in

10 Perlengkapan Anak Sekolah Yang Wajib Dimiliki

Rekomendasi Perlengkapan Anak Sekolah Wajib – Setelah setahun lebih belajar secara daring, beberapa sekolah mulai mewacanakan untuk kembali belajar secara tatap muka. Menanggapi rencana ini, apakah bunda-bunda di rumah sudah siap? Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat menantikan jadwal pembelajaran luring anak di sekolah.

Mempersiapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 saja tidak cukup, ada juga persiapan lainnya yang harus dilakukan yakni menyiapkan kebutuhan perlengkapan sekolah anak. Tentunya setelah setahun lebih daring banyak perlengkapan sekolah yang belum diperbaharui, karena itu mulailah merencanakan untuk memberi perlengkapan sekolah yang baru untuk anak.

Namun, karena sudah terlalu lama mendampingi anak belajar daring, tidak sedikit juga orang tua yang mulai mengeluh kebingungan harus mempersiapkan perlengkapan sekolah apa saja buat anaknya. Jangan khawatir, artikel ini akan membantu bunda-bunda di rumah untuk menyusun rencana untuk membeli perlengkapan sekolah baru untuk anak.

Pengertian Perlengkapan Sekolah

Secara bahasa, kata perlengkapan merujuk pada alat atau perkakas. Sementara jika digabungkan dengan kata ‘sekolah’, maka perlengkapan sekolah bisa diartikan sebagai segala alat atau perkakas yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sekolah, terutama aktivitas pembelajaran.

Karena itu, perlengkapan sekolah yang beragam sangat ditentukan berdasarkan tujuan-tujuan tertentu dalam pembelajaran. Seperti, untuk menunjang kegiatan menggambar, maka perlengkapan yang dibutuhkan berupa pewarna, pensil dan kertas gambar. Sementara untuk pembelajaran matematika, yang dibutuhkan adalah kalkulator dan penggaris.

Perlengkapan sekolah ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari perlengkapan yang bersifat esensial atau hal mendasar yang sangat penting, hingga yang berfungsi sebagai perlengkapan penunjang.

Perlengkapan yang sifatnya esensial biasanya jika tidak dipenuhi maka tujuan-tujuan pembelajaran tidak akan berjalan maksimal. Misalnya untuk menulis maka sangat dibutuhkan bolpoin atau pensil, jika tidak maka tidak bisa dilakukan. Sementara yang sifatnya hanya penunjang, seperti laptop atau printer, dalam pembelajaran juga dibutuhkan namun tidak harus dimiliki secara pribadi, bisa juga dengan berbagi dengan keluarga lainnya atau menggunakan jasa print berbayar.

Rekomendasi Perlengkapan Anak Sekolah Wajib

Ada berbagai perlengkapan sekolah yang wajib dimiliki oleh siswa, baik saat kondisi pembelajaran masih dilakukan secara daring maupun saat kondisi mulai berangsur normal. Berikut 10 perlengkapan sekolah yang penting dimiliki siswa.

1. Tas

tips memilih tas untuk anak tercinta

Tas jadi perlengkapan sekolah yang paling utama, karena semua perlengkapan lainnya biasa akan dimuat di dalam tas. Pemilihan jenis tas sebagai perlengkapan sekolah sangat ditentukan oleh tingkatan pendidikan anak. Semakin tinggi tingkatannya, biasanya membutuhkan ukuran tas yang lebih besar karena perlu menampung berbagai barang lebih banyak.

Pada anak dengan pendidikan TK, biasanya berukuran kecil menyesuaikan ukuran badan mereka.

Tas anak TK biasanya memiliki motif yang lucu seperti boneka, barbie, binatang atau super hero. Hal ini karena tas bagi anak TK bukan sekedar menampung perlengkapan belajar saja, namun juga sebagai bentuk ekspresi anak-anak.

Anak perempuan biasanya lebih banyak menggunakan tas bergambar barbie atau unicorn dengan warna umum merah muda, dan laki-laki biasanya superhero berwarna merah, biru atau hitam.

Tas anak TK juga biasanya berbentuk tas troli layaknya koper mini yang diseret-seret. Sementara pada anak usia SMP hingga SMA biasanya bentuk tas lebih besar dan motifnya juga sederhana. Hal ini karena fungsi tas lebih sederhana sebagai tempat menampung perlengkapan belajar semata.

banner-promo-gramedia

Tas untuk anak SMP dan SMA juga biasanya berbentuk ransel, terutama yang pada bagian dalamnya terdapat bagian khusus untuk menyimpan laptop. Selain itu, karena lebih banyak membawa barang-barang berharga dan buku pelajaran, biasanya jenis tas yang banyak diminati adalah ransel dengan kemampuan kedap air sehingga barang-barang lebih terjamin keamanannya saat terjadi hujan.

2. Alat Tulis

Alat tulis juga perlengkapan paling dasar, hal ini karena tujuan utama anak ke sekolah adalah untuk belajar sehingga perlengkapan tulis tentu sangat penting. Perlengkapan tulis ini yang paling umum adalah buku tulis, bolpoin, pensil, penghapus atau tipe x serta penggaris.

Untuk anak setingkat TK dan SD, jenis alat tulis yang dibutuhkan tentu lebih sederhana dan khusus. Mereka biasanya lebih sering menggunakan pensil ketimbang bolpoin, namun lebih sering menggunakan pensil warna ketimbang anak SMP dan SMA.

Mereka juga membutuhkan buku tulis dalam jumlah terbatas, hanya dua atau tiga buku saja tetapi akan lebih banyak membutuhkan buku gambar karena mereka sangat antusias untuk menggambar dan mewarnai. Selain itu, kebutuhan penggarisnya juga terbatas, biasanya hanya menggunakan jenis penggaris lurus biasa.

Kamu bisa beli pena di Gramedia.com, salah satunya adalah Faber Pena Tripen 1 set isi 4 berikut ini.

Beli Sekarang

 

Sementara, jenis kebutuhan alat tulis bagi anak SMP dan SMA juga lebih khusus dan lengkap. Mereka biasanya lebih sering menggunakan bolpoin untuk mencatat, meski begitu pada beberapa kondisi masih menggunakan pensil seperti saat menggambar atau praktik membuat sketsa.

Karena itu, mereka akan lebih membutuhkan tipe x ketimbang penghapus karet untuk pensil. Buku tulis yang digunakan anak SMP dan SMA juga lebih banyak, biasanya satu buku khusus untuk mencatat satu mata pelajaran bahkan untuk buku catatan dan tugas seringkali juga dibuat terpisah.

Selain itu, mereka juga lebih jarang menggunakan buku gambar. Kebutuhan penggarisnya akan lebih lengkap, penggaris berbentuk lurus panjang dan pendek, penggaris segitiga dan penggaris lingkaran.

3. Perlengkapan lainnya di luar alat tulis

Perlengkapan sekolah bukan hanya yang berupa alat tulis, namun juga sejumlah barang-barang sekolah pendukung lainnya. Kebutuhan ini biasanya akan lebih beragam pada anak-anak SMP dan SMA, karena mereka memiliki jumlah mata pelajaran yang lebih komprehensif sehingga kebutuhannya pun beragam.

Perlengkapan yang umum dibutuhkan salah satunya adalah penjepit kertas baik yang berbentuk klip maupun klip trigonal. Penjepit kertas dipakai untuk menghimpun beberapa kertas hasil belajar menjadi satu sehingga lebih rapi. Ini juga biasa dipakai untuk menggabungkan catatan khusus yang tidak dimasukkan ke dalam buku catatan, kemudian dipisah-pisahkan berdasarkan kesamaan topiknya.

Selain penjepit kertas, perlengkapan lain yang juga banyak dibutuhkan khususnya anak SMP dan SMA adalah lem dan gunting. Biasanya dua perlengkapan ini dipakai saat membuat kliping atau tugas tertentu yang mengharuskan memotong kertas dan menempelkannya.

Perlengkapan sekolah lainnya yang juga identik hanya pada anak SMP dan SMA adalah jangka untuk membuat lingkaran. Biasanya alat ini wajib dimiliki anak sekolah saat mengikuti pelajaran matematika atau fisika yang mengharuskan untuk membuat lingkaran bulat sempurna.

Benda lainnya yang juga hanya umum dibutuhkan anak SMP dan SMA adalah kertas tempel atau sticky note yang biasa dipakai untuk mencatat hal-hal penting lalu ditempel pada dinding, laptop atau kertas. Sticky note sangat membantu siswa untuk mengingat beberapa bagian dalam pelajaran yang penting atau mencatat jadwal harian atau to do list serta daftar tugas.

4. Highlighter (stabilo)

Highlighter atau yang lebih sering dikenal sebagai stabilo juga jadi perlengkapan sekolah yang tidak kalah penting. Umumnya dipakai oleh anak SMP dan SMA untuk menandai bagian pada tulisan yang dianggap penting.

Hal ini karena highlighter biasanya memiliki warna-warna cerah menonjol, seperti merah muda, kuning, hijau, biru atau oranye. Dengan memberi warna pada bagian tulisan, maka diharapkan siswa bisa lebih mudah memahami materi dengan memperhatikan bagian mana saja yang penting untuk dipahami terlebih dahulu.

Selain itu, highlighter juga berfungsi untuk membantu siswa untuk menemukan bagian tulisan penting khususnya pada buku yang memiliki halaman tebal. Hal ini karena warna menonjol stabilo akan membantu siswa menghemat waktu untuk bisa langsung menemukan bagian pada teks yang dicari.

banner-promo-gramedia

Bentuk highlighter berbeda-beda, umumnya pada bagian ujung yang menghasilkan warna berbentuk pipih runcing. Beberapa lainya ada juga yang menyerupai bolpoin namun dengan bagian ujung pewarna yang lebih tumpul, serta ada juga yang seperti pensil yang bagian ujung atas dan ujung bawah bisa menghasilkan warna namun berbeda, misal bagian bawah untuk warna kuning dan bagian atas untuk warna merah muda.

5. Tempat Pensil

Meski namanya tempat pensil, bukan berarti hanya untuk menyimpan pensil saja melainkan alat tulis lainnya. Tempat pensil adalah perlengkapan sekolah yang dipakai oleh semua tingkatan siswa dari TK hingga SMA.

Tempat pensil umumnya berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan peralatan tulis khususnya bolpoin, pensil, penghapus, peraut hingga penggaris.

Bentuknya ada yang berukuran besar yang mampu menampung banyak peralatan tulis, sampai yang ukuran sedang hingga kecil yang khusus menyimpan bolpoin atau pensil saja.

 

Beli Produk

Jenis tempat pensil yang dipakai oleh anak pada tingkat TK hingga SMA biasanya berbeda. Tempat pensil anak TK biasanya bermotif gambar super hero, barbie, boneka atau hewan dengan warna terang. Fungsinya juga menyesuaikan dengan kebutuhan mereka, karena alat tulis yang dipakai juga sedikit sehingga meski ukurannya besar biasanya hanya berisi alat tulis seadanya.

Berbeda dengan tempat pensil milik anak SMP dan SMA, biasanya bermotif sederhana dengan warna-warna tidak mencolok seperti hitam, putih, abu-abu, biru tua dan sebagainya. Fungsinya juga untuk menampung banyak hal, bukan hanya alat tulis tapi juga bisa menyimpan uang, kunci, catatan kecil dan sebagainya.

6. Kalkulator Ilmiah

kalkulator ilmiah

Perlengkapan sekolah ini biasanya hanya dipakai oleh siswa pada tingkatan SMP hingga SMA. Kalkulator ilmiah merupakan jenis kalkulator khusus yang dipakai untuk membantu siswa menghitung operasi perhitungan matematika yang lebih rumit.

Fungsi yang disediakan oleh kalkulator ini lebih lengkap dari kalkulator pada umumnya yang hanya bisa menambahkan, mengurangi, mengali dan membagi. Sementara kalkulator ilmiah bisa dipakai untuk menghitung pengakaran, operasi sinus, cosinus dan tangen, dan rumus-rumus matematika lainnya yang hanya dipelajari di tingkat SMP dan SMA.

Sebenarnya ada tiga jenis kalkulator ilmiah. Pertama, kalkulator tipe standar yang mana fungsinya lebih standar seperti perhitungan logaritma, trigonometri, pecahan hingga kalkulus.

Kedua, kalkulator pemrograman, jenis ini biasanya dipakai dalam operasi matematika untuk mendukung bahasa pemrograman dalam komputer, meski begitu tidak secanggih komputer. Ketiga, kalkulator grafik, jenis ini memiliki fungsi yang bisa menampilkan grafik sehingga kebanyakan ini dipakai untuk operasi matematika berupa statistik.

7. Papan Ujian

papan ujian



Papan ujian juga perlengkapan sekolah yang sangat lumrah pada semua tingkatan, khususnya dari SD hingga SMA. Fungsinya biasa dijadikan sebagai pengalas untuk lembar jawaban sehingga hasil jawaban lebih rapi karena permukaan alasnya lebih rata.

Kendati demikian, biasanya benda ini dipakai secara terbatas hanya pada periode tertentu khususnya saat minggu-minggu ujian akhir. Selain itu, seiring model ujian akhir yang banyak dilakukan secara online maka penggunaannya juga semakin jarang.

Papan ujian memiliki jenis yang beragam, umumnya terbuat dari kayu tripleks. Hanya saja, bahan ini lebih mudah rusak terutama dimakan rayap atau saat terkena air. Selain itu, papan ujian juga biasanya terbuat dari bahan plastik mika keras dan memiliki daya tahan yang lebih kuat ketimbang jenis kayu.

Fungsinya juga beragam, bukan hanya oleh anak sekolah tapi papan ujian ini banyak dipakai pekerja kantoran hingga pada kuli proyek. Ada juga yang jenisnya mirip papan ujian dari plastik namun dibuat dari akrilik sehingga bentuknya lebih menyerupai sebuah kaca. Penggunaan papan ujian berbahan akrilik bukan hanya mengedepankan kualitas dan ketahanannya saja, melainkan juga estetikanya karena modelnya lebih elegan.

8. Box makanan

box makanan

Box makan bukan barang esensial yang bisa menunjang proses pembelajaran, kendati demikian barang satu ini juga tidak kalah penting. Box makan bukan hanya dibawa oleh anak TK dan SD saja, beberapa siswa SMP dan SMA masih ada yang membawa makan sendiri.

Box makan biasanya dipakai untuk menyimpan makanan yang dikhususkan untuk makan siang, karena sarapan biasanya sudah dilakukan saat masih di rumah. Ini bisa berupa jenis makanan berat atau hanya cemilan bahkan buah-buahan.

Orang tua biasanya lebih merekomendasikan anaknya untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Keunggulan membawa box makanan sendiri dari rumah terutama untuk menjaga kualitas dan makanan yang lebih higienis.

Makanan yang dibuat sendiri dari rumah biasanya lebih terjaga nutrisinya ketimbang makanan sekolah yang cenderung tidak sehat. Selain itu, membawa bekal sendiri akan membantu siswa lebih hemat uang dan juga hemat waktu karena tidak perlu mengeluarkan waktu khusus untuk pergi ke kantin dan makan di luar kelas.

9. Laptop

bahagia di tempat kerja

Laptop menjadi perangkat pembelajaran yang sangat penting di era teknologi seperti saat ini, terutama saat pembelajaran daring tengah menjadi tren. Kendati demikian, penggunaan laptop sebagai pendukung pembelajaran lebih umum dipakai oleh siswa SMP dan SMA karena mereka membutuhkan pola-pola pembelajaran yang lebih beragam dan kompleks.

Meski begitu, memperkenalkan anak yang masih berusia TK dan SD pada perangkat laptop atau komputer tidak kalah penting, Ini untuk membantu mereka lebih cepat mengenali sistem kerja komputer.

Laptop sebagai perlengkapan penunjang pembelajaran bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Laptop bisa dipakai untuk browsing internet, melakukan belajar daring untuk mengoperasikan sistem microsoft seperti microsoft words, excel hingga power point dan sebagainya.

Kelebihan laptop ketimbang belajar dengan alat tulis biasa, ada banyak fungsi yang bisa dilakukan hanya pada satu laptop saja. Seperti menyusun rencana pembelajaran, membuat tulisan panjang tanpa kelelahan mencatat atau khawatir kehabisan tinta, menyisipkan gambar dengan kualitas yang baik, dan fungsi-fungsi lainnya.

10. Printer

printer

Printer atau mesin pencetak juga bukan perlengkapan sekolah yang wajib, ini karena tugasnya masih bisa dilakukan dengan cara mencetaknya di tempat print umum. Kendati demikian, bagi pelajar SMA yang biasanya memiliki catatan pelajaran yang tebal atau buku yang tebal biasanya akan lebih sering untuk mencetak tulisan atau fotocopy bahan pembelajaran.

Karena itu, untuk tujuan menghemat biaya jika bolak-balik ke tempat fotocopy maka ada baiknya untuk memiliki alat ini sendiri. Biasanya hanya perlu bermodal kertas dan juga tinta printer.

Printer berfungsi untuk mencetak atau fotocopy bahan pembelajaran menjadi tampilan yang lebih rapi. Ini karena dengan printer siswa bisa mencetak grafik, gambar, tabel dan sebagainya dengan kualitas dua dimensi yang lebih rapi.

Baca juga artikel terkait “10 Perlengkapan Sekolah” berikut ini :

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad