in ,

10 Tips Memilih Tas Sekolah Anak Berkualitas Harga Bersahabat

10 Tips Memilih Tas Sekolah Anak – Tas merupakan salah satu keperluan sekolah yang penting untuk anak. Para orang tua yang memiliki anak usia sekolah pasti akan disibukkan membeli perlengkapan sekolah satu ini minimal satu semester sekali. Ada yang karena tas sekolahnya sudah rusak, mengikuti tren dan ada pula karena ukuran tas yang sudah terlalu kecil.

Ada berbagai model tas sekolah seperti tas ransel, tas selempang hingga tas beroda. Selain seragam dan buku-buku, tas sekolah juga memiliki peran penting untuk menyimpan semua kebutuhan si buah hati dari pergi sekolah hingga pulang ke rumah.

e perpus

Para orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk membeli tas sekolahnya dan itu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si buah hati lho, Bun. Anak-anak bisa menemukan pilihan tas yang terbaik yang sesuai kebutuhannya dan tentunya nyaman dipakai. Anak-anak juga bisa memilih sesuai keinginannya, mulai dari motif, gambar, bentuk, hingga warna sesuai seleranya.

Menurut beberapa penelitian, membawa tas sekolah yang tidak sesuai seperti melebihi berat si anak dapat menyebabkan sakit punggung, dan dapat membuat otot bahunya tegang. Hal ini juga membuat buah hati kesayangan Bunda tidak merasa nyaman.

Ukuran tas yang direkomendasikan adalah 75 persen dari punggung anak, artinya dari bahu hingga pinggang. Ketika memilih tas sekolah, baik itu anak usia Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD),

Sekolah Menengah Pertama (SMP), tentu akan berbeda model dan ukuran. Anak-anak usia TK dan SD biasanya akan memilih tas untuk gaya-gayaan atau mengikuti tren yang ada. Berbeda ketika anak sudah usia SMP, biasanya akan memilih tas dengan motif polos dengan ukuran yang lebih besar dan kantong yang banyak untuk menampung bawaan yang semakin banyak.

Orang tua yang memiliki anak usia TK dan SD biasanya akan mengikuti permintaan si buah hati dalam memilih tas.

Yang perlu diperhatikan ialah hindari pilihan tas yang hanya si anak menyukai gambarnya tetapi ukurannya tidak tepat.

Hal itu bisa menyebabkan derita punggung dan bahu si anak semakin parah. Untuk meminimalisir dan mencegah kemungkinan buruk kepada si buah hati, maka penting untuk mempertimbangkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tas sekolah anak.

10 Tips Memilih Tas Sekolah Anak Berkualitas Harga Murah

Berikut Gramedia rangkum sepuluh tips memilih tas sekolah untuk anak tercinta ya, Bun.

tas anak
Selengkapnya : https://www.gramedia.com/products/wigglo-junior-backpack-dino

1. Pilih ukuran tas yang sesuai dengan tubuh anak

Orang tua perlu memperhatikan tas yang sesuai dengan tubuh si buah hati. Ada banyak jenis tas yang dijual di pasaran dengan berbagai model dan motif, namun disarankan membeli tas ransel. Tas ransel tepat karena memiliki dua tali bahu yang akan membantu mendistribusikan berat secara lebih merata pada bahu anak.

Hindari tas selempang untuk anak usia TK dan SD karena membuat beban hanya bertumpu pada salah satu pundak si anak. Hal tersebut dapat membuat pundak tertarik dan menyebabkan sakit pundak serta nyeri punggung. Bunda pasti tidak ingin kan si buah hati merasakan sakit?

Tas selempang tidak memberikan beban secara seimbang pada bahu si anak. Hal itu dikhawatirkan bisa mengganggu pertumbuhannya. Maka dari itu tas dengan model selempang lebih cocok digunakan anak usia SMP. Tips ketika memakai tas selempang agar tidak membebani bahu adalah dengan membawa isi tas yang berat itu dengan tangan.

Kali ini, Gramedia akan memberikan rekomendasi tas sekolah ransel untuk anak usia TK.

Tas sekolah anak perempuan TK (my-best.id) Tas sekolah anak laki-laki TK (my-best.id)

Karakter yang menggemaskan, terdapat gambar pada tas sekolah anak TK dapat meningkatkan semangat belajar si anak. Para Bunda juga bisa membelikan ransel dengan gambar yang menonjol untuk si buah hati.

Untuk anak perempuan usia TK , gambar panda, hello kitty, strawberry bisa menjadi pilihan. Sementara untuk anak laki-laki bisa berupa gambar mobil-mobilan, motor, maupun kartun tipe cowok. Pasti si buah hati tidak sabar untuk membawanya ke sekolah.

2. Memiliki banyak kantong

Anak-anak memiliki kebutuhan yang berbeda dengan mahasiswa. Yang perlu diperhatikan ialah apakah si anak memerlukan ruang pada tasnya untuk menaruh makan siang, alat tulis, buku catatan, botol minum ataupun yang lainnya.

Dengan fitur tas yang memiliki banyak kantong, anak-anak bisa menaruh keperluan di dalam tasnya dengan rapi. Buku-buku yang berat diletakkan di bagian belakang tas, kemudian yang lebih ringan diletakkan di bagian depan.

Perlu diingat, jangan meletakkan botol minum di dalam tas guna mencegah air tumpah dan bisa membasahi buku atau alat-alat yang lain. Botol minuman bisa diletakkan di bagian samping tas.

Tas sekolah untuk usia anak SD biasanya membutuhkan size yang lebih besar dari ukuran anak TK. Buku-buku yang dibawa pun juga bertambah. Memasuki usia SD biasanya anak-anak tidak menginginkan yang terlalu banyak gambar dan model gambar yang menonjol seperti ketika masih duduk di bangku TK. Berikut rekomendasi dari Gramedia tas untuk anak usia SD baik perempuan maupun laki-laki.

3. Mempertimbangkan tali dan busa bahu

Memilih tas dengan tali bahu yang kuat dan busa yang empuk dapat menopang bobot pada bahu si buah hati lho, Bun. Memakai tas dengan tali bahu yang kuat, anak-anak akan merasa nyaman karena terasa ringan di bahu serta mengurangi beban anak pada bagian bahu. Tali pada bagian tas juga perlu diatur supaya si anak bisa menempatkan tas dengan kuat pada bagian terkuat punggung. Hal ini guna menghindari sakit pundak pada bahu anak.

Bahan tali tas perlu diperhatikan lho, Bun. Tali yang bahannya terlalu tebal dapat menambah beban pada anak. Akan tetapi, tali dengan bahan yang terlalu tipis tidak dapat mengatur beban secara merata. Saat dibawa di punggung, tali bahu tas akan bersentuhan terus dengan bahu si buah hati anda, Bun.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Tali yang kuat dan busa bahu yang empuk akan lebih nyaman digunakan. Busa tersebut berfungsi sebagai bantalan yang akan membuat bahu si buah hati tidak cepat pegal dan merasa cepat lelah. Adanya busa yang empuk pada bahu membuat tekanan langsung pada anak akibat beban tas yang berat juga akan berkurang.

4. Memilih bahan yang ringan dan tahan lama

tas anak

Bahan yang ringan seperti kanvas bisa menjadi pilihan untuk si buah hati. Dengan bahan yang tepat, si buah hati tidak akan merasa terbebani secara keseluruhan bawaan yang harus dibawa. Memilih tas yang anti air juga bisa menjadi pilihan lho, Bun. Jika hujan tiba-tiba di jalan, maka anak-anak tidak perlu khawatir barang bawaannya basah. Tas yang memiliki lapisan waterproff lebih aman dipakai anak saat musim hujan.

Bahan ini juga lebih cepat kering saat dicuci.dengan begitu, perawatan tas tersebut menjadi lebih mudah. Apabila tidak memungkinkan untuk membeli tas anti air, bisa juga para orang tua membelikan pelindung tas (cover bag) untuk melindungi buku maupun barang bawaan yang ada di dalam tas.

Tas sekolah dengan kualitas bahan yang ringan seperti kanvas, tali bahu yang lkuat dan busa yang empuk juga lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bunda bisa memilih warna yang netral dan corak yang tidak mencolok jika si buah hati sudah memasuki usia SD atau SMP.

Anak usia SMP terkadang juga memilih tas selempang untuk berangkat ke sekolah. Untuk tas usia anak SMP, biasanya anak-anak tidak suka dipilihkan orang tuanya, mereka lebih suka memilih model dan motif sendiri. Mereka lebih suka dengan motif yang tidak mencolok atau polos. Berikut Gramedia memberikan rekomendasi tas selempang sekolah untuk anak usia SMP baik laki-laki maupun perempuan.

5. Sebelum membeli, tes terlebih dahulu

Jika Bunda mengajak si buah hati membeli tas di toko offline, ada pentingnya untuk mengetes terlebih dahulu ke tubuh si anak. Tips memilih tas sekolah anak yang ke-5 ini akan berguna menghindari ukuran tas yang terlalu besar jika digunakan si anak. Keuntungan yang lain, kita bisa melihat fitur-fitur tambahan pada tas tersebut, seperti kantong dan bahan dari tas sekolah tersebut. Oh iya, jangan lupa Bun. Pastikan juga kerapihan jahitan.

Cek pula resletingnya apakah memiliki tali yang kuat dan berjalan dengan lancar.
Bagi anak usia SMP, biasanya akan mengecek apakah tas tersebut memiliki banyak kantong yang multifungsi. Jika memiliki banyak kantong tentu anak-anak akan menggunakannya untuk menyimpan barang secara terpisah.

Berbeda dengan anak usia TK dan SD, jika terlalu banyak kantong dikhawatirkan mereka akan lupa di mana mereka meletakkan barang-barangnya. Jika tas yang ingin dibeli itu sudah cocok, pastikan anak-anak mencoba dengan memakainya lalu coba angkat apakah tas sekolah tersebut berat atau tidak.

Apabila dalam keadaan kosong saja tas sekolah tersebut sudah berat, apalagi jika sudah terisi barang bawaan yang lain. Berat yang ideal untuk tas sekolah anak adalah sepuluh persen dari berat badan anak. Jadi, sebelum Bunda membeli untuk si buah hati, tes terlebih dahulu ya.

gramedia digital

Baca juga : Ucapan Ulang Tahun Untuk Kekasih, Sahabat, Ibu, Ayah Suami, Istri

6. Bantalan yang empuk

Bantalan yang empuk pada bagian belakang tas dapat membuat nyaman si buah hati dan menghindari tertusuk dari isi tas yang tajam seperti ujung pensil, gunting, dan penggaris. Anak-anak menjadi tetap nyaman membawa tasnya Ketika membawa beban tas yang berat. Bahu anak juga tidak merasa sakit.

Perlu diperhatikan lagi ialah berat tas. Bila tas sekolah terlalu berat untuk si buah hati, terlihat apabila si buah hati harus sampai membungkuk ketika membawa tas sekolahnya, maka dianjurkan kepada anak-anak untuk mengurangi beban pada tasnya dengan cara membawa satu atau dua buku yang paling tebal untuk dibawa dengan tangan.

7. Periksa tali penyambung di dada dan pinggang

Jangan lupa ya, Bun. Pastikan tali penyambung di dada dan pinggang berfungsi nyaman untuk si buah hati. Selain meringankan beban punggung si anak, tali penyambung tersebut bisa membantu penyebaran beban ke seluruh tubuh si anak. Oh ya, pastikan si anak menggunakan tasnya dengan benar sehingga tidak merusak struktur tulang belakang anak. Karena salah pemakaian tas bisa menimbulkan masalah kesehatan pada anak.

Anak-anak usia TK apabila menggunakan tas ransel seringkali tali bahu tasnya bergeser dari bahu. Jika Bunda membelikan tas untuk si buah hati dengan tali penyambung di bagian dada, tali bahu tas tersebut tidak mudah bergeser. Berbeda dengan anak usia SD atau SMP, mereka sudah bisa mengatur tali penyambung dada atau tidak memakainya.

8. Pertimbangkan selera anak

tas anak lucu

Motif dan warna yang beragam sesuai selera anak perlu dipertimbangkan sebelum membelikan tas untuk si buah hati. Hal ini supaya si buah hati lebih semangat untuk menggunakannya. Anak-anak usia TK dan SD bisa memilih tas dengan gambar maupun warna kesukaannya. Atau bisa juga motif polos tanpa gambar dengan model yang kekinian.

Terutama anak perempuan, tokoh-tokoh kartun seperti Princess yang menjadi favoritnya, biasanya anak perempuan akan memilih tas sekolah sesuai gambar tokoh idolanya tersebut. Jika anak-anak suka dengan pilihan tasnya, tentu kegiatan bersekolah pun menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk si buah hati. Bagi anak usia SMP, memilih tas ransel dengan ukuran cukup besar dan motif polos lebih disukai.

9. Memilih tas beroda

Tas beroda juga bisa menjadi pilihan untuk si buah hati. Jika ketentuan sekolah yang memungkinkan si buah hati untuk berganti ruang kelas, maka tidak ada salahnya memilih tas beroda. Hal ini juga memudahkan si buah hati ketika membawa bawaan yang berat jika tidak mau mengangkat dan menggendongnya di punggung. Anak-anak bisa mendorongnya supaya tidak terbebani.

Tas beroda ini cocok untuk anak perempuan yang struktur tulangnya lebih rentang dari anak laki-laki. Dengan bentuknya yang seperti mini koper, si buah hati tidak merasakan beban berat, cukup dengan menariknya saja. Jadi pertumbuhan anak Bunda tidak terganggu. Jangan lupa pastikan juga roda yang kuat pada tas sehingga menjadi lebih ringan Ketika ditarik atau didorong.

10. Menentukan tempat untuk membelinya

Tips memilih tas sekolah anak yang ke-10 adalah tentukan tempat yang tepat untuk membeli tas. Bunda bisa membelikan tas sekolah untuk si buah hati dengan online maupun offline dengan langsung datang ke toko. Membeli secara online bisa menawarkan pilihan yang banyak dan hemat waktu, hanya saja tidak bisa mencobanya secara langsung.

Berbeda jika Bunda dan si buah hati apabila datang secara langsung ke toko, hal ini memungkinkan untuk mencoba tas tersebut dan memastikan pas untuk si buah hati. Toko yang besar memungkinkan memberikan penawaran harga yang lebih murah dan memiliki karyawan yang ahli.

Dan tentunya lebih banyak pilihan dengan model terbaru. Pastikan Bunda memilih toko yang lengkap sehingga bisa memilih berbagai pilihan tas untuk si buah hati, seperti tas yang memiliki lapisan atau bahan waterproff, kanvas, maupun kulit.

Itu dia kumpulan tips memilih tas sekolah untuk si buah hati. Para orang tua yang mendampingi anaknya memilih tas sekolah, di Gramedia.com menyediakan berbagai pilihan tas yang menarik untuk si buah hati, lho.

gramedia digital 4

Berbagai macam motif, warna, dan karakter bisa ditemukan di sini https://www.gramedia.com/categories/fashion-aksesoris/tas?category=fashion-anak&per_page=20&based_on=new-arrival.

Gramedia juga menyediakan berbagai perlengkapan sekolah lainnya seperti alat tulis, sepatu, meja belajar, dan lain-lain.

Terimakasih sudah membaca artikel tips memilih tas sekolah anak. Baca juga artikel yang lain :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad

What do you think?