in

Profil Jihyo TWICE, Leader Multitalenta dengan Masa Trainee 10 Tahun!

https://kpopping.com/
Jihyo TWICE
https://kpopping.com/

Jihyo TWICE – Nama girl group TWICE tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar K-Pop maupun orang awam. Yap, girl group yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini debut pada tahun 2015, buntut dari survival show SIXTEEN yang digelar pada awal tahun tersebut.

Mengingat JYP Entertainment adalah salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan, maka tentu saja para trainee maupun idol mereka sangat dikenal oleh publik.

Salah satu member TWICE yang paling banyak digandrungi, terutama oleh penggemar dari Indonesia adalah Jihyo. Jihyo yang juga selaku leader ini sering dipuji akan kecantikannya yang begitu lokal. Yap, bahkan Jihyo TWICE pun sering masuk dalam daftar idol K-Pop yang memiliki wajah lokal bak orang Indonesia.

Selain itu, nama Jihyo TWICE juga turut dalam urutan idol K-Pop dengan masa trainee terlama yakni 10 tahun! Lantas, siapa sih sebenarnya sosok leader dari TWICE yang tak pernah berhenti meraih mimpinya untuk menjadi idol K-Pop?

Bagaimana perjalanan karirnya yang ternyata dimulai sejak dirinya berusia 8 tahun? Yuk, segera simak semua hal-hal tentang Jihyo TWICE yang tidak patut untuk dilewatkan!

Biodata dan Profil Jihyo TWICE

Jihyo TWICE
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Park Ji Soo
  • Nama Panggung: Jihyo
  • Tanggal Lahir: 1 Februari 1997
  • Zodiak: Aquarius
  • Zodiak China: Tikus (Rat)
  • Tinggi Badan: 160 cm (5’2”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • MBTI: ESFP-T (sebelumnya adalah ISFP-T)
  • Pendidikan: Cheongdam High School
  • Posisi di Grup: Leader, Main Vocalist
  • Akun Instagram:  _zyozyo

Perjalanan Karir Jihyo TWICE

Jihyo TWICE
https://herefan.com/

Nama Jihyo TWICE akan selalu masuk dalam daftar idol K-Pop yang menjalani masa trainee terlama, yakni 10 tahun. Yap, Jihyo TWICE menjadi seorang trainee pada saat usianya masih begitu belia, yakni 8 tahun. Itulah mengapa, Jihyo sering dielu-elukan oleh idol K-Pop rookie sebagai role model karena sikap pantang menyerahnya.

Jihyo TWICE lahir dengan nama Park Ji Soo pada 1 Februari 1997 di Guri, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari ayah, ibu, dan 2 adik perempuannya yakni Soyeon serta Jiyoung. Pada usia ke-18, barulah dirinya mengubah namanya menjadi Park Jihyo yang selaras dengan nama panggungnya sebagai idol K-Pop.

Suatu hari ketika Jihyo tengah duduk di bangku sekolah kelas 3 SD (2004), dirinya berpartisipasi pada sebuah kontes akting bertajuk 1st Junior Naver Child Acting Star untuk peran anak-anak. Atas usahanya itu, dirinya mendapatkan juara kedua dan menarik perhatian JYP Entertainment.

2005: Menjadi Trainee di JYP Entertainment

Jihyo TWICE
https://www.koreaboo.com/

Tepat pada 15 Juli, Jihyo yang sudah “diincar” oleh JYP Entertainment setelah penampilannya pada 1st Junior Naver Child Acting Star itu, akhirnya bergabung dengan agensi tersebut. Sejak itulah, Jihyo menjadi trainee dengan masa pelatihan yang cukup panjang yakni 10 tahun. Atas dasar itu pula, wajah Jihyo lebih dikenali oleh publik karena sudah bergabung dengan agensi dalam waktu yang cukup lama.

Selama di agensi, Jihyo tentu saja menjadi trainee termuda dan dilatih bersama para idol senior. Sebut saja ada soloist Sunmi, Hyerim Wonder Girls, Bae Suzy (saat itu debut bersama Miss A), Jo Kwon 2AM, hingga Nichkhun 2PM. Tidak hanya itu saja, Jihyo juga sempat menjadi bintang iklan untuk produk Innisfree bersama boy group BOYFRIEND.

Dapat disebut bahwa Jihyo menghabiskan masa remajanya sebagai trainee. Dilansir dari koreaboo.com, ketika Jihyo TWICE didapuk sebagai salah satu bintang tamu untuk acara Carefree Traveler di JTBC, dirinya bercerita tentang bagaimana rasanya menjadi trainee di usia yang belia.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jihyo mengaku tidak bisa memiliki kenangan layaknya anak-anak seusianya seperti pergi dengan keluarga, jalan-jalan setelah pulang sekolah, atau pergi makan camilan tteokbokki di pinggir jalan bersama teman-temannya. Itu semua karena dirinya harus menjaga berat badannya dan terus menghabiskan waktu sebagai trainee selama bertahun-tahun.

Setelah para trainee lainnya debut, Jihyo mendapatkan rekan trainee yang berusia kurang lebih sama yakni ada Nayeon, Jeongyeon, dan Sana.

Kala itu, mereka berempat termasuk Jihyo hendak didebutkan pada girl group 6MIX, tetapi proyek tersebut dibatalkan karena suatu alasan. Alhasil, Jihyo harus kembali menjalani masa trainee hingga partisipasinya pada survival show SIXTEEN.

FYI aja nih, ketika proyek 6MIX dibatalkan, Jihyo merasa stress karena seolah harapannya untuk debut sebagai idol K-Pop pupus begitu saja. Mengingat dirinya telah mengabdikan diri sebagai trainee di JYP Entertainment dalam waktu yang lama dan memperhatikan rekan-rekan trainee lainnya telah debut satu persatu.

Ingin mencari tahu fakta-fakta menarik seputar TWICE? Tenang, tak perlu bingung karena kamu bisa menemukannya pada buku Twice Daebak! Buku ini cocok sebagai bahan bacaan anak muda yang sedang asyik-asyiknya menggemari segala sesuatu yang berhubungan dengan girlband korea, fashion mereka, dan bisa juga digunakan sebagai koleksi, satu intinya, bisa saja kehidupan para idola sama dengan kehidupan kita sehari-hari.

2015: Mengikuti Survival Show SIXTEEN

Jihyo TWICE
https://www.koreaboo.com/

Ajang survival bertajuk SIXTEEN ini merupakan proyek kolaborasi antara Park Jin Young (selaku produser musik di JYP Entertainment) dengan channel Mnet. Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 di antaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut. Maka dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebelum mengikuti survival show SIXTEEN, Jihyo telah mengubah namanya dari Park Jisoo menjadi Park Jihyo. Jihyo tentu saja berpartisipasi pada survival show tersebut karena dirinya telah lama menjalani masa trainee di JYP Entertainment. Sayangnya, selama mengikuti SIXTEEN, Jihyo sering mendapatkan kritik akan tubuhnya.

Yap, para juri menganggap bahwa tubuh Jihyo terlalu gemuk untuk standar tubuh idol K-Pop. Namun akhirnya, Jihyo menjalani diet dan membuktikan bahwa bakatnya tidak akan sia-sia begitu saja.

Setelah proses yang panjang, akhirnya Jihyo berhasil mengamankan posisinya dan debut bersama delapan member TWICE lainnya pada 20 Oktober 2015. TWICE debut tepat setelah 5 bulan acara SIXTEEN tamat. Perjuangan Jihyo selama 10 tahun lamanya akhirnya terbayarkan.

2015: Berhasil Debut Bersama TWICE

Jihyo TWICE
https://twice.fandom.com/

Pada 20 Oktober 2015 sepertinya menjadi momen paling bersejarah bagi kesembilan member TWICE, tak terkecuali Jihyo karena akhirnya mereka dapat debut setelah menjalani masa trainee selama 10 tahun lamanya.

Tepat setelah SIXTEEN tamat, tentu saja banyak netizen berspekulasi bahwa girl group besutan Park Jin Young akan segera hadir mendobrak dunia K-Pop. Mengingat nama dan wajah Jihyo TWICE telah banyak dikenal publik.

Di grup, Jihyo terpilih sebagai leader setelah dilakukan pemungutan suara secara anonim. Selama 8 tahun debut ini, Jihyo TWICE berhasil memimpin dan mengayomi member lainnya secara telaten.

Seiring dengan menjadi member TWICE, tentu saja Jihyo yang juga menempati posisi sebagai Main Vocalist, turut didapuk untuk menyanyikan suatu OST serial drama.

Pada 6 Maret 2022, Jihyo merilis OST pertamanya yang berjudul “Stardust Love Song” untuk serial drama populer Twenty-Five Twenty-One di channel tvN. Empat bulan setelah itu, lagi-lagi Jihyo menyanyikan OST keduanya berjudul “I Fly” untuk serial drama Today’s Webtoon di channel SBS.

Pada Januari 2023 lalu, Jihyo TWICE diumumkan menjadi brand ambassador untuk produk kosmetik Milk Touch.

Kehidupan Pribadi Jihyo TWICE

Jihyo TWICE
https://www.koreaboo.com/

Selama menjalani hidup sebagai idol K-Pop, Jihyo selalu disorot sebagai leader TWICE yang mengayomi para membernya. Barulah pada tahun Agustus 2019, media lokal Dispatch melaporkan bahwa Jihyo TWICE berkencan dengan soloist Kang Daniel.

Kala itu, para penggemar K-Pop tentu saja heboh karena berita tidak terduga itu. Setelah beberapa hari, barulah kedua pihak agensi mengkonfirmasi berita tersebut. Mereka juga menjelaskan bahwa keduanya berkenalan satu sama lain melalui Seulong 2AM yang merupakan senior Jihyo di JYP Entertainment.

Sayangnya, pada November 2020 pihak JYP Entertainment mengkonfirmasi kembali bahwa Jihyo dan Kang Daniel telah putus karena kesibukan jadwal masing-masing.

Twice adalah sebuah grup idola wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Nah, supaya kamu semakin jauh mengenal TWICE, maka bisa mencari tahunya pada buku Twice In Love The Untold Stories: Famous Rookie Girlband.

20 Fakta Unik dan Menarik Jihyo TWICE

Jihyo TWICE
https://twice.fandom.com/
  1. Jihyo lahir dan besar di Guri, Provinsi Gyeonggi-do bersama keluarganya. Keluarganya terdiri atas ibu (Cho Mija), ayah, dan dua adik perempuan bernama Soyeon serta Jiyoung.
  2. Keluarganya memelihara seekor kucing ras British Shorthair bernama Ppuyo.
  3. Pada 19 Agustus 2004, Jihyo berhasil memenangkan Junior Naver Children’s Star Contest dengan peringkat kedua.
  4. Atas kemenangannya itu, pihak JYP Entertainment langsung meminta Jihyo untuk bergabung pada perusahaannya.
  5. Jihyo menjalani masa trainee selama 10 tahun, tepatnya dari 7 Juli 2005 sampai 20 Oktober 2015.
  6. Ketika masih menjadi trainee, Jihyo pernah didapuk sebagai model CF (Commercial Film) untuk brand Reebok, bersama dengan Nayeon dan Jeongyeon TWICE.
  7. Jihyo selama menjadi trainee, dilatih bersama para anggota Miss A, termasuk Bae Suzy.
  8. Mengubah namanya dari Park Jisoo menjadi Park Jihyo tepat sebelum berpartisipasi dalam survival show SIXTEEN.
  9. Jihyo TWICE berkali-kali tampil pada acara televisi. Sebut saja ada ‘Kings of Masked Singer’, ‘Sugarman’, ‘Idol Star Athletic Championship’, ‘Same Bed Different Dreams’, ‘Happy Together’, ‘Hello Counselor’, dan masih banyak lainnya.
  10. Jihyo TWICE pernah menjadi MC spesial untuk beberapa episode acara musik M Countdown.
  11. Berhubung dirinya adalah seorang main vocalist, maka tentu saja Jihyo sering berkolaborasi bersama penyanyi lainnya. Mulai dari bersama Doyoung NCT untuk lagu “All For You” di program Music Bank, bersama Dokyeom SEVENTEEN untuk lagu “Dream” di program King of Masked Singer, hingga bersama Momo TWICE dan Taemin SHINee untuk lagu “Goodbye” di acara 2019 MBC Gayo Daejejeon.
  12. Jihyo TWICE adalah senior dari Choi Yoo Jung Weki Meki di sekolahnya dahulu, yakni di Cheongdam High School.
  13. Sangat suka rasa mint-choco.
  14. Jihyo memiliki suara keras yang alami dan sangat pandai dalam bernyanyi lagu genre trot.
  15. Jihyo dan Tzuyu TWICE pernah melakukan perjalanan bersama keluarga Jihyo ketika mereka masih menjadi trainee.
  16. Jihyo dan Jeongyeon adalah member TWICE yang kidal.
  17. Para penggemar menjuluki Jihyo sebagai God-Jihyo.
  18. Jihyo berpikir bahwa daya tarik terbesar dari anggota tubuhnya adalah matanya yang besar.
  19. Sangat menggemari aktor Cho Jin Woong yang membintangi serial drama Signal. Selain itu, dirinya juga menyukai Tory Kelly dan Lee Hyori.
  20. Berteman akrab dengan seluruh member GFRIEND, Eunha OhMyGirl, dan Kang Hye Won ex IZ*ONE.
  21. Menurut Tzuyu, Jihyo dapat berbicara bahasa Mandarin secara fasih. Bahkan dirinya juga memiliki sertifikasi Bahasa Cina.
  22. Sering disebut mirip dengan beberapa selebritis seperti aktrist Jo Boah, Park Seyoung, Kim Hye Soo, Sung Yuri F.i.n.K.L, Kate Winslet, dan lainnya.
  23. Pada promosi lagu “KNOCK KNOCK”, Jihyo menjalani operasi pada bagian lutut sehingga mengharuskannya bernyanyi sambil duduk ketika konser TWICE di Singapura dan Thailand.
  24. Pada tahun 2017, Jihyo menjalani operasi lasik.
  25. Hobi: Menonton drama dan reality show, membaca webtoon, bersepeda, berjalan kaki, dan lainnya.
  26. Ayah Momo justru menjadi penggemar berat Jihyo.
  27. Yabuki Nako ex IZ*ONE dan HKT48 sangat menggemari Jihyo.
  28. Pada Juli 2020, Jihyo bergabung pada klub sepak bola selebriti wanita bernama ‘FC Rumor W’. Tim tersebut beranggotakan beberapa idol K-Pop seperti Mina dan Nayoung ex Gugudan, Hayoung A-Pink, Jeonghwa EXID dan U.Ji ex BESTie. Sayangnya, setelah sebulan bergabung, Jihyo, Mina, dan Hayoung keluar dari tim karena suatu alasan.
  29. Jihyo pernah masuk dalam line-up debut grup 6MIX bersama Jeongyeon dan Nayeon, tetapi proyek tersebut dibatalkan.
  30. Memiliki alergi panas sehingga tenggorokannya akan terasa gatal jika makan makanan panas.
  31. Pada tahun 2020, Jihyo sempat masuk nominasi “The 100 Most Beautiful Faces of 2020” dengan peringkat ke-79.
  32. Merupakan penggemar berat dari Marvel Cinematic Universe (MCU) dan karakter superhero favoritnya adalah Thor.

Demikian pembahasan seputar Jihyo TWICE. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar girl band TWICE, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com

Sumber:

https://kpop.fandom.com/

https://twice.fandom.com/

https://en.kepoper.com/

https://kpopping.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.