in

41 Lagu Persahabatan Terbaik Bahasa Indo, Inggris dan Korea

Lagu persahabatan sangat pas bila didengarkan bersama-sama dengan sahabat, selain bisa mencairkan suasana juga bisa menguatkan persahabatan. Terkadang lagu tipe ini juga cocok dinyanyikan pada saat akan perpisahan. Yaa, ketika perpisahan sekolah, setelah wisuda, teman resign kantor dan lain sebagainya.

Beberapa dari lagu dibawah ini bukan dinyanyikan ulang, melainkan lagu-lagu yang benar-benar baru, fresh, berbeda, meski judulnya sama persis. Ada, sih, yang merupakan cover dari lagu lama, seperti Forever Young (UNDRESSED) yang tahun 1980-an dibawakan Alphaville atau These Are The Days Of Our Lives (RAN) yang dicover dari lagu milik Queen.

Ada beberapa lagu yang berirama mellow, ada yang bernada gembira. Seperti lagu-lagu dengan tema sahabat pada umumnya, meski nadanya ceria, tapi ada rasa trenyuh dan tetap bisa didengarkan dengan senyum, mengingat sahabat kita.  Lagu-lagu ini ada yang sering dibawakan saat perpisahan sekolah terutama SMA. Bahkan mungkin akan dibawakan sampai bertahun-tahun kemudian, sampai akhirnya ditemukan lagu baru tentang persahabatan yang lebih pas lagi untuk dibawakan di tahun itu.

Nah, apa saja lagu persahabatan yang seru itu? Ini urutannya. Tapi, urutan ini dibuat bukan berdasarkan ranking, loh ya, karena semua cocok buat persahabatan, pertemanan, dan kenangan tentang mereka, baik sahabat baik atau mungkin juga dengan sahabat palsu. Jadi urutannya berdasarkan  tahun rilisnya.

Let’s check it out, Bestie!

Table of Contents

Kumpulan Lagu Persahabatan Terbaik Indo

1. Sampai Nanti by Endank Soekamti

Hei, sampai jumpa di lain hari…

Untuk kita bertemu lagi.

Kurelakan dirimu pergi,

Meskipun ku tak siap merindu

Ku tak siap tanpa dirimu

Kuharap terbaik untukmu.  

Sampai Nanti – Endank Soekamti

Itulah cuplikan refrain sebuah lagu tentang perpisahan dengan sahabat dengan judul “Sampai Nanti”. Sampai Jumpa. Lagu ini dibuat dan dinyanyikan beberapa tahun lalu, oleh Grup Band Endank Soekamti, tahun 2016.

Beberapa saat lalu, lagu ini sempat hits lagi, loh. Beredar satu klip tentang awak kapal selam seperti menyanyikan lagu ini, dan terasa sangat mengharukan, karena klip tersebut menggambarkan betapa tim awak kapal selam tersebut begitu kompak dan akrab satu sama lain.



Persahabatan itu bisa dengan teman bermain, teman sekolah, teman kuliah, teman kerja. Bisa juga kita bersahabat dengan kakak, adik, orang tua, atau yang setingkat lebih tinggi yaitu kakek nenek. Bahkan bersahabat dengan pasangan kita sendiri, dengan pacar, atau dengan pasangan hidup.

Sampai Jumpa tadi baru satu judul lagu tentang persahabatan. Masih ada beberapa lagu tentang pertemanan, persahabatan, atau pun memori bersama mereka. Beberapa mungkin judulnya mirip-mirip, terutama lagu-lagu dari Indonesia, tapi bukan berarti lagunya sama persis.

2. Sahabat Sejati – Sheila on 7, 2000

Ya, saat muda, kita merasa kitalah yang terhebat. Sahabat kita juga terhebat. Semua hebat, deh.

3. Sebuah Kisah Klasik – Sheila on 7, 2000

Hari terakhir bertemu dengan teman, dan masa bersama mereka akan menjadi kisah klasik di masa depan. Lagu ini dan lagu Sahabat Sejati ada di album berjudul “Kisah Klasik untuk Masa Depan”.

4. Persahabatan – Sherina, 2000

Lagu anak-anak ini adalah Original Soundtrack dari film Petualangan Sherina, sebuah film musikal tentang petualangan gadis cilik yang cerdas. Album lagu sound track film ini lengkapnya ada di sini:

5. Sahabat Setia – Andien, 2002

Andien bilang, dengan sahabat kita bisa bernyanyi, menjaga sunyi di dalam rahasia, dan juga selalu berjalan dengan senyuman.

6. Sahabat – Peterpan, 2003

Tanpa sahabat, bayangan akan terasa melayang dan menghilang, bahkan nafas pun terbang.

7. Sahabat Tersayang –  Alika, 2006.

Lagu ini adalah karya almarhum Elfa Secioria.

Meski kisah kita dengan sahabat tidak selalu hanya tentang yang manis dan ceria saja, tetapi akan selalu ada hari-hari bahagia bersamanya.

8. Kepompong – Sind3ntosca, 2008

Persahabatan bagai kepompong, merubah ulat menjadi kupu-kupu.

Seratus persen setuju. Kita adalah gambaran sahabat-sahabat kita juga. Karena mereka akan mendukung dan membantu kita berubah menjadi lebih baik, begitu juga sebaliknya.

9. Arti Sahabat –  Nidji, 2008

Klipnya tentang pesta perpisahan sekolah, Class of 2008, dan Nidji di situ berperan sebagai bintang tamu di pesta itu. Pasti pada masanya, lagu itu menjadi salah satu lagu perpisahan sekolah di SMP atau SMA.

Kau masih berdiri

Kita masih di sini 

Tunjukkan pada dunia, arti sahabat…

10. Laskar Pelangi – Nidji, 2008

Sabuah OST dari sebuah film yang diangkat dari Novel karya Andrea Hirata. Kisahnya yang menginspirasi juga  bisa dibaca dari buku terbitan Gramedia.

https://www.gramedia.com/products/laskar-pelangi-edisi-original

11. Sahabat Kecil – Ipang, 2008

Bersamamu sahabat, aku rela menghabiskan waktuku, karena aku senang mengenal dirimu, Kawan.

Salah satu OST Laskar Pelangi juga. Sayangnya, tidak ada video clip khusus yang dibuat untuk lagu tema ini.

12. Sang Pemimpi – Gigi, 2009.

OST sebuah film berjudul sama, yang diangkat dari novel karangan Andrea Hirata. Ingin membaca kisah lengkap Sang Pemimpi sambil minum kopi dan mendengarkan lagunya? kami punya videonya di sini:



13. Kita Selamanya – Bondan Prakoso & Fade 2 Black, 2010

Video klipnya berkisah tentang persahabatan di masa SMA, isi liriknya berkisah tentang masa sekolah yang indah dan ceria.  That was the moment a part of sweet memory, finally now it’s our time to make history. 

14. Sahabat selamanya – Padi, 2011.

Sering nonton film Upin Ipin? Betul, betul, betul, ini adalah OST dari salah satu session film mereka. Siulan di awal lagunya itu, loh, membuat langsung ingat lagu di pembukaan film Upin Ipin.

15. Akulah Sahabatmu –  Christoffer Nelwan – OST 5Elang, 2012

Ayo kejar prestasi selagi masih muda, dan sahabat akan selalu mendukungmu untuk mewujudkan mimpi dan menjadi yang terbaik.

16. Ingatlah Hari Ini – Project Pop, 2013

Bibir balapan, gigi kayak kelinci, atau udah gendut suka marah-marah… tetap bersahabat, tetap istimewa di hati. Begitu baris lagunya.

Liriknya yang  kocak, sekocak  grup musiknya, membawa keceriaan jika dijadikan theme song saat pesta perpisahan sekolah.

17. Best Day of My Life –  American Authors, 2013

Lagu ceria ini membuat orang yang mendengarnya bersemangat dan merasa positif, sama persis seperti keinginan penulisnya, Dave Rublin.

18. Sahabat –  Tiffany Kenanga, 2013

Menggambarkan sahabatnya sebagai bintang, Tiffany bilang si sahabat selalu membantunya melalui masa dan hal yang sulit dalam hidupnya.

19. Sampai Jumpa – Endank  Soekamti, 2016

Singkirkan bawang merah dulu dari sekitarmu,  tapi tetap beradalah di dekat kotak tissue, saat mengklik tautan ini.  Kenapa? Karena video clip official dari lagu ini di youtube menggambarkan seorang wanita yang menyanyikan dengan bahasa isyarat. Selain itu juga, liriknya terasa nyes di hati.

20. Sebuah Lagu –  Payung Teduh, 2020

Hmm… seduhan teh dan persahabatan ditambahkan lagu ini di latar belakang, tentu melunturkan lelah.  Penyanyinya, yang suaranya empuk itu, adalah mbak manajer dari band ini.

21. Sahabat Setia – Naura (feat. Nola), 2017

Ibu merupakan sahabat pertama putrinya. Sebaliknya, sang putri akan selalu jadi sahabat ibunya. Penyanyi lagu ini adalah Naura dan seorang anggota grup trio penyanyi B3, Nola.

22. Masa SMA, Angel 9 Band, 2018

Dari judulnya, sudah jelas tentang masa SMA. Lagu ini bercerita tentang 3 tahun bersama sahabat-sahabat di SMA. Mereka bersama melalui suka dan duka, namun segera akan berpisah.

23. Teman Sejati –  HiVi!, 2019

Sekali lagi lagu tentang kenangan masa SMA. Meski tak ada yang abadi, namun jika boleh, sahabat kita di SMA tetap menjadi teman sejati kita selamanya.

24. Sahabat kecil –  Bertrand Peto, 2019

Lagu melo ini tentang seorang remaja yang tiba-tiba kehilangan kabar sahabat kecilnya. Dia tidak tahu apakah ia masih akan bisa bertemu lagi dengan si sahabat. Namun, jika tidak ada kesempatan itu, dia berdoa supaya sahabat tidur dengan nyaman di surga.

25. Tumming Abu – Sahabat, 2019

Lagu ini adalah Original Soundtrack film Anak Muda Palsu, dengan video clip menggambarkan sekelompok anak muda yang tinggal di kos kosan dengan segala suka dukanya termasuk ibu kos yang jutek.



 

Lagu Bahasa Inggris Tentang Persahabatan

1. Graduation (Friends Forever) – Vitamin C, 1999

As we go on, we remember all the times we had together.

And as our lives change, whatever, we will still be friends forever…

Seperti kata lagu ini, kita menyadari bahwa semua orang, setelah lulus sekolah atau kuliah, akan move on, mencari jalan hidup mereka masing-masing, dan berusaha merangkak menuju cita-cita atau ke tempat impiannya. Kita akan mengenang semua waktu yang pernah dialami bersama. Kemudian diteruskan dengan harapan:  jika boleh, kita akan tetap bersahabat selamanya.

2. Best Friend – Saweetie dan Doja Cat, 2020

Saweetie dan Doja Cat saling memuji, menyatakan mereka tidak memerlukan pria untuk uang. Mereka punya uang sendiri dan mengendarai mobil sendiri.

3. These Are The Days Of Our Lives – RAN, 2021

Lagu ini adalah hasil daur ulang dari lagu milik Queen. Jaman kecil atau jaman kita lebih muda, keadaan sepertinya lebih sempurna dari pada saat sekarang ini.

4. Memories – Maroon 5, 2019

Now my heart feels like December, when somebody say your name…

‘cause I can’t reach out to call you, but I know I will one day.

Tentu kita selalu berharap persahabatan akan meninggalkan kenangan baik buat kita atau buat sang sahabat sendiri. Seperti lagu ini, meski si tokoh merasa seperti seperti berada di bulan Desember yang identik  dengan sepi dan sedih saat seseorang menyebutkan nama sahabatnya.

5. I’ll be there – Mariah Carey, 2007

Didaur ulang dari lagu The Jacksons 5 tahun 1970an. Janji seorang teman, bahwa apapun yang terjadi dan apapun keadaannya, cukup hubungi dirinya, dan dia akan berada bersama kita untuk bersama menghadapi kesulitan.

6. Forever Young –  UNDRESSD, 2019

Awalnya lagu ini dibawakan oleh Alphaville dan lebih dari 30 tahun lalu, kemudian dibawakan lagi oleh UNDRESSED. Tentang harapan jika mungkin ia ingin menjadi muda dan bisa hidup selamanya.

7. Count on Me – Bruno Mars, 2010

Lirik lagunya semanis gulali:

“If you ever find yourself stuck in the middle of the sea, I’ll sail the world to find you. If you ever find yourself lost in the dark and you can’t see, I’ll be the light to guide you. Find out what we’re made of, when we are called to help our friends in need. 

You can count on me like 1 2 3, I’ll be there… and I know when I need it, I can count on you like 4 3 2, and you’ll be there. ‘Cause that’s what friends are supposed to do, oh yeah.” 

Yes, kita akan ada untuk sahabat dan sebaliknya kita bisa mengandalkan saat mereka membutuhkan kita.

8. Hold My Hand – Jess Glyne, 2015

Lagu ini ditulis oleh Jess bersama sahabatnya. Jess mengungkapkan bahwa “Ini adalah lagu tentang seseorang yang menemani saat kita merasa insecure dalam situasi tertentu, dan membuat dirimu menjadi lebih baik.”

9. See You Again – Charlie Puth and Whiz Khalifa, 2015.

Hari terasa berat tanpa teman, karena sudah melalui banyak hal bersama. Namun, sang sahabat memang sudah tidak akan pernah bisa bersama lagi. Meski tahu bahwa sahabat sudah berada di tempat yang lebih baik, namun tetap saja terasa sakit.

10. Friends – Meghan Trainor, 2017

Kita akan baik-baik saja jika kita punya teman. Saat kehabisan uang, tidak bisa membayar sewa rumah, mereka datang dan berkata: tidurlah di sofa di rumahku. Itulah teman terbaik yang kita perlukan.

11. Cool People – Chloe X Halle, 2018

Masih ada banyak orang-orang baik di antara kita, yang akan menggenggam tangan kita di saat-saat sulit.

12. Real Friends – Kanye West, 2018

Lirik lagu dari suami Kim Kardashian ini menceritakan tentang betapa sulitnya mencari teman sejati. Sulitnya membedakan yang betulan berteman atau sekadar memanfaatkan ketenarannya. Juga kesulitan dalam hubungan dengan keluarga karena kesibukannya.

13. Me and My Girls – Selena Gomez, 2018

Selena mengakui bahwa ia memiliki beberapa teman yang sejati. Saat melakukan rekaman lagu ini, ia bahkan mengajak teman-teman baiknya ke studio untuk mengambil peran di latar belakang dengan meneriakkan “yeah”, suara tertawa bersama, dan membawakan bagian akhir lagu yaitu “I am going home with who I came with and who I came with is not you”.

14. We are all in this together – High School Musical Cast, 2019

Liriknya bilang, bahwa mimpi tidak mengenal batas, dan kita semua adalah bintang, meski kita berbeda dalam hal yang baik.

15. Real Friends – Camila Cabello, 2017

Sejatinya dalam suatu pertemanan tiada yang palsu,  namun sayangnya kadang itulah yang terjadi. Ingat, jangan terlalu naif dan selalu perhatikan tanda atau bendera merah dari seseorang yang kita anggap teman. Siapa tahu dia tidak berpikiran sama tentang kita.  Terus berusaha cari teman sejati, yang palsu-palsu, senyumin terus tinggalin aja.

Lagu Persahabatan Bahasa Korea

1. Friends – BTS, 2020

Lagu ini kabarnya tentang persahabatan V dan Jimin, salah dua dari anggota grup band ini. Boyband yang fandomnya dikenal dengan nama “Army” ini memang nggak main-main. Gramedia saja sampai menerbitkan beberapa buku yang membahas tentang BTS juga loh.

Kamu bisa mendapatkan buku segala tentang BTS, Salah satunya adalah “I Am BTS” , karya Kim Seung Hyun dan Choi Woo Bin.  ingin memilikinya, silakan klik https://www.gramedia.com/products/i-am-bts. Buku-buku lain tentang Bts bisa disearch di gramedia.com, kok.

Lagu Korea yang lain tentang Persahataban :

  • AKMU – Will Last Forever
  • Spica – I’ll Be There
  • The Ark – The Light
  • Red Velvet – One of Thest Nights
  • Kim Dong Ryul ft Lee Sang Soon – Those Days
  • IU – My Dear Friend
  • SNSD – Sailing
  • BTS – Spring Day
  • Ryeowook – The Little Prince
  • 2NE1 – Goodbye

Nah, sudah cukup banyak, kan, daftar lagu tentang persahabatannya? Bisa menjadi theme song saat perpisahan atau menjadi soundtrack persahabat geng kalian.  Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel lain berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad