Bahasa Inggris

Kamus Bahasa Inggris Paling Populer untuk Belajar Bahasa Inggris

Written by Wida Kurniasih

Kamus Bahasa Inggris Paling Populer – Kebutuhan bahasa Inggris saat ini hampir menjadi prioritas bagi beberapa orang. Guna meningkatkan kualitas diri, mempelajari bahasa Inggris menjadi hal yang wajib dilakukan. Utamanya bagi para profesional yang ingin mengembangkan bisnisnya hingga ke luar negeri dan juga para pelajar yang hendak mencari ilmu ke negara maju.

Maka dari itu, tak heran jika mulai dari balita, anak-anak sudah mulai dikenalkan dengan bahasa ini. Kebutuhan yang semakin tinggi itu nyatanya juga dibarengi dengan fasilitas belajar bahasa Inggris yang semakin banyak. Kalian bisa belajar dari mana saja, baik melalui buku maupun internet.

Namun saat hendak memulai belajar bahasa, kamus menjadi hal penting yang wajib dimiliki. Kamus bahasa Inggris paling populer saat ini bisa menjadi rekomendasi paling tepat bagi kalian mengembangkan kemampuan berbahasa. Untuk mengetahui apa saja kamus tersebut, simak ulasan berikut ya.

5 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Paling Populer

Saat ini ada banyak sekali kamus yang bisa kalian pakai untuk belajar bahasa Inggris. Namun barangkali tak semua kamus itu cocok untuk para pemula, atau untuk kalian yang sudah menguasai bahasa Inggris dan ingin mengembangkannya. Maka dari itu, sebagai pertimbangan membeli kamus, berikut adalah rekomendasi kamus bahasa Inggris yang paling populer beserta review isinya.

1. Kamus Inggris Indonesia Edisi yang Diperbarui – John Echols & Hasan Shadily

beli sekarang

Kamus bahasa Inggris paling populer pertama adalah Kamus Bahasa Inggri karya John Echols dan Hassan Shadily. Kamus ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1975, dan termasuk salah satu kamus paling laris di pasaran dan banyak digunakan di sekolah-sekolah umum. Selain karena kelengkapan isinya yang disebut-sebut nomor satu, kamus ini juga sudah melalui beberapa kali revisi. Sehingga kualitas isiannya tak perlu diragukan lagi.

Bagi para pemula yang ingin menguasai banyak kosakata, maka kamus yang Edisi yang Diperbarui ini menjadi pilihan yang tepat. Isinya pun tak hanya terjemahan kata saja, melainkan juga turunan dari kata kerja, kata sifat, kata benda, dan lain-lain.

Dulunya, Hasan Shadily merupakan seorang pewarta berita, sementara John Echols adalah mantan tentara Amerika Serikat. Keduanya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, sehingga kemudian berkolaborasi untuk menciptakan sebuah kamus. Kamus Inggris Indonesia populer ini sudah diterbitkan sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1975, 2014, dan 2015.

2. Kamus Indonesia Inggris Edisi Ketiga yang Diperbarui – John M. Echols, Hasan Shadily

beli sekarang

Bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris, kamus menjadi pegangan penting. Jikahttps://www.gramedia.com/products/kamus-indonesia-inggris-edisi-ketiga-yang-diperbarui-hc-1 kalian ingin sungguh-sungguh belajar, tak hanya kamus bahasa Inggris – Indonesia yang bisa dipakai, kalian juga dapat menggunakan kamus Indonesia – Inggris.

Salah satu kamus yang recomended untuk kalian pakai adalah Kamus Indonesia Inggris karya John Echols dan Hassan Shadily. Kenyamanan setiap orang dalam mempelajari bahasa memang berbeda-beda. Ada yang lebih memilih kamus Inggris Indonesia, ada pula yang menggunakan kamus Indonesia Inggris. Kalian bisa saja memilih salah satunya.

Kamus Indonesia Inggris yang diterbitkan tahun 2014 dan 2015 ini dilengkapi dengan banyak sekali kosa kata. Tak hanya itu, kalian juga akan menemukan arti kata beserta turunannya, seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, dan lain-lain. Jadi, bagi kalian yang masih pemula, kamus ini akan sangat membantu dalam mempelajari setiap kata.

Apalagi saat awal belajar, tentunya kalian akan lebih sering membuat esai berbahasa Indonesia yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris sebagai salah satu metode belajar. Kamus ini merupakan kamus yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

3. Paperback Oxford English Dictionary – Oxford University Press

beli sekarang

Paperback Oxford English Dictionary merupakan kamus bahasa Inggris paling populer berikutnya yang harus kalian punya. Paperback Oxford ini juga diterbitkan langsung oleh Oxford University Press. Kamus ini termasuk salah satu kamus bahasa Inggris terbaik yang pernah ada. Isi di dalamnya mengandung pembahasan yang sangat lengkap dan mendalam.

Namun tingkatan pembahasannya memang cukup sulit, terutama bagi kalian yang belum menguasai bahasa Inggris secara dasar. Jadi kamus ini lebih ditujukan bagi mereka yang sudah menguasai bahasa Inggris dasar dan ingin meningkatkan kemampuan berbahasanya. Dengan mempelajari kamus ini, kemampuan kalian dijamin akan berkembang dengan baik.

Di dalam paperback Oxford ini ada sekitar 120 ribu kata berbahasa Inggris dilengkapi juga dengan definisinya panjangnya. Melalui kamus ini, tak hanya kata saja bisa dipelajari, namun juga makna dan definisi dari kata tersebut. Termasuk juga penggunaan kata atau waktu yang tepat untuk memakai kata tersebut. Wah, lengkap sekali bukan? Maka dari itu, buku dengan 1056 halaman ini wajib kalian miliki jika ingin lebih dalam mempelajari bahasa Inggris.

4. Kamus Pocket Bahasa Inggris – Kirizki Setiana

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

beli sekarang

Kamus berikutnya yang juga bisa menambah kemampuan berbahasa Inggris kalian adalah kamus pocket bahasa Inggris karya Kirizki Setiana. Jangan salah, orang Indonesia ternyata juga memiliki bakat yang luar biasa. Kamus pocket ini diciptakan oleh Kirizki yang merupakan orang Indonesia.

Kamus yang diterbitkan oleh Quantum ilmu ini berisi arti kata, pelafalan, ejaan, dan lain sebagainya. Dengan bentuknya yang ramping, kalian akan lebih mudah belajar bahasa Inggris di mana pun. Selain itu, kualitas isi di dalamnya juga tak perlu diragukan lagi.

Kamus saku yang terbit tahun 2018 ini memiliki penjelasan yang lugas dan sederhana. Sehingga sangat mudah dipahami, bahkan bagi kalian yang baru hendak memulai belajar bahasa. Pembahasannya yang disampaikan Kirizki tidak bertele-tele, sehingga lebih mudah dicerna.

Selain itu, buku bersampul biru ini juga akan menambah kemampuan kalian dalam mempelajari percakapan sehari-hari. Kamus kecil ini memang tidak selengkap Oxford Dictionary, namun kata-kata di dalamnya adalah kata-kata yang paling sering digunakan. Sehingga sangat recomended untuk para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris.

5.  Cambridge English Pronouncing Dictionary – Daniel Jones, Peter Roach, Jane Setter, John Esling

Kamus Bahasa Inggris Paling Populer berikutnya adalah Cambridge English Pronouncing Dictionary. Buku satu ini  diterbitkan langsung oleh Cambridge University Press. Buku yang diterbitkan pada  tahun 2011 ini berisi tentang pelafalan kata. Bagi kalian yang sudah merasa memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan baik, kamus satu ini sangat recommended untuk dimiliki.

Kamus ini lebih dikhususkan bagi kalian yang hendak mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Terutama untuk belajar aksen pelafalan setiap kata, baik itu aksen american english maupun british english. Buku karangan Daniel Jones dan timnya ini akan sangat membantu kalian dalam mempelajari kosakata dan pelafalan.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Secara keseluruhan ada sekitar 230 ribu kata bahasa Inggris, termasuk nama dan frasa yang dilengkapi dengan cara melafalkan. Jika kalian sedang berlatih untuk meningkatkan kemampuan berbicara, tentu aksen dan pelafalan sangat penting dipelajari. Jadi, dengan buku ini, kalian bisa meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara. Apalagi bagi yang hendak menggunakan bahasa Inggris dalam ranah profesional.

BACA JUGA: Belajar Regular Verb & Contoh Regular verb

Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin berkembangnya zaman, juga membuat perkembangan buku semakin pesat. Begitu juga dengan kamus bahasa Inggris, dengan meningkatnya pengguna, maka kamus pun semakin banyak. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mengetahui kamus seperti apa yang dibutuhkan.

Sehingga dapat memaksimalkan penguasaan bahasa Inggris sesuai dengan tahapnya. Karena setiap kamus memiliki kriteria sendiri, seperti jumlah kosakata, jenis isiannya, kelengkapan, harga dan termasuk juga kepraktisannya. Bagi kalian yang hendak membeli kamus berbahasa Inggris, berikut tips memilihnya.

1. Pilih ukuran kamus berdasarkan kebutuhan

Ada dua kamus yang bisa menjadi pilihan, satu kamus saku, dan kedua kamus buku. Kedua kamus ini sama-sama dapat menambah kemampuan berbahasa. Mari kita bahas satu per satu. Mulai dari Kamus Saku, di mana kamus ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai travelling.

Sekali dayung dua pulau terlampaui, selain bisa berlibur, dengan membawa kamus saku, kalian juga bisa sambil belajar kosakata. Kamus saku berukuran kecil, sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku celana, jaket, atau baju.

Selain mudah dibawa ke mana-mana, kalian tak perlu ragu dengan kelengkapan isinya. Kamus pocket atau saku saat ini isinya juga sangat lengkap. Bentuknya kecil karena isinya yang justru lebih ringkas, to the point, dan juga disesuaikan dengan kalimat yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Meskipun isiannya tidak selengkap kamus buku, namun sangat efektif untuk para pemula yang sedang belajar kosakata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi kalian yang memiliki masalah penglihatan, mungkin tulisan kecil pada kamus saku kurang cocok digunakan.

Jika kalian ingin kamus yang lebih lengkap, maka pilihan kedua adalah kamus buku. Ukurannya tentu saja jauh lebih besar dan tebal jika dibanding kamus saku. Seperti kebanyakan kamus lain, kamus buku berbahasa Inggris juga memiliki isian yang padat, full text, dan berukuran tebal.

Kamus tipe ini sangat cocok untuk kalian gunakan belajar di rumah. Baik itu untuk menambah kosakata maupun untuk menerjemahkan esai berbahasa Inggris atau membuat sendiri esai berbahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Selain itu kamus buku juga tak hanya berisi terjemahan kosa kata saja. Sudah ada banyak kamus yang membahas antonim, sinonim, maupun yang berisi pelajaran lengkap tentang bagaimana menggunakan kata dan membuat kalimat berbahasa Inggris.

2. Pilihlah kamus berdasarkan kelengkapan isinya

Saat memilih kamus, kalian juga harus memperhatikan isinya. Selain itu, kalian juga perlu mempertimbangkan kebutuhan penggunaan kamus. Dengan ketebalan yang berbeda-beda, kamus ini juga mempunyai isian yang berbeda pula.

Apabila kalian adalah pemula, sebaiknya pilih kamus yang memberikan arti kata, cara menggunakan kata, dan juga pelafalannya. Lalu jika kalian sudah menguasai bahasa Inggris dasar, dan ingin lebih meningkatkan kemampuan berbicara, pilihlah kamus seperti Cambridge English Pronouncing. Isian kamus tersebut tentu jauh lebih bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar aksen British maupun Amerika.

Kamus yang tebal tentu memiliki isi yang jauh lebih lengkap. Dan biasanya juga dilengkapi dengan pembahasan lengkap. Ada pula kamus yang lebih kecil atau tipis, biasanya berisi definisi kata saja.

Atau ada pula kamus yang berisi pembahasan tentang percakapan dan balasannya yang biasa digunakan sehari-hari dalam bahasa Inggris. Kamus semacam ini barangkali cocok dipakai sebagai panduan oleh mereka yang suka bepergian, baik untuk menawar barang atau sekedar bertanya alamat. Jadi, jangan lupa melihat kebutuhan isi kamus sebelum membelinya ya.

3. Perhatikan usia pengguna kamus

Kamus bahasa Inggris saat ini juga tersedia untuk berbagai macam usia, mulai dari balita sampai usia dewasa. Sebab saat ini, tak hanya remaja atau orang dewasa saja yang ingin belajar bahasa. Anak kecil maupun orang tua juga banyak yang ingin belajar bahasa Inggris. Jadi, ketika membeli kamus, lihat pula rekomendasi usianya.

Bagi anak-anak tentu saja kamus yang disediakan akan jauh lebih berwarna. Pembahasannya juga sangat ringan, karena hanya sekedar mengenalkan dasarnya saja. Isinya biasanya mengenai bahasa Inggris benda-benda di sekitar mereka, seperti hewan, buah, sayur, alat mandi, alat sekolah, angka, dan lain-lain. Supaya anak lebih tertarik, kalian juga bisa memilih kamus yang mempunyai gambar berwarna. Dengan begitu, mereka akan jauh lebih semangat untuk mempelajari setiap kosakata.

Lalu bagi anak-anak yang sudah memasuki jenjang sekolah, kamus yang dibutuhkan pun berbeda lagi. Ukurannya pasti lebih tebal, karena informasi yang dibutuhkan sudah lebih banyak dan kompleks. Terutama bagi siswa yang sudah memasuki jenjang SMP sederajat dan SMA sederajat. Apalagi, di masa-masa inilah kalian bisa mendorong hafalan kosakata.

4. Jangan lupa untuk mengecek reputasi dan membeli kamus asli

Kamus bahasa Inggris paling populer sekalipun saat ini sudah cukup banyak. Apalagi embel-embel pada judul yang dipakai juga sangat menggiurkan, seperti “cepat menguasai bahasa Inggris”, ” Belajar bahasa dalam 24 jam”, “kamus terlengkap”, dan sebagainya.

Jangan sampai kalian terkecoh oleh judulnya saja tanpa melihat kualitas isiannya. Sebelum membeli kamus tersebut, kalian bisa mencari reviewnya di internet lebih dulu. Lihat siapa penerbitnya, penulis, reputasi, dan juga latar belakang atau review kamus tersebut. Dengan begitu, kalian tak akan tertipu dengan kamus bajakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan kalian.

Nah, itulah tadi rekomendasi kamus bahasa Inggris paling populer yang bisa kalian pakai. Penggunaan kamus perlu disesuaikan dengan kebutuhan, jadi jangan asal pilih saat membelinya.

Buku Lainnya:

Kamus Indonesia - Inggris Edisi Ketiga Yang Diperbarui

Kamus Indonesia – Inggris Edisi Ketiga Yang Diperbarui

Beli Buku di GramediaBACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien