Bahasa Inggris

Memahami Penggunaan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Written by Pandu

Memahami Penggunaan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris – Kalimat adalah satuan kebahasaan yang berupa kata atau  sederetan kata yang dapat mengungkapkan suatu arti yang utuh dan dapat berdiri sendiri. Selanjutnya, kalimat juga dapat dipahami sebagai satuan kebahasaan terkecil yang menyatakan isi pikiran yang diungkapkan secara tertulis atau lisan. Ketika diungkapkan secara verbal, kalimat bisa keras atau rendah, suara  naik atau turun, dan  sebagainya.

Bahwa jika dinyatakan secara tertulis, kalimat diucapkan dengan huruf latin, dengan menggunakan huruf kapital dan menggunakan titik di  akhir. Berdasarkan hubungan antara subjek, predikat dan nilai makna, kalimat diklasifikasikan menjadi dua jenis: kalimat aktif dan kalimat pasif.

Fungsi kalimat pasif dalam tata bahasa adalah untuk memahami makna dari sebuah kalimat kalimat agar digunakan dengan tepat dalam sebuah tulisan. Kalimat pasif digunakan dalam bahasa apapun pada setiap tulisan tidak terkecuali dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, kalimat aktif dapat diubah menjadi pasif dengan menukar subjek, kemudian menggunakan kata to be yang sesuai lalu diakhiri dengan kata kerja ketiga. Objek dalam kalimat aktif berubah menjadi subjek dalam kalimat pasif.

Peran kalimat dalam sebuah tulisan sangat berperan penting dilihat dari fungsinya sebagai sebuah pendiri sebuah struktur bahasa yang lebih rinci. Keberadaan kalimat baik aktif maupun pasif juga sangat universal digunakan di seluruh bahasa yang ada di dunia tidak terkecuali pada bahasa inggris. Nah, dari kedua jenis kalimat tersebut baik yang aktif maupun pasif pada pembahasan kali ini kita akan lebih memfokuskan pada contoh kalimat pasif dalam bahasa Inggris tentang apa definisinya? Jenis-Jenis dan contoh penggunaanya yang tepat dalam sebuah tulisan berbahasa Inggris. Berikut adalah pembahasannya.

Definisi Kalimat Pasif

Sebelum kita masuk ke pembahasan pengertian kalimat pasif, terlebih dahulu kita akan membahas tentang pengertian kalimat. Menurut buku Pembentukan Kata-Kata dalam Bahasa Indonesia (Kridalaksana: 1991), kalimat adalah  gagasan yang relatif mandiri yang memiliki intonasi akhir dan terdiri dari beberapa klausa.

Kalimat pasif adalah kalimat dimana subjeknya menerima perlakuan, tindakan, atau memberikan beberapa kata kerja dalam kegiatan atau tindakannya. Dengan arti lain, kalimat pasif menunjukkan bahwa subjek adalah bagian dari tujuan dari suatu tindakan yang dilakukan atau telah dilakukan. Dalam struktur kalimat pasif, subjek menjadi bagian sosok dari suatu tindakan atau kegiatan. Subjek dalam kalimat pasif tidak berada pada posisi subjek, tetapi peran subjek diambil oleh objek.

Kalimat pasif adalah jenis kalimat yang muncul dari proses kalimat aktif yang dipasifkan. Di sisi lain, kalimat pasif adalah jenis kalimat berdasarkan subjek kalimat. Dalam kalimat pasif, subjek adalah subjek dari suatu tindakan. Mengutip dari jurnal pendidikan Kemendikbud, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah formula dasar  passive voice, yaitu  be (was, were, is, am, am) Verb 3 (bentuk ke-3) dari verba).

Kegunaan kalimat pasif dalam bahasa inggris antara lain:

  • Menjelaskan dan mendeskripsikan proses
  • Penekanan isu-isu pada kalimat berita saat ini untuk membuatnya lebih objektif.
  • Memberikan pengantar untuk kegiatan yang lebih formal dan akademik, seperti surat, laporan, esai, dan kuliah.

Meskipun disebut kalimat pasif aktif, ada kalimat pasif yang tidak muncul karena kalimat pasif.

Kalimat pasif adalah kalimat dengan subjek perlakuan atau perbuatan. Dalam bahasa inggris bentuk kalimat ini memiliki predikat dalam bentuk verba yang diawali dengan di- dan ter- pada preposisi. Selain itu, kalimat pasif ditambahkan akhiran -i dan -di -…- kan. Penting untuk dicatat bahwa predikat kalimat pasif dimodifikasi dibandingkan dengan predikat pasif. Kalimat pasif berbeda dengan kalimat aktif. Subjek kalimat aktif akan melakukan sesuatu, dan kata pertama dimulai dengan penambahan ber- atau me-. Contoh kalimat pasif bahasa inggris adalah home page cleaned by goro.

Ciri-Ciri Kalimat Pasif

Dalam bahasa Inggris kalimat pasif biasanya memiliki ciri identik seperti, subjek kalimatnya sebagai penderita, memiliki arti kalimat dari kata kerjanya berawalan di-, ter-, atau ,ter-kan, dan kalimat pasif dalam bahasa Inggris selalu memakai kata kerja bentuk ke-3/past participle. Dilampirkan dengan awalan di-, ter-, dan ter-kan. Prefiks di- biasanya  di awal kalimat  berfungsi sebagai akibat dari penambahan dan penentangan terhadap verba aktif. Berikut adalah beberapa ciri-ciri pada sebuah kalimat pasif yang dapat kita temukan:

  • Kata imbuhan ter-, di-, ter-an, ter- ke-an setelah predikat

Imbuhan pada setiap kalimat pasif menyatakan bahwa subjek dalam kalimat tersebut berperan sebagai pihak dalam karya atau bertindak sebagai korban. Jika afiks di atas berada pada predikat dalam  kalimat, maka kalimat tersebut dimasukkan ke dalam kalimat pasif.

  • Subjek tidak bertindak secara langsung

Jika dalam kalimat aktif, subjek adalah yang langsung bertindak, sebaliknya dalam kalimat pasif. Dalam kalimat ini, subjek berubah menjadi pihak yang melakukan tindakan. Posisi subjek dalam kalimat pasif adalah objek dalam kalimat aktif dan sebaliknya.

  • Ada kata ganti posesif

Kata ganti  orang pertama, kedua, atau ketiga disebut kata ganti orang. Dalam struktur kalimat, kata ganti orang dapat bertindak sebagai subjek atau pelengkap dan sebagai predikat untuk objek. Jika kata ganti orang bergabung dengan predikat dan objek, kita dapat melihat bahwa kalimat tersebut dimasukkan ke dalam kalimat pasif. Juga, bagian objek biasanya ditandai dengan  kata “oleh” dan “dengan”, tetapi itu tidak banyak membantu. Karena ada atau tidaknya partikel tidak mengubah arti dari kalimat pasif.

Rumus kalimat pasif dalam bahasa Inggris

  • Simple present: subjek + to be (is/am/are) + past participle + sisa kalimat
  • Present continuous: subjek + to be (is/am/are being) + past participle + sisa kalimat
  • Simple past: subjek + to be (was/were) + past participle + sisa kalimat
  • Past continuous: subjek + to be (was/were being) + past participle + sisa kalimat
  • Present perfect: subjek + to be (has/have been) + past participle + sisa kalimat
  • Past perfect: subjek + had been + past participle + sisa kalimat
  • Future: subjek + will be + past participle + sisa kalimat
  • Future continuous: subjek + will be being + past participle + sisa kalimat
  • Present conditional: subjek + would be + past participle + sisa kalimat
  • Past conditional: subjek + would have been + past participle + sisa kalimat
  • Infinitive: subjek + must be + past participle + sisa kalimat

Fungsi kalimat pasif dalam bahasa Inggris

Sebuah kalimat pasif atau passive voice digunakan untuk menunjukkan minat pada seseorang atau objek yang melakukan suatu tindakan dan bukan pada orang atau objek yang melakukan tindakan tersebut. Jadi hal atau orang yang paling penting akan menjadi subjek kalimat. Terkadang kita menggunakan kalimat pasif karena kita tidak tahu atau tidak ingin mengatakan siapa yang melakukan tindakan tersebut. Kalimat pasif cukup sering dipakai dalam teks resmi. menggantinya menjadi kalimat aktif akan membuat tulisan tangan Anda lebih jelas dan lebih mudah dibaca. Jika kita ingin memberitahu siapa atau apa yang sedang dilakukan dalam suatu tindakan dalam kalimat pasif, kita menggunakan preposisi by. Ketika kita tahu siapa yang melakukan tindakan dan kita tertarik pada subjek, lebih baik mengubahnya menjadi kalimat aktif.

Peran subjek dan objek dalam Kalimat Pasif

Dalam jurnal Functions of subject in Indonesia Passive Sentences secara sederhana dijelaskan bahwa dalam kalimat pasif, subjek berperan sebagai objek kalimat. Sedangkan dalam kalimat aktif, subjek berperan sebagai pelaku kalimat itu sendiri.

Sementara itu, peran objek dalam kalimat aktif adalah suatu pokok kalimat. Jika diubah menjadi kalimat pasif, maka kehadiran objek menjadi subjek kalimat. Inilah sebabnya mengapa subjek dalam kalimat pasif bertindak seperti pelaku sedang melakukan suatu tindakan.

Aktif : Goro makes a Cappuccino Coffee.

Pasif : A Cappuccino Coffee is made by Goro

Aktif : Maspeb writes a poetry.

Pasif : A poetry is written by Maspeb

Pada kalimat aktif, si subjek yang melakukan pekerjaan atau perbuatan, sedangkan pada kalimat pasif si subjek yang dikenai pekerjaan atau perbuatan.

Pada kalimat pasif yang ditekankan adalah pekerjaannya atau perbuatannya/verbnya, dan tidak terlalu penting siapa atau apa yang melakukan pekerjaan itu. Kita tidak perlu selalu memakai kata “by yang artinya oleh…” dalam kalimat pasif.

Jenis-Jenis Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Komposisi kalimat pasif berbeda dengan kalimat aktif. Menurut pendapat para ahli seperti Kridalaksana (1993) menjelaskan bahwa ada dua jenis kalimat pasif, yaitu subjek adalah kalimat dengan objek atau subjek melakukan kegiatan. Ada juga kalimat pasif tanpa subjek karena bukan subjek utama.

Sementara itu, menurut Sugono (2009), kalimat pasif terdiri dari akhiran di-, kalimat pasifnya dilekatkan dengan kata ditambah aktor, dan kalimat pasifnya memiliki akhiran ter-.

Kalimat pasif berdasarkan predikat dan objeknya dapat diklasifikasikan menjadi empat. Keempat jenis kalimat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kalimat pasif simple present tense

Cara-cara mengganti sebuah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bahasa inggris (Passive Voice) pada kalimat pasif Simple Present Tense adalah Objek dalam kalimat aktif akan menjadi Subjek dalam kalimat pasif. (Subjek menjadi Objek dan sebaliknya). Kata kerja pertama (Verb 1) yang biasa kita gunakan pada kalimat dalam bentuk aktif berubah menjadi to be (am/is/are) + Verb 3 ( Verb 1 menjadi to be (is, am, are) + Verb 3).

  • My father drinks alcohol at the party. (aktif)
  • An alcohol is drinks by my father at the party. (pasif)
  • Ratna get a new haircut (aktif)
  • A new haircut get by Ratna (pasif)
  • Kalimat Pasif Simple Past Tense

Kiat-kiat mengganti kalimat aktif menjadi kalimat pasif (Passive Voice) pada Simple Past Tense Objek dalam kalimat aktif akan menjadi Subjek dalam kalimat pasif. (Subjek menjadi Objek dan sebaliknya). Kata kerja kedua (Verb 2) yang biasa kita gunakan pada kalimat dalam bentuk aktif berubah menjadi to be (was/were) + Verb 3 ( Verb 2 menjadi to be (was, were) + Verb 3).

Contoh kalimat:

  • Mother driving car yesterday / Car was driven by mother yesterday.
  • Dani washed his face all day./ The Face was washed by Dani all day.
  • Kalimat Pasif Simple Future Tense

Petunjuk-petunjuk untuk mengganti kalimat aktif menjadi kalimat pasif (Passive Voice) pada Simple Future Tense. Objek dalam kalimat aktif akan menjadi Subjek dalam kalimat pasif. (Subjek menjadi Objek dan sebaliknya). Modal verb (will) dan kata kerja pertama (Verb 1) yang biasa kita gunakan pada kalimat dalam bentuk aktif, berubah menjadi modal verb (will) kemudian diikuti to be (am/is/are) + Verb 3 ( Will + Verb 1 menjadi Will + be + Verb 3).

Contoh kalimat:

  • I will give you a gift from Thailand next week. / You will be given a gift from Thailand next week.
  • Danzo will buy some meat at the grocery. / A meat will be bought by Danzo at the grocery..

Perbedaan Mendasar Pada Kalimat Pasif dan Aktif

Kalimat aktif dan  pasif dalam bahasa pada dasarnya tidak memiliki banyak perbedaan mencolok dalam penggunaannya. Namun, penggunaan dengan frasa pengiring lainnya inilah yang membedakan kedua frasa ini dalam bahasa Indonesia,  Inggris, dan lain-lain. Misalnya, penggunaan kalimat aktif dan  pasif dalam bahasa Inggris harus mengikuti bentuk struktur tata bahasa Inggris yang agak rumit.

Kedua bentuk tersebut harus mengikuti aturan seperti  present simple, past simple, past continuous, past continuous, dll. Secara umum, kalimat aktif dan  pasif memiliki 3 perbedaan  mendasar dalam struktur kalimat. Ketiga perbedaan tersebut adalah:

  • Subjek dalam kalimat aktif merupakan pelaku yang melakukan suatu tindakan, sedangkan subjek dalam kalimat pasif merupakan pihak yang dikenai suatu tindakan.
  • Predikat pada kalimat aktif biasanya memiliki imbuhan ber- atau me, sementara pada kalimat pasif berupa ter-, di-, ter- an, ter- ke- an.
  • Kalimat aktif biasanya tidak menggunakan frasa oleh atau dengan, tidak sama dengan kalimat pasif yang biasanya memerlukan frasa oleh atau dengan.

Contoh Kalimat Pasif

Selain contoh kalimat yang telah dipaparkan di atas, berikut beberapa contoh kalimat pasif lainnya untuk menambah pemahamanmu:

  • Kalimat Pasif Present Tense

Tense ini memiliki rumus: S + is/am/are + V3. Contoh kalimat:

  • He is smarter by all his competitors.
  • Diabetes is considered the most common cause of death in the world.
  • I am thrown to the pool last night.
  • Kalimat Pasif Simple Past Tense

Tense ini memiliki rumus: S + was/were + v3. Contoh kalimat:

  • She was already go to  the party.
  • We still were young on campus.
  1. Kalimat Pasif Simple Future Tense

Tense ini memiliki rumus: S + will be + v3. Contoh kalimat:

  • It will be made into a nice suits.
  • The meat will be eaten by dogs.
  • My soulmate will be placed in another metaverse.

Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai pengertian kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Pembahasan kali ini tidak hanya membahas definisi dari kalimat pasif dalam bahasa Inggris saja tapi juga membahas penggunaan kalimat pasif yang tepat, ciri-ciri, rumusnya dan jenis-jenis kalimat pasif, dan contoh kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Memahami penggunaan kalimat pasif dalam bahasa Inggris yang benar sangat membantu kita dalam memahami struktur kebahasaan bahasa Inggris itu sendiri dalam pembelajaran bahasa yang membantu kita lebih mudah memahami dan mengerti dengan baik fungsi dan penggunaan kalimat pasif yang tepat.

Demikian ulasan mengenai contoh kalimat pasif dalam bahasa Inggris Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang pengertian kalimat pasif dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pandu Akram

Artikel Terkait:

Memahami Pengertian Kalimat Majemuk, Mulai dari Jenis-jenis sekaligus Contohnya

Syarat Kalimat Efektif Lengkap Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

Kalimat Sumbang: Pengertian, Ciri, Cara Menentukan, dan Contohnya

Kamus Bahasa Inggris Paling Populer untuk Belajar Bahasa Inggris

10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien