Akuntansi

103 Contoh Judul Skripsi Akuntansi dan Cara Menyusun Judul Skripsi!

judul skripsi akuntansi
Written by M. Hardi

Judul skripsi akuntansi – Skripsi adalah syarat kelulusan yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa semester akhir. Tanpa skripsi, seorang mahasiswa tidak bisa mendapatkan gelar sarjana. Tak jarang, dalam penulisan skripsi, banyak mahasiswa yang merasa kesulitan bahkan sejak pemilihan judul. Terutama mahasiswa jurusan akuntansi.

Padahal, judul adalah aspek paling dasar dalam sebuah penelitian. Dengan kata lain, jika kamu salah menentukan judul, kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk menyelesaikan penelitian yang kamu lakukan.

Kebanyakan mahasiswa atau peneliti pemula abai ketika merumuskan judul yang mengakibatkan tidak tercapainya sasaran dan tujuan yang diharapkan. Khususnya untuk penulis maupun pembaca.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat judul skripsi akuntansi yang baik dan contoh-contohnya. Simak sampai akhir, ya!

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Judul Skripsi

judul skripsi akuntansi

Sumber: Pixabay

Merumuskan Topik Penelitian

Biasanya, permasalahan muncul sejak pemilihan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif. Selain itu, ada juga mahasiswa yang berusaha membuat judul yang jarang digunakan sehingga sulit menemukan referensinya. Sebagian lainnya, bingung menentukan jumlah variabel yang akan digunakan, apakah 2 variabel atau 3 variabel.

Namun, ternyata itu semua bukan hal penting dalam penulisan judul skripsi. Darwin, Muhammad, et al. (2021) menyebutkan bahwa sebelum menuliskan judul skripsi atau penelitian, seorang peneliti harus mulai dari penentuan topik terlebih dulu.

Sebab, lanjut Darwin, topik adalah pokok permasalahan yang ingin ditangani oleh peneliti dan dapat menarik minat pembaca. Pada awalnya, topik penelitian selalu bersifat umum dan abstrak, sehingga peneliti harus merumuskannya sesuai dengan spesifikasi keilmuannya atau bidang kajiannya.

Jadi, dengan menentukan topik terlebih dulu, kamu akan mempunyai dasar atau landasan pokok pembicaraan untuk menyampaikan tujuanmu. Untuk menentukan topik penelitian kamu bisa mulai dengan mengkategorikan isu yang akan diteliti sesuai dengan jurusan kuliahmu.

Misalnya, kamu adalah mahasiswa jurusan Akuntansi, kamu bisa memilih salah satu topik seperti perpajakan, sektor publik, manajemen, atau yang lainnya. Setelah itu, rincikan lagi topik yang sudah kamu pilih jadi lebih spesifik. Misalnya perpajakan di UMKM atau yang lainnya. Jika sudah, kamu bisa mulai menguraikan pokok-pokok permasalahan terbaru atau yang sedang menjadi pembicaraan banyak orang.

Lebih jauh lagi, Darwin menguraikan 4 aspek penting yang harus kamu perhatikan saat sebelum menentukan topik penelitian, yaitu:

Topik penelitian harus sesuai dengan minat atau bidang studi yang kamu ambil
Penelitian yang akan kamu lakukan sebaiknya harus sesuai dengan minat atau bidang studi yang kamu ambil. Ini berarti, kamu harus mempunyai pemahaman yang mendalam dalam topik yang kamu pilih.Tentu saja, kamu tidak diperbolehkan mengambil topik yang di luar bidang studimu.

Topik Penelitian Harus Bermanfaat dan Layak untuk Dibahas

Artinya, topik yang kamu pilih bisa memberikan sumbangan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, profesi, dan layak untuk dibahas.

Topik Penelitian Harus yang Up to Date

Sebaiknya, cari topik penelitian dari isu-isu terbaru yang sedang ramai dibicarakan, lalu uraikan isu tersebut menjadi bahan kajian penelitian.

Pilih Topik Penelitian yang Bahannya Mudah Diperoleh

Bahan adalah salah satu hal pokok yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih topik penelitian. Pastikan semua bahan yang kamu perlukan untuk penelitian mudah didapatkan atau mudah diakses.

Merumuskan Topik Menjadi Judul Penelitian

Setelah menentukan topik penelitian, kamu bisa langsung merumuskannya menjadi judul penelitian. Dengan catatan, judul yang kamu buat harus menggambarkan kedalaman serta cakupan penelitian yang akan kamu lakukan. Selain itu, judul juga harus terlihat menarik bagi pembaca maupun pengguna hasil penelitian kamu kelak.

Darwin menggarisbawahi beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kamu bisa membuat judul penelitian yang baik, di antaranya:

  1. Judul harus relevan dengan topik, jangkauan, dan bagian dari penelitian yang kamu lakukan
  2. Judul harus menggambarkan masalah yang akan diteliti secara sederhana atau bisa juga merefleksikan masalah yang diteliti
  3. Mempunyai variabel bebas dan variabel terikat yang menggambarkan pengaruh atau hubungan dari keduanya.
  4. Judul harus ringkas, jelas, padat, dan tegas. Artinya, tidak bermakna ganda. Jika kamu menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya batasi judul dalam 12 kata dan 10 kata untuk bahasa Inggris.
  5. Tulis judul penelitian dalam bentuk frasa benda
  6. Pilih judul yang mampu kamu kerjakan. Tujuannya agar proses penelitian berjalan lancar dan kamu bisa meminimalisir hambatan dalam proses pengerjaannya.
  7. Judul tidak boleh sama persis dengan judul penelitian lain yang sudah ada, sebaiknya gunakan judul yang lebih spesifik.

Kesimpulannya, judul skripsi atau penelitian yang kamu buat harus menggunakan aspek kebahasaan yang baik dan benar sehingga tidak membingungkan pembaca, serta menggambarkan dengan jelas dan tegas apa yang akan dikaji dalam penelitian. Lebih baik lagi, jika judul tersebut mempunyai kata kunci yang dapat memberikan gambaran dari subjek serta tujuan penelitian.

Seperti yang dijelaskan oleh Syofian Siregar dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual.

judul skripsi akuntansi

https://www.gramedia.com/products/metode-penelitian-kuantitatif-dilengkapi-dgn-perbandingan-pe?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Nah Grameds, itulah hal-hal penting yang harus kamu ketahui dalam memilih judul skripsi. Sekarang harusnya kamu sudah mulai bisa membuat judul skripsi akuntansi yang baik dan sesuai dengan keinginan dosen pembimbing agar mudah di-acc.

Jika kamu masih kesulitan, berikut ini ada contoh judul skripsi akuntansi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi maupun inspirasi.

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Lengkap

judul skripsi akuntansi

Sumber: Pixabay

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Keuangan

  1. Analisis Penetapan Biaya Standar Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi
  2. Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap Terhadap Penyajian Laporan Keuangan
  3. Penetapan Biaya Standar Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi
  4. Contribution Margin Terhadap Perencanaan Penjualan
  5. Selisih Biaya Bahan Baku Terhadap Efisiensi Biaya Produksi
  6. Sistem Pengendalian Piutang dalam Kaitan dengan Perputaran Piutang
  7. Perlakuan Akuntansi Biaya Hubungannya dengan Laporan Keuangan
  8. Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap Berwujud Menurut SAK dan Perpajakan Terhadap Laporan Keuangan
  9. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Waktu Ex-Dividend Day
  10. Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Biaya
  11. Metode Variabel Costing Terhadap Terapan Metode Full Costing Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba
  12. Unit Simpan Pinjam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Koperasi
  13. Manfaat Penetapan Anggaran Biaya dan Pendapatan sebagai Alat Pengendalian Biaya dan Pendapatan
  14. Economic Value Added (EVA) sebagai Alternatif Untuk Menilai Kinerja Keuangan
  15. Profit Margin dan Price Earning Ratio Terhadap Return On Investment (ROI)
  16. Activity Based Costing (ABC) dalam Menentukan Harga Pokok Jasa sebagai Pedoman Penetapan Tarif
  17. Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas dalam Mengukur Kinerja Keuangan
  18. Kinerja keuangan terhadap Likuiditas Perusahaan
  19. Kinerja Keuangan terhadap Profitabilitas Keuangan Perusahaan
  20. Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Right Issue Di Bursa Efek Indonesia (BEI)
  21. Informasi Akuntansi terhadap Mental Discounting.
  22. Akuntansi Aktiva Tetap terhadap Penyajian Laporan Keuangan
  23. Rasio Keuangan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan
  24. Activity Based Costing (Abc) System terhadap Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Biar kamu bisa memahami setiap topik dan kata kunci dalam contoh judul skripsi akuntansi keuangan di atas, coba baca buku Akuntansi Keuangan yang ditulis oleh Wati Aris Astuti & Dr. Surtikanti.

Judul skripsi akuntansi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-keuangan-2?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Manajemen

  1. Analisis Contribution Margin Terhadap Perencanaan Penjualan Produk (Nama Produk) Pada PT. XXXX.
  2. Laporan Keuangan sebagai Penilai Kinerja Manajemen
  3. Penilaian Kinerja dengan Konsep Activity Based Management (ABM)
  4. Metode Penyusutan Transformeter terhadap Laporan Keuangan
  5. Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Efisiensi Biaya Exploitasi
  6. Asset Structure Firm Size, Earning Volatility, dan Profitability terhadap Debt Ratio
  7. Partisipasi Anggaran Terhadap Efisiensi Anggaran
  8. Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja Manajemen Ditinjau dari Perspektif Keuangan, Pembelajaran dan Pertumbuhan
  9. Biaya Standar dalam Rangka Pengendalian Biaya Overhead Pabrik
  10. Biaya Kualitas dalam Mengendalikan Produk Cacat Untuk Meningkatkan Kualitas Produk
  11. Pengendalian Piutang Untuk Meningkatkan Efisiensi Modal Kerja
  12. SIA Penjualan Kredit terhadap Pengendalian Intern Piutang

Untuk mendapatkan topik lain yang bisa kamu jadikan sebagai judul skripsi akuntansi manajemen, buku Akuntansi Manajemen Teori & Aplikasi yang disusun oleh V Wiratna Sujarweni bisa membantumu. Buku ini berisi kumpulan tulisan–tulisan yang membahas berbagai macam topik dalam bidang akuntansi manajemen.

Judul skripsi akuntansi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-manajemen-teori-aplikasi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Perpajakan

  1. Perlakuan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan.
  2. Perhitungan Pajak Penghasilan Badan Pasal 25 Dalam Penyajian Laporan Keuangan
  3. Perlakukan Akuntansi Atas Pajak Lelang yang Dikenakan Dalam Transaksi Lelang
  4. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  5. Perlakuan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan
  6. Ketetapan PPh Pasal 25,29 serta Dampaknya Terhadap Laporan Keuangan
  7. Perhitungan PPh 25 Pribadi Undang-Undang No.7 Tahun 2000 Dalam Penyajian Laporan Keuangan Hotel.
  8. Target Pajak dengan Realisasi Pajak
  9. Progressive Tax terhadap kepemilikan mobil pribadi
  10. Pajak Pertambahan Nilai (PPn) terhadap kepemilikan mobil mewah

Bidang Akuntansi dan Perpajakan sangat erat kaitannya, baik secara teoretis maupun implementasinya. Seiring dengan dinamika perkembangan Standar Akuntansi Keuangan yang sangat cepat mutlak dipahami pengaruhnya terhadap perlakuan pajak, oleh karena itu kamu perlu memahami lebih dalam mengenai bidang ini agar bisa menentukan judul skripsi yang sesuai.

Untuk itu, buku Akuntansi Perpajakan yang ditulis oleh Wirawan B Ilyas & Diaz Priantara bisa kamu jadikan referensi utamanya.

Judul skripsi akuntansi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-perpajakan-2?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Sektor Publik

  1. Analisis Besaran Rasio Pendapatan Asli daerah (PAD) terhadap Total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
  2. Realisasi Pendapatan Pajak Daerah Dibandingkan dengan Target Pendapatan Menurut APBD
  3. Pemungutan Pajak Restoran untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah
  4. Analisis Pengukuran Efisiensi Pajak dan Retribusi Daerah
  5. Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sebagai Sektor Pendapatan Daerah
  6. Rasio Investasi Belanja Modal terhadap Total APBD
  7. Rasio PAD terhadap Total APBD

Semua contoh topik di atas bisa kamu pelajari dalam buku Akuntansi Sektor Publik Edisi Terbaru yang ditulis oleh Prof. Dr. Mardiasmo, Mba., Ak, Grameds! Sejak pertama kali terbit, buku ini sudah banyak dijadikan pegangan oleh mahasiswa yang ingin memahami bidang akuntansi sektor publik di Indonesia.

Judul skripsi akuntansi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-sektor-publik-edisi-terbaru?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Syariah

  1. Prinsip Bagi Hasil Musyarakah dan Perlakuan Akuntansi pada Bank Syariah berdasarkan PSAK No.59 (Akuntansi Perbankan Syariah)
  2. Perhitungan Dan Perlakuan Akuntansi pada Produk Perbankan Syariah
  3. Perlakuan dan Perhitungan Profit Sharing Dalam Perbankan Syariah
  4. Perlakuan dan Perhitungan Loss Sharing Dalam Perbankan Syariah
  5. Ekspektasi dan Implementasi PSAK No. … Akuntansi Perbankan Syariah
  6. Laporan Keuangan menurut PSAK No. … Akuntansi Bank Syariah
  7. Prinsip Bagi Hasil Musyarakah terhadap peningkatan Volume Nasabah
  8. Perlakuan Akuntansi PSAK 59 dalam Akuntansi Perbankan Syariah.
  9. Akuntansi Deposito Mudharabah dalam Unit Syariah Bank Konvensional.

Keberadaan lembaga-lembaga keuangan syariah di Indonesia kini semakin berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem akuntansi yang sesuai tentunya yaitu akuntansi syariah. Buku Akuntansi Syariah yang ditulis oleh Alexander Hery, S.E.,MSi. dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk memahami akuntansi syariah.

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-syariah-2?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-syariah-2?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Pemerintahan

  1. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Aktivitas Manajemen Akuntansi Pemerintahan
  2. Analisis Pengaruh Fundamental dan Faktor Non-fundamental Terhadap Underpricing Saham pada Perusahaan Yang Menerapkan Initial Publik Offering di Bursa Efek Indonesia (BEI)
  3. Pengaruh dari Faktor Situasional Terhadap Independensi Anggota Tim Peneliti Instansi Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  4. Pengaruh Sistem Mentoring Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dari Para Auditor Pemula (Studi Empiris Kabupaten XXX)
  5. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pergantian Kantor Akuntan Publik Setelah Rotasi Wajib Audit Perusahaan Non-Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
  6. Pelaksanaan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam Penyusunan APBD Pemkot X Sesuai UU. No. 22 Tahun 1999
  7. Pengaruh Komitmen pada Tujuan Terhadap Independensi Anggota Tim Peneliti Pelayanan Terpadu Satu Atap
  8. Analisis Faktor Pemicu Terjadinya Selisih Anggaran dengan Realisasi Pendapatan, Laba, Biaya pada PDAM
  9. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kapabilitas Anggota DPRD dalam Pengawasan Keuangan Daerah
  10. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing Terhadap Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan dalam Annual Report (Studi Empiris Perusahaan Non-keuangan yang Telah Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
  11. Analisis Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Pada Pengelolaan Dana Desa Dadapan Kecamatan X Kabupaten X Dalam Perspektif Peraturan Pemerintah Nomor X Tahun XXXX
  12. Pengaruh Keahlian, Independensi Dan Etika Profesi Auditor Terhadap Kualitas Auditor Pada Inspektorat Pemerintahan Kota X.
  13. Evaluasi Penyajian Aset Tetap Pemerintah Daerah Pada Kantor X Kecamatan/Kabupaten X Berdasarkan PSAP No X Tahun X
  14. Evaluasi Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten X Terhadap Besarnya Tingkat SILPA Tahun Anggaran X
  15. Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Dalam Pengeluaran Kas Pada Dinas X Kabupaten X
  16. Evaluasi Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Pada Kabupaten X Tahun X

Kalau kamu membutuhkan referensi tentang akuntansi pemerintahan di Indonesia, buku Akuntansi Pemerintahan Di Indonesia yang ditulis oleh Mursyidi bisa jadi pilihan utamamu. Karena buku ini mempunyai kekhasan. antara lain memberikan ulasan dan contoh parsial serta contoh implementasi yang terpadu. Juga menyajikan akuntansi untuk badan layanan umum (BLU) yang diintegrasikan dengan akuntansi unit yang membawahinya.

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-pemerintahan-di-indonesia?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-pemerintahan-di-indonesia?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Biaya

  1. Analisis Penerapan Akuntansi Biaya Lingkungan pada Perusahaan X di Kota X
  2. Akuntansi Biaya Produksi Produk X (Studi Kasus Pada Perusahaan X)
  3. Kajian Penerapan Akuntansi Biaya pada Anggaran Belanja Daerah Kota X
  4. Analisis Akuntansi Biaya Produksi Pada PT. XXX (Studi Kasus Pada PT. XXX)
  5. Analisis AKuntansi Biaya Lingkungan Dalam Proses Pengolahan Limbah Perusahaan X Kota X
  6. Analisis Penerapan Dan Pelaporan Akuntansi Biaya Lingkungan: Studi Pada PT. X
  7. Analisis Penerapan Akuntansi Biaya Lingkungan terhadap Pengelolaan Limbah (Studi pada Limbah Perusahaan X Tahun X)
  8. Peranan Akuntansi Biaya Sebagai Tool of Management di PT. X pada Tahun X
  9. Sistem Informasi Akuntansi Biaya Standar Pada PT. X
  10. Analisis Akuntansi Biaya Dalam Pembentukan Harga Jual Produk X dan Pemasarannya Kepada Konsumen (Studi Kasus Pada XXX di Desa/Kecamatan/Kabupaten X)

Akuntansi biaya merupakan kegiatan produksi entitas hingga penjualan produk atau penyerahan jasa. Informasi mengenai biaya dapat digunakan untuk berbagai kepentingan atau tujuan. Dengan demikian, diperlukan pencatatan dan penggolongan biaya untuk memenuhi berbagai tujuan. Buku Akuntansi Biaya yang disusun oleh Syaiful Bahri, Dkk menjadi salah satu referensi utama yang harus kamu baca jika ingin memahami bidang ini dengan baik.

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-biaya-5?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-biaya-5?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi Perbankan

  1. Pengaruh Self Assessment Good Corporate Governance Dan Manajemen Risiko Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun X)
  2. Pengaruh Kompensasi Bonus dan Dividend Payout Ratio Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun X)
  3. Pengaruh Tingkat Inflasi Terhadap Total Aset Perbankan Syariah di Kota/Kabupaten X (Studi Pada Bank X Periode X)
  4. Pengaruh Terungkapnya Fraud Perbankan Terhadap X
  5. Pengaruh Penyaluran Kredit/Modal Kerja/Pendapatan Operasional/Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Laba Operasional Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun X

Contoh Judul Skripsi Akuntansi di Kantor Kecamatan/Kantor Desa

  1. Pengaruh Pengendalian Internal/Budaya Etis Organisasi/Kompensasi Terhadap Accounting Fraud Tendency Di Pemerintahan Desa X Kabupaten X
  2. Pengelolaan/Penggunaan Dana Desa Pada Desa X Kecamatan X Kabupaten X
  3. Sinkronisasi/Harmonisasi/Akuntabilitas Perencanaan Keuangan Desa Tahun X (Studi Pada Kantor Desa X Kecamatan X Kabupaten X)
  4. Pengaruh Tata Kelola Terhadap Kinerja Badan Usaha Milik Desa Di Provinsi X
  5. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia/Gaya Kepemimpinan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Desa Di Kabupaten/Kecamatan X

Desa memiliki kewajiban menyusun laporan keuangan bagi pertanggungjawaban realisasi anggaran untuk dana yang digunakannya. Oleh karena itu, jika kamu ingin menulis skripsi dalam bidang akuntansi desa, maka kamu harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Buku Akuntansi Desa yang ditulis oleh David Wijaya, Se. M. M bisa membantumu untuk memahami semua topik yang berkaitan dengan akuntansi desa.

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-desa?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/akuntansi-desa?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Judul Skripsi Akuntansi tentang UMKM

  1. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Business Sustainability Dengan Business Performance Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada UMKM di Kecamatan/Kabupaten/Provinsi X)
  2. Pengaruh Kesiapan Modal Informasi Terhadap Kinerja Bisnis UMKM Kecamatan/Kabupaten/Provinsi X
  3. Pengaruh Tekanan Persaingan Terhadap Kinerja Bisnis Dengan Kepemimpinan Transformasional Dan Organizational Learning Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Di Kecamatan/Kabupaten/Provinsi X)
  4. Informasi Tren Media Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Kecamatan/Kabupaten/Provinsi X Tahun X
  5. Peran Mediasi Orientasi Pasar Global Pada Pengaruh Human Capital Readiness Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada UMKM di Kecamatan/Kabupaten/Provinsi X Tahun X)

Penutup

Demikian pembahasan tentang judul skripsi akuntansi, semoga semua pembahasan di atas memberikan inspirasi untuk Grameds terutama dalam membuat judul skripsi akuntansi.

Jika ingin mencari buku tentang akuntansi, maka kamu bisa menemukannya di Gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

Referensi:

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., … & Gebang, A. A. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif. Media Sains Indonesia.
Kurniawan, A. W & Z. Puspitaningtyas (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku
Didin Fatihudin, S. E. (2015). Metode Penelitian: Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Zifatama Jawara.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien