonomi kerakyatan.
  • Kesejahteraan rakyat dapat meningkatkan kualitas dalam hidup beragama atau mempertahankan budaya suatu masyarakat. Kamu yang merupakan anggota dari masyarakat tentunya akan membutuhkan beberapa aspek tersebut guna menunjang kehidupan.
  • Supremasi hukum dapat diwujudkan dengan baik karena pemerintah yang memimpin dan memberikan langkah terdepan.
  • Sistem politik yang demokratis haruslah berhasil dibangun supaya dapat mempertahankan persatuan maupun kesatuan. Dengan begitu, pemerataan bangunan di sejumlah daerah akan menjadi lebih terjamin.
Administrasi Pemerintahan Desa Bagian 3: Otonomi dan Pembangunan Desa

Administrasi Pemerintahan Desa Bagian 3: Otonomi dan Pembangunan Desa

Beli Buku di GramediaTujuan Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan

Tujuan pembangunan yang berkelanjutan ternyata sudah memperoleh izin dari pemimpin 189 negara dan mendapatkan penentuan dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Istilah ini juga lebih dikenal sebagai Sustainable Development atau SDGs yang telah diresmikan pada tahun 2015-2030, yang berarti tahun mendatang.

Kamu bisa mengetahui 17 tujuan dengan 169 pencapaian yang terukur dan dianggap sebagai agenda dari pembangunan nasional ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Buku Tentang Pancasila

Pembangunan dunia memiliki kemaslahatan untuk manusia dan seluruh yang ada di planet bumi.

Adapun empat pilar utama yang digunakan sebagai dasar dari tujuan pembangunan nasional Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Pilar Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional yang dapat dikatakan berhasil haruslah memenuhi hak dasar manusia secara berkualitas. Karena hak seseorang harus dikatakan berkualitas, pembagiannya pun dilakukan dengan adil dan juga merata.

2. Pilar Pembangunan Lingkungan

Pilar selanjutnya adalah pembangunan lingkungan yang dilakukan demi mencapai pengelolaan sumber daya alam maupun lingkungan secara berkelanjutan. Ini akan sangat berperan penting sebagai penyangga dari kehidupan.

3. Pilar Pembangunan Ekonomi

Bagaimana pembangunan ekonomi yang berkualitas bisa tercapai? Tentunya, hal tersebut dapat berhasil dengan adanya dukungan dari keberlanjutan peluang kerja dan usaha. Ada pula poin-poin lainnya yang dapat mendukung kesuksesan rencana pembangunan, yakni usaha, inovasi, industri inklusif, hingga energi bersih yang memadai.

Kamu sebagai salah satu dari warga Indonesia tentunya juga membutuhkan hal-hal tersebut. Dukungan kemitraan untuk mensukseskan usaha pun dapat membantu supaya banyak hal yang menjadi impian warga dapat terwujud.

Pembangunan Pertanian, Membangun Ideologi Pangan Nasional

Pembangunan Pertanian, Membangun Ideologi Pangan Nasional

Beli Buku di Gramedia4. Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola

Pilar yang terakhir memiliki tujuan terpenting dalam penyelenggaraan pembangunan, yakni untuk hukum dan juga tata kelola. Siapapun dapat memastikan terjaminnya hukum secara konsisten dengan tata kelola yang efektif, serta partisipatif untuk menjaga kestabilan keamanan.

Landasan Penyelenggaraan Tujuan Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional sebetulnya dapat didefinisikan sebagai proses nyata untuk memanusiakan manusia. Dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia, masyarakat mengenal tujuh kunci pokok untuk membuat pemerintahan dapat selalu stabil, yakni Indonesia sebagai negara hukum, sistem konstitusional, hingga kekuasaan tertinggi yang dijalankan oleh MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat).

Tahukah kamu bahwa landasan penyelenggaraan pembangunan Indonesia sebetulnya sudah ada sejak tahun 2000. Jadi, tujuan pembangunan tidak hanya berdiri begitu saja dan berfungsi untuk meyakinkan prosesnya, tetapi juga memiliki landasannya sendiri. Adanya landasan tersebut mencakup beberapa hal sebagai berikut.

  1. Landasan konstitusional yang utama dan pertama adalah UUD 1945. Landasan ini merupakan yang paling dasar dan utama, serta dapat dijadikan sebagai visi pembangunan.  Dalam UUD 1946, tujuan pembangunan nasional bisa dikatakan khusus yang mencakup mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, dan berperan serta dalam mewujudkan perdamaian.
  2. Landasan Idiil yang digunakan untuk menguatkan landasan pertama adalah pancasila untuk menjiwai seluruh pelaksanaan pembangunan nasional.
  3. Landasan operasional pembangunan didasari oleh keputusan MPR untuk penyusunan pembangunan selama lima tahunan.
  4. Program pembangunan nasional lima tahun adalah landasan selanjutnya yang dapat berperan serta. Ada pula rencana pembangunan tahunan yang dapat disebut sebagai Repeta. Perencanaan tergantung pada rencana dan kebutuhan pemerintah dalam memajukan kehidupan masyarakat.
  5. Landasan perencanaan pembangunan di daerah juga disebut sebagai Pola Dasar Pembangunan Daerah (Poldas) yang merupakan arahan paling dasar untuk pembangunan lima tahunan.

Kamu juga harus mengenal beberapa prinsip yang dapat mendasari pembangunan nasional atau Indonesia, seperti pembangunan ekonomi, pembangunan prasarana, kelembagaan, dan juga manusia. Dari penyebutan atau tujuannya saja, kamu pasti sudah mengerti bahwa masing-masing pembangunan diperuntukkan bagi apa.

Misalnya, pembangunan kelembagaan yang ditujukan untuk memperkuat mekanisme pembangunan dan menjamin prosesnya dapat berjalan lebih baik. Adapun tujuan pembangunan sarana untuk menyediakan bantuan basis pendukung bagi pelaksanaan pembangunan manusia, sehingga proses pelembagaan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dapat benar-benar terwujud.

Pembangunan nasional diharapkan selalu berkelanjutan secara positif. Upaya tersebut dilakukan untuk mewujudkan kemandirian maupun kemajuan untuk pelaksanaan pembangunan.

Nah, sebetulnya pembangunan nasional tidak hanya memiliki landasan saja, melainkan juga menyimpan beberapa nilai terpenting yang dapat membuatnya hidup. Dengan demikian, masyarakat dan pemerintah akan semakin yakin dengan apa yang dijalankan oleh mereka.

Nilai-nilai kebangsaan berarti pembangunan nasional sesungguhnya adalah pembangunan yang dilakukan secara sinergis, hingga harmonis oleh seluruh warga Indonesia di mana saja. Pembangunan sesungguhnya dapat dijadikan sebagai jalan keluar atau pemecahan masalah.

Kamu pastinya pernah mendengar kata-kata dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, bukan? Begitupun dengan nilai-nilai otonomi yang mengandung prinsip otonomi pembangunan, baik itu dari segi politik atau ekonomi. Penyelenggaraan pembangunan dilakukan secara besar-besarnya untuk mewujudkan besar kesejahteraan untuk rakyat.

Nilai-nilai otonomi pun juga didasari oleh serangkaian undang-undang layaknya Undang-Undang Perimbangan Keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Undang-Undang yang juga mengandung peraturan pembangunan, bukan semata-mata hanya mengurus tentang politik saja.

Nilai yang terakhir adalah nilai kemanusiaan, di mana nilai kemanusiaan haruslah menjadi nilai tertinggi untuk dihargai oleh manusia dan Yang Maha Kuasa. Prinsipnya adalah setiap individu memiliki kedudukan yang sama atau setara, sehingga hak dan kewajibannya pun sama.

Nah, sekarang sudah tahu, bukan apa saja tujuan dari pembangunan nasional? Kamu sebagai penduduk Indonesia harus ikut ambil bagian dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Dengan begitu, prinsip kemanusiaan pun haruslah diterapkan untuk semua aspek pembangunan.

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien