in

Model Rambut Keriting Wanita yang Buat Penampilan Makin Kece

unsplash.com

Model Rambut Keriting Wanita – Jenis rambut setiap orang tak selalu sama, ada yang lurus, ada yang keriting, dan sebagainya. Oleh sebab itu, ketika memotong rambut, sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambut yang dimiliki. Selain itu, setiap jenis rambut memiliki keunikan yang berbeda-beda. Bahkan, perawatannya pun juga berbeda, sehingga kamu juga perlu mengetahui jenis rambut yang dimiliki agar rambut bisa tetap sehat lebih lama.

Rambut keriting memang memerlukan perhatian yang ekstra. Berbeda dengan rambut yang lurus, rambut keriting cenderung lebih sulit untuk diatur. Namun, punya rambut keriting nyatanya membuat penampilanmu terlihat unik dan berbeda, lho! Nah, buat Grameds yang masih bingung bagaimana menata rambut keriting untuk menunjang penampilan, berikut cara merawat rambut keriting dan inspirasi model rambut keriting wanita yang bisa ditiru!

Table of Contents

Cara Merawat Model Rambut Keriting

Model Rambut Keriting Wanita
pixabay.com

Grameds, memiliki rambut yang tebal, bergelombang, atau keriting cenderung lebih kering saat keramas sehingga lebih mudah kusut. Semakin keriting struktur rambut, maka semakin besar pula potensi keringnya. Hal ini karena sebum lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting.

Berbeda dengan rambut keriting, pada rambut lurus lebih mudah menempel di batang rambut. Namun kelemahannya, rambut lurus lebih mudah terlihat lepek, sehingga harus lebih sering dicuci.

Agar kamu tidak salah dalam melakukan perawatan terhadap jenis rambut keriting, ada baiknya mengetahui cara merawat model rambut keriting. Berikut cara perawatan rambut keriting, antara lain:

1. Jangan terlalu sering keramas

Sampo memang diformulasikan untuk membersihkan kelebihan minyak dan kulit kepala. Namun, jika digunakan setiap hari, tentu sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Rambut keriting lebih rentan mengalami kekeringan, sehingga tidak disarankan untuk dikeramas setiap hari.

Meski demikian, frekuensi mencuci rambut tetap dipengaruhi faktor lain, misalnya paparan polusi, melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, dan cuaca. Bila rambut dan kulit kepala sudah terasa berminyak dan kotor, ini artinya sudah saatnya untuk mencuci rambut.

2. Gunakan shampo hanya pada kulit kepala

Ujung rambut adalah bagian rambut yang paling jauh dari kulit kepala. Tidak heran jika bagian ini lebih mudah kering dan menjadi bercabang. Nah, supaya rambut tidak menjadi semakin kering, bisa oleskan sampo hanya pada akar rambut. Selanjutnya, bersihkan ujung rambut saat membilas sampo dengan air bersih.

3. Pilih sampo yang sesuai dengan tipe rambut

Kebanyakan sampo yang dijual mengandung detergen sebagai bahan pembersih utama. Detergen bekerja dengan cara mengikat kotoran dan sebum, namun zat ini dapat merusak rambut. Agar rambut keriting tidak mudah kusut, pilihlah sampo tanpa kandungan detergen sebagai cara merawat rambut keriting. Sampo non-detergen biasanya mencantumkan keterangan (bebas sulfat atau bebas SLS) pada label komposisi.

4. Selalu gunakan Conditioner (pelembab rambut)

Conditioner akan membantu untuk mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut usai menggunakan sampo. Gunakan conditioner dari batang sampai ujung rambut, lalu diamkan selama beberapa saat. Pilih conditioner yang mengandung vitamin E atau shea butter agar rambut keriting tidak cepat kusut.

5. Keringkan dengan lembut

Mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada kulit kepala justru membuat rambut jadi mudah kusut dan rentan patah. Keringkan rambut menggunakan handuk katun dengan cara ditekan-tekan agar menyerap kelebihan air. Selanjutnya, sisir secara perlahan agar rambut tidak mudah rontok.

Bahan Alami untuk Model Rambut Keriting

Model Rambut Keriting Wanita
pixabay.com

Selain perawatan dengan sampo, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa menjadi perawatan rambut keriting dan kusut:

1. Minyak argan

Selain untuk menjaga kesehatan kulit, minyak argan juga dapat memelihara keindahan rambut. Dengan mengoleskan minyak argan dari batang sampai ujung rambut. Bungkus rambut dan biarkan semalaman. Keesokannya cuci rambut menggunakan sampo dan conditioner. Rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur.

2. Minyak zaitun

Lakukan hal yang sama seperti perawatan rambut dengan minyak argan. Akan tetapi, bungkus rambut yang sudah diberi minyak zaitun selama beberapa menit atau semalaman. Setelah itu, cuci rambut menggunakan sampo dan conditioner.

3. Alpukat

Cara merawat rambut keriting dan melembapkan rambut juga bisa dilakukan menggunakan masker alpukat. Caranya, campur alpukat, putih telur, dan madu, aduk hingga rata dan oleskan di rambut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

4. Madu

Masker rambut yang terbuat dari campuran madu dan minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai cara merawat rambut keriting. Caranya, oleskan masker ke rambut secara merata, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas rambut tanpa sampo dan conditioner.

Studi menyarankan agar pemilik rambut keriting menggunakan conditioner setiap keramas lebih mudah diatur. Para ahli juga menyarankan agar membatasi frekuensi keramas, yaitu cukup sekali dalam seminggu. Namun, tentu saja, hal ini tergantung pada kondisi rambut, kenyamanan, lingkungan, dan aktivitas Anda.

Kunci dari cara merawat rambut keriting agar tidak mudah kusut adalah menjaga kelembapan rambut. Penggunaan alat pengering sebaiknya dibatasi karena dapat menghilangkan kelembapan alami rambut dan merusak rambut. Jika Anda memutuskan untuk meluruskan rambut, perhatikan cara dan teknik meluruskan rambut yang akan dijalani agar kerusakan dapat diminimalkan.

Model Rambut Keriting Wanita

1. Model Rambut Keriting Wanita Kepang Dua

Model Rambut Keriting Wanita
All Things Hair

Untuk acara santai seperti hangout, Grameds bisa menata rambut dengan model loose braid. Meskipun kepang dua identik dengan kekanak-kanakan, tetapi kepang dua bisa menjadi pilihan untuk tampil rapi dan tetap easy!

Dengan membagi rambut menjadi dua bagian, kemudian kepang atas dengan model kendur dan sedikit messy sedangkan bagian bawahnya dibiarkan terurai. Selain bisa membuat rambut keriting lebih rapi, penampilan Anda juga terlihat semakin kece, lho!

Terdapat beberapa variasi kepang dua untuk rambut Anda. Berikut style kepang dua untuk rambut keriting yang bisa ditiru:

a. Model rambut wanita keriting kepang dua French Braid

Untuk rambut keriting bob sebahu, Grameds bisa gunakan teknik ini untuk menghasilkan gaya pigtails yang kasual.

Jika Anda tertarik mencoba, coba dengan tekniknya yang mirip dengan teknik kepang tiga untai, tapi Anda harus menambahkan rambut sedikit demi sedikit setiap akan membuat jalinan baru. Sebelum mulai mengepang, pastikan rambutmu bersih dan kering.

Jika selama ini Anda pikir gaya kepang akan lebih mudah dibentuk pada rambut yang belum dikeramas, itu salah besar! Pada rambut bersih, hasil kepang akan terlihat lebih rapi. Prosesnya pun lebih mudah karena rambut tidak kusut dan berminyak.

b. Model rambut wanita keriting kepang dua gaya loose

Opsi lain mendapatkan gaya kepang dengan menatanya dalam gaya loose yang lebih kasual. Gaya ini cocok untuk Grameds yang senang dengan tampilan effortlessly chic!

c. Model rambut wanita keriting kepang dua huruf V

Untuk kepang satu ini, Grameds bisa dengan membuat kepang hanya sebagian kecil rambut saja. Berikan aksen belahan rambut berbentuk huruf V lalu padukan dengan cepol seperti pada space bun.

d. Model rambut wanita keriting kepang dua low ponytail

Untuk mendapatkan kesan chic pada rambut Anda. Buatlah dua buah low ponytail, lalu masing-masing kepang menjadi three strands braid hingga ujung rambut. Catok poni rambut untuk sentuhan akhir yang lebih sleek!

e. Model rambut wanita keriting kepang dua Romantic Double Braid

Kalau model rambut kepang satu ini cocok buat Grameds yang memiliki rambut bob pendek atau sebahu.

f. Model rambut wanita keriting kepang dua twist

Jika Grameds tidak terlalu mahir dalam mengepang, maka bisa mencoba teknik lain, yaitu twist atau memelintir rambut. Dan untuk hasilnya juga tidak kalah keren.

2. Model Rambut Keriting Wanita Detail Twist

Model Rambut Keriting Wanita
Beautynesia

Supaya tidak bosan dengan gaya rambut yang itu-itu saja, Grameds bisa coba kreasikan rambut keriting yang dibiarkan terurai. Salah satunya dengan membuat twist atau pilinan di bagian atas rambut. Caranya dengan membagi rambut menjadi model belah tengah.

Ambil sedikit rambut di satu sisi kemudian pilin dan jepit. Lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya. Pas buat tampilan santai saat ke kampus nih!

3. Model Rambut Keriting Wanita Double Bun

Model rambut satu ini bisa membuat penampilanmu tampak cute dan girly. Caranya juga tidak sulit. Cukup belah tengah rambut, kemudian ambil rambut bagian atas dan ikat menjadi model cepol. Lakukan hal yang sama pada sisi satunya. Anda sudah tampil menawan dengan gaya rambut kekinian deh.

4. Model Rambut Keriting Wanita High Bun

Penampilan rambut keriting yang ditata model high bun ini juga kece buat ditiru. Meskipun simpel, model rambut ini ternyata cocok untuk menunjang penampilan saat akan menghadiri acara formal. Pastinya Grameds juga tidak akan ribet selama acara berlangsung!

5. Model Rambut Keriting Wanita Berponi

Model Rambut Keriting Wanita
All Things Hair

Jangan bilang pemilik rambut keriting tak bisa tampil manis dengan poni. Nyatanya Grameds tidak perlu ragu lagi. Pemilik rambut keriting juga cocok untuk menggunakan poni. Gaya rambut ini justru bikin penampilan tampak manis dan lebih feminin.

6. Model Rambut Keriting Wanita Vintage Big Curls

Model Rambut Keriting Wanita
All Things Hair

Untuk gaya satu ini, Grameds bisa menerapkan gaya glamor dengan tatanan rambut keriting bergelombang khas tahun 1950 an. Meskipun rambut pendek, bukan berarti tidak bisa tampil menawan. Denyan menyulap rambut keriting dengan model bergelombang khas wanita era 1950 an ini. Gaya rambut vintage ini cocok untuk kamu yang berambut tipis dan ingin menambah volume pada rambut.

Gaya rambut bergelombang besar ini cocok untuk rambut bob panjang dan wajah oval. Kalau rambut Grameds sudah keriting, tentu bisa membuat gelombangnya lebih berbentuk dengan cara menggulungnya dengan rol. Untuk pemilik rambut keriting, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan batang rambut. Tatanan rambut keriting yang dibuat dengan model vintage ini bikin kamu terlihat seksi dan menawan

Rambut keriting dengan model vintage yang bervolume ini bisa membuat penampilanmu terlihat glamor. Tambahkan juga hiasan rambut seperti jepit berbentuk bunga sebagai pemanis. Cocok buat kamu yang bosan dengan tatanan rambut itu-itu saja. Terakhir, tinggal padukan dengan dress dan lipstik merah, penampilanmu sukses mencuri perhatian!

7. Model Rambut Keriting Wanita Wavy Bob

Model Rambut Keriting Wanita
All Things Hair

Rambut keriting dengan model potongan bob bisa jadi pilihan sederhana penampilan kece buat Anda yang anti ribet. Model rambut yang pendek tidak akan membuat Anda kerepotan dalam mengurusnya. Meskipun dibiarkan terurai, rambut keriting bob ini tetap bisa bikin penampilanmu terlihat menarik, lho!

Rambut bob sebahu bisa membuat Anda terlihat lebih cantik dan natural dengan model keriting. Rambut bob juga bisa dikeriting dengan gaya wavy yang natural. Gaya rambut keriting ini cocok untuk wajah oval dan membuat penampilanmu terlihat semakin keren.

8. Model Rambut Keriting Wanita Kuncir Kuda

Untuk style satu ini, rambut kuncir kuda bisa menjadi andalan untuk menata rambut keriting panjang. Style rambut satu ini cocok banget buat Anda yang super sibuk dan punya segudang aktivitas. Dengan menguncir rambut model ponytails atau kuncir kuda membuat Anda bisa lebih bebas dan leluasa dalam melakukan aktivitas. Anti ribet dan anti gerah!

9. Model Rambut Keriting Wanita Layer Tipis

Model rambut keriting model layer tipis bisa ditiru jika ingin tampil cute saat kencan. Anda juga bisa mencoba tatanan rambut keriting layer tipis ini untuk hadiri kencan bareng si dia. Bikin penampilan makin kece, model rambut keriting ini juga simpel dan cocok buat si anti ribet.

10. Model Rambut Keriting Wanita Loose Wavy Curls

Model Rambut Keriting Wanita
All Things Hair

Jika Grameds memiliki bentuk wajah yang bulat, maka bisa gunakan model keriting yang loose seperti ini. Model rambut wavy ini akan membingkai wajah dengan manis.

11. Model Rambut Keriting Wanita Hollywood Curls

Model Rambut Keriting Wanita
All Things Hair

Untuk memberikan efek yang lebih tirus, hindari bentuk keriting kecil dan melebar. Pilih gaya hollywood curls seperti gambar di atas agar wajah terlihat ramping. Bahkan, kamu juga akan terlihat lebih cantik.

12. Model Rambut Keriting Wanita Curly Double Buns

All Things Hair

Curly Double Buns bisa menjadi referensi untuk Anda yang memiliki bentuk rambut keriting yang natural. Dengan mencoba gaya cepol ‘space bun’ ini untuk mendapatkan tampilan yang playful dan girly.

13. Model Rambut Keriting Wanita Pixie Curly Hair

Beautynesia

Dengan potongan pixie curly hair ini justru bisa menambah volume yang Grameds butuhkan pada bagian atas rambut. Rambut keriting juga sangat cocok jika mencoba dengan gaya rambut satu ini.

14. Model Rambut Keriting Wanita Medium Warna Terang

Jika ingin tekstur keriting terlihat lebih menonjol, Grameds bisa gunakan warna terang pada rambut. Tidak usah khawatir akan terlihat norak atau bagaimana, karena penampilan bagus akan terpancar jika kita percaya diri

15. Model Rambut Keriting Wanita Loose

Marsha Beauty

Buat rambut panjang keriting tidak terlihat flat dengan menatanya dalam gaya keriting. Style rambut keriting panjang seperti ini banyak diminati karena bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih feminim.

16. Model Rambut Keriting Wanita Keriting Natural

Wajah Korea

Jika dirawat dengan baik, tentu bisa terlahir dengan rambut keriting alias kriwil bisa punya rambut yang bervolume dan cantik seperti pada gambar. Grameds yang berambut lurus pun bisa memiliki look yang serupa menggunakan hair crimper. Tertarik mencoba?

17. Model Rambut Keriting Wanita Bergelombang

parapuan.co

Gaya rambut bergelombang satu ini cocok untuk Grameds yang memiliki rambut keriting bergelombang dan bentuk wajah oval.

18. Model Rambut Keriting Wanita Beach Waves

All Things Hair

Model rambut wavy ini terinspirasi dari gelombang ombak yang cantik. Beach waves sangat cocok untuk Grameds yang ingin rambut keriting, tetapi tetap ingin terlihat effortless dan manis.

Baik rambut keriting maupun rambut lurus tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk model rambut keriting wanita, Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Model Rambut Pendek Wanita Korea yang Bisa Grameds Coba
  2. Model Rambut Sebahu: 9 Pilihan Terbaik
  3. 15 Model Rambut Layer Sebahu yang Modern
  4. 16 Trend Model Rambut Pendek Bob Terbaru
  5. 19 Potongan Rambut yang Cocok untuk Rambut Ikal 
  6. 19 Rekomendasi Potongan Rambut Pendek Rapi 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda