Bahasa Inggris

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Self Introduction)

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Self Introduction) 1
Written by Tasya Talitha

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Self Introduction) – Jika kamu bingung dalam meperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris, kali ini Gramedia akan memberikan ulasan lengkap disertai dengan 5 contoh cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris atau disebut dengan istilah self introduction

Pengertian Self Introduction

Self introduction adalah istilah dari bahasa Inggris yang biasa diartikan sebagai “perkenalan diri”. Self introduction ialah suatu bentuk ungkapan dan ekspresi yang digunakan oleh individu untuk memperkenalkan dirinya sendiri.

Apabila seorang individu berada di lingkungan baru, tentunya ia perlu melakukan self introduction atau perkenalan diri. Hal itu agar orang lain yang berada di lingkungan baru tersebut lebih mengenal individu tersebut. Entah individu tersebut berada di lingkungan baru pekerjaannya, sekolah atau kampus, lingkungan pertemanan atau pergaulan, dan sebagainya.

Dalam melakukan self introduction, diperlukan beberapa poin penting yang harus disampaikan. Apa saja poin tersebut? Poin-poin tersebut, di antaranya: (1) Menyampaikan salam pembuka; (2) Kalimat perkenalan; (3) Menyampaikan nama, alamat, dan asal; (4) menyampaikan umur, pekerjaan, hobi, minat atau ketertarikan; serta (5) menyampaikan salam pembuka.

Dari poin-poin di atas, hal yang paling umum ialah poin 1, 2 dan juga 3. Sebab, selebihnya akan menjadi pilihan tergantung dari situasi dan juga kondisi individu itu berada.

Pada prinsipnya, cara melakukan self introduction dalam bahasa Inggris tidaklah berbeda jauh dengan self introduction atau perkenalan diri dengan bahasa Indonesia. Di bawah ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah atau cara melakukan self introduction dan beberapa contoh self introduction dalam bahasa Inggris beserta artinya

Namun, ada baiknya sebelum melakukan self introduction, lihat terlebih dahulu situasi, kondisi, lawan tutur di lingkungan sekitar, serta maksud atau kepentingannya.

Bilamana berada di lingkungan sekolah atau kampus, lingkungan pergaulan atau pertemanan, kalian dapat melakukan self introduction atau menyampaikan perkenalan diri dengan cara informal dan santai.

Akan tetapi, bila berada di lingkungan pekerjaan ataupun forum yang bersifat formal atau resmi, pastinya cara kalian dalam melakukan self introduction cenderung berbeda.

Untuk mengetahui cara atau langkah-langkah melakukan self introduction dalam bahasa Inggris, simak penjelasannya di bawah ini.

Daily English Conversation : Mahir Bahasa Inggris Sehari-Hari

Daily English Conversation : Mahir Bahasa Inggris Sehari-Hari

Beli Buku di Gramedia
Sesuai dengan judulnya, buku ini berisikan berbagai percakapan bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari. Di dalamnya memuat berbagai percakapan yang disesuaikan dengan kepentingan, seperti melakukan self introduction, greetings, asking time, introducing family members, introducing friends, asking for help, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, di buku ini juga akan dijelaskan bagaimana melakukan percakapan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi, seperti daily conversation di dalam kelas, di laboratorium, di halaman, di ruang makan, dan sebagainya. Ingin lancar berbahasa Inggris? Coba beli buku ini.

Langkah-Langkah Melakukan Self Introduction

Dalam melakukan perkenalan diri atau self introduction dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa hal yang perlu disampaikan. Hal tersebut tergantung dari situasi, kondisi, lawan tutur di lingkungan sekitar, serta kepentingan.

banner-promo-gramedia

Untuk melakukan self introduction atau perkenalan diri, sebagainya dilakukan secara terstruktur dan sistematis agar poin yang hendak disampaikan dapat dicerna baik oleh lawan tuturnya.

Secara umum, dalam melakukan self introduction ada beberapa tahapan, cara, atau bisa dikatakan langkah-langkah yang harus diperhatikan, yaitu Opening (Pembukaan), Content (Isi), Closing (Penutupan). Agar tahu lebih jelasnya, mari simak ulasan langkah-langkah melakukan self introducing (secara detail) di bawah ini.

1. Opening (Pembukaan)

Pada bagian pembukaan atau opening umumnya menyapa dan menanyakan kabar pada orang-orang yang kalian ajak untuk bertatap muka, misalnya:

  • Hello, everyone…
  • Hi, everybody, How are you today?
  • Good morning/afternoon/evening, How are you?

2. Content (Isi)

Berikutnya ialah masuk ke bagian isi. Akan tetapi, sebelum masuk ke content atau isi, terdapat hal yang perlu disampaikan, yakni tujuan. Ungkapkan apa tujuan dan maksud kalian berada di depan lawan tutur. Tujuan kalian pastinya kan ingin melakukan self introduction maka ucapan yang dapat kalian sampaikan, seperti:

  • Let me introduce myself
  • I would like to introduce myself
  • I want to introduce myself
  • In this opportunity, I would like to introduce myself
  • May I introduce myself?
  • I’m here to introduce myself

Setelah itu, masuk ke bagian main content atau isi utama yang terdiri dari beberapa poin, di antaranya:

1) Personal Detail

Dalam hal ini, kalian dapat menyebutkan nama lengkap yang dilanjutkan dengan menyebutkan nama panggilan (nickname).

  • I am… you can call me…
  • My name is… you can call me…
  • My full name is… please call me…
  • My name is… my friends usually call me…
  • Iam Juliana Citra, you can call me Citra

a. Asal Negara
Poin ini bisa dijadikan opsi apabila kalian berkenalan dengan orang dari luar negeri, contohnya:

  • I came from Indonesia
  • I am from Indonesia

b. Kewarganegaraan

  • I am Indonesian
  • My nationality is Indonesian

2) Identitas Diri (self-identity)

Sebutkan tempat, tanggal lahir, dan juga umur, misalnya:

a. Tempat dan Tanggal Lahir

  • I was born… (diikuti kata in atau on)

Apabila diikuti kata in, contohnya: I was born in 1999 atau I was born in Bandung, May 3, 1999. Kemudian, apabila diikuti kata on, contohnya: I was born on August 2, 1999 atau I was born on 2nd August 1999.

b. Umur
Sebutkan umur kalian saat itu, misalnya: I am… years old

3)  Address

Sebutkan tempat tinggal kalian atau alamat kalian saat itu, seperti nama jalan dan sebagainya, untuk alamat asal contohnya:

  • I come from…
  • I am from…
  • I come from Madura
  • I am from Madura

Untuk tempat tinggal, contohnya:

  • Now, I stay…
  • Now, I live…

(Notes: dapat diikuti oleh in, on, atau at. Akan tetapi, perhatikan dari ketiga preposisi tersebut, penggunaannya cenderung berbeda)

  • Penggunaan in diikuti oleh negara, kota, desa. Biasanya untuk menjelaskan keberadaan seseorang dalam konteks geografi atau cakupannya lebih luas, untuk contoh: I stay in Jakarta atau I live in Indonesia.
  • Penggunaan on cakupannya agak sempit diikuti oleh nama jalan saja, contoh: I live on Sukasari Street atau I stay on Buah Batu Street.
  • Penggunaan at cakupannya lebih spesifik diikuti oleh alamat lengkap secara mendetail, contoh: I live at Mawar Street, No. 66, Surabaya.

4)  Job or Study (Pekerjaan atau Sekolah/Kuliah)

  • Sekolah, contohnya: I am student of… atau I study in…
  • Kuliah, menyebutkan nama universitas dan jurusan, contohnya: I am a student of… in major… atau I study in, my major is…
  • Sudah lulus sekolah atau kuliah, contohnya: I graduated from… in…
  • Pekerjaan, contohnya: I work in… as… (sebutkan tempat kerjanya dan posisi) atau I am a staff/manager (sesuaikan posisi pekerjaan) of…. Misalnya, I am a manager of PT. Karya Jaya

5) Interest

Bisa menyebutkan kegiatan yang kalian senangi atau hobi, misalnya:

  • My hobby is… (hobinya satu)
  • My hobby are… (hobi lebih dari satu)
  • I like…
  • My activities are…

 3. Closing (Penutup)

Teruntuk penutup, umumnya diakhiri dengan ucapan terima kasih, harapan, dan tentunya salam penutup. Contoh:

  • That’s about me… I hope… and have a great day. Thank you.
  • This is the end of my self introduction
  • I think enough, thanks for your attention.

Penjelasan di atas adalah langkah-langkah atau tahapan yang secara umum dan detail. Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam melakukan self introduction, itu semua tergantung pada, kondisi, lawan tutur, dan juga kepentingannya. Perhatikan pula saat kalian melakukan self introduction, kalian berada di dalam situasi formal atau informal.

Alangkah baiknya, agar kalian ada sedikit gambaran mengenai self introduction dalam bahasa Inggris, di bawah ini akan diberikan contoh-contoh dari self introduction dalam bahasa Inggris beserta artinya.

100 Language Function For Fluent English, Mahir Percakapan Bahasa Inggris

100 Language Function For Fluent English, Mahir Percakapan Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia
Merasa berbahasa Inggris kalian masih minim? Atau sering merasa kesulitan dalam belajar bahasa Inggris? Padahal sudah belajar bahasa Inggris sejak SD, bahkan hingga di Perguruan Tinggi. Buku berjudul 100 Language Functions for Fluent English dirancang bagi siapapun yang ingin meningkatkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris secara aktif dalam komunikasi sehari-hari.

Dengan berisikan 100 ungkapan yang relate dalam percakapan sehari-hari, tentunya buku ini akan membantu kalian dalam melakukan perkenalan diri atau self introduction dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, yuk, beli!

Contoh Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (Self Introduction)

Berikut adalah contoh-contoh self introduction dalam bahasa Inggris beserta artinya dan disesuaikan berdasarkan situasi, kondisi, lawan bicara, dan juga kepentingannya.

1. Self Introduction Profil Pribadi

Contoh melakukan self introduction yang pertama dapat dilakukan ketika kalian berada pada kondisi dan situasi harus memperkenalkan profil pribadi kalian. Berikut ini contohnya.

Good morning, everyone.

In this opportunity, please allow me to introduce myself. My name is Jojo Danuar, you can call me Jojo. I am the third child in my family, and I have 4 other siblings. I was born in Jakarta, December 2nd, 1999. Now, I live at Jalan Manggis number 14, South Jakarta.

I really like music and I have played the guitar since 6th grade. Now, I’ve made 4 songs and I’ve a dream to make a group band. I also want to share a stage with Maroon 5. I hope, my dream can come true.

My father works in the hospital and my mother is a housewife. That’s all I can say about this introduction. Thanks for your attention. Have a nice day.

Arti dalam bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semua.

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Jojo Danuar, Anda bisa panggil saja Jojo. Saya merupakan anak ketiga di keluarga dan saya memiliki 4 saudara kandung. Saya lahir di Jakarta, 2 Desember 1999. Sekarang, saya tinggal di Jalan Manggis Nomor 14, Jakarta Selatan.

Saya sangat menyukai musik dan saya bisa memainkan gitar sejak kelas 6 SD. Saat ini, saya sudah menciptakan 4 lagu dan saya memiliki harapan untuk membuat sebuah grup band musik. Saya juga ingin berada di satu panggung bersama Maroon 5. Saya harap, impian saya dapat tercapai.

Ayah saya bekerja di rumah sakit dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Itu yang dapat saya sampaikan di perkenalan ini. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga hari Anda menyenangkan.

2. Self Introduction sebagai Murid Baru

Berikut adalah contoh self introduction apabila kalian merupakan murid baru di sekolah atau kampus luar negeri atau sekolah internasional.



Good morning, everyone!

My name is Dinda Kirana. I am a new student at this university. I was born in Pekalongan, a small city in Indonesia, on January 6th, 1999. My hobbies are writing and reading. If there is a competition, I’d love to take part as long as it relates to my hobbies. I think that is my first step to achieve my goal of becoming a famous writer. That is all I can tell about myself. Thank you and nice to meet you.

Arti dalam bahasa Indonesia:

Selamat pagi, semua!

Nama saya Dinda Kirana. Saya seorang mahasiswa baru di universitas ini. Saya lahir di Pekalongan, sebuah kota kecil yang berada di Indonesia, pada 6 January 1999. Hobi saya menulis dan juga membaca. Apabila ada kompetisi, saya akan senang untuk mengikutinya selama itu berhubungan dengan hobi saya. Saya pikir itu akan menjadi langkah awal saya dalam mencapai tujuan saya untuk menjadi seorang penulis terkenal. Itu yang dapat saya ceritakan mengenai diri saya. Terima kasih dan senang bertemu kalian.

Easy English Conversation : Semua Bisa Berbicara dalam Bahasa Inggris

Easy English Conversation : Semua Bisa Berbicara dalam Bahasa Inggris

Beli Buku di Gramedia

Belajar bersama dengan buku Easy English Conversation ini, dapat membantu kalian dalam menguasai kemampuan komunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris. Buku dengan pengantar bahasa Indonesia ini, akan memudahkan para pemula dalam memahami isinya. Selain itu, di dalamnya juga memuat contoh dan latihan soal yang akan mengasah dan memperkuat kemampuan kalian. Mari belajar bahasa Inggris dengan buku ini!

3. Self Introduction sebagai Karyawan Baru

Apabila kalian seorang karyawan baru di suatu perusahaan, kalian bisa menggunakan contoh di bawah ini untuk melakukan self introduction.

Good afternoon.

Let me introduce myself. My name is Ruri. I am a new employee here. Previously, I had worked in various reputable companies in Jakarta. So, I will do my best for this company so that this company can make more progress and get a higher profit. I think enough, I hope we can work together as a team. Thanks for your attention.

Arti dalam bahasa Indonesia:

Selamat sore.

Perkenalkan diri saya. Nama saya Ruri. Saya seorang karyawan baru di sini. Sebelumnya, saya telah bekerja di berbagai perusahaan terkemuka di Jakarta. Jadi, saya akan berusaha melakukan yang terbaik untuk perusahaan ini sehingga perusahaan ini bisa melakukan kemajuan yang lebih banyak serta membuat keuntungan yang lebih tinggi. Saya rasa cukup, saya harap kita dapat bekerja bersama selaku satu tim. Terima kasih atas perhatiannya.

4. Self Introduction untuk Memulai Presentasi

Pada saat di perkuliahan, tentu kalian diharuskan untuk melakukan presentasi guna melaporkan hasil tugas kalian di depan kelas. Dalam situasi ini, sebenarnya banyak contoh yang dapat kalian terapkan, salah satunya di bawah ini.

Hello. Good morning, everyone. My name is Nuraini as a group leader. Today, I would like to convey my group’s research on linguistic sociocultural that we completed for one month.

 Arti dalam bahasa Indonesia:

Halo. Selamat pagi semua. Nama saya Nuraini selaku ketua kelompok. Hari ini, saya ingin menyampaikan penelitian kelompok saya mengenai linguistik sosiokultural yang telah kami selesaikan selama satu bulan.

5. Self Introduction untuk Menjelaskan Kesibukan yang Dijalani

Ketika kalian memperkenalkan diri, mungkin kalian juga akan ditanyakan mengenai kesibukan yang kalian jalani saat ini. Nah, sebagai gambaran atau referensi untuk kalian, kalian tentu bisa melihat contoh melakukan self introduction dalam bahasa Inggris dalam situasi tersebut.

Good afternoon. I am Letusha Gunawan. You can call me Ucha. I was born in Madura, May 25th, 1998. Now, I am managing a personal blog about trends and healthy lifestyles. If you’re interested, you can visit and read my article on my personal blog. I think enough. Thank you and have a great day.

Arti dalam bahasa Indonesia:

Selamat siang. Saya Letusha Gunawan. Anda bisa panggil saya Ucha. Saya lahir di Madura, 25 Mei 1998. Saat ini, saya sedang mengelola blog milik pribadi terkait tren dan juga gaya hidup sehat. Jika Anda tertarik, Anda bisa kunjungi dan baca artikel saya di blog pribadi milik saya. Saya rasa cukup. Terima kasih dan semoga harimu menyenangkan.

Itulah penjelasan mengenai self introduction, mulai dari pengertian, langkah-langkah atau cara melakukannya, hingga contoh-contoh self introduction.

Apabila Grameds ingin mengetahui lebih dalam mengenai self introduction ataupun pengetahuan lainnya terkait bahasa Inggris, kalian bisa membeli buku ataupun e-book sesuai dengan kebutuhan kalian di Gramedia.com dan Gramedia Digital.

Gramedia akan selalu hadir sebagai #SahabatTanpaBatas untuk menemani kalian dalam menggali ilmu. Semoga bermanfaat.

Ensiklopedia Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari (New Edition)

Ensiklopedia Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari (New Edition)

Beli Buku di Gramedia
Apabila kalian ingin belajar lebih dalam mengenai bahasa Inggris agar lancar berkomunikasi sehari-hari, buku di atas akan sangat tepat untuk kalian. Sesuai dengan judulnya, buku ini dibuat untuk membantu kalian dalam menguasai percakapan bahasa Inggris sehari-hari, termasuk dalam melakukan self introduction.

Terdapat materi di dalamnya yang disiapkan secara lengkap dan pastinya mudah dipahami. Buku ini menyediakan 585 situasi dan konteks perbincangan, 43 topik komunikasi yang sering muncul dalam komunikasi, idiom, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, kalian akan aktif berbahasa Inggris. Tertarik? Yuk, segera beli.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien