in

Rekomendasi OOTD Kemeja Hitam Cowok Bisa Bikin Kamu Lebih Kece

Sumber: BukaReview

OOTD kemeja hitam – Dunia fashion memang tidak ada habisnya jika kita bahas. Mulai dari tren pakaian kasual sampai formal selalu ada perkembangan zaman. Berikut kita akan membahas OOTD kemeja hitam untuk cowok yang bisa dijadikan sebagai referensi berpakaian!

Kemeja Cowok

Kemeja berasal dari bahasa Portugis ‘camisa‘ yaitu sebuah baju atau pakaian atas, terutama untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut. Nama lainnya adalah kamisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya. Kemeja adalah pakaian yang kehadirannya sangat populer dalam berbagai kalangan masyarakat. Hal ini karena fungsi dari kemeja yang bisa dipakai untuk berbagai acara. Biasanya dipakai untuk acara semi formal, formal atau lingkungan kerja. Namun untuk acara santai dan tidak formal pun juga bisa dikenakan dengan nyaman.

Pada umumnya, model kemeja biasanya adalah berkerah dan memiliki kancing dari bawah sampai atas. Kemeja bisa ditemukan dipasaran mulai dari yang bermerk sampai yang tidak. Bahkan, di tempat penja terdekat kita bisa membuat kemeja custom dengan ukuran kita sendiri.

Bahan yang dipakai pun sangat beragam tergantung peruntukan kemeja itu. Untuk perkantoran, biasanya menggunakan kemeja yang lembut dan tipis dan seringkali menjadi baju bagian dalam untuk jas dan dipadukan dengan dasi.

Kemeja yang tidak dimasukan ke dalam celana biasanya dipakai untuk lebih santai, namun seringkali model kemeja tidak masukan ke dalam celana tapi diperuntukan untuk acara formal seperti contohnya adalah batik.

Kemeja yang dimasukan ke dalam celana, biasanya tidak memiliki jahitan hem dibagian bawah. Jadi, jika kemeja tersebut tidak dimasukan ke dalam celana, maka akan terlihat tidak rapi dan berantakan, terlebih lagi biasanya kemeja biasa memiliki bagian bawah yang panjang karena memang didesain awal untuk dimasukan ke dalam celana.

https://www.gramedia.com/products/terampil-merancang-pola-busana-pria?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Bagian Kemeja Cowok

Meskipun kemeja cowok memiliki banyak ragam model, namun ada beberapa bagian yang wajib ada. Itulah mengapa penting untuk dipahami. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai model kemeja cowok!

1. Kerah

Kerah pada kemeja pria, atau disebut juga collar dalam bahasa Inggris, adalah komponen pertama yang penting. Kerah ini adalah bagian yang terlihat pertama ketika kemeja formal dikenakan menggunakan jas ataupun jaket luar. Kerah menjadi bagian yang mendapat perhatian cukup banyak dibandingkan bagian lainnya yang sebenarnya juga tidak kalah pentingnya.

Pada bagian kerah ini berada di atas, paling mudah terlihat dan ditemukan oleh mata dalam sekali pandang. Bagaimana jenis dan model kerah juga dapat menggambarkan tingkat formalitas kemeja dan nilai suatu acara yang dihadiri. Nah, kerah sendiri punya banyak sekali jenisnya, lho! Berikut jenis-jenis kerah.

Spread Collar

Model kerah yang pertama ini menitik beratkan pada jarak antar kerah yang lebar. Kedua ujung kerahnya tidak saling bertemu, namun lebih terkesan bebas ke kanan kiri tanpa harus berdempetan.

Kedua ujung kerahnya tajam, namun permukaannya juga lebar. Penyuka jenis kerah ini memiliki kebebasan memilih jenis dasi juga. Karena jarak antara kerahnya lebar, sehingga memungkinkan jenis dasi besar maupun kecil. Keduanya akan tampak serasi di kerah jenis ini.

Straight Point Collar

Sekilas, tampak sama dengan spread collar. Persamaannya ada pada model kerah yang lebar antara kanan dan kirinya. Namun pada straightpoint ini, kerah tidak terlalu runcing ujungnya, jarak antar keduanya juga lebih dekat. Tidak seperti spread collar yang cocok untuk semua jenis dasi, jenis kerah ini lebih cocok dengan dasi yang slim.

Button Down Collar

Ciri khas kerah jenis ini terletak pada kancing di kedua ujung kerah yang bisa disematkan ke badan kemeja. Jadi kerah akan terus rapi dan terkesan menempel ke kemeja.

Tab Collar

Jenis kerah ini memiliki level formalitas yang tinggi. Karena memakai jenis kerah ini harus memakai dasi agar penyambung kedua kerahnya terlihat kokoh. Tanpa dasi, kerah jenis ini akan terlihat jelek.

Pin Collar

Pin collar memiliki prinsip yang mirip dengan button down dan tab collar. Bisa dibilang perpaduannya. Karena ciri khas jenis ini adalah adanya pin di badan kerah yang menyambungkan kanan dan kiri. Agar terlihat lebih sempurna, kerah jenis ini harus dilengkapi dasi ya!

Golf Collar

Ciri khas model ini adalah ujung kerahnya tidak meruncing seperti lainnya, tapi agak bulat, jarak antar kerahnya juga dekat.

Wingtip Collar

Wingtip collar ini adalah kerah dengan level formal paling tinggi. Kerah jenis ini hanya memiliki lipatan di bagian depan, ukurannya kecil, dan hanya pantas dipakai dengan dasi kupu-kupu dan tuxedo saja.

2. Placket

Placket adalah tempatnya kancing berbaris vertikal. Pada bagian pinggiran kemeja tempat di mana kancing-kancing di pasang, di sanalah wilayah placket berada. Paling tidak terdapat tiga jenis placket yang sering digunakan oleh desainer kemeja pria. Placket yang menyembunyikan kancing dengan dua lipatan, placket satu lipatan di salah satu sisi kemeja saja, lalu kemeja tanpa lipatan placket.

3. Lengan

Bagian lengan kemeja ini adalah bagian wajib yang harus diperhatikan, karena potongan lengan dan jenis lengan kemeja sangat mempengaruhi kenyamanan pemakai. Selain itu jenis lengan kemeja juga mempengaruhi tingkat keformalan kemeja. Ada dua jenis lengan, yang tentu kita semua sudah tidak asing. Yaitu lengan panjang dan lengan pendek.

Lengan panjang identik dengan acara yang formal-formal, begitu sebaliknya dengan lengan pendek. Namun, hal ini tidak selamanya menjadi acuan pemakaian kemeja untuk acara formal atau nonformal. Semuanya akan kembali ke keputusan pemakai.

Pada acara-acara non formal sekalipun, kemeja lengan panjang masih banyak dipilih. Namun, tidak bisa sebaliknya, kemeja berlengan pendek tidak bisa dipakai pada acara formal meskipun sudah memakai jas atau jaket di bagian luarnya.

4. Cuff

Cuff merupakan istilah bahasa Inggris untuk manset. Bagian manset pada kemeja ini letaknya ada di ujung lengan panjang kemeja. Kalau lengan pendek tidak memiliki manset. Cuff atau manset ini menjadi bagian penting kemeja formal. Seperti halnya kerah yang terlihat meski memakai jas, cuff juga demikian. Karena itu jenis cuff sangat diperhatikan oleh mereka yang suka memakai jas formal. Mungkin terdapat 3 jenis cuff pada kemeja pria, yaitu:

Barrel Cuff Two Button

Two button berarti dua buah kancing pada mansetnya. Manset dibuat lebih tebal, kemudian pada pinggirannya diberi dua kancing yang disusun vertikal. Kancing hanya ada di salah satu sisinya saja.

Barrel Cuff One Button

Dengan design yang sama, namun hanya terdapat satu kancing saja. Barrel cuff one button ini lebih banyak digunakan produsen kemeja di pasaran, karena lebih simpel dan peminatnya lebih tinggi. Manset dengan satu kancing dinilai lebih praktis dan masih bisa mempertahankan nilai formalnya.

French Cuff/ Double Cuff

Model manset perancis ini cukup terkenal. Ini adalah manset yang memiliki ketebalan dua kali lipat ukuran normal. Sengaja dibuat ukuran yang lebih besar karena gaya penggunaannya memang untuk dilipat sama tebalnya.

Pada kedua ujung manset ada dua buah lubang kancing tanpa kancingnya. Sehingga untuk memakai kemeja bermanset french cuff ini butuh memakai cufflinks atau kancing pasang lepas yang menghubungkan kedua sisi manset.

5. Yoke

Yoke terletak di punggung kemeja bagian atas. bagian ini tersambung dengan kemeja depan. Yoke ini seperti potongan terpisah dari kemeja bagian belakang. Letak potongannya horizontal dari atas ketiak kanan dan kiri hingga pundak. Fungsi Yoke ini dirancang untuk menutupi tulang bahu pria. Setidaknya ada dua jenis yoke di pasaran. Yoke satu potong dan dua potong.

Yoke satu potong berarti tidak ada potongan dalam yoke itu. tidak ada jahitan pada bagian tengahnya. Hanya satu potong saja Yoke. Sedangkan yoke dua potong berarti di bagian tengah punggung kemeja, lurus pada tulang belakang, terdapat sambungan jahitan.

6. Pleat

Lalu bagian wajib yang keenam yaitu pleat. Dalam bahasa Indonesia berarti wiru, atau sebuah lipatan. Pleat posisinya ada di bawah Yoke, di punggung kemeja. Pleat ini dibuat untuk kenyamanan pria yang memiliki jenis punggung tidak rata yang berbeda-beda. Pleat juga terbagi pada tiga macam, yaitu:

Tanpa Pleat

Tanpa pleat ini adalah model kemeja tanpa pleat. Jadi bagian punggung kemejanya tidak ada lipatannya. Polos saja.

Box Pleat

Box pleat ini adalah wiru dengan 1 lipatan di bagian tengah punggung, tepat di tulang belakang.

Side Pleat

Merupakan wiru yang dibuat dengan jarak sangat berjauhan hingga wiru kanan dan kirinya lebih dekat dengan ketiak.

https://www.gramedia.com/products/buku-ajar-cowok-pintar-100-tentang-cowok?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi OOTD Kemeja Hitam Cowok

1. OOTD Kemeja Hitam dan Celana Pendek

ootd kemeja hitam
Sumber: Tokopedia

Untuk memberikan gaya kasual, Grameds bisa memakai kemeja hitam polos dengan bawahan memakai celana pendek. Untuk celana bisa pilih warna lain tetapi tetap tampilkan kesan kalem. Hal ini karena kemeja hitam sudah memberikan efek misterius, jadi bisa pilih celana warna kalem seperti cream, coklat, dan lainnya.

Kemudian untuk footwear, Grameds bisa menggunakan sneakers favorit. Nah, jika begini Grameds sudah siap untuk hangout bersama teman-teman.

2. OOTD Kemeja Hitam dengan Jaket

ootd kemeja hitam
Sumber: Atome

Grameds bisa memadukan kemeja hitam dengan jaket. Dengan memadukan kemeja dan jaket akan membuat tampilan lebih lebih stylish. Kamu bisa memadukan kemeja hitam favoritmu bersama jaket berwarna maupun warna senada. Kemudian untuk bawahannya, Anda bisa memilih salah satu koleksi celana chino. Kombinasi satu ini akan menghasilkan youthfull style yang tentunya sangat keren.

Tampilan ini akan memberikan efek maskulin. Jika Grameds kombinasikan kemeja hitam dengan jaket berwarna senada, seperti jaket hitam akan semakin memperkuat aroma maskulin dan rapi, tapi ada sentuhan kasual lewat jaket.

3. OOTD Tampil Serba Hitam dengan Tambahan Jas

ootd kemeja hitam
Sumber: Hipwee

Kombinasi selanjutnya merupakan kombinasi paling tricky. Kemeja hitam dengan mengkombinasikannya bersama item lain yang serba warna hitam. Style monokrom seperti ini dapat menghadirkan kesan kokoh pada penampilan Anda. Selain itu Anda bisa memadukan kemeja hitam dan jas hitam untuk acara formal.

4. OOTD Kemeja Hitam Bermotif

ootd kemeja hitam
Sumber: Button Down

Style kemeja hitam tidak harus polos. Jika Grameds ingin tampil berbeda dan sedikit kesan santai, maka pilihlah kemeja hitam lengan pendek yang memiliki motif atau pattern. Dengan demikian, Anda bisa tampil manly dan lebih fresh dari biasanya.

Pilihlah motif yang tidak terlalu mencolok, serta padukan dengan tubuh Anda, apakah motif yang dipilih sudah sesuai atau motifnya terlalu rame. Pilihlah pula celana yang terkesan santai dan polos. Tampilan Anda akan lebih terlihat fresh!

5. OOTD Kemeja Hitam Polos dengan Celana Chinos

ootd kemeja hitam
Sumber: Button Down

Salah satu paduan klasik yang tidak pernah membosankan akhir-akhir ini adalah kombinasi antara style kemeja hitam polos ditambah dengan chinos warna netral. Duo kombo ini akan memberikan kesan macho dan kece yang effortless. Selain itu baju kemeja hitam juga bisa dipadukan dengan luaran untuk membuat style kalian tampak semakin gaya.

Tampilan klasik ini akan membuat Anda terlihat lebih mahal dan berkelas. Pastikan celana yang dipilih tidak terlalu bertabrakan dengan kemeja hitam Anda, ya!

6. OOTD Kemeja Hitam dengan Blazer Pria

ootd kemeja hitam
Sumber: Button Down

Padu padan simple seperti ini dapat memberikan kesan kokoh pada penampilan Anda. Anda bisa memadukan kemeja hitam dan blazer hitam untuk acara formal hingga smart casual. Nah bila kalian mau tampil lebih santai bisa memadukan dengan jaket. Kombinasi ini harus juga dipilih berwarna yang senada.

7. OOTD Kemeja Hitam dengan Celana Jeans

ootd kemeja hitam
Sumber: My-best.id

Meski kelihatannya sepele, Ansa tentu harus berhati-hati saat mengkombinasikan dua item serupa ini agar tidak tampak kusam. Jika mengenakan jeans yang sedikit pudar, maka kombinasikan dengan kemeja hitam yang lebih stand out.

Hindari dalam mengkombinasikan kemeja dan jeans hitam dengan tingkat kepudaran sama. Untuk lebih membuat penampilan lebih sempurna menggunakan outfit serba hitam ini, aksesoris jadi salah satu kunci yang memegang peran penting, seperti jam tangan vintage atau belt kecil.

8. OOTD Kemeja Hitam dengan Celana Putih

ootd kemeja hitam
Sumber: Button Down

Kemeja hitam mirip dengan warna putih dan tergolong warna yang monokrom. Maka perlu diterapkan dengan pakaian warna lain. Kemeja hitam polos sangat memesona bila dikombinasikan dengan celana warna putih dan blazer warna biru. Looks ini akan membuat diri lo terlihat gagah dan keren khas pria. Untuk dipakai dalam berbagai acara tentu tidak akan pernah gagal memberikan tampilan yang manly. Selalu bagus dan berkelas.

9. OOTD Kemeja Hitam dan Celana Abu-abu

ootd kemeja hitam
Sumber: Button Down

Salah satu kombinasi klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah kombinasi antara kemeja hitam dengan trousers berwarna abu-abu. Kombinasi ini akan memberikan kesan yang macho dan maskulin yang effortless.

10. OOTD Kemeja Hitam yang Dibiarkan Terurai

ootd kemeja hitam
Sumber: BukaReview

Cukup dengan padukan kemeja hitam dengan celana jeans, maka kamu sudah terlihat keren. Agar penampilan tetap casual, jangan memasukkan kemeja ke dalam celana. Sebagai pelengkap, kamu bisa mengenakan sepatu boots atau sneakers dan aksesoris tambahan seperti jam tangan.

Pilih Kemeja Hitam yang Fit di Tubuh

Hal terakhir yang perlu diperhatikan juga adalah memilih pakaian yang pas di badan. Ini merupakan kunci utama untuk tampil keren. Mau sebagus apapun bahan atau kualitas kemeja hitammu, tidak akan tampak bagus apabila tidak sesuai body shape yang dimiliki. Selain itu, kemeja berukuran fit akan membuat tubuhmu tampak lebih berisi, sehingga cocok untuk yang bertubuh kurus.

https://www.gramedia.com/products/100-pertanyaan-pria-tentang-busana-aksesori?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi