Bahasa Inggris

Pengertian Discussion Text & Contoh Discussion Text

Written by Tasya Talitha

Pengertian Discussion Text & Contoh Discussion Text – Artikel ini akan membahas mengenai Discussion Text, mulai dari pengertian, contoh kalimat, rumus, hingga latihan soal beserta kunci jawabannya. Berikut pembahasannya.

Pengertian Discussion Text

Discussion text adalah sebuah teks yang menyajikan suatu topik permasalahan yang kemudian didiskusikan dalam berbagai sudut pandang. Discussion text sendiri membahas suatu hal yang berisikan pandangan professional dan kontra terhadap suatu hal tersebut. Topik yang dibahas dalam discussion text sendiri biasanya adalah isu-isu kontroversial yang terjadi di masyarakat.

Tujuan Dari discussion text di antaranya memberikan informasi baru kepada pembaca terkait suatu isu. Informasi ini juga berupa sudut pandang baru, sehingga pembaca dapat melihat suatu isu dari sudut pandang berbeda. Masih banyak yang keliru dengan perbedaan Discussion Text dan Persuasive Text. Hal ini dikarenakan struktur keduanya sangat mirip.

Walau demikian, keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sangat berbeda. Pada persuasive text biasanya bersifat persuasif atau membujuk. Tujuannya adalah membujuk pembaca untuk setuju dengan opini penulis dan condong ke suatu pihak. Sementara discussion text biasanya bersifat logis dan objektif. Si penulis tak mengajak pembaca untuk condong ke salah satu pihak.

Tujuannya hanya memberikan informasi dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Karena discussion text bersifat objektif, maka penulis tidak boleh berat sebelah dan harus senetral mungkin. Dalam pembuatan teks diskusi sendiri terdapat beberapa unsur kebahasaan. Berikut ini beberapa ciri dari discussion text yang perlu kamu ketahui:

  • Menggunakan straightforward tense
  • Menggunakan moda seperti (should, must, may, would, etc).
  • Menggunakan contrastive, additive, serta casual association atau kata penghubung sebagai pembeda (similar, furthemore, however, moreover, on the opposite hand, but, additionally, all the same, etc).
  • Menggunakan hanya sumber terpercaya di dalam suatu teks diskusi.
100 Language Function for Fluent English, Mahir Percakapan Bahasa Inggris

100 Language Function for Fluent English, Mahir Percakapan Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia
Merasa berbahasa Inggris kalian masih minim? Atau sering merasa kesulitan dalam belajar bahasa Inggris? Padahal sudah belajar bahasa Inggris sejak SD, bahkan hingga di Perguruan Tinggi. Buku berjudul 100 Language Functions for Fluent English dirancang bagi siapapun yang ingin meningkatkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris secara aktif dalam komunikasi sehari-hari.

Dengan berisikan 100 ungkapan yang relate dalam percakapan sehari-hari, tentunya buku ini akan membantu kalian dalam melakukan komunikasi dengan teman ataupun keluarga menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, yuk, beli!

Contoh Kalimat Discussion Text

Tujuan dari Discussion Text sendiri adalah mengetengahkan suatu masalah dari dua sudut pandang berbeda sebelum akhirnya sampai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi dengan cara menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para pakar di bidangnya dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut adalah pendapat yang saling bertentangan (pro dan kontra).

Dalam membuat discussion text yang baik, Grameds tidak perlu menggunakan kata-kata yang terlalu formal dan dapat membuatnya lebih seperti menceritakan kisah hidup seperti kita sedang menceritakan kisah kita ke orang lain. Pelajari caranya dengan buku 7 Kebiasaan Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif.

7 Kebiasaan Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

7 Kebiasaan Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Beli Buku di Gramedia

Contoh:

Television has become a part of our life. In our daily life we ​​often watch television. We usually watch television after work, when we gather with family, even when we are working. As part of our lives, television has both good and bad effects. Pongid has a different principle opinion about the positive and negative effects of watching TV. 

