in

9 Band Tahun 2000-An dan Daftar Lagunya, Nostalgia Yuk!

Daftar Band Tahun 2000-an – Musik memang menjadi salah satu media pemersatu antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Seiring berjalannya waktu banyak musisi baru yang terus berinovasi memberikan karya terbaiknya. Tahun 2000 adalah waktu paling berjaya dan berkesan bagi beberapa pelaku seni khususnya dalam bidang musik.

Ya, tahun itu bisa dibilang adalah bersinarnya band-band dengan berbagai genre mendapatkan feedback positif dari para pendengar. Tahun 2000 juga banyak acara musik yang selalu menjadi salah satu media atau jembatan pengenalan band baru untuk para pendengar. Bahkan platform musik terdahulu seperti radio juga miliki jagoan band hits pada jamannya.

Nah untuk bernostalgia nih, Grameds bisa menyimak beberapa informasi tentang beberapa band yang dulu pernah menjadi bintang di tahun 2000-an. Bahkan, bisa saja dahulu Grameds pernah menjadi salah satu fans berat dari band-band tahun 2000-an ini.

So, apa saja sih beberapa band yang pernah mengisi masa-masa tahun 2000. Simak ulasan tentang daftar band tahun 2000-an di bawah ini.

https://www.pexels.com/

1. Sheila On 7

Pertama ada band Sheila On 7. Ya, Sheila On 7 memang sampai saat ini masih saja memiliki banyak penggemar. Bisa dibilang jika setiap lagu Sheila On 7 tak lekang oleh waktu. Walau lintas generasi, lagu-lagu Sheila On 7 bisa tetap enak didengar lho.

Sheila On 7 adalah sebuah band yang berasal dari Yogyakarta. Setiap lagu yang dibawakan oleh Sheila On 7 selalu seperti pernah dialami oleh para pendengar. Suara khas dari sang vokalis membuat telinga para pendengar jika lagu yang sedang diputarnya adalah milik Sheila On 7.

Banyak yang bilang jika Sheila On 7 adalah salah satu band tanpa haters sampai sekarang. Ya memang benar sih, rata-rata tahun 2000-an adalah waktunya para band termasuk Sheila On 7 mendapatkan ketenaran dari hasil karyanya.

Setiap album dari Sheila On 7 selalu diisi oleh lagu-lagu menarik dan enak didengar oleh para penggemar. Bahkan beberapa lagu milik Sheila On 7 juga pernah masuk ke dalam beberapa kategori dan memenangkan piala di kompetisi acara musik lho.

Salah satunya adalah piala AMI Award sebagai pemilik album terbaik yang diselenggarakan pada tahun 2004. Perlu diketahui juga nih jika lagu dari Sheila On 7 pernah jadi soundtrack beberapa film layar lebar!

Untuk personil dari Sheila On 7 sendiri ada Duta sebagai vokalis, Eros bagian gitar, Adam di bass dan Brian pada drum. Adanya empat orang ini dan beberapa tim di belakang layar mampu membuat Sheila On 7 sampai saat ini memiliki ruang tersendiri di hati para pendengar dan penikmat musik.

Beberapa lagu milik Sheila On 7 yang bisa jadi teman keseseharianmu adalah seperti di bawah ini.

  1. Pria Kesepian
  2. Pemuja Rahasia
  3. Buat Aku Tersenyum
  4. Hari Bersamanya
  5. Saat Aku Lanjut Usia
  6. Sephia
  7. Radio
  8. Lapang Dada
  9. Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki
  10. Seberapa Pantas

tombol beli buku

2. Letto

Masih band asal Yogyakarta lainnya yaitu ada Letto. Letto juga salah satu band yang pernah menjadi bintang di tahun 2000-an. Banyak lagu yang dibawakan oleh Letto penuh makna. Setiap lirik lagu milik Letto selalu saja memiliki arti yang begitu dalam.

Jika pada tahun 2000, kamu mendengarkan lagu Letto berisikan kisah-kisah cinta saja, coba saat ini dengarkan lagi lagu-lagu milik mereka. Kamu akan tahu makna sebenarnya dari apa yang ingin disampaikan oleh band Letto di setiap lagunya.

Hal ini juga bisa jadi salah satu pembeda Letto dengan band lainnya. Ya, band Letto pandai mengolah kata hingga memiliki makna yang begitu mendalam.

Meski saat ini Letto jarang kita temui di acara on air, tetapi mereka masih tetap mengisi job off air lho. Menariknya lagu milik Letto pernah jadi soundtrack sinetron dengan episode panjang!. Tahun 2000 juga jadikan band Letto pernah manggung on air di beberapa acara musik bergengsi.

Band Letto sendiri terdiri dari Noe sebagai vokalis, Patub bagian gitar, Arian sebagai bass dan Dhedot sebagai drum. Beberapa rekomendasi lagu milik Letto yang bisa jadi teman santai kalian adalah seperti yang ada di bawah ini.

  1. Ruang Rindu
  2. Sandaran Hati
  3. Sebenarnya Cinta
  4. Sampai Nanti, Sampai Mati
  5. Sebelum Cahaya
  6. Permintaan Hati
  7. Lubang di Hati

tombol beli buku

3. Peterpan

Siapa sih yang tak tahu dengan grup band Peterpan?

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Walau saat ini nama Peterpan sendiri sudah berubah menjadi NOAH. Namun tetap saja, di tahun 2000 Peterpan mampu membuat para penggemar musik dalam negeri memiliki idola baru.

Setiap konser yang dibuat oleh Peterpan selalu saja memiliki jumlah penonton yang cukup fantastis. Bahkan sampai saat ini Peterpan atau NOAH masih tetap memiliki penggemar setia lho.

Suara khas sang vokalis memang kerap kali jadi ciri khas dari lagu-lagu Peterpan. Menariknya lagi di tahun 2022 ini banyak lagu Peterpan yang dicoba untuk dibawakan ulang oleh NOAH dengan MV (Music Video) yang cukup fresh karena dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris papan atas yang tengah naik daun.

Coba deh cek di Youtube official milik NOAH, pasti ada lagu lama milik Peterpan yang bisa kalian dengarkan. Setiap komentar yang diberikan oleh penikmat musik selalu positif dan tentunya banyak yang dibuat nostalgia dengan masa lalu.

Grup band Peterpan terbentuk pada 1 September 2000 dengan personil awal yang kerap kita tahu adalah Ariel sebagai vocal, Uki sebagai gitar, Andika bagian Keyboard, Luqman pada gitar, Indra pada bagian bass dan Reza di drum.

Namun di tahun 2006 dua personil Peterpan keluar yaitu Indra dan Andika. Sekarang, Peterpan dikenal dengan nama NOAH. Meski begitu, ternyata tetap masih banyak para Sahabat Peterpan yang setia mendengar setiap lantunan lagu NOAH.

Beberapa rekomendasi lagu Peterpan yang bisa bikin kita bernostalgia ada di bawah.

  1. Aku dan Bintang
  2. Mimpi yang Sempurna
  3. Bintang di Surga
  4. Menghapus Jejakmu
  5. Mungkin Nanti
  6. Semua Tentang Kita
  7. Khayalan Tingkat Tinggi
  8. Tak Bisakah
  9. Jauh Mimpiku
  10. Di Belakangku

tombol beli buku

4. Radja

Radja juga menjadi salah satu band yang cukup bersinar di tahun 2000. Pada pendengar musik dalam negeri tentunya juga tahu band Radja. Memiliki lagu yang enak didengar dan mudah diingat menjadi salah satu ciri khas dari setiap lagu yang dibawakan oleh band Radja.

Meski saat ini sudah jarang tampil on air. Namun sang vokalis memberikan keterangan jika band Radja masih kerap manggung off air. Tentunya kamu bisa mendengarkan lagu-lagu hits milik Radja melalui platform musik populer.

Kepopuleran dari band Radja juga semakin tinggi setelah lagu mereka menjadi salah satu soundtrack sinetron Indonesia. Bahkan lagu milik band Radja juga pernah menjadi soundtrack iklan pada zaman tersebut.

Grup band Radja mulai terbentuk pada 17 Maret 2001 dengan personil Ian Kasela sebagai vokalis, Moldy sebagai gitaris, Seno bassist, Adit pada bagian drummer. Beberapa rekomendasi lagu milik band Radja yang bisa bikin kalian bernostalgia adalah seperti di bawah ini.

  1. Angin
  2. Bulan
  3. Cantik
  4. Gak Ada Waktu (Ke Laut Aja Lo)
  5. BBC (Benci Bilang Cinta)
  6. Pelarian Cinta
  7. Takkan Melupakanmu
  8. Patah Hati

5. Ada Band

Ada Band juga termasuk ke dalam daftar band terpopuler di tahun 2000. Lagu penuh dengan nuansa cinta dan patah hati merupakan ciri dari Ada Band.

Meski saat ini ada band-band pendatang baru, tetapi para penggemar dari Ada Band terus bertambah hingga saat ini. Itu artinya Ada Band selalu diterima oleh semua pendengar, khususnya untuk orang yang suka dengan lagu cinta.

Banyak lagu milik Ada Band yang bisa kalian gunakan untuk menemani keseharian lho. Beberapa diantaranya ada di bawah ini.

  1. Manusia Bodoh
  2. Haruskah Ku Mati
  3. Surga Cinta
  4. Setengah Hati
  5. Masih
  6. Baiknya
  7. Nyawa Hidupku

Beberapa rekomendasi lagu di atas bisa dibilang tak lekang oleh waktu. Suara khas vokalis Ada Band semakin membuat setiap lagu yang dibawakan semakin memiliki makna. Ada Band sendiri terdiri dari beberapa personil seperti Donnie Sibarani sebagai vokalis, Krishna Balagita pada bagian keyboard, Marshal pada gitar dan juga Dika Satjadibrata sebagai bassis.

Ada Band juga mengalami bongkar pasang personil dalam perjalanan karirnya. Terakhir sang vokalis legenda milik Ada Band hengkang karena ingin  lebih fokus terhadap bidang kerohanian. Posisi Donnie yang saat itu sedang kosong digantikan oleh Naga yang sebelumnya menjadi vokalis dari band Lyla.

Meski mengalami pergantian formasi, namun setiap lagu dari Ada Band masih tetap saja nyaman untuk didengar. So, bagi kalian yang sedang butuh asupan lagu cinta dan patah hati, bisa tambahkan lagu-lagu milik Ada Band ini ke playlist musikmu!

tombol beli buku

6. Kerispatih

Kerispatih juga menjadi salah satu band yang namanya melambung pada tahun 2000-an. Bahkan lagu-lagu dari Kerispatih tak jarang digunakan untuk soundtrack FTV. Tentunya para pecinta FTV juga tak asing dengan suara khas vokalis Kerispatih.

Kerispatih terbentuk pada tahun 2003 dengan personil Arief pada gitar, Anton pada bagian drum, Andika pada bagian bass dan Badai untuk keyboard. Selang satu tahun berlangsung Sammy bergabung mengisi kekosongan vokalis Kerispatih.

Tak hanya tampil secara off air saja, tahun 2000 juga menjadikan Kerispatih banyak tampil di panggung on air. Nah banyak banget lho lagu Kerispatih yang begitu enak didengar kapan pun itu. Beberapa rekomendasi lagu Kerispatih yang bisa kalian nikmati untuk bernostalgia adalah seperti di bawah ini.

  1. Lagu Rindu
  2. Kejujuran Hati
  3. Mengenangmu
  4. Tak Lekang Oleh Waktu
  5. Bila Rasa Ini Rasamu
  6. Aku Harus Jujur
  7. Cinta Putih

Karir dari band Kerispatih mulai sedikit goyah ketika sang vokalis Sammy tersandung kasus narkoba. Lalu di tahun 2016, sang keyboardist memutuskan untuk keluar. Meski begitu setiap lagu dari Kerispatih sangat nyaman dan enak didengar hingga saat ini.

Tak percaya? Buktikan sendiri di beberapa platform musikmu.

7. Nidji

Tahun 2000-an tak hanya banyak band memberikan sentuhan genre pop and rock. Namun ada juga lho genre musik yang lebih segar dan fresh seperti band Nidji yang konsisten sampai saat ini memberikan aliran musik yang cukup berbeda dari lainnya.

Tak hanya dari sisi aliran musiknya saja. Namun vokalisnya saat ini juga memiliki penampilan yang cukup menarik perhatian para penggemarnya. Menariknya lagi beberapa lagu dari Nidji juga pernah menjadi beberapa soundtrack dari film layar lebar!

Salah satunya adalah lagu Laskar Pelangi yang menjadi soundtrack film dengan judul yang sama. Lalu ada juga lagu milik band Nidji yang menjadi soundtrack film 5cm dan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Dari ketiga lagu tersebut bisa membuktikan jika Nidji bukanlah sebuah sekedar grup band yang biasa saja. Bahkan Nidji juga pernah memenangkan beberapa nominasi ajang musik bergengsi lho.

Awal terbentuk band Nidji memiliki 6 personil yaitu Giring sebagai vokalis, Ariel sebagai gitaris, Adri pada drum, Rama sebagai gitaris, Andro pada bassist dan Run-D untuk bagian keyboard. Namun kini Giring memutuskan keluar dari Nidji.

Dengan keenam personil tersebut band Nidji mampu membuat para penggemar musik mendapatkan sentuhan musik yang berbeda di telinga. Nah ada beberapa lagu milik Nidji yang sekiranya bisa temani hari-harimu nih, yakni

  1. Laskar Pelangi
  2. Rahasia Hati
  3. Tak Akan Pernah Mati
  4. Nelangsa
  5. Sumpah dan Cinta Matiku
  6. Hidup Tanpa Cintamu
  7. Semesta Hidupku
  8. Tuhan Maha Cinta
  9. Dosakah Aku

tombol beli buku
8. Padi

Berikutnya ada Padi yang merupakan salah satu band yang tenar di tahun 2000-an. Band Padi sendiri awal terbentuk pada tahun 1997. Awalnya Padi adalah sebuah project seni aktivitas kampus Universitas Airlangga Surabaya.

Band Padi terbentuk dengan lima personil di dalamnya yaitu Fadly sebagai vokalis, Piyu sebagai gitaris, Rindra pada posisi bassist, Yoyo pada posisi drum dan Ari sebagai gitar. Bisa dibilang grup band Padi ini selalu menciptakan lagu yang penuh makna bagi pendengarnya.

Bahkan meski lagu sudah dirilis cukup lama, tetapi ketika mendengar beberapa baris lirik saja penggemar sudah tahu jika lagu tersebut adalah milik Padi. Hal ini menunjukkan jika lagu milik band Padi tak lekang oleh waktu.

Padi sendiri sempat vakum beberapa waktu. Namun di tahun 2021, Padi kembali menunjukkan kehebatannya dengan mengusung nama baru yaitu “Padi Reborn”.

Nah untuk bernostalgia beberapa rekomendasi lagu milik Padi di bawah ini bisa kalian dengarkan lho.

  1. Mahadewi
  2. Begitu Indah
  3. Semua Tak Sama
  4. Kasih Tak Sampai
  5. Sesuatu Yang Tertunda
  6. Ternyata Cinta
  7. Harmoni

9. Slank

Membahas band musik tahun 2000-an rasanya tak lengkap jika tak ada Slank. Ya, Slank adalah salah satu band legendaris yang ada di Indonesia dengan jumlah fans cukup besar sampai saat ini. Perjalanan karir Slank yang begitu banyak memberikan pembelajaran bagi penggemar adalah salah satu kelebihan yang dimilikinya.

Bahkan Slank juga pernah dibuatkan sebuah film layar lebar dengan judul “Slank Nggak Ada Matinya”. Film ini menceritakan perjalanan karir Slank dan juga perjalanan hidup dari setiap para personilnya. Mulai dari titik terendah, lika-liku hidup hingga keberhasilan sampai saat ini dikemas cukup menarik dari film tersebut.

Tak hanya filmnya saja, tetapi lagu-lagu Slank sendiri juga begitu enak didengar. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi lagu Slank yang bisa kalian dengarkan untuk menemani harimu.

  1. Bang Bang Tut
  2. Balikin
  3. Tong Kosong
  4. Terlalu Manis
  5. Ku Tak Bisa
  6. Kamu Harus Pulang
  7. I Miss You But I Hate You
  8. Virus
  9. Gara-gara Kamu
  10. Makan Gak Makan Kumpul

Slank sendiri terbentuk pada tahun 1983 dengan personil yang banyak mengalami perubahan. Hingga pada album ke-7, Slank mendapatkan formasi terakhirnya dengan personil Bimbim sebagai drummer, Kaka sebagai vocal, Ivanka sebagai bassist, Ridho pada gitar dan Abdee pada gitar.

tombol beli buku

Nah itulah beberapa daftar band tahun 2000-an yang bisa Grameds dengarkan kembali lagunya untuk bernostalgia masa muda sekaligus bisa menemani keseharian!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

  1. 50 Lagu Pop Indonesia Terpopuler 
  2. 25 Lagu Barat Romantis yang Enak Didengar 
  3. 41 Lagu Persahabatan Terbaik Bahasa Indo, Inggris, dan Korea 
  4. 20 Lagu Anak-Anak Paling Enak dan Banyak Didengar [+Lirik] 
  5. 6 Lirik dan Chord Lagu Judika 
  6. Daftar Lagu Galau di Indonesia
  7. 17 Lagu Anak Punk Terbaik

Penulis: Hendrik Nuryanto

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum