Bahasa Inggris

Pengertian, Contoh, & Struktur Review Text

Pengertian, Contoh, & Struktur Review Text 1
Written by Tasya Talitha

Review text adalah sebuah tulisan yang berisikan mengenai evaluasi atau tinjauan dari suatu publikasi. Publikasi ini bisa berbentuk buku, film, musik, video, dan lainnya. Dalam tulisan ini tentu saja berisi mengenai opini dari penulisnya yang bersifat subjektif.

Pengertian Review Text

Berbeda dengan hortatory exposition, review text merupakan jenis teks bahasa Inggris yang digunakan dalam menilai suatu karya. Review text biasanya digunakan untuk meninjau atau mendalami suatu karya, seperti film, komik atau bahkan anime.

Review text juga merupakan sebuah tulisan yang berisikan mengenai evaluasi atau tinjauan dari suatu publikasi. Publikasi ini bisa berbentuk buku, film, musik, video, dan lainnya. Dalam tulisan ini tentu saja berisi mengenai opini dari penulisnya yang bersifat subjektif.

Biasanya dalam ulasan akan ditulis kelebihan atau kekurangan dari sesuatu yang dinilai tersebut. Tujuan dari review text diantaranya mengkritik atau memberikan evaluasi kepada sebuah artwork sebagai informasi bagi khalayak umum. Tujuannya Teks ulasan dimanfaatkan guna mengevaluasi, meninjau, mengkritik peristiwa maupun karya seni untuk pendengar maupun pembaca (untuk khalayak umum).

Mengetahui sekaligus menginformasikan kualitas, kelebihan, dan juga kekurangan yang ada pada suatu karya. Selain untuk menyampaikan opini dari sisi penulis, tujuan ulasan yang dipublikasikan adalah untuk memberikan informasi kepada audiens.

Hal ini sangat bermanfaat bagi ketiga pihak: penulis, khalayak, dan pemilik publikasi. Mengapa demikian? Pertama, secara tidak langsung penulis memberikan ulasan secara gratis dan bisa mempromosikan publikasi yang dibuat oleh creator. Namun, jika ulasan berbentuk negatif bisa saja bisa berdampak buruk terhadap publikasi yang diulas.

Kedua, keingintahuan audiens terhadap informasi baru akan terpenuhi. Biasanya kita akan mencari ulasan terlebih dahulu sebelum menikmati sebuah publikasi. Misalnya sebelum menonton film, kita akan mencari ulasan-ulasan terlebih dahulu apakah penilaiannya bagus atau tidak.

Ketiga, dari pihak creator akan memberikan manfaat yang besar seperti promosi tak langsung. Walaupun jika ada ulasan buruk, mungkin akan sedikit berdampak pada publikasi yang mereka buat.

Namun, mereka bisa melihat langsung melihat kekurangannya dan bisa dijadikan input. Bahkan untuk beberapa hal seperti ulasan makanan dari sebuah restoran, mereka bisa langsung berbenah diri jika ada ulasan yang tidak menyenangkan. Juga, bisa berusaha memenuhi ekspektasi dari para audiens.

Hal-hal yang diulas bisa bermacam-macam, contohnya produk dari suatu brand, film, musik, drama, buku, dan lain-lain. Tujuan dari teks ini menurut BBC Bitesize ialah “to offer an honest critique of the object under review, and to make a recommendation to your audience”.

Artinya ialah untuk memberikan kritik yang jujur terhadap objek yang sedang ditinjau, dan untuk membuat rekomendasi kepada audiens atau pembaca. Maka biasanya di akhir teks kita bisa melihat apakah si penulis merekomendasikan produk atau karya tersebut kepada pembacanya atau tidak.

Cepat Jago Bahasa Inggris

Cepat Jago Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia

Buku ini sangat cocok sebagai materi pendamping pembelajaran di sekolah, perkuliahan, bahkan “kursus” bahasa Inggris secara mandiri. Selain itu, buku ini adalah beberapa bonus e-book yang dapat kita akses melalui gadget. Isinya tentu saja sangat bermanfaat dalam menunjang proses latihan dan pembelajaran berbahasa Inggris.

Jadi, buku ini bukan saja komplet, melainkan juga memberi kemudahan kepada kita untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris di manapun dan kapan pun. Selamat berlatih!

banner-promo-gramedia

Contoh Kalimat Review Text

Contoh Review Text Lagu “A. Love You Like a Love Song”

“Love You Like a Love Song” by Selena Gomez

“Love You Like a Love Song” is a single from one of Disney’s shining stars, Selena Gomez. The young people who love this young singer/actress will like this song. Gomez isn’t known for having a super-strong voice or the most original arrangements, but she deserves props for this song, which mercifully tones down the standard synth-pop noise and kicks the vocal performance up a notch. The end result sounds a bit more creative and mature than the rest of the bubblegum-pop pack.

Selena’s music is always great, and her voice sounds great especially in the bridge. In the past century, people seem to believe that a love song for pop has to be acoustic with guitars, and love songs for Rap/Hip-Hop have to sound the same.

This doesn’t seem to bother Rihanna, Lady GaGa, and now Selena Gomez. To be honest in the past century “Love You Like A Love Song” has been the most original love song in years. Monotone was perfectly done here, and the Autotune was well layered. Autotune is not just robotic, Beyonce and Rihanna use it too. Must be an original love song and just a song in years. It’s about loving someone like a love song. It’s gonna use love song cliches.

Terjemahan:

“Love You Like a Love Song” oleh Selena Gomez

“Love You Like a Love Song” merupakan single dari salah satu bintang bersinar Disney, yang bernama Selena Gomez. Anak – anak muda yang suka akan penyanyi atau aktris muda satu ini pastinya akan suka dengan lagu ini.

Gomez tidak dikenal mempunyai suara yang kuat maupun pengaturan yang khas, tetapi ia pantas menjadi media untuk memamerkan lagu ini, yang dengan penuh kasih nada menonaktifkan suara synth-pop standar serta menendang kinerja vokal hingga takik.

Hasil akhir dari lagu ini juga terdengar sedikit lebih kreatif serta matang daripada jenis bubblegum-pop lainnya. Musik Selena selalu bagus, dengan suara khas yang terdengar hebat. Pada waktu sekarang ini orang nampak yakin jika lagu cinta untuk pop harus akustik dengan gitar, serta lagu cinta untuk Rap/ Hip-Hop harus terdengar sama.

Namun hal ini sepertinya tidak dipedulikan oleh Rihanna, Lady GaGa, dan Selena Gomez. Sebetulnya lagu “Love You Like A Love Song” sudah menjadi lagu cinta paling khas selama bertahun – tahun. Mono tune sempurna dilakukan ada lagu ini, serta autotune nya juga bagus dan berlapis, autotune tak hanya seperti robot ala Beyonce serta Rihanna yang menerapkannya. Harus lagu cinta yang alami serta nyanyikan lagu hanya dalam beberapa tahun. Lagu ini bercerita mengenai mencintai seseorang seperti lagu cinta yang akan memakai lagu cinta yang klise.

Fun English - Text Explorer

Fun English – Text Explorer

Beli Buku di Gramedia
Buku Fun English-Text Explorer ini memberikan gambaran yang jelas terhadap jenis teks, maka buku ini dilengkapi dengan tujuan dan fungsi dari teks, struktur serta unsur kebahasaan yang ada di dalamnya. Sengaja dikemas dengan bahasa yang ringan dan sederhana. Sehingga pemahaman terhadap beberapa jenis teks bacaan yang seringkali dimunculkan sebagai bahan ujian akan lebih mudah untuk dipahami.

Struktur Review Text

Struktur Kebahasaan Review Text diantaranya Memakai present tense. Memakai Adjectives seperti bad, good, valuable, dan yang lainnya. Memakai long and complex clauses Memakai gaya metafora di dalam review.

1. Introduction 

Paragraf pertama dalam sebuah ulasan wajib menyisipkan perkenalan yang biasanya terdiri dari nama produk, sejarah, kegunaan, latar belakang, atau gambaran umum mengenai produknya. Hal ini berfungsi untuk memberikan gambaran yang besar atau informasi yang jelas kepada para pembaca sebelum mereka masuk ke paragraf yang lebih mendalam. Berikan informasi yang jelas dan sekiranya dibutuhkan oleh para pembaca agar mereka merasa kenal dengan produknya.

2. Evaluation 

Pada bagian ini penulis diharuskan untuk memberikan penilaiannya terhadap produk tersebut. Evaluasi ini juga bisa berisikan mengenai keunikan atau kualitas dari produk atau publikasi.

Penulis juga harus bisa memberikan gambaran yang lebih rinci dibandingkan dengan bagian introduction di atas. Interpretative Recount Bagian ini penulis menyampaikan berbagai pandangan dari suatu karya atau produk yang diulas.

Jika penulis menulis ulasan untuk sebuah buku atau film, penulis bisa menuliskan mengenai karakter-karakter, plot, dan lain sebagainya yang ada di dalam karya-karya tersebut. Penulis juga boleh memberikan komparasi terhadap karya lainnya sebagai perbandingan seperti pro dan kontra atau rekomendasi untuk pembaca.

3. Evaluative Summation 

Di bagian terakhir, penulis memberikan summary atau kesimpulan dari publikasi yang diulas. Ini adalah opini terakhir dari penulis terhadap sebuah karya. Penulis bisa memasukkan punchline dari produk sebagai kritikan atau masukan terhadap karya tersebut.

Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris

Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia
Buku ini berisi latihan percakapan bahasa Inggris dalam berbagai situasi dan kondisi yang kita temui dalam hidup bermasyarakat. Percakapan ditulis dalam dwibahasa, Indonesia—Inggris, sehingga memudahkan kita untuk berlatih dan memahaminya.

banner-promo-gramedia

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan daftar referensi kosakata yang disusun sesuai abjad. Buku ini adalah solusi bagi Anda yang tidak punya waktu banyak untuk mempelajari percakapan bahasa Inggris dalam waktu singkat.

Latihan Soal Review Text

The following text is for questions 1 to 3.

Reading the three plots of Marry Higgins Clark in All Through the Night concern a stolen gold ornamental cup, a missing baby, and a will that seems to be deceitful. To solve the mystery, she revives her beloved characters; Alvirah, the former cleaning woman; and Willy Meehan, the plumber who won the lottery.

They left their life in Jackson Heights, Queens, for an apartment in Central Park. The two have fun along the way solving the puzzle. The pace is swift and the story is pure escape – totally fun Mary Higgins Clark. I admit, however, that l am still trying to know what the melody of the song “All Through the Night” sounds like.

This holiday season, put aside your chores and curl up on the couch with All Through the Night. When you close it you will be relaxed and more ready to enjoy the festivities. And then you might just want to tuck a copy into someone’s stocking or gift bag, as well.

1. What is the writer’s suggestion for the holiday season?
A. Left your life for an apartment in Central Park.
B. Put aside your chores and read the novel.
C. Tuck a stocking into someone’s gift bag.
D. Stole a gold ornament and he deceitful.
E. Have fun and solve some puzzles.

2. What intrigues the writer about All Through the Night?
A. lt made her curl up on the couch all day.
B. It made her ready for any festivities during the holiday.
C. She didn”t know the melody of the song in the book.
D. She wanted to escape every time she read the book.
E. She closed it and relaxed.

3. In the first paragraph, the reviewer…
A. introduces the Mary Higgins Clark
B. analyzes the three plots in the story
C. mainly discusses about Alvirah
D. is solving all of the mystery
E. summarizes the characters

Essential Grammar And Reading Strategy For TOEFL Test

Essential Grammar And Reading Strategy For TOEFL Test

Beli Buku di Gramedia
Buku ini memberikan latihan, sampai sejauh mana penguasaan bahasa Inggris kalian, yang mencakup kemampuan: Structure and Written Expression (Struktur dan Ungkapan secara tertulis berkaitan dengan English Grammar atau Tata Bahasa Inggris) dan Reading Comprehension (Pemahaman Bacaan).

Dengan memahami apa itu TOEFL, teori singkat materi TOEFL serta tipe soal TOEFL dan juga strategi menghadapi soal TOEFL, kalian diharapkan dapat mengerjakan semua soal TOEFL dengan mudah. Hasilnya, kalian dapat memperoleh skor TOEFL tinggi seiring dengan frekuensi kalian berlatih TOEFL. Selamat belajar!

Read the following text to answer questions number 4 to 8.

CAPTAIN PHILLIPS

Captain Phillips is an upcoming 2013 American biographical action thriller film directed by Paul Greengrass based upon the book, A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea, by Richard Phillips with Stephan Tatty, and starring Tom Hanks. It is produced by Scott Rudin, Dana Brunetti, and Michael De Luca.

banner-promo-gramedia

The film tells a biopic of merchant mariner Captain Richard Phillips, who was taken hostage for several days by Somali Pirates when the container ship Maersk Alabama which sailed from southern Oman sank along the coast of Somalia and then to Kenya was hijacked in 2009. Captain Richard Phillips (Tom Hanks), a veteran merchant mariner, still lives in his native New England, and he’s a plain-spoken family man full of anxiety about the economically bleak new world his kids are facing.

When his wife (Catherine Keener) drops him off at the airport, we can see her reverse. The film then cuts to Somalia, a land of dust and poverty, where the pirates are recruited for their mission as if they were migrant farmworkers lining up to be chosen for that day’s labor.

Greengrass doesn’t have to fill in much about the violent, chaotic breakdown of Somalia to let us know that these men have little choice. The film does not generate quite the same level of excruciating suspense as some of Greengrass’ previous triumphs, but it nonetheless holds us, hostage, as it proceeds. As for the four Somali immigrants, they are remarkably effective in their first professional acting gigs.

4. What is the communicative purpose of the text above?
A. To criticize about film Captain Phillips
B. To entertain about film Captain Phillips
C. To give information about the film Captain Phillips
D. To describe film Captain Phillips
E. To explain about film Captain Phillips Answer

5. The text is a review of a ….
A. Song
B. Book
C. Novel
D. Painting
E. Movie Answer

6. According to the text, Captain Phillips ….
A. Traveled from Somalia to Kenya to find a ship
B. Hijacked a container ship
C. Hijacked many ships in Somalia
D. Was a hostage by Somalia’s pirates
E. Was a sailor in Southern Oman Answer

7. From paragraph two, we can see that Captain Phillips was …. about his kids.
A. Pleased
B. Happy
C. Doubt
D. Worried
E. Afraid Answer

8. “level of excruciating suspense as some…” (paragraph 3) synonym of the underlined word is…
A. Certainty
B. Tension
C. Rejoice
D. Peace
E. Attractive Answer

Kunci Jawaban Review Text

  1. Kunci Jawaban No.1 adalah B. Put aside your chores and read the novel.
  2. Kunci Jawaban No.2 adalah C. She didn”t know the melody of the song in the book.
  3. Kunci Jawaban No.3 adalah B. analyzes the three plots in the story
  4. Kunci Jawaban No.4 adalah A. To criticise about film Captain Phillips
  5. Kunci Jawaban No.5 adalah E. Movie
  6. Kunci Jawaban No.6 adalah D. Was a hostage by Somalia’s pirates
  7. Kunci Jawaban No.7 adalah D. Worried
  8. Kunci Jawaban No.8 adalah B. Tension
Mastering Academic Writing

Mastering Academic Writing

Beli Buku di Gramedia
Buku ini merupakan salah satu referensi utama bagi kalangan akademisi. Pembahasannya meliputi jenis-jenis esai bahasa Inggris beserta contohnya, teknik mengutip referensi dan menulis daftar pustaka, serta ragam kosakata yang lazim digunakan dalam teks akademik.

Kalian juga diingatkan untuk memperhatikan hal-hal sederhana, seperti cara menyusun kalimat, membuat kerangka karangan, dan menulis rangkuman/ringkasan. Lebih istimewa lagi, buku ini dilengkapi latihan soal dan writing checklist untuk menguji pemahaman kalian.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien