in

Yuk Berkenalan dengan Member EXO!

Member EXO – Siapa penggemar K-Pop yang tidak kenal dengan boyband EXO di bawah naungan SM Entertainment ini? Yap, junior dari Super Junior dan SNSD ini telah disebut-sebut sebagai idola paling populer bahkan hingga sekarang ini. Grup pelantun lagu “Ko Ko Bop” dan “Growl” ini memiliki formasi awal dengan dua belas anggota, yang mana empat di antaranya adalah berasal dari China. Sayangnya, dua belas anggota tersebut tidak bertahan lama hingga akhirnya tersisa sembilan member saja.

Meskipun demikian, kiprah EXO di belantara musik dunia masih tetap harum namanya. Ditambah lagi dengan adanya kegiatan individu mereka di dunia akting, panggung teater, hingga mentor survival show, menjadikan bukti bahwa member EXO memang bukanlah kaleng-kaleng! Lalu, siapa saja sih member EXO itu? Bagaimana pula perjalanan karir mereka hingga sekarang ini? Nah, supaya Grameds mengetahui hal-hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini! Siapa tahu, Grameds tertarik untuk bergabung dalam fandom EXO-L!

https://id.pinterest.com/

12 Member EXO

Perlu diketahui bahwa formasi awal EXO adalah dengan 12 member, empat di antaranya berasal dari China yaitu Kris, Luhan, Tao, dan Lay, sementara delapan lainnya adalah berkewarganegaraan Korea Selatan. Nah, berikut adalah uraian mengenai ke-12 member EXO!

1. Kai

https://id.pinterest.com/

Kai adalah anggota pertama yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk boyband EXO ini melalui trailer teaser resmi yang dirilis pada 23 Desember 2011. Nama aslinya adalah Kim Jong In, lahir pada 14 Januari 1994 di Jeollanam-do, Korea Selatan. Di grup EXO, Kai memiliki posisi sebagai rapper dan vocalist. Dirinya juga menjadi salah satu dari beberapa anggota EXO yang telah menjajal dunia akting. Setelah EXO resmi didebutkan, Kai menjadi bagian dari sub-unit EXO-K yang berpromosi di Korea Selatan.

Kai bergabung ke SM Entertainment pada umur 13 tahun, tepatnya setelah mengikuti audisi bertajuk Youth Best Contest pada tahun 2007. Kai juga merupakan lulusan dari School of Performing Arts Seoul (SOPA) yang menjadi sekolah paling populer di kalangan idol dan lulus pada Februari 2012. Setelah debut, Kai pernah tampil menjadi model dalam Musik Video milik seniornya, Girls’ Generation-TTS untuk lagu berjudul “Twinkle”, bersama dengan Baekhyun, Chanyeol, dan Sehun.

Pada tahun 2019, Kai dikonfirmasi sebagai anggota boyband baru bentukan SM Entertainment, SuperM. Grup ini merupakan boyband yang mana anggotanya adalah gabungan-gabungan dari boyband SM Entertainment lainnya. Kemudian setahun setelahnya, Kai dinyatakan tengah mempersiapkan debut solonya pada 30 November 2020 dengan mini album self-titled berjudul “Mmmh”.

Pada April 2016, rumor kencannya dengan Krystal f(x) yang merupakan seniornya di agensi SM Entertainment diketahui oleh media melalui Dispatch. Pihak agensi secara tegas mengkonfirmasi rumor tersebut dan menyatakan bahwa kedua sejoli tersebut memang tengah berkencan. Sayangnya, pada bulan Juni 2017, terdapat desas-desus bahwa pasangan tersebut putus karena kesibukan di antara keduanya. Kemudian pada 31 Desember 2018, terdapat rumor lagi yang menyatakan bahwa Kai tengah menjalin hubungan dengan Jennie BLACKPINK. Tepat pada tahun baru 2019, SM Entertainment mengkonfirmasi kembali bahwa pasangan tersebut memang tengah berkencan, tetapi sayangnya pada 25 Januari mereka dinyatakan putus dan tidak diungkapkan apa alasannya.

Sama seperti anggota EXO lain, Kai juga pernah menjajal dunia akting, sebut saja ada web drama First Seven Kisses (Naver TV Cast, 2016) dan drama di channel KBS1 berjudul Andante pada tahun 2017.

2. Luhan

https://id.pinterest.com/

Luhan adalah anggota kedua yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk formasi grup EXO pada 27 Desember 2011. Nama aslinya adalah Lu Han, lahir pada 20 April 1990 di Beijing, Tiongkok. Di grup EXO ini, Luhan memiliki posisi sebagai dancer dan vocalist. Sebenarnya,  Luhan telah mengikuti audisi untuk agensi JYP Entertainment pada 2008, tetapi gagal. Nah, berhubung dirinya “masih” berada di Korea Selatan, dirinya pun bergabung oleh agen SM Entertainment yang kemudian merekomendasikannya sebagai trainee melalui S.M. Casting System.

Ketika debut bersama EXO, Luhan bergabung dalam sub-unit EXO-M yang berpromosi di China. Pada tahun 2012, Luhan didapuk sebagai partner untuk seniornya, BoA, dalam penampilan “Only One” tepatnya ketika KBS Music Bank. Kemudian bersama dengan senior-seniornya di agensi yang sama, Luhan turut bergabung dalam unit tari, Younique Unit dan bahkan merilis sebuah soundtrack berjudul “MAXSTEP” untuk iklan produk Hyundai. Sayangnya, pada tahun 2014, Luhan menyatakan untuk keluar dari EXO dan hal tersebut dikonfirmasi oleh SM Entertainment.

Setelah hengkang dari EXO, Luhan kembali ke China dan melakukan debut sebagai soloist dan aktor. Pada tahun 2022 ini, berita terbaru dari Luhan adalah dirinya akan menikah dengan Guan Xiao Tong, yang mana telah berkencan selama empat tahun.

3. Tao

https://id.pinterest.com/

Tao adalah member ketiga yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk formasi grup EXO, yakni sama dengan Luhan, pada 27 Desember 2021. Nama aslinya adalah Huang Zi Tao, lahir pada 2 Mei 1993 di Shandong, China. Di grup EXO, Tao menempati posisi sebagai vocalist, rapper, dan dancer. Setelah debut bersama EXO, Tao masuk ke dalam sub-unit EXO-M bersama anggota China yang lainnya.

Sebelum debut bersama EXO, Tao telah berlatih beladiri wushu sejak usianya 5 tahun. Itulah mengapa dirinya selalu disebut-sebut sebagai seniman beladiri dan bahkan mendapat tawaran film maupun drama bergenre action. Sama seperti Luhan, Tao juga masuk ke dalam S.M. Casting System dan menjadi trainee SM untuk berlatih menyanyi, menari, dan akting. Sayangnya, Tao juga mengikuti jejak Luhan dan Kris untuk hengkang dari EXO pada tahun 2015, dengan alasan kesehatan. Sebelum hengkang, Tao sempat mengikuti comeback EXO dengan lagu “Call Me Baby”,

Saat ini, Tao tengah meniti karir menjadi aktor, soloist, dan mentor di sebuah survival show China bertajuk Chuang 2020. Survival show ini sekilas mirip dengan Produce 101 yang diproduksi oleh channel Mnet. Tidak hanya Tao saja yang menjadi mentor dalam acara tersebut, ternyata Luhan dan Kris juga turut serta dalam acara Produce Champ 2020 tersebut.  Hal tersebut tentu saja menjadi kehebohan bagi para EXO-L.

4. Chen

https://id.pinterest.com/

Chen adalah anggota keempat yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk boyband EXO ini, yakni pada 29 Desember 2011. Nama aslinya adalah Kim Jong Dae, lahir pada 21 September 1992 di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Di grup EXO, Chen menempati posisi sebagai vocalist. Meskipun dirinya adalah anggota dari Korea Selatan, tetapi tetap menjadi bagian dalam sub unit EXO-M dan sebelumnya telah melewati S.M. Casting System pada tahun 2011.

Pada tahun 2014, Chen bergabung dalam grup penyanyi balada bentukan SM Entertainment yakni SM The Ballad bersama dengan senior-seniornya. Masih di tahun yang sama, Chen turut andil dalam menyanyikan soundtrack berjudul “Best Luck” untuk drama It’s Okay, That’s Love di channel SBS. Perlu diketahui ya Grameds, bahwa di dalam drama tersebut juga dibintangi oleh rekannya D.O.

Pada tahun 2016, Chen didapuk kembali sebagai anggota sub unit EXO yang lainnya, yakni EXO-CBX bersama Baekhyun dan Xiumin. Kemudian pada tahun 2019, Chen berhasil melakukan debut solo dengan mini album dan mengeluarkan lagu “Beautiful Goodbye”. Pada Januari 2020 lalu, Chen memposting surat tulisan tangan di fancafe resmi milik EXO yang menyatakan bahwa dirinya akan melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya yang non-selebriti dan juga tengah mengandung. Pihak agensi mengkonfirmasi berita tersebut dan pernikahan tersebut dilangsungkan secara tertutup.

Kemudian pada bulan April 2020, SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa istri Chen telah melahirkan anak pertamanya, yakni seorang putri. Namun, pada Oktober 2020, Chen dinyatakan telah mendaftar wajib militer. Dua tahun setelahnya, yakni pada Januari 2022 lalu, SM Entertainment kembali mengkonfirmasi bahwa istri Chen telah melahirkan anak keduanya. Akhirnya, Chen keluar sesuai dari wajib militer dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu pada 9 Mei 2022 lalu.

5. Sehun

https://id.pinterest.com/

Sehun adalah anggota kelima yang diperkenalkan oleh SM Entertainment kepada publik untuk grup EXO ini yakni pada 10 Januari 2012. Nama aslinya adalah Oh Se Hun, lahir pada 12 April 1994 di Seoul, Korea Selatan. Di grup EXO, Sehun menempati posisi sebagai rapper dan vocalist. Sama halnya dengan Kai, Sehun juga merupakan lulusan dari School of Performing Arts Seoul (SOPA) pada tahun 2013.

Berbeda dengan anggota lainnya, Sehun justru “ditemukan” oleh agen casting SM Entertainment. Kala itu, Sehun masih berusia 12 tahun dan tengah makan siang dengan teman-temannya dan dirinya dihampiri oleh agen casting tersebut hingga akhirnya dirinya bergabung ke agensi melalui S.M. Casting System pada tahun 2008. Sehun berulang kali melebarkan kemampuannya di dunia akting, sebut saja dramanya paling terbaru adalah Now, We Are Breaking Up yang juga dibintangi oleh Song Hye Kyo. Tidak hanya itu saja, Sehun turut bergabung menjadi anggota untuk sebuah variety show bertajuk Busted! bersama Yoo Jae Suk dan lainnya.

Sehun dan Kai juga pernah menjadi guest star untuk variety show Running Man episode 209. Pada tahun 2019, Sehun didapuk sebagai sub unit dari EXO bersama Chanyeol, yaitu EXO-SC.

6. Lay

https://id.pinterest.com/

Lay adalah anggota keenam yang diperkenalkan oleh SM Entertainment kepada publik pada 17 Januari 2012. Nama aslinya adalah Zhang Yixing, lahir pada 7 Oktober 1991 di Hunan, China. Di grup EXO, Lay menempati posisi sebagai rapper, vocalist, dan dancer. Dirinya juga merupakan bagian dari sub unit EXO-M yang memusatkan promosinya di China. Sebelum bergabung di SM Entertainment, Lay adalah bintang lokal di Tiongkok yang bahkan memenangkan juara ke-3 di acara pencarian bakat China Star Academy pada tahun 2005. Sebelum debut, Lay juga turut serta sebagai penari pengganti Jonghyun SHINee untuk konser tur mereka.

Lay menjadi anggota yang sibuk akan jadwal individualnya, bahkan SMEnt sampai mendirikan agensi pribadi untuk mengatur kegiatan solo Lay di Tiongkok. Salah satu lagu hit milik Lay adalah Lay adalah “Lit” yang telah ditonton sebanyak 24 juta kali. kerap menjadi anggota tetap untuk reality show Tiongkok dan membuatnya semakin dikenal. Tidak hanya itu saja, bahkan buku autobiografi mengenai dirinya yang berjudul Standing Firm at 24 diterbitkan dan dalam kurun waktu 24 menit telah mencapai 68.375 penjualan! Wow hebat ya!

Pada tahun 2015, Lay melebarkan sayapnya di dunia akting dengan membintangi film Tiongkok bergenre komedi-romantis, Ex-Files 2: The Backup Strikes Back, yang kemudian menjadi hit box office dan meraup keuntungan 2 miliar dalam kurun waktu 10 hari setelah perilisan! Sama seperti Luhan dan Tao, Lay juga didapuk menjadi mentor untuk survival show bertajuk Idol Producer bersama dengan Jackson GOT7, Kyulkyung eks PRISTIN, dan Cheng Xiao WJSN.

7. Xiumin

https://id.pinterest.com/

Xiumin adalah anggota ketujuh yang diperkenalkan oleh SM Entertainment kepada publik untuk mengisi formasi grup EXO, yakni pada 26 Januari 2012. Nama aslinya adalah Kim Min Seok, lahir pada 26 Maret 1990 di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Di grup EXO ini, Xiumin menempati posisi sebagai vocalist dan turut serta dalam sub unit EXO-M dan EXO-CBX. Sebelum bergabung di EXO, Xiumin telah menekuni olahraga sepak bola dan bahkan merupakan duta kehormatan Asosiasi Sepak Bola Korea.

Sama halnya dengan Luhan, Xiumin juga turut berpartisipasi dalam audisi JYP Entertainment pada tahun 2008, tetapi tidak lolos. Kemudian di tahun yang sama, Xiumin justru memenangkan juara kedua di SM Everysing Content dan didapuk sebagai trainee melalui SM System Casting. Setahun setelah EXO debut, Xiumin menjadi model dalam Music Video milik penyanyi Jin (anggota Lovelyz) dengan judul lagu “Gone”.

Pada tahun 2015, Xiumin debut di dunia teater musikal bersama rekan-rekan satu labelnya. Setahun setelahnya, Xiumin kembali debut di layar lebar bersama Yoo Seung Ho untuk film berjudul Seondal: The Man Who Sells The River. Xiumin juga pernah melakukan kolaborasi untuk single solo bersama Jimin AOA dengan judul lagu “Call Your Bae”. Pada tahun 2019, Xiumin menyatakan bahwa dirinya telah mendaftar di wajib militer sebagai prajurit tugas aktif. Kemudian pada 23 November 2020, SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa Xiumin tengah cuti setelah diberhentikan dari pangkalan militer pada 6 Desember.

8. D.O.

https://id.pinterest.com/

D.O. adalah anggota kedelapan yang diperkenalkan oleh SM Entertainment kepada publik untuk debut bersama EXO pada 30 Januari 2012. Nama aslinya adalah Do Kyung Soo, lahir pada 12 Januari 1993 di Gyeonggi, Korea Selatan. Di grup EXO, D.O. menempati posisi sebagai vocalist.

D.O. sering mendapatkan pujian oleh K-Netizen karena kemampuan aktingnya. Yap, D.O. telah melebarkan sayapnya di dunia akting melalui berbagai web-drama, drama, dan film layar lebar. Sebut saja drama It’s Okay That’s Love channel SBS, Hello Monster di channel KBS2, 100 Days My Prince di channel tvN, hingga film populer Along With Gods. Kemampuan akting D.O. tidak kaleng-kaleng tentunya, sebab dirinya telah memenangkan beragam penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik.

Sebelum melakukan wajib militer, tepatnya pada tahun 2019, D.O. merilis sebuah single berjudul “That’s Okay”. Kemudian pada tahun 2021 lalu, SM Entertainment mengumumkan bahwa D.O. akan merilis album solonya Empathy dengan lagu utamanya berjudul “Rose”.

 

9. Baekhyun

https://id.pinterest.com/

Baekhyun adalah anggota kesembilan yang diperkenalkan oleh SM Entertainment kepada publik pada 30 Januari 2012. Nama aslinya adalah Byun Baek Hyun, lahir pada 6 Mei 1992 di Gyeonggi, Korea Selatan. Di grup EXO, Baekhyun menempati posisi sebagai vocalist. Baekhyun juga tergabung dalam dua sub unit EXO, yakni EXO-K dan EXO-CBX. Tidak hanya itu saja, Baekhyun dan Kai juga turut serta dalam grup SuperM dan menjadi leader.

Baekhyun sudah berlatih sejak dirinya berusia 11 tahun dan terinspirasi oleh penyanyi Rain. Selama bersekolah, Baekhyun juga berkali-kali tergabung dalam grup band sekolah dan menjadi vokalis utama. Dirinya juga berlatih seni bela diri Hapkido hingga telah memperoleh sabuk hitam. Agen casting SM Entertainment “menemukan” Baekhyun ketika dirinya tengah bersiap-siap hendak mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Seoul Institute of The Arts. Kemudian, Baekhyun menjadi trainee SM sejak 2011 melalui S.M. Casting System.

Pada tahun 2014, dua tahun setelah EXO debut, Baekhyun dirumorkan tengah berkencan dengan seniornya, Taeyeon SNSD. Rumor tersebut akhirnya dikonfirmasi oleh SM Entertainment. Sayangnya, pada 15 September 2015, keduanya dikabarkan putus karena kesibukan di antara keduanya. Sama halnya dengan anggota EXO lain, Baekhyun juga mendaftarkan diri dalam wajib militer pada 2 April 2021. Pihak agensi mengkonfirmasi bahwa dirinya akan bekerja sebagai pekerja layanan publik dan mendapatkan pengecualian karena penyakit hipotiroidisme yang telah dialami sejak sekolah.

Salah satu kolaborasinya yang paling terkenal adalah bersama Suzy untuk lagu berjudul “Dream”.

10. Suho

https://id.pinterest.com/

Suho adalah anggota kesepuluh yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk grup EXO pada 15 Februari 2012. Nama aslinya adalah Kim Jun Myeon, lahir pada 22 Mei 1991 di Seoul, Korea Selatan. Suho didapuk sebagai leader dan vokalis utama di grup EXO ini. Setelah “ditemukan” di jalanan oleh agen casting SM Entertainment, Suho pun mengikuti audisi SM Casting System ketika usianya 16 tahun dan berhasil diterima menjadi trainee di agensi SM Entertainment.

Sebelum debut, Suho sempat muncul sebagai cameo dalam film milik seniornya, Super Junior, yang berjudul Attack On The Pin-Up Boys. Pada tahun 2015, Suho juga sempat melebarkan sayapnya di dunia musikal di bawah naungan agensinya, dengan judul School OZ bersama rekan-rekan labelnya. Kemudian di tahun yang sama, Suho turut bergabung dalam variety show Fluttering India yang tayang di channel KBS. Variety show tersebut menceritakan perjalanan Suho dan beberapa anggota boyband lainnya di Mumbai, India.

Pada tahun 2018, Suho kembali ke layar kaca dengan membintangi drama Rich Man yang merupakan adaptasi dari drama Jepang. Kemudian dua tahun setelahnya, yakni pada Mei 2020, Suho dikonfirmasi akan menjalani wajib militer dan telah selesai pada Februari 2022 lalu. Setelah menyelesaikan wajib militer, Suho merilis album mini solonya berjudul “Grey Suit”.

Meskipun aktif sebagai idol, tetapi Suho tidak serta-merta melupakan pendidikannya begitu saja. Yap, memang pada tahun 2009, dirinya sudah berkuliah tetapi harus berhenti karena jadwalnya yang padat. Kemudian, Suho dan beberapa anggota EXO lainnya yaitu Chanyeol dan Baekhyun melanjutkan pendidikannya di Jurusan Manajemen dan Seni Budaya di Kyung Hee Cyber University. Bahkan pada tahun 2016, Suho sudah melanjutkan pendidikan S-2 di Sekolah Pascasarjana Universitas Inha untuk gelar magister di jurusan Manajemen Budaya.

11. Kris

https://id.pinterest.com/

Kris adalah anggota kesebelas yang diperkenalkan oleh SM Entertainment kepada publik untuk formasi grup EXO, yakni pada 17 Februari 2012. Nama aslinya adalah Wu Yi Fan, lahir pada 6 November 1990 di Guangzhou, Tiongkok. Di grup EXO, Kris memiliki posisi sebagai vocalist. Sebelum debut, Kris yang kala itu berusia 18 tahun mengikuti audisi global SM Entertainment yang diadakan di Kanada dan dirinya lolos untuk menjadi trainee.

Kris menjadi anggota EXO yang pertama kali hengkang dari grup yakni pada tahun 2014. Setelah itu, dirinya aktif menjadi soloist dan aktor di China. Sebagai bintang populer, Kris telah memenangkan berbagai penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik. Tidak hanya itu saja, Kris juga turut serta dalam Game All-Star NBA 2016 bersama Justin Bieber. Kris turut andil dalam Music Video milik Lil Dicky berjudul “Earth” untuk merayakan Hari Bumi, yang mana menampilkan lebih dari 30 penyanyi.

Sayangnya, pada Maret 2022 lalu, Kris dituding menjadi pelaku pelecehan seksual yang mana sebagian besar korbannya adalah remaja di bawah umur. Saat ini, Kris tengah dipenjara dan terancam hukuman penjara 10 tahun atas tuduhan kasus tersebut.

12. Chanyeol

https://id.pinterest.com/

Chanyeol adalah anggota kedua belas alias terakhir yang dipublikasikan oleh SM Entertainment kepada publik, yakni pada 22 Februari 2012. Nama aslinya adalah Park Chanyeol, lahir pada 27 November 1992 di Seoul, Korea Selatan. Di grup EXO ini, Chanyeol menempati posisi sebagai rapper dan vocalist. Sama halnya dengan member EXO lainnya, Chanyeol juga mengikuti SM Casting System pada tahun 2008 terlebih dahulu. Chanyeol ikut andil dalam dua sub unit EXO, EXO-K dan EXO-SC.

Kakak Chanyeol adalah seorang reporter berita di CBS, Park Yu Ra. Sejak sekolah dasar, Chanyeol sudah berlatih alat musik gitar hingga drum. Bahkan ketika sekolah menengah, dirinya juga membentuk sebuah band bersama teman-temannya dengan nama Heavy Noise. Pada tahun 2018, Chanyeol mencoba debut di dunia akting pada sebuah drama berjudul Memories of The Alhambra yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Park Shin Hye. Aktingnya dipuji oleh banyak netizen karena tidak kaku. Kemudian pada tahun 2021, Chanyeol kembali tampil di film layar lebar berjudul The Box dengan genre musikal. Di tahun yang sama, Chanyeol dikonfirmasi akan mendaftar dalam wajib militer dan akan bebas pada 28 September 2022 besok.

Diskografi EXO

Album studio

  • XOXO (2013)
  • Exodus (2015)
  • Ex’act (2016)
  • The War (2017)
  • Don’t Mess Up My Tempo (2018)
  • Obsession (2019)

Live album

  • Exology Chapter 1: The Lost Planet (2014)
  • EXO Planet #3 – The EXO’rdium (Dot) (2017)
  • EXO Planet #4 – The E?yXiOn (Dot) (2019)
  • EXO Planet #5 –EXplOration– (2020)

Mini album

  • Mama (as EXO-K & EXO-M) (2012)
  • Overdose (as EXO-K & EXO-M) (2014)

Album special

Single Digital

Single promosi

Kolaborasi

Novel The Grumpy

Nah, itulah ulasan mengenai siapa saja member EXO dan bagaimana perjalanan dari para membernya. Apakah Grameds tertarik untuk bergabung dalam fandom EXO-L?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum