in

9 Cara Perawatan Wajah Pria Agar Tetap Sehat, Kamu Harus Tahu!

Perawatan wajah pria – Wajah yang cerah tentu menjadi impian bagi banyak orang, tak terkecuali bagi para kaum adam. Pasalnya, jika wajah terlihat kusam dan tidak sehat, maka hal tersebut akan mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan treatment atau perawatan pada wajah. Namun sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh perawatan wajah pria. Padahal, perawatan yang satu ini dibutuhkan oleh pria untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat dan tampak lebih muda.

Hal yang membedakan perawatan wajah pria dengan wanita adalah perawatan untuk pria yang cenderung lebih sederhana dibanding wanita. Ini terjadi karena kulit pria yang lebih tebal daripada kulit wanita, sehingga cenderung lebih kuat dan tidak sensitif.

Bagi pria yang memiliki kulit wajah yang normal, biasanya kulit wajahnya akan terlihat lebih bening, bercahaya, dan tidak sensitif. Kulit sensitif biasanya akan ditandai dengan rasa terbakar atau perih setelah menggunakan suatu produk tertentu.

Sedangkan, tanda kulit yang kering adalah akan terasa kasar, gatal, dan bersisik. Selain itu, bagi pria yang memiliki kulit berminyak, wajahnya akan terlihat lebih berkilau karena kandungan minyak berlebih yang ada pada kulit wajahnya. 

Selain jenis kulit kering dan berminyak, ada juga jenis kulit kombinasi di mana ada beberapa bagian kulit yang berminyak sedangkan bagian kulit lainnya kering dan kasar.

Dengan demikian, maka perlu untuk dilakukan perawatan wajah pria yang benar dan tepat. Apabila kamu ingin menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, kamu pun harus berhati-hati dalam memilihnya. Pasalnya, setiap produk perawatan kulit memiliki kandungan yang berbeda sesuai dengan jenis kulitnya.

Oleh sebab itu, kamu harus lebih dulu mengetahui dan mengidentifikasi jenis kulit wajah seperti apa yang kamu miliki. Setelah itu, barulah kamu bisa mencari produk perawatan kulit yang paling sesuai. 

Hal ini karena jika kamu tidak hati-hati dalam memilih produk skincare, bukannya kulit menjadi sehat, produk tersebut justru akan menimbulkan masalah baru pada kulit. So, berhati-hatilah dalam memilih produk perawatan kulit.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara perawatan wajah pria agar tetap sehat? Penasaran? Simak informasi dan penjelasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Cara Melakukan Perawatan Wajah Pria

1. Rutin Mencuci Wajah

Pria sering kali melakukan aktivitas di luar ruangan yang memungkinkan wajah terkena debu dan kotoran. Oleh karena itu, perawatan wajah pria pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan rutin mencuci wajah menggunakan facial wash atau pencuci wajah.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Para ahli merekomendasikan untuk pria membersihkan wajahnya dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Mencuci wajah di pagi hari perlu dilakukan secara konsisten untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah sewaktu tidur dan setelah lelah beraktivitas seharian. Selain itu, kamu juga harus rutin membersihkan wajahmu setiap hari setelah bepergian ke luar ruangan.

Saat kamu sedang membersihkan wajah, maka tidak perlu berlama-lama. Baiknya, mencuci muka tidak lebih dari satu menit saja. Kemudian, hindari juga lah membersihkan muka dengan menggunakan air panas karena dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit wajah. Basuhlah wajah dengan menggunakan air sehangat kuku dan pembersih wajah yang lembut.

Di sisi lain, jika kulit kamu berkeringat, maka kamu harus segera mencuci wajahmu. Pasalnya, kulit yang berkeringat dan tidak segera dibersihkan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan masalah kulit baru. Selain hal yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat juga beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membasuh wajah pada perawatan kulit pria, di antaranya yaitu:

  • Memcuci wajah cukup dilakukan dua kali sehari atau maksimal empat kali sehari untuk jenis kulit wajah yang berminyak
  • Gunakanlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita.
  • Basuhlah wajah menggunakan air bersuhu ruangan, tidak terlalu dingin dan tidak juga terlalu panas.
  • Mengusapkan pembersih wajah dengan gerakan yang melingkar.
  • Hindari untuk menggosok kulit wajah terlalu kasar dengan menggunakan handuk saat ingin mengeringkan wajah. Cukup keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk sisa airnya.

 

2. Memperhatikan Teknik Mencukur

Bagi beberapa orang yang memiliki kumis dan jenggot, bercukur tentu menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Namun, ada baiknya kamu bercukur setelah membersihkan wajah sebagai cara untuk melembutkan rambut kumis dan kulit. Selain itu, bercukur juga merupakan tahap awal dari perawatan wajah pria.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu memperhatikan teknik mencukur. Pertama, siapkanlah pisau cukur dengan menggunakan satu atau dua mata pisau sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, kamu juga perlu mengoleskan krim cukur pada kumis dan juga jenggot untuk melembabkan kulit.

Setelah itu, mulailah bercukur searah pertumbuhan rambut. Dengan catatan, hindari memberikan tekanan yang berlebih pada wajah karena berisiko menyayat permukaan kulit. Jangan lupa untuk membilas pisau cukur dengan menggunakan air setiap setelah melakukan gesekan.

Untuk sebagian orang, pisau cukur ini dapat mencukur terlalu dekat dengan kulit. Oleh sebab itu, banyak yang akan mengalami masalah kulit, seperti benjolan akibat dari pisau cukur, timbulnya luka bakar, hingga rambut yang tumbuh ke dalam. 

Oleh karena itu, kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan pisau cukur bermata tunggal atau ganda dan tidak perlu mengencangkan kulit saat bercukur.

Sebagai informasi, kamu juga harus mengganti mata pisau cukur jika sudah digunakan sekitar lima sampai tujuh kali. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari luka dan iritasi pada kulit wajah.

 

3. Menggunakan Pelembab Wajah

Kebanyakan pria akan menghindari untuk menggunakan pelembap wajah. Hal ini karena anggapan jika produk perawatan wajah pria yang satu ini hanya akan membuat kulit wajah terlihat lebih berminyak. Padahal pada kenyataannya, hal tersebut tidak begitu tepat.

Sebaliknya, kulit justru membutuhkan kelembapan dan hidrasi yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Dan tentu saja, produk perawatan kulit atau skincare, seperti moisturizer dan toner ini dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, pelembab tersebut memiliki fungsi untuk mempertahankan kandungan air di dalam kulit, sehingga, kulit tidak dehidrasi dan tetap lembap.

Pelembap dapat membantu kulit untuk terlihat lebih cerah dan awet muda. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengoleskan pelembap setelah mandi atau setelah bercukur.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui jika kelembapan pada kulit wajah menurun, maka garis-garis halus pun akan muncul sebagai tanda penuaan. Dengan demikian, maka tidak ada salahnya untuk seorang pria menggunakan pelembap wajah.

 

4. Memakai Tabir Surya atau Sunscreen

Sinar matahari memang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Namun dengan catatan, kulit menerima paparan sinar matahari dengan jumlah yang benar. Pasalnya, jika terlalu banyak terpapar sinar matahari justru akan berbahaya bagi kesehatan kulit.

Paparan sinar matahari berlebih ini dapat menimbulkan banyak masalah baru, mulai dari bintik penuaan, keriput, hingga risiko kanker kulit. Hal itu jugalah yang menyebabkan penting untuk seorang pria menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum keluar rumah sebagai salah satu langkah perawatan wajah pria.

Untuk pria yang melakukan aktivitas di luar ruangan lebih dari dua jam, sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki spektrum luas dan tahan air dengan batas minimal SPF 30. Karena, tabir surya tersebut dapat membantu memblokir 97% sinar UVB yang dihasilkan oleh matahari. Caranya, yaitu cukup dengan oleskan tabir surya tersebut ke seluruh bagian kulit yang akan terpapar sinar matahari.

 

5. Mengetahui Jenis Kulit

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan suatu produk, biasakanlah untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kulit seperti apa yang kamu miliki. Berdasarkan American Academy of Dermatology, terdapat lima jenis kulit wajah yang dimiliki oleh seseorang, yaitu normal, sensitif, berminyak, kering, dan kombinasi.

Kita perlu mengetahui jenis kulit kita untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan kondisi atau permasalahan kulit yang kita miliki. Dengan begitu, akan memudahkan perawatan wajah pria kedepannya. Adapun jenis dan ciri kulit yang harus kamu ketahui antara lain yaitu:

  • Kulit normal akan terlihat lebih lembab karena terhidrasi dengan baik.
  • Kulit yang sensitif akan rentan mengalami perih dan kemerahan setelah menggunakan suatu produk yang memiliki risiko mengiritasi kulit.
  • Kulit kering akan ditandai dengan tekstur kulit yang berubah kasar, bersisik, dan kurang terhidrasi.
  • Kulit berminyak biasanya akan ditandai dengan pori-pori kulit yang besar dan kulit wajah yang terlihat berkilau.
  • Kulit kombinasi akan menimbulkan perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak pada beberapa area tertentu.

 

6. Menggunakan Produk Skincare yang Sesuai

Sumber: pexels

Seperti yang telah disinggung pada penjelasan sebelumnya, pemilihan produk perawatan kulit atau skincare harus didasarkan pada tipe dan keadaan kulit yang dimiliki. Setelah itu, kita baru bisa menentukan produk apa yang sekiranya tepat. Hal ini perlu dilakukan karena memperhatikan kandungan produk skincare tersebut penting untuk menghindari kerusakan kulit wajah, seperti iritasi, jerawat, hingga infeksi.

Adapun produk skincare dasar yang wajib untuk dimiliki oleh seorang pria adalah sabun pencuci wajah, pelembab, dan tabir surya atau sunscreen. Ketiga jenis produk ini harus dipakai untuk membantu membersihkan kulit, melembabkan, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dihasilkan oleh matahari.

Apabila kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat, maka kamu harus memilih produk skincare yang terdapat tulisan “oil free” atau “bebas minyak” dan “non-comedogenic”. Produk bertuliskan hal tersebut biasanya tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Pasalnya, produk-produk tersebut memiliki basis kandungan asam, seperti asam salisilat dan asam glikolat yang dapat membantu proses pemulihan wajah dari jerawat.

Sedangkan, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu harus menggunakan produk skincare yang lembut dan berlabel hypoallergenic (yaitu produk yang memiliki risiko paling kecil untuk memicu reaksi alergi). Selain itu, hindari juga menggunakan produk yang mengandung pewangi dan pewarna karena dapat membuat kulit menjadi kering dan mengalami iritasi. Tetapi, kamu juga harus berhati-hati karena produk yang berlabel tanpa pewangi juga banyak yang masih bisa mengiritasi kulit.

Sementara itu, untuk kamu yang memiliki kulit kering dan juga sensitif, maka kamu harus menghindari produk skincare yang mengandung alkohol. Sebab, kandungan alkohol pada produk skincare dapat memicu timbulnya iritasi pada kulit.

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit wajah yang cukup kompleks, seperti kulit kusam, jerawat membandel, hingga memiliki bekas luka karena jerawat, maka jangan ragu untuk pergi ke dokter. Kamu perlu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk tetap menjaga kesehatan kulit wajah.

 

7. Istirahat yang Cukup

‘Tidur cantik’ dan istirahat yang cukup bukan hanya konsep tidur yang harus dilakukan oleh para wanita. Tetapi, pria juga bisa melakukan hal ini sebagai salah satu bentuk untuk perawatan wajah pria secara alamiah. Karena pada dasarnya, kulit akan memasuki mode perbaikan dan istirahat ketika seseorang tertidur.

Oleh karena itu, untuk menunjang perbaikan kulit dari dalam, seorang pria perlu tidur dan beristirahat dengan waktu atau durasi yang cukup. Di sisi lain, kita juga untuk memperhatikan bagaimana kualitas tidur yang kita miliki. Kualitas tidur yang baik akan membantu proses regenerasi atau perbaikan sel kulit secara lebih optimal lagi.

Karena faktanya, tidur malam dan istirahat yang cukup nyenyak bisa membuat seseorang untuk bangun dalam kondisi kulit wajah yang lebih bercahaya dari biasanya. Oleh sebab itu, kita perlu membiasakan diri untuk memiliki waktu tidur yang teratur dengan durasi ideal menurut para ahli yakni selama tujuh hingga delapan jam setiap harinya.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan meredupkan pencahayaan di dalam kamar. Atau kamu juga bisa untuk mengatur suhu agar kamar tetap sejuk semalaman.

 

8. Menjaga Pola Makan

Selain menggunakan produk perawatan kulit dan istirahat yang cukup, kesehatan kulit wajah juga dapat diwujudkan dengan menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang dapat membantu untuk mewujudkan kondisi kulit sehat dan bersih adalah makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E, serta omega 3.

Makanan yang mengandung vitamin E akan membuat kulit menjadi terlihat lebih sehat dan juga awet muda. Oleh karena itu, kamu bisa memulainya dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak atau minyak, seperti pada junk food dan gorengan.

Sebagai penggantinya, kamu bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang sehat dengan porsi yang tepat. Makanan sehat yang dapat membantu mewujudkan kulit sehat adalah makanan yang mengandung minyak ikan, biji gandum, biji bunga matahari, biji rami, minyak nabati, wortel, kacang, hingga salmon.

 

9. Konsultasi ke Dokter

Meski sebelumnya sudah dijelaskan tentang cara yang bisa dilakukan untuk perawatan wajah pria, tetapi terkadang tidak semua orang bisa mengikuti perawatan dengan cara yang sama. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki masalah kulit tertentu, seperti dermatitis kontak atau eksim.

Untuk itu, maka tidak ada salahnya untuk kamu mulai melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit, sehingga, kamu dapat mengetahui bagaimana cara merawat kulit yang baik dan sesuai untuk wajah kamu.

Selain itu, dengan melakukan konsultasi kamu juga dapat mengetahui jenis kulit wajah seperti apa yang kamu miliki. Kamu bisa menentukan produk seperti apa yang akan dipakai dan bisa melakukan perawatan medis khusus untuk kulit bila diperlukan.

Hal yang perlu kamu ingat adalah kunci dari perawatan wajah itu kedisiplinan. Ketika kamu rajin membersihkan wajah, maka risiko munculnya komedo atau jerawat pada wajah tentu saja akan berkurang.

 

Kesimpulan

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih, tak terkecuali para pria. Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Namun sayangnya, beberapa orang masih merasa asing dengan perawatan wajah pria.

Padahal secara garis besar, perawatan wajah pria hampir sama seperti perawatan pada wajah wanita. Malah, perawatan yang dilakukan pria cenderung lebih sederhana. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk perawatan wajah pria, adalah rutin mencuci wajah, memperhatikan teknik ketika bercukur, dan menggunakan pelembab wajah. 

Selain itu, kamu juga harus mengetahui jenis kulit yang dimiliki, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, istirahat yang cukup, menjaga pola makan, dan melakukan konsultasi dengan dokter.

Itulah 9 cara perawatan wajah pria agar tetap sehat yang perlu #SahabatTanpaBatas ketahui. Semoga membantu!

Nah, bagi kamu yang ingin mencari berbagai macam buku tentang kecantikan atau perawatan wajah, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri

Sumber:

  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-merawat-wajah-pria/
  • https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/perawatan-pria/jangan-salah-ini-perawatan-wajah-yang-tepat-untuk-pria
  • https://review.bukalapak.com/mens-grooming/7-perlengkapan-perawatan-wajah-pria-untuk-sehari-hari-75295
  • https://www.orami.co.id/magazine/perawatan-wajah-pria
  • https://www.garnier.co.id/tips-dan-trick/perawatan-wajah-pria/ini-rahasia-cara-merawat-wajah-pria-agar-bersih-dan-cerah

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda