Bahasa Inggris

10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris

10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris 1
Written by Farah Fadila

Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris~ kamu sering tidak merasa bingung bagaimana sih cara memperkenalkan diri (introduction) menggunakan Bahasa Inggris? 

Sama halnya dengan perkenalan yang biasa kita lakukan, introduction ini sebenarnya tidak sulit lho~

Perkenalan atau introduction menjadi langkah tepat untuk membuka suatu percakapan dengan orang lain. 

Tips Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

1. Gunakan salam dan sapaan

Sama halnya dengan perkenalan biasa dalam Bahasa Indonesia, introduction juga membutuhkan salam dan sapaan kepada lawan bicara. Contoh!

  • Hello! 
  • Hi!
  • Good morning, All! (Selamat pagi, semua!)
  • Hi everyone. Good evening! (Halo semua! Selamat sore!)
  • Hi everybody! (Halo semua!)

2. Katakan Maksud (Percakapan)

  • I would like to introduce myself… (Saya ingin memperkenalkan diri saya…)
  • Let me introduce myself… (Izinkan saya memperkenalkan diri saya…)
  • I’m right here to introduce myself… (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya…)

3. Mulai dengan Memperkenalkan Identitas

Identitas dalam sebuah perkenalan biasanya berisi tentang nama, alamat tempat tinggal, hingga hobi atau kesukaan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa di dalam sebuah perkenalan juga terdapat ujaran yang menyatakan anggota keluarga.

Untuk menyatakan nama:

  • You can call me…. (Kamu bisa memanggilku…)
  • I’m…. (Saya….)
  • My name is… (Namaku adalah….)
  • Just call me… (Panggil saja aku….)
  • My fullname is…. (Nama lengkapku adalah….)

Untuk menyatakan alamat tempat tinggal:

  • I live in…. (Aku tinggal di…)
  • My adress is… (Alamatku berada di….)
  • I come from…. (Saya datang dari….)
  • I was born in…. (Saya lahir di….)

Untuk menyatakan kesukaan atau hobi:

  • My favorite drink is lemon tea
  • I like tennis ball
  • I like Super Junior!
  • My favorite color is purple
  • I like watch a Thailand Series

Untuk menyatakan anggota keluarga

  • I have two sisters
  • My grandparents have three sons
  • My brother name is Zico

4. Kalimat Penutup berupa Rasa Terima Kasih

  • Nice to meet you! (Senang bertemu denganmu)
  • Glad to see you (Senang bertemu denganmu)
  • This is the end of my self-introduction (Inilah akhir dari perkenalan saya)
  • Thank you for your attention (Terima kasih atas perhatian Anda)

10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris 2

Beli Buku di Gramedia

10 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris 

1. Perkenalan Diri Mengenai Profil Diri Sendiri

Good morning, all!

My name is Eric Nam. I was born in Surabaya, November 17th 1988, but now I live in Semarang. I have two brothers who are still in elementary school. They are Jacob and Kevin. My father works as an Indonesian teacher and my mother works as a civil servant.

I can play the guitar and sometimes I create my own song. I have a dream to be a good singer. Hopefully, my dream to be a good singer can come true.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semua!

Nama saya adalah Eric Nam. Saya lahir di Surabaya pada 17 November 1988, tetapi sekarang saya tinggal di Semarang. Saya mempunyai dua saudara laki-laki yang masih bersekolah di sekolah dasar. Mereka bernama Jacob dan Kevin. Ayah saya bekerja sebagai seorang guru Bahasa Indonesia dan ibu saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Saya bisa memainkan gitar dan terkadang saya membuat lagu sendiri. Saya punya mimpi untuk menjadi seorang penyanyi. Semoga, mimpi saya untuk menjadi penyanyi dapat tercapai.

banner-promo-gramedia

2. Perkenalan Diri Singkat Sebagai Mahasiswa

Good morning, ladies and gentlemen.

Let me introduce myself. My name is Song Mino and I’m from Bekasi. I’m a college student at Diponegoro University. Now, I study at the English Department. 

Since high school, I have liked English subject so here I am. Usually I spend my time reading a book novel or singing a song. About my dream, I want to be a book editor. 

Okay, I think that was enough for my introduction. Nice to meet you all!

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semua!

Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Song Mino and saya berasal dari Bekasi. Saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Diponegoro. Saat ini, saya berkuliah di jurusan Bahasa Inggris.

Sejak SMA, saya menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris, sehingga disinilah saya sekarang. Biasanya, saya menghabiskan waktu dengan membaca sebuah buku novel atau menyanyikan sebuah lagu. Mimpi saya yakni ingin menjadi seorang penulis. 

Baik, saya pikir perkenalan mengenai diri saya sudah cukup. Senang bertemu dengan kalian semua!

3. Perkenalan Diri Sebagai Siswa

Hello, my friends!

Let me tell you about myself. My name is Tian Lazuardi. I was born in Kupang on January 9, 2010. Now I’m 11 years old. My hobbies are drawing and reading comics. I have one sister and one brother. They are so cute! 

Ok, that’s all I can say about myself. Thank you!

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Halo, teman-temanku!

Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya adalah Tian Lazuardi. Saya lahir di Kupang pada 9 Januari 2010. Sekarang, usia saya 11 tahun. Hobi saya menggambar dan bermain piano. Saya punya satu saudara perempuan dan satu saudara laki-laki. Mereka sangat lucu!

Ok, itu yang bisa saya perkenalkan mengenai diri saya. Terima kasih!

4. Perkenalan Diri Sebagai Tetangga Baru

Hello, Mr. Neo!

Please let me introduce myself. I’m Drake. I live next to your house. I’m a son of Mr. James. I just got home from college so I didn’t get to introduce myself when I first moved in. It’s a pleasure to meet you!

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Halo, Tuan Neo!

banner-promo-gramedia

Perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Saya Drake. Saya tinggal di sebelah rumah Anda. Saya anak dari Tuan James. Saya baru saja pulang dari kuliah sehingga tidak bisa ikut memperkenalkan diri saat pertama pindah. Senang bertemu dengan Anda!

10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris 3

Beli Buku di Gramedia

5. Perkenalan Diri Mengenai Hobi

Hello, everyone!

Let me tell you about me! My name is Luna Oktaviani. I was born in Malang, on December 12th 2004. I am 17 years old. I live in Bandungan, Central Java. Now, I am a student in SMA Negeri 1 Ambarawa. 

I like K-Pop and K-Drama. I like to spend my time watching K-Dramas because they have a good plot. My first K-Drama was Boys Before Flower. About my dream, I really want to attend in ENHYPEN’s concert. 

Well, I think that was enough information about me. Thank you, all!

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Halo, semuanya!

Perkenankan saya menceritakan tentang diri saya! Nama saya Luna Oktaviani. Saya lahir di Malang, pada 12 Desember 1999. Saya (sekarang) berusia 22 tahun. Saya tinggal di Bandungan, Jawa Tengah. Sekarang, saya adalah seorang murid di SMA Negeri 1 Ambarawa.

Saya menyukai K-Pop dan K-Drama. Saya sering menghabiskan waktu dengan menonton K-Drama karena plot ceritanya sangat bagus. K-Drama pertama yang saya tonton adalah Boys Before Flower. Mengenai mimpi saya, saya sangat ingin datang ke konser ENHYPEN.

Baik, saya pikir itu cukup mengenai perkenalan diri saya. Terima kasih, semua!

6. Perkenalan Diri Mengenai Kesibukan Saat Ini

Good afternoon, people!

Please allow me to introduce myself. My name is Vernon Chwe. I am 22 years old. My parents live in Denpasar, but I am in Tangerang. I work as an Indonesian Teacher in Ruangguru.

banner-promo-gramedia

Right now, I am creating a tutorial video for Bahasa Indonesia subject material. The viewers of my tutorial video usually are high school students. If you want to watch and learn with my tutorial video, you can find me in application of Ruangguru.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Selamat sore, semua!

Izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya. Nama saya adalah Vernon Chwe. Saya berusia 22 tahun. Orang tua saya tinggal di Denpasar, tapi saya berada di Tangerang. Saya bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di Ruangguru.

Saat ini, saya menciptakan video pembelajaran untuk materi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Para penonton video pembelajaran tersebut adalah siswa kelas menengah. Jika kamu ingin menonton dan belajaran menggunakan video pembelajaranku, kamu dapat menemukannya di aplikasi Ruangguru. 

7. Perkenalan Diri Sebagai Karyawan Baru

Good morning, everyone!

I would like to tell you about myself. My name is Rocky Pradana. I am a new employee here. Previously, I was worked in Axe Publisher, Yogyakarta, as an editor. I will do my best for this company, so this company will get higher profits. 

Well, that was my introduction. I hope we can work together as a good team. 

Thank you. 

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semuanya!

Saya akan menceritakan kepadamu mengenai diri saya. Nama saya Rocky Pradana. Saya adalah seorang pegawai baru di sini. Sebelumnya, saya bekerja di Penerbit Axe, Yogyakarta, sebagai seorang editor. Saya akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan ini, supaya perusahaan ini akan dapat profit yang lebih tinggi.

Baik, itulah perkenalan saya. Saya harap kita dapat bekerja sebagai tim yang baik.

Terima kasih.

8. Perkenalan Diri dengan Ajakan kepada Lawan Bicara

Good morning~

Let me introduce myself. My name is Indah Rachmaningrum, so you can call me Indah. I’m from Panjang and i came to this city because I wanna study in Airlangga University. 

I live in Citra Garden. I don’t have any sister with me, so I live alone. I have many hobbies, one of them is fangirling. Yes, I really like K-Pop. How about you? If you also like fangirling, I hope we can attend the concert together, someday.

I think that was enough for my introduction. Nice to meet you!

Thank you

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Selamat pagi!

Izinkan saya memperkenalkan diri saya. Nama saya Indah Rachmaningrum, kamu dapat memanggil saya Indah. Saya berasal dari Panjang dan saya datang ke kota ini karena saya hendak berkuliah di Universitas Airlangga.

Saya tinggal di Citra Garden. Saya tidak punya saudara siapa pun, jadi saya hidup sendiri. Saya punya banyak hobi, salah satunya adalah  fangirling. Ya, saya menyukai K-Pop. Bagaimana denganmu? Jika kamu juga suka fangirling, saya harap kita bisa menghadiri konser, suatu saat.

Saya pikir itu cukup untuk perkenalannya. Senang bertemu denganmu!

Terima kasih.

9. Perkenalan Diri Secara Singkat

Hey, everyone!

FIrst, let me introduce myself! My name is Mela Dipa, you can call me Mela. I was born in Salatiga on July 20th 1999. I used to live in Ambarawa, but now I live in Semarang because I continue my study in Dian Nuswantoro University. 

Ok, i think that was enough for the introduction. Thank you for your attention.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hai semua!

Pertama-tama, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Mela Dipa, kamu dapat memanggil saya Mela. Saya lahir di Salatiga pada 20 Juli 1999. Saya pernah tinggal di Ambarawa, tetapi sekarang saya tinggal di Semarang karena saya melanjutkan sekolah di Universitas Dian Nuswantoro.

Ok, saya pikir itu cukup untuk perkenalannya. Terima kasih atas perhatiannya.

10. Perkenalan Diri Singkat Untuk Wawancara

Good morning!

My name is Calvin Antares. I am 22 years old. I’m a fresh graduate. I’ve done my bachelor’s degree in English Literature from Diponegoro University. I applied for this job as administration staff because I believe that I’m proper for this job. 

I have some certificates about Microsoft Excel, Microsoft Word, SPSS, and others. I also have good communication skills and I’m fluent in English, Indonesian, and Chinese.

Thank you for your attention.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Selamat pagi!

Nama saya Calvin Antares. Saya berusia 22 tahun. Saya merupakan lulusan baru. Saya telah menyelesaikan program sarjana Sastra Inggris dari Universitas Diponegoro. Saya melamar untuk pekerjaan ini sebagai staf administrasi karena saya percaya bahwa saya layak untuk pekerjaan ini. 

Saya mempunyai beberapa sertifikat mengenai Microsoft Excel, Microsoft Word, ya SPSS, dan lain-lain. Saya juga mampu berkomunikasi dengan baik dan fasih dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Mandarin. 

Terima kasih atas perhatiannya.

10 Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris 4

Beli Buku di GramediaBaca Juga: 

Editor: Farah Fadila

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien