Sejarah

10 Manfaat Belajar Sejarah Dalam Kehidupan Sehari-Hari!

manfaat belajar sejarah
Written by Pandu

Manfaat Belajar Sejarah – Ada sebuah kutipan dari tokoh besar kemerdekaan kita yaitu dari presiden pertama republik Indonesia Bung Karno yang berbunyi “Jas Merah” yang merupakan singkatan dari kata “Jangan sekali-sekali Melupakan Sejarah”.

Dari kutipan tersebut menjelaskan kepada kita bahwasanya peran penting sejarah sangat berdampak besar bagi sebuah kehidupan baik kehidupan sebuah bangsa dan dunia. Setiap perjalanan hidup seseorang baik yang terjadi di masa lalu maupun yang terjadi di masa kini adalah sebuah bagian dari sejarah maka dari itu kita tidak boleh melupakan sejarah karena itulah yang membentuk pribadi seseorang saat ini.

Apa yang terjadi di dunia juga merupakan sejarah yang tidak kalah penting untuk dipelajari dan dimaknai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sejarah kelam yang pernah terjadi patut kita ingat dan tandai agar kejadian yang sama tidak terjadi di kemudian hari. Berbeda lagi, jika sejarah indah yang terjadi di masa lalu ada harapan atau upaya dari kita untuk mencoba mengukir ulang sejarah indah tersebut kembali pada masa yang sekarang.

Sejarah merupakan ilmu yang sangat penting dengan kaitannya mengenai perkembangan manusia, budaya, serta teknologi maju yang sudah dapat kita nikmati seperti saat ini. Dengan mempelajari sejarah dalam kehidupan kita jadi bisa lebih memaknai hidup lebih hati-hati dan menjadi refleksi bagi kita untuk memulai kehidupan yang lebih baik di masa kini dan yang akan datang.

Namun tahukah kalian mengenai manfaat penting belajar sejarah dalam kehidupan sehari-hari? Jika kalian ingin mengetahui tentang sejarah dan tertarik untuk mempelajarinya pada pembahasan kali ini kami akan mencoba membahas mengenai manfaat penting belajar sejarah dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya pembahasannya akan kami jelaskan dibawah ini.

Definisi dari Sejarah

Sebelum lebih jauh kita membahas mengenai manfaat penting belajar sejarah ada baiknya kita terlebih dahulu memahami definisi dari kata sejarah itu sendiri. Sejarah (bahasa Yunani: ἱστορία, historia (artinya “mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian”; bahasa Arab: تاريخ, tārīkh; bahasa Jerman: geschichte) adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.

Dalam bahasa Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tarikh, tambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Ini adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini.

Istilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, tetapi sering kali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia. Para sarjana yang menulis tentang sejarah disebut ahli sejarah atau sejarawan. Peristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis disebut Prasejarah.

Sejarah juga dapat mengacu pada bidang akademis yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan peristiwa masa lalu dan secara objektif menentukan pola sebab dan akibat yang membentuk mereka. Ahli sejarah terkadang memperdebatkan sifat sejarah dan kegunaannya dengan membahas studi tentang ilmu sejarah sebagai tujuan itu sendiri dan sebagai cara untuk memberikan “pandangan” pada permasalahan masa kini.

Cerita umum untuk suatu budaya tertentu, tetapi tidak didukung oleh pihak luar (seperti cerita seputar Raja Arthur) biasanya diklasifikasikan sebagai warisan budaya atau legenda, karena mereka tidak mendukung “penyelidikan tertarik” yang diperlukan dari disiplin sejarah. Herodotus, abad ke-5 SM ahli sejarah Yunani dalam masyarakat Barat dianggap sebagai “Bapak Sejarah” dan bersama dengan kontemporer Thucydides, membantu membentuk dasar bagi studi modern sejarah manusia.

Kiprah mereka terus dibaca hingga hari ini dan kesenjangan antara budaya Herodotus dan Thucydides militer yang berfokus tetap menjadi titik pertikaian atau pendekatan dalam penulisan sejarah modern. Menurut tradisi Timur, sebuah kronik negara Chun Qiu diketahui telah disusun sedini 722 SM. SM, meskipun teksnya berasal dari abad ke-2 SM. selamat. Pengaruh zaman kuno  membantu menjelaskan variasi germinal fitur sejarah yang telah berkembang selama berabad-abad dan terus berubah hingga hari ini.

Studi sejarah modern  mulai berkembang dan terdiri dari studi bidang tertentu dan studi item tertentu atau  tematik dalam studi sejarah. Biasanya, sejarah diajarkan sebagai bagian dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan studi akademis sejarah adalah mata pelajaran sains utama dalam studi akademis.

Berdasar latar belakangnya sejarah secara harfiah berasal dari kata Arab (شجرة, syajaratun) yang berarti pohon. Dalam bahasa Arab, sejarah itu disebut hari (تا). Kata tanggal dalam bahasa Indonesia berarti menambah atau mengurangi waktu atau penanggalan. Kata sejarah lebih dekat dengan bahasa Yunani, yaitu historia yang berarti pengetahuan atau orang cerdas. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang dekat dengan referensi tersebut adalah Geschichte yang artinya telah terjadi.

Dari segi bahasa-bahasa Eropa, asal usul istilah sejarah yang digunakan dalam sastra Indonesia memiliki beberapa variasi, namun banyak yang setuju bahwa istilah sejarah berasal dari sejarah Yunani. Dalam bahasa Inggris disebut history, French historie, Italian slorie, Jerman geschichte yang artinya apa yang terjadi, dan dalam bahasa Belanda disebut gescheiedenis.

Istilah ini masuk ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1390 sebagai “hubungan peristiwa, cerita”. Dalam bahasa Inggris Cina, itu berarti “sejarah” secara umum. Pembatasan  arti “laporan peristiwa masa lalu” muncul pada akhir abad ke-15. Istilah itu tetap dalam arti Yunani  pada saat yang sama ketika Francis Bacon menggunakan istilah itu pada akhir abad ke-16, ketika ia menulis tentang “Sejarah Alam”.

Baginya, sejarah adalah “pengetahuan tentang objek yang ditentukan oleh ruang dan waktu”, jadi pengetahuan semacam ini disediakan oleh ingatan (sementara sains disediakan oleh akal dan puisi).ca didukung oleh fantasi).

Melihat makna linguistik dari berbagai bahasa di atas, dapat ditekankan bahwa konsep sejarah dikaitkan dengan waktu dan peristiwa. Karena waktu penting dalam memahami suatu peristiwa,  sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan  periodisasi.

Dalam  ekspresi bahasa sintetis vs. dikotomi analisis/isolasi, (史 versus) sekarang menunjukkan kata lain untuk sejarah manusia atau penceritaan secara umum. Dalam bahasa Jerman, Prancis, dan beberapa bahasa Jermanik dan Roman, kata yang sama masih digunakan untuk  kata “historis” dan “histrorikal” membuktikan kata sifat sejarah dari tahun 1661, dan kata sifat sejarah dari tahun 1669.

Seseorang yang menggeluti pekerjaan sebagai ahli sejarah dalam arti lain disebut “Sejarawan” dibuktikan sejak tahun 1531. Dalam semua bahasa Eropa, “sejarah” masih digunakan untuk menggunakan kata-kata “apa yang terjadi pada kita.” orang”, dan “studi ilmiah tentang apa yang terjadi” , arti yang terakhir kadang-kadang dibedakan dengan huruf kapital, “Sejarah”, atau kata sejarah.

manfaat belajar sejarah

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

1. JV Bryce

Sejarah adalah catatan tentang apa yang dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan manusia.

2. WH Walsh

Sejarah berfokus pada dokumen yang signifikan dan penting bagi orang-orang. Catatan tersebut mencakup tindakan dan pengalaman manusia di masa lalu di bidang-bidang penting sehingga menjadi cerita yang bermakna.

3. Patrick Gardiner

Sejarah adalah studi tentang apa yang telah dilakukan manusia.

Roeslan Abdulgani. untuk mengevaluasi dan menentukan keadaan saat ini dan memandu proses masa depan.

4. Moh. Yamin

Sejarah adalah ilmu yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan beberapa fakta yang dapat dibuktikan dengan fakta material.

5. Ibn Khaldun (1332–1406)

Sejarah didefinisikan sebagai catatan masyarakat manusia secara keseluruhan atau peradaban manusia yang telah terjadi dalam watak/sifat masyarakat tersebut.

6. R.Moh. Ali

Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Sejarah Indonesia menekankan pengertian sejarah sebagai berikut:

  • Banyaknya perubahan, peristiwa atau kejadian dalam realitas di sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan, perkembangan atau perkembangan realitas di sekitar kita.
  • Sains bertanggung jawab untuk menyelidiki perubahan, peristiwa dan/atau kejadian dalam realitas di sekitar kita.

Manfaat Belajar Sejarah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Membantu memahami identitas

Manfaat lain dari mempelajari sejarah adalah dapat membantu dalam memahami identitas. Identitas yang dimaksud dapat dikaitkan dengan banyak hal yang berbeda.

Dari identitas negara, keluarga, kelompok atau organisasi konstituen. Bagaimana itu berkembang dari waktu ke waktu untuk membentuk identitas sebagai  gambaran umum  dapat dilihat.

2. Membantu memahami peristiwa terkini

Keuntungan mempelajari lebih banyak sejarah adalah dapat membantu memahami peristiwa terkini. Dalam hal ini, berbagai jenis peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu dapat menjadi cerminan dari apa yang terjadi saat ini.

Misalnya, bagaimana perang di Eropa menjadi  penting dan mempengaruhi seluruh dunia. Bagaimana Hitler memperoleh dan mempertahankan kekuasaan mempengaruhi pembentukan sistem politik dunia saat ini.

3. Menjadi  warga negara yang berwawasan

Minat belajar sejarah tidak kalah pentingnya, yaitu mampu menjadi warga negara yang berwawasan. Sejarah dapat membantu orang menjadi warga negara yang lebih terinformasi melalui kemudahan akses yang dapat dimiliki seseorang saat ini.

Pengetahuan ini membantu orang  berperan aktif dalam forum politik melalui debat pendidikan dan dengan menyempurnakan keyakinan dasar masyarakat. Melalui pengetahuan sejarah, warga bahkan dapat mengubah sistem kepercayaan lama yang dianut sebelumnya.

4. Mengetahui peristiwa atau kejadian masa lalu

Keuntungan mempelajari sejarah adalah  mengetahui secara rinci dan tepat apa, siapa, kapan, di mana, dan dampak dari peristiwa tersebut. Dengan cara ini kita dapat menambah informasi dan pengetahuan tentang fakta atau peristiwa  tertentu.

Sejarah mencakup banyak hal tidak hanya tentang pendudukan Indonesia tetapi juga tentang perang dunia, peradaban Islam, revolusi industri, dll.

5. Terinspirasi oleh masa lampau atau sejarah

Sebuah cerita atau cerita tentang suatu peristiwa sejarah juga dapat dijadikan  inspirasi bagi seseorang atau bahkan suatu negara. Sebagai contoh, Indonesia yang telah dijajah selama ratusan tahun harus terinspirasi oleh peristiwa bersejarah ini untuk bertindak lebih baik.

Inspirasi yang dimaksud dapat berupa pikiran atau tindakan, peristiwa/kejadian, seni, budaya dan karya lainnya. Kisah-kisah sejarah tentang para pahlawan yang membela tanah air mereka juga bisa menjadi sumber inspirasi yang bagus.

6. Manfaat Bagi Profesi

Penelitian sejarah juga merupakan  profesi bagi beberapa sejarawan seperti guru, arkeolog, antropolog, filsuf, penulis buku sejarah, dll.

Beberapa orang dalam profesi yang berhubungan dengan sejarah dipaksa untuk mempelajari peristiwa sejarah di masa lalu. Misalnya, seorang penulis  harus  terlebih dahulu menganalisis kebenaran dan keabsahan peristiwa sejarah.

7. Sebagai media pendidikan dan pembelajaran

Sejarah merupakan salah satu media atau alat bantu belajar di sekolah dan  sarana pendidikan bagi siswa. Belajar sejarah membuat kita tahu dan mengerti siapa sejarah masa lalu dan orang-orang yang terkait dengannya.

Selain itu, juga berfungsi sebagai panduan teoritis untuk memberikan pemahaman tentang generalisasi dan konsep tentang peristiwa masa lalu.

8. Memberikan kemampuan analisis yang baik

Informasi tentang peristiwa  masa lalu dapat dikumpulkan melalui monumen atau cerita dari sumber. Namun, meneliti dan menemukan suatu peristiwa sejarah tidak semudah yang dipikirkan orang.

Peristiwa sejarah harus dianalisis dengan menggunakan metode ilmiah mengenai kebenaran cerita, sehingga dapat memberikan kemampuan analisis yang lebih baik.

9. Sebagai sarana hiburan atau rekreasi

Penelitian sejarah juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan atau rekreasi  karena dapat mendatangkan kegembiraan batin. Memang, peristiwa sejarah akan membawa kita pada petualangan yang melampaui batas ruang dan waktu dan membayangkan tempat/kondisi  masa lalu.

Selain itu, ada berbagai bentuk hiburan seperti seni  atau tulisan yang dapat digunakan untuk hiburan dan juga untuk pembelajaran. Peninggalan seperti prasasti dan sejenisnya dianalisis tidak hanya  untuk mengetahui nilai cerita, tetapi juga untuk mempelajari seni bahasa.

Dahulu juga ada seni kekanak-kanakan atau puisi karya penulis sejarah yang dapat menjadi sarana hiburan dan hiburan serta dapat dipelajari.

10. Sebagai Pedoman Negara dan Negara

Sejarah dapat dijadikan sebagai sumber wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana menyikapi politik dalam kehidupan bernegara. Peristiwa masa lalu dapat dijadikan pelajaran  dan  pedoman bagi bangsa.

manfaat belajar sejarah

Fungsi Belajar Sejarah

Kajian sejarah secara umum memiliki fungsi untuk mengungkap peristiwa-peristiwa penting di masa lalu. Sedangkan, yaitu memiliki fungsi intrinsik yang melekat pada dirinya dan fungsi eksternal dari luar.

Fungsi intrinsik adalah ilmu, sarana untuk mengetahui masa lalu, dan profesi. Sedangkan kontradiksi dari intrinsik yaitu fungsi ekstrinsik memiliki cakupan yang lebih luas, antara lain:

1. Sebagai pendidikan moral

Dalam kajian sejarah, banyak sekali landmark moral yang dapat diambil dari cerita atau narasi. Sejarah mengajarkan benar dan salah, benar dan salah, benar dan salah, pahlawan dan pengkhianat, peradaban dan barbarisme.

2. Sebagai Metode Pengajaran Penalaran

Studi sejarah menyediakan metode pengajaran penalaran karena berisi penjelasan konteks, kronologi, dan kronologi. Apalagi berkaitan erat dengan data atau fakta sehingga kita harus berpikir kritis.

3. Sebagai pendidikan politik

Hal ini karena peristiwa masa lalu juga relevan dengan kehidupan politik yang dapat dipelajari. Hanya dengan cara ini kita dapat mempelajari gerakan politik yang benar untuk negara dengan belajar sejarah

4. Sebagai pendidikan politik

Peristiwa masa lalu juga dapat dijadikan acuan untuk pendidikan politik atau politik. Ini mengacu pada pengalaman kebijakan masa lalu.

5. Sebagai pendidikan untuk perubahan

Dengan mempelajari sejarah, kita dapat menemukan peristiwa mana yang lebih mendukung perubahan. Dari sana, kita bisa belajar bagaimana membuat perubahan dari waktu ke waktu.

6. Sebagai Pendidikan untuk Masa Depan

Belajar sejarah menyadarkan kita bahwa apa yang ditabur hari ini akan berbuah di masa depan. Jadi, belajar sejarah memberikan pendidikan untuk masa depan dan bagaimana menata diri bahkan negara agar masa depan cerah. Itulah berbagai fungsi dan manfaat studi sejarah bagi kehidupan manusia. Ceritanya luar biasa, tidak salah jika Bung Karno mengatakan jangan pernah melupakan cerita.

manfaat belajar sejarah

Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai manfaat belajar sejarah. Pembahasan kali ini tidak hanya membahas tentang manfaat belajar sejarah saja tapi juga membahas mengenai definisi dari dari kata sejarah itu sendiri dan definisinya dari beberapa ahli mengenai sejarah, Manfaat sejarah dan fungsinya pada kehidupan sehari-hari. Memahami pengertian dari manfaat belajar sejarah menjadikan kita untuk menambah wawasan baru mengenai latar sejarah dunia dan perkembangannya yang jarang kita ketahui sebagai orang awam. Dan menjadikan kita untuk turut andil karena kita juga merupakan bagian dari sejarah yang sedang berlangsung.

Demikian ulasan mengenai pengertian arkeologi Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang pengertian manfaat belajar sejarah dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sejarah lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien