in

Ukuran Spanduk dan Banner: Bahan, Jenis, Fungsi dan Kelebihan

Ukuran Spandung dan Banner – Apakah Grameds masih kesulitan membedakan antara spanduk dan banner? Tepat sekali, kedua media informasi ini memang tampak sama, padahal spanduk dan banner memiliki perbedaan dasar seperti ukuran, bahan , dan fungsinya.

Lalu mengapa kita perlu mengetahui perbedaan antara spanduk dan banner? Hal ini kemudian akan berkaitan dengan pemanfaatan atau bagaimana kita bisa mengfungsikan media tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sampai kita justru salah memilih antara menggunakan spanduk atau banner dengan fungsi yang kita butuhkan. Alih-alih ingin mencapai tujuan dari media informasi tersebut, justru akan merugikan kita. Itulah sebabnya teman-teman Grameds perlu mengetahui pengertian Spanduk dan Banner serta memahami perbedaan dari kedua media tersebut.

Meskipun sekarang perkembangan media sudah semakin digital, namun masih banyak orang yang masih membutuhkan spanduk dan banner untuk promosi atau menyampaikan informasi lainnya. Berikut ini pengertian dan perbedaan spanduk dan banner yang perlu Grameds ketahui agar lebih maksimal menggunakan media tersebut.

Pengertian Spanduk dan Banner

Spanduk adalah media informasi yang dibuat dari kain panjang berisi informasi singkat tentang produk atau konteks informasi lainnya yang kemudian dibentangkan di hadapan publik. Spanduk menjadi salah satu media promosi atau menyampaikan informasi yang paling favorit digunakan banyak orang karena harganya yang murah namun sudah dapat bahan yang besar untuk menampilkan iklan atau informasi.

Ruang yang besar itulah yang menjadi keuntungan jika menggunakan spanduk sebagai media promosi atau menyampaikan informasi karena bisa lebih banyak memasukan bahan atau materi promosi dan informasi.

Selain itu ukurannya yang besar juga mampu menarik perhatian orang atau target konsumen yang dituju. Letak spanduk juga lebih strategis untuk terbaca oleh banyak orang, seperti di pinggir jalan bahkan terbentang di tengah jalan.

Jadi spanduk cocok digunakan untuk promosi hard marketing atau penyebaran informasi yang masif atau yang sifatnya penting. Yang berpengaruh pada keefektifan spanduk selanjutnya adalah desain spanduk apakan menarik kreatif atau hanya monoton saja yang bisa kurang menarik perhatian orang meskipun ukurannya sudah besar.

Lalu, apa pengertian banner? Banner adalah media informasi berisi bahan-bahan promosi atau meteri informasi yang dibuat dengan cara dicetak dengan print digital dengan ukuran tertentu dan bisa berbentuk vertikal atau portrait.

Banner ini perlu didesain terlebih dahulu di komputer dengan software desain, contohnya Adobe Photoshop atau CorelDraw sebelum dicetak. Sekarang banner banyak digunakan untuk promosi berisi gambar dan teks produk, tempat, seminar, blog atau website, dan banyak lagi.

Banner yang mempromosikan website atau blog biasanya dicantumkan link yang jika dipindai Hp akan langsung masuk ke website tersebut.

Banner selain berfungsi sebagai media promosi atau iklan, tetapi juga berfungsi sebagai media publikasi, menjalin persahabatan dan berbagai kepentingan lainnya yang berhubungan dengan komunikasi publik.

Ada berbagai macam jenis dan ukuran standar banner yang biasanya digunakan dalam blog atau website. Banner ini identik dengan visual gambarnya yang memang berukuran kecil dan disematkan atau disisipkan di halaman web tertentu. Jadi fungsi banner lebih luas tidak hanya fisik di outdoor sebagai media komunikasi publik tapi juga secara digital di website atau blog.

Dari kedua pengertian spanduk dan banner di atas sudah tampak perbedaan yang jelas antara media informasi tersebut. Berikut ini detail perbedaan antara spanduk dan banner yang perlu Grameds ketahui agar tidak salah pilih antara menggunakan media informasi tersebut.

gramedia obf

Perbedaan Spanduk dan Banner

Perbedaan antara spanduk dan banner di bawah dikategorikan berdasarkan fungsi dan konsep dasar dari kedua media informasi tersebut.:

1. Ciri-ciri Spanduk

  • Menggunakan kalimat yang pendek namun dengan ukuran huruf yang besar-besar
  • Menggunakan warna yang mencolok, terang, atau kontras agar mudah dilihat orang
  • Berada di tempat yang strategis yang dilihat atau dilalui banyak orang, seperti perempatan jalan bahkan terbentang di tengah jalan.
  • Biasanya berukuran mulai sekitar 90/100 x 800 cm atau lebih

2. Ciri-ciri Banner

  • Di dalamnya berisi gambar yang menunjukan logo suatu komunitas atau perusahaan
  • Bentuknya hampir mirip dengan bentuk bendera
  • Isi iklannya biasanya berupa pesan atau slogan

Ukuran Standar Spanduk dan Banner

1. Ukuran Standar Spanduk

  • 5 m x 1 m
  • 4.5 m x 2 m
  • 4 m x 0.8 m
  • 3 m x 1 m
  • 3 m x 0.8 m
  • 2 m x 1.5 m

2. Ukuran Standar Banner

a. Banner dengan ukuran standar pada umumnya digunakan promosi atau iklan “window pop-up”

  • 300 x 250 IMU / Pixel untuk “Medium Rectangle”
  • 250 x 250 IMU / Pixel untuk “Square Pop-up”
  • 240 x 400 IMU / Pixel untuk “Vertical Rectangle”
  • 336 x 280 IMU / Pixel untuk “Large Rectangle”
  • 180 x 150 IMU / Pixel untuk “Rectangle”

b. Banner pada blog/web di media internet biasanya ukurannya antara lain sebagai berikut:

  • 468 x 60 IMU / Pixel untuk “Full Banner”
  • 234 x 60 IMU / Pixel untuk “Half Banner”
  • 88 x 31 IMU / PIxel untuk “Micro Bar”
  • 120 x 90 IMU / Pixel untuk “Button 1”
  • 120 x 60 IMU / Pixel untuk “Button 2”
  • 120 x 240 IMU / Pixel untuk “Vertical Banner”
  • 125 x 125 IMU / Pixel untuk “Suara Button”
  • 728 x 90 IMU / Pixel untuk “Leaderboard”

Bahan Spanduk dan Banner

1. Spanduk

a. Flexi China

Bahan Flexi China biasanya digunakan untuk membuat spanduk yang memiliki permukaan kasar, tidak terlalu tebal, dan cenderung memiliki serat. jenis bahan ini direkomendasikan untuk membuat spanduk outdoor.

b. Flexi Korea

Bahan Flexi Korea memiliki kualitas yang lebih bagus karena teksturnya yang lebih bagus sehingga menghasilkan cetakan yang lebih bagus daripada Flexi China. Ketebalan bahan Flexi Korea cocok untuk membuat spanduk di Outdoor. Pilihan gramasi bahan ini mulai dari 250 gram hingga 400 gram.

c. Flexi Jerman

Bahan ini cocok untuk membuat spanduk di outdoor karena kualitasnya yang bagus. Flexi Jerman memiliki harga yang lebih mahal dengan pilihan gramasi sekitar 230 gram hingga 400 gram.

d. Albatros

Bahan Albatros cocok untuk membuat spanduk indoor karena memiliki tekstur yang halus dan lembut. Bahan ini juga biasa digunakan untuk mencetak foto yang berukuran besar.

e. Luster

Bahan Luster memiliki tekstur yang kasar, mengkilap, dan lebih tipis. Bahan ini biasanya digunakan untuk spanduk indoor. Spanduk berbahan luster tidak perlu dilaminasi lagi karena bahannya sudah cukup mengkilap.

f. Easy Banner

Bahan spanduk ini seperti front title yang lebih bagus dan tidak melengkung.

g. Banner Cloth

Bahan banner cloth ini biasanya digunakan untuk membuat spanduk yang diikat pada balon dan diterangkan. Bahan ini lebih ringan sehingga mudah terbang.

2. Banner

a. Luster

Bahan luster cocok digunakan untuk membuat banner indoor karena bahannya yang lebih halus. Bahan ini juga biasa digunakan untuk mencetak poster atau foto dengan ukuran yang besar.

b. Albatros

Bahan Albatros lebih tipis daripada luster, namun lumayan banyak orang yang menggunakan bahan ini untuk banner. Bahannya juga lebih ringan dan lebih murah dari luster cocok untuk membuat X-banner dan roll up banner.

c. PVC Banners

Bahan PVC Banners terbuat dari plastik yang cukup kuat, sehingga bagus untuk mencetak banner indoor.

d. Flexi China

Bahan Flexi China adalah bahan Banner yang paling rendah kualitasnya dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan ini memiliki bahan yang kasar dan serat nya masih terlihat. Bahan ini cocok untuk membuat banner dengan dana yang minim.

e. Flexi Korea

Bahan Flexi Korea memiliki kualitas yang lebih baik daripada Flexi China dan cocok untuk membuat banner outdoor. Bahan ini memiliki ketebalan 380 hingga gram untuk membuat banner.

f. Flexi Jerman

Bahan Flexi Jerman adalah bahan banner yang paling baik dari semua jenis bahan karena kualitasnya yang bagus. banner berbahan Flexi Jerman juga dibandrol dengan harga yang mahal. Jadi bahan ini cocok untuk membuat banner di outdoor dan berbadget banyak.

Jenis-Jenis Spanduk dan Banner

1. Jenis-jenis Spanduk

a. Spanduk Sablon

Jenis spanduk ini bisa dikerjakan dalam waktu cepat. namun memiliki kekurangan jika catnya campurannya tidak pas maka bisa mudah luntur jika terkena air.

b. Spanduk Spray

Spanduk Spay lebih tahan air daripada spanduk sablon, namun pengerjaannya memerlukan waktu yang lama.

c. Spanduk Printing

Spanduk Printing menghasilkan gambar dan huruf yang lebih bagus karena bisa dibuat full color. Namun harga spanduk printing lebih mahal dibandingkan jenis spanduk lainnya.

2. Jenis-jenis Banner

a. X-Banner

Jenis banner ini cocok digunakan untuk acara outdoor maupun indoor. X-Banner ini memiliki tiang penyangga yang berbentuk huruf X. Tiangnya Pipa terbuat dari alumunium dengan ukuran kecil. Banner ini tidak terlalu berat sehingga mudah dipindahkan. X-Banner biasanya digunakan untuk menjadi salah satu sarana informasi khalayak ketika memasuki ruangan pada acara-acara tertentu. Banner ini biasanya dibuat dengan ukuran 25 x 40 cm, 60 x 120 cm, 60 x 160 cm, sampai 80 x 180 cm.

gramedia obf

b. Y-Banner

Bentuk tiang penyangga Y-Banner berbentuk Y dan terpisah dengan kertas bannernya. Banner ini memiliki alas di bagian bawah untuk memperkuat banner berdiri. Y-Banner juga biasa digunakan untuk menyambut tamu di depan ruangan jika ada acara tertentu. Banner ini biasanya dibuat dengan ukuran 60 x 160 cm.

c. Mini X-Banner

Mini X-Banner ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari bentuk X-banner yakni 26 x 38 cm atau bisa lebih kecil sesuai kebutuhan. Banner ini biasanya digunakan untuk memberi informasi yang diletakan diatas meja, contohnya menu makanan di restoran, promo di toko, dan sebagainya.

d. Roll Up Banner

Banner Roll Up cocok digunakan di luar ruangan karena bahannya lebih kokoh daripada banner yang lainnya. Jadi banner ini bisa bebas dari lipatan atau terjatuh tertiup angin.

Banner ini digunakan dengan cara digulung, jadi jika ingin digunakan tinggal di tarik hingga banner terbuka seluruhnya. Banner Roll Up biasanya memiliki ukuran standar mulai dari 80 x 200 cm, 120 x 200 cm, hingga 150 x 200 cm.

Fungsi Spanduk & Banner

1. Fungsi Spanduk

  • Dapat mempengaruhi citra produk dari brand atau perusahaan tertentu
  • Menimbulkan kepercayaan diri bagi banyak orang, khususnya konsumen dari produk atau brand tersebut
  • Mengingatkan publik terhadap produk atau brand tersebut
  • Membangun loyalitas masyarakat umum terhadap produk atau brand tertentu

2. Fungsi Banner

  • Menambah daya tarik website atau blog
  • Sebagai identitas atau Ciri Khas kelompok atau perusahaan tertentu
  • Sebagai alat promosi
  • Menonjolkan isi atau konten website atau blog

Kelebihan dan Kekurangan Spanduk / Banner

Berikut ini kelebihan dan kekurang spanduk dan banner untuk referensi Grameds mau memilih media promosi mana diantara keduanya.

Kelebihan dan Kekurangan Spanduk

Kelebihan

  • Proses pembuatan spanduk tidaklah terlalu sulit
  • Jangkauan target dari pemasangan spanduk lebih luas dan besar
  • Dapat mencakup semua target audiens yang dituju
  • Secara geografis, penempatan spanduk lebih fleksibel dan strategis
  • Mudah diingat atau melekat pada target audienc
  • Dapat dilihat secara berulang-ulang, bergantung jangka waktu spanduk itu dipasang

Kekurangan

  • Kurang efektif jika spanduk di pinggir jalan tertutup pejalan kaki atau orang-orang yang berlalu lalang di depannya
  • Waktu pemasangannya terbatas atau ada jangka waktunya
  • Tidak bisa memberikan bahan atau materi informasi yang lengkap agar lebih jelas dan mudah ditangkap orang yang penasaran
  • Jika frekuensinya terlalu tinggi justru akan membuat kebosanan bagi para target audience
  • Dapat mengganggu ketertiban atau keindahan lingkungan jika dipasang sembarangan dan tidak beraturan

Kelebihan dan Kekurangan Banner

Kelebihan

  • Dapat menjadi informasi umum dan hiburan sekaligus
  • Dapat mengikutsertakan semua panca indra
  • Lebih mudah dipahami oleh target audience
  • Lebih menarik karena bisa dibuat dengan suara dan visual yang bergerak
  • Bisa dibuat bertatap muka
  • Penyajiannya dapat dikendalikan untuk target audience
  • Jangkauan target audience jauh lebih luas dn besar
  • Dapat menjadi pemantik untuk bertanya lebih lanjut tentang produk atau brand tertentu


Kekurangan

  • Memerlukan biaya lebih besar
  • Membuatnya sedikit rumit
  • Ada beberapa jenis banner yang membutuhkan listrik
  • Proses pembuatannya memerlukan persiapan yang matang
  • Peralatan yang digunakan selalu berubah dan berkembang
  • Untuk menyimpan banner memerlukan cara khusus agar tidak mudah rusak
  • Memerlukan keterampilan dalam mengoperasikannya

Nah, itulah beberapa informasi tentang pengertian dan perbedaan spanduk dan banner. Ternyata sangat jauh berbeda bukan? Jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi salah membedakan antara spanduk dan banner.

Mudahnya untuk membedakan spanduk atau banner yang Grameds temukan di jalan atau di ruang publik lainnya adalah dari ukuran spanduk dan banner tersebut. Ciri itulah yang paling mudah diidentifikasi apakah itu spanduk atau banner.

Pemilihan antara spanduk atau banner untuk media promosi atau menyampaikan informasi lainnya memang perlu diperhatikan. Selain berorientasi pada audience atau target promosi Anda, pemilihan media promosi ini juga bisa jadi investasi bagi brand Anda untuk dikenal oleh banyak orang. Jadi jangan ragu atau pelit menggunakan berbagai macam media untuk promosi atau memberikan informasi penting.

Agar teman-teman Grameds semakin yakin dan memiliki banyak ide untuk penggunaan media promosi, Gramedia memiliki rekomendasi buku yang bisa dibaca untuk memahami banyak konsep ide berpromosi di berbagai media.

Buku tersebut berjudul Strategi Promosi yang Kreatif yang bisa Grameds lihat detail produknya di www.gramedia.com berikut ini. Jadi sekarang Grameds sudah tidak perlu bingung ingin menggunakan cara atau media apa saja untuk promosi. Buku ini memberikan strategi dan ide-ide segar yang bisa Grameds gunakan sekarang untuk promosi atau menyampaikan informasi secara masif di muka publik. Selamat belajar. #ShabatTanpabatas.

Baca juga artikel terkait “Ukuran Spanduk & Banner” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad