in

Kenalan dengan 10 Boyband Korea Terpopuler, Wajib Dengar Lagunya!

Allkpop

Boyband Korea – Hello, Grameds! Bagi para K-Popers atau kalian yang penasaran tentang musik-musik asal grup Korea Selatan, khususnya dari para boygroup, langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulai perjalanan peng-kepo-an ini adalah mencari tahu boyband yang musiknya harus banget didengar tahun ini.

Atau, bisa juga mencari tahu boyband Korea paling populer selama beberapa tahun ke belakang, Grameds. Mana pun yang kamu cari, keduanya ada di artikel ini. Mari kita kupas!

7 Boyband Korea dengan Musik yang Harus Didengar 2022

Inilah daftar boybandboyband Korea yang musiknya harus kamu dengar di tahun 2022 ini!

1. BTS

Boyband Korea
Twitter

Aksi bintang K-pop terbesar dalam sejarah ini tak perlu diragukan. Nama BTS atau Bangtan Sonyeondan ini sudah dikenal di luar kepala. Debut pada 2013 silam, mereka menanjak hingga sampai pada kesuksesan secara signifikan. Ketujuh anggotanya diakui secara global karena grup yang melakukan eksplorasi genre musik dan fokus pada masalah anak muda ini.

BTS dipimpin oleh RM, terdapat 7 member termasuk dirinya dan Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Mereka digemari oleh ARMY dengan jumlah jutaan di seluruh dunia. Dengan terjemahan nama “Bulletproof Boy Scouts” dalam bahasa Inggris, BTS punya banyak prestasi “pertama” artis Korea dalam rekor dunia.

BTS menjadi artis K-pop pertama dan artis pertama yang berbahasa selain bahasa Inggris yang sukses mencapai nomor 1 di Billboard Artist 100 dengan album mereka, “Love Yourself: Tear”. Grameds, album itu sendiri menjadi rekor K-pop pertama yang nangkring di sana.

2. EXO

Boyband Korea
Tumblr

Boyband EXO punya sembilan anggota yang telah aktif sejak 2012. Mereka dipuji sebagai salah satu boyband K-pop all-boy terbaik sepanjang masa, ditambah album pertamanya, “XOXO”, yang terjual lebih dari satu juta copy usai rilis pada 2013. Prestasi itu baru kembali diraih band Korea dalam 12 tahun terakhir.

Kesuksesan dan kerja keras EXO membawa mereka ke chart Billboard World Albums. Mulai saat itu, boyband ini pun melanjutkan sejarah dan naik ke tangga lagu AS melalui album mereka “Overdose” (2014), “Exodus” (2015), dan “Obsession” (2019) secara berturut-turut.

3. GOT7

Boyband Korea
Soompi

Got7 menjadi salah satu boyband K-pop paling populer di dunia secara all-boy. Mereka punya fans yang sangat ingin melihat paduan street dance dan seni bela diri dari grup hip-hop ini, apalagi selama perform.

Grup beranggotakan Jackson, Mark, Jinyoung, JB, BamBam, Yugyeom, dan Youngjae ini merupakan paduan dari para laki-laki asal Korea Selatan, Hong Kong, Thailand, sampai Amerika Serikat.

Melalui lagu “Girls Girls Girls”, Got7 memulai debutnya pada tahun 2014 dengan lanjutan extended play (EP) yang dirilis pada tahun yang sama. EP ini diikuti oleh album pertama Got7, “Identity”, dan mereka pun naik ke puncak Billboard World Album Chart.

4. Monsta X

Boyband Korea
Twitter

Bagi para penggemarnya, Monbebe, Monsta X merupakan badboy asli K-Pop dengan gaya hip-hopnya yang sangat disukai, vokal yang luar biasa, hingga kemampuan rap yang sama kuatnya.

Shownu, Kihyun, IM, Joohoney, Minhyuk, dan Hyungwon adalah member boyband yang satu ini. Sementara itu, Wonho, anggota ketujuh Monsta X, keluar dari grup pada 2019 silam.

Ketujuh anggota tersebut awalnya dipilih oleh agensi Starship Entertainment melalui program reality survival No.Mercy. Kemudian, mereka debut pada 2015 dengan EP pertama, “Trespass”.

5. Seventeen

Boyband Korea
Dbkpop

Debut pada 2015 melalui dua EP: “17 Carat” dan “Boys Be”, Seventeen sukses menduduki puncak tangga lagu Billboard World Albums. Sejak saat itu, Seventeen belum pernah mengalami kemunduran. Mereka merilis tiga album studio, seperti “Love & Letter” (2016), “Teen, Age” (2017), dan “An Ode” (2019).

EP Seventeen pada 2020, yakni Heng:garæ dan ; (Semicolon), secara positif diterima di Amerika Serikat. Boyband ini pun merilis EP kesembilan mereka, “Attacca”, pada Oktober 2021. “Rock With You” yang merupakan single utamanya terinspirasi dari musik rock 19990-an. Sementara itu, “2 MINUS 1” ialah lagu pertama Seventeen yang berbahasa Inggris.

6. SHINee

Boyband Korea
Twitter

Anggota SHINee disebut-sebut sebagai “Pangeran K-Pop”. Sama halnya seperti Super Junior yang dijuluki “Raja Hallyu Wave”, SHINee juga debut di bawah agensi SM Entertainment.

Pada 2008, SHINee pertama kali dibentuk sebagai kuintet. Namun, SHINee berlanjut dengan empat anggotanya saja setelah berpulangnya sang vokalis, Jonghyun, pada 2017. Melalui EP “Replay”, SHINee memulai debut dan memenangkan setiap penghargaan untuk grup rookie meski tidak melakukan promosi.

Lagu-lagu mereka menjadi hit, seperti “Sherlock”, “View”, “Ring Ding Dong”, “Dream Girl”, “Why So Serious” dan “Lucifer”. Namun, itu hanyalah beberapa dari banyak lagu SHINee yang membuktikan penampilan mereka dalam dubstep, electro-funk, bahkan hard rock.

7. Enhypen

Boyband Korea
Twitter

Siapa yang tak mengenal Enhypen, boyband jebolan reality show survival I-Land pada 2020 ini berhasil menarik hati para penggemarnya sejak akhirnya debut. Menurut agensi mereka, Belift lab, ide nama Enhypen (-) yang merupakan tanda hubung punya kaitan erat dengan niat ambisius boyband ini untuk menghubungkan orang dan dunia melalui musik mereka.

Melalui EP “Border: Day One” pada 2020, boyband ini memulai debut dan meraih puncak peringkat World Album Jepang dan Billboard dengan “Border: Carnival” pada tahun 2021. Sementara itu, studio album pertama mereka rilis pada Oktober 2021, yakni “Dimension: Dilemma” dengan lagu utama “Tamed-Dashed”.

10 Boyband Korea Paling Populer

Setelah membicarakan daftar boyband yang lagunya sangat harus didengar di tahun 2022 ini, mari membahas boyband-boyband terpopuler dan identitasnya yang harus kita tahu!

1. BTS

  • Member : RM (Kim Nam-joon), Jin (Kim Seok-jin), SUGA (Min Yoon-gi), J-Hope (Jung Ho-seok), Jimin (Park Ji-min), V (Kim Tae-hyung), dan Jungkook (Jeon Jungkook).
  • Tahun Aktif : 2013–sekarang
  • Label : Big Hit Entertainment, Pony Canyon, Def Jam Japan, Universal Music Group

BTS yang sangat terkenal ini ialah boyband K-pop pertama yang berhasil tampil di American Music Awards (AMA), sekaligus jadi artis Korea Selatan pertama yang followers di Twitter-nya mencapai lebih dari 10 juta. Bisa dibilang, Bangtan Sonyeondan, telah menempatkan seluruh dunia di bawah mantra K-pop!

Pada 2017, BTS dianggap sebagai artis yang paling banyak di-tweet, di-like, dan di-retweet karena tembus lebih dari setengah miliar kali di seluruh dunia. Boyband yang satu ini sangat populer karena memadukan K-Pop yang orientasinya dance dengan pengaruh hip-hop. Bahkan, tak sedikit orang yang tahu bahwa BTS menyusun, memproduksi, menulis lirik, sampai menampilkan lagu mereka secara mandiri.

2. EXO

  • Member : Xiumin (Kim Min-seok), Suho (Kim Jun-myeon), Lay, Baekhyun (Byun Baek-hyun), Chen (Kim Jong-dae), Chanyeol (Park Chan-yeol), D.O. (Do Kyung-soo), Kai (Kim Jong-in), Sehun (Oh Se-hun)
  • Tahun Aktif : 2012–sekarang
  • Label : SM Entertainment, Avex Trax

Pada 2011, SM Entertainment membentuk EXO yang akhirnya memulai debut pada tahun 2012. 12 member mereka yang dipisahkan melalui dua sub grup (EXO-M dan EXO-K) menampilkan lagu dengan bahasa yang berbeda, yakni Mandarin dan Korea.

EXO juga dianggap sebagai selebriti paling berpengaruh oleh Forbes Korea Power Celebrity pada 2014 dan 2015. Saat ini, EXO masih aktif dengan sembilan anggotanya.

3. Wanna One

  • Member : Yoon Ji-sung, Ha Sung-woon, Hwang Min-hyun, Ong Seong-wu, Kim Jae-hwan, Kang Daniel, Park Ji-hoon, Park Woo-jin, Bae Jin-young, Lee Dae-hwi, Lai Guan Lin
  • Tahun Aktif : 2017–2019, 2021–2022
  • Label : YMC Entertainment, Stone Music Entertainment, Swing Entertainment, CJ ENM

Wanna One merupakan boyband yang dibentuk oleh CJ ENM dan merupakan grup yang dibentuk lewat seri 2017 Produce 101 Season 2. Terpilih sebagai Best New K-Pop Act of 2017 oleh Billboard, boyband ini hadir dengan lagu elektro pop dan koreografi gaya tinggi yang menarik perhatian. Sejak pembentukannya, Wanna One telah menjadi artis papan atas di Korea.

Meski direncanakan bubar pada 2018, para anggota Wanna One berencana fokus pada karir solo. Boyband ini pun masih punya sisa waktu untuk mengesankan penggemar dengan 11 membernya.

4. NCT

  • 18 Member : WinWin (Dong Si-cheng), Jeno (Lee Je-no), Jisung (Park Ji-sung), Yuta (Yuta Nakamoto), Jungwoo (Kim Jung-woo), Johnny (John Jun Suh), Haechan (Lee Dong-hyuck), Doyoung (Kim Dong-young), Ten (Chittaphon Leechaiyapornkul), Mark (Mark Lee), Jaehyun (Jeong Yun-o), Jaemin (Na Jae-min), Renjun (Huang Ren Jun), Chenle (Zhong Chenle), Taeil (Moon Tae-il), Lucas (Wong Yuk-hei), Taeyong (Lee Tae-yong), Kun (Qian Kun)
  • Tahun Aktif : 2016–sekarang
  • Label : SM Entertainment, Avex Trax

NCT adalah boygrup K-pop yang sangat populer, konsepnya menarik dengan jumlah anggota yang tidak terbatas. NCT sendiri adalah singkatan dari “Neo Culture Technology”. Satu fakta menarik adalah bahwa band ini terbagi menjadi banyak sub-unit yang berbasis di berbagai kota di dunia!

NCT U adalah unit grup pertama yang debut (pada April 2016) dan diperkenalkan sebagai grup utama NCT. Pada awalnya, diumumkan hanya dua anggota, yakni Mark dan Jaehyun, tetapi kemudian ditambahkan pula 7 anggota lainnya. NCT 127 adalah sub-unit kedua, NCT Dream dan WayV muncul kemudian.

Tahukah Grameds bahwa NCT127 berbasis di Seoul, sedangkan sub-unit lainnya, WayV, berlokasi di China?

5. Got7

  • Member : Jinyoung (Park Jin-young), Yugyeom (Kim Yu-gyeom), BamBam (Kunpimook Bhuwakul Bambam), Mark (Dong Yi-eun), Youngjae (Choi Young-jae), Jay B (Im Jae-beom), and Jackson (Jackson Wang)
  • Tahun Aktif : 2014–sekarang
  • Label : JYP Entertainment, Sony Music Entertainment

Got7 ialah boyband besutan JYP Entertainment yang terdiri dari tujuh member multinasional: asal mereka dari AS, Thailand, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Mulai debut pada 2014 melalui mini album “Got It?” Got7 meraup popularitas dengan cukup cepat. Terlebih keunikan mereka yang seringkali memadukan street dance dengan berbagai elemen trik bela diri dalam performance. Jadi, mereka tak pernah membosankan.

6. Seventeen

  • Member : S.Coups (Choi Seung-cheol), Jeonghan (Yoon Jeong-han), Joshua (Joshua Hong), Jun (Wen Junhui), Hoshi (Kwon Soon-young), Wonwoo (Jeon Won-woo), Woozi (Lee Ji-hoon), DK (Lee Seok-min), Mingyu (Kim Min Gyu), The8 (Xu Ming Hao), Seungkwan (Boo Seungkwan), Vernon (Hansol Vernon Chwe), Dino (Lee Chan)
  • Tahun Aktif : 2015–sekarang
  • Label : Pledis Entertainment

Tak persis seperti namanya, yakni Seventeen atau SVT, boyband yang satu ini cuma punya 13 anggota. Meski begitu, kadang grup ini juga punya 16 anggota. Jadi, apa maksud nama “Seventeen”? Rupanya, nama tersebut menandakan usia menengah para anggotanya saat pembentukan grup.

Seventeen dibagi menjadi tiga tim yang masing-masing punya spesialisasi berbeda, mulai dari vokal dan hip-hop. Tak cuma itu, anggotanya juga terlibat dalam komposisi dan produksi koreografi dan lagu-lagu mereka sendiri. Dibentuk pada 2015 oleh Pledis Entertainment, Seventeen punya julukan sebagai boyband yang melakukan produksi sendiri.

7. Monsta X

  • Member : I.M (Im Chang-kyun), Joohoney (Lee Joo-heon), Minhyuk (Lee Min-hyuk), Wonho (Lee Ho-seok), Shownu (Sohn Hyun-woo), Kihyun (Yoo Ki-hyun) and Hyungwon (Chae Hyung-won)
  • Tahun Aktif : 2015–sekarang
  • Label : Mercury Tokyo, Maverick, Starship, Epic, Columbia UK

Melalui acara pencarian bakat TV bertajuk “No.Mercy”, Monsta X dibentuk dan melakukan debutnya pada 2015 melalui album pertama “Trespass”. Setelahnya, tak butuh waktu lama bagi boyband dengan tujuh anggota ini untuk menaklukkan pasar Amerika Utara!

Album studio pertama mereka, “The Clan”, sukses menempati posisi pertama di World Album Billboard AS atas kerja sama Minhyuk, Shownu, Wonho, Hyungwon, Kihyun, Joohoney, dan I.M.

8. Stray Kids

  • Member : Lee Know (Lee Min-ho), Hyunjin (Hwang Hyun-jin), Felix (Felix Lee), Seungmin (Kim Seung-min), I.N (Yang Jeong-in), Woojin (Kim Woo-jin), Changbin (Seo Chang-bin), Bang Chan (Christopher Bang), Han (Han Ji-sung)
  • Tahun Aktif : 2017–sekarang
  • Label : JYP

Stray Kids awalnya merupakan sebutanbuntuk avara kompetisi relitas yang akhirnya menjadi nama grup boyband ini. Para anggotanya membentuk boyband dengan nama sama setelah melalui kompetisi dan akhirnya terpilih.

Stray Kids debut pada tahun 2028 dengan 9 anggotanya yang superriang dan disebut-sebut “liar”, boyband ini menjadi global hit dan album pertamanya menduduki peringkat pertama di iTunes Charts di berbagai negara.

9. WINNER

  • Member : Mino (Song Min-ho), Seunghoon (Lee Seung-hoon), Seungyoon (Kang Seung-yoon), Jinwoo (Kim Jin-woo)
  • Tahun Aktif : 2014–sekarang
  • Label : YG

WINNER juga dibentuk melalui reality show survival. Acara tersebut ialah “Win: Who Is Next” dan ada dua tim yang bersaing satu sama lain dalam siapa yang terbaik dalam pertunjukan, penulisan lagu, dan koreografi. Penggemarlah yang menentukan pemenang, jadi itulah asal WINNER dilahirkan.

Debut mereka di tahun 2014 pun sangat epik. Mereka bahkan disebut “Rookie Monster” untuk kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

10. Astro

  • Member : Sanha (Yoon San-ha), Jinjin (Park Jin-woo), MJ (Kim Myung-jun), Moonbin (Moon Bin), Eunwoo (Lee Dong-min), Rocky (Park Min-hyuk)
  • Tahun Aktif : 2016–sekarang
  • Label : Fantagio

Astro adalah boygrup K-pop yang terdiri dari 6 anggota: Jinjin, Moonbin, Sanha, MJ, Rocky, dan Eunwoo. Sebelum debut, mereka semua adalah iTeen Boys saat berlatih dalam program pengembangan bakat di bawah Fantagio iTeen.

Segera setelahnya, mereka membintangi serial drama web “To Be Continued”, dan setelah itu memulai debutnya dengan mini-album “Spring Up” pada tahun 2016. Billboard bahkan menyebut mereka sebagai salah satu grup K-pop baru terbaik.

Penutup

Grameds, itulah daftar dan penjelasan tentang boyband Korea paling populer sekaligus yang musik-musiknya wajib kamu dengar jika tertarik dengan industri K-pop. Tak cuma dari segi musik, kamu juga bisa kepoin mereka lewat hal lain seperti agensi, inspirasi, dan lain sebagainya. Kamu bisa juga membaca buku-buku terkait yang pastinya bisa memberikan lebih banyak insight.

Kamu dapatkan buku-buku favorit dengan penawaran terbaik di gramedia.com, agar kepo-nya terpuaskan dan jadi lebih tahu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. 12 Boyband K-Pop dengan Fans Terbanyak
  2. Profil 12 Member TREASURE serta Fakta Unik Masing-Masing Member
  3. Yuk Berkenalan dengan Member EXO!
  4. 20 Fakta-Fakta Terbaru BTS dan Profil Anggotanya
  5. Profil 7 Member Enhypen Lengkap Beserta Fakta Menarik di Dalamnya
  6. Yuk Berkenalan dengan 23 Member NCT! 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda