IPA

Fungsi Air Bagi Tumbuhan

Fungsi Air Bagi Tumbuhan
Written by M. Hardi

Fungsi air bagi tumbuhan – Air sebagai sumber utama bagi kehidupan di muka bumi. Ketersediaan air di bumi sendiri mencapai hampir 70 % dan hampir semua makhluk hidup sesungguhnya membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Air dapat berasal dari laut, sungai dan air tanah dengan membuatkan sumur. Fakta tentang air yang sesungguhnya ialah manusia hanya dapat hidup selama satu minggu tanpa air dengan kebutuhan rata – rata 50 liter minimal per hari. Dengan bernafas tubuh kemudian memerlukan air sekitar 1,7 liter setiap hari.

Bumi diselimuti air dengan kadar 75 % serta atmosfer yang berbentuk uap. Sementara air yang berasal dari tanah dapat ditemui di sumur-sumur yang digali untuk mandi.

Berdasarkan jenisnya, air di permukaan bumi kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu air asin yang berada di lautan. Disebut air asin karena kandungan garam di dalamnya. Karena hal inilah kemudian air laut kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan garam.

Jumlah dari persentase air asin ini sendiri ialah 97 % dari 100 %. Untuk air tawar jumlahnya merupakan sisa dari air laut yaitu 3 %.

https://www.gramedia.com/products/bip-dongeng-pertamaku-mengapa-air-laut-rasanya-asin-level-4?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/bip-dongeng-pertamaku-mengapa-air-laut-rasanya-asin-level-4?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Air tawar tak memiliki rasa dan biasanya digunakan untuk aktivitas mencuci, minum, memasak dan masih banyak lagi. Lalu apa saja fungsi air bagi tumbuhan dan hewan? Simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Air Bagi Tumbuhan

Tumbuhan memerlukan air untuk melakukan berbagai proses. Salah satu manfaat air bagi tumbuhan diantaranya adalah untuk proses fotosintesis. Fotosintesis ini kemudian nantinya akan menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan makhluk hidup.

Selain melakukan proses fotosintesis, air juga memiliki beberapa fungsi penting lain sebagai berikut.

  • Sebagai komponen utama dalam proses fotosintesis serta transpirasi pada tumbuhan. Air kemudian menjadi sumber energi dalam proses fotosintesis. Ada banyak energi yang kemudian digunakan pada proses fotosintesis yang menyebabkan kebutuhan tumbuhan pada air menjadi lebih tinggi.
  • Air juga mengandung senyawa yang berfungsi dalam pembentukan protoplasma.
  • Air dapat bekerja sebagai pelarut zat hara dalam proses masuknya mineral dari tanah ke dalam tanaman serta mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
  • Air berfungsi sebagai senyawa yang digunakan untuk proses reaksi metabolik tumbuhan.
  • Air dapat bekerja sebagai reaktan yang berpengaruh terhadap berbagai reaksi pada proses metabolisme.
  • Air juga bekerja sebagai penghasil tenaga mekanik dalam proses pembesaran serta pembelahan sel.
  • Air akan menjaga turgiditas sel dan menjaganya tetap dalam kondisi baik.
  • Air berfungsi sebagai senyawa yang dapat digunakan untuk mengatur mekanisme pergerakan membuka atau menutup stomata pada tumbuhan. Air juga dapat bekerja sebagai sistem hidrolik yang dapat menimbulkan turgor pada dinding sel karena memberikan tekanan pada sel tanaman.
  • Air berfungsi untuk memperpanjang sel tumbuhan, serta sebagai bahan untuk berbagai kegiatan tumbuh serta berkembangnya tumbuhan.
  • Air berfungsi dalam membantu proses respirasi pada tumbuhan.
  • Air juga berfungsi sebagai media pengangkut yang akan memindahkan hasil proses fotosintesis.
  • Air digunakan sebagai media dalam proses berlangsungnya biokimia, karena air juga merupakan zat pelarut yang sangat baik dalam proses biokimia.
    Air berfungsi dalam mengatur suhu pada tumbuhan agar tetap stabil, karena memiliki panas yang tinggi dan dapat mengatur panas pada tumbuhan.

https://www.gramedia.com/products/sd-mi-kl-ii-tematik-tema-6-air-bumi-matahari-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sd-mi-kl-ii-tematik-tema-6-air-bumi-matahari-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Hampir segala proses pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan memerlukan air. Segala detail kegiatan yang dilakukan oleh tumbuhan juga membutuhkan peran air di dalamnya.

Jika tumbuhan kekurangan air akan menyebabkan tanaman menjadi lemah, Pertumbuhan tanaman yang terganggu karena kekurangan energi hingga akhirnya menjadi layu dan mati, dikarenakan turgor pressure pada tumbuhan yang berkurang.

Mineral yang berasal dari tanah sendiri tidak dapat naik ke dalam batang serta tidak dapat diserap oleh akar. Karena kekurangan air, kemudian akan menyebabkan tumbuhan kekurangan mineral yang akan mengganggu pertumbuhan serta kesehatan tanaman.

Kesehatan tumbuhan ini terganggu karena hasil fotosintesis yang tidak diangkut dengan baik ke seluruh bagian tumbuhan. Sehingga mengakibatkan penurunan kesehatan pada tumbuhan dan akar.

Air sebagai menjadi kebutuhan penting bagi tumbuhan. Tumbuhan memerlukan air untuk melakukan setiap proses hidup, tumbuh dan berkembang. Namun perlu diketahui bahwa setiap tumbuhan sesungguhnya memiliki kebutuhan kadar air yang berbeda-beda.

Fungsi Air Bagi Tumbuhan

Sumber: Kompas.com

Ada tumbuhan yang memerlukan air dalam jumlah yang banyak, seperti tumbuhan air. Sementara ada juga tumbuhan yang hanya memerlukan sedikit air, sehingga jika mendapatkan kandungan air yang terlalu banyak akan menjadi busuk atau merusak sel dalam tumbuhan tersebut.

Oleh karenanya tumbuhan dapat mengontrol sendiri kadar air yang diperlukan oleh dirinya sendiri agar kemudian dapat bertahan hidup.

Fungsi Air Bagi Hewan

Seperti pada manusia dan tumbuhan, air juga sangat diperlukan dalam kehidupan hewan sehari-hari, seperti diantaranya pada pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaan zat, dan lainnya.

Adapun fungsi penting air bagi hewan sebagai berikut.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat air bagi hewan yang pertama ialah untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan pada hewan sendiri sama pentingnya dengan manusia. Pencernaan hewan dapat mengalami berbagai gangguan seperti tidak lancarnya sistem pencernaan.

Jadi cara untuk melancarkan sistem pencernaan adalah dengan memanfaatkan air sebagai sarana pelancaran pencernaan. Ada banyak hal yang kemudian menjadikan sistem pencernaan pada hewan terganggu misalnya jika salah makan atau mengonsumsi makanan yang terlalu keras sehingga membutuhkan air untuk melarutkannya.

2. Menjaga Suhu Tubuh

Fungsi air selanjutnya adalah menjaga suhu tubuh untuk menghadapi musim dingin dan musim panas. Di mana cara kerja dari hewan ini adalah dengan berendam di dalam air saat panas sedang sangat terik dan pada saat hujan hewan yang hidup di dataran lebih senang untuk menghabiskan hari-hari mereka dengan tidur. Dengan menjaga suhu tubuh hewan kemudian dapat menghindarkan diri mereka dari sakit.

3. Produksi Susu

Saat mengalami masa perkawinan setiap hewan betina kemudian nantinya akan bertelur dan ada juga yang mengandung bagi hewan mamalia. Setelah melewati masa-masa tersebut maka hewan khusus mamalia akan memproduksi susu secara alami. Dimana produksi susu secara alami ini kemudian tetap membutuhkan air agar tetap memproduksi. Sehingga induk betina dapat memberikan kebutuhan asi bagi anak-anaknya.

https://www.gramedia.com/products/budi-daya-ikan-hias-air-tawar?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/budi-daya-ikan-hias-air-tawar?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

4. Minum

Air juga berguna untuk minum dan hampir semua makhluk hidup membutuhkan air untuk minum. Minum akan mencukupkan kebutuhan tubuh setiap makhluk hidup yang hampir sepersekian persennya terdiri atas air.

Takaran air yang dibutuhkan oleh hewan sendiri tentunya beragam bergantung kepada berat badan hewan ini masing-masing. Begitu juga dengan hewan yang hidup di dalam air tetap membutuhkan air untuk minum seperti biasanya.

5. Air Berfungsi Sebagai Tempat Hidup

Terdapat sejumlah hewan yang hidup di air, seperti ikan, udang, lumba-lumba, dan lain-lain.

6. Air Berfungsi Sebagai Alat Pembersih

Air bagi hewan juga berfungsi untuk membersihkan tubuh. Seperti pada manusia, hewan juga membutuhkan air untuk ia dapat membersihkan tubuhnya. Misalnya saja pada hewan kerbau yang membersihkan tubuh dengan cara masuk ke dalam air.

7. Air Berfungsi Sebagai Alat Perlindungan.

Contohnya kuda nil yang kemudian menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air untuk dapat menghindari terik matahari di siang hari.

Sifat-Sifat Air yang Bisa Dimanfaatkan oleh Tumbuhan

Air sebagai unsur yang sangat penting bagi seluruh kehidupan di dunia. Manusia juga tidak akan dapat bertahan hidup tanpa minum air dalam jangka waktu 3 hari. Tak hanya pada manusia, hewan dan tumbuhan juga sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Air menjadi kandungan dalam kehidupan yang sangat penting karena seluruh kebutuhan hidup kemudian memerlukan air. Setiap proses yang dilakukan manusia, hewan serta tumbuhan memerlukan air.

Air berasal dari alam, baik saat turun sebagai hujan, air yang mengalir di sungai, atau perlu diambil dengan bantuan mesin bor. Pentingnya air bagi kehidupan membuat hampir semua makhluk hidup. Tanaman memerlukan air untuk bertahan hidup dan selalu berkembang menghasilkan pohon yang lebih tinggi, menghasilkan daun, biji, dan buah dengan sempurna.

Tanpa adanya air, pertumbuhan tanaman kemudian akan terhambat serta menjadi kerdil. Kandungan air dalam tumbuhan sekitar 80 persen dari berat kering tanaman. Itulah mengapa air menjadi komponen pada tumbuhan yang tidak dapat diabaikan.

Bahkan apabila akar tidak dapat menemukan air dalam jangka waktu lama, tumbuhan akan mengering dan kemudian mati karena kekurangan air.

Air memiliki beberapa karakteristik serta sifat khusus sehingga menjadi salah satu komponen penting dari seluruh kehidupan salah satunya adalah pada tumbuhan. Beberapa sifat air yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut.

Fungsi Air Bagi Tumbuhan

Sumber: Kelaspintar.id

1. Memiliki Gaya Kohesi

Air memiliki sifat dan gaya kohesi yang mampu menyerap air secara vertikal pada tumbuhan. Kohesi sendiri memiliki tiga konsep dengan perbedaaan potensi air antara tanah serta atmosfer sehingga dapat berfungsi sebagai tenaga pendorong dengan tenaga hidrasi dinding pembuluh xilem sehingga mampu mempertahankan molekul air pada gravitasi, dan yang terakhir yakni gaya kohesi antara molekul air kemudian dapat membantu menjaga keutuhan kolom air dalam pembuluh xilem.

2. Memiliki Gaya Adhesi

Gaya adhesi pada tumbuhan sesungguhnya terjadi pada dinding xilem. Gaya adhesi pada tumbuhan kemudian akan mengakibatkan kapilaritas pada tumbuhan serta akan menyebabkan naiknya cairan ke dalam tabung sempit tumbuhan.

3. Sifat Polaritas

Air dengan sifat polaritas yang kemudian akan memungkinkannya untuk mengubah bentuknya setelah melewati xilem pada tumbuhan. Setelah melewati xilem, air kemudian akan berubah menjadi bentuk tetesan karena sifat polaritas yang ia miliki.

4. Sebagai Pelarut

Air juga dikenal sangat baik untuk tiga kelompok bahan biologis penting, yaitu bahan organik, ion-ion dengan muatan (K+, Ca2+, NO3) serta molekul yang kecil.

5. Menguap pada Panas Tinggi

Tumbuhan melakukan berbagai proses transpirasi pada dirinya sendiri untuk kemudian mengatur suhu pada tumbuhan. Transiprasi pada tumbuhan ini sendiri terjadi ketika air pada tumbuhan menguap ketika terjadi suhu tinggi pada tanaman.

Buku-Buku Terkait Air Sebagai Sumber Kehidupan

1. Ada Apa di Bumi? Air

https://www.gramedia.com/products/ada-apa-di-bumi-air?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/ada-apa-di-bumi-air?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Tanpa air, manusia, hewan, dan tumbuhan takkan dapat bertahan hidup di Bumi. Kenapa bisa begitu ya? Ayo kita cari tahu! Jelajahi siklus air serta cara memanfaatkan dan menghemat air. Selidiki sifat dan wujud air. Membuat gunung es, filter air, kolam mini, dan pelangi sendiri!

Seri Ada Apa di Bumi? memuat fakta-fakta sains yang menarik. Dilengkapi berbagai eksperimen untuk mengasah kreativitas, buku ini mengajak anak-anak menjelajahi dunia sekitar dengan cara yang menyenangkan.

2. Teknik Penyediaan Air Minum Perpipaan

https://www.gramedia.com/products/teknik-penyediaan-air-minum-perpipaan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-penyediaan-air-minum-perpipaan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Air adalah salah satu unsur yang vital dalam kehidupan manusia. Ketersediaan air di alam sangat melimpah, tetapi ketersediaan air siap konsumsi masih relatif sedikit. Oleh karena itu, untuk mendapatkan air yang sesuai dengan standar baku air minum dibutuhkan proses pengolahan serta distribusi yang efektif dan efisien.

Dalam buku ini penulis mencoba menyajikan garis besar teknik penyediaan air minum diawali dengan membahas kebutuhan air domestik dan ketersediaannya, teknik tentang penyediaan air minum meliputi jaringan dan aksesorisnya, dilanjutkan dengan bahasan mengenai survei atau pemetikan data yang diperlukan untuk perencanaan, dan diakhiri dengan metode komputasi sistem jaringan perpipaan untuk air minum serta simulasinya.

Buku ini ditujukan sebagai bahan rujukan atau untuk membantu para profesional dalam merencanakan jaringan perpipaan penyedia air minum. Buku ini juga diharapkan bermanfaat bagi para mahasiswa perguruan tinggi yang sedang mempelajari tentang penyediaan air minum.

3. Memanen Air Hujan: Sumber Baru Air Minum

https://www.gramedia.com/products/conf-memanen-air-hujan-sumber-baru-air-minum?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-memanen-air-hujan-sumber-baru-air-minum?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Gagasan untuk menulis buku ini tercetus di saat Indonesia dilanda banyak masalah, terutama yang diakibatkan oleh hujan deras. Banjir bandang terjadi di mana-mana, tapi kemudian berganti dengan musim kemarau yang berkepanjangan, kebakaran hutan, dan kekeringan.

Masyarakat sulit memperoleh air, baik untuk pertanian maupun untuk keperluan air minum sehari-hari. Air hujan yang jatuh melimpah secara cuma-cuma di biarkan berlalu, padahal ini merupakan kesempatan emas untuk dipanen.

Seandainya seluruh masyarakat Indonesia bersedia membiasakan diri dalam pemanfaatan air dan lebih bersemangat dalam memanen air hujan, serta mengolahnya untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya air minum keluarga, tentu akan diperoleh keuntungan besar.

Itulah beberapa fungsi air bagi tumbuhan dan hewan juga sifat-sifat air yang bermanfaat bagi tumbuhan. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait air di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien