in

Yuk, Berkenalan Dengan 4 Member Blackpink dan Perjalanan Karier Mereka!

Member Blackpink – Di zaman yang serba K-Pop seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak kenal dengan girlband terkenal Blackpink asal Korea Selatan itu? Yap, salah satu girlband K-Pop terpopuler yang lagu-lagunya kerap menempati posisi tertinggi di tangga lagu dunia ini memang tengah digandrungi oleh muda-mudi. Bahkan tiket konsernya dapat segera ludes terjual hanya beberapa menit saja karena kepopulerannya tersebut. Hal itu wajar saja sebab Blackpink memang patut dijadikan sebagai role model muda-mudi karena sangat berbakat.

Di bawah naungan YG Entertainment, Blackpink berhasil didebutkan dengan member berjumlah 4 orang, yakni Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose. Keempat member ini sama-sama berbakat, baik itu dalam segi vokal, dance, hingga akting! Lalu, bagaimana ya perjalanan karier dari Blackpink beserta 4 membernya ini? Apa saja lagu–lagu dari Blackpink yang sampai saat ini masih asyik untuk didengarkan? Yuk simak ulasan berikut ini, siapa tahu Grameds tertarik bergabung ke dalam fandom Blink!

https://id.pinterest.com/

4 Member Blackpink

1. Jennie

https://id.pinterest.com/

Jennie adalah member pertama yang diungkapkan oleh YG Entertainment untuk debut di bawah nama Blackpink, yakni pada 1 Juni 2016. Nama aslinya adalah Kim Jennie, lahir pada 16 Januari 1996 di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Di grup Blackpink, Jennie memiliki posisi sebagai rapper sekaligus penulis lagu. Jennie telah menjadi trainee di YG Entertainment sejak usianya 14 tahun, tepatnya pada tahun 2010 dan dirinya dianggap sebagai YG Princess.

Sebelum debut sebagai member Blackpink, Jennie telah beberapa kali menjadi model dan bahkan turut berkolaborasi bersama artist-artist YG lainnya. Salah satunya adalah menjadi model pada Music Video milik G-Dragon berjudul “That XX”. Hingga saat ini, lagu tersebut masih kerap didendangkan sebagai backsound di platform TikTok. Tidak hanya menjadi model Music Video saja, tetapi Jennie juga pernah berduet di panggung acara musik Inkigayo bersama G-Dragon untuk lagu berjudul “Black”.

Pada November 2018 lalu, Jennie berhasil melakukan debut solo dengan album single pertamanya bertajuk “Solo”. Sebulan setelah debut solonya, Jennie dikabarkan tengah menjalin hubungan dengan Kai, salah satu member EXO. Hal tersebut diposting oleh media lokal setempat Dispatch dan kemudian masing-masing agensi mengkonfirmasi bahwa kedua sejoli tersebut memang dalam status berpacaran. Sayangnya, pada 25 Januari 2019, hubungan mereka tiba-tiba dikabarkan telah putus dan hal tersebut dikonfirmasi oleh SM Entertainment.

Jennie pernah berpartisipasi dalam sebuah variety show bertajuk Village Survival, The Eight di channel SBS pada tahun 2018 dan menjadi guest star pada acara Running Man episode 409, bersama dengan Jisoo.

2. Lisa

https://id.pinterest.com/

Lisa adalah member kedua yang diungkap oleh YG Entertainment untuk girlband Blackpink ini, yakni pada 5 Juni 2016. Nama aslinya adalah Pranpriya Manoban yang kemudian dikenal sebagai Lalisa Manoban, lahir pada 27 Maret 1997 di Buriram, Thailand. Yap, Lisa dapat disebut sebagai idol Thailand pertama yang berhasil debut di bawah naungan YG Entertainment. Di grupnya, Lisa memiliki posisi sebagai rapper dan vocalist. Dirinya bersahabat dekat dengan Bambam GOT7 sebab sama-sama berasal dari Thailand dan bergabung di kru tari We Zaa Cool.

Pada tahun 2010, Lisa mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh YG Entertainment di Thailand dan dirinya menjadi satu-satunya yang berhasil lolos setelah mengalahkan sekitar 4.000 pelamar lainnya! Wah, hebat ya! Lisa juga turut menjadi trainee asing pertama di YG Entertainment pada April 2011. Pada tahun 2018, Lisa debut sebagai salah satu anggota di variety show bertema militer Real Men 300 di channel MBC. Dalam acara tersebut, Lisa menjadi bagian dari Akademi Tentara Korea bersama aktor, aktrist, dan beberapa idol lainnya sebut saja ada Hongseok (Pentagon), Lee Su-Bin, dan Matthew Douma (Ayah dari Jeon Somi).

Lisa juga berhasil melakukan debut solonya pada September 2021 lalu dengan album single pertamanya bertajuk Lalisa dan lagu utamanya adalah “Money”. Lagu tersebut hingga saat ini masih kerap dijadikan backsound di berbagai platform, salah satunya adalah TikTok. Pada tahun tersebut, Lisa juga turut tampil bersama seniornya, iKON di survival show Kingdom untuk lagu “Classy Savage”. Banyak peserta yang terkejut dan tidak menyangka bahwa Lisa akan datang untuk turut tampil di acara tersebut.

Meskipun berasal dari Thailand, Lisa tetap fasih dalam berbahasa Korea dan sedikit China, lho! Itulah mengapa dirinya didapuk menjadi mentor tari di survival show China bernama “Youth With You 3”. Di negara asalnya, Lisa tetap berkarir sebagai model untuk berbagai iklan, mulai dari produk kosmetik, smartphone Samsung Galaxy S10, hingga kartu GSM terbesar di Thailand.

3. Jisoo

https://id.pinterest.com/

Jisoo adalah member ketiga yang diungkapkan oleh YG Entertainment untuk debut bersama Blackpink, yakni pada 15 Juni 2016. Nama aslinya adalah Kim Jisoo, lahir pada 3 Januari 1996 di Gunpo-si, Korea Selatan. Di Blackpink, Jisoo memiliki posisi sebagai vocalist. Sebenarnya, Jisoo telah digadang-gadang akan menjadi anggota girlband YG Entertainment yang akan datang sejak tahun 2013, hingga kemudian berhasil debut tiga tahun setelahnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sebelum debut menjadi member Blackpink, Jisoo sering menjadi model iklan bersama senior-senior mereka, sebut saja iklan Smart Uniform bersama iKon. Tidak hanya itu saja, Jisoo juga kerap menjadi model untuk Music Video, salah satunya milik duet Lee Hi dan Suhyun berjudul “I’m Different ”. Jisoo menjadi member Blackpink yang kerap “bermain” di dunia akting, hingga berhasil tampil sebagai guest star di drama The Producers (2015) di channel KBS bersama senior se-agensi mereka, yakni Sandara Park dan Kang Seung Yoon (WINNER).

Pada tahun 2020 lalu, Jisoo berhasil kembali bermain di dunia akting dan bahkan mendapatkan peran utama pertamanya untuk drama bertajuk Snowdrop di channel JTBC. Banyak netizen yang memuji akting Jisoo sebab terlihat natural. Di dalam drama Snowdrop tersebut menceritakan mengenai kisah romansa antara dua sejoli yang memiliki beda kewarganegaraan dan menggunakan latar belakang sejarah yakni pada Gerakan Demokrasi 1987. Perlu diketahui ya Grameds bahwa pada tahun tersebut, Korea Selatan memang tengah mengalami konflik berat yang bahkan berimbang pada Pembunuhan Massal di kota Gwangju.

4. Rose

https://id.pinterest.com/

Rose adalah anggota keempat dan terakhir yang diungkap oleh YG Entertainment untuk grup Blackpink ini, yakni pada 22 Juni 2016. Nama aslinya adalah Roseanne Park, lahir di Auckland, Selandia Baru, pada 11 Februari 1997. Berhubung Rose lahir di Selandia Baru dan memiliki kewarganegaraan Korea Selatan, maka dirinya juga memiliki nama Korea yaitu Park Chae Young. Di grupnya, Rose berposisi sebagai vocalist. Sebelum menjadi trainee di YG Entertainment, Rose sering tampil bersama tim paduan suara gereja.

Ketika menginjak usia 15 tahun (2012), Rose disarankan oleh ayahnya untuk menghadiri audisi yang kala itu tengah diadakan oleh YG Entertainment di Australia dan berhasil menempati peringkat pertama dengan mengalahkan sekitar 700 peserta! Wow keren ya! Kemudian dalam dua bulan, Rose pun menandatangani kontrak label dengan YG Entertainment dan pindah ke Korea Selatan. Rose diketahui memiliki tiga kewarganegaraan, yakni Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, sebab ketika kecil dirinya pernah pindah ke Negeri Koala tersebut.

Pada tahun 2012 setelah dirinya menandatangani kontrak, Rose diberikan kesempatan hebat untuk ikut tampil pada lagu milik seniornya, G-Dragon, yang bertajuk “Without You”. Namun, namanya tidak ikut dipublikasikan kala itu dan kredit atas namanya diungkap setelah dirinya resmi menjadi member Blackpink. Hingga saat ini, lagu tersebut masih populer didengarkan oleh banyak orang.

Pada tahun 2018, sebenarnya YG Entertainment memang telah mengumumkan bahwa tiga anggota Blackpink yakni Jennie, Lisa, dan Rose, akan melakukan debut solo. Namun kala itu, hanya Jennie yang memulai debutnya dan pernyataan tersebut tidak diperbaharui lagi. Dua tahun setelahnya, YG Entertainment mengumumkan kembali bahwa Rose akan benar-benar melakukan debut solo pada September setelah perilisan album studio pertama Blackpink. Hingga kemudian pada Januari 2021, Blackpink tengah mengadakan konser online pertama mereka (karena saat itu masih pandemi Covid-19) dan Rose menyanyikan sebuah lagu baru berjudul “Gone”, yang ternyata lagu tersebut akan masuk ke dalam album solonya. Akhirnya pada Maret 2021, Rose berhasil debut dengan album single pertamanya bertajuk “-R-”.

Perjalanan Karier Blackpink

Sebenarnya, para penggemar telah mengetahui bahwa YG Entertainment memang telah mempersiapkan girlband kedua dengan nama PinkPunk. Terdapat tujuh anggota tetapi hanya empat saja yang berhasil debut di Blackpink ini. Dari tujuh anggota tersebut, terdapat Cho Miyeon yang saat ini telah menjadi anggota dari girlband (G)-IDLE dan Jinny yang telah menjadi member dari Secret Number.

2016

Blackpink ini adalah girlband kedua di bawah naungan YG Entertainment setelah 2NE1 dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 dengan album single digital bertajuk “Square One”. Pada debutnya tersebut, lagu “Boombayah” dan “Whistle” menjadi bagian dari debut mereka dan berhasil memenangkan penghargaan dari acara musik Inkigayo, hanya setelah 13 hari sejak mereka debut!

Pada tahun yang sama, Blackpink melakukan comeback dengan merilis album Square Two dan menjadikan lagu “Playing With Fire” beserta “Stay” sebagai single utama. Sama seperti debut mereka, pada comeback kali ini, lagu-lagu tersebut berhasil meraih kemenangan di acara musik Inkigayo dan M Countdown. Kesuksesan komersial yang diperoleh Blackpink ini juga menjadikannya memenangkan berbagai penghargaan, sebut saja Asia Artist Awards, Golden Disc Award, hingga Gaon Chart Musik Awards. Bahkan, Billboard juga menobatkannya sebagai salah satu grup K-Pop terbaik pada tahun 2016.

2017

Pada tahun 2017, Blackpink mengumumkan bahwa fandom penggemar mereka bernama Blink yang merupakan penggabungan dari “Black” dan “Pink”. Pada tahun tersebut, Blackpink juga melakukan comeback dengan merilis single digital bertajuk “As If It’s Your Last” dan kurang dari 17 jam setelah perilisan, lagu tersebut berhasil memperoleh 10 juta penonton!

Pada Juli 2017, Blackpink mengadakan konser di Nippon Budokan, Tokyo dan dihadiri oleh sekitar 14.000 orang! Bahkan dilaporkan juga bahwa sebanyak 200.000 orang mencoba mendapatkan tiket konser mereka, tetapi karena jumlah terbatas sehingga tidak semua beruntung. Kemudian di tahun yang sama, Blackpink tampil di acara SBS Gayo Daejeon dengan membawakan cover remix lagu berjudul “So Hot” oleh Wonder Girls.

2018

Pada tahun 2018 ini, Blackpink merilis mini album Korea pertama mereka bertajuk Square Up dengan lagu andalannya “Ddu-Du Ddu-Du”. Tidak hanya itu saja, Blackpink juga meresmikan lightstick mereka yang dinamakan Bi-Ping-Pong dan didesain langsung oleh para anggotanya. Kemudian pada pertengahan Juli, Blackpink ARENA TOUR juga memulai tur Jepang di Osaka. Dua bulan setelahnya, tepatnya pada 12 September, Blackpink mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan konser pertama di Seoul yang bertajuk BLACKPINK 2018 Tour ‘In Your Area’ Seoul x BC Card di Olympic Gymnastic Arena.

Pada bulan September, Blackpink juga berkolaborasi dengan Dua Lipa untuk lagu berjudul “Kiss and Make Up”.

2019

Pada tahun 2019 ini, Blackpink melakukan comeback dengan mini album berjudul “Kill This Love”. Sama halnya dengan girlband lainnya, agensi akan merilis foto-foto teaser sebagai bagian dari comeback tersebut. Kemudian di bulan April, Blackpink didapuk sebagai guest star untuk festival musik tahunan Coachella di Amerika Serikat. Blackpink disebut-sebut sebagai grup K-Pop wanita pertama yang tampil dalam festival musik tahunan tersebut.

2020

Pada tahun 2020 ini tepatnya di bulan April, Blackpink turut andil dalam album studi keenam milik Lady Gaga, Chromatica, dengan lagu berjudul “Sour Candy”. Akhirnya pada 29 Mei, duet antara Blackpink dan Lady Gaga tersebut rilis dan berhasil menempati peringkat tertinggi di berbagai tangga lagu dunia, antara lain Billboard Hot 100 dan UK Official Singles Chart. Kemudian pada bulan Juni, Blackpink merilis single berjudul “How You Like That” dan menjadi populer hingga saat ini.

Pada tahun ini, Blackpink juga melakukan kolaborasi dengan Selena Gomez untuk lagu berjudul “Ice Cream” yang rilis pada 28 Agustus. Sebulan setelahnya, Blackpink mengumumkan bahwa film dokumenter mereka yang bertajuk BLACKPINK: Light Up The Sky akan tayang perdana pada 14 Oktober di Netflix. Dalam film dokumenter tersebut akan berisikan cuplikan video pelatihan, kehidupan sehari-hari, cerita di balik layar, dan wawancara dengan para anggota.

2021

Tepatnya pada 31 Januari, Blackpink melakukan konser online pertama yang bertajuk The Show di kanal YouTube milik mereka. Konser tersebut dilakukan secara online karena pandemi Covid-19 tengah menyerang seluruh dunia.

2022

Pada tahun ini, Blackpink digadang-gadang akan melakukan comeback. Hingga saat ini, para member tengah melakukan aktivitas individual. Salah satunya adalah Jennie yang ternyata diketahui akan debut di dunia akting melalui serial HBO berjudul The Idol bersama The Weeknd.

Diskografi Blackpink

Korea

Album dan Album Mini

  • Square One (2016)
  • Square Two (2016)
  • Blackpink (Mini Album) (2017)
  • Square Up (2018)
  • Kill This Love (2019)
  • The Album (2020)

Single

  • Boombayah (2016)
  • Whistle (2016)
  • Playing With Fire (2016)
  • Stay (2016)
  • As If It’s Your Last (2017)
  • Ddu-Du Ddu-Du (2018)
  • Kill This Love (2019)
  • How You Like That (2020)
  • Ice Cream (2020)
  • Lovesick Girls (2020)

Jepang

Studio Album

  • BLACKPINK In Your Area (2018)
  • Kill This Love – JPN Vers (2019)

Live Album

  • BLACKPINK Arena Tour 2018 “Special Final in Kyocera Dome Osaka” (2019)
  • BLACKPINK 2019-2020 World Tour In Your Area – Tokyo Dome (2020)

Mini Album

  • BLACKPINK (2017)
  • Re: BLACKPINK (repackage) (2018)

Single

  • Ddu-Du Ddu-Du (2018)

Nah, itulah ulasan mengenai siapa saja empat member Blackpink yang patut untuk Grameds jadikan sebagai role model dan bagaimana perjalanan karir mereka. Apakah Grameds tertarik untuk bergabung dalam fandom Blink?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.