in

Manfaatkan Aplikasi Ini untuk Menyalurkan Ide Menulismu

Sumber foto header: Unsplash.com

Inspirasi dan ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Kita tidak pernah bisa menebaknya.

Bagaimana jika ternyata ide datang saat kamu sedang repot-repotnya mengantre makanan di tengah kantin yang penuh pengunjung? Idemu harus segera diselematkan dengan aplikasi penyalur ide!

Karena kalau tidak, ide menulis yang datang di waktu yang tak terduga itu bisa langsung menguap begitu saja. Padahal, bisa jadi, dalam waktu sempit itu kamu sudah mendapatkan satu kerangka utuh untuk sebuah cerpen. Sayang banget kan?

Karena itu, yuk coba cari tahu tentang aplikasi-aplikasi yang bisa menyalurkan idemu yang bisa saja muncul di saat tak terduga. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

 aplikasi menyelamatkan ide menulis
sumber: unsplash.com

1. Bubbl.us

Terkadang kita menemukan tema besar yang sangat ingin kita kembangkan. Namun seringkali kesulitan karena keterbatasan alat tulis atau keterbatasan waktu.

Bubbl.us, merupakan salah satu situs yang akan membantu kamu untuk brainstorm atau membantu kamu untuk menciptakan pemetaan dari ide dasar yang sudah kamu miliki.

2. Time.graphics

Saat menulis sebuah novel, timeline tentunya menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Alur yang kamu pilih pun harus disiapkan dengan rapi.

Kadang kalau sedang dalam kondisi terburu-buru, mengatur alur waktu sedemikian rupa menjadi tantangan tersendiri.

Jika sudah terpikirkan ide menulis dengan rentang waktu yang cukup panjang, Time.graphics bisa membantumu. Aplikasi yang satu ini bisa mengatur dan merapikan timeline dalam tulisanmu sehingga kamu lebih mudah untuk mengecek alur cerita dan memperkecil kemungkinan plot hole.


Baca juga: Intip Daftar Tools Berikut untuk Menambah Ide Menulis


3. Trello

Banyak yang memanfaatkan aplikasi yang satu ini sebagai wadah pengingat alias daily reminder untuk pekerjaan-pekerjaan dengan deadline ketat. Namun, lebih dari itu, Trello bisa menjadi tempatmu mengumpulkan ide, yang kemudian hari kamu kembangkan.

Kamu cukup meluapkan apa yang sedang kamu pikirkan. Menyusunnya menjadi sebuah outline sederhana, dan bisa kamu namai sesuai dengan project menulis yang ingin kamu buat.

Aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan, bahkan untuk penulis pemula sekalipun.

4. Draft

Ketika tidak sedang membawa buku catatan, tapi kamu sudah memiliki banyak ide, jangan biarkan idemu menguap begitu saja.

Darft akan menampung idemu. Bahkan jika di kemudian hari kamu ingin menyelesaikan tulisan itu bersama dengan temanmu, temanmu juga bisa langsung bergabung menambahkan tulisan di dalamnya.

Aplikasi ini juga ditunjang beberapa mode yang akan memudahkanmu dalam melengkapi ide tulisan.

5. Speechnotes Speech to Text

Dari nama aplikasinya saja pasti sudah bisa ditebak, jika aplikasi ini dapat membantu kamu mengonversi rekaman suara menjadi sebuah teks.

Jika ide penulisanmu butuh segera disimpan, tapi kamu sedang kondisi yang kerepotan untuk menulis, tak perlu khawatir lagi. Kamu cukup merekam suaramu, dan mengucapkan ide yang sedang melintas di dalam pikiranmu.

Setelah nantinya terkonversi dalam bentuk teks, kamu bisa memindahkannya ke aplikasi lainnya untuk melanjutkan tulisanmu hingga selesai. Selamat mencoba!


Kira-kira, ide apa yang terpikirkan olehmu saat ini? Atau justru sedang butuh ide? Kalau begitu, waktunya cari bacaan baru, yang pastinya jangan lupa cari bacaan barumu di Gramedia Digital.


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

banner-promo-gramedia

Written by Nanda Hadiyanti