These bad effects include TV making us less mobile because we spend a long time watching TV. They also say that TV affects everyday life. Sometimes we don’t realize that we are snacking more often while watching TV. TV also influences the way children act. Rude and violence can come from television shows that are less educational. 

However, other opinions also say that television has a good impact. We can get a lot of information. From TV we can know various situations that occur in other cities. TV also makes us more relaxed. After working all day, We come home and turn on the TV to watch funny and comedy videos.

Terjemahan bahasa Indonesia:

Televisi telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Dalam keseharian kita kerap menonton televisi. Kita biasanya menonton televisi setelah bekerja, saat berkumpul dengan keluarga, bahkan ketika kita bekerja. Sebagai bagian Dari kehidupan kita, televisi memiliki efek buruk dan baik. Pongid memiliki pendapat principle berbeda tentang dampak positif dan negatif menonton TV.

Pengaruh-pengaruh buruk ini diantaranya TV membuat kita kurang bergerak karena menghabiskan waktu yang lama untuk menonton TV. Mereka juga mengatakan bahwa TV mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Kadang kita tidak menyadari bahwa kita menjadi lebih sering ngemil saat menonton TV. TV juga memberikan pengaruh kepada cara anak-anak bertindak. Kekasaran dan kekerasan bisa datang dari tayangan televisi yang kurang mendidik.

Namun, pendapat lain juga mengatakan bahwa televisi memiliki dampak yang baik. Kita bisa mendapatkan banyak informasi. Dari TV kita bisa mengetahui berbagai situasi yang terjadi di kota lain. TV juga membuat kita lebih rileks. Setelah bekerja sepanjang hari, Kami pulang ke rumah dan menyalakan TV untuk menonton video lucu dan komedi.

Fun English - Text Explorer

Fun English – Text Explorer

Beli Buku di Gramedia
Buku ini memberikan pemahaman mengenai jenis teks untuk kamu yang duduk di Sekolah Menengah Atas. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan tujuan dan fungsi dari teks, struktur serta unsur kebahasaan yang ada di dalamnya. Buku dikemas dengan bahasa yang ringan dan sederhana. Sehingga pemahaman terhadap beberapa jenis teks bacaan yang seringkali dimunculkan sebagai bahan ujian akan lebih mudah untuk dipahami.

Rumus Discussion Text

Ciri Discussion Text sendiri diantaranya menggunakan simple tense two, menggunakan moda seperti should, would, may, etc. Ia juga Menggunakan additive, contrastive, dan casual association atau menggunakan kata-kata yang membandingkan, kata sambung yang digunakan umumnya berlawanan seperti pada similar, however, furthemore, on the opposite hand, moreover, additionally, but, all the same, but , in different aspect dan konsekuensinya (sebab akibat) misalnya: thus, then. etc.

Discussion text juga biasanya hanya fokus pada manusia dan non-manusia generik. Jenis teks tersebut juga menggunakan moda diskusi dibanding opini, terakhir discussion text umumnya menggunakan kata-kata berfikir seperti: feel, hope, believe. Rumus discussion text sendiri terdiri dari:

1. Issue

Issue, Bagian ini umumnya berada di awal paragraf dan berisi penempatan masalah atau isu yang kemudian akan didiskusikan atau diperdebatkan. Issue terletak di paragraf pertama.

2. Supporting Points (Argument For or Against)

Pada bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang kemudian mendukung isu. Di setiap paragraf Supporting purpose terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian.

Dari ide pokok paragraf tersebut, penulis kemudian menjelaskan beberapa pandangan terhadap isu yang sedang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil pendapat para ahli dan juga menyebutkan siapa saja yang sudah berpendapat tetapi pendapatnya memang sudah umum diketahui. Penulis biasanya akan memaparkan pendapat principle professional untuk kemudian disusul dengan pendapat yang sifatnya kontra (argument against) pada paragraf berikutnya.

3. Contrasting Points (Elaboration)

Pada bagian ini penulis akan memaparkan pendapat yang menentang isu maupun permasalahan (kontra). Sama halnya pada paragraf supporting purpose, different points memiliki dua komponen pembentuk yakni ide pokok paragraf serta elaborasi atau uraian yang berasal dari ide pokok paragraf tersebut.

Dalam bagian ini, penulis kemudian akan menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan. Seperti dalam paragraf supporting purpose, different points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut. Sebelum mengambil sikap dengan menentukan pendapat mana yang lebih dipilih oleh penulis, atau bahkan Ketika penulis memiliki pendapatnya sendiri. Penulis juga harus memberikan elaborasi tentang beberapa pendapat principle telah dipaparkan.

4. Conclusion or Recommendation

Terakhir adalah kesimpulan atau rekomendasi penulis terhadap isu yang sedang didiskusikan dengan harapan pembaca dapat mengikuti dan setuju dengan pendapat penulis. Dalam bagian ini penulis akan menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasikan Dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan di atas.

Metode Cerdas Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Lengkap Praktis

Metode Cerdas Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Lengkap Praktis

Beli Buku di Gramedia
Buku Metode Cerdas Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris ini mengulas Tenses, Verbs, Conversation, Common Expression, dan lain-lain. Suatu paket lengkap yang wajib Grameds miliki untuk meningkatkan skill bahasa Inggris kamu, Grameds.

Latihan Soal Discussion Text

This text is for queries forty one to forty three. Many of us say that examinations ought to be abolished as a result of them not being the most effective life of a student’s capabilities. These individuals believe that students will study on their own and do higher while not the shrewish worry and pressure exerted by examinations. Yet, their square measure persuasive reasons to indicate that examinations mustn’t be abolished. it’s scant that lecturers assign prep and proper it.

As a result of this can not be done beneath oversight, they can not make sure that it’s extremely the work of the scholars themselves. Moreover, prep isn’t a way to take a look at a student’s ability. prep may be a technique of simply keeping him occupied. Nowadays, within the search for jobs, students have to be compelled to manufacture some proof of their capabilities.

Prospective employers wish to see copies of examination results. May be the sole method a student’s qualifications can be judged. This angle greatly encourages the employment of examinations, since it’s thought of it necessary for them to live their capabilities.

1. Why do some individuals disagree to get rid of the examination?
A. Test results are the sole proof of a student’s capabilities.
B. No one trusts the scholars these days.
C. it’s a regulation within the country.
D. It’s an honest activity.
E. it’s for the sake of potency.

2. What’s the best plan for paragraph 2?
A. The examination still keeps happening.
B. The teachers’ roles supervise the scholars.
C. Prep is vital for college kids.
D. Prep is useful for college kids.
E. The lecturers square measure scant in class.

3. From the text higher than, we tend to infer that….
A. The examination continues to be used for mensuration students’ qualifications.
B. There square measure plenty of individuals agreeing to the examination because of the internal control.
C. The examination isn’t necessary for measuring the students’ talents.
D. The examination is employed to measure students’ talents annually before ending their education.
E. The govt. obliges academic practitioners conducting the examination for increasing the standard.

Most people agree that some type of family limitation or spacing is fascinating for the nice of the family and society. However people and groups– particularly spiritual groups–differ sharply on the ways of contraception that they contemplate as ethical and acceptable.

Couples that apply contraception do this for numerous reasons. They’ll wish to limit or area their youngsters or to own no youngsters the least bit. Young couples usually delay having youngsters in order that each partner will work regularly. Different couples area their youngsters so that they will provide every kid the maximum amount of attention as potential.

Some girls square measure suggested by their doctors to avoid gestation for health reasons. In several countries with chop-chop growing populations, the govt. encourages couples to limit the scale of their families. Although contraception has gained acceptance, opposition to the application is continuous.

Some individuals concern that contraception encourages sexual relations out of wedlock or that government may impose contraception. Some spiritual teams oppose contraception on ethical grounds. Some spiritual teams teach that artificial ways of contraception square measure immoral as a result of they separate the 2 functions of intercourse in marriage–conjugal love and also the sex activity of youngsters. Though they oppose all artificial contraception, they contemplate natural birth control as acceptable.

4. What will the text discuss?
A. Family coming up with
B. The disagreement with contraception
C. Reason to support family limitation
D. The 2 completely different opinion on contraception
E. The spiritual cluster that disagrees with contraception

5. The difficulty of the text is ….
A. Government’s population program
B. Birth control programs
C. Family limitation
D. Contraception
E. Sex management

6. Why don’t they support birth control?
A. To limit the family size
B. To area the kids’ birth.
C. To avoid a high family budget.
D. To avoid a risk-health gestation
E. To share abundant attention with the kids.

7. Some girls ought to stop gestation attributable to … reason.
A. Unacceptable
B. Immoral
C. Artificial
D. Limited
E. Health

8. The spiritual cluster feels objected to the contraception attributable to them…
A. Assume it isn’t the government. programs
B. Believe it’s associate immoral apply
C. Believe it’s not a natural apply
D. Dread to the pathological state
E. Square measure terribly conservatives

9. Different couples area their youngsters so that they will provide every kid the maximum amount of attention as potential. (par.2) The daring word refers to…
A. Couples
B. Women
C. Families
D. People
E. Children

10. Young couples usually delay having youngsters ….(par.2) The daring word means that
A. Suspect
B. Suspend
C. Respect
D. Direct
E. Recall

SMP/MTS Kls. IX Super Coach Bahasa Inggris

SMP/MTS Kls. IX Super Coach Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia
Buku ini sangat cocok bagi kalian kelas IX yang berjuang menjawab soal-soal jebakan bahasa Inggris saat UTS atau UAS. Karena buku Super Coach Bahasa Inggris ini, akan melatih siswa khususnya kelas IX dalam mengerjakan soal-soal dengan berbagai tingkat kesulitan.

Mulai dari soal tipe Lower Order Thinking Skill (LOTS) hingga soal tipe High Order Thinking Skill (HOTS). Dengan begitu, pola tersebut akan membantu kalian dalam menjawab soal-soal sesuai dengan kemampuan dan nalar kalian.

Kunci Jawaban Discussion Text

  1. Kunci jawaban no.1 adalah A. “Exam result is the only proof of a student’s capabilities”.
  2. Kunci jawaban no.2 adalah A. The examination still keeps going on.
  3. Kunci jawaban no.3 adalah, A. the examination is still used for measuring students’ qualifications.
  4. Kunci jawaban no.4 adalah D. The two different opinion on birth control
  5. Kunci jawaban no.5 adalah D. Birth control
  6. Kunci jawaban no.6 adalah C. To avoid high family budget.
  7. Kunci jawaban no.7 adalah E. Health
  8. Kunci jawaban no.8 adalah B. Believe it is an immoral practice
  9. Kunci jawaban no.9 adalah A. Couples
  10. Kunci jawaban no.10 adalah B. Suspend

Itulah penjelasan mengenai Discussion Text, mulai dari pengertian, contoh kalimat, rumus, dan latihan soal beserta kunci jawabannya.

Apabila Grameds ingin mengetahui lebih dalam mengenai Discussion Text ataupun pengetahuan lainnya terkait bahasa Inggris, kalian bisa membeli buku ataupun e-book sesuai dengan kebutuhan kalian di Gramedia.com dan Gramedia Digital.

Gramedia akan selalu hadir sebagai #SahabatTanpaBatas untuk menemani kalian dalam menggali ilmu. Semoga bermanfaat.

Easy English Conversation

Easy English Conversation

Beli Buku di Gramedia
Belajar bersama buku Easy English Conversation ini, dapat membantu kalian dalam menguasai kemampuan komunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris. Buku dengan pengantar bahasa Indonesia ini, akan memudahkan para pemula dalam memahami isinya. Selain itu, di dalamnya juga memuat contoh dan latihan soal yang akan mengasah dan memperkuat kemampuan kalian. Mari belajar bahasa Inggris dengan buku ini!

Sumber: dari berbagai sumber

About the author

Tasya Talitha