in

Harga Spidol di Gramedia: Beragam Jenis Spidol Terbaik Untukmu

Pixabay.com

Harga Spidol – Siapa yang tidak tahu spidol? Rasanya semua orang mengenal spidol sejak masih anak-anak, ya. Selain sebagai alat tulis, spidol juga sering digunakan untuk keperluan menggambar.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas apa itu spidol, jenis-jenisnya, dan beragam harga spidol yang tersedia di Gramedia. Yuk, Grameds langsung kita bahas!

Sejarah Spidol di Dunia

Wujud spidol mirip dengan pena atau ballpoint yang memiliki sumber tinta sendiri. Ujung dari spidol merupakan serat berpori dan ditekan seperti kain. Bagian atas spidol merupakan mata pena yang terbuat dari bahan yang terasa keras, namun ukurannya lebih besar dari pena. Untuk mencegah spidol mengering, maka mata pena tersebut dilengkapi dengan tutup agar tidak terkontaminasi dengan udara luar.

Sampai awal tahun 1990, pelarut tinta yang paling digunakan di dalam pembuatan spidol adalah toluena dan xilena yang memiliki aroma sangat kuat. Karena dianggap berbahaya, mulai bermunculan tinta yang dilarutkan dengan alkohol, seperti 1-butanol, 1-propanol, kresol, dan alkohol diaseton.

Sesungguhnya spidol pertama kali diciptakan oleh Sidney Roshental pada tahun 1952. Saat itu, spidol masih berupa botol kaca jongkok yang diisi tinta dan ujungnya berupa serat wol. Sidney menamainya magic marker karena alat tulis tersebut dapat dituliskan pada permukaan apapun.

[algolia_carousel]

Magic marker dikatakan memberikan inspirasi akan produksi masal sebuah alat tulis yang digagas oleh Yukio Horie. Adalah Tokyo Stationary Company dari Jepang yang mewujudkan produksi pena modern berujung serat bambu tersebut.

Kemudian pada tahun 1963, The Avery Dennison Corporation (ADC) meneruskan penemuan Horie dengan menemukan tinta tembus pandang dengan merk dagang Hi-Liter. Saat itu, produk tersebut memiliki beberapa jenis warna. Kemudian pada tahun 1971, Stabilo, sebuah perusahaan alat tulis dan kosmetik dari Jerman, tampil menyaingi ADC sebagai perusahaan yang memproduksi highliter terbesar di dunia.

Sementara itu, pada tahun 1989, Sidney Rosenthal menjual merk magic marker-nya kepada Binney & Smith, sebuah perusahaan produsen krayon ajaib Crayola. Sydney melakukan hal tersebut karena perusahaan produsennya, Sydney’s Magic Marker tidak mampu bersaing dengan inovasi kompetitornya.

Dua tahun setelah itu, tepatnya 1991, Binney & Smith meluncurkan produk spidol baru yang ukurannya lebih kecil. Inovasi terus berkembang hingga pada tahun 1996, terciptalah spidol yang bisa dihapus.

Harga Spidol

Mengapa Dinamai Spidol?

Pembahasan mengenai pertanyaan ini bisa saja memiliki banyak versi. Karena jawaban mengenai hal ini pada umumnya tersebar dari mulut ke mulut, tidak tercatat secara rinci dalam sejarah. Perlu diketahui bahwa penyebutan spidol hanya ada di Indonesia.

Dalam Bahasa Inggris, spidol disebut dengan marker atau marker pen. Begitu pula di India, bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura menyebutnya dengan marker atau marker pen. Lantas dari mana penyebutan spidol berasal?

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa rakyat Indonesia menyebut Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dengan nama kompeni. Kata tersebut merupakan pelafalan dari compagnie oleh pendahulu kita. Lampu juga berasal dari lamp. Maka kata spidol merupakan plesetan dari sebuah merek (trademark) alat tulis pertama yang dipasarkan di Indonesia, yakni Staedtler.

Mungkin kamu sekarang sedang berpikir, Staedtler dan spidol sangat jauh, lalu mengapa bisa jadi spidol? Sayangnya, kami belum menemukan referensi yang mampu menerangkan seterang sinar matahari. Mungkin, bagi nenek moyang kita, pelafalan Staedtler tidak begitu jelas sehingga spidol merupakan penyebutan yang paling mudah.

Penyebutan sesuai merek pertama yang muncul atau merk penguasa pasar rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia. Di Filipina, misalnya spidol dinamai pentel pen sesuai dengan merk yang merajai pasar di negara yang beribukotakan di Manila tersebut. Meskipun spidol tersebut ber-merk Pelikan, Faber Castell, Sharpie, sebutan di sana tetap saja pentel pen.

Di Jepang, spidol disebut dengan magic. Pasalnya, merk dagang yang terkenal di negara matahari terbit tersebut adalah Magic. Orang Australia menyebut spidol dengan texta, di samping penyebutan marker. Sama seperti lainnya, merk lokal yang terkenal di negeri kanguru tersebut bernama Texta.

Di Jerman, spidol memiliki dua julukan, yakni filzer dan edding. Sedangkan di Amerika Serikat, spidol dikenal dengan sebutan magic marker sesuai dengan merk lokal bernama Magic. Penyebutan yang sama juga terjadi di Kanada.

Harga Spidol

Ragam Jenis Spidol

Berdasarkan fungsinya, spidol terbagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

1. Spidol Permanen

Spidol ini digunakan untuk menulis yang sifatnya tidak bisa dihapus. Kalaupun bisa dihapus, perlu upaya ekstra agar tulisan dapat dibersihkan sehingga tidak mudah dihapus. Spidol ini dapat kamu gunakan untuk menulis di atas kertas, kayu, kaca, plastik, batu, atau logam.

Berdasarkan tinta pengisinya, spidol permanen ini terbagi menjadi dua jenis, yakni:

a. Ink Marking

Spidol yang berisi tinta instan sehingga untuk menggunakannya kamu tidak perlu mengocoknya maupun menekan pada ujungnya.

b. Opaque Marking

Spidol ini berisi tinta layaknya cat semprot. Untuk menggunakannya, kamu harus mengocoknya lebih dulu dan menekan ujungnya. Spidol ini memiliki tinta yang pekat dan memiliki pelarut seperti tinner.

2. Spidol Non Permanen

Berdasarkan fungsinya, spidol non permanen dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Spidol Whiteboard (Papan Tulis Putih)

Spidol ini digunakan untuk menulis di papan tulis putih. Sebagaimana fungsinya, spidol ini dapat dihapus karena penggunaan papan tulis yang berulang kali dipakai. Agar dapat digunakan untuk menulis lagi, tentu papan tulis harus dibersihkan dulu dengan cara dihapus spidolnya.

b. Fine Marking

Spidol jenis ini diproduksi dengan beragam warna dan ukuran mata spidolnya. Kamu dapat memilih ukuran kecil, sedang, hingga besar. Spidol jenis ini lebih banyak digunakan untuk melukis atau mewarnai desain. Tinta yang digunakan adalah tinta ecoline. Warna yang tersedia untuk spidol jenis ini sangat beragam mulai dari warna yang sangat mencolok hingga warna pastel.

3. Spidol Pemilu

Saat pemilihan umum presiden, kepala daerah, ataupun wakil rakyat, kamu pasti diminta untuk mencelupkan tanganmu ke dalam tinta. Nah tinta yang digunakan tersebut idealnya khusus untuk pemilu. Namun karena tinta tersebut harganya sangat mahal, pemilu di Indonesia menggunakan tinta biasa.

[algolia_carousel page=2]

Mahalnya harga tinta pemilu disebabkan karena kandungan perak nitrat yang ada di dalamnya. Spidol pemilu adalah spidol yang diisi dengan tinta pemilu.

4. Spidol Keamanan

Sebagaimana namanya, spidol keamanan atau security marker ini digunakan untuk melindungi data-data yang sifatnya rahasia. Spidol ini menggunakan tinta khusus yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Agar dapat melihatnya, kamu membutuhkan cahaya neon ultraviolet.

Harga Spidol di Gramedia

Tidak lengkap rasanya membicarakan spidol tanpa disertai rekomendasi produk yang berkaitan dengannya. Tentu Grameds juga penasaran, spidol apa saja yang disediakan oleh Gramedia? Di bawah ini merupakan beberapa jenis spidol yang kami rekomendasikan untuk kamu miliki.

1. Faber Castell Conector Pen 10 Warna 11150A

Harga: Rp. 28.000,00

Harga Spidol

Spidol ini keluaran dari brand terkenal Faber Castle yang terkenal elegan, berkelas, kokoh, dan berkualitas. Spidol ini memiliki keunikan dengan adanya konektor yang dapat menyambungkan antara satu spidol dengan spidol lainnya. Dengan adanya konektor tersebut, spidol ini tampak rapi dan tidak mudah terpencar. Kamu juga lebih mudah untuk memilih warna yang kamu inginkan karena lebih mudah untuk menatanya.

Ukuran spidol ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran tersebut memudahkan kamu untuk mewarnai gambar yang polos. Bayangkan jika spidol yang kamu gunakan terlalu besar, kamu akan kesulitan mewarna detail-detail yang berada di sisi gambar. Jika ukurannya terlalu kecil, maka untuk mewarnai gambar polos kamu akan mudah lelah.

Spidol jenis ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa, namun anak-anak juga dijamin suka menggunakannya. Bentuknya yang praktis berkat konektor menjadikan spidol mudah untuk dibawa dan tidak mudah hilang ketika si kecil lupa merapikannya. Tidak perlu kuatir baju yang dipakai akan kotor karena spidol ini karena tinta darinya mudah untuk dihilangkan.

2. Snowman BG-12 Marker

Harga: Rp. 11.500,00

Harga Spidol

Brand Snowman tentu sudah tidak asing buat kamu. Dalam satu kelas di sekolah ataupun kampus, tidak sedikit dari pelajar yang menggunakan ballpoint atau spidol merk ini. Harganya yang terjangkau namun berkualitas baik, menjadikan brand ini digunakan oleh banyak orang.

Snowman BG12 Marker terdiri dari 12 warna. Namun yang sering dijumpai di pasaran adalah warna hitam, merah, dan biru. Keunggulan dari spidol ini adalah dapat diisi ulang secara mandiri. Berdasarkan media tulisnya, spidol Snowman BG12 Marker terbagi menjadi dua, yaitu permanen dan boardmarker (untuk papan tulis).

Spidol ini dapat kamu temukan di manapun. Baik di ruang kelas, ruang rapat, ruang presentasi, ruang administrasi, toko, dan banyak tempat lainnya. Snowman BG12 Marker ini memiliki mata spidol yang cukup besar sehingga cocok digunakan untuk menulis pengumuman atau label nama pada kemasan berukuran besar.

Sayangnya, spidol ini tidak begitu cocok digunakan untuk menulis huruf kecil ataupun mewarnai pada bagian detail karena ukuran mata spidolnya yang besar. Alat tulis ini cocok untuk digunakan mewarnai pada bidang-bidang yang besar sehingga kamu tidak mudah capek.

3. Copic Ciao Marker

Harga: Rp. 56.000,00 – Rp. 4.028.000,00

Harga Spidol

Pekerjaan yang paling menggembirakan adalah pekerjaan yang mendapatkan penghasilan karena melakukan hobi. Pada kondisi tersebut, kamu memperoleh dua hal hanya dengan melakukan sekali langkah. Kepuasaan menyalurkan hobi dapat kamu capai, penghasilan juga kamu dapatkan.

Sebagian orang memiliki hobi menggambar. Namun tidak sedikit di antara mereka yang mengkonversi hobi tersebut menjadi karya yang mendatangkan pundi-pundi uang.

Untuk menjadi seniman gambar, kamu memerlukan alat-alat pendukung, salah satunya spidol. Untuk menghasilkan karya terbaik, kamu perlu memiliki spidol yang berkualitas. Salah satu spidol yang kami rekomendasikan buat kamu yang hobi gambar adalah Copic Ciao Marker.

Di kalangan pecinta seni rupa, Copic merupakan merek yang dikenal memiliki kualitas baik untuk menghasilkan karya-karya jempolan. Produk ini berkualitas premium dan tentunya diiringi dengan harga yang cukup tinggi. Namun kocek yang kamu korek cukup dalam tersebut sebanding dengan karya yang dihasilkan.

Spidol jenis ini seringkali digunakan dalam buku-buku komik atau bisnis yang bergerak di bidang animasi. Copic marker dengan tambahan ciao berukuran lebih kecil dan harganya lebih terjangkau dibanding professional copic marker.

Berdasarkan review dari para penggunanya, Copic Ciao Marker memiliki ujung yang kenyal. Spidol ini sangat cocok untuk menghasilkan karya lettering. Tidak hanya itu, saat mongering, tinta dari spidol ini dikatakan dapat menjadi tahan air.

Artinya, media lain yang berbasis air, seperti pensil warna dan cat, dapat juga ditambahkan pada gambar. Bahkan, kamu dapat mengoleskan air melalui kuas setelah tinta spidol mengering satu menit. Hebatnya, kualitas warna tidak memudar!

4. Giotto Décor Textile

Harga: Rp. 10.500,00

Harga Spidol

Bukan barang aneh jika spidol dapat digunakan di media kertas, plastik, kayu, atau logam. Namun pernah nggak sih kamu tahu spidol bisa juga digunakan di atas kain? Nyatanya memang bisa, tai bukan sembarang spidol.

Agar dapat menulis atau menggambar di atas media kain, kamu memerlukan spidol khusus bahan tekstil. Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Giotto Decor Textile. Secara harga, Giotto Décor Textile relatif terjangkau. Secara kualitas, spidol ini juga tidak mengecewakan dan tidak sedikit yang memujinya.

Dengan spidol ini, kamu tidak perlu kuatir warna gambarmu akan luntur atau kainmu menjadi rusak, Giotto Décor Textile memang dirancang untuk membuat pola dan kreasi tanpa harus takut luntur.

Berdasarkan review para penggunanya, Giotto Décor Textile ini tampak lebih baik dibandingkan cat yang dioleskan di atas kain. Spidol ini tidak memberikan kesan berantakan. Spidol ini tidak meninggalkan noda yang membekas di kain.

Dengan demikian, spidol dapat kamu gunakan untuk menggambar kaos, celana, dan tote bag yang berbahan kain. Ujung spidol yang besar tampaknya menjadikan spidol ini kurang cocok untuk menggambar detail. Namun demikian, meskipun tebal, ujung pena ini dapat mengisi ruang dengan warnanya.

5. Snowman Sign Pen Pw-24A

Harga: Rp. 44.500,00

Harga Spidol

Spidol Snowman ini sudah sangat familiar, bahkan di kalangan anak-anak sekali pun. Satu set spidol dengan 24 warna yang ceria ini memang cocok untuk digunakan saat menggambar juga bahkan untuk menulis di buku.

Tidak jarang anak-anak yang baru belajar menulis dan menggambar pun menggunakan spidol ini sebagai alat belajar. Dengan ujung spidol dari fiber 2.0mm dapat menghasilkan garis tulisan setebal 0.5 hingga 1.0mm. Tentunya hasil tulisan dari spidol ini tergolong cukup, tidak terlalu besar ataupun kecil.

6. Spidol Sharpie Mini Fine Fash Ass 4 35108Pp

Harga: Rp. 92.500,00

Harga Spidol

Spidol ini adalah spidol permanen dengan bentuk mini yang sangat ringkas dan mudah untuk dibawa ke mana pun. Tinta spidol ini permanen hampur di permukaan apapun.

Set spidol ini cocok digunakan sehari-hari maupun sebagai hadiah, karena bentuk dan warnanya sangat menarik. Pada bagian ujung tutup spidol, terdapat kait yang bisa digunakan untuk menggantungnya di tas, kunci, dan sebagainya.

Kesimpulan

Spidol merupakan alat tulis yang lebih tebal dari pena. Ujungnya seperti batang yang keras dan cadangan tintanya berada di dalam kain berpori besar. Penamaan spidol di Indonesia berawal dari merk ternama Staedtler yang oleh nenek moyang kita dilafalkan menjadi spidol.

Spidol dapat dituliskan di atas media kertas, kayu, logam, kaca, batu, dan plastik. Sementara agar dapat dituliskan di atas media kain dan ban mobil diperlukan spidol khusus yang memang memiliki formula tersendiri.

Berdasarkan kegunaannya, spidol juga memiliki jenis yang berbeda. Misalkan untuk para seniman seni rupa, spidol khusus seperti Copic Ciao Maker. Dan untuk pengrajin tekstil dapat menggunakan Giotto Décor Textile.

Harga Spidol

Grameds, demikian ulasan kita mengenai spidol hingga harga spidol yang tersedia di Gramedia Selain spidol-spidol yang telah diulas di artikel ini, masih ada banyak spidol lainnya yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk dan buku-buku terbaik sesuai kebutuhanmu, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Mutiani Eka Astutik

BACA JUGA:

  1. Selain Buku, Ini Barang yang Dijual di Gramedia.com
  2. 10 Perlengkapan Anak Sekolah yang Wajib Dimiliki
  3. Macam Alat Tulis Kantor: Sejarah, Gambar, dan Pendukungnya
  4. Alat Tulis dan Peralatan Kuliah yang Diperlukan
  5. Alat Musik Keyboard dan Rekomendasi Terbaik
  6. Tas yang Cocok untuk Menemani Aktivitas Kamu!
  7. 15 Rekomendasi Tas Ransel Laptop Terbaik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda