Bahasa Inggris

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text 1
Written by Tasya Talitha

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text, & Contoh Caption Text – Saat ini, hampir semua orang bisa mengakses media sosial, mulai dari Facebook, Twitter sampai Instagram. Ada banyak sekali foto yang diunggah di media sosial setiap harinya. Kamu pasti tidak asing dengan tulisan di bawah foto-foto tersebut, tulisan tersebut disebut sebagai caption text. Caption text adalah sebuah teks singkat yang digunakan untuk melengkapi suatu gambar. Tulisan caption yang disematkan di bawah foto atau gambar biasanya ditulis dengan pikiran yang matang sehingga unggahan tersebut bisa disukai oleh orang-orang yang melihatnya.

Selain menjelaskan apa yang dimaksud dengan caption text, tulisan di bawah ini juga akan menjelaskan fungsi dari caption text, ciri-ciri serta contoh latihan soal dan jawabannya.

Pengertian Caption Text

Caption text adalah sebuah teks singkat yang digunakan untuk melengkapi suatu gambar. Caption text muncul biasanya berada di bawah gambar, foto, grafik, poster bahkan tabel.

Teks singkat tersebut berguna untuk mendeskripsikan apa yang ada di gambar tersebut. Caption biasanya juga digunakan sebagai penekanan suatu konten artikel, esai atau laporan. Gramedia memiliki buku berjudul Jurus Sakti Copywriting di Twitter, Facebook dan Blog yang ditulis oleh Jubilee Enterprise, dalam buuku ini kamu akan diajarkan untuk menulis caption, tweet, status, headline, dan masih banyak lagi secara efektif dan efesien.

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text 2

Beli Buku di Gramedia

Dalam menulis caption, sangat penting untuk memilih kata-kata yang dapat membuat pembacanya memiliki ketertarikan untuk melihat konten artkel, esai atau laporan tersebut. Oleh sebab itu, ilmu copywriting sangatlah penting terutama di media sosial.

Caption bisa juga datang dengan dua bahasa, satu bahasa ibu dan yang kedua menggunakan bahasa kedua. Misalnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika melihat gambar tanpa keterangan, rasanya mungkin seperti menonton sesuatu tanpa mendengarkan suaranya.

Kita tidak bisa mengetahui apa yang ingin disampaikan oleh gambar tersebut, jadi kita hanya bisa menginterpretasikan sendiri arti dari gambar tersebut.

Semua caption text setidaknya memiliki dua kalimat. Kalimat pertama adalah present tense dan menjelaskan apa yang terjadi pada gambar dengan menjawab sebanyak 5W (what, when, where, why, who).

Kalimat kedua adalah bentuk lampau atau past tense dan menggambarkan latar belakang atau situasi yang ada di balik gambar. Selain itu tuliskan informasi sebanyak mungkin informasi dan jangan tuliskan informasi yang tidak jelas. Fokusnya adalah pada bercerita dan memberikan informasi baru dan menarik kepada pembaca.

Kalimat ketiga harus berupa kutipan yang melengkapi cerita dalam gambar. Pembaca banyak yang  menyukainya karena membuat setiap gambar menjadi unik. Kutipan dapat berasal dari orang dalam gambar, saksi, atau orang yang terlibat dalam aktivitas dengan orang tersebut.

Fun English - Text Explorer

Fun English – Text Explorer

Beli Buku di Gramedia
Buku Fun English-Text Explorer ini memberikan gambaran yang jelas terhadap jenis teks, maka buku ini dilengkapi dengan tujuan dan fungsi dari teks, struktur serta unsur kebahasaan yang ada di dalamnya. Sengaja dikemas dengan bahasa yang ringan dan sederhana. Sehingga pemahaman terhadap beberapa jenis teks bacaan yang seringkali dimunculkan sebagai bahan ujian akan lebih mudah untuk dipahami.

banner-promo-gramedia

Jenis-Jenis Caption Text 

Caption text juga memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Identification

Caption text jenis ini biasanya digunakan untuk menjelaskan atau mengidentifikasikan setiap orang yang berada di dalam foto, namun tidak menjelaskan sebuah cerita. Fokus pada caption text jenis identification ini ada pada kejelasan.

2. Group Caption

Group Caption biasanya digunakan untuk menjelaskan banyak gambar. Keterangan ini harus memiliki setidaknya dua kalimat per gambar dan menyertakan kutipan bila memungkinkan. Group caption harus jelas tentang gambar mana yang dijelaskan setiap keterangan.

3. Story-Telling Caption 

Story-telling caption adalah jenis caption yang ideal dan bisa digunakan kapan saja jika memungkinkan. Caption jenis ini akan menceritakan sebuah cerita dibalik gambar yang ada. Dengan menggunakan caption jenis ini biasanya akan lebih menarik untuk dibaca.

4. Summary

Untuk jenis caption summary, biasanya berisi penjelasan subjek yang ada di gambar, kegiatan yang dilakukan di dalam gambar tersebut, waktu kejadian, lokasi kejadian dan alasan mengapa kegiatan tersebut dilakukan.

5. Quote

Quote caption berarti berisi kutipan kalimat dari seseorang yang ada di dalam gambar.

6. Cutline

Caption jenis cutline adalah yang paling sering ditemukan dalam gambar dan tulisan yang tertera pada koran dan media baik media offline ataupun online. Caption cutline menjelaskan subjek yang ada di gambar dan apa yang sedang dilakukan oleh subjek.

7. Expanded

jenis caption expanded adalah jenis caption yang paling lengkap informasinya. Sesuai dengan nama jenisnya, caption text yang diperluas ini adalah pengembangan dari teks sebelumnya, terutama dari caption summary.

Generic Structure Caption Text 

Caption text, meskipun merupakan jenis teks yang sangat singkat, juga memiliki generic structure seperti pada teks-teks lainnya. Berikut adalah generic structure dari caption text.

  • Title
  • Lead
  • Section heading
Concise Grammar English

Concise Grammar English

Beli Buku di Gramedia
Cara Menulis Caption Text 

Ada beberapa tips bagaimana menulis caption text yang baik. Berikut adalah cara menulis caption text.

1. Akurasi

Kamu harus mengetahui apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan menuliskan atau membuat penilaian tentang suasana hati atau mood orang-orang yang ada di dalam gambar.

Sebetulnya kamu bisa saja menuliskan emosi atau mood pada subjek yang ada di dalam gambar, namun kamu harus mengkonfirmasinya langsung pada sumber tersebut. Selain itu perhatikan pada tindakan yang dilakukan subjek atau yang berada di sekitar subjek.

2. Jangan Terlalu Nyata

Hindari ungkapan yang memberi tahu pembaca tentang tindakan yang sangat jelas, seperti berjabat tangan, melihat, gerak tubuh, mengobrol dan lain-lain. Hal ini tentu saja bisa dilihat oleh para pembaca. Caption text yang terlalu nyata seperti, ‘Sutradara A dan Sutradara B berjabat tangan’, atau ‘kepala Sekolah SMA J sedang melihat komputer yang ditunjuk oleh guru B’.

3. Hindari Klise

Hindari kata-kata klise atau kata-kata yang basi. Hindari menggunakan kata-kata yang menggambarkan tindakan dengan perasaan, seperti gembira, bersuka cita, melompat dengan gembira, bertepuk tangan dengan gembira, dan lain-lain.

4. Menunjukan Subjek Foto

Jangan menunjukan subjek foto dengan cara seperti berbicara pada subjek tersebut seperti “Hey Joe, sedang apa kamu di depan gedung itu?” “Hey Jane, sedang di mana kamu saat ini?” dan lain sebagainya.

5. Gaya Bahasa

Sebetulnya gaya bahasa bisa disesuaikan dengan gambar yang tertera. Misalnya, foto yang bergaya lucu bisa diberikan caption text yang lucu juga. Foto yang bergaya serius atau seperti tabel dan grafik harus diberikan caption text yang serius juga.

Dalam pengaplikasiannya dalam konten, caption text dapat digunakan untuk lebih menarik perhatian pelanggan ketika hendak membeli sebuah produk maupun jasa. Oleh sebab itu, dalam membuat caption text yang baik kamu harus dapat mengasah kemampuan copywriting yang kamu miliki terlebih dahulu agar iklan yang ditampilkan lebih menarik. Gramedia memiliki buku Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi Sukses Membangun yang ditulis oleh Widya Ariyadi untuk membantu kamu.

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text 3

beli sekarang

6. Identifikasi

Mengidentifikasi semua orang yang dapat dilihat dengan jelas dalam sebuah gambar. Jika foto atau gambar berisi empat orang atau lebih dan bukan merupakan potret berkelompok, maka identifikasi bagi setiap individu tidak diperlukan, kecuali satu atau dua orang jelas menjadi pusat perhatian dalam foto.

Basic Vocabulary of English

Basic Vocabulary of English

Beli Buku di Gramedia
Contoh Caption Text 

Berikut adalah contoh caption text:

1) Identification Caption

“Indonesian badminton player wins gold medal in 2021 Olympics.”
Pemain Bulu Tangkis Indonesia raih medali emas Olimpiade 2021.

“Apple founder Steve Jobs in his famous black turtleneck.”
Pendiri Apple, Steve Jobs dengan turtleneck hitamnya yang terkenal.

“Hollywood actress Robert Downey jr poses in front of the Eiffel Tower in Paris.”
Artis Hollywood Robert Downey jr berpose di depan Menara Eiffel di Paris.

2) Group Caption

“Beyonce and her daughter were seen in Los Angeles attending a wedding. They both wore pink dresses and were seen entering the venue with Kim Kardashian and Kanye West.”
Beyonce dan putrinya terlihat di Los Angeles menghadiri pernikahan. Mereka berdua mengenakan gaun pink dan terlihat memasuki venue bersama Kim Kardashian dan Kanye West.

“After visiting the iconic Taj Mahal and the famous Sabarmati Ashram in Ahmedabad, the Obama family met the representatives of Bollywood Shah Rukh Khan on January 20th in Mumbai.”
Setelah mengunjungi Taj Mahal yang ikonik dan Sabarmati Ashram yang terkenal di Ahmedabad, keluarga Obama bertemu dengan perwakilan Bollywood Shah Rukh Khan pada 20 Januari di Mumbai.

“BTS made an appearance at the latest Samsung Unpacked event in Seoul, South Korea.”
BTS tampil di acara Samsung Unpacked terbaru di Seoul, Korea Selatan.

Robert Downey Jr, Chris Evans, Scarlett Johansson and other marvel stars assemble for an epic class photo in honor of Marvel Studios 10th Anniversary in New York.”
Robert Downey Jr, Chris Evans, Scarlett Johansson dan bintang-bintang luar biasa lainnya berkumpul untuk foto bersama dalam rangka merayakan Ulang Tahun ke-10 Marvel Studios di New York.

“American athletes Henry Frank (weightlifting), Kate Willson (swimmer), Natalie Portman (softball), Sally Pearson (hurdling), Jessica Watson (swimmer), Mitchell Potter, and Craig David (both athletics) will wear the American jersey with pride in London.”
Atlet Amerika Henry Frank (angkat besi), Kate Willson (perenang), Natalie Portman (softball), Sally Pearson (lari gawang), Jessica Watson (perenang), Mitchell Potter dan Craig David (keduanya atletik) akan mengenakan jersey Amerika dengan bangga di London .

3) Summary Caption

“This aerial picture shows the graves of victims of the COVID-19 coronavirus at the Okunoin cemetery in Japan on August 7, 2021.”
Gambar udara ini menunjukkan kuburan korban virus corona COVID-19 di pemakaman Okunoin di Jepang pada 7 Agustus 2021.

“A Jakarta Public Order Agency (Satpol PP) officer watches over the morning exercises for asymptomatic COVID-19 patients isolating at the Wisma Atlet in Kemayoran, Center Jakarta, on Sep. 4, 2020. Thousands of COVID-19 patients are dying at home in self-isolation, partly due to a lack of monitoring and medical supplies.”
Petugas Satpol PP DKI Jakarta mengawasi latihan pagi bagi pasien COVID-19 asimtomatik yang diisolasi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 4 September 2020. Ribuan pasien COVID-19 meninggal di rumah di isolasi diri, sebagian karena kurangnya pemantauan dan pasokan medis.

“A security personnel stands guard at the Rio de Janeiro Olympic and Paralympic Village entrance in Rio de Janeiro on August 3, 2016, ahead of the 2016 Rio de Janeiro Olympics, which begin on August 5.”
Seorang personel keamanan berjaga di pintu masuk Desa Paralimpiade dan Olimpiade Rio de Janeiro di Rio de Janeiro pada 3 Agustus 2016, menjelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang dimulai pada 5 Agustus’.

4) Quote Caption

‘Genius is one percent inspiration and ninety-nine percent perspiration’ – Thomas Edison.
Jenius adalah satu persen inspirasi dan 99 persen keringat.



‘You must tell yourself, no matter how hard it is, or how hard it gets, I’m going to make it’ – Les Brown
Kamu harus mengatakan pada diri sendiri, tidak peduli seberapa sulitnya, atau semakin sulit, aku akan berhasil.

‘I will not lose, for even in defeat, there’s a valuable lesson learned, so it evens up for me’ – Jay  Z.
Aku tidak akan kalah, karena bahkan dalam kekalahan ada pelajaran berharga yang bisa dipetik, jadi itu hasil yang seimbang untukku.

‘You must not lose faith in humanity. Humanity is an ocean, if a few drops of the ocean are dirty, the ocean does not become dirty’ – Mahatma Gandhi.
Kamu tidak boleh kehilangan kepercayaan kepada kemanusiaan. Kemanusiaan adalah lautan, jika beberapa tetes lautan kotor, lautan secara keseluruhan tidak akan menjadi kotor .

‘Don’t judge each day by the harvest you reap but by the seeds that you plant’ – Robert Louis.
Jangan menilai setiap hari dengan panen yang kamu tuai, tetapi dari benih yang kamu tanam.

5) Cutline Caption

“Rachmawati Soekarnoputri, the second daughter of Sukarno visits residents of the Luar Batang area of North Jakarta on May 26, 2015.”
Rachmawati Soekarnoputri, putri kedua Soekarno mengunjungi warga kawasan Luar Batang Jakarta Utara pada 26 Mei 2015.

6) Expanded Caption

British journalist Martin Bashir arrives at Santa Barbara County Superior Court in Santa Maria to be the first witness to be called at Michael Jackson’s child sex abuse trial. The BBC was under pressure on May 21, 2021, after unprecedented criticism from the royal family about its 1995 interview with princess Diana, damaging its reputation as it fights attacks on several fronts. (The Jakarta Post) .

Jurnalis Inggris Martin Bashir tiba di Pengadilan Tinggi Santa Barbara County di Santa Maria untuk menjadi saksi pertama yang dipanggil di pengadilan pelecehan seks anak Michael Jackson. BBC berada di bawah tekanan pada 21 Mei 2021 setelah kritik yang belum pernah terjadi sebelumnya dari keluarga kerajaan tentang wawancara 1995 dengan putri Diana, merusak reputasinya karena memerangi serangan di beberapa bidang.

Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013

Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013

Beli Buku di Gramedia
Latihan Soal Caption Text

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text 41. “People walk past bloomed tulips in Amsterdam on June 4, 2018” 
What Kind of caption is that?

“Orang-orang berjalan melewati bunga tulip yang mekar di Amsterdam pada 4 Juni 2018”
Apa jenis caption tersebut?

2. What is the function of the caption?
Apa fungsi dari caption tersebut?

3. According to the caption, when was the photo taken? 
Menurut caption tersebut, kapan foto itu diambil?

4. Where was the location according to the caption? 
Di mana lokasinya sesuai menurut caption tersebut?

5. What does “bloomed” mean?
Apa artinya “bloomed”?

6. “Indonesia President Joko Widodo, in a white shirt, visited the site of a bomb blast at Thamrin Jakarta, Jan 14, 2016” 
What is the purpose of the caption?

“Presiden Indonesia, Joko Widodo, berbaju putih, mengunjungi lokasi ledakan bom di Thamrin Jakarta, 14 Januari 2016”
Apa tujuan dari caption tersebut?

7. According to the caption, when was the photo taken?
Menurut caption tersebut, kapan foto itu diambil?

8. Where was the location according to the caption?
Di manakah lokasinya, menurut caption tersebut?

9. Who is the main subject that is described in the caption?
Siapa subjek utama yang dijelaskan dalam caption tersebut?

10. What kind of caption is that?  
Apa jenis caption tersebut?

11. “Success is most often achieved by those who don’t know that failure is inevitable” – Coco Chanel 
Who is the author of the text? 

“Sukses paling sering dicapai oleh mereka yang tidak tahu bahwa kegagalan tidak bisa dihindari” – Coco Chanel
Siapa penulis dari teks tersebut?

12. What is the meaning of failure in Indonesia? 
Apa artinya ‘failure’ dalam bahasa Indonesia?

13. What is the purpose of the caption?
Apa tujuan dari caption tersebut?

14. What is the meaning of inevitable in Indonesia?
Apa artinya ‘inevitable’ dalam bahasa Indonesia?

15. What kind of caption is that? 
Apa jenis caption tersebut?

Jawaban Soal Caption Text

Pengertian Caption Text, Jenis Caption Text & Contoh Caption Text 5

  1. Summary caption
  2. to describe the picture
  3. June 4, 2018
  4. Amsterdam
  5. blossom
  6. To tell the readers what is going on in the picture
  7. January 14, 2016
  8. Thamrin, Jakarta
  9. Indonesia President, Joko Widodo
  10. Summary caption
  11. Coco Chanel
  12. tercapai
  13. To motivate the readers
  14. tak dapat dihindari
  15. quotes caption

Grameds, itulah contoh soal dan pembahasan mengenai caption text yang harus kamu ketahui. Jika kamu ingin memperdalam lagi contoh teks dalam bahasa Inggris dan ingin menambah pengetahuan Bahasa lainnya, Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas tentu menghadirkan berbagai buku dan juga e-book yang bisa kamu beli di http://Gramedia.com dan https://ebooks.gramedia.com/

Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris New Edition

Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris New Edition

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien