Bahasa Inggris

Generic Stucture Explanation Text & Contoh Explanation Text

Generic Stucture Explanation Text & Contoh Explanation Text 1
Written by Tasya Talitha

Generic Stucture Explanation Text & Contoh Explanation Text – Kata explanation dalam bahasa Inggris, pastinya sudah tidak asing lagi. Di dalam dunia edukasi, atau bahkan kehidupan sehari-hari kita seringkali dijumpai oleh yang namanya explanation, atau penjelasan dalam bahasa Indonesia. Explanation text adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang terjadinya suatu proses.

Setiap hari di kelas, guru akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya. Mulai dari proses terjadinya hujan, cara bekerja organ tubuh manusia, bagaimana mengoperasikan suatu mesin dan lain-lain. Penjelasan tersebut sama halnya dengan explanation text.

Explanation text atau teks eksplanasi memiliki tujuan untuk menjelaskan berbagai fenomena sosial, alam dan juga budaya. Untuk memahami apa itu explanation text, bagaimana generic structurenya, bagaimana cara menulis explanation text, dan latihan soal beserta jawabannya, simak tulisan di bawah ini.

Pengertian Explanation Text

Explanation text dalam bahasa Inggris adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang terjadinya suatu proses.

Text jenis ini sebetulnya sedikit mirip dengan procedure text. Procedure text memiliki tujuan untuk menjelaskan cara melakukan sesuatu, sedangkan explanation text menjelaskan tentang bagaimana suatu proses tersebut.

Explanation text menceritakan bagaimana proses mulai dari pembentukan fenomena alam, sosial, ilmiah sampai budaya. Teks jenis ini sangat sering ditemukan dalam buku-buku sains, sejarah dan geografi.

Fun English - Text Explorer

Fun English – Text Explorer

Beli Buku di Gramedia
Buku ini memberikan pemahaman mengenai jenis teks untuk kamu yang duduk di Sekolah Menengah Atas. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan tujuan dan fungsi dari teks, struktur serta unsur kebahasaan yang ada di dalamnya. Buku dikemas dengan bahasa yang ringan dan sederhana. Sehingga pemahaman terhadap beberapa jenis teks bacaan yang seringkali dimunculkan sebagai bahan ujian akan lebih mudah untuk dipahami.

Generic Structure Explanation Text

Seperti jenis teks lainnya, explanation text memiliki struktur:

1. Judul

Setiap teks atau tulisan tentunya memiliki judul di awal-awal untuk memberi tahu apa isi yang dituliskan dalam sebuah tulisan, begitu juga dengan explanation text.

Saat memberikan judul untuk explanation text, kita tidak perlu bertele-tele, langsung saja menuliskan apa yang sesuai dengan isi tulisannya. Misalnya, ‘What causes a flood?’, ‘Why is the earth rotating?’ atau  ‘How the lungs work’ dan lain sebagainya.

Judul pada explanation text memiliki tujuan untuk mempersiapkan atau mengarahkan pembaca kepada teks. Judul pada teks ini biasanya muncul dalam berbagai bentuk yang menyebutkan sebuah tindakan sampai pertanyaan ‘Bagaimana’ dan ‘Mengapa’. Pertanyaan seperti itu yang akan dijawab dengan penjelasan di dalam teks.

2. Pernyataan Pembuka

Explanation text memiliki tujuan penulisan yang tentu saja harus memberikan informasi valid dan bersifat fakta kepada para pembaca. Dengan begitu, pernyataan pembuka yang sangat kuat perlu disisipkan di dalam tulisan.

Akan lebih baik jika penulis menyertakan bukti penelitian sebelumnya seperti jurnal atau artikel yang memang sudah diuji kebenarannya.

banner-promo-gramedia

Pada pernyataan pembuka, penulis juga bisa menuangkan identifikasi dari sebuah proses untuk dijelaskan di dalam teks. Untuk menulis pernyataan pembuka, kamu bisa coba untuk fokus kepada proses dari sebuah fenomena yang ingin dijelaskan.

Dengan pernyataan pembuka yang memperkenalkan atau mengidentifikasi sebuah fenomena yang ingin dibahas akan memberikan pembaca pengenalan singkat tentang hal tersebut dan memberikan pemahaman singkat tentang jenis teks yang kamu tulis.

3. Sequencing

Ketika menulis sebuah tulisan, hendaknya pisahkan ke dalam beberapa sequence atau bagian. Tentunya kamu tidak mau membuat pembaca pusing membaca satu paragraf yang sangat panjang.

Sambungkan paragraf dengan hubungan sebab-akibat dari fenomena yang sedang ditulis. Paragraf yang dituliskan harus berurut secara logis dan menjelaskan mengapa atau bagaimana suatu hal bisa terjadi.

Penjelasan yang diurut harus terdapat serangkaian kejadian, tindakan, penyebab atau proses dari fenomena tersebut. Peristiwa yang terjadi juga dituliskan sesuai dengan urutan waktu atau penyebabnya.

Semua ini harus dituliskan dengan rinci dan akurat. Biasanya urutan peristiwa yang ditulis akan berkembang dengan menjelaskan bagaimana peristiwa terjadi dalam periode waktu.

4. Konklusi

Konklusi atau kesimpulan dituliskan ketika semua penjelasan sudah selesai ditulis. Kesimpulan yang diberikan di akhir explanation text akan memberikan kesan bahwa tulisan yang dibuat adalah valid.

5. Visual

Dalam explanation text, visual atau diagram sudah jadi hal lumrah untuk disematkan. Gambar atau visual yang diberikan berguna untuk memperjelas explanation text yang ada. Terlebih lagi dalam teks ilmiah, diagram atau ilustrasi yang akurat sangat penting untuk mendukung explanation text.

SMA-MA/SMK-MAK Kelas 12 Buku Siswa Bahasa Inggris

SMA-MA/SMK-MAK Kelas 12 Buku Siswa Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia
Kamu yang sedang ingin memperdalam Bahasa Inggris di tingkat SMA, bisa mendapatkan penjelasan tentang penjelasan tentang jenis-jenis teks melalui Buku Siswa Bahasa Inggris Untuk Kelas 12. Semua penjelasan diulas tuntas beserta soal dan jawaban.

Language Feature Explanation Text

Explanation text memiliki language feature, yaitu:

  1. Menggunakan present tense, karena explanation text membahas sebuah fakta.
  2. Menggunakan kelompok kata benda yang kompleks, hal ini bertujuan untuk membangun deskripsi yang rinci misalnya, ‘Threatening’, ‘Rampaging’ atau ‘Enormous’ dan masih banyak lagi.
  3. Menggunakan kata benda abstrak seperti ‘heat’, ‘earthquakes’, ‘floods’, dan lain-lain.
  4. Menggunakan kalimat yang subjeknya jelas dan menggunakan kata kerja agreement.
  5. Menggunakan action verbs untuk menjelaskan penyebab dari fenomena yang dibahas seperti ‘from’ atau ‘started from’.
  6. Menggunakan adverbial phrase dari sebuah waktu dan tempat untuk memberi tahu kapan dan di mana kejadian tersebut berlangsung. Misalnya. ‘Its is to be found in Sulawesi, Indonesia’.
  7. Menggunakan penghubung untuk menghubungkan urutan waktu dalam urutan sebab akibat. Misalnya ‘after’, ‘finally’, ‘so’, ‘then’ dan lain-lain.
  8. Menggunakan passive voice yang berguna untuk menekankan fokus kejadian yang berlangsung.
  9. Menggunakan konjungsi waktu, misalnya, ‘when’, ‘as’. Konjungsi waktu ini untuk mengurutkan dan menghubungkan peristiwa sehingga teks yang ditulis lebih mengalir. Konjungsi waktu ini bisa ditempatkan lebih dahulu pada sebuah kalimat untuk memusatkan perhatian pembaca.
  10. Menggunakan istilah-istilah teknis atau rantai kata tentang subjek.

Jenis-Jenis Explanation Text

ketika menuliskan explanation text, tentunya kita sudah mengetahui bahwa fenomena yang ingin dijelaskan memang ada dan kemudian menjelaskan mengapa dan bagaimana sebuah fenomena tersebut bisa terjadi. Untuk menulis explanation text kamu harus mempunyai dan mencari banyak pengetahuan sebelum memulai menulis. Ada beberapa jenis explanation text.

Yang pertama adalah teks yang menjelaskan suatu kejadian atau bagaimana suatu hal bekerja. Misalnya, bagaimana mobil bekerja, atau bagaimana komputer bekerja sampai kejadian alami seperti bagaimana tanah longsor bisa terjadi, bagaimana gunung bisa meletus dan lain-lain.

Jenis explanation text yang kedua adalah teks yang menjelaskan mengapa sesuatu terjadi. Misalnya, mengapa cermin di kamar mandi bisa berembun saat kita mandi air panas, mengapa burung hantu lebih aktif di malam hari, mengapa manusia menutup mata ketika bersin, dan lain-lain.

Untuk jenis yang ketiga adalah menjelaskan persamaan dan perbedaan pada objek. Jenis teks ini berkaitan dengan topik sain dan teknologi di mana penjelasan tentang sebuah fenomena alam atau non alami terjadi. Misalnya bagaimana tornado bisa terbentuk, bagaimana suara bisa bergerak, bagaimana ponsel bekerja, mengapa tsunami bisa terjadi dan lain sebagainya.

Explanation text juga berisi penjelasan tentang hubungan manusia dengan lingkungan manusia misalnya bagaimana kapas bisa diproses menjadi sebuah pakaian, mengapa manusia harus berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, bagaimana susu bisa diproses menjadi yoghurt dan lain-lain.

Fun English - Let`s Learn English

Fun English – Let`s Learn English

Beli Buku di Gramedia
Cara Menulis Explanation Text

Menulis dengan memanfaatkan waktu seefektif mungkin sangatlah penting. Ketika menulis explanation text, kamu perlu meluangkan waktu sekitar 20 persen untuk meneliti topik yang ingin dibahas. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa kamu mengetahui tentang apa yang ingin kamu jelaskan.

Luangkan waktu yang sama untuk menyusun tulisan yang ingin kamu buat. Kamu bisa membuat mind-mapping atau grafis-grafis yang bisa membantu kamu lebih mudah untuk menuliskan garis besar penjelasan kamu.

Dengan begitu dengan waktu 40 persen ini kamu sudah bisa membentuk ide dan struktur penulisan kamu. Sisanya, kamu tinggal menggunakan waktu untuk menyunting ejaan atau tata bahasa dalam tulisanmu.

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam menulis explanation text. Yang pertama, tentang apakah ini? apa yang kamu jelaskan, apa judul yang bagus dan bagian mana yang sangat penting? bagian mana yang perlu dijelaskan, bagaimana cara kerjanya, apalagi hal mungkin bisa disertakan dalam penulisan dan lain-lain.

Asumsikan bahwa pembaca tidak memiliki pengetahuan tentang topik yang kamu tulis seperti kamu. jadi, pada awal penulisan kamu harus bisa menjelaskan topik secara singkat sebelum masuk ke tubuh penulisan.

Gunakan judul yang menarik sehingga bisa mendorong pembaca untuk membaca tulisanmu lebih lanjut. Dalam menuliskan explanation text, kamu juga harus menggunakan istilah ilmiah atau istilah teknis yang benar.

Selain itu, kamu juga bisa membuat visual-visual yang menarik atau menggunakan diagram yang sesuai jika memungkinkan. Perlu diingat kembali, explanation text ditulis dalam present tense karena teks ini membahas sebuah fakta dan ditulis dari sudut pandang orang ketiga.

Contoh Explanation Text

How Do Fish Breathe?

All animals breathe just like humans. How they breathe, however, varies. Breathe by inhaling oxygen and exhaling carbon dioxide as waste. Air flows in through the human’s nose or mouth into the lungs where oxygen is transported through the blood to the rest of the human body. Humans need air to breathe. So, what does that mean for animals that live in the water?

Like humans, fish also need oxygen and emit carbon dioxide to survive. But using the lungs, these creatures that live in water use organs called gills. The gills are organs located on the sides of the fish’s head. These gills have many small blood vessels called capillaries.

When the fish opens, the water will flow over the gills. After that, the blood in the capillaries will pick up oxygen that is soluble in water. The blood then moves through the fish’s body to provide oxygen throughout the body, just like in humans.

All bony fish also have a bony plate called an operculum. This operculum is useful for opening and closing to protect the gills. Breathing underwater is difficult. The air we breathe has an oxygen concentration of 200,000 parts per million.

Whereas water only has a concentration of 4 to 8 parts per million. This means fish need to flow a lot of water over their gills to get the amount of oxygen to survive. In addition, the gills are very useful for extracting the oxygen needed by fish.

Breathing becomes more difficult as the oxygen concentration decreases. Low levels of oxygen concentration make it impossible for animals to survive. Although it can occur naturally, it can also be created by human activity.

When pollution is high, such as waste dumped into the sea, this will cause algae blooms which then die and decompose. Furthermore, it will cause the zone to have a low oxygen concentration level of oxygen.

Fish need clean water to breathe. Similarly, humans need clean air to breathe. Humans can help these gilled creatures to thrive by keeping their habitat free of pollutants.

Bagaimana Cara Ikan Bernapas?



Semua hewan bernafas seperti manusia. Bagaimana mereka bernapas, tentunya sangat bervariasi. Bernapas adalah sebuah proses menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida sebagai limbah. Udara mengalir masuk melalui hidung atau mulut manusia ke paru-paru di mana oksigen diangkut melalui darah ke seluruh tubuh manusia. Manusia membutuhkan udara untuk bernafas. Jadi, bagaimana dengan hewan yang hidup di air?

Seperti manusia, ikan juga membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida untuk bertahan hidup. Namun bukan dengan menggunakan paru-paru, makhluk yang hidup di air ini menggunakan organ yang disebut insang. Insang adalah organ yang terletak di sisi kepala ikan.

Insang ini memiliki banyak pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. Saat ikan terbuka, air akan mengalir di atas insang. Setelah itu, darah di kapiler akan mengambil oksigen yang larut dalam air. Darah kemudian bergerak melalui tubuh ikan untuk memberikan oksigen ke seluruh tubuh, seperti halnya pada manusia.

Semua ikan bertulang juga memiliki lempeng tulang yang disebut operculum. Operculum ini berguna untuk membuka dan menutup untuk melindungi insang. Bernapas di bawah air adalah hal yang sulit.

Udara yang kita hirup memiliki konsentrasi oksigen 200.000 bagian per juta. sedangkan air hanya memiliki konsentrasi 4 sampai 8 bagian per juta. Ini berarti ikan perlu mengalirkan banyak air di atas insangnya untuk mendapatkan jumlah oksigen untuk bertahan hidup. Selain itu, insang sangat berguna untuk mengekstraksi oksigen yang dibutuhkan oleh ikan.

Pernapasan menjadi lebih sulit karena konsentrasi oksigen menurun. Tingkat konsentrasi oksigen yang rendah membuat hewan tidak mungkin bertahan hidup. Meskipun dapat terjadi secara alami, namun juga dapat diciptakan oleh aktivitas manusia.

Ketika polusi tinggi, seperti sampah yang dibuang ke laut, akan menyebabkan berkembangnya alga yang kemudian mati dan membusuk. Selanjutnya akan menyebabkan zona tersebut memiliki tingkat konsentrasi oksigen yang rendah.

Ikan membutuhkan air bersih untuk bernafas. Demikian pula, manusia membutuhkan udara bersih untuk bernafas. Manusia dapat membantu makhluk yang memiliki insang ini untuk berkembang dengan menjaga habitat mereka bebas dari polutan.

English Course Textbook (Textbook for EFL Students in the First Semester)

English Course Textbook (Textbook for EFL Students in the First Semester)

Beli Buku di Gramedia
Latihan Soal Explanation Text

1. What is the text about?  
teks tersebut berisi tentang apa?

2. what is the purpose of the text above
Apa tujuan dari teks di atas?

3. Does fish breathe using an organ called?
Ikan bernapas menggunakan organ yang disebut?

4. Where is the organ located?
Di mana letak organ tersebut?

5. What is meant by breathing?
Apa yang dimaksud dengan bernapas?

6. What does concentration mean in Indonesian?
Apa yang dimaksud dengan ‘concentration’ dalam bahasa Indonesia?

7. How do humans breathe?
Bagaimana cara manusia bernafas?

8. From the text above, we imply that?
Dari teks tersebut dapat disiratkan bahwa?

9. What does the word ‘thrive’ mean?
Apa yang dimaksud dengan ‘thrive’?

10. What does the third paragraph focus on?
Paragraf ketiga berfokus pada?

11. What do humans inhale when they breathe?
Apa yang dihirup manusia saat bernapas?

12. What is released when humans exhale?
Apa yang dikeluarkan saat manusia menghembuskan napas?

13. What does the word ‘decompose’ mean?
Apa arti dari kata ‘decompose’?

14. Based on the text above, do fish need clean water to breathe?
Berdasarkan teks di atas, apakah ikan butuh air bersih untuk bernafas?

15. How can humans help fish to stay alive in their habitat? 
Bagaimana manusia bisa membantu ikan untuk tetap hidup di habitatnya?

Complete English Grammar&The Exercises

Complete English Grammar&The Exercises

Beli Buku di Gramedia
Jawaban Soal Explanation Text

  1. how fish breathe
  2. to inform the fish’s respiratory system
  3. gill
  4. on the side of the fish head
  5. inhale oxygen and exhale carbon dioxide
  6. konsentrasi
  7. inhale and exhale
  8. Fish breathe with gills and need clean water
  9. berkembang
  10. The gills are very useful for extracting the oxygen needed by fish.
  11. oxygen
  12. carbon dioxide
  13. membusuk
  14. yes
  15. by keeping their habitat clean

Grameds, itulah contoh soal dan pembahasan mengenai explanation text yang harus kamu ketahui. Jika kamu ingin memperdalam lagi mengenai explanation text ataupun wawasan seputar bahasa Inggris lainnya, kamu bisa membeli buku atau e-book di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas senantiasa menghadirkan buku dengan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien