in

22 Rekomendasi Lagu Perpisahan Indonesia hingga K-Pop

Lagu Perpisahan – Kita semua pasti setuju jika perpisahan adalah momen yang paling menyedihkan. Bahkan jika boleh meminta kepada Tuhan, pasti kita tidak ingin bertemu dengan momen perpisahan, baik kepada keluarga, sahabat, maupun pasangan. Sayangnya, setiap pertemuan itu pasti akan ada perpisahan. Yap, people come and people go. Setelah momen perpisahan terjadi, baik yang disengaja maupun tidak, pasti tetap akan memberikan duka mendalam bagi kita. Terlebih lagi jika memiliki banyak kenangan dengan sosok yang pergi tersebut, pasti akan susah melupakannya. Bahkan tak jarang ada yang menyebut bahwa dalam perpisahan itu, yang dirindukan bukanlah sosok orangnya, melainkan kenangannya.

Dalam waktu dekat ini, apakah Grameds telah menemui momen perpisahan dengan sosok orang yang disayangi? Jika demikian, semoga Grameds segera membaik ya hatinya… Banyak cara untuk mengenang kepergian dari momen tersebut, salah satunya adalah dengan mendengarkan lagu tentang perpisahan. Meskipun pada akhirnya malah membuat Grameds menangis karena mengingatkan akan momen perpisahan tersebut, tetapi setidaknya, di dalam hati akan ada kelegaan. Lantas, apa saja sih lagu-lagu perpisahan yang dapat kita dengarkan untuk mengenang kepergiannya? Yuk simak ulasan berikut ini yang berisikan daftar lagu perpisahan dari Indonesia hingga K-Pop.

https://www.pexels.com/id-id/

9+ Lagu Indonesia Tentang Perpisahan

https://www.pexels.com/id-id/

1. Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik

Grameds pasti sudah tidak asing dengan lagu dari Sheila On 7 yang berjudul Sebuah Kisah Klasik ini. Yap, lagu ini sering digunakan sebagai backsound dari video perpisahan sekolah yang memang liriknya sangat mencerminkan akan adanya sebuah perpisahan. Lagu ini sangat cocok untuk perpisahan dengan teman demi masa depan masing-masing. Terlihat dari liriknya yang berupa “…Sampai jumpa kawanku. Semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan…”

Lagu lain dari Sheila On 7 yang juga mengisahkan perpisahan adalah Berhenti Berharap. Sesuai dengan judulnya, maka perpisahan akan tetap terjadi karena cintanya kepada sang pujaan hati yang sulit untuk didapatkan. Pada lagu ini, makna perpisahan terlihat dari liriknya yang berupa “Aku berhenti berharap dan menunggu datang gelap. Sampai nanti suatu saat tak ada cinta kudapat…”

2. Peterpan – Semua Tentang Kita

Lagu Indonesia yang bertemakan perpisahan selanjutnya adalah Peterpan dengan judul Semua Tentang Kita. Hampir sama dengan sebelumnya, lagu ini juga kerap digunakan untuk backsound video perpisahan di sekolah. Hal tersebut karena memang liriknya begitu mendalam dan menceritakan bagaimana momen bahagia saat masih bersama, baik dengan teman maupun sahabat.

3. TULUS – Hati-Hati di Jalan

Lagu perpisahan dari soloist TULUS yang rilis pada bulan Maret kemarin benar-benar langsung diterima masyarakat luas. Tidak hanya melodinya saja yang easy-listening, tetapi juga liriknya yang benar-benar bermakna akan perpisahan. Yap, lagu perpisahan ini berhasil dibawakan oleh TULUS dengan suasana yang sendu dan pilu, tetapi tetap terasa manis. Bahkan lagu ini juga trending selama beberapa hari dan terus dibicarakan oleh warganet karena benar-benar relate akan bagaimana perpisahan sesungguhnya. Terlihat dari liriknya yang berupa,

Kukira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Kukira takkan ada kendala

Kukira ini kan mudah

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kau aku jadi kita

4. SAMSONS – Kenangan Terindah

Siapa yang dahulu sering nongkrong di warnet sambil mendengarkan lagu perpisahan yang satu ini? Yap, bagi Grameds yang lahir pada tahun 90-an pasti sudah tidak asing dong dengan lagu dari grup band SAMSONS yang berjudul Kenangan Terindah ini. Bahkan saking terkenalnya, lagu ini sering masuk pada tangga lagu di acara musik, sebut saja MTV Ampuh. Sesuai dengan judulnya, lagu ini benar-benar menyampaikan perpisahan yang penuh kenangan dengan sang pujaan hati. Terlihat kok dari liriknya,

Bila yang tertulis untukku adalah yang terbaik untukmu

Kan kujadikan kau kenangan yang terindah dalam hidupku

5. Andra and The Backbone – Jalanmu Bukan Jalanku

Secara singkat, lagu ini menyampaikan pesan bahwa jika Grameds dan pasangan sudah tidak memiliki kecocokan satu sama lain, lebih baik putus saja. Lagipula, terlihat dari judulnya kok yang memperlihatkan bahwa jalan antara kedua insan itu telah berbeda dan harus mengucapkan salam perpisahan. Meskipun memang rasanya akan sangat patah hatinya, tetapi lebih baik begitu dibandingkan harus menjalani hubungan yang semakin tidak pasti.

6. Raisa – Usai Disini

Selain berparas cantik, penyanyi solo wanita Raisa ini juga memiliki suara yang sangat merdu sehingga ketika membawakan lagu perpisahan berjudul Usai Disini, benar-benar menyentuh hati pendengarnya. Ketika pertama kali dirilis, lagu ini langsung trending dan didengarkan oleh banyak warganet karena liriknya yang sangat menggambarkan bagaimana perpisahan yang harus terjadi dengan pasangan. Liriknya seperti ini,

Kau tepikan aku, kau renggut mimpi yang dulu kita ukir bersama

Seolah aku tak pernah menjadi bagian besar dalam hari-harimu

Seolah janji dan kata-kata yang diucapkan kehilangan arti

7. Ello – Kisah Kita Tlah Usai

Sesuai deh dengan judulnya, lagu ini juga menggambarkan momen perpisahan yang ditujukan kepada pujaan hati. Menyadari bahwa kisah antara Grameds dan pasangan sudah usai, maka yang terjadi selanjutnya adalah perpisahan. Meskipun harus berpisah, tetaplah tegar untuk menghadapi itu semua. Liriknya berupa, Mungkin kisah kita tlah usai, tak demikian cintaku…

8. Bondan Prakoso & Fade 2 Black – Kita Selamanya

Nah untuk lagu perpisahan yang satu ini, biasanya ditujukan kepada teman terdekat terutama di masa sekolah. Lagu berjudul Kita Selamanya ini juga cocok lho digunakan sebagai backsound untuk video perpisahan kelas atau angkatan sekolah. Meskipun dirilis 12 tahun yang lalu, tetapi lagu milik Bondan Prakoso & Fade 2 Black ini tetap terasa suasana haru akan perpisahan yang terjadi. Lirik yang paling menohok akan adanya perpisahan adalah,

Bergegaslah kawan sambut masa depan

Tetap berpegang tangan, saling berpelukan

Berikan senyuman ‘tuk sebuah perpisahan

Kenanglah sahabat, kita untuk selamanya

9. Project Pop – Ingatlah Hari Ini

Meskipun grup yang satu ini selalu membawakan lagu-lagu dengan lirik yang kocak, tetapi ada juga satu lagu dengan tema perpisahan. Yap, lagu tersebut berjudul Ingatlah Hari Ini yang secara tidak langsung menceritakan bagaimana momen perpisahan yang terjadi dengan sahabat. Liriknya terlihat realistis untuk mengajak pendengarnya supaya tetap mengingat hari ini, sekalipun umur semakin bertambah.

Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing,

ingatlah hari ini

10. JKT48 – Seventeen

Perpisahan biasanya dialami oleh pihak-pihak yang saling berhubungan dan memiliki kenangan satu sama lain. Lantas, bagaimana jika perpisahan tersebut hanya dialami oleh satu orang saja? Nah, JKT48 menyampaikannya dalam lagu berjudul Seventeen yang saat ini tengah tren di platform TikTok. Lagu dengan melodi ceria ini ternyata memiliki lirik yang amat mendalam lho, terutama pada bagian reff kedua yang menceritakan bahwa perpisahan harus tetap terjadi karena ditinggal menikah.

Kudengar bahwa kamu sudah menikah

Aku terlambat bilang suka kepadamu

Kudengar kamu pun sekarang punya anak

Tak sanggup memanggilmu

Farewell masa mudaku

11. DEWA 19 – Pupus

Jika Grameds merasakan cinta bertepuk tangan, kira-kira apa yang harus dilakukan? Apakah akan tetap mengejarnya atau memilih menyudahi saja? Jika Grameds memilih opsi yang kedua, maka momen perpisahan akan terjadi, meskipun tidak dengan pasangan kekasih, tetapi justru gebetan yang tidak bisa diraih. Nah, lagu milik Dewa 19 yang berjudul Pupus ini sangat cocok untuk semakin memporak-porandakan hatimu yang masih patah karena perpisahan.

9+ Lagu K-Pop Tentang Perpisahan

https://pixabay.com/

1. DAY6 – Letting Go

DAY6 memang ahlinya meremukkan hati para pendengar yang tengah berada dalam momen perpisahan ya. Salah satu lagunya yang cocok didengarkan untuk “menikmati” perpisahan dengan kekasih adalah Letting Go. Sesuai dengan judulnya, lagu ini memberikan pengertian kepada pendengarnya bahwa kita harus rela melepaskan kekasih untuk pergi, terlebih lagi jika hubungan sudah tidak bisa dipertahankan. Lirik lagunya sederhana saja kok, tetapi maknanya begitu mendalam terutama bagi mereka yang tengah berpisah dengan sang pujaan hati.

2. Taeyeon – Fine

Lagu dari soloist Taeyeon dengan judul Fine ini benar-benar cocok deh untuk menggambarkan putus cinta alias perpisahan dengan sang pujaan hati. Bahkan dari Music Video-nya saja diperlihatkan bagaimana perpisahan yang sesungguhnya, meskipun rasanya sangat sakit ya… Cocok deh didengarkan untuk “menikmati” masa perpisahan yang ternyata sangat menyakitkan itu. Lagu milik Taeyeon yang juga menggambarkan tentang momen perpisahan lainnya adalah What Do I Call You.

3. IU – Ending Scene

Penyanyi solois wanita yang juga memiliki lagu perpisahan dengan makna yang amat mendalam adalah IU dengan lagu berjudul Ending Scene. Dalam lagu ini, secara tidak langsung memang menceritakan bagaimana rasanya cinta yang bertepuk sebelah tangan. Yap, seseorang yang kita cintai ternyata tidak mencintai diri kita sebaliknya. Jika sudah begitu, hal yang harus dilakukan adalah merelakannya pergi. Doakan saja bahwa dirimu dan dirinya, akan menemukan cintanya masing-masing, di masa depan kelak.

As much as you were lonely 

I really hope you meet someone 

Who will love you more than you 

I’m sorry that she’s not me 

It’s not easy to give

4. Chen EXO – Beautiful Goodbye

Sesuai dengan judulnya, salah satu member EXO yang juga menjadi solois ini pernah merilis lagu debutnya berjudul Beautiful Goodbye yang menyiratkan pesan perpisahan. Lagu ini mengisahkan bahwa momen perpisahan itu akan selalu ada, terutama kepada sang pujaan hati. Jika momen itu datang, ucapkan hal-hal baik kepadanya, sehingga perpisahanmu dan dengannya akan menjadi “perpisahan yang manis”.

5. BIGBANG – Flower Road

Sebenarnya, lagu dari boyband legendaris BIGBANG yang berjudul Flower Road ini benar-benar mengisahkan perpisahan. Yap, lagu ini dirilis tepat sebelum para membernya akan melangsungkan wajib militer pada tahun 2018 lalu. Lagu perpisahan ini ditujukan kepada fandom mereka, V.I.P dan berhasil menduduki tangga lagu teratas di sejumlah negara. Selama wajib militer, keempat member BIGBANG akan hiatus terlebih dahulu.

6. I.O.I – Downpour

Lagu Downpour ini sejatinya adalah lagu perpisahan dari girlband I.O.I kepada para penggemarnya sebelum grup tersebut bubar. Yap, grup I.O.I adalah girlband hasil bentukan dari CJ E&M melalui acara survival Produce 101 yang aktif pada 2016-2017 lalu. Berhubung grup ini merupakan hasil dari acara survival, maka kontraknya pun hanya sementara, yakni 1 tahun saja. Nah, ketika grup akan dibubarkan karena aturan kontrak, dirilis lah lagu Downpour ini yang menyiratkan pesan perpisahan. Bahkan dalam Music Video-nya pun berisikan kompilasi video para membernya sejak era Produce 101 hingga aktif di grup I.O.I ini. Lagu Downpour ini tentu saja sangat cocok didengarkan untuk Grameds yang tengah mengalami momen perpisahan.

7. Produce 101 Season 2 – Always

Hampir sama dengan lagu sebelumnya, lagu berjudul Always yang dibawakan oleh para peserta acara survival Produce 101 Season 2 pada tahun 2017 lalu juga menyiratkan pesan perpisahan. Lagu ini hadir sebagai bentuk “perpisahan” kepada para masing-masing peserta dalam acara survival tersebut yang sudah berjuang hingga babak final. Meskipun hanya 11 member saja yang dapat debut di bawah nama grup Wanna One, tetapi kenangan mereka tidak akan pernah usai.

8. 2NE1 – Goodbye

Salah satu girlband legendaris dari YG Entertainment, 2Ne1 ini resmi bubar pada tahun 2017 lalu. Untuk mengenang segala momen yang terjadi di antara mereka dan para penggemar, mulai sejak debut hingga bubar, akhirnya rilislah lagu berjudul Goodbye. Sesuai dengan judulnya, maka lagu ini berisikan perpisahan antara keempat member dengan Blackjacks. Setelah bubar, masing-masing member akan menjalani aktivitas individu, mulai dari menjadi solois hingga menjadi aktris.

9. Red Velvet – One of These Nights

Lagu dari Red Velvet ini disebut-sebut didedikasikan untuk tragedi tenggelamnya kapal Sewol pada tahun 2014 lalu. Yap, lagu ini mengalun dengan sangat indah, seolah hendak mengucapkan selamat tinggal pada kenangan yang pernah hadir. Banyak warganet yang memuji keterampilan vokal dari para member Red Velvet karena berhasil membawakan lagu dengan melodi yang lembut.

10. TREASURE (Asahi x Haruto) – Thank You

Pada awal bulan November 2022 ini, para penggemar boyband TREASURE dikejutkan dengan berita keluarnya 2 member, yakni Yedam dan Mashiho. Memang sebelumnya, kedua member tersebut menyatakan hendak hiatus terlebih dahulu. Namun, tidak disangka ternyata Yedam dan Mashiho memutuskan untuk keluar dari TREASURE dan langsung menjadi topik perbincangan hangat di berbagai sosial media.

Hal tersebut semakin membuat sedih para penggemar TREASURE yakni TEUME setelah menyadari bahwa ternyata unit Asahi x Haruto yang sebelumnya merilis lagu berjudul Thank You adalah ditujukan kepada para member yang keluar tersebut. Yap, pada lagu Thank You ini secara tidak langsung menyiratkan pesan perpisahan. Sesuai dengan judulnya, maka lagu tersebut seolah mengucapkan terima kasih kepada kedua member karena sudah menciptakan kenangan indah bersama-sama, tepatnya sejak mengikuti acara survival YG Treasure Box.

I want to tell you through this song

Thank you, I was so happy to meet you

You you you all the memories with you are shining

Thank you, because you left me, now you’re only on the flower road you can walk

Promise me instead

I hope you don’t get sick and meet a good person

11. BTS – Love is Not Over

Siapa yang tak kenal dengan boyband BTS yang saat ini tengah naik daun bahkan sudah mendapatkan banyak penghargaan dari pengamat musik dari mancanegara. Yap, BTS yang semakin terkenal berkat duetnya bersama Nicki Minaj dalam lagu berjudul IDOL tersebut, pernah juga lho merilis lagu tentang perpisahan. Tepatnya pada tahun 2015 dalam album The Most Beautiful Moment In Life Pt.1 dengan judul lagu Outro: Love is Not Over.

Sesuai dengan judulnya, lagu ini seolah menyampaikan bahwa perpisahan dengan sang pujaan hati itu akan tetap terjadi. Namun melalui momen tersebut, bukan berarti akan menghapus rasa cinta yang pernah ada. Rasa cinta yang dulu bersemi akan selalu berada di hati walaupun hubungannya mau-tidak mau harus berpisah karena suatu keadaan.

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda A

Saya menyadari jika menulis ternyata bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus membawa hal positif dalam kehidupan ini. Dari berbagai macam tema yang suka, salah satunya adalah tema musik.