Bahasa Inggris

Materi Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat dan Soal

Written by Feby

Pengertian Future Perfect Tense

Future Perfect Tense adalah suau kalimat yang berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa yang mulai dikerjakan pada waktu lampau dan akan segera selesai pada waktu yang akan datang. Penggunaan future perfect tense adalah mencantumkan waktu yang jelas di masa depan. Misalnya dalam bentuk jam, next day, dll. Hal ini untuk memberikan kejelasan bahwa peristiwa tersebut akan selesai sebelum peristiwa lain terjadi.

Kapan memakai future perfect tense? Jawabannya adalah ketika kamu sedang ingin menyatakan hal yang akan dilakukan atau dikerjakan di masa lampau dan akan selesai di masa depan.

Tenses yang ada pada bahasa Inggris sangatlah beragam menyesuaikan dengan waktu penyampaiannya yang dapat semua kamu pelajari pada buku Pasti Bisa! Bahasa Inggris Communicative Teaching 12 Tenses Grammar Materials.

beli sekarang

Rumus Future Perfect Tense

Pada dasarnya rumus utama dari  future perfect tense dalam bentuk positif adalah subject + will + have + verb-3 + complement. Sementara itu, dalam bentuk negatif subject + will + not+ have + verb-3 + complement. Sedangkan dalam bentuk kalimat tanya menjadi will+ subject +  + have + verb-3 + complement?

Namun, seperti pada present perfect tense dan simple present tense, English Academy akan membagi rumus future perfect tenses ini dalam jenis kalimat nominal dan kalimat verbal. Jadi, kamu bisa simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini.

future perfect tense

pixabay

Rumus Verbal

Rumus verbal pada future perfect tense adalah  dalam bentuk positif (subject + will + have + verb-3 + complement), dalam bentuk negatif (subject + will + not+ have + verb-3 + complement), dalam bentuk kalimat tanya (will+ subject +  + have + verb-3 + complement?). Supaya lebih mudah dalam memahami rumus verbal pada future perfect tense, maka kamu bisa lihat contoh di bawah ini.

+

S + will + have + V3

-

S + will + not + have + V3

?

will + S + have + V3

(+) I will have graduated when we meet next year (Saya akan sudah lulus ketika kita bertemu tahun depan)
(-) I will have not taken the exam (Saya belum akan mengikuti ujian)
(?) Will he have done it by this evening? (Sudahkah dia akan menyelesaikannya sore ini?)

(+) I will have watched movie The Batman (Saya akan sudah menonton film The Batman)
(-) I will not have not watched movie The Batman (Saya belum akan menonton film The Batman)
(?) Will he have watched movie The Batman (Sudahkah dia akan menonton film The Batman?)

Rumus Nominal

Rumus nominal pada kalimat future perfect tense dalam bentuk kalimat positif (subject + will + have + been + complement), kalimat negatif (subject + will + not+ have + been + complement), dan kalimat tanya atau kalimat interogratif (will + subject + have + been + complement?).

(+) I will have been at your house when the party starts (Saya akan sudah berada di rumahmu ketika pesta dimulai)
(-) I will have not been there by this evening (Saya belum akan berada disana soe ini)
(?) Will you have been here tonight? (Akankah kamu sudah disini malam ini?)

Ciri-Ciri Future Perfect Tense

Setelah membahas rumus dari future perfect tense, maka pembahasan selanjutnya adalah ciri-cirinya.

  • Kalimat future perfect tense dalam bentuk kalimat nominal setelah have akan ada verb ketiga dari “be”, yakni been. Oleh sebab itu, pada rumus kalimat ini, tidak menggunakan kata kerja regular atau irregular yang berufungsi untuk memberikan penjelasan terhadap suatu tindakan atau peristiwa secara jelas.
  • Pada rumus kalimat verbal, penulisan kata kerja diubah menjadi verb ketiga dengan memberikan imbuhan tambahan, yaitu “ed”. Imbuhan “ed” ini diletakkan pada akhir dari kata kerja yang ada di dalam kalimat.
  • Pada semua subjek yang digunakan pada kalimat future perfect tense menggunakan have, baik itu subjek singular atau plural. Adapun subjek singular, seperti (I, she, he, dan it) dan subjek plural, seperti (you, we, dan they).

Fungsi Future Perfect Tense

Future perfect tense memiliki fungsi berupa membicarakan atau membahas tentang suatu kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi di masa depan. Oleh karena itu, ketika menggunakan tense ini, seolah-olah kita sedang memikirkan atau membayangkan seseorang atau diri sendiri di masa depan. Selain itu, tense ini juga membicarakan tentang suatu tindakan atau kejadian yang akan selesai di waktu sesudah sekarang. Secara sederhana, future perfect tense ini berfungsi untuk mengungkapkan ekspresi waktu yang berkaitan dengan masa depan.

Cara Membuat Future Perfect Tense

Future Perfect tense bisa dibilang gampang-gampang susah karena kita perlu memerhatikan verb ketiga dari kata kerja (verb). Selain itu, struktur kalimat juga perlu diperhatikan, seperti kalimat positif, kalimat negatif menggunakan “not”, dan penggunaan pada kalimat tanya. Berikut ini cara membuat kalimat future perfect tense.

1. Harus lihat rumus, ingin menggunakan rumus verbal atau rumus nominal

2. Mengikuti struktur dari setiap rumus (verbal atau nominal)

3. Perhatikan penggunaan kata kerja dalam bentuk verb ketiga

Keterangan Waktu Future Perfect Tense

by next … : menjelang … depan
by next week : menjelang minggu depan
by Sunday : menjelang hari Minggu
by tomorrow : menjelang besok
by next month : menjelang bulan depan

Penggunaan tenses untuk menggambarkan keterangan waktu sangatlah penting, seperti penggunaan kata keterangan waktu di atas sebagai keterangan waktu future tense. Hal ini dapat Grameds pelajari lebih mudah melalui buku The 1st Students Choice Changing Times Changing Tenses.

beli sekarang

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

I will not have graduated next May (Saya belum akan lulus bulan Mei depan)
The work will not have been finished next month (Tugas itu belum akan selesai bulan depan besok)
I will not have been at your house tomorrow (Saya belum berada di rumahmu besok)
Will you have graduated next May? (Apakah kamu sudah lulus bulan Mei depan?)
Rina will have done her home work (Rina sudah akan mengerjakan pekerjaan rumahnya)
I will have left at 9 p.m (Saya sudah akan pergi pada pukul 9 malam)
He will have posted 100 images next week (Dia akan menerbitkan 100 gambar Minggu depan)

Agar dapat lebih memahami penggunaan simple future tense, Grameds dapat embaca buku Our Holiday Trip: All About Future Tense yang mengemas pembelajaran tentang tense menjadi rangkaian cerita yang menarik.

beli sekarang

Contoh Soal Future Pefect Tense

Melalui latihan soal kamu dapat langsung mengetahui mana jawaban yang benar dan salah serta mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 merupakan pilihan yang tepat dengan berbagai soal beragam dan pembahasannya.

beli sekarang

Soal 1

She … the meeting room by 12 ‘oclock.

A. will have left

B. will left

C. is leaving

D. was left

Pembahasan : Pada pertanyaan terdapat keterangan waktu yang spesifik yaitu 12 o’clock, maka kalimat bisa menggunakan future perfect tense dengan rumus S + will + have + V3. Jadi jawabannya adalah A.

Soal 2

They … their study by evening

A. finished

B. will have finished

C. will has finished

D. are finishing

Pembahasan : Pada pertanyaan terdapat keterangan waktu yang spesifik yaitu by evening, maka kalimat bisa menggunakan future perfect tense dengan rumus S + will + have + V3. Jadi jawabannya adalah B.

Soal 3

Will we … it tomorrow?

A. do

B. did

C. are doing

D. have done

Pembahasan : Pada pertanyaan terdapat keterangan waktu yang spesifik yaitu tomorrow, maka kalimat tersebut bisa menggunakan future perfect tense dengan rumus will + S + have + V3. Jadi jawabannya adalah D.

Soal 4

I will … when we meet next year.

A. graduate

B. graduated

C. have graduated

D. graduates

Pembahasan : Pada pertanyaan terdapat keterangan waktu yang spesifik yaitu next year, maka kalimat bisa menggunakan future perfect tense dengan rumus S + will + have + V3. Jadi jawabannya adalah C.

Soal 5

Will my mom … ?

A. slept

B. sleep

C. have slept

D. will slept

Pembahasan : Kalimat tanya future perfect tense susunannya adalah will + S + have + V3. Maka jawabannya adalah yang C.

Perlu digaris bawahi, future perfect tense sedikit memiliki kemiripan dengan simple future tense. Namun, jika kalimat yang konteksnya merupakan future perfect tense, maka gunakanlah keterangan waktu yang spesifik.

Apa yang dimaksud future perfect tense?

Future Perfect Tense Menyatakan suatu peristiwa yang mulai dikerjakan pada waktu lampau dan akan segera selesai pada waktu yang akan datang. Penggunaan future perfect tense adalah mencantumkan waktu yang jelas di masa depan. Misalnya dalam bentuk jam, next day, dll. Hal ini untuk memberikan kejelasan bahwa peristiwa tersebut akan selesai sebelum peristiwa lain terjadi.

Kapan future perfect tense dipakai dalam kalimat?

Penggunaan future perfect tense adalah mencantumkan waktu yang jelas di masa depan. Misalnya dalam bentuk jam, next day, dll. Hal ini untuk memberikan kejelasan bahwa peristiwa tersebut akan selesai sebelum peristiwa lain terjadi.

Bagaimana cara merumuskan future perfect tense?

Future Perfect tense bisa dibilang gampang-gampang susah karena kita perlu memerhatikan verb ketiga dari kata kerja (verb). Selain itu, struktur kalimat juga perlu diperhatikan, seperti kalimat positif, kalimat negatif menggunakan “not”, dan penggunaan pada kalimat tanya.  1. Harus lihat rumus, ingin menggunakan rumus verbal atau rumus nominal 2. Mengikuti struktur dari setiap rumus (verbal atau nominal) 3. Perhatikan penggunaan kata kerja dalam bentuk verb ketiga

Kapan will have digunakan?

Pada saat membuat kalimat future perfect tense



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien