Kesenian Sosial Budaya

Tari Gending Sriwijaya: Sejarah, Makna, Fungsi, dan Ragam Gerakannya

Tari Gending Sriwijaya
Written by Umam

Tari Gending Sriwijaya – Tampak menuju panggung sembilan perempuan dengan pakaian adat yang lengkap beserta macam-macam aksesori seperti dodot, paksangkong, tanggai, sampai selendang mantri. Di tengah juga di paling depan, seorang penari membawa kotak dengan nuansa kolosal, yang biasa disebut tepak, sedangkan di sekitarnya berkeliling suara gending yang mengiringi gerak gemulai mereka. Para penari tersebut akan menarikan tari Gending Sriwijaya.

Tari Gending Sriwijaya adalah gerakan tari kolosal peninggalan dari kerajaan Sriwijaya. Dahulu, tarian ini hanya dipentaskan oleh orang-orang kalangan kerajaan untuk menyambut tamu-tamu kerajaan. Namun, kini, tarian Gending Sriwijaya sudah lebih luas dipergunakan, bahkan dipentaskan oleh masyarakat Palembang pada berbagai hajat, seperti pertemuan instansi-instansi pemerintahan, pernikahan, sampai berbagai perhelatan budaya.

Selain itu, tari Gending Sriwijaya juga diiringi oleh musik, yang muncul sebagai perpaduan dari alat musik gamelan. Musik gending tersebut lengkap dengan vokal yang biasanya menggambarkan ungkapan syukur dan kegembiraan atas kesejahteraan.

Sayangnya, belakangan ini, tari Gending Sriwijaya tak selalu menggunakan alunan musik gending secara langsung dan asli, tak jarang yang hanya menggunakan rekaman dari musik yang sudah ada.

Pengertian Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

Indonesia Kaya

Tari Gending Sriwijaya secara umum ditarikan oleh 9 penari, dan mereka semua ialah perempuan. Jumlah penari dalam tarian ini sebagai representasi dari sembilan sungai yang ada di Sumatera Selatan. Terdapat juga dua orang laki-laki berbusana lengkap dengan payung dan tombak di tangan, yang mengawal penari Gending Sriwijaya.

Satu di antara sembilan penari tersebut, seperti yang telah disinggung sebelumnya, membawa tepak yang berisi sekapur sirih yang nantinya bakal diberikan pada tamu yang dianggap spesial. Adapun, tepak ini merupakan bentuk penghormatan.

Dominasi dari gerak tari Gending Sriwijaya ialah gerak membungkuk dan berlutut, serta sesekali melempar senyum sembari melentikkan jari-jari kuku. Makna gerakan tersebut ialah sebagai penghormatan kepada para tamu yang datang.

Tari Gending Sriwijaya juga punya gerakan inti berupa gerak penari utama yang membawa tepak isi sekapur sirih untuk diberikan kepada tamu yang terhormat. Pembawa tepak ini tadinya hanyalah orang-orang yang diperkenankan bagi remaja putri dari keturunan raja.

Tarian yang satu ini menjadi representasi dari nenek moyang Nusantara. Bangsa yang besar, bangsa yang menghormati dan menghargai persaudaraan antarsesama juga direpresentasikan melalui tarian ini. Selain itu, tari Gending Sriwijaya, juga menggambarkan kegembiraan para gadis, serta Kerajaan Sriwijaya sendiri sebagai tuan rumah yang ramah dan tulus terbuka menyambut tamu.

Tari ini juga merupakan esensi sikap menghormati antar sesama manusia, dan bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

Awalnya, tari Gending Sriwijaya merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya ini hanyalah boleh ditampilkan oleh kalangan kerajaan. Namun, tarian itu sudah bisa dipentaskan oleh masyarakat umum di masa sekarang. Tari Gending Sriwijaya sendiri memiliki berbagai makna yang terkandung di dalamnya. Pada pertunjukan tari Gending Sriwijaya seringkali membawakan cerita tentang masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya dan pengaruh agama Buddha.

Tarian yang satu ini juga punya makna terkait masyarakat Palembang yang punya sikap rendah hati, mandiri, tawakal, dan punya rasa gotong royong yang tinggi. Selain itu, mereka juga digambarkan suka menolong.

Makna Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

kompas.com

Tak hanya pengertian tariannya secara umum, tari Gending Sriwijaya tentunya juga memiliki makna tersendiri untuk setiap gerakannya, seperti tarian tradisional lainnya. Berikut ini adalah makna beberapa di antaranya:

1. Jentikan Ibu Jari dan Jari Tengah

Penari akan menjentikkan ibu jari dan jari tengah mereka sesuai irama. Lantas, mereka akan melepas jentikkan tersebut. Adapun arti dari gerakan ini ialah kerja keras dan kedisiplinan yang tertanam dalam diri masyarakat Palembang.

2. Gerakan Sembah Berdiri

Makna dari gerakan ini adalah masyarakat Palembang merupakan masyarakat yang taat akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Ditambah, gerakan ini juga menggambarkan sikap toleransi yang dimiliki masyarakat Palembang terhadap sesamanya.

3. Sekapur Sirih

Daun sirih yang diberikan dalam tarian ini sendiri memiliki makna kerendahan hati, dilihat dan digambarkan dari cara berkembangnya tanaman tersebut. Batang sirih yang memiliki bentuk yang lurus pun punya makna sendiri, seperti budi pekerti dan loyalitas.

Tari Gending Sriwijaya ini secara garis besar punya makna bahwa terdapat jiwa yang rendah hati, peduli, gotong royong, mandiri, serta tawakal yang terdapat pada masyarakat Palembang.

Sejarah Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

kompasiana.com

Menurut sejarah, Kerajaan Sriwijaya dulunya mempunyai tarian yang ditunjukkan sebagai persembahan untuk dewa, sekaligus tarian penyambutan; tarian yang bersifat sakral. Tari Tanggai merupakan nama dari tarian tersebut. Sayangnya, tari ini mengalami modifikasi karena peraturan yang melarang wanita untuk menari di masa penjajahan Belanda. Sebab itulah, tarian Tanggai tersebut berubah dan ditampilkan oleh laki-laki.

Tari Tanggai pun tak diperbolehkan sama sekali pada masa penjajahan Jepang. Dengan begitu, masyarakat Palembang jadi tidak punya tarian tradisional untuk menyambut tamu. Melihat perkara ini, pemerintah Jepang pun meminta masyarakat Palembang agar membuat sebuah tarian serta lagu pengiring yang menjadi tarian penyambutan.

Kemudian, tari Gending Sriwijaya dibuat oleh Tina Haji Gong dan Sukainah A. Rozak pada tahun 1943. Bentuk tarian ini adalah kombinasi dari berbagai unsur tarian adat yang telah ada di Palembang. Unsur Buddhisme dan Batanghari Sembilan alias sembilan sungai di Sumatera Selatan juga diaplikasikan dalam tarian Gending Sriwijaya ini. Kita dapat melihat penggunaan unsur Batanghari Sembilan pada penari yang jumlahnya 9 orang.

Dibantu Nungcik A.R. yang membuat syair, Dahlan Muhibat membuat lagu untuk musik tarian Gending Sriwijaya. Pada tahun 1944, pembuatan seluruh rangkaian tarian selesai dan akhirnya pertama kali ditampilkan di halaman Masjid Agung Palembang, dalam acara penyambutan pejabat ke Palembang.

Fungsi Tari Gending Sriwijaya

Terdapat berbagai fungsi yang perlu kita ketahui dari tari Gending Sriwijaya. Berikut ini tiga fungsi dari tarian tersebut:

  • Sebagai tari penyambutan tamu kehormatan.
  • Sebagai hiburan bagi masyarakat.
  • Sebagai pemeriah acara, seperti festival, acara pernikahan, dan lain sebagainya.

Ragam Gerakan

Tari Gending Sriwijaya

Majalah Teras

Terdapat tiga tahap pembagian pada gerakan tari Gending Sriwijaya. Ketiganya adalah gerakan awal, gerakan inti, sampai gerakan akhir. Berikut kami paparkan penjelasan lebih dalam dari rangkaian gerakan ini:

1. Gerakan Awal

Sembah adalah permulaan gerakan yang lantas dilanjutkan dengan sembah berdiri. Kedua kaki penari berjinjit dan tangan penari menangkup. Setelahnya, posisi kepala dan badan pun menunduk. Kemudian, penari melakukan jalan keset.

Kaki kanan penari pun bergeser ke arah kanan depan, sedangkan kaki kirinya berjinjit dengan tangan yang masih dalam posisi sembah. Usai jalan keset, penari menyilangkan tangan dan diayunkan, sehingga membentuk lingkaran sambil berdiri di bagian kiri dan kanan.

2. Gerakan Inti

Dimulai dengan tutur sabda yang mengubah posisi tangan silang menjadi kembar, gerakan inti dilanjutkan dengan pandangan mata yang mengikuti pergerakan tangan. Selanjutnya, penari akan membuat gerakan tangan seolah tengah menabur bunga.

Badan diposisikan condong ke depan, lalu penari akan bersimpuh. Penari kemudian mengarahkan tangan ke belakang, diikuti gerak ukel ke depan serta kembali membawa tangan ke atas. Tangan penari lalu disilangkan dan diarahkan ke badan bagian samping.

Tangan kanan bergerak ke atas kepala, sedangkan tangan kiri diletakkan di depan dada. Gerakan inti akan berakhir dengan ulur benang, di mana tangan penari akan serupa dengan saat mengulur benang.

3. Gerakan Akhir

Gerakan akhir bermula dengan gerak tolak bala, yakni penggambaran atas penolakan segala hal negatif yang hadir dalam diri manusia. Penari setelahnya akan menggerakkan tangan ke atas telinga kanan dan tangan kirinya di dada. Badan diposisikan condong ke depan, dan posisi kepala menunduk.

Penari, selanjutnya akan melakukan sembah sebagai penutupan untuk menutup tarian ini.

Pola Lantai Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya menggunakan pola lantai lurus yang selanjutnya berupa ke pola garis “V”. Panggung akan dimasuki para penari dengan pola lantai garis lurus. Setelahnya, formasi huruf “V” akan dibentuk dengan penari yang memecah, dan penari utama akan menjadi titik tengah dari pola ini.

Dalam tarian ini, dibutuhkan sekiranya 13 orang penari. Masing-masing, terbagi atas 9 penari perempuan yang menyimbolkan Batanghari Sembilan, 1 pelantun lagu “Gending Sriwijaya”, dan 3 orang penari laki-laki.

Tugas dari penari utama ialah memegang tepak serta menjadi titik tengah. Peridon dibawa oleh dua orang penari di belakang penari utama, sama halnya dengan tiga orang lainnya. Payung dibawa oleh satu penari laki-laki, dan dua penari lainnya memegang tombak.

Properti Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

regional.kompas.com

Grameds, berikut ini properti tari yang diperlukan untuk mementaskan tarian Gending Sriwijaya. Mari simak dengan seksama!

1. Selendang Meranti

Selendang meranti dibuat dengan kain songket khas Palembang. Selendang ini akan diikatkan di pinggang penari, dan diletakkan ke bagian pending.

2. Teratai

Bukan bunga teratai, tetapi yang dimaksud teratai sebagai properti tari Gending Sriwijaya adalah penutup dada dari beludru, yang punya aksen manik-manik. Terdapat berbagai macam warna teratai, yang akan semakin berkesan mewah jika warnanya semakin emas.

3. Pending

Pending merupakan properti tari Gending Sriwijaya berbentuk ikat pinggang yang terbuat dari kuningan ialah pending. Bentuknya berupa untaian lempengan persegi, serta terdapat ukiran motif hewan atau tumbuhan padanya. Bentuk segi enam menjadi bagian depan pending, tetapi ukurannya lebih besar.

4. Kalung Kebo Munggah

Setiap susun dari kalung ini menggambarkan status sosial. Kalung kebo munggah tersusun atas tiga bagian, dengan bagian bawah yang paling besar dengan warna keemasan.

5. Tanggai

Properti tanggai yang terbuat dari perak, kuningan, atau jenis logam lain ini diletakkan ke ujung jari. Tujuannya, untuk memberikan kesan lentik pada jari penari.

6. Tepak

Tepak merupakan sebuah wadah yang dibawa-bawa dengan isinya berupa sekapur sirih. Tepak terbuat dari bahan kayu, tepak juga berhiaskan ukiran khas Palembang.

7. Bunga Rampai

Properti rampai ialah hiasan yang diletakkan pada bagian belakang kepala penari. Adapun properti ini terdiri atas berbagai bunga yang dibuat roncean, sehingga menjadi bunga rampai.

8. Sanggul Malang

Tatanan rambut para penari disebut sebagai sanggul malang. Hiasan berupa bentuk bunga dan kombinasi beringin akan diberikan pada sanggul ini.

9. Kelat Bahu

Warna dari kelat bahu ialah keemasan, dan bentuknya seperti burung. Kelat bahu ini dipakai pada bagian bahu kanan dan kiri penari.

10. Kelapo Tandan

Kelapo tandan merupakan hiasan yang diletakkan di sanggul. Hiasan ini berbentuk bunga dan daun, dengan makna kasih sayang dan gotong royong yang terkandung.

Jumlah Penari dalam Tari Gending Sriwijaya

Disebutkan laman Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, terdapat 9 orang penari Gending Sriwijaya yang diiringi oleh dua pengiring sekaligus pembawa payung dan tombak.

Musik Iringan

Alat musik yang dipadukan dengan vokal yang menyampaikan kegembiraan dan rasa syukur, mengiringi tarian Gending Sriwijaya. Meski begitu, seiring berjalannya waktu, banyak pementasan tarian ini yang cuma memainkan musik rekaman,.

Selain itu, lagu Gending Sriwijaya yang mengandung arti rasa rindu dengan masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya juga mengiringi tarian Gending Sriwijaya. Dulunya, kerajaan ini pernah menjadi pusat pemerintahan agama Buddha.

Busana dan Tata Rias

Aesan Gede adalah busana yang digunakan dalam tarian Gending Sriwijaya. Para penarinya akan dirias seanggun mungkin, serta mereka harus memakai selendang mantra di pinggang beserta gelang paksangkok.

Keunikan Tari Gending Sriwijaya

Kita bisa menyaksikan keunikan tari Gending Sriwijaya pada jentikkan jari yang menggunakan ibu jari dan jari tengah, ditambah lagi, lagu pengiring ciptaan Nungcik A.R. sehingga kekhasan Palembang, Sumatera Selatan bisa terlihat dengan indah.

Masyarakat yang menjunjung tinggi dan menghormati persaudaraan direpresentasikan melalui tarian Gending Sriwijaya. Tarian ini, seperti penjelasan sebelumnya, memang menggambarkan sikap ramah terhadap para tamu. Semangat ini jugalah yang perlu kita, sebagai penerus bangsa, lestarikan. Kita harus menjunjung tinggi dan menghormati nilai persaudaraan agar persatuan tercipta.

Cara Melestarikan Warisan Budaya Takbenda

Sebelum tahu cara melestarikan warisan budaya takbenda, kita kepoin dulu. Apa itu warisan budaya takbenda?

Warisan ini meliputi segala praktek, representasi, ekspresi, pengetahuan, keterampilan, serta alat-alat atau benda, artefak, dan ruang-ruang budaya yang terkait dengannya, yang diakui oleh beragam komunitas, kelompok, dan perseorangan (dalam hal tertentu) sebagai warisan budaya mereka.

Warisan budaya takbenda yang senantiasa diwariskan antargenerasi ini diciptakan kembali oleh berbagai kelompok dan komunitas, sebagai tanggapan mereka terhadap lingkungannya, interaksi dengan alam, sejarah, serta rasa jati diri dan keberlanjutan demi memajukan penghormatan keanekaragaman budaya dan daya cipta insani.

Bukti perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia terdapat pada Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Oleh karena itu, untuk melestarikannya, kita mesti mengetahui, mengenali, sehingga rasa memiliki dan menghargai warisan budaya tersebut muncul. Selanjutnya, pelestarian warisan budaya takbenda bisa dilakukan dalam bentuk perlindungan, pengembangan, sampai pemanfaatan, seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”.

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan perlindungan adalah tindakan yang bertujuan menjamin kelestarian warisan budaya. Misalnya, melindungi secara hukum atau lewat peraturan dan kebijakan terkait warisan budaya takbenda, penelitian, dokumentasi, sampai pendidikan.

Setelahnya, barulah dilakukan pengembangan yang dilakukan lewat promosi dan pengemasan. Dengan begitu, akan banyak masyarakat mengetahui betapa indahnya warisan takbenda.

Agar bisa lebih dirasakan oleh masyarakat, maka warisan budaya takbenda juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai bentuk. Sebagai contoh, sosial, pariwisata, ekonomi, keagamaan, internalisasi nilai, dan diplomasi budaya. Beragam upaya tersebut mesti tetap memegang prinsip pelestarian, dan tidak merusak nilai budaya masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Grameds, itulah pengenalan terkait salah satu tari tradisional yang sangat indah dan menawan, dengan maksud mulia dan kemurahan hati dalam menyambut tamu, yakni tari Gending Sriwijaya. Tarian ini memang tampak begitu mewah dan elegan. Meski begitu, kerendahhatian dan gotong royong kental terkandung di dalamnya.

Semoga setelah membaca artikel ini sampai habis, Grameds tertarik untuk belajar tari Gending Sriwijaya, sehingga tarian ini bisa terus dilestarikan.

Untukmu yang ingin mempelajari lebih lanjut terkait tari tradisional, cobalah menemukan buku terkait yang disediakan oleh situs Gramedia.com sebagai toko buku online terbesar di Indonesia! #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. 25 Nama Tarian Daerah dan Asalnya
  2. Yuk Kenalan dengan Tari yang Berasal dari Bali dan Kisahnya 
  3. Tari Saman: Pengertian, Sejarah, Makna Gerakan
  4. Mengenal Sejarah Asal Tari Piring dan Makna Setiap Gerakannya
  5. 7 Tari Tradisional Masyarakat Papua dan Papua Barat
  6. Sejarah, Makna, Properti & Asal Tari Seudati 
  7. Makna dan Asal-Usul 5 Tarian Klasik dari Jawa Tengah

About the author

Umam

Perkenalkan saya Umam dan memiliki hobi menulis. Saya juga senang menulis tema sosial budaya. Sebelum membuat tulisan, saya akan melakukan riset terlebih dahulu agar tulisan yang dihasilkan bisa lebih menarik dan mudah dipahami.