in

23 Lagu Band Barat Favorit Sepanjang Masa

Lagu Band Barat Favorit – Perkembangan musik di era modern kini makin beragam. Berbagai jenis musik seperti pop, rock, R&B, hip hop, metal dan masih banyak lagi kian digemari. Terdapat banyak band band bagus yang membawakan aliran musik mereka masing-masing.

Mayoritas aliran musik yang dibawakan oleh grup band adalah rock, pop, alternative, punk, hip hop atau metal. Sejak tahun 2000, beberapa band banyak mendapat apresiasi karena kualitas karya yang mereka hasilkan semakin megah dan baik.

Apakah Grameds tahu list lagu band legendaris yang hingga saat ini masih didengar dan tak asing di telinga? Lalu faktor apa saja yang menyebabkan  musik-musik tersebut masih populer hingga sekarang?

Salah satunya karena makna lirik lagu yang diambil dari kisah nyata bisa mengambil hati pendengarnya. Oleh karenanya, lirik lagu mempunyai peran penting dalam sebuah lagu karena lewat liriklah sang pencipta dapat merefleksikan lagu dengan baik. Dari lirik lagu pula seorang pendengar dapat menangkap pesan moral yang bisa jadi sesuai dengan yang mereka alami.

https://www.pexels.com/

23 Lagu Band Barat Favorit Sepanjang Masa

1. I Will – The Beatles

https://en.wikipedia.org/

I Will merupakan lagu romantis yang diciptakan dari band legendaris asal Britania Raya, The Beatles. Lagu ini bermakna perasaan hati yang begitu berbunga-bunga ketika jatuh cinta dan mengisahkan betapa besarnya perasaan cinta tersebut. Makna lagu I Will ini sangat cocok Grameds dengarkan untuk momen-momen romantis bersama pasangan, misalnya merayakan hari jadian atau bahkan saat proses pernikahan.

2. Always – Bon Jovi

https://www.filmaffinity.com/

Karakter suara khas Bon Jovi yang tinggi membuat lagunya yang berjudul Always sukses menarik perhatian banyak penggemarnya. Lagu romantis bergenre rock progresif ini tetap enak didengar meski diiringi gitar elektrik yang keras. Lagu ini memiliki lirik yang menceritakan tentang lelaki yang sedang patah hati karena ditinggal pergi oleh kekasihnya dan dia tetap terus mencintainya.

tombol beli buku

3. Memories – Maroon 5

https://open.spotify.com/artist/04gDigrS5kc9YWfZHwBETP

Lagu lainnya yang tidak kalah enak didengar adalah dari Maroon 5 yang judulnya Memories. Tembang ini menceritakan tentang ingatan seseorang yang tetap ada sampai kapanpun akan selalu diingiat sepanjang hidupnya. Bahkan, banyak juga ingatan yang akan kembali terkenang dalam angan-angan. Lagu ini dipersembahkan oleh Adam Levine untuk sahabatnya, Jordan Feldstein yang sudah tiada.

4. Hey Jude – The Beatles

https://beatles.fandom.com/

Hampir semua lagu Beatles itu selalu masuk daftar lagu band barat favorit! Namun, untuk lagu Hey Jude berbeda karena terdengar klasik. Ketika sedang mendengarkan membuat siapa saja ingin bernyanyi bersama.

5. Bohemian Rhapsody – Queen

https://en.wikipedia.org/

Bohemian Rhapsody merupakan sebuah lagu apik berdurasi 6 menit yang menggabungkan musik klasik, musik opera dengan harmonisasi vokal layaknya paduan suara, dan musik rock. Lagu ini merupakan lagu yang juga dinilai sebagai lagu yang mempopulerkan penggunaan video klip.

Lagu ini masuk kedalam daftar-daftar lagu rock terbaik, dan dinobatkan di dunia sebagai sebuah lagu yang sangat legendaris. Sang vokalis, Freddie Mercury yang menulis lirik lagu Bohemian Rhapsody, ia selalu tertutup untuk ditanyai tentang apa arti dari lirik lagu populer ini. Adanya beberapa kata “asing” seperti kata “scaramouch”, “Beelzebub”, bahkan hingga “Bismillah” menambah kesan misterius dan menimbulkan banyak interpretasi akan lagu ini.

Lagu monumental dari Queen ini terbilang sangat kompleks dan sulit untuk dicover oleh band atau penyanyi yang dibawakan secara langsung.

tombol beli buku

6. Satisfactory – Rolling Stones

https://en.wikipedia.org/

The Rolling Stones merupakan ujung tombak band-band British Invasion yang merambah dunia permusikan Amerika Serikat pada era 60-an. Band yang kental dengan musik blues dipadukan dengan rock n’ roll membuatnya menjadi band rock terbesar di dunia hingga saat ini.

(I Can’t Get No) Satisfaction” merupakan single yang pertama kali muncul dengan versi Amerika dari album keempat mereka, Out of Our Heads. Lirik lagu yang menceritakan tentang komersialisme yang berlebihan dan tetap begitu kuatnya hingga sekarang.

Lagu Satisfaction membuat Rolling Stone mendapatkan posisi kedua di dalam daftar “500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa. Lagu ini juga ditempatkan pada peringkat pertama dalam tangga nada AS selama empat minggu, ketika akhirnya berhasil dirilis di Britania Raya, track ini juga berhasil menyabet posisi serupa.

7. Lucy in the Sky with Diamonds – The Beatles

https://open.spotify.com/artist/3WrFJ7ztbogyGnTHbHJFl2

“Lucy in the Sky with Diamonds” merupakan sebuah lagu yang dipopulerkan oleh The Beatles melalui album yang dirilis pada tahun 1967, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Walau isi lagunya adalah menyinggung isu narkoba, Lennon sebagai penulis utama dari lagu tersebut selalu menolak apabila dikatakan akan hal itu. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang pergerakan anak muda dan ke mana arah mereka berjalan ke masa selanjutnya di dalam hidup.

8. Love Of My Life – Queen

https://en.wikipedia.org/

Love Of My Life merupakan salah satu lagu barat balad terbaik sepanjang masa. Diliris pada tahun 1975, lagu yang ditulis oleh sang vokalis, Freddy Mercury mengisahkan tentang sosok Mary Austin, seorang perempuan yang pernah menjalin asmara dengan Freddy pada tahun 1970an. Diiringi dengan melodi piano yang harmonis, lagu ini terdengar sedih yang dapat menyayat hati lewat suara merdu sang vokalis bernyanyi dengan penuh penghayatan

9. Another One Bites The Dust – Queen

https://en.wikipedia.org/

Ditulis oleh John Deacon pada tahun 1980, Another One Bites The Dust merupakan lagu Queen paling funky. Lagu ini mencapai puncak tangga lagu di seluruh dunia dan telah di-cover oleh banyak penyanyi lain.

tombol beli buku

10. Drive – Incubus

https://en.wikipedia.org/

Lagu Drive yang dirilis oleh Incubus pada tahun 2000-an  cocok didengarkan dalam segala suasana. Drive merupakan romantis karangan Brandon Boyd, Chris Kilmore, Mike Einziger, Alex Katunich, dan Jose Pasillas ini mengajak penikmat musik untuk melepaskan diri dari rasa takut yang membelenggu perasaan seseorang. Lagu ini terdapat di dalam album Make Yourself dan berhasil menduduki puncak tangga musik di Billboards modern rock charts masuk dalam kategori Modern Rock Single of The Year pada tahun 2021.

11. Stand By Me – Oasis

https://soundcloud.com/

Siapa yang tak kenal dengan band Oasis? Grameds yang lahir pada yang generasi 90-an pasti mengenal grup band satu ini. Grup musik sangat eksis di tahun 90-an. Lagunya yang hits dan enak didengar hingga sekarang ialah Stand By Me. Lagu tersebut dirilis pada tahun 1997 dari album Be Here Now.

12. Ordinary World – Green Day

https://www.youtube.com/

Lagu Ordinary World dari grup band Green Day yang dipimpin oleh sang vokalis, Billie Joe Armstrong mempunyai pesan moral bahwa kita harus selalu bersyukur atas semua keadaan yang tengah kita miliki dalam menjalani hidup bersama pasangan, terutama bagi pasangan yang telah berumah tangga.

13. Aftermath – Muse

https://open.spotify.com/track/2z1D4PqjWYEsXeXxE6euQ2

Muse sangat ahli dalam musik eksperimental yang megah, salah satu karyanya dalam lagu Aftermath dari album “Drones”. Lirik lagunya menyuarakan pesan perdamaian, lagu dengan durasi 6 menit ini menyuguhkan musik kelam layaknya musik scoring dalam film-film perang. Meski tak menyuguhkan suara falsetonya, Matthew tetap memberikan penghayatan pada tiap bait liriknya.

tombol beli buku

14. Amnesia – 5 Seconds of Summer

https://en.wikipedia.org/

Lagu Amnesia dipopulerkan penuh haru oleh band bergenre pop punk asal Australia yang belakangan ini sempat menghebohkan musik dunia dengan semua hitsnya ciptaan mereka. Dengan mengusung musik minimalis, “Insomnia” seolah mengajak pecinta musik untuk turut larut dalam suasana sedih seperti seorang yang tak bisa lepas dan menyesal atas kesalahan yang diperbuat kepada sang mantan pacar.

15. Hotel California – The Eagles

https://www.thecoromandel.com/

Hotel California merupakan lagu paling ikonik dari The Eagles dan kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Hotel California dianggap sebagai titik puncak pencapaian mereka, dengan liriknya yang ambigu, menceritakan tentang dunia lain yakni monster yang tidak dapat dibunuh dengan pisau.

Namun, lagu tersebut sebenarnya mengisahkan tentang hedonisme pada waktu itu, tentang pandangan orang Midwest terhadap kehidupan Los Angeles. Terlepas dari berbagai pemikiran yang ada, lagu ini tetap terus dikenang sebagai salah satu lagu rock terbaik sepanjang masa.

16. Smells Like Teen Spirit – Nirvana

https://en.wikipedia.org/

Lagu Smells Like Teen Spirit ini merupakan lagu andalan Nirvana dalam album Nevermind. Suara parau yang khas dari Kurt Cobain, dipadukan degan distorsi gitar, dan tabuhan drum yang energik semakin menguatkan kesan modern rock dalam lagu ini. Tak heran kalau Smells Like Teen Spirit menjadi lagu rock paling ikonik di era 90-an.

17. Comfortably Numb – Pink Floyd

https://en.wikipedia.org/

Lagu Comfortably Numb dari Pink Floyd bercerita tentang seorang anak kecil yang sedang sakit demam sampai seluruh badannya yang mati rasa. Ketika sudah besar, ia kembali mendapatkan perasaan tersebut. Banyak yang menuding lagu ini bercerita tentang obat-obatan.

Sebab, pada saat itu Pink Floyd berorientasi ke psychedelic rock. Roger Waters sebagai pencipta lagu menyangkal adanya tuduhan tersebut, karena lagu itu memang ditulis berdasarkan pengamalannya sendiri ketika masih kecil yang terkena flu dan demam parah sampai mengigau.

Apapun maknanya, Comfortably Numb memang cocok didengarkan dalam ruangan gelap dengan mata tertutup. Pink Floyd emang ga pernah kehabisan ide buat bikin lagu yang syahdu dan membuat kita selalu termenung.

18. A Day in the Life – The Beatles

https://en.wikipedia.org/

Semua lagu The Beatles memang keren dan hampir semua orang menyukainya. Dari awal karir mereka yang berciri khas dengan rambut moptopnya hingga ke ranah psychedelic, The Beatles selalu memiliki hal yang baru dan dinantikan oleh penggemar sejatinya. Dalam setiap karyanya, The Bealtes selalu memperoleh inspirasinya dari kejadian nyata. A Day in the Life merupakan lagu diciptakan terinspirasi dari kecelakaan mobil yang tragis.

Pada bait pertamanya, mengisahkan tentang kematian Tara Brown pewaris dari bir Guinness dan teman dari salah satu personil mereka. Kala itu, temannya yang mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan tidak bisa melihat ketika perubahan di lampu merah sehingga bertabrakkan dengan truk yang diparkir. Lalu, tiada pada hari esoknya karena luka yang dialaminya .

Lennon tidak secara langsung menyampaikan tentang kecelakaan ke dalam lirik lagu tersebut, karena McCartney sendiri membantunya dan menambahkan beberapa unsur drugs di dalamnya. Walaupun demikian, lagu ini dinilai menakutkan, bahkan sebelum selesai tepat pada waktunya.

tombol beli buku

19. Sunday Bloody – U2

https://en.wikipedia.org/

U2 merupakan salah satu band rock terkenal di era modern sekarang. Band asal Irlandia yang muncul pada tahun 1976 ini mengeluarkan single demi single, Sunday Bloody Sunday menjadi salah satunya.

Dikutip dari artikel Rolling Stone tahun 2010, vokalis U2, Bono, menciptakan lagu yang terinspirasi dari peristiwa tragis yang terjadi di kota Derry, Irlandia pada pagi hari 30 Januari 1972. Di tengah-tengah konflik etno-nasionalis kala itu di Irlandia Utara yang berlangsung selama empat periode, pasukan Angkatan Darat Inggris menembaki sekelompok pendemo hak-hak sipil yang tidak bersalah dan tidak bersenjata, menewaskan 14 korban, tujuh diantaranya masih remaja.

Konflik etno-nasionalis dikenal dengan sebutan “Bloody Sunday ” dan selamanya akan menjelma dalam lagu U2 ini dengan nama yang hampir sama. Terutama dalam lirik “Bodies strewn across the dead end street,” yang dinyanyikan oleh Bono dalam lolongan khasnya, cukup untuk membuat buluk kuduk berdiri.

20. I Don’t Wanna Miss a Thing –  Aerosmith

https://en.wikipedia.org/

Lagu selanjutnya bernuansa slow rock dan romantis adalah I Don’t Want to Miss a Thing dari Aerosmith. Lagu ini  merupakan lagu yang dinyanyikan pertama kali oleh Aerosmith yang dirilis pada tahun 1998 silam. Lagu I Don’t Wanna Miss a Thing bahkan digunakan sebagai soundtrack film berjudul Armageddon.

21. My Immortal – Evanescence

https://en.wikipedia.org/

My Immortal merupakan salah satu single andalan band rock asal Amerika, Evanescence. Amy Lee bernyanyi dengan dengan penuh perasaan hingga siapapun yang mendengarnya dapat membuatnya menangis pilu. Sebab lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang merasa sakit hati telah dikhianati. Namun orang tersebut tak mampu melupakan kekasih hati yang telah melukainya.

tombol beli buku

22. No Distance Left To Run – Blur

https://en.wikipedia.org/

No Distance Left to Run merupakan lagu yang dipopulerkan oleh band rock asal Inggris, Blur. Lirik lagu seolah membawa kita masuk ke dalam bercerita kekesalan seseorang setelah tak lagi berkomunikasi dengan kekasihnya. Lirik yang ‘polos’, sound minimalis, dan penghayatan di setiap baitnya, Damon Albarn menjadikan lagu ini sempurna untuk didengarkan ketika sedang galau

23. Creep – Radiohead

https://en.wikipedia.org/

Pernah merasa insecure kepada pasangan? Nah, lagu ini bercerita tentang insecure kepada pasangan. Lagu Creep karangan Radiohead merupakan lagu galau. Pasalnya, lirik lagu bercerita tentang keputusasaan seorang pria yang begitu menyimpan rasa kepada wanita pujaan hatinya. Namun, tidak percaya diri dengan apa yang ia miliki. Bahkan tega menyebut dirinya seseorang yang “creep” (menakutkan).

tombol beli buku

Nah, itulah beberapa rekomendasi 23 lagu band barat favorit yang enak untuk didengar dan penuh makna dari. Lagu-lagu dari band tersebut dapat dibilang lagu legendaris sepanjang masa dalam industri musik karena hingga sekarang masih didengar oleh banyak penikmat musik termasuk generasi milenial. Apakah ada lagu favorit Grameds?

Penulis: Audrey Aulivia Wiranto

Baca Juga!

  1. Mengenal Apa Itu Alat Musik Melodis
  2. Rekomendasi Lagu Anak Punk
  3. Chord Lagu Slank Paling Mudah
  4. Jenis-Jenis Genre Musik dan Musisinya
  5. Lagu Pop Indonesia Terpopuler
  6. Rekomendasi Lagu Barat Yang Paling Enak Didengar
  7. Chord Lagu Barat Paling Mudah!
  8. Yuk Nostalgia Bersama Dengan Band Tahun 2000-an Ini!


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum