in

8 Rekomendasi Baju Adat Simple untuk Laki-Laki!

Terkenal dengan keragaman suku budayanya, negara Indonesia pun memiliki banyak model pakaian adat! Beberapa pakaian adat mungkin saja terlihat mewah dan cukup berat, apalagi dengan banyaknya perlengkapan ataupun perhiasan yang akan dikenakan, baik untuk perempuan maupun laki-laki.?

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa baju adat dengan desain simple terutama untuk kaum laki-laki? Nah, supaya menjadi inspirasi Grameds ketika diharuskan untuk memakai baju adat, nih Gramin spill delapan baju adat simple untuk laki laki! Simak baik-baik ya!?

 

Baju Adat Betawi

Grameds sudah tau belum? Baju adat Betawi asalnya berasal dari Jakarta dan merupakan sebuah bentuk hasil akulturasi berbagai budaya, lho! Budaya yang dimaksud ini adalah Melayu, Tionghoa, Arab, dan Belanda. Umumnya, baju adat ini digunakan dalam sejumlah acara formal seperti pernikahan serta upacara adat! Nah, satu set pakaian adat Betawi untuk laki-laki biasanya terdiri dari sebagai berikut:

  • Sadariah: Sebuah kemeja lengan panjang berwarna putih
  • Celana Batik: Celana longgar dengan motif batik
  • Kopiah: Penutup kepala berwarna hitam

Tampak sederhana, namun tetap berkelas, baju adat simple untuk laki-laki yang satu ini cocok sekali digunakan di acara formal maupun non formal. Kamu pun juga tampak bersih dan rapi berkat kombinasi celana dan atasan yang digunakan.?

Ragam Rona Kebaya

Kebaya adalah sejenis pakaian bagian atas yang secara tradisional dikenakan oleh wanita di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Kesabaran dan lemah lembut merupakan makna yang tersimpan dalam kebaya. Jika diperhatikan seksama, potongan kebaya selalu mengikuti bentuk tubuh. Artinya, perempuan Jawa diharuskan bisa menyesuaikan diri dan menjaga diri sendiri dimanapun mereka berada.

“Warna cerah adalah salah satu ciri khas batik Betawi, yang kini kembali bangkit.“

Kembalinya batik Betawi ditandai dengan munculnya batik dalam kombinasi warna cerah dan motif kontemporer yang menggambarkan warna-warni kehidupan kota Jakarta. Corak kontemporer itu ternyata tidak membatasi batik Betawi untuk tampil selaras dengan kebaya berdesain cantik lagi elegan. Dilengkapi dengan cara berkain yang mudah namun apik, aplikasi riasan wajah dan tatanan rambut, serta pilihan aksesori yang tepat, buku ini hadir untuk menginspirasi siapapun agar bisa tampil menawan dan bersahaja dengan padu padan batik Betawi dan kebaya khas Indonesia yang penuh warna. Itulah tujuan utama dari buku Ragam Rona Kebaya yang merupakan buku kedua dari Seri Batik Cantik! – Inspirasi Batik Betawi ini. Semoga terinspirasi!

 

Baju Adat Jawa

Rekomendasi baju adat yang kedua tentu saja dari suku Jawa! Sejarahnya cukup panjang karena berakar dari kebudayaan keraton Yogyakarta dan Surakarta. Desain dari baju adat satu ini ternyata melambangkan kebijaksanaan dan kesopanan khas orang Jawa, lho! Baju adat Jawa untuk laki-laki biasanya terdiri dari beberapa item berikut:

  • Beskap: Atasan lengan panjang formal berwarna hitam dengan kerah tinggi
  • Blangkon: Penutup kepala khas Jawa, biasanya bermotif batik
  • Jarik: Kain batik yang dililitkan di pinggang

Pemakaian beskap dan jarik inilah yang membuat penampilan kamu terlihat elegan, namun tetap terkesan down to earth. Selain itu, memakai penutup blangkon di kepala malah menambah sentuhan tradisional yang unik. Ini juga salah satu baju adat yang cocok dipakai di acara adat maupun formal!

 

3. Baju Adat Bali

(Sumber foto: Gramedia)

Rekomendasi baju adat simple untuk laki laki selanjutnya adalah baju adat khas Bali! Sebagai salah satu daerah dengan budaya dan adat istiadat yang kuat, Bali juga memiliki baju adat yang mencerminkan sisi religius dan artistiknya. Baju adat Bali untuk laki-laki meliputi sebagai berikut:

  • Udeng: Penutup kepala kain khas Bali
  • Kemeja Putih: Atasan putih polos lengan pendek
  • Kamen: Kain batik yang dililitkan di pinggang
  • Saput: Kain tambahan yang dipakai di atas kamen

Kesesuaian dan Kesederhanaan:

Dengan dominasi warna putih dan kain batik yang dililitkan, baju adat Bali memberikan kesan simple namun tetap sakral. Pakaian ini sangat cocok untuk upacara adat maupun acara resmi.?

 

Ensiklopedia Indonesia Provinsi Bali

Indonesia adalah negara yang kaya, dilihat dari sosial budayanya (suku bangsa, bahasa daerah, adat istiadat, dan lainnya) maupun dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya (panorama alam yang indah, hutan satwa, barang tambang, dan lainnya). Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, sudah sepatutnya kita mensyukuri kekayaan alam dan sosial budaya yang dimiliki oleh negara kita tercinta Indonesia. Namun, masih banyak dari kita yang belum tahu bagaimana dan apa saja kekayaan alam serta sosial budaya yang dimiliki negara Indonesia.

Buku Ensiklopedia Indonesia ini disusun sesuai dengan jumlah provinsi yang ada di Indonesia saat ini, yaitu 34 provinsi. Di mana pada setiap provinsi berisikan uraian dan keterangan serta gambar yang memuat segala hal yang berkaitan atau berhubungan dengan nama ibu kota provinsi, dasar hukum terbentuknya provinsi, luas wilayah, batas wilayah, jumlah penduduk, agama yang ada, mata pencahariaan penduduk, sumber daya alam yang dimiliki, sosial budaya seperti nama dan bentuk rumah adat, busana atau pakaian tradisional, senjata tradisional, kesenian, dan budaya tradisional.

Buku Ensiklopedia Indonesia ini memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca untuk lebih tahu dan mengenal kekayaan bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur. Buku ini tentunya bermanfaat bagi kita semua dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap negara Indonesia, sehingga kita semakin mencintai negara ini.

 

4. Baju Adat Sunda

Berlanjut ke baju adat khas Sunda. Baju adat ini berasal dari wilayah Jawa Barat dan desainnya mencerminkan kesederhanaan dan keanggunan seseorang ketika memakainya. Sama seperti pakaian lainnya, baju adat Sunda sering digunakan dalam pernikahan maupun upacara adatnya!? Baju adat Sunda ini terdiri dari beberapa macam bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Baju Kampret: Atasan panjang berwarna hitam dengan kerah tinggi
  • Celana Pangsi: Celana longgar yang juga berwarna hitam
  • Iket Sunda: Penutup kepala khas Sunda

 

5. Baju Adat Minangkabau

Siapa yang masih belum kenal adat Minangkabau? Walaupun baju adat perempuannya terkenal dengan hiasan kepala yang besar dan mewah, ternyata baju adat laki-lakinya masih cukup simple untuk menjadi inspirasi kamu! Secara filosofis, pakaian ini mencerminkan nilai kebijaksanaan dan kehormatan. Baju adat Minangkabau untuk laki-laki meliputi berbagai hal berikut ini:

  • Baju Gadang: Atasan dengan potongan longgar, bisa berwarna merah, hitam, ataupun putih
  • Sarung: Kain motif yang dililitkan di pinggang
  • Deta: Penutup kepala yang terbuat dari kain segi empat khas Minangkabau

 

Modifikasi Tata Rias Pengantin Minang & Melayu

Buku-buku dari seri Modifikasi Tata Rias Pengantin dibuat untuk menyajikan kreasi tata rias pengantin modifikasi yang tengah berkembang dan sedang digemari oleh masyarakat. Meskipun mengupas tata rias pengantin modifikasi, para pakar yang menjadi penulis seri ini tetap berangkat dari tata rias tradisonal yang baku, yang telah mereka kuasai dengan baik. Oleh karena itu di bagian awal buku-buku seri ini selalu disajikan tata rias tradisional serta kemungkinan pengembangan modifikasinya.

Buku ini khusus mengulas modifikasi tata rias pengantin Minang dan Melayu, yang banyak dikenakan oleh para pengantin masa kini. Di bagian awal dijabarkan bentuk asli tata rias pengantin Minang, termasuk busana, aksesoris, serta kemungkinan pengambangan modifikasinya. Sedangkan di bagian kedua dan ketiga disaijkan kreasi modifikasi pengantin Minang dan Melayu. Setiap kreasi di buku ini diciptakan dengan sepenuh hati oleh pakar tata rias yang telah banyak menghasilkan buku kecantikan best seller, M. Deddy.

 

 

6. Baju Adat Bugis

(Sumber foto: Travel Kompas)

Tak salah kalau Bugis memiliki salah satu baju adat simple untuk laki laki! Secara filosofis, baju satu ini mencerminkan keberanian dan kehormatan pemakainya Biasanya, baju adat ini cocok digunakan sebagai dresscode acara adat maupun formal. Nah, baju adat Bugis terdiri dari beberapa item berikut:

  • Jas Tutu: Atasan formal lengan panjang dengan kerah tinggi
  • Lipa’ Sabbe: Sarung berbahan dasar sutra khas Bugis
  • Songkok Recca: Penutup kepala berwarna hitam

 

7. Baju Adat Aceh

Kemudian ada baju adat Aceh, sebuah provinsi yang terletak di bagian paling barat di Indonesia. Baju khas mereka mencerminkan nilai-nilai keberanian dan keagungan pemakainya, lho, Grameds! Sebagai detailnya, berikut adalah satu set lengkap baju adat Aceh untuk laki-laki:

  • Meukasah: Atasan lengan panjang berwarna hitam
  • Sileuweu: Celana longgar berwarna hitam
  • Kupiah Meukeutop: Penutup kepala khas Aceh

 

Aceh: Sejarah, Budaya dan Tradisi

Karya ini merupakan sebuah upaya untuk mengkaji sejarah dan budaya Aceh akademis. Meskipun telah banyak karya yang ditulis oleh para sarjana mengenai Aceh, termasuk dimensi sejarah, namun masih banyak pertanyaan historis mengenai masyarakat di paling ujung Pulau Sumatera ini yang masih tersisa dan belum terungkap. Singkatnya, karya ini dimaksud untuk mengisi gap dalam panggung sejarah Aceh. Secara khusus, dimensi “keislaman” mendapat perhatian lebih di dalam karya ini. Aceh identik dengan Islam. Dengan demikian, berbicara mengenai Aceh bermakna berbicara mengenai masyarakat Islam. Namun, dimensi “keagamaan” inilah yang sering diabaikan oleh para sarjana , terutama Barat, dalama kajiannya mengenai masyarakat Islam di Aceh. Hal yang sama juga terlihat pada kajan masyarakat Muslim lainnya di kawasan Nusantara, bahwa penekanan diberikan pada dimensi ekonomi dan politik semata. Dalam kajian terhadap topik-topik yang disajikan dalam karya ini, terlihat jelas bahwa dimensi keagamaan sesungguhnya tidak dapat dipisahkan-apalagi ditinggalkan-dari setiap perilaku masyarakat Aceh, baik masa kini maupun masa lalu. Dengan pendekatan ini diharapkan akan muncul penjelasan sejarah (sejarah explanation) dan interpretasi sejarah yang baru dan objektif terhadap topik bahasan.

 

8. Baju Adat Dayak

Rekomendasi baju adat simple untuk laki laki terakhir jatuh kepada baju suku Dayak. Salah satu suku asal Kalimantan ini dikenal dengan kehidupan masyarakatnya yang dekat dengan alam. Ternyata, nilai ini juga menjadi dasar filosofis dari baju yang dikenakannya, lho! Baju adat Dayak untuk laki-laki terdiri dari beberapa bagian berikut:

  • Baju Sapei Sapaq: Atasan tanpa lengan berwarna hitam dengan motif khas Dayak
  • Cawat: Kain yang dililitkan di pinggang
  • Topi Manik: Penutup kepala berhiaskan manik-manik

Desain baju satu ini memberikan kesan sederhana, namun masih tetap unik. Selain perayaan budaya khas mereka, baju Dayak cocok digunakan untuk berbagai acara adat juga.?

 

Kesimpulan

Selain desainnya yang unik-unik, ternyata setiap baju adat simple untuk laki laki di atas memiliki nilai budaya dan filosofi yang tinggi ya, Grameds! Setelah menyimak baik-baik baju adat yang sudah direkomendasikan di atas, sudah terjamin dong nanti kamu tidak akan kebingungan lagi perihal baju adat yang ingin dikenakan. Semoga artikel ini menjadi inspirasi untuk kalian semua.

Untuk kemudahan dan kenyamanan kamu dalam berbelanja, yuk segera kunjungi toko buku kesayanganmu di Gramedia.com! Sobat Grameds bisa dengan mudah order beberapa buku kesayangan dan dalam hitungan hari, buku tersebut akan tiba dengan selamat tepat di depan rumahmu! Jadinya, kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi toko buku secara langsung! Tak hanya itu, ada banyak promo juga lho buat kamu yang mau belanja!?

Yuk segera kunjungi website Gramedia.com!?

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu