Sosial Budaya

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 1
Written by Tasya Talitha

Nama Tarian Daerah dan Asalanya – Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan keberagaman budayanya. Grameds pasti setuju jika Indonesia memiliki kekayaan budaya, salah satunya adalah ragam tarian daerah yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tarian daerah yang menggambarkan budaya daerah masing-masing.

Ada istilah mengatakan bahwa bangsa yang luar biasa dapat dilihat dari budaya yang mereka miliki. Begitu pula nilai-nilai budaya yang ada dalam tarian daerah tersebut akan mencerminkan betapa berbudayanya bangsa kita. Sebagai bagian dari bangsa ini kita patut bangga dan ikut andil untuk menjaga dan melestarikan budaya.

Selain mengenal dan memahami tarian daerah Grameds sendiri, kalian juga wajib tahu tarian dari daerah lain. Dari sinilah maka akan membangun kesadaran bahwa ternyata kita memiliki keberagaman budaya yang memperindah bangsa kita.

Dengan setiap suku bangsa di Indonesia memiliki tarian khasnya sendiri, hingga saat ini terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia yang dapat dipelajari melalui Ensiklopedia Mini : Tari-tarian Nusantara.

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 2

Beli Buku di Gramedia

Berikut ini daftar 25 tarian daerah yang perlu Grameds ketahui sebagai upaya mengenal budaya sendiri dan memaknai nilai kebudayaan yang bisa diambil:

1. Tari Saman Asal Aceh

Tari Saman Aceh (sumber: Pemerintah Kabupaten Pidie-Provinsi Aceh)

Tari Saman Aceh (sumber: Pemerintah Kabupaten Pidie-Provinsi Aceh)

Tari Saman adalah tarian daerah yang berasal dari Daerah Istimewa Aceh yang populer di dalam negeri sekaligus di mata dunia. Tarian ini biasanya dilakukan oleh banyak orang penari yang dilakukan dengan kombinasi gerakan duduk dan setengah berdiri. Penari Saman juga biasanya sekaligus bernyanyi di atas panggung sambil menari.

Penari biasanya menggunakan kostum berwarna-warni namun tetap senada dengan ikat kepala dan kain batik Aceh sebagai bawahan. Penari Saman juga biasa berhijab karena orang Aceh mayoritas beragama islam.

Tarian ini dapat dimaknai sebagai bentuk kebersamaan, kekompakan karena tariannya yang menuntut penari untuk kompak dan saling bekerja sama. Selain itu tarian ini juga mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, dan kepahlawanan karena penari diibaratkan sebagai sebuah bala pasukan.

2. Tari Tor Tor Asal Tapanuli Utara

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 3

Tari Tor Tor Asal Tapanuli Utara (sumber: Mei Leanda/KOMPAS.COM)

Tari Tor Tor adalah tarian daerah yang berasal dari Sumatra Utara, tepatnya daerah Danau Toba di Tapanuli. Tarian suku Batak ini biasanya dilakukan pada ritual-ritual tertentu, yakni pesta pernikahan, kematian, syukuran, sampai upacara penyembuhan orang sakit. Tarian ini biasanya juga diiringi oleh alat musik tradisional, yakni Magondangi.

Penari biasanya menggunakan kostum tari yang terbuat dari kain tenun songket khas Batak dengan ikat kepala. Makna dari tarian ini adalah sebagai media komunikasi antara yang masih hidup dengan para leluhur mereka sebagai penyemangat jiwa.

banner-promo-gramedia

3. Tari Piring Asal Minangkabau

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 4

Tari Piring Asal Minangkabau (sumber: Encyclopedia DKI Jakarta)

Tari piring adalah tarian daerah yang berasal dari Minangkabau yang memiliki ciri khas dimana penari membawa piring saat menari. Tarian ini biasanya terdiri dari 3 sampai 5 orang dengan diiringi alunan alat musik tradisional Minangkabau, Bonang dan Saluang.

Penari biasanya menggunakan kostum khas minangkabau dengan hiasan kepala yang meruncing, gelang lonceng di kaki, dan membawa dua hingga tiga piring di tangannya. Tari piring memiliki makna simbolis dari persembahan hasil panen kepada sang pencipta. Ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat Minangkabau atas rezeki yang tuhan mereka berikan.

4. Tari Taruk Langgai Asal Mentawai

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 5

Tari Taruk Langgai Asal Mentawai (sumber: Iggoy el Fitra/ANTARA FOTO)

Tari Turuk Laggai adalah tarian daerah yang berasal dari Mentawai, Sumatera Barat yang terinspirasi dari gerakan hewan yang ada di alam, seperti burung, ular, ayam, hingga monyet. Tarian ini biasanya juga diiringi dengan alat musik tradisional Mentawai, yakni gendang Gajeuma dan Uliat.

Kostum penari Turuk Laggai ini sangatlah unik hanya menggunakan kain penutup kemaluan dan ikat kepala yang khas dengan nuansa alam liar. Tarian ini memiliki makna Tari keseharian masyarakat kepulauan Mentawai yang mayoritas adalah pemburu, sehingga banyak gerakan tarian meniru gerakan binatang. Biasanya tarian ini dilakukan untuk ritual upacara pengobatan.

Pendidikan Seni Tari

Beli Buku di Gramedia
Buku Pendidikan Seni Tari yang ditulis Tata Kurnita Yeniningsih ini mengulas tentang konsep seni secara umum, karakteristik seni, dan pengetahuan dasar dari seni tari. Jadi, cocok untuk Grameds yang baru ingin belajar tentang seni tari untuk mulai mempelajarinya dari awal. Mengenal dan mempelajari seni tari tidak hanya belajar gerakan fisik untuk tampil saja, tetapi juga belajar banyak hal dari nilai-nilai budayanya. Selamat belajar

5. Tari Ronggeng Blantek Asal Betawi

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 6

Tari Ronggeng Blantek Asal Betawi (sumber: Ensiklopedia Jakarta)

Tari Ronggeng Blantek adalah tarian daerah dari etnis Betawi yang memiliki tempo cepat dengan gerakan yang energik. Tarian ini biasanya terdiri dari penari perempuan yang diiringi dengan alat musik tradisional Betawi, yakni terompet, trombone, baritone, gendang, gong, simbal, dan tehyan.

Penarinya biasanya menggunakan kostum dengan warna-warna cerah seperti hijau, kuning, merah, dengan hiasan kepala bunga yang juga warna-warni. Tarian ini biasanya dilakukan untuk menyambut tamu undangan dalam acara-acara besar.

6. Tari Jaipong Asal Karawang

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 7

Tari Jaipong Asal Karawang (sumber: freedomsiana)

Tari Jaipong adalah tarian daerah yang berasal dari Karawang dengan konsep gerakan yang relatif lebih modern. Tarian ini menggabungkan unsur silat, wayang golek, dan ketuk tilu ciptaan H. Suanda dan Gugum Gumbira, seorang seniman asal Jawa Barat. Musik tradisional yang biasa mengiringi tarian ini adalah gong, kecapi, gendang, dan rebab.

Penari biasanya menggunakan kostum kebaya panjang yang anggun dengan selendang panjang di lehernya. Tari jaipong tidak hanya hiburan tarian biasa, namun juga bermakna sebagai sarana komunikasi antar manusia dengan merepresentasikan keramahan, kesantunan, kelincahan, dan pantang menyerah.

7. Tari Topeng Asal Cirebon

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 8

Tari Topeng Asal Cirebon (sumber: Indonesia.go.id)

Tari Topeng adalah tarian daerah yang berasal dari Cirebon yang populer, bahkan pernah dijadikan media dakwah menyebarkan agama islam oleh Sunan Gunung Jati. Kostum yang biasanya digunakan oleh penari tari topeng adalah warna-warna cerah seperti merah dengan menggunakan 5 jenis topeng  yang berbeda-beda.

Topeng yang penari gunakan memiliki nama dan makna watak masing-masing. Contohnya topeng panji yang menyimbolkan bayi yang masih bersih dari dosa. Sedangkan Topeng pamindo adalah simbol kesatria dan topeng patih menyimbolkan sifat kedewasaan.

8. Tari Bedhaya Asal Yogyakarta

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 9

Tari Bedhaya Asal Yogyakarta (sumber: Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat in kratonjogja.id)

Tari Bedhaya adalah tarian daerah yang berasal dari keraton Yogyakarta yang biasa ditampilkan oleh perempuan. Dahulu tarian ini hanya diperuntukan bagi kalangan keraton saja. Tarian ini berkonsep gerakan-gerakan anggun yang bertempo lambat dan gemulai diiringi perangkat gamelan jawa.

Kostum penari menggunakan kebaya jawa dengan kain jarik khas Yogyakarta dengan siger di kepala sebagai mahkota. Tarian ini memiliki makna yang bercerita tentang sosok spiritual Nyi Roro Kidul yang dipercayai sebagai penguasa dunia kebatinan di pantai utara Jawa.

banner-promo-gramedia

9. Tari Serimpi Asal Yogyakarta

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 10

Tari Serimpi Asal Yogyakarta (sumber: Pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta on Kompas.com)

Tari Serimpi adalah tarian daerah yang berasal dari Yogyakarta yang juga hanya dipentaskan di keraton saja. Tarian ini juga memiliki beberapa jenis, seperti genjung, babul, layar, bondan, anglir mendung, dan dhempel. Penarinya yang berjumlah 2 sampai 4 orang ini menari dengan iringan gamelan jawa.

Kostum yang digunakan penari adalah kebaya dan bawahan jarik yang anggun layaknya putri. Tari Serimpi ini melambngkan api, air, angin dan tanah sebagai kekuatan alam.

Seni Atraksi Budaya Nusantara

Seni Atraksi Budaya Nusantara

Beli Buku di Gramedia
Apabila kalian ingin mempelajari budaya Nusantara lainnya, seri pertama e-book wisata tradisi ini menghadirkan lima atraksi budaya Nusantara yang perlu kalian ketahui, di antaranya pacu jawi di Sumatera Barat, Festival Tabuik di Pariaman, Sumatera Barat; Festival Palang Pintu di Jakarta, Ngarot di Indramayu Jawa Barat; dan Karapan Sapi di Madura, Jawa Timur. Tidak hanya seni budaya tari saja yang bisa kalian ketahui dan pelajari, melainkan budaya Nusantara lainnya juga perlu. Dengan begitu, wawasan kalian akan budaya Nusantara jadi semakin luas.

10. Tari Gambyong Asal Solo

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 11

Tari Gambyong Asal Solo (sumber: indonesia.go.id)

Tari Gambyong adalah tarian daerah yang berasal dari kota Solo yang sudah dikenal sejak zaman raja-raja Jawa Kuno. Sampai Saat ini tari Gambyong terus mengalami perkembangan koreografi. Sebelumnya tarian ini berakar dari tari tayub atau tarian rakyat saat pesta panen, kemudian pihak keraton membawanya dan mengembangkan menjadi tarian yang luwes dan indah.

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 12Kostum penari tari gambyong menggunakan kebaya dengan bawahan jarik yang anggun dan mahkota layaknya putri kerajaan. Makna tari gambyong adalah simbol seorang Dewi Sri (dewi padi) yang sedang menari. Itulah sebabnya tari ini digunakan masyarakat jawa untuk ritual pertanian untuk meminta musim kesuburan dan hasil panen yang melimpah.

11. Tari Reog Asal Ponorogo

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 13

Tari Reog Asal Ponorogo (sumber: Nursita Sari/KOMPAS.COM)

Tari Reog adalah tarian daerah asal ponorogo yang dimainkan sejumlah pria menggunakan topeng kepala singa bermahkota bulu-bulu merak yang sangat besar dan berat. Makna dari tarian reog adalah sindiran seorang abdi raja Majapahit, Ki Ageng Kutu kepada sang raja yang dianggap korup dan berada di bawah pengaruh China. Hal tersebut tampak pada kostum penari yang menggunakan topeng singa barong.

12. Tari Jaran Kepan Asal Ponorogo

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 14

Tari Jaran Kepan Asal Ponorogo (sumber: Anis Efizudin/ANTARA FOTO)

Tari Jaran Kepang adalah tarian daerah yang berasal dari Ponorogo yang juga terkenal di beberapa daerah di Jawa dengan sebutan Kuda Lumping atau tari jatilan. Kostum penari yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah properti kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu dan kulit binatang.

Kostum ini bermakna sebagai pasukan prajurit Majapahit yang gagah berani. Ciri khas lain dari tarian ini adalah penari akan mengalami trance atau kesurupan yang akan melakukan atraksi-atraksi di luar nalar orang normal bahkan cenderung berbahaya. Misalnya memakan kaca, melahap api, dan sebagainya.

13. Tari Kecak Asal Bali

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 15

Tari Kecak Asal Bali (sumber: Kemenparekraf on KOMPAS.COM)

banner-promo-gramedia

Tari Kecak adalah tarian daerah yang berasal dari Bali yang dimainkan oleh belasan bahkan puluhan penari laki-laki. Tarian ini diambil dari tarian ritual penolak bala yang bernama tari Sanghyang di Bali. Tarian ini tidak diiringi oleh alat musik melainkan lantunan dari penarinya sendiri. Makna dari tari kecak adalah menggambarkan pasukan kera yang membantu Rama yang sedang melawan Rahwana, Raja jin yang jahat.

14. Tari Pendet Asal Bali

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 16

Tari Pendet Asal Bali (sumber: Blogkulo)

Tari Pendet adalah tarian daerah yang berasal dari Bali yang sekarang banyak dipentaskan untuk menyambut tamu atau turis yang datang ke tempat wisata di Bali. Dahulu tarian ini hanya dipentaskan untuk ritual di pura saja. Tarian ini juga dimainkan oleh banyak penari yang menggunakan kemben dan kain berwarna keemasan sambil membawa bokor sebagai tempat bunga. Makna dari tarian ini sebenarnya adalah penyambutan kedatangan Sang Dewata ke bumi.

Z1 SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Seni Budaya Smt 2 K/13 Rev.2017

Z1 SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Seni Budaya Smt 2 K/13 Rev.2017

Beli Buku di Gramedia

Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sebagai penanaman nilai dan budaya bangsa sangat diperlukan di era globalisasi ini. Hal itu karena tantangan yang akan dihadapi generasi muda di masa mendatang akan berat. Buku ini hadir sebagai bahan pembelajaran, khususnya kelas 11, agar memahami berbagai metode dan juga pendekatan pendidikan seni di Indonesia berbasis Kurikulum 2013. Di dalamnya tak hanya mengenai seni budaya tari saja, melainkan seni rupa, musik, dan juga teater.

15. Tari Kancet Ledo atau Tari Gong Asal Kutai Kartanegara

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 17

Tari Kancet Ledo atau Tari Gong Asal Kutai Kartanegara (sumber: Zakarias Demon Daton on KOMPAS.COM)

Tari Kancet Ledo atau Tari Gong adalah tarian daerah yang berasal dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kostum yang dikenakan penari Kancet Ledo sangatlah unik, yakni pakaian adat Dayak Kenyah yang akan menari di atas gong. Makna dari tarian ini adalah keseimbangan dalam hidup yang disimbolkan dengan karakter wanita dayang yang cantik, pandai, dan anggun.

16. Tari Tempurung Asal Sulawesi Utara

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 18

Tari Tempurung Asal Sulawesi Utara (sumber: Inspired2Write)

Tari Tempurung adalah tarian daerah yang berasal dari Sulawesi Utara yang menggunakan kostum pakaian adat Sumut dengan menggunakan atribut tempurung atau batok kelapa. Tempurung tersebut biasanya digunakan oleh masyarakat untuk wadah atau mangkuk. Penari akan memukul-mukul tempurung tersebut dan menghasilkan suara yang khas. Makna dari tarian ini adalah ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil panen buah kelapa mereka.

17. Tari Kipas Pakarena Asal Sulawesi Selatan

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 19

Tari Kipas Pakarena Asal Sulawesi Selatan (sumber: Kemendikbud on KOMPAS.COM)

Tari Kipas Pakarena adalah tarian daerah yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan dengan gerakan yang mencerminkan karakter perempuan Gowa yang patuh, sopan, hormat terhadap laki=laki (suami). Tarian ini memiliki konsep yang unik, yakni penari tidak boleh membuka mata terlalu lebar dan mengangkat kaki terlalu tinggi.

18. Tari Paduppa Bosara Asal Sulawesi Selatan

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 20

Tari Paduppa Bosara Asal Sulawesi Selatan (sumber: Ayokeselayar)

Tari Paduppa Bosara adalah tarian daerah yang berasal dari suku bugis Makassar, Sulawesi Selatan yang menggunakan pakaian adat dan properti tari berupa Bosara yang biasa digunakan untuk menghidangkan makanan. Tarian ini memiliki makna keramahan dan kesopanan yang biasa ditarikan untuk menjamu raja, menyambut tamu agung, dan pesta adat.

Tarian yang merupakan bagian dari sebuh tradisi budaya, seringkali memiliki maknanya sendiri. Begitupula dengan tradisi lain seperti tradisi potong jari, tradisi meletakkan mayat yang dapat kamu pelajari melalui buku 70 Tradisi Unik Suku Bangsa Di Indonesia.

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 21

beli sekarang

19. Tari Gandrung Asal Lombok Nusa Tenggara Barat (NTT)

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 22

Tari Gandrung Asal Lombok Nusa Tenggara Barat (NTT) (sumber: indonesiakaya)

Tari Gandrung adalah tarian daerah yang berasal dari Lombok yang dimainkan oleh penari wanita dengan iringan gamelan. Kostum yang digunakan penari adalah pakaian adat Lombok dengan mahkota dan properti kipas yang dipegang. Tarian ini bermakna untuk menghibur para prajurit dahulu setelah pulang dari medan perang.

20. Tari Caci Asal Nusa Tenggara Timur (NTT)

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 23

Tari Caci Asal Nusa Tenggara Timur (NTT) (sumber: Siagian on kompas.id)

Tari Caci adalah tarian daerah yang berasal dari NTT yang dimainkan oleh penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai. Ciri khas kostum yang digunakan penari adalah layaknya ksatria dengan bersenjata cambuk (pecut) dan perisai (tameng). Tarian ini bermakna sebagai rasa syukur masyarakat atas musim panen atau dalam ritual pembukaan lahan.

12 Wisata Pusaka Budaya Nusantara

12 Wisata Pusaka Budaya Nusantara

Beli Buku di Gramedia
Negara Indonesia tentunya kaya akan budaya Nusantara, termasuk potensi pariwisata pusaka.  Situs pariwisata tentu memiliki keunikan masing-masing, dan menjadi salah satu jejak perjalanan sejarah dan budaya bangsa Indonesia. Buku ini sangat menarik karena memuat 12 wisata pusaka budaya Nusantara. Dengan begitu, kalian para pembaca juga akan mengetahui dan memahami keanekaragaman budaya dan alam Nusantara.

21. Tari Lego Lego Asal Nusa Tenggara Timur (NTT)

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 24

Tari Lego Lego Asal Nusa Tenggara Timur (NTT) (sumber: Negeriku Indonesia)

Tari Lego Lego adalah tarian daerah yang berasal dari Kabupaten Lor, NTT yang biasa dimainkan oleh anak-anak muda. Tarian ini bermakna mengajak masyarakat untuk bersatu membangun kampung dan negeri untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam melakukan tarian ini, penari menggunakan pakaian adat berkain songket khas NTT.

22. Tari Tide Tide Asal Maluku Utara

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 25

Tari Tide Tide Asal Maluku Utara (sumber: wonderful.pulaumorotaikab.go.id)

Tari Tide-tide adalah Tarian daerah yang berasal dari Halmahera Utara, Maluku Utara yang ditarikan oleh pasangan pria dan wanita. Kostum tari yang penari kenakan adalah kombinasi kain putih dan jarik batik khas maluku tanpa alas kaki. Makna dari tarian ini adalah memberi gambaran tentang kehidupan pergaulan antara pria dan wanita di Halmahera di masa lampau.

23. Tari Saureka Reka Asal Maluku

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 26

Tari Saureka Reka Asal Maluku (sumber: May Indonesian)

Tari Saureka Reka adalah Tarian daerah yang berasal dari Maluku yang dimainkan oleh anak muda berjumlah 4 laki-laki dan 4 perempuan. Kostum yang digunakan penari sangat sederhana tetapi menggunakan properti tari yang unik, yakni gaba-gaba, tifa, dan totobuang yang terbuat dari bambu panjang. Makna tarian ini bagi masyarakat maluku adalah bentuk rasa syukur saat musim panen sagu.

24. Tari Selamat Datang Asal Papua Timur

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 27

Tari Selamat Datang Asal Papua Timur (sumber: Negeriku Indonesia)

Tari Selamat Datang Asal Papua Timur ini ditunjukan sebagai rasa hormat dan ungkapan syukur atas kebahagian masyarakat Papua atas kedatangan para tamu. Tarian ini dilakukan secara beramai-ramai menggunakan pakaian adat Papua dengan membawa tombak, panah, dan senjata-senjata lain sebagai identitas mereka.

25. Tari Sajojo Asal Papua

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 28

Tari Sajojo Asal Papua (sumber: Beritapapua.id)

Tari Sajojo adalah tarian daerah yang berasal dari Papua yang diiringi dengan lagu Sajojo. Penari menggunakan pakaian adat Papua dari akar atau daun dan hiasan di badannya. Makna dari tarian ini adalah menceritakan kisah perempuan cantik dari desa. Tarian ini biasanya banyak dipentaskan untuk menyambut tamu atau pesta-pesta masyarakat lainnya.

25 Nama Tarian Daerah dan Asalanya 29Nah, itulah beberapa tarian daerah di Indonesia yang bisa kita kenali dan lestarikan. Rupanya tarian-tarian tersebut tidak hanya sebagai hiburan saja namun ada makna-makna dalam tarian daerah tersebut. Dalam tarian tersebut maka tercermin bagaimana masyarakat dalam berbudaya dan bertahan hidup.

Tarian daerah ini juga dapat memberi kita makna yang bisa dipelajari untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Gimana Grameds, sekarang sudah tertarik ingin belajar tentang seni tari nusantara? Jika Grameds suka dengan tarian tradisional atau ingin memperdalam tentang seni tari atau mengenai pengetahuan budaya lainnya, Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas punya rekomendasi buku dan e-book yang bagus untuk dipelajari. kalian bisa langsung baca dan beli di Gramedia.com dan Gramedia Digital.

Seni Budaya 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII

Seni Budaya 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII

Beli Buku di Gramedia

Buku Seni Budaya berbasis Kurikulum 2013 ini, hadir dan dirancang guna mengasah kompetensi, keterampilan, pengetahuan, dan pembentukan sikap apresiasi terhadap aktivitas dalam sejumlah seni budaya. Meliputi seni tari, rupa, musik, dan teater. Buku ini cocok bagi kalian kelas 8 SMP/MA sebagai bahasa pembelajaran di sekolah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien