IPA

Tulang Pergelangan Tangan: Struktur, Sendi, dan Fungsinya

fungsi tulang pergelangan tangan
Written by M. Hardi

Fungsi tulang pergelangan tangan – Tahukah kamu? Kita orang dewasa memiliki 206 tulang di dalam tubuh kita lho. Fungsi tulang sendiri untuk kita adalah sebagai dukungan, perlindungan terhadap organ dalam tubuh kita, pemindahan, penyimpanan mineral dan pembentukan sel darah. Berdasarkan bentuknya, tulang pada tubuh kita diklasifikasikan menjadi 4 kelompok yaitu: tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih dan tulang tidak teratur.

Nah, sadar atau tidak sadar, kamu pasti menggerakkan pergelangan tangan setiap hari untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari membuka pintu, memasak, mencuci, hingga mengangkat suatu benda, kamu pasti menggunakan pergelangan tangan kamu. Memang kita sering melupakan tulang pergelangan tangan kita, padahal kita menggunakannya setiap hari dan jika itu sakit kita pasti akan kesulitan melakukan aktivitas kita setiap harinya.

Pergelangan tangan juga terdiri dari susunan tulang, sendi dan saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

Seri Kesehatan Tulang Dan Sendi: Sembuh Dari Nyeri Punggung

https://www.gramedia.com/products/seri-kesehatan-tulang-dan-sendi-sembuh-dari-nyeri-punggung?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Lalu apa saja sih fungsi tulang pergelangan tangan? Sebelum kita mengetahuinya, kita simak penjelasan mengenai struktur tulang pergelangan tangan berikut ini.

Struktur Tulang Pergelangan Tangan

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: Pinterest

Apakah kamu tahu berapa banyak tulang yang ada di pergelangan tangan kita? Pergelangan tangan kita terdiri dari delapan tulang berukuran kecil yang bisa disebut dengan tulang karpal. Baris proksimal tulang karpal berisi tulang yang berartikulasi dengan lengan bawah (radius dan ulna), dan barisan tulang karpal bagian timur berartikulasi dengan tulang panjang pada tangan (metacarpals).

Selain berukuran kecil, tulang karpal memiliki bentuk kotak, oval dan segitiga. Fungsi dari sekelompok tulang karpal ini membuat pergelangan tangan kamu menjadi kuat dan juga lentur. Tanpa adanya delapan tulang karpal ini, persendian pergelangan tangan kamu tidak akan bekerja secara baik dan maksimal.

Berikut adalah delapan jenis tulang karpal yang perlu kamu ketahui bagian-bagiannya.

1. Scaphoid

Tulang scaphoid terletak di bawah ibu jari dengan bentuk seperti perahu panjang. Tulang ini merupakan tulang yang memiliki ukuran paling besar pada pergelangan tangan dan membentuk bagian samping dari terowongan karpal.

Fungsi tulang ini adalah menjaga stabilitas dan pergerakan dari pergelangan tangan. Tulang ini tergolong rentan patah jika kamu jatuh atau melakukan gerakan tangan yang terlalu cepat. Jika tidak diatasi, tulang scaphoid yang patah bisa menyebabkan masalah tulang yang lain.

2. Lunate

Terletak di samping tulang skafoid dengan bentuk seperti bulan sabit kecil. Tulang lunate menjadi pusat dari tulang karpal pada barisan proksimal di susunan pergelangan tangan.

Fungsi dari tulang ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiokarpal dengan tulang scaphoid dan tulang triquetrum.

3. Trapezium

Trapezium terletak di antara tulang scaphoid dan tulang metakarpal ibu jari dengan bentuk seperti trapesium.Tulang ini adalah tulang karpal pada pergelangan tangan yang termasuk ke dalam barisan distal. Tulang ini memiliki fungsi untuk membentuk persendian pada pergelangan tangan.

Pada bagian atas, tulang ini berbatasan dengan tulang metakarpal ibu jari dan jari telunjuk. Sementara pada bagian tengah tulang ini berdekatan dengan tulang trapezoid. Pada bagian bawah tulang ini berbatasan dengan tulang scaphoid.

4. Trapezoid

Trapezoid terletak di samping tulang trapesium dengan bentuk seperti irisan. Tulang ini termasuk tulang yang berukuran paling kecil. Tulang trapezoid terletak di antara tulang trapezium dan tulang capitate. Bersama dengan tulang trapezium, tulang trapezoid dikenal sebagai multangular.

5. Capitatum

Capitatum terletak di tengah pergelangan tangan dengan bentuk seperti oval. Tulang ini adalah tulang karpal yang paling besar yang letaknya berada di tengah barisan distal. Posisi tulang ini berada pada bagian tengah, sehingga membuatnya terlindungi dan hampir tidak mungkin mengalami patah atau fraktur.

6. Hamatum atau Hamate

Tulang karpal ini juga merupakan tulang yang terletak pada barisan distal. Terletak pada bagian bawah tulang jari kelingking di pergelangan tangan. Sama seperti tulang karpal lainnya, tulang hamatum memiliki fungsi membentuk sendi di pergelangan tangan.

7. Triquetrum

Triquetrum terletak di bawah tulang hamatum, tulang ini memiliki bentuk segitiga atau mirip dengan bentuk piramida kecil. Pada barisan proksimal dalam tulang karpal, tulang triquetrum berada pada bagian tengah.

Sama halnya dengan tulang lunatum, fungsi dari tulang pada pergelangan tangan ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiokarpal, bersama dengan tulang scaphoid dan tulang lunate.

8. Pisiform

Tulang pisiform terletak di bagian atas atau ujung tulang triquetrum dengan bentuk tulang bulat kecil. Sama dengan tulang triquetrum, pada barisan proksimal tulang karpal, tulang pisiform ini juga terletak pada bagian tengah. Tulang ini juga bisa kamu sebut sebagai tulang sesamoid yang berada dalam tendon fleksor karpi ulnaris.

Sendi Pergelangan Tangan

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: Pixabay

Tidak hanya susunan tulang, pada pergelangan tangan juga terdapat tiga sendi utama di dalam pergelangan tangan, yaitu:

Sendi Radiocarpal

Sendi radiocarpal menghubungkan antara jari-jari dan tulang lengan bagian bawah, tepatnya terletak pada sisi ibu jari dari pergelangan tangan.

Sendi Ulnocarpal

Sendi ulnocarpal menghubungkan ulna dan tulang pergelangan tangan lunate dan triquetrum, tepatnya terletak di sisi jari kelingking.

Sendi Radioulnar Distal

Sendi radioulnar distal menghubungkan antara ujung bawah jari-jari dan ulna, terletak di sekitar pergelangan tangan.

Fungsi sendi dalam pergelangan tangan membantu menghubungkan antara tulang-tulang di telapak tangan dan lengan. Tanpa adanya sendi-sendi ini, kamu pasti akan kesulitan untuk menggerakkan pergelangan tangan, seperti menggenggam, menyentuh, memutar tangan dan lain-lain.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Nah, Grameds sudah tahu kan apa saja yang menjadi struktur tulang pergelangan tangan kita? Setelah tahu apa saja tulang yang ada di pergelangan tangan kita, berikut ini adalah penjelasan berbagai fungsi dari tulang pergelangan tangan.

1. Menggerakkan pergelangan tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan yang pertama adalah untuk membantu proses pergerakan tangan secara keseluruhan. Dengan adanya tulang pergelangan tangan, maka Anda bisa secara leluasa menggerakkan tangan, seperti memutar, ke depan, ke belakang, ke samping kiri dan samping kanan. Pergelangan tangan ini membuat proses pergerakan tersebut menjadi lebih lentur. Hal ini adalah fungsi tulang pergelangan tangan yang paling utama.

Bayangkan, jika tulang pergelangan tangan kamu tidak berfungsi dengan normal, maka kamu tidak bisa menggunakan pergelangan tangan untuk menunjang berbagai aktivitas dasar dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, jangan anggap sepele tulang dan persendian pada area pergelangan tangan.

2. Menghubungkan tulang lengan bawah dan tulang jari tangan

Tulang karpal terletak di pergelangan tangan atau tepatnya di antara tulang lengan bawah yakni tulang ulna dan radius, serta tulang dari jari tangan. Bagian tulang ini berfungsi sebagai penghubung antara tulang lengan bawah dan tulang jari tangan.

Susunan tulang-tulang ini kemudian membentuk anatomi tangan yang sempurna dan menjalankan fungsinya secara keseluruhan. Selain itu, pergerakan pergelangan tangan juga didukung oleh otot, saraf, dan jaringan lunak lainnya.

3. Melekatkan Jaringan Halus di Pergelangan Tangan

Sejumlah jaringan harus seperti tendon, ligamen, dan otot melekat pada tulang-tulang karpal dan menyatu pada persendian pergelangan tangan, sehingga membantu pergerakan tangan menjadi fleksibel, serta mengatur sensasi dan motorik di tangan.

4. Menggerakkan Jari-Jari Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan yang keempat adalah untuk membantu pergerakan pada jari-jari tangan. Tulang pergelangan tangan tidak hanya berfungsi untuk membantu pergerakan tangan, tetapi juga berfungsi untuk menghubungkan jari-jari dan tangan agar dapat digunakan untuk beraktivitas secara normal.

Tulang kartel (tulang pergelangan tangan) menghubungkan jari-jari dengan telapak tangan dan lengan. Tulang pergelangan tangan dan tulang jari-jari saling bekerja sama agar dapat digerakkan sesuai dengan fungsinya.

Masalah yang Mengganggu Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: freepik.com

Seperti yang kita ketahui, pergelangan tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sering digunakan. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi beberapa masalah atau gangguan yang bisa terjadi pada tulang pergelangan tangan ini. Contoh masalah yang dapat mengganggu di antaranya:

1. Patah Tulang Pergelangan Tangan

Salah satu gangguan fungsi tulang pergelangan tangan yaitu cedera keretakan di tulang pergelangan. Biasanya, keretakan ini bisa terjadi karena ada pukulan dan tekanan yang keras, misalnya kecelakaan. Dengan jatuh dengan posisi lengan yang terlentang, kamu juga dapat mengalami gangguan ini. Gangguan ini dapat meningkat bila tulang pergelangan tangan mengalami pergeseran dan osteoporosis.

2. Radang Sendi

Terdapat dua jenis radang sendi yang mungkin menyerang area pergelangan tangan,yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (rematik). Kedua kondisi ini bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan.

Sebenarnya, osteoarthritis biasanya tidak akan terjadi pada area pergelangan tangan, tetapi resiko kamu akan mengalaminya menjadi lebih besar jika pernah mengalami cedera pada area tersebut. Sementara itu, rematik memang sering menyerang area ini. Jenis radang sendi ini bisa menyerang kedua pergelangan tangan kamu.

3. Sindrom Terowongan Karpal

Carpal tunnel sindrom atau sindrom terowongan karpal ini juga bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan. Sindrom ini terbentuk saat tekanan pada saraf median yang dilakukan secara berulang yang terbentang pada terowongan karpal ini semakin meningkat.

Terowongan karpal adalah sebuah jalan kecil yang terdapat pada sisi telapak dari pergelangan tangan kamu. Oleh sebab itu, tak heran jika sindrom ini mungkin menimbulkan rasa sakit dan mengganggu fungsi tulang pada area tersebut. Hal ini dapat terjadi karena tulang pergelangan tangan mengalami tekanan atau melakukan gerakan secara berulang seperti mengetik, olahraga tertentu atau sebagainya.

4. Kista Ganglion

Kista jaringan halus ini umumnya muncul pada sisi punggung dari pergelangan tangan. Jika muncul kista ganglion pada pergelangan tangan, Anda mungkin akan merasakan sakit yang akan semakin parah saat berkegiatan. Masalah kesehatan ini juga bisa mengganggu fungsi dari tulang pergelangan tangan. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi kondisi tersebut.

5. Cedera Otot

Cedera otot bisa mengakibatkan rasa sakit di tulang pergelangan tangan. Kerusakan pada ligamen biasanya menjadi penyebab terjadinya gangguan cedera otot. Jadi, kamu perlu untuk tetap menjaga kesehatan tulang pergelangan agar fungsinya dapat berjalan dengan baik.

6. Sindrom Impaksi

Sindrom ini disebut juga ulnocarpal abutment. Penyakit ini terjadi ketika tulang ulna sedikit lebih panjang dari radius, sehingga sendi ulnocarpal antara tulang ini dan tulang pergelangan tangan menjadi kurang stabil. Sindrom ini bisa menyebabkan kontak antara tulang ulna dan tulang karpal meningkat dan mengakibatkan muncul rasa sakit dan menjadi melemah.

Agar Tulang Sehat

https://www.gramedia.com/products/conf-agar-tulang-sehat?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Faktor Resiko Nyeri Pergelangan Tangan

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: Pexels

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami nyeri pergelangan tangan, antara lain:

  • Sering melakukan olahraga yang menyebabkan tekanan berulang pada pergelangan tangan, contohnya bowling, golf, gimnastik, dan sepak bola.
  • Sering melakukan aktivitas yang membutuhkan pergerakan tangan secara berulang, seperti menggunting rambut, menganyam, dan mengetik.
  • Memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, obesitas, penyakit gondok atau sedang hamil.

Gejala Nyeri Pergelangan Tangan

Rasa sakit yang bisa kamu rasakan terjadi sementara atau berkepanjangan. Nyeri yang dirasakan bisa berupa nyeri ringan, seperti muncul terkadang-kadang atau bisa terasa nyeri sangat berat seperti sangat sampai tidak bisa memegang barang.

Tergantung pada penyebabnya, nyeri di pergelangan tangan dapat disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Pegal, kesemutan, atau bahkan mati rasa di pergelangan tangan
  • Jari-jari tangan membengkak
  • Rasa kaku pada pergelangan tangan atau pangkal jari-jari
  • Pergelangan tangan terlihat kemerahan, bengkak atau memar
  • Muncul benjolan pada pergelangan tangan
  • Pergelangan tangan terasa hangat
  • Demam

Kapan Harus Melakukan Tindakan ke Dokter

Tidak setiap kamu merasakan sakit, kamu harus pergi ke dokter. Kamu tidak perlu pergi ke dokter jika nyeri pergelangan tangan membaik dalam 2 minggu dan tidak berulang. Namun, jika kamu merasakan beberapa gejala berikut ini secara berkelanjutan, maka kamu perlu untuk memeriksa diri ke dokter:

  • Sakit di pergelangan tangan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Rasa sakit bertambah parah
  • Kesemutan atau mati rasa di tangan atau pergelangan tangan tidak kunjung hilang
  • Merasa linglung atau pusing akibat nyeri pergelangan tangan
  • Tangan berubah warna menjadi pucat atau kebiruan.

Pengobatan Nyeri Pergelangan Tangan

fungsi tulang pergelangan kaki

Sumber: iStock.com

Tidak semua pergelangan tangan yang sakit membutuhkan penangan ke dokter. Bisa juga dengan penanganan berupa obat-obatan pribadi, pengobatan mandiri, bahkan operasi. Semua dilihat berdasarkan penyebab dan tingkat keparahan gejala. Berikut adalah penanganan sakit pergelangan tangan yang bisa dilakukan:

Pengobatan Mandiri

Cedera pergelangan tangan ringan bisa diobati atau direda dengan kompres menggunakan es batu, kemudian dibalut dengan perban elastis. Bila timbul keluhan yang perlu diwaspadai seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lakukan pemeriksaan diri ke dokter agar tidak merasakan sakit berkelanjutan.

Obat-obatan

Jika kamu pergi ke dokter, kamu bisa mendapatkan obat-obatan yang bisa meredakan nyeri di pergelangan tangan, seperti ibuprofen atau paracetamol.

Penggunaan Alat Penyangga

Bila pergelangan tangan kamu tidak bisa diobati dengan pengobatan pribadi dan obat-obatan dokter. Biasanya dokter akan memasang bidai atau gips jika terjadi retak atau patah tulang pergelangan tangan. Penggunaan bidai atau gips ini bertujuan untuk menopang tulang yang patah agar tidak bergerak.

Fisioterapi

Dengan fisioterapi ini bertujuan untuk menguatkan otot di sekitar pergelangan tangan dan mengubah kebiasaan yang menyebabkan rasa sakit pada pergelangan tangan.

Operasi

Operasi tidak sembarangan dilakukan, jika nyeri pergelangan tangan disebabkan oleh tulang retak, carpal tunnel syndrome, dan ketika tendon atau ligamen robek maka bisa ditindak dalam operasi.

Perkuat Jantung, Tulang & Ginjal Sehat Bersama Makanan Berkhasiat

https://www.gramedia.com/products/perkuat-jantung-tulang-ginjal-sehat-bersama-makanan-berkhasiat?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Itulah penjelasan mengenai struktur, fungsi, masalah, dan cara mengatasi tulang pergelangan kamu. Berdasarkan fungsi tulang pergelangan tangan, maka dapat dikatakan bahwa perannya sangat penting. Oleh sebab itu, kita perlu untuk tetap menjaga kesehatan kita terutama pergelangan tangan agar tidak merasakan nyeri atau sakit.

Grameds juga bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait kesehatan atau buku-buku lainnya. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

Baca juga:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